twitter campaign platform

Tutorial Twitter Ads dan Manfaatnya Untuk Promosi

Mau akun twitter business anda lebih dikenal? Promosikan melalui twitter ads untuk jangkau pengguna twitter yang lebih luas.

Banyaknya tweets yang terkirim setiap hari dan berubahnya algoritma twitter menjadikan strategi twitter marketing yang digunakan kurang menjangkau pengguna twitter yang diinginkan.

Karenanya menggunakan layanan twitter ads tentunya efektif untuk membawa tweet promosi dan akun twitter anda menjangkau pengguna twitter yang lebih luas.

Twitter ads adalah jalan keluar untuk membantu mempromosikan brand serta produk anda untuk menjangkau pengikut twitter baru yang mungkin tertarik dengan produk yang anda tawarkan.

Mengingat banyaknya jenis twitter ads yang tersedia serta keleluasaan dalam memilih budget iklan, sekarang waktu yang tepat untuk memilih campaign twitter ads yang sesuai.

Sebelum memulai menjalankan promosi di twitter ads, berikut pengertian twitter ads dan tipe – tipe iklan yang bisa digunakan di layanan twitter ads.

apa itu twitter ads

Apa Itu Twitter Ads

Bagi kreator twitter yang baru saja membuat akun twitter tentunya menginginkan akun twitternya lebih cepat dikenal dan memiliki banyak followers twitter baru.

Disisi lain, untuk menjadi viral di twitter tentunya membutuhkan waktu yang lama untuk menjangkau pengguna twitter yang sesuai dengan konsumen yang diinginkan.

Karenanya agar kreator dapat menjangkau pengguna twitter dengan mudah dan cepat maka bisa menggunakan layanan twitter ads untuk mempromosikan akun twitter dan tweets yang dimiliki.

Twitter ads sendiri merupakan tweet biasa yang dipromosikan guna menjangkau pengguna twitter yang lebih luas dan menaikkan engagement dari followers twitter yang telah dimiliki.

Saat mempromosikan sebuah tweet maka pengguna twitter akan melihat label promoted yang terdapat di tweet tersebut guna membedakan tweet biasa dengan tweet yang tengah dipromosikan.

Tweet promosi sendiri memiliki kesamaan dengan tweet biasa yakni pengguna twitter bisa melakukan reply, retweet, dan juga favorite pada tweet promosi yang dianggap menarik.

Tidak hanya itu, tweet promosi sendiri juga bisa berupa tulisan, gambar, atau video sehingga membuat tweet promosi anda menjadi lebih menarik dan mencuri perhatian pengguna twitter.

twitter ads

Kreator yang ingin membuat promosi melalui twitter ads tentunya tidak perlu khawatir apabila tweet yang dipromosikan tidak menjangkau pengguna twitter yang dinginkan, karena twitter ads sendiri bisa ditemukan secara mudah di berbagai tempat :

  • Kolom pencarian di twitter, dimana twitter ads anda akan muncul di kolom pencarian saat pengguna twitter mengetikkan kata kunci tertentu.
  • Timeline twitter, dimana pengguna twitter dapat melihat twitter ads saat membuka timeline dan biasanya terselip diantara tweet organik dari pengikut atau topik yang disukai.
  • Profil twitter, iklan berbayar ini akan muncul di profile twitter influencer yang sekiranya memiliki target konsumen yang sama atau memiliki campaign yang sesuai.
  • Twitter ads juga akan muncul di berbagai jenis gadget anda mulai dari dekstop, android, hingga iphone.

Meskipun tersedia berbagai pilihan kemunculan twitter ads namun kreator dapat memilih dimana saja iklan yang dipasarkan hadir di hadapan konsumen.

Disisi lain, hadirnya twitter ads yang terlalu sering terkadang membuat pengguna twitter jenuh dengan adanya twitter ads yang berulang setiap membuka akun twitter, namun anda dapat memilih untuk tidak menyukai iklan tertentu sehingga tidak muncul lagi di timeline anda.

Sebelum membuat twitter ads tentunya kreator harus membayar sejumlah biaya campaign yang dapat dipilih sesuai dengan tujuan promosi dan budget yang dimiliki.

jenis jenis twitter ads

Tipe – tipe Twitter Ads

Guna membantu promosi melalui twitter ads semakin efektif serta memanjakan kreator dalam menggunakan twitter, platform ini juga memberikan berbagai pilihan twitter ads yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

twitter ads

Sedang asik membawa tweet seru di twitter dan membaca tweet yang mempromosikan suatu produk atau layanan? yup, anda sedang membaca promoted tweet.

Promoted tweet sendiri terlihat seperti tweet biasa yang sering anda baca di twitter namun terkadang tweet tersebut berasal dari topik atau orang yang tidak anda ikuti sebelumnya.

Sama seperti tweet biasa yang memiliki ikon like, retweet, atau favorite, pengguna twitter juga dapat memberikan respon terhadap promoted tweet apabila tweet tersebut dirasa menarik perhatian anda.

Pengguna twitter juga dapat membedakan tweet biasa dengan promoted tweet melalui ikon promoted yang terdapat di bagian bawah twitter ads.

Ikon ini tentunya memudahkan pengguna twitter yang hanya ingin membaca tweet yang disukai dibandingkan promoted tweet.

Promoted tweet anda terasa biasa saja? maka kreator bisa mencantumkan konten lain berupa gambar, video, bahkan polls di twitter ada yang dipasang guna mencuri perhatian pengguna twitter yang melihat promoted tweet anda.

promoted accounts

Apabila kreator baru saja membuat akun twitter dan ingin mempromosikannya guna menjangkau lebih banyak pengguna twitter maka kreator bisa menggunakan layanan promoted accounts.

Dibandingkan mempromosikan satu promoted tweet, kreator bisa menggunakan layanan promoted accounts dimana kreator bisa mengiklankan sebuah akun twitter business, strategi ini dilakukan guna menjangkau pengguna twitter yang belum mengikuti akun anda dan membantu meningkatkan jumlah twitter followers yang dimiliki.

Keuntungan lain dari menggunakan layanan promoted accounts adalah twitter ads tersebut tentunya akan menjangkau konsumen potensial serta rekomendasi akun di kolom pencarian.

Promoted accounts sendiri juga diberikan label khusus berupa ikon promoted sehingga membedakan tweet biasa dengan tweet promosi yang lewat di timeline pengguna twitter.

photo1650854903

Ingin campaign anda diketahui oleh pengguna twitter? pasang saja iklan promoted trends di twitter ads yang tentunya dapat menjangkau lebih banyak pengguna twitter.

Seperti yang telah diketahui oleh banyak orang, twitter menjadi tempat yang cocok untuk mengetahui berbagai macam trending yang tengah menjadi perbincangan pengguna internet.

Hal ini dikarenakan mudahnya pengguna twitter dalam menyebarkan informasi dengan menggunakan tulisan atau gambar yang nantinya dapat menjangkau pengguna twitter berkat algoritma twitter.

Tidak jarang, berbagai sumber berita dan informasi secara aktual dapat ditemukan melalui twitter. Salah satu cara untuk melihat topik yang sedang trending di twitter adalah twitter trends.

Melalui layanan ini, pengguna twitter dapat melihat topik yang mendapat perhatian pengguna twitter dan tengah dibicarakan dalam jangka waktu tertentu.

Layanan twitter trends ini juga dapat digunakan untuk mempromosikan campain tertentu yang dibuat oleh sebuah brand guna mempromosikan produk atau event yang tengah dipasarkan.

Promoted trends sendiri dapat ditemukan dengan mudah di kolom twitter trends dan pengguna twitter pun dapat berinteraksi dengan campaign atau hastag yang dipromosikan melalui promoted trends.

Guna membedakan hastag atau campaign yang sedang naik daun di twitter trends tentunya promoted trends diberikan tanda khusus berupa ikon promoted yang dapat ditemukan di bagian bawah twitter hastag.

Promoted trends sendiri dapat ditemukan dengan mudah di bagian trends for you yang berada di kolom pencarian dan juga timeline twitter.

Guna meningkatkan layanan twitter ads untuk kreator maka pada bulan Januari 2022, Twitter meluncurkan fitur twitter ads terbaru bernama promoted trend spotlight dimana kreator dapat membuat promoted trends lebih mencolok dengan kehadiran video pendek atau GIF yang berada di bagian atas timeline.

Sayangnya trend spotlight sendiri baru muncul di beberapa negara tertentu saja yang kemudian akan menyusul di berbagai negara lainnya.

Automated Ads

Mau mulai beriklan di twitter namun masih bingung budget yang sesuai dan campaign yang diperlukan? maka kreator bisa menggunakan layanan automated ads.

Melalui layanan ini maka kreator bisa mempromosikan tweet yang telah dibuat secara otomatis dari twitter.

Twitter sendiri menyebut layanan automated ads sendiri sebagai solusi beriklan melalui twitter ads dimana 10 tweets yang telah dibuat dalam sehari bisa dikumpulkan untuk kemudian dipromosikan ke audience yang telah terpilih dan sesuai dengan konsumen yang diinginkan.

Dengan menggunakan layanan ini maka kreator tidak perlu melakukan setting twitter ads terlebih dahulu dan juga harga yang sama dengan jangkauan hingga 30.000 pengguna twitter.

tutorial twitter ads

Tutorial Promosi di Twitter

Berbagai jenis twitter ads yang bisa dipakau oleh kreator dan juga berbagai keuntungan dalam menjangkau pengguna twitter yang lebih banyak tentunya menjadi alasan terbesar memasang twitter ads di akun twitter yang anda miliki.

Sudah tertarik membuat twitter ads namun masih bingung cara mengaktifkan layanannya? berikut tutorial membuat twitter ads secara mudah dan cepat.

Persiapkan Akun Twitter Ads

Langkah pertama yang bisa dilakukan kreator sebelum membuat twitter ads adalah dengan membuat akun twitter ads dulu, caranya pun mudah yakni dengan masuk ke akun twitter yang dimiliki kemudian melakukan pendaftaran ke akun ads twitter.

twitter ads
Pendaftaran akun twitter ads ini akan membantu kreator dalam mengakses layanan Twitter Ads Manager yang menyediakan berbagai fitur guna menjalankan twitter ads.

Beberapa layanan yang ditawarkan oleh twitter ads manager adalah analisa metrics dan juga mengecek jangkauan twitter ads yang telah kreator buat.

twitter ads 1

Pilih Twitter Ads Campaign

Setelah mendaftar di website twitter ads maka langkah selanjutnya yang bisa kreator lakukan adalah dengan memilih tujuan dalam beriklan melalui twitter ads.

Twitter sendiri memiliki pilihan campaign yang bisa dipiliih sesuai dengan kebutuhan serta budget iklan yang dimiliki.

Awareness

  • Reach : Apabila kreator ingin tweet atau akun twitternya dilihat oleh lebih banyak pengguna twitter maka fitur reach bisa menjadi pilihan, dengan 1000 impresi setiap pembayaran twitter ads
  • In Stream Video Views : Bosan dengan twitter ads yang begitu saja? Kreator bisa menggunakan layanan In Stream Video Views dengan menyebarkan twitter ads dalam bentuk video ini maka kreator hanya perlu membayar biaya sejumlah iklan yang dilihat

Consideration

  • Video Views : Kreator yang memiliki campaign melalui video pendek maka bisa mengunakan layanan video views guna memasarkan promosi yang diinginkan dan kreator hanya perlu membayar iklan setiap jumlah video yang dilihat.
  • App Install : Apabila kreator ingin mengajak pengguna twitter mengunduh aplikasi yang anda jalankan maka twitter ads berupa app install bisa menjadi pilihan untuk mengajak pengguna twitter mengunduh aplikasi yang anda promosikan.
  • Website Clicks : Ajak pengguna twitter untuk berkunjung ke website anda dengan memberikan promo yang menarik di iklan consideration yang telah dipasang di twitter ads.
  • Engagements : Engagements yang tinggi tentunya akan membuat akun twitter anda lebih dikenal secara organik oleh banyak pengguna twitter. Twitter ads dalam bentuk engagements tentunya akan membantu kreator mencapai target tersebut.
  • Followers : Twitter followers yang banyak serta aktif tentunya akan membantu meningkatkan kredibilitas akun twitter anda. Penggunaan twitter ads untuk meningkatkan twitter followers bisa menjadi solusi yang tepat guna mendapatkan pengikut twitter secara organik dan cepat.

Conversion

  • Re Engagements : Ajak kembali pengguna twitter yang sudah memiliki aplikasi anda untuk penggunaan yang lebih dengan twitter ads dalam bentuk re engagements.
twitter ads 3

Setelah memiliki twitter campaign yang diinginkan maka kreator bisa melanjutkan ke Campaign Set Up screen, dimana kreator akan diperlihatkan nama campaign yang dipilih, pilihan pembayaran, setting campign budget, dan pilihan untuk menentukan tanggal tayang campaign tersebut.

Twitter ads sendiri memiliki pilihan budget yang bisa dipilih sesuai kebutuhan sehingga pembayaran twitter ads tidak keluar dari budget yang dimiliki.

Berikut contoh jumlah twitter ads yang dibayarkan oleh kreator apabila akan menjalankan iklan di twitter.

twitter ads 4

Apabila pilihan biaya iklan sudah sesuai dengan budget yang disediakan maka kreator bisa melakukan klik pada ikon Next untuk melanjutkan setting twitter ads.

Pilih Ad Group Serta Pilihan Pembayaran

Halaman selanjutnya yang dituju oleh kreator adalah Ad Group Setup, pada layanan ini kreator akan diberikan kebebasan untuk menentukan twitter ads campaign dimana kreator bisa mengumpulkannya dalam satu grup khusus.

Namun apabila kreator sudah berpengalaman dalam membuat twitter ads maka kreator memisahkan campaign yang dibuat ke dalam kategori tertentu untuk menyasar ke target konsumen yang berbeda dan juga jenis konten serta pilihan budget dan jadwal tayang.

Berikut contoh ad group yang bisa kreator buat sesuai dengan kebutuhan dan pilihan waktu tayang yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

twitter ads 6

Tidak hanya itu, kreator juga bisa memilih biaya iklan yang akan dikeluarkan untuk setiap interaksi berupa tayangan video dan jangkauan tweets.

Twitter akan mengatur budget terbaik dengan pilihan harga terendah sesuai dengan budget yang telah anda tentukan sebelumnya.

Langkah ini merupakan solusi yang tepat bagi kreator twitter yang ingin beriklan di twitter namun memiliki biaya iklan yang terbatas.

Pilih Audience yang Diinginkan

Dalam membuat iklan twitter tentunya kreator sebaiknya memlih konsumen yang dituju agar hasil dari iklan yang ditayangkan semakin maksimal dan menjangkau konsumen yang sesuai.

Twitter ads sendiri memberikan pilihan bagi kreator untuk memilih konsumen yang sesuai dengan akun dan juga tweet yang telah dibuat selama ini.

Opsi target audience ini juga membantu kreator untuk memilih konsumen yang tepat serta memaksimalkan budget iklan yang anda miliki.

Kreator dapat memilih opsi target audience berupa memilih konsumen berdasarkan gender, usia, lokasi, bahasa, dan juga gadget yang digunakan.

Tidak hanya itu, kreator juga diberikan pilihan lokasi yang dapat diisi sesuai dengan wilayah yang ingin dituju atau bahkan melebar hingga satu negara.

Pemilihan gadget juga membantu kreator dalam memilih perangkat elektronik apa saja yang biasa digunakan kreator untuk mengakses twitter seperti dekstop, android, atau Iphone.

Terdapat juga pilihan konsumen dimana kreator dapat memilih iklan untuk konsumen tertentu berdasarkan kesukaan yang lebih spesifik seperti events, kesukaan, kebiasaan, kata kunci, dan acara tv yang sering diperbincangkan dalam jangka waktu tertentu.

Berikut contoh demografi yang bisa dipilih kreator sesuai dengan pilihan campaign dan target konsumen yang dituju.

twitter ads 7

Apabila hasil demografi sudah sesuai dengan keinginan kreator maka anda bisa melakukan klik pada ikon next untuk menentukan target konsumen yang dituju.

twitter ads 9 620x356 1

Pilih Tempat Penayangan Iklan

Iklan Twitter yang bermunculan di berbagai tempat tentunya menjadi keuntungan bagi kreator untuk memilih tempat yang cocok untuk penayangan iklan yang dipilih.

Twitter sendiri memberikan 3 pilihan penayangan iklan : timeline user, profil dan tweet, serta kolom pencarian.

Kreator bisa memilih 3 tempat penayangan iklan sekaligus atau satu tempat khusus yang sering dikungjungi oleh konsumen yang diinginkan.

twitter ads 12

Saatnya Tayangkan Iklan

Sudah memilih konten iklan dan campaign yang sesuai dengan pilihan konsumen? Kini saatnya tayangkan iklan anda di twitter.

Jangan lupa juga untuk menganalisa secara rutin performa iklan twitter yang ditayangkan untuk mengetahui apakah tujuan iklan sudah sesuai dengan tujuan iklan yang diinginkan.

tips promosi di twitter ads

Tips Promosi Melalui Twitter Ads

Tidak hanya merancang strategi iklan twitter sesuai dengan pilihan konsumen namun kreator juga sebaiknya melaukan beberapa tips yang dapat membuat iklan twitter berjalan sesuai dengan keinginan.

Perbaiki Profile Twitter

Ketika seorang konsumen sudah tertarik dengan iklan twitter yang anda sebarkan maka biasanya pengguna twitter akan melihat profil twitter terlebih dahulu.

Apabila kreator tidak menyiapkan diri dengan identitas profil twitter yang lengkap tentunya akan membuat konsumen kurang mempercayai brand anda dan akhirnya urung untuk mengikuti akun anda dan menjalankan campaign yang anda buat.

Karenanya hal yang penting dalam melancarkan promosi melalui iklan twitter adalah dengan memperbaiki identitas profil twitter.

Beberapa isi identitas yang bisa kreator lengkapi di profil twitter adalah header dan foto profil twitter, deskripsi akun, serta lokasi usaha.

Dengan identitas yang lengkap tentunya akan membuat konsumen mempercayai produk dan brand anda sehingga semakin tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan.

Apabila memungkinkan, kreator bisa mendapatkan Twitter verified guna membuat akun anda terlihat profesional serta terbukti keasliannya.

Tweet Secara Ringkas namun Menarik Perhatian

Twitter sendiri memiliki limitasi dalam penulisan sebuah tweet yakni hanya 280 kata sehingga kreator sebaiknya berfikir kreatif dalam membuat konten yang ringkas namun menarik perhatian pengguna twitter.

Ditambah lagi banyaknya tweet yang diunggah setiap harinya menjadikan pengguna twitter bisa beralih ke tweet lain yang dianggap lebih menarik.

Karenanya dalam membuat sebuah tweet pastikan kreator membuat kalimat yang singkat namun dapat menarik perhatian pengguna twitter untuk melakukan interaksi dengan tweet yang anda buat.

Penggunaan foto, video, dan polling juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna twitter untuk membalas tweet anda dan bahkan menyebarkannya ke pengguna twitter lainnya.

Berikan Call to Action yang Jelas

Tidak hanya membuat pengguna twitter berinteraksi dengan setiap tweet yang anda unggah dan akhirnya menjadikan akun twitter anda sebagai hiburan semata tanpa adanya call to action yang jelas.

Di setiap tweet yang viral dan memiliki tingkat engagement yang tinggi maka kreator bisa menyelipkan promosi untuk melakukan campaign yang diinginkan, seperti mengikuti akun anda, mengunduh aplikasi, atau mendaftar di website yang anda jalankan.

Pemberian gambar juga bisa menjadi call to action yang dapat memperjelas perintah yang ingin kreator jalankan untuk pengguna twitter yang melihat tweet atau ikan twitter anda.

Gunakan Resolusi Foto dan Video yang Tinggi

Meskipun kekuatan twitter berasal dari tweet yang menarik perhatian pengguna twitter namun penggunaan foto dan video yang tinggi juga menjadi daya tarik tersendiri untuk berinteraksi dengan akun dan tweet anda,

Karenanya sebelum mengunggah sebuah tweet dengan tambahan foto atau video maka pastikan memiliki resolusi yang tinggi sehingga enak dilihat dan membuat konsumen tertarik untuk membeli produk anda.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *