pexels plann 4549414 1

Cara Menemukan Influencer Tiktok Untuk Promosi

Temukan cara mudah menemukan influencer tiktok yang sesuai dengan rekomendasi website dan tips mencari kreator yang sesuai.

Tiktok telah menjadi social media milik anak muda, dimana mereka bisa membuat konten video pendek dengan durasi maksimal hingga 10 menit.

Obsesi generasi muda pada Tiktok menjadikan social media ini terus berkembang dan berada pada deretan platform hiburan yang sering digunakan oleh pengguna internet.

Tidak hanya itu, Tiktok juga telah menghasilkan berbagai macam influencers yang tentunya menguntungkan digunakan untuk promosi produk atau campaign tertentu dengan efektif dan menyasar target konsumen anak muda.

Namun, sebelum memilih influencer tiktok yang sesuai keinginan, maka ketahui dulu website yang bisa digunakan untuk mencari kreator yang sesuai dengan bidang yang anda miliki.

keuntungan menggunakan influencer tiktok

Keuntungan Menggunakan Influencer Tiktok Untuk Promosi

Popularitas tiktok yang meningkat tajam akhir-akhir ini ditambah dengan variasi konten yang beragam dari influencer tiktok, menjadikan banyak brand atau usaha tertarik untuk melakukan kolaborasi promosi untuk meningkatkan penjualan produk secara maksimal.

Tidak hanya itu, menggunakan influencer tiktok sebagai media promosi juga memberikan keuntungan lainnya bagi sebuah brand yang sedang berkembang.

Influencer Tiktok Memiliki Interaksi yang Berbeda

Sebagian besar pengguna tiktok mengakses aplikasi ini menggunakan handphone yang ada di tangan untuk memudahkan menonton berbagai konten yang disajikan.

Ketenaran platform tiktok ini juga berbanding lurus dengan jumlah unduhan aplikasi yang stabil dibandingkan social media lainnya.

Namun, unduhan aplikasi Tiktok masih belum melampauian beberapa social media lainnya, yakni Instagram, Facebook, dan Tiktok.

Meskipun begitu, jumlah pengguna Tiktok masih lebih banyak dibandingkan Snapchat yang memiliki jenis konten yang sama, dan tengah bergerak menjadi 5 besar social media yang digunakan oleh pengguna internet.

Di sisi lain, jenis konten yang ditampilkan di Tiktok berbeda dari yang anda lihat di social media lainnya, hal ini karena perbedaan dari cara kerja Tiktok serta kebiasaan penggunanya.

Kreator dan influencer tiktok biasanya membagikan konten cerita pendek, meskipun kini terdapat fitur tambahan yang memungkinkan penggunanya untuk membagikan konten story atau gambar yang berurutan.

Selain itu, biasanya pengguna Tiktok akan lebih fokus pada deskripsi yang tertera di video, sehingga akan sedikit mengacuhkan kolom caption.

Sehingga kebiasan menulis cerita yang panjang serta hashtag yang beragam seperti di Facebook atau Instagram akan sering dilupakan, meskipun keduanya dapat membantu optimasi video untuk algoritma tiktok.

Meskipun begitu, kreator dan influencer tiktok sama-sama menuangkan kreativitasnya pada konten video menggunakan filter atau menceritakan pengalamannya untuk membagikan interaksi yang lebih mendalam dengan pengikut yang dimiliki atau pengguna tiktok yang melihat video mereka di halaman fyp.

Salah satu keunggulan lainnya dari influencer tiktok adalah adanya kolaborasi live streaming yang biasanya diadakan dengan brand lain.

Dimana influencer tiktok mempromosikan barang promosi tertentu di siaran langsung agar penonton bisa langsung membelinya selama acara berlangsung.

Tidak jarang banyak influencer tiktok yang berhasil mendapatkan hasil penjualan yang fantastis, hanya dengan melakukan jual beli di tiktok live selama satu malam.

@natasha.surya

ya surpres banget kok. gapapa yg ptg kalian yg selama ini rebutan sama jastipers bisa aku berikan stock besok jm 9 MALAM. biar udah santuy!

♬ Sneaky Snitch – Kevin MacLeod

Salah satu contoh sukses influencer tiktok yang berhasil meraup milyaran rupiah dalam satu malam adalah akun kreator @natasha.surya yang seringkali melakukan siaran langsung promosi dengan berbagai brand teknologi atau alat rumah tangga.

Keroyalan konsumen serta ulasan jujur yang diberikan menjadikan influencer tiktok ini disukai banyak brand saat melakukan kolaborasi promosi produk.

Target Konsumen yang Beragam 

Meskipun Tiktok merupakan platform social media yang dikuasai anak muda, namun anda juga bisa menemukan pengguna dengan kisaran usia 20-30 yang membuat dan menonton konten yang disajikan.

Sehingga strategi promosi menggunakan influencer marketing masih menjadi cara ampuh bagi brand untuk melakukan pemasaran di Tiktok dengan membuat konten yang relevan dengan target konsumen yang dituju.

Di sisi lain, apabila anda memiliki produk yang menarik bagi pengguna Tiktok maka anda bisa memanfaatkanya sebagai bagian promosi yang efektif untuk membangun brand recognition.

Promosi tersebut tentunya bisa diiringi dengan konten autentik yang biasanya digunakan oleh kreator tersebut, agar mudah memikat penonton yang melihat konten promosi anda serta mudah diterima oleh pengikut influencer tiktok tersebut.

@brandonlilhero

POV : Ai MeiFang 📸Foto Bareng📸 Geng || Pokok e lek fotone elek, SALAHNO SENG MOTO 👀 || #NetflixId #Netflix101 #TikToktainment

♬ original sound – Lilhero.brandon – Lilhero.brandon

Cara ini dilakukan oleh kreator tiktok @Lilhero.brandon yang membagikan konten kolaborasinya dengan Netflix menggunakan konten original yang disukai oleh pengikutnya dan pengguna tiktok lainnya.

Cara Mencari Influencer Tiktok Untuk Promosi

Apabila anda percaya bahwa Tiktok adalah tempat ideal untuk audience anda,  maka anda juga perlu mencari influencer yang tepat.

Anda bisa memulainya dengan mencari influencer yang membagikan konten yang sama dengan topik atau industri yang anda tekuni.

mencari melalui hashtag tiktok

Contohnya apabila anda memiliki usaha di bidang kosmetik atau perawatan tubuh, maka anda bisa mencarinya dengan kata kunci produk tertentu, seperti #skincare, #parfumtahanlama, dan berbagai keyword lain yang berkaitan.

Di sisi lain, Tiktok juga memiliki jenis konten video beragam, mulai dari video dance challenge, lypsinc, komedi, atau mengulas produk secara langsung. 

Sehingga anda perlu memahami jenis konten yang disukai oleh konsumen anda untuk selanjutnya memilih influencer yang memiliki tipe video yang sama dan menarik perhatian mereka.

Salah satunya yang dilakukan oleh akun tiktok kreator Gadgetin yang memberikan ulasan produk dan rekomendasi handphone dari brand Oppo yang bisa menjadi pertimbangan bagi pengguna tiktok untuk membeli barang yang serupa.

Reputasi akun Gagdetin yang telah melanglang buana di platform Youtube akhirnya menjadikan penonton tertarik untuk melihat video hingga habis dan mempertimbangkan untuk membeli produk tersebut di kemudian hari.

Bagian paling penting dalam memilih influencer tiktok yang sesuai adalah memastikan hasil engagment rate yang didapatkan dalam jangka waktu tertentu.

Apakah semua konten mereka mendapatkan perhatian yang sama atau hanya beberapa konten tertentu yang mendapatkan interaksi tertinggi.

Hal ini perlu diperhatikan mengingat anda juga perlu menghitung kesuksesan yang di dapatkan setelah melakukan kolaborasi dengan influencer tiktok yang telah anda pilih.

Tidak hanya itu, beberapa cara berikut juga dapat membantu anda dalam mencari influencer tiktok yang tepat untuk berbagai kebutuhan promosi

Mencari Influencer Tiktok di Google 

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mencari influencer tiktok yakni menggunakan halaman pencarian Google.

mencari influencer tiktok di google

Anda bisa memulainya dengan menggunakan kata kunci tertentu, misalanya ” influencer tiktok makanan” kemudian Google akan mengeluarkan beberapa artikel yang membahas kreator yang membuat konten dengan topik yang serupa.

Meskipun beberapa rekomendasi influencer tiktok tidak sesuai dengan tipe dan minat anda, namun hal ini bisa menjadi langkah awal untuk menemukan rekomendasi yang sesuai.

Namun, apabila anda menemukan influencer tiktok yang sesuai keinginan, maka anda bisa melakukan pencarian manual dengan mengunjungi profil tiktok akun tersebut dan menganalisa jumlah pengikut yang dimiliki, konten yang diunggah, serta interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Anda mungkin saja menemukan kompetitor lain yang telah menggunakan jasa dari influencer tiktok tersebut yang nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan kerjasama dengan melihat hasil interaksi yang di dapatkan.

Mencari Influencer Tiktok Berdasarkan Lokasi 

Saat memulai sebuah bisnis baru, tentunya pelaku usaha menginginkan konsumen yang berasal dari lokasi yang sama.

Hal ini dilakukan agar mendapatkan pembeli yang membeli barang anda secara rutin serta membuka peluang untuk menjadi pelanggan tetap.

Sehingga apabila tujuan anda untuk menggaet konsumen yang berada di sekitar tempat usaha, maka anda bisa mencari influencer tiktok berdasarkan lokasi.

Pencarian ini dilakukan untuk menemukan influencer tiktok lokal yang terkenal di kalangan konsumen anda, sehingga bisa memberikan rekomendasi pada produk yang anda miliki.

mencari influencer tiktok berdasarkan lokasi

Anda bisa melakukan pencarian influencer tiktok lokal menggunakan Google dan Tiktok, menggunakan kata kunci tertentu, sehingga anda dapat menemukan kota pilihan serta menjadi cara bagus untuk mencari influencer lokal yang bekerja di wilayah geografis yang anda kuasai.

Apakah Influencer Favorit Anda ada di Tiktok

Ketenaran tiktok sebagai media social populer di kalangan pengguna internet, menjadikan banyak influencer yang akhirnya membuka akun tiktok untuk menjangkau target konsumen yang lebih luas namun dengan jenis konten yang sama.

Seorang influencer yang memiliki dua akun social media, juga bisa anda manfaatkan untuk melakukan kolaborasi di akun social media yang berbeda, namun dengan jenis konten yang sama.

influencer tiktok @kobuncit

Salah satunya yang dilakukan oleh influencer tiktok makanan @kobuncit yang memiliki beberapa akun social media, seperti Instagram, Youtube, dan Tiktok untuk membagikan konten ulasan makanan yang dimiliki.

Sehingga apabila influencer kesayangan anda juga memiliki akun social media lainnya, maka anda bisa menggunakannya sebagai media promosi di berbagai platform tertentu.

Anda bisa mulai mencarinya menggunakan nama akun social media yang sama, dimana biasanya influencer mengguankan nama yang selaras di berbagai platform social media yang anda miliki.

Jangan lupa juga untuk mengecek performa akun influencer tiktok tersebut dengan melihat jumlah pengikut yang dimiliki, interaksi yang dilakukan, serta jumlah likes dan viewers yang didapatkan.

Hal ini dilakukan mengingat seorang influencer bisa saja memiliki perfoma terbaik di satu social media saja dan jumlah pengikut yang kurang sesuai di Tiktok.

Perbedaan ini karena format konten yang berbeda sehingga menjadikan influencer tersebut memiliki jumlah pengikut yang tidak sama di setiap social media.

Apabila mereka memiliki jangkauan yang luas dan pengikut yang banyak di Tiktok, maka anda bisa menghubungi contact person yang tertera untuk melakukan kerjasama promosi lebih lanjut.

Analisa Kinerja Kompetitor 

Banyaknya pengguna tiktok aktif tentunya akan memudahkan anda menemukan kompetitor lain yang memiliki jenis usaha sama namun memiliki pengikut lebih banyak.

Meskipun begitu, anda tidak perlu berkecil hati karena anda bisa menganalisa kinerja kompetitor tersebut untuk melihat kolaborasi dengan influencer tiktok lainnya.

Sehingga anda bisa melakukan analisa mengenai kreator yang bisa anda ajak kerjasama untuk keperluan promosi selanjutnya.

Anda juga bisa melihat campaign promosi yang memiliki pengaruh lebih besar sehingga anda bisa mengadaptasinya ke konten pemasaran yang akan anda gunakan di waktu yang berdekatan.

Berbagai analisa ini akan memberikan pencerahan mengenai influencer tiktok yang memiliki topik yang sesuai dengan konsumen yang anda miliki.

Anda mungkin tidak menginginkan untuk melakukan kerjasama dengan influencer tiktok yang pernah bekerja sama dengan kompetitor anda, namun analisa tersebut dapat memberikan ide mengenai influencer yang bisa anda jangkau dan tipe konten yang audience sukai.

rekomendasi website mencari influencer tiktok

6 Rekomendasi Website Mencari Influencer Tiktok

Mencari infuencer tiktok secara manual mungkin akan memakan lebih banyak waktu dan mungkin akan membuat anda menemukan kreator yang kurang sesuai.

Sehingga untuk menghemat lebih banyak waktu, maka anda bisa menggunakan website yang dapat membantu mencari influencer tiktok secara mudah dan cepat.

Grin

Grin

Grin adalah salah satu website yang mengakui ketenaran Tiktok sebagai media influencer marketing, bahkan sebelum Tiktok melakukan ekspansi secara internasional.

Platform ini tidak sekedar memudahkan marketer untuk mencari influencer tiktok yang sesuai, namun anda bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan promosi di social media, sehingga anda tidak memerlukan berbagai tools tambahan lainnya.

Namun, fokus utama Grin adalah menyediakan media pemasaran influencer untuk berbagai brand dengan memberikan rekomendasi influencer yang sesuai, mengelola hubungan selama proses kolaborasi berlangsung, serta melaporkan dan melacak keuntungan promosi yang anda lakukan bersama influencer tersebut.

Dimana alat ini menyediakan jaringan terhadap 32 juta pengguna media sosial di berbagai platform termasuk Tiktok untuk menemukan representasi influencer yang sesuai dengan brand anda.

Tidak hanya itu, anda juga memiliki tempat khusus untuk mengirim pesan ke influencer tersebut melalui email hingga mengirimkan produk yang akan dikelola sebagai konten promosi.

Grin akan mempermudah pengelolaan kerjasama dengan influencer dan menunjukkan hasil kolaborasi tersebut ke dala sebuah grafik yang mudah dipahami.

Anda juga akan diberikan laporan mengenai interaksi audience dengan konten yang telah diunggah oleh influencer tertentu dan memungkinkan anda untuk menemukan keterlibatan dan jangkauan konten yang serupa.

Kemampuan Grin dalam terhubung ke berbagai platform marketplace juga akan memudahkan anda untuk mengirim barang serta mengetahui kapan barang akan sampai ke tangan konsumen, sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Hal ini tentunya cocok bagi sebuah brand yang memiliki akun Tiktokshop sebagai media jual beli dengan konsumen.

creator.co

Creator.co

Creator.co memulai karirnya sebagai influencer marketplace dengan nama Shop anda shout, namun seiring dengan berjalannya waktu, website ini kemudian berubah dan memperluas layanan yang ditawarkan.

Hingga akhrinya merubah nama menjadi Creator.co yang menawarkan pada pembuatan dan pendistribusian konten, serta melayani usaha kecil dan menengah dengan menyediakan informasi yang lebih banyak dibandingkan platform lainnya.

Guna menikmati berbagai layanan yang diberikan, platform satu ini menawarkan dua paket khusus yang bisa dinikmati sesuai dengan kebutuhan serta harga yang berbeda.

Setelah anda memilih layanan yang diinginkan, maka selanjutnya anda bisa membuat campaign promosi yang anda inginkan secara spesifik dan detail, kreator juga dapat memilih jenis campaign yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan.

Pertama adalah giveaway dimana influencer membawa pengikutnya untuk mengunjungi akun tiktok anda dan mengikuti konten yang anda adakan, kemudian ada campaign Shotout campaign yang merupakan pertukaran produk dengan eksposure yang diinginkan.

Namun, jika anda ingin bekerja sendirian, maka Creator.co juga menyediakan layanan Self serve plan dimana anda akan diberikan tools pencarian yang akan memudahkan anda untuk mencari influencer yang sesuai dengan keinginan dan kriteria promosi produk yang sesuai keinginan.

upfluence

UpFluence

Di tahun 2019, Upfluence pernah menulis artikel mengenai pemasaran Tiktok yang mengamati adanya tren menggunakan media social sebagai media hiburan dibandingkan sebagai media yang membagikan informasi mengenai mengenai diri sendiri.

Dimana Tiktok memenuhi semua kebutuhan tersebut dengan sempurna sehingga memberikan seseroang ruang untuk mengekspresikan kreativitas mereka dengan bebas.

Upfluence juga mendukung kinerja penggunanya melalui media pencarian dan penemuan influencer tiktok serta memberikan layanan yang membantu brand anda untuk melakukan social listening yang tentunya akan mendukung promosi anda secara maksimal.

Tidak hanya itu, Upfluencer juga memiliki database besar yang mencakup satu juta kreator berpengaruh di semua social media terkemuka dan Tiktok berada di dalamnya.

Keuntungan lainnya adalah anda dapat mencari influencer tiktok menggunakan sebanyak mungkin kata kunci yang dibutuhkan, sehingga anda dapat menemukan seseorang yang tepat dengan jumlah audience yang sesuai keinginan.

Imai

Imai

Website pencarian influencer yang didirikan pada tahun 2009 ini menjadi pelopor dari evolusi influencer marketing yang akan membantu sebuah brand dalam memilih influencer tiktok yang memiliki kinerja tertinggi dalam melakukan interaksi dengan audience.

Tidak hanya itu, platform ini juga membantu dalam membawa campaign promosi anda ke arah yang lebih baik, sehingga akan mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga anda memiliki akses ke berbagai influencer tiktok yang tersebar di seluruh dunia termasuk selebriti, micro dan macro influencer.

Tidak hanya itu, platform ini juga menyediakan layanan untuk mengelola campaign promosi tiktok yang anda miliki, seperti merancang strategi kreatif yang tepat hingga memberikan laporan mengenai hasil kinerja promosi kolaborasi dengan influencer tiktok yang telah anda pilih.

Imai juga memberikan garansi kinerja promosi konten serta konversi ke hasil penjualan yang anda inginkan.

Aspire

Aspire

Platform satu ini memulai karirnya sebagai marketplace dimana marketer dan brand dapat menemukan influencer, menghubungi mereka, dan akhirnya melakukan kesepakatan kerjasama untuk melakukan kolaborasi promosi produk.

Berubahnya minat pasar, akhirnya membuat Aspire semakin berkembang dan memperluas softwarenya menjadi lebih baik.

Salah satunya adalah menyediakan platform dimana sebuah brand dan influencer tiktok dalam membuat perjanjian kerjasama jangka panjang.

Tidak hanya itu, Aspire juga menggunakan sistem hybrid untuk database influencer, dimana mereka menggunakan algoritma untuk mencari influencer yang sesuai dengan jumlah database yang cukup besar.

Selain itu, anda juga bisa menggunakannya untuk mencari influencer yang tepat dengan berbagai cara, seperti melalui kata kunci, hashtag, topik, dan lain sebagainya kemudian filter akan memberikan hasil berupa jumlah pengikut, rata-rata likes yang di dapatkan, serta demografi lainnya yang akan membantu anda dalam menentukan influencer tiktok yang tepat.

Aspire juga memiliki fitur semacam Tinder dengan nama Quickmatch dimana anda bisa menemukan influencer sesuai dengan keinginan berdasarkan rekomendasi.

Cara lain untuk menemukan influencer tiktok adalah menggunakan Aspire social listening tools yang akan memperlihatkan orang-orang yang menyebut nama brand atau produk anda.

Sehingga anda mungkin melihat influencer yang menyukai produk anda dan merekomendasikannya ke orang lain.

Marvck

Mavrck

Apabila anda ingin mencari website yang fokus pada platform Tiktok saja, maka Mavrck bisa menjadi jawabannya, dimana anda bisa menemukan influencer tiktok yang relevan untuk campaign yang akan anda jalankan.

Selain itu, Mavrck juga menyediakan rekomendasi mincro dan macro influencer yang memiliki harga yang lebih terjangkau namun dengan royalitas konsumen yang tinggi, sehingga akan membantu meningkatkan penjualan anda.

Mavrck juga menyediakan berbagai jenis kampanye yang bisa anda integrasikan yang telah ditentukan oleh influencer, serta meminta konten dan ulasan untuk pengembangan kampanye yang lebih baik.

Sumber :

How to Find TikTok Influencers: 8 Easy Steps You Can Follow (gethypedmedia.com)

How to Find TikTok Influencers [+FREE TikTok Influencer Search Tool] (influencermarketinghub.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *