tiktok market insights

Tiktok Market Insights, Fitur Baru Untuk Perencanaan Strategi

Tiktok rilis tiktok market insights guna permudah kreator merancang strategi konten marketing yang tepat. Ketahui fitur serta penggunaannya.

Tiktok saat ini tidak hanya menjadi platform social media yang dapat memamerkan kreativitas dalam membuat video pendek namun kini tiktok juga bisa digunakan untuk promosi brand atau produk.

Cara ini dilakukan mengingat tiktok memiliki banyak pengguna yang berasal dari berbagai kalangan khsususnya anak muda yang hobi mengekspresikan diri melalui video pendek.

Di samping itu, mulai banyak juga kreator yang menggunakan platform ini untuk menyebarkan berbagai informasi yang berguna dan sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.

Tiktok melihat trend ini yang kemudian merilis layanan tiktok market insights yang mempermudah kreator dalam mengenali target marketing yang dituju.

Sebelum mencoba layanan terbaru dari tiktok ini maka ketahui dulu apa itu tiktok market insights serta berbagai filter informasi yang ditawarkan.

apa itu tiktok market insights

Pengertian Tiktok Market Insights

Tiktok kembali merilis fitur baru yang tentunya menguntungkan bagi penggunanya guna meningkatkan jumlah engagement serta followers secara organik.

Layanan bernama Tiktok market insights ini memungkinkan kreator untuk menggunakan beberapa filter tertentu guna mencari informasi penting mengenai target konsumen yang diinginkan.

tiktok market insights

Adanya platform terbaru ini memungkinkan kreator dalam mempelajari lebih lanjut mengenai audience serta aspek-aspek pendukung lainnya.

Beberapa filter informasi yang disajikan oleh Tiktok adalah lokasi, demografi, industri yang dijalani, tahun pilihan, dan lain sebagainya.

tiktok market insights

Salah satu contohnya adalah apabila kreator ingin mencari data konsumen pada perayaan tertentu maka anda bisa menggunakan pilihan filter berikut guna mendapatkan informasi yang sesuai dan bisa diterapkan di konten tiktok anda.

Di sisi lain, layanan tiktok market insights ini memiliki kesamaan dengan fitur facebook interactive insight yang di rancang untuk memberikan informasi yang lebih sesuai mengenai poin-poin data yang diinginkan.

Kehadiran tiktok market insights ini juga membantu kreator dalam merancang strategi marketing yang tepat dengan tambahan informasi mengenai data yang diinginkan.

Sayangnya, tiktok market insights sendiri memiliki kelemahan yakni informasi yang diberikan tidak terlalu dalam serta bersifat general sehinga mungkin saja informasi yang disajikan tidak sesuai dengan konsumen yang dimiliki.

Hal ini terlihat dari kesamaan informasi yang muncul di beberapa kategori yang berarti menunjukkan data tersebut tidak se spesifik yang diinginkan.

Namun tetap saja data yang disajikan saling berhubungan di setiap elemen serta memberikan perspektif yang lebih luas mengenai informasi yang terjadi di platform tiktok.

Dengan eksistensi Tiktok yang kini memiliki pengguna aktif sebanyak 1.5 miliar di tahun 2022 dan terus bertambah setiap harinya, banyak kreator yang mencari jalan baru untuk menjadi bagian dari topik diskusi dan membangun eksistensi dengan masuk ke halaman for your page.

Guna mengetahui layanan tiktok market insights lebih dalam maka kreator bisa mempelajari terlebih dahulu beberapa filter yang disediakan oleh platform satu ini.

pexels cottonbro 5081926 1

Filter di Tiktok Market Insights

Guna memudahkan kreator dalam mendapatkan informasi yang diinginkan maka tiktok market insights membagi beberapa informasi ke dalam filter yang bisa di pilih oleh kreator

Berikut penjelasan lengkap mengenai setiap filter tiktok market insights yang bisa digunakan dalam pemilihan informasi konsumen.

Capture 13

Lokasi

Tiktok sendiri memiliki banyak pengguna yang tersebar di berbagai negara sehingga platform ini membagi beberapa lokasi guna mendapatkan informasi yang lebih tepat.

Pada layanan tiktok market insights sendiri kreator bisa memilih lokasi sesuai keinginan serta konsumen yang dimiliki seperti Global, wilayah Amerika, Australia, Eropa, hingga Asia.

Pemilihan lokasi konsumen tentunya penting untuk mendapatkan informasi konsumen yang lebih akurat berdasarkan target yang diinginkan.

Sayangnya informasi lokasi yang diberikan oleh tiktok market insights tidak mencantumkan daerah-daerah khusus di Indonesia sehingga kreator akan diberikan data konsumen secara global dibandingkan detail daerah yang diinginkan.

Meskipun begitu cara ini ampuh untuk mendapatkan informasi konsumen yang lebih luas sehingga konten tiktok anda bisa lebih mudah masuk ke halaman for your page.

Pada filter ini nantinya kreator akan mendapatkan informasi mengenai jenis konten yang diperbincangkan oleh masing-masing audience serta perasaan positif yang dibagikan.

Guna memudahkan kreator dalam membaca data konsumen maka tiktok market insights memberikan data berupa angka sehingga dapat dipahami dengan mudah dan cepat.

Capture 14

Audience

Banyaknya pengguna tiktok yang mengggunakan platform ini setiap harinya menjadikan tiktok market insights membagikan informasi ke dalam berbagai filter audience seperti Gen Z, Milenial, serta Gen X.

Perbedaan filter audience ini nantinya akan memudahkan kreator dalam menemukan data yang diinginkan sesuai dengan target konsumen yang dituju.

Beberapa informasi yang di dapatkan dari pemilihan audience adalah perasaan positif yang lekat di kalangan audience tertentu, kebiasan dalam menggunakan tiktok,.

Capture 15

Salah satu informasi yang bisa di dapatkan dari data audience adalah kebiasaan pengguna yang dapat membantu kreator dalam menentukan ide konten yang sekiranya cocok bagi konsumen yang dituju.

Capture 16

Wawasan

Informasi selanjutnya yang bisa di dapatkan dari tiktok market insights adalah wawasan dimana layanan ini membagi ke dalam tiga data yang bisa dipilih sesuai dengan tujuan promosi di tiktok.

Capture 17

Iklan

Pada layanan iklan ini kreator akan mendapatkan informasi mengenai produk yang dicari dan dibeli konsumen pada perayaan tertentu.

Salah satu contohnya adalah audience tiktok di amerika banyak mencari produk yang memiliki kaitan dengan hadiah atau makanan di hari valentine.

Beberapa barang tersebut di beli setelah melihat ulasan di tiktok atau melihat influencer yang membeli produk tertentu di tiktok sehingga membuat pengguna tiktok tertarik untuk membeli produk tersebut.

Perbedaan perayaan tentunya akan merubah kebiasaan konsumen dalam membeli produk tertentu sehingga kreator sebaiknya melihat momen yang tepat dalam mempromosikan barang tertentu di tiktok.

Capture 18

Kreator

Data kedua yang bisa di dapatkan dari tiktok market insights adalah cara pandang pengguna tiktok mengenai promosi menggunakan kreator tiktok.

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa kebiasaan membeli produk viral di tiktok dipengaruhi oleh banyaknya influencer yang mempromosikan atau menggunakan barang tertentu di konten promosi.

Semakin banyak influencer yang menggunakan produk anda di konten tiktok baik secara berbayar atau organik maka akan meningkatkan jumlah penjualan anda secara bertahap.

Salah satu contoh dari informasi kreator adalah pengguna tiktok di amerika lebih suka ketika sebuah brand menampilkan kreator tiktok di brand mereka.

Hal ini bisa berupa konten iklan atau konten promosi produk yang anda unggah di akun tiktok anda atau kreator yang anda pilih.

Fakta ini di dukung oleh dominasi pengguna tiktok yang lebih menyukai kehadiran influencer di konten promosi sehingga membuat konsumen lebih tertarik untuk membeli produk anda.

Capture 19

Audience

Pengetahuan mengenai target audience tentulah sangat penting bagi kreator untuk mengembangkan konten tiktok yang cocok bagi konsumen yang dituju.

Pada layanan tiktok market insights sendiri kreator bisa mendapatkan informasi mengenai kebiasaan audience berdasarkan range umur yang dipilih.

Salah satunya adalah informasi mengenai kebiasan dari audience millenial yang hobi mengirimkan konten yang telah dilihat dan dirasa menarik ke pengguna tiktok melalui fitur direct messange.

Kebiasaan mengirim konten ke orang lain ini tentunya dapat menaikkan engagement konten karena video anda tersebar ke pengguna lain yang belum pernah mengenal anda sebelumnya.

Karenanya bagi kreator yang mengincar konsumen millenial bisa membuat konten yang sekiranya bisa menjadi bahan perbincangan dengan orang lain sehingga video anda bisa disebarkan ke banyak orang.

Capture 20

Industri

Banyaknya pengguna tiktok tentunya tidak hanya menyajikan konten komedi atau tiktok challange namun banyak juga yang menjadikan tiktok sebagai media promosi yang efektif.

Jumlah akun tiktok brand yang terus bertambah setiap harinya menjadikan tiktok market insights membagi beberapa industri yang sering ditemui di tiktok.

Berbagai jenis industri yang kerap ditemui di tiktok adalah pakaian dan aksesori, kecantikan dan perawatan diri, serta rumah tangga dan kebersihan.

Dengan memilih industri yang diinginkan maka kreator bisa menemukan informasi mengenai konsumen tersebut.

Capture 21

Salah satu contohnya adalah informasi mengenai produk kecantikan yang kerap kali ditemui di tiktok serta memiliki konsumen yang cukup banyak di tiktok.

Saat kreator mencoba mengakses informasi mengenai produk kecantikan maka mendapatkan data mengenai jenis konten kecantikan yang disukai oleh konsumen sehingga bisa digunakan di akun tiktok yang dimiliki.

Pada data tersebut diketahui bahwa konsumen produk kecantikan lebih menyukai konten yang bersifat komedi atau hiburan.

Di sisi lain, konsumen dengan range usia generasi X lebih menyukai konten tutorial dan menjadikan tiktok sebagai media informasi mengenai produk yang akan dibeli.

Karenanya dalam membuat konten mengenai produk kecantikan maka kreator sebaiknya memerhatikan jenis konsumen yang dituju sehingga bisa membuat isi konten yang diinginkan.

Capture 22

Liburan dan Acara

Momen liburan serta perayaan tertentu juga menjadi titik balik bagi brand untuk mengangkat penjualan produk sehingga bisa mencapat target penjualan yang ditentukan.

Tidak heran pada perayaan tertentu anda akan menemukan berbagai banyak diskon yang bertebaran di market place atau pusat perbelanjaan yang memberikan potongan harga secara besar-besaran.

Tiktok sebagai salah satu media promosi online juga dimanfaatkan banyak brand untuk memasarkan diskon atau produk yang dirilis dalam perayaan tertentu.

Karenanya tiktok market insights juga menghadirkan informasi mengenai kebiasaan konsumen pada momen liburan atau perayaan tertentu.

Capture 23

Salah satunya informasi mengenai perayaan natal dimana sebagian konsumen memilih untuk membeli produk game sebagai hadiah untuk orang tersayang atau perawatan diri agar bisa tampil cantik saat bertemu dengan kolega di perayaan natal.

Tidak hanya itu, sebagian besar pengguna tiktok mengakui mendapatkan inspirasi mode dari tiktok sehingga kreator bisa mengembangkan konten tutorial yang bisa diterapkan pengguna tiktok serta membuat konsumen tertarik dalam membeli produk yang ditawarkan.

Di sisi lain saat konsumen sudah terpincut dengan produk yang sering lewat di tiktok maka pembeli aka mencari informasi lebih lanjut mengenai barang tersebut sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli barang tersebut di market place, pusat perbelanjaan, atau tiktok shop.

Guna menyambuat perayaan tertentu pengguna tiktok juga menginginkan adanya program atau campaign khusus mengenai momen tersebut.

Hal ini bisa menjadi ide campaign promosi sehingga kreator usaha tidak perlu bingung memikirkan strategi promosi yang sesuai.

Capture 24

Tahun

Guna mendapatkan informasi konsumen yang valid maka tiktok market insights hanya menampilkan dua tahun belakangan yang menjadi titik balik bagi tiktok dimana platform ini mulai dilirik oleh pengguna internet.

Keuntungan lain dari pencantuman tahun dalam data tiktok market insights adalah kreator mendapatkan informasi mengenai kebiasaan pengguna dari berbagai range usia sehingga memudahkan dalam mencari kebiasaan konsumen.

Capture 25

Faktanya dari informasi tahun yang di dapatkan dari tiktok market insights adalah sebagian besar pengguna memiliki kebiasaan yang sama seperti membagikan konten menarik ke teman seusianya atau memerhatikan konten kesukaan.

Hal ini menjadikan kreator memperoleh informasi mengenai ide konten yang sesuai sehingga bisa tersebar ke pengguna tiktok lainnya.

phone 5509611 640

Fakta Tiktok Bagi Strategi Penjualan Marketing

Peluncuran tiktok market insights sebagai fitur baru dari tiktok tentunya berasal dari kebiasaan pengguna tiktok yang hobi berbelanja setelah melihat berbagai konten produk di tiktok.

Di sisi lain banyak juga brand besar yang mulai merambah tiktok guna menambah konsumen serta mengenalkan diri ke pembeli potensial di tiktok

Promosi di tiktok sendiri memiliki berbagai keuntungan guna menaikkan penjualan serta brand awareness produk.

Berikut beberapa fakta tiktok penting bagi strategi penjualan marketing.

Pengguna Mendapatkan Informasi Penting dari Tiktok

Tiktok kini tidak hanya menjadi sarana ekspresi diri dengan adanya berbagai tiktok challange yang beredar namun juga bisa menjadi sarana informasi penting.

Dengan durasi video tiktok yang mencapai 10 menit menjadikan kreator bisa menyajikan konten informasi di tiktok sesuai dengan minat yang disukai.

Tidak mengherankan apabila sebanyak 84% pengguna tiktok mengaku mendapatkan informasi serta tips terbaru dari tiktok.

Dengan menonton video tiktok maka kreator bisa menemukan berbagai konten tutorial mulai dari konten perawatan tubuh yang mampu mempercantik diri hingga konten memasak simpel yang bisa dipraktekkan di rumah.

Kreator juga bisa mengembangkan konten tutorial dari produk yang dimiliki guna meningkatkan rasa penasaran pengguna tiktok mengenai kelebihan produk yang anda jual.

Pengguna Tiktok Hobi Membeli Barang dari Tiktok

Saat melihat berbagai konten di tiktok terkadang pengguna secara tidak sengaja melihat konten promosi produk baik dari influencer yang diikuti atau iklan tiktok yang mendadak muncul di timeline anda.

Keberadaan konten promosi yang selalu muncul terkadang membuat pengguna tiktok tertarik untuk membeli produk tersebut di tambah lagi dengan ulasan produk yang selalu beredar di timeline tiktok.

Fakta ini dibuktikan dengan jumlah pengguna tiktok yang selalu penasaran untuk membeli sesuatu setelah melihatnya di timeline tiktok.

Karenanya agar promosi di tiktok menjadi lebih efektif maka kreator bisa menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk anda ke konsumen yang sesuai dan berasal dari pengikut yang dimiliki.

Tiktok Digunakan Sebagai Media Pencarian Produk

Bingung membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari atau sedang mencari barang yang sesuai dengan kebutuhan? Tiktok bisa menjadi solusinya.

Dengan kehadiran kreator tiktok yang hobi mengulas produk yang unik maka pengguna tiktok bisa menemukan referensi produk yang sesuai dengan keinginan.

Hal ini juga di dukung dengan kehadiran halaman for your page yang akan terus menampilkan konten yang anda sukai sehingga akan lebih mudah menemukan referensi produk yang diinginkan.

Karenanya tidak mengherankan tiktok menjadi media prefeensi pencarian produk dibandingkan akun social media lain.

Pengguna Tiktok Sering Mencari Ulasan Produk Tertentu

Keberadaan tiktok sebagai media referensi produk juga perlu di dukung dengan ulasan dan testimoni dari orang lain yang telah menggunakan produk tersebut.

Kebiasaan inilah yang membuat pengguna tiktok mencari ulasan produk dari pengguna tiktok lain guma menguatkan alasan mereka untuk membeli produk yang dilihat dari tiktok.

Karenanya penting bagi kreator tiktok untuk terus memberi apresiasi bagi pengguna tiktok yang hobi mengulas produk anda di tiktok.

Hal ini dilakukan mengingat banyaknya testimoni tentunya akan membuat konsumen tertarik untuk membeli produk anda.

Konten Tiktok Cocok Untuk Promosi Word of Mouth

Berbagai informasi yang di dapatkan dari tiktok market insights menunjukkan banyak pengguna tiktok yang membagikan konten menarik ke orang lain mengguankan layanan direct message.

Pengiriman konten ini dilakukan untuk mendiskusikan video yang dilihat atau promosi produk yang dilihat di konten tiktok.

Kebiasaan inilah yang menjadikan pengguna tiktok mengirim konten tiktok lalu secara tidak langsung mempromosikan produk tertentu ke orang lain.

Promosi word of mouth ini secara tidak langsung dapat meningkatkan keinginan pengguna tiktok yang awalnya belum tertarik ke produk anda menjadi penasaran dan kemudian membeli barang tersebut di pusat perbelanjaan.

Promosi word of mouth ditambah dengan testimoni konsumen yang pernah mencoba produk anda menjadikan banyak orang akhirnya mencoba produk anda bahkan mengajak orang lain untuk membeli barang tersebut secara tidak langsung.

Pengguna Tiktok Sering Melakukan Interaksi dengan Akun Tiktok

Sebagian besar pengguna internet memiliki kebiasaan yang sama yakni melakukan interaksi dengan akun produk yang disukai.

Interaksi ini bisa berupa melakukan tag pada akun tiktok anda atau menyebutkan nama brand dan produk anda di konten ulasan.

Kebiasaan ini merupakan salah satu bentuk cinta konsumen terhadap produk yang disukai sehingga secara tidak langsung selalu merekomendasikan produk anda ke orang lain serta menyebut nama produk anda di social media.

Dengan melakukan tag pada akun tiktok tentunya akan meningkatkan engagement akun tiktok serta menaikkan poin insight anda.

Karenaya apabila ada pengguna tiktok yang melakukan tag pada akun tiktok anda maka kreator bisa membalasnya untuk meningkatkan interaksi anda dengan konsumen yang dimiliki.

Semakin sering anda membalas pesan serta mengomentari ulasan konsumen maka semakin tinggi juga kesempatan akun tiktok anda untuk muncul di halaman for your page.

Interaksi yang dilakukan pengguna tiktok tidak hanya melakukan tag pada akun tiktok namun juga memberikan komentar atau mengirimkan pesan ke akun anda.

Semakin tinggi engagement konten yang di dapatkan maka kemungkinan besar akun anda lebih sering muncul di konsumen yang dimiliki.

Alasan-alasan inilah yang menjadikan kreator tiktok sebaiknya aktif untuk membalas komentar serta pesan yang dikirimkan konsumen.

Konsumen Selalu Merasa Bahagia setelah Produk Datang

Proses pencarian produk yang panjang di dukung dengan ulasan produk dari pengguna tiktok akhirnya membuat konsumen tertarik untuk membeli produk yang diinginkan dari tiktok.

Perjalanan panjang dalam menemukan produk yang tepat ini menjadikan konsumen akan merasa bahagia setelah barang yang dibeli sampai di tangan dengan selamat.

Tidak hanya itu, untuk membuktikan ulasan dari pengguna tiktok biasanya konsumen akan ikut-ikutan untuk membuat konten ulasan produk.

Kemudahan dalam membuat konten testimoni menjadikan konsumen tertarik untuk mengulas produk anda dari sisi konsumen yang memiliki ekspektasi tinggi.

Karenanya penting bagi kreator untuk merespon setiap konten ulasan yang diberikan guna memberikan respon yang baik dan berguna bagi promosi ke depannya.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.