pexels mart production 7480565

Ide Konten Tiktok Untuk Pemula, Cocok Mulai Karir di Tiktok

Sebelum memulai karir menjadi kreator tiktok, ketahui beberapa ide konten tiktok untuk pemula yang bisa digunakan untuk menarik perhatian pengguna tiktok.

Tiktok telah menjadi salah satu sosial media yang digunakan untuk membangun karir di dunia digital, seperti menjadi kreator edukasi, komedian, atau sekedar mengekspresikan kreativitas melalui challenge tertentu.

Hal ini dikarenakan ketenaran tiktok yang semakin melejit, menjadikan banyak orang lebih mudah terkenal dengan mulai karir di tiktok.

Namun, pertanyaan terbesar yang muncul saat memulai membuat konten di tiktok adalah mencari ide konten tiktok untuk pemula yang cocok untuk menjaring penggemar serta menarik perhatian pengguna tiktok agar menjadi viral dan masuk halaman fyp.

Karenanya, berikut 10 ide konten tiktok untuk pemula yang bisa anda gunakan sebagai inspirasi membangun eksistensi di tiktok.

ide konten tiktok untuk pemula

Ide Konten Tiktok Untuk Pemula

Berbeda media sosial tentunya berbeda juga kebiasaan penggunanya, Tiktok sendiri terkenal sebagai aplikasi yang dipenuhi konten hiburan, meskipun anda juga akan menemukan konten edukasi yang dapat meningkatkan pengetahuan baru.

Meskipun begitu, baik konten hiburan atau konten edukasi, memiliki penggemarnya masing-masing sehingga anda bisa memilih jenis video tiktok untuk pemula yang bisa digunakan pertama kali saat membuat konten tiktok.

Beberapa ide konten tiktok untuk pemula ini bisa anda lakukan saat pertama kali membuat video tiktok :

Konten Edukasi di Tiktok

Pada awal kemunculan tiktok di dunia maya, aplikasi satu ini di dominasi oleh konten dance challenge yang biasa digunakan oleh kalangan anak muda.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, alur konten tiktok mulai berubah menjadi lebih variatif dengan munculnya konten edukasi.

Berbagai konten edukasi tersebut biasanya digunakan oleh ahli atau penggemar di bidang tertentu yang memberikan pengetahuan baru bagi audiens tiktok yang kemungkinan memiliki minat yang sama.

Hal ini juga bisa anda lakukan apabila hendak memulai karir di tiktok namun memiliki minat atau pengetahuan mengenai bidang tertentu.

Salah satunya yang dilakukan oleh akun tiktok @vmuliana yang memberikan edukasi mengenai wawancara kerja yang bisa ditonton oleh pengguna tiktok yang sedang mencari kerja atau berencana memulai karir di tempat baru.

Tiktok sendiri sempat membuat campaign #belajarditiktok yang bisa digunakan oleh kreator untuk menaikkan konten edukasi yang dimiliki agar menjangkau penonton yang lebih banyak.

Beberapa jenis konten tiktok edukasi untuk pemula yang bisa anda gunakan adalah :

pexels anna shvets 6593783

Bagikan Cerita Anda

Salah satu konten tiktok untuk pemula yang biasa mendapatkan perhatian dari pengguna tiktok adalah konten storytelling.

Jenis konten satu ini biasanya menceritakan kegiatan seseorang dalam menjalani karir tertentu yang bisa ditemui atau jarang didengar oleh pengguna tiktok.

Daya tarik dari konten cerita ini adalah ketika anda membagikan pengalaman seru saat menjalani karir di bidang tertentu atau bekerja di perusahaan yang diincar oleh banyak orang.

Konten cerita ini juga digunakan oleh kreator @satyabilal yang menceritakan kesehariannya sebagai abdi dalem di Kraton Jogjakarta.

Pekerjaan yang jarang ditemui, ditambah fakta bahwa kreator masih di usia muda, menjadikan konten tiktoknya digemari oleh banyak orang yang penasaran dengan keseharian yang dilalui.

Namun, jika anda merasa pekerjaan yang dijalani jamak ditemui oleh banyak orang, maka anda bisa coba mengambil sisi lain dari perjalanan karir anda, seperti masalah yang dihadapi serta cerita saat bekerjasama dengan orang lain dalam menjalani pekerjaan.

Anda juga bisa memulai dengan memperkenalkan diri dengan menjelaskan latar belakang pekerjaan serta kegiatan sehari-hari yang dikerjakan selama menjalani pekerjaan tersebut. Cara ini bisa anda gunakan saat mulai mengunggah konten di tiktok untuk pertama kali.

pexels george milton 6953993 1

Konten Tutorial

Baru membeli barang baru namun masih bingung cara pemakaiannya? Tiktok bisa menjadi solusi dari permasalahan anda.

Lho, bingung kan mengapa tiktok bisa menyelesaikan masalah? hal ini dikarenakan anda bisa menggunakan berbagai video tutorial yang mungkin salah satunya memuat cara menggunakan barang yang anda beli di marketplace.

Dengan mencari solusi di tiktok, anda juga lebih mudah memahami tutorial tersebut secara singkat dan padat melalui durasi yang pendek.

Adanya video tutorial ini juga menjadi solusi yang disyukuri oleh pengguna tiktok yang mendapatkan hadiah yang unik dan menarik namun tidak tahu cara penggunaannya.

Salah satunya tutorial pashmina yang bisa anda cari di tiktok, untuk variasi penggunaan pashmina yang lebih beragam serta beda dari yang lain.

Penggunaan konten tutorial ini juga bisa digunakan oleh akun tiktok bisnis untuk memperkenalkan cara penggunaan produk ke konsumen dengan cara yang lebih mudah.

Tidak hanya itu, bagi anda yang memiliki hobi di bidang tertentu, seperti work out atau memasak, juga bisa menggunakan konten tutorial tersebut sebagai konten tiktok untuk pemula guna menjangkau pengguna tiktok yang memiliki hobi dan minat yang sama.

Anda juga bisa membagikan tips dalam menghadapi masalah tertentu, sehingga bisa diterapkan oleh penonton video anda. Tentunya anda juga pernah kan, menerapkan beberapa tips dan tutorial dari tiktok?

Konten Inspiratif

Punya berbagai pengalaman unik yang jarang ditemui oleh orang lain dan ingin membagikannya ke audiens yang lebih luas? Konten inspiratif bisa menjadi ide konten tiktok untuk pemula, bagi anda yang memiliki berbagai pengalaman yang menyenangkan dan seru.

Konten inspiratif sendiri memiliki berbagai macam variasi yang bisa anda gunakan di tiktok, seperti cerita menarik di masa lalu atau peristiwa terkini yang memiliki kaitan dengan pengalaman anda yang bisa dibagikan oleh pengikut anda.

Konten inspiratif ini biasanya menyasar target penonton tertentu yang memiliki minat pada cerita pengalaman orang lain untuk dijadikan pembelajaran atau bahan cerita dengan orang lain.

Hal ini juga dilakukan oleh kreator tiktok @akangfirdan yang menceritakan pengalaman jalan-jalannya keliling Indonesia yang diminati oleh pengguna tiktok.

Penyampaian cerita yang menyenangkan ditambah kenampakan alam yang menyegarkan mata menjadikan banyak orang berbondong-bondong untuk melihat konten cerita yang disajikan oleh kreator satu ini.

Konten A Day in My Life

Pengguna tiktok tentunya tidak asing dengan konten a day in my life yang biasanya muncul di halaman fyp sebagai rekomendasi konten tiktok.

Ide konten tiktok untuk pemula ini biasanya menceritakan keseharian seseorang dalam menjalani kesehariannya.

Konten tiktok yang mudah dan tidak memerlukan banyak tenaga menjadikan konten a day in my life sebagai alternatif konten tiktok untuk pemula yang dapat menarik engagement konten.

Namun, banyaknya ide konten tersebut menjadikan anda bersaing dengan kreator tiktok yang memiliki gaya penyampaian cerita yang menarik serta pengikut yang lebih banyak.

Karenanya, agar konten keseharian anda dilirik oleh pengguna tiktok, maka anda bisa memberikan ciri khas sendiri yang membuat video anda berbeda dengan yang lainnya.

Strategi ini diterapkan oleh akun tiktok @vsbvix yang kerap kali membuat konten keseharian dengan pembawaan yang seru sehingga membuat penonton betah untuk melihatnya dalam waktu lama.

Selain itu, anda juga bisa menceritakan keseharian saat berkunjung ke suatu tempat baru dengan mengambil sudut pandang yang berbeda.

Penggunaan konten keseharian ini juga bisa digunakan untuk menghibur penggemar anda yang penasaran mengenai kegiatan yang anda lakukan sehari-hari.

Konten Tanya Jawab

Setelah mengembangkan konten edukasi dalam waktu yang lama, biasanya anda akan mendapatkan komentar yang berisi pertanyaan yang berkaitan dengan konten yang anda buat.

Banyaknya pertanyaan yang masih di kolom komentar, bisa anda manfaatkan untuk menaikkan engagement konten dengan melakukan interaksi antara pengguna tiktok.

Tiktok sendiri menyediakan fitur QnA yang bisa anda gunakan untuk menjawab berbagai pertanyaan dengan mudah dan cepat serta berguna untuk menaikkan interaksi di tiktok. Berikut tutorial menggunakan fitur tanya jawab di tiktok :

  • Masuk ke halaman profil tiktok anda, kemudian anda bisa menemukan ikon titik tiga di bagian pojok kanan atas.
  • Pada halaman setting and privacy, klik pada ikon creator tools.
  • Anda bisa menemukan ikon QnA, dimana anda akan menemukan berbagai pertanyaan dari pengikut tiktok anda dari konten yang telah anda unggah sebelumnya.
  • Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur QnA di bagian bawah layar, agar semua pertanyaan konsumen yang masuk bisa anda jawab dengan mudah.

Penggunaan konten tanya jawab ini bermanfaat untuk menaikkan diskusi serta komunikasi dua arah dengan pengikut yang anda miliki atau pengguna tiktok yang mampir ke konten video yang telah anda buat sebelumnya.

Konten Hiburan

Anda memiliki sisi humoris dan sering kali membuat orang tertawa dengan guyonan yang anda keluarkan? Maka konten hiburan cocok menjadi konten tiktok untuk pemula bagi anda.

Konten hiburan juga memiliki tempat tersendiri di tiktok serta populer di kalangan penggunanya, hal ini dikarenakan penonton biasanya mencari hiburan di kala penat dengan menonton video pendek komedi yang biasanya viral di tiktok.

Video satu ini bisa anda kembangkan menjadi berbagai macam variasi konten hibura, seperti konten komedia atau series pendek yang bersambung.

Anda bisa memilih konten hiburan yang sekiranya cocok dengan kepribadian yang anda miliki dan bisa anda kembangan untuk jangka waktu lama.

Namun pastikan juga konten hiburan anda tidak terasa membosankan, sehingga penonton betah untuk untuk melihat video anda serta menjadi pengikut setia akun tiktok anda.

Cara ini dilakukan oleh akun tiktok @triarona yang terkenal dengan dua kepribadian, dimana ia menampilkan sisi kocak pada setiap video yang dibuat sehingga membuat penonton terhibur bahkan videonya kerap kali menjadi bahan pembicaraan di sosial media lainnya.

pexels yan krukov 9002004

Konten Duet

Hobi menyanyi dan ingin menyalurkan bakat di tiktok? Konten duet bisa menjadi refrensi konten tiktok untuk pemula yang bisa anda gunakan di tiktok.

Dengan fitur duet, anda bisa melakukan karaoke dengan menyanyikan lagu-lagu terkenal di tiktok yang diiringi oleh orang lain, sehingga menjadikan sensasi menyanyai lebih maksimal.

Konten duet anda juga berpeluang terkenal dan masuk fyp apabila anda menemukan gaya menyanyi yang cocok serta momen yang tepat saat membawakan lagu tersebut.

Tidak hanya itu, konten duet juga bisa anda gunakan untuk mengasah kemampuan yang dimiliki, salah satunya dengan video duet menjadi pembawa acara atau menirukan suara tertentu.

Ide konten tiktok satu ini biasanya dikembangkan oleh kreator tiktok yang juga memiliki pekerjaan utama menjadi pembawa acara, sehingga membagikan pengetahuannya dengan membuat konten duet di tiktok.

Salah satu konten duet pembawa acara yang bisa anda temukan adalah milik akun @meganhealy yang rutin mengunggah video prompter test, dimana pengikutnya bisa melakukan duet dengan membawa berita acara yang dibawakan dalam layar prompter.

Anda juga bisa membuat konten duet dengan memanfaatkan #prompterduetchallenge yang bisa anda temukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan kamera sembuat membuat konten tiktok secara rutin.

Konten Challenge

Pengguna tiktok yang sudah lama malang melintang di dunia tiktok, tentunya tidak asing dengan konten challenge.

Konten challenge ini biasanya berisi dance dengan gerakan tertentu yang mudah diikuti oleh pengguna tiktok yang mahir dalam bidang dance atau sekedar ingin mencoba membuat konten tiktok.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, konten challenge ini mulai merasukai berbagai topik tiktok, sehingga anda tidak hanya menemukan konten tiktok dance challenge namun tantangan untuk melakukan berbagai kegiatan tertentu.

Di sisi lain, banyak juga artis yang menggunakan konten challenge untuk mempromosikan karya yang dimiliki dengan gerakan dance yang bisa diikuti oleh pengguna tiktok atau penggemar yang dimiliki.

Salah satu pelopornya adalah solois zico dengan #anysongchallenge yang sempat booming digunakan oleh berbagai kalangan baik artis, penggemar, atau pengguna tiktok.

Kesuksesan challenge tersebut akhirnya diikuti oleh banyak artis dengan mempromosikan lagu yang dimiliki menggunakan tantangan dari tiktok.

Pengguna konten challenge yang banyak dan biasa masuk ke halaman fyp, juga bisa anda manfaatkan dalam membangun karir di tiktok.

Anda tinggal memilih challenge tiktok yang sedang naik daun dan bisa anda ikuti dengan mudah agar hasil yang di dapatkan menjadi lebih keren.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan hashtag tiktok challenge serta menggunakan lagu dari tantangan tersebut agar konten anda menjangkau pengguna tiktok yang lebih banyak.

Anda juga bisa melakukan variasi challenge tiktok dengan menggunakan kostum yang unik untuk mencuri perhatian pengguna tiktok.

Terkadang tiktok sendiri membuat challenge khusus yang bisa anda coba untuk menaikkan eksistensi akun tiktok yang anda miliki.

pexels pixabay 159273

Konten Dance

Hobi menari dan berani tampil menawan di depan kamera? Konten dance tentunya cocok bagi anda yang suka menari dan centil di depan kamera.

Saat pertama kali di tiktok diluncurkan di internet, konten dance menjadi salah satu postingan yang kerap kali di temukan di tiktok.

Dengan iringan musik yang rancak serta gerakan yang kreatif menjadikan banyak pengguna tiktok menjadikan konten dance sebagai konten utama atau konten tiktok untuk pemula.

Tipe konten satu ini juga disukai oleh dancer yang memiliki kemampuan menari dan ingin menunjukkan bakatnya di kalangan masyarakat luas.

Banyaknya peminat konten dance di tiktok menjadikan mengunggah video dance menjadi awal yang bagus dalam memulai karir di tiktok.

Anda bisa menampilkan kemampuan menari yang anda miliki sembari menyalakan radar untuk melihat konten dance yang sedang naik daun sehingga anda bisa meniru atau memodifikasi gerakan yang anda sukai untuk ditampilkan di tiktok.

Tidak hanya itu, apabila anda sudah memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak serta memiliki kemampuan menari di atas rata-rata, maka anda bisa bikin konten challenge yang bisa diikuti oleh banyak orang.

Gerakan yang unik dan kreatif tentunya akan membuat challenge anda disukai oleh pengguna lainnya sehingga membuka peluang untuk menjadi artis tiktok.

Salah satu akun tiktok yang kerap kali mengunggah konten dance adalah @ranzandniana, kreator satu ini juga sempat viral di instagram melalui kolaborasi kakak beradik menarikan beberapa gerakan dance dengan lihai dan mencuri perhatian banyak orang.

Duo bersaudara asal filipina ini akhirnya melebarkan sayapnya dengan membuat akun tiktok dengan tambahan personil baru yang lucu.

Di akun tiktok @ranzandniana ini, anda bisa melihat bagaimana gaya mereka menarikan berbagai gerakan dengan sangat ciamik hingga akhirnya mendapatkan perhatian dari banyak orang.

pexels los muertos crew 7261085 4

Konten Tiktok Live

Fitur siaran langsung telah menjadi layanan unggulan di berbagai sosial media termasuk tiktok, dengan adanya konten tiktok live dapat membantu meningkatkan hubungan dengan konsumen yang dimiliki sehingga mendekatkan diri satu sama lain.

Tidak hanya itu, konten tiktok live memiliki kelebihan lain, yakni untuk promosi usaha yang ada di tiktok shop untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak dan luas.

Hal ini dilakukan oleh akun tiktok @cicichania96 yang rutin melakukan siaran langsung untuk mempromosikan barang-barang jualannya di dampingi oleh kucing-kucing kesayangannya.

Tampilan kucing-kucing yang lucu dan menggemaskan menjadikan penonton tertarik untuk melihat dan membeli berbagai produk yang ditawarkan.

Namun, bagi anda yang ingin mengadakan siaran langsung maka pastikan anda memiliki konten yang tidak gampang dilupakan oleh penonton serta memiliki ciri khas tersendiri sehingga penonton betah untuk melihat siaran langsung anda dalam jangka waktu lama.

Pastikan juga untuk mematahui aturan tiktok mengenai konten siaran langsung, sehingga akun dan konten tiktok anda tidak terblokir yang menyebabkan anda tidak bisa membuat konten dalam jangka waktu tertentu.

Keuntungan lain dari menggunakan konten siaran langsung adalah penonton anda bisa memberikan berbagai macam bonus dan hadiah berupa kiriman stiker tiktok.

Semakin variatif stiker yang dikirimkan maka anda akan memperoleh pundi-pundi rupiah yang lebih banyak, apalagi jika siaran langsung dilakukan secara rutin.

Konten Tiktok dengan Hashtag Populer

Sama seperti social media lainnya, tiktok juga memiliki fitur hashtag yang dapat membantu mengklasifikasikan sebuah konten agar mudah ditemukan oleh pengguna tiktok yang hendak mencari tipe konten tertentu.

Kehadiran tiktok hashtag sendiri juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan akun dan konten tiktok yang telah anda unggah, dengan menyematkan tagar tersebut ke video yang akan anda unggah.

Beberapa kreator akun tiktok brand juga menggunakan hashtag tiktok untuk promosi campaign tertentu dengan menggunakan challenge atau branded hashtag yang bisa digunakan oleh pengguna tiktok atau penggemar.

Tidak hanya itu, bagi pemula yang ingin memulai kariri di tiktok juga bisa menggunakan konten tiktok dengan hashtag populer sebagai konten tiktok untuk pemula.

Hal ini dilakukan mengingat tiktok biasanya mempromosikan branded hashtag tersebut dalam bentuk banner tiktok sehingga bisa digunakan oleh kreator tiktok lainnya.

Semakin banyak orang yang menggunakan tagar tertentu maka akan membantu menaikkan konten tiktok anda agar masuk ke halaman fyp orang lain.

Selain itu, agar konten tiktok anda mampu bersaing dengan pengguna lainnya, anda bisa menggunakan kostum yang mencolok atau konsep konten yang berbeda, sehingga hasilnya bisa menarik perhatian pengguna tiktok.

Sumber:

Top 10 TikTok Video Ideas for Beginners in 2022 | Media Mister Blog

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.