fakta fakta tiktok

10 Ide Konten Tiktok Viral dan Masuk FYP

Temukan ide konten tiktok yang menarik dan populer yang dapat meningkatkan pengikut yang dimiliki serta menarik perhatian netizen tiktok.

Jika anda sering membuka dan menonton konten video tiktok maka anda mungkin akan terkesima dengan banyaknya tema video dari berbagai brand yang seakan tidak pernah berhenti yang dibuat oleh kreator tiktok.

Di tambah lagi, banyak konten tiktok viral yang sudah diunduh oleh pengguna tiktok dan tersebar ke berbagai platform, salah satunya adalah instagram.

Tidak hanya itu, Tiktok juga telah menjadi social media yang telah digunakan oleh banyak orang melampaui Snapchat, Twitter, dan juga Pinterest.

Dengan ketertarikan yang tinggi pada aplikasi tiktok maka kreator bisa memanfaatkan social media ini untuk menjangkau pengguna tiktok di usia muda di usia 16-24 tahun.

Karenanya jika anda ingin memanfaatkan aplikasi tiktok namun masih bingung untuk memilih konten tiktok viral yang tepat maka berikut beberapa ide konten yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan mudah digunakan.

Buat Video Branded Hashtag Challange

Penggunaan hastag sudah seringkali digunakan di berbagai platform social media dengan tujuan untuk mencari topik tertentu atau meningkatkan konten yang akan diunggah.

Namun di tiktok sendiri penggunaan branded hashtag challange biasa digunakan untuk menaikkan campaign tertentu sehingga menjadi populer di tiktok.

Kebanyakan challange atau campaign di tiktok menggunakan hashtag khusus untuk mengajak pengguna tiktok guna membuat video dengan tema tertentu yang menjadi bagian dari campaign atau trend yang sedang viral.

Di sisi lain, sudah banyak branded hashtag challange yang dibuat oleh berbagai brand baik make up atau makanan dan minuman untuk mempromosikan campaign atau produk yang dijual di pasaran.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan brand awareness di kalangan masyarakat sehingga dapat membantu meningkatkan penjualan produk.

Tidak hanya itu, branded hashtag challange juga bisa digunakan untuk promosi perilisan film tertentu yang mengajak pengguna tiktok untuk berpartisipasi pada campaign tersebut.

konten tiktok viral

Salah satunya adalah, tiktok challange dari film pengabdi setan yang mengajak pengguna tiktok untuk membuat parodi dari adegan dari film sebelumnya dengan iming-iming hadiah yang menguntungkan.

Sebuah video parodi yang kreatif dengan menggunakan hashtag challange tertentu akan menarik lebih banyak viewers tiktok sehingga meningkatkan jumlah like pada video yang diunggah bahkan memiliki potensi menjadi video viral di tiktok.

Di sisi lain, sebelum membuat branded hashtag challange maka kreator perlu memikirkan strategi yang tepat agar hashtag campaign yang diluncurkan mendapat perhatian pengguna tiktok serta menghasilkan konten yang menarik.

Beberapa strategi dalam membuat branded hashtag challange adalah :

  • Buat Konten yang mudah diikuti : Kreator bisa memulai membuat lagu pengiring yang enak di dengar serta menggunakan dance yang mudah diikuti oleh pengguna tiktok awam namun ingin berpartisipasi pada campaign yang anda lakukan.
  • Berikan tujuan yang jelas : Kreator juga perlu mengetahui tuuan untuk membuat branded hashtag challange, apakah untuk menarik pengikut baru atau menaikkan brand awareness pada suatu produk ? ketahui tujuan yang ingin anda dapatkan sehingga anda bisa mengukur dari hasil yang di dapatkan.

Bagikan Konten Edukasi

Bagi sebagian besar orang, aplikasi tiktok hanya berisi konten yang tidak relevan atau sekedar dance challange saja.

Namun, kini tiktok telah berkembang pesat dan menjadi platform yang efektif untuk membagikan konten dengan tema yang informatif serta mudah dijangkau oleh pengguna tiktok dengan format yang mudah digunakan.

Salah satunya adalah kita dapat dengan mudah menemukan tenaga kesehatan yang membagikan video kesehatan di platform tiktok untuk memberikan edukasi bagi pengguna tiktok.

photo1656376845

Akun tiktok @dokterkulitkucom menjadi salah satu kreator tiktok yang membagkan video dengan tema konten kesehatan wanita serta kulit yang banyak dialamai oleh banyak orang.

Dengan membagikan konten yang relevan dengan konsumen yang dituju serta durasi video yang pendek menjadikan video yang disajikan mudah di pahami oleh penontonnya sehingga bisa dibagikan ke platform lain seperti instagram reels.

pexels artem podrez 6003271

Kolaborasi dengan Influencers Tiktok

Salah satu daya tarik dari tiktok adalah banyaknya influencers yang memiliki topik dan minatnya masing-masing namun terkenal di kalangan komunitas tertentu.

Perbedaan influencers yang cukup merata di berbagai topik ini juga bisa digunakan sebagai media kolaborasi yang efektif untuk membuat konten tiktok viral dan menjadi perbincangan pengguna tiktok.

Tidak hanya itu, dalam melakukan kerjasama dengan influencers juga membuka peluang untuk melakukan koneksi dengan konsumen yang dituju dengan video tiktok kreatif dengan menampilkan ciri khas yang dimiliki.

Namun dalam memilih influencer tiktok untuk campaign video maka kreator sebaiknya memastikan dulu influecers yang digunakan di sukai oleh konsumen yang di inginkan.

Hal ini dilakukan agar promosi campaign yang dilakukan semakin sukses serta menghasilkan konten tiktok viral yang dilihat dan dibuat kembali oleh pengguna tiktok.

Kreator bisa melihat influencer yang sesuai dengan konsumen yang dimiliki dengan melihat konten tiktok yang biasa muncul di halaman for your page serta mendapatkan banyak apresiasi dari konsumen yang dituju.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menanyakan kepada pengikut anda mengenai influencers yang tengah diikuti dan menarik perhatian di tiktok.

Jika kreator sudah menemukan influencer yang tepat dan hendak bikin video kolaborasi maka beberapa ide konten tiktok viral berikut bisa anda gunakan untuk konten kolaborasi :

  • Account Take Over : Pada kolaborasi ini anda bisa meminta influencers untuk membuat konten tiktok di akun tiktok anda sehingga meningkatkan jumlah penonton serta jangkauan video dan akhirnya menjadi konten tiktok viral. Pada tipe konten satu ini, anda juga bisa melakukan sebaliknya dengan mengunggah konten campaign di akun influencers tiktok.
  • Hashtag Challenge : Kreator bisa melakukan kerjasama dengan influencers tiktok untuk mempromosikan branded hashtag challenge kepada pengguna tiktok lainnya.
  • Endorsements : Tipe konten satu ini banyak digunakan oleh berbagai brand untuk kolaborasi dengan influencers tertentu dan mempromosikan produk, brand, atau campaign yang dimiliki.

Di sisi lain, sebelum anda melakukan kerjasama dengan influencers tiktok maka kreator bisa melakukan beberapa strategi yang efektif, di antaranya :

  • Mempromosikan konten kolaborasi dengan influencers untuk menjangkau pengguna tiktok yang lebih luas.
  • Pertahankan keaslian dan ciri khas influencers saat membuat video singkat di tiktok, hal ini bisa memperhatikan originalitas kreator tiktok sehingga menjadikan pengikut dan pengguna tiktok yang terbiasa melihat konten influencers tersebut merasa familiar dan tertarik menonton video kolaborasi yang diunggah.
  • Ukur hasil yang di dapatkan setelah menggunakan strategi kolaborasi dengan influencers, anda bisa mengukur melalui jumlah pembelian, banyaknya video branded hashtag challenge yang diunggah di tiktok untuk mengukur kesuksesan yang di dapatkan melalui kerjasama dengan influencers.

Rayakan Hari Raya Tertentu

Salah satu tren yang banyak digunakan oleh pengguna tiktok tanpa perlu menggunakan promosi tertentu adalah perayaan hari raya.

Pada momen spesial ini banyak pengguna tiktok yang membagikan peristiwa atau saat-saat berkumpul dengan teman atau saudara di hari raya yang diikuti oleh banyak orang.

Perayaan hari raya ini juga bisa digunakan oleh kreator tiktok untuk membuat konten video viral yang ditonton oleh ramai orang atau mempromosikan produk tertentu bagi akun tiktok brand.

Salah satu perayaan yang banyak dilakukan oleh banyak pengguna tiktok perayaan idul fitri serta ramadhan yang banyak diikuti oleh penduduk indonesia.

photo1656379866

Pada saat inilah, pengguna tiktok banyak menemukan konten tiktok viral yang berisi saat-saat pulang kampung atau berkumpul dengan saudara yang sudah tidak lama bertemu.

photo1656379923

Tidak hanya itu, perayaan bulan puasa yang berlangsung selama satu bulan ini pengguna tiktok menemukan banyak video tiktok trending dimana kreator memasang momen-momen bulan puasa yang hanya berlangsung setahun sekali.

Beberapa brand tertentu juga memanfaatkan momen ini untuk membagikan promosi produk atau packaging khusus di bulan puasa dengan mengunggah konten tiktok viral untuk menarik perhatian konsumen atau pengguna tiktok.

Buat Video Tutorial

Saat membuka aplikasi tiktok, tentunya pengguna tiktok akan dengan mudah menemukan berbagai video tutorial yang biasanya berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Salah satu contohnya adalah tutorial membeli tiket kereta api atau menentukan waktu keberangkatan yang tepat sesuai dengan waktu yang di inginkan.

Keterkaitan video tutorial dengan kegiatan sehari-hari menjadikan konten tutorial menjadi video yang banyak disebarkan dan diunduh oleh pengguna tiktok untuk di bagikan ke orang lain atau di simpan sendiri.

Keuntungan dari mengembangkan konten tiktok viral berupa video tutorial anda dapat menyajikan tips dan trik yang berguna bagi pengguna tiktok dan bisa di aplikasikan dalam kebutuhan sehari-hari.

Salah satu video tutorial yang banyak di temui di tiktok adalah video tutorial make up dengan berbagai gaya, mulai dari gaya rias ala korea atau make up untuk kebutuhan sehari-hari.

photo1656380613

Pengguna tiktok yang aktif dalam dunia make up tentunya tidak asing dengan akun tiktok @tasyafarasya, dimana kreator make up yang telah berkecimpung di platform youtube kini telah merambah di tiktok dan mendapatkan perhatian banyak orang berkat kontennya yang menyegarkan.

Tidak hanya itu, video masak menu tertentu yang mudah dan praktis juga banyak ditemui di tiktok dimana kreator juga terkadang mempromosikan akun youtube yang dimiliki agar pengguna tiktok tertarik untuk mengunjungi video tutorial yang lebih lengkap.

photo1656380877

Pada konten memasak, anda dapat menemukan kreator @ninakoot yang tidak hanya membagikan konten ulasan makanan namun juga memasak yang simpel dan mudah digunakan di rumah.

Selain itu, video work out dengan durasi singkat juga banyak ditemukan di tiktok yang dapat membantu penontonnya untuk mendapatkan gaya hidup sehat walu seharian di rumah.

Pecinta olahraga dari rumah tentunya tidak asing dengan kanal chloeting yang telah aktif di youtube dan mendapatkan banyak pengikut berkat video workout yang mudah dilakukan di rumah.

photo1656380947

Chloe Ting juga telah merambah dunia tiktok dengan membuat akun tiktok dengan nama yang sama dan mendapatkan banyak perhatian dari video tiktok yang telah diunggah.

Di sisi lain, apabila kreator ingin membuat konten tutorial di tiktok maka anda bisa membuat konten yang berkaitan dengan produk yang dimiliki namun dapat menyelesaikan masalah yang kerap kali ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini dilakukan agar pengguna tiktok yang melihat video tiktok anda tertarik membeli produk yang anda promosikan sambil menerapkan tips yang anda bagikan di tiktok.

Bagikan Topik yang Viral

Banyak konten viral tiktok yang muncul sesaat dan kemudian hilang di antara trend baru yang muncul setiap hari.

Namun di luar itu, banyak sekali topik viral yang terus muncul dan berkembang serta bisa anda manfaatkan sebagai konten tiktok viral.

Salah satunya adalah berita mengenai industri yang anda ikuti yang tentunya menarik untuk diangkat menjadi konten tiktok viral yang bisa diikuti oleh pengikut anda dan juga pengguna tiktok lainnya.

photo1656381706

Di sisi lain, tiktok juga menyajikan hastag challange #TiktokBerita dimana pengguna tiktok bisa menemukan berbagai berita atau informasi terbaru serta kreator juga bisa menyajikan berita yang sesuai dengan industri yang anda ikuti.

Hal yang paling penting dalam membuat konten tiktok berita adalah kreator harus menyajikan berita yang aktual dan terpercaya sehingga tidak memberikan dampak buruk bagi akun tiktok anda yang dianggap menanyikan berita palsu.

Selain itu, kreator juga bisa menyajikan konten berita ini sebagai konten selingan yang dapat menaikkan interaksi dengan pengikut yang dimiliki sehingga video yang anda sajikan ke pengikut anda tidak sekedar menghibur namun juga memberikan informasi tambahan yang bermanfaat.

Bergabung dengan Konten Tiktok Viral

Untuk menjadi terkenal di tiktok, kreator tidak hanya membuat konten tiktok viral sendiri namun juga mengikuti trend yang ada.

Dengan mengikuti konten tiktok viral yang telah tersedia maka akan lebih mudah bagi kreator untuk bergabung dengan pengguna tiktok lainnya serta membuka peluang untuk menjadi viral di tiktok.

Cara bergabung dengan konten tiktok viral pun cukup mudah, kreator cukup mencari hastag challenge yang terkenal di tiktok atau konten yang sedang banyak digunakan di tiktok.

Setelah itu anda bisa memilih konten tiktok yang sekiranya sesuai dengan produk anda kemudian di aplikasikan ke konten yang akan anda buat.

Pastikan juga hashtag challenge yang anda ikuti bukan berasal dari kompetitor yang sama sehingga anda lebih baik menggunakan tantangan yang general dan dibuat oleh penggguna tiktok biasa.

Keuntungan lain dari mengikuti konten tiktok viral adalah anda bisa meniru dengan cara yang sama sehingga mempermudah dalam membuat video tiktok.

Akan tetapi, jika anda ingin video anda di lihat oleh lebih banyak pengguna tiktok maka anda bisa menambahkan ciri khas sendiri yang tidak ditemukan di video lain.

Dengan menambahkan ciri khas yang berbeda maka akan membuat video anda lebih viral serta di lirik oleh pengguna tiktok.

photo1656382797

Salah satu trend tiktok challenge viral yang banyak digunakan oleh pengguna tiktok adalah #Holachallenge dimana kreator menyajikan transisi make up yang unik dan menarik dengan berbagai tipe riasan yang sesuai ciri khas masing-masing.

Kreator juga bisa menggunakan #Holachallenge sebagai promosi brand atau produk make up dan skincare yang dimiliki agar dilirik oleh pengguna tiktok.

Selain itu, anda juga bisa melakukan kolaborasi dengan influencer make up untuk melakukan #Holachallenge agar konten tiktok viral anda makin di lirik oleh banyak orang.

Buat Branded Filter

Saat membuat konten tiktok, biasanya pengguna tiktok akan menambah editan video atau filter agar tampilan video tiktok menjadi lebih menarik.

Anda juga bisa menemukan berbagai video tiktok yang menggunakan filter tertentu guna menghasilkan konten video yang menarik.

Penggunaan filter tiktok yang masif ini juga bisa anda gunakan sebagai media promosi campaign dengan filter yang unik dan kreatif.

Keberadaan fitur tambahan berupa filter ini juga bisa ditemukan di platform Instagram dan Snapchat dimana kreator bisa menambahkan AR Filter ke video mereka untuk memberikan efek yang spesial.

Sebuah brand juga bisa mengambil manfaat dari fitur ini dengan mengunggah filter yang berkaitan dengan campaign atau promosi produk yang anda.

photo1656383874

Salah satu filter challange brand yang ada di tiktok adalah milik Oreo dimana brand tersebut mengajak pengguna tiktok untuk menebak rasa yang diberikan sambil mempromosikan produk yang dimiliki.

Semakin banyak pengguna tiktok yang membuat konten menggunakan filter yang anda gunakan maka filter anda akan semakin viral dan bisa menjadi konten tiktok viral.

Tidak hanya itu, penggunaan filter challange juga dapat menaikkan brand awareness serta meningkatkan audience yang dimiliki sehingga menaikkan konten brand di kalangan pengikut serta pengguna tiktok lain.

Agar filter anda menjadi lebih variatif maka anda bisa menggunakan AR Filter yang kini sudah tersedia di tiktok sehingga memberikan tampilan konten tiktok viral yang lebih menarik.

Bagikan Inspirasi dengan Video Lipsync

Sebelum merebaknya berbagai konten tiktok viral, video lipsync menjadi salah satu konten yang banyak di temui dan di buat oleh pengguna tiktok bersamaan dengan konten dance challenge.

Konten satu ini membuat kreator mengunggah video sambil menyanyikan lagu yang sedang viral atau memiliki lirik yang bermakna di kalangan pendengarnya.

Tidak jarang, kreator menggunakan propertei tambahan sebagai kebutuhan konten tiktok agar video tiktok yang dihasilkan semakin ciamik.

photo1656384839

Salah stau trend video lipsync yang sempat viral di kalangan pengguna tiktok adalah lagu coming back to me yang dinyanyikan oleh Celine Dion namun disajikan dengan berbagai tema konten yang menarik, mulai dari elegan hingga komedi.

Kepopuleran video lipsync ini menjadikan banyak orang akhirnya berlomba-lomba untuk membuat ide konten yang sama dengan ciri khas yang dimiliki.

Video lipsync sendiri mduah ditemui di tiktok namun untuk menemukan konten dan lagu yang tepat maka kreator perlu menyediakan waktu untuk mencari musik dan ide tema yangs sesuai untuk konten tiktok viral anda.

pexels yan krukov 9001991

Duet dengan Konten Tiktok Viral

Kreator tidak hanya bisa mengambil inspirasi dari konten tiktok viral namun juga melakukan duet dengan video yang menarik di tiktok.

Tiktok sendiri memiliki fitur duet dan stitch dimana kreator bisa melakukan kolaborasi dengan konten yang dianggap menarik dan seuai dengan video yang akan diunggah.

Di sisi lain, banyak juga konten tiktok viral berkat melakukan duet dengan video yang viral di tiktok sehingga memberikan engagement dan viewers yang sangat banyak di tiktok.

Guna menemukan konten tiktok viral yang cocok untuk duet maka anda bisa menyediakan waktu untuk mencari konten yang cocok untuk diajak duet di tiktok.

Selain itu, anda juga bisa menemukan ide konten duet dengan mencarinya di fitur pencarian tiktok dengan hastag #duet.

Kreator juga bisa membuat pengguna tiktok berpartispasi pada konten duet anda dengan mengaktifkan fitur duet agar semakin banyak orang yang melakukan interaksi dengan konten anda.

Semakin banyak orang yang berpartisipasi pada konten duet anda juga akan menaikkan kunjungan ke halaman profil tiktok untuk menemukan konten yang diajak kolaborasi.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.