tiktok schedule post

Tiktok dan Youtube, mana yang lebih unggul?

Di antara tiktok dan youtube? Mana yang lebih anda sukai dan di gemari oleh konsumen anda? Temukaan jawaban yang tepat di artikel ini.

Sebuah studi dari influencemarketing hub menyatakan bahwa di tahun 2020, konsumsi video meningkat tajam hungga 120%.

Kenaikan penggunaan konten video di aplikasi media sosial ini di picu oleh berubahnya kebiasaan dari pengguna yang mulai menyukai konten video dari platform youtube dan tiktok dan menghabiskan waktu untuk menonton postingan yang disuguhkan.

Di sisi lain, penggunaan video memberikan pengaruh yang bagus bagi promosi hingga 90% untuk promosi iklan video.

Sehingga tidak diragukan lagi apabila sebanyak 86% perusahaan kini menggunakan konten video untuk menaikkan penjualan serta interaksi dengan konsumen yang dituju.

Singkatnya, digital marketer kini mula melirik dua platform streaming vide terbesar, tiktok dan youtube.

Sementara itu, Youtube sudah menjadi social media yang populer di dunia dan terus meningkat hingga 43% di tahun 2020.

Meskipun begitu, Tiktok juga tidak mau kalah dengan variasi konten yang lebih beragam serta keunggulan pada durasi video yang lebih pendek menjadikan tiktok mengalahkan youtube dan menjadi social media dengan pertumbuhan tercepat.

Tiktok dan youtube telah menjadi platform ideal bagi digital marketer, dengan memilih salah satu platform tersebut maka anda akan mendapatkan hasil yang luar biasa untuk promosi campaign atau produk menggunakan konten video.

Jadi, diantara tiktok dan youtube mana social media terbaik yang bisa anda pilih untuk promosi campaign yang sesuai dengan konsumen anda?

Berikut beberapa perbedaan antara tiktok dan youtube dengan dukungan fitur dan ide konten yang dimiliki.

tiktok dan youtube

Perbedaan Tiktok dan Youtube

Bagi pengguna internet tentunya tidak asing dengan dua platform sosial media terkenal, Tiktok dan youtube.

Meskipun keduanya memiliki format konten yang hampir sama namun tiktok dan youtube juga mempunyai perbedaan besar yang membuat konsumen memilih kedua platform tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.

Karenanya berikut perbedaan tiktok dan youtube yang bisa menjadi pertimbangan awal dalam promosi di internet.

Apa Itu Tiktok

Tiktok merupakan social media dengan konten video pendek yang bisa dibagikan ke pengguna lain dengan mudah dan cepat.

Tidak hanya itu, pengguna tiktok juga diizinkan untuk membuat dan membagikan berbagai konten video dengan berbagai topik berbeda.

Aplikasi tiktok sendiri diluncurkan pada tahun 2016 oleh sebuah perusahaan asal China bytedance yang juga telah memiliki platform video dengan nama Douyin di China sebelum akhirnya berganti nama menjadi Tiktok untuk pengguna internasional.

Douyin sendiri telah memiliki 100 juta pengguna di awal peluncurannya serta miliaran video yang dilihat setiap hari.

Di sisi lain, Tiktok baru dilirik oleh pasar internasional di tahun 2017 dan popularitas tiktok semakin meningkat berkat berbagai dance challenge yang digunakan dan dikembangkan oleh pengguna tiktok dan telah berkembang menjadi platform video yang ideal untuk membahas berbagai macam topik.

Hal ini dikarenakan membuat video tiktok dinilai lebih mudah dibandingkan dengan youtube, dimana penggunanya bisa menyalurkan kreativitas dan minatnya dengan membuat konten video pendek di handphone.

Berbeda dengan youtube dimana kreator memerlukan tools yang mumpuni untuk membuat konten video yang keren serta disukai oleh penonton.

Tidak hanya itu, pengguna tiktok juga bisa mempercepat video, memotong, menggunakan layanan AR, dan bahkan menambahkan lagu tanpa perlu meninggalkan aplikasi tiktok.

Kemudahan inilah yang akhirnya membuat pengguna tiktok dapat membuat konten video dengan mudah tanpa perlu mengkhawatirkan kemampuan dalam membuat atau mengedit video.

Meskipun begitu, kreator yang memiliki kemampuan lebih dalam mengedit video juga tetap bisa mengunggah konten tiktok yang keren dan dapat menarik perhatian pengguna tiktok.

Kreator juga bisa menggunakan aplikasi edit video yang dapat membantu memaksimalkan hasil konten video tiktok menjadi lebih baik.

Berbagai fasilitas dan kemudahan yang diberikan menjadi alasan tersendiri bagi pengguna tiktok untuk menikmati membuat konten video tiktok sesuai dengan minat atau sedang trending di tiktok.

Pengguna tiktok yang banyak dan aktif serta kemudahan dalam membuat konten tiktok menjadikan platform ini tempat untuk promosi produk atau melakukan interaksi dengan target konsumen.

photo1657762596

Salah satunya yang dilakukan oleh akun tiktok @steincookware, brand perlengkapan memasak ini melakukan kolaborasi dengan berbagai influencer tiktok untuk mempromosikan produk yang mereka miliki sehingga menarik perhatian pengguna tiktok.

Tidak hanya itu, agar pengguna tiktok semakin tertarik dengan produk yang mereka promosikan maka brand satu ini juga membuat akun tiktok serta konten edukasi yang menjadi daya tarik bagi penontonnya.

Apa Itu Youtube

Youtube menjadi salah satu platform yang menjadi sumber pencarian online di internet, hal ini terjadi mengingat pengguna youtube dapat dengan mudah menemukan berbagai informasi yang dibutuhkan dengan format video yang tentunya lebih mudah untuk dipahami dalam waktu singkat.

Pendirian Youtube sendiri di awali dengan keinginan untuk memudahkan penggunanya dalam membagikan konten video, dengan konsep yang unik akhirnya youtube tumbuh dan berkembanga menjadi platform yang memiliki banyak pengguna aktif yang terus tumbuh setiap tahunnya.

Tidak seperti Tiktok yang menyajikan konten video dengan durasi yang pendek maka penonton youtube lebih mencari video dengan penayangan yang lebih panjang dengan berbagai ide konten video yang menarik, seperti ASMR, ulasan produk, tutorial, dokumentasi, dan lain sebagainya.

Sementara itu untuk pembuatan konten youtube sendiri maka kreator diberi kebebasan untuk membuat video dengan ukuran vertical serta durasi video yang tidak terbatas.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa menyajikan konten video sesuai dengan topik dan minat yang disukai untuk meluapkan kreativitas serta menjangkau konsumen yang diinginkan.

Kreator juga bisa membuat konten youtube dengan bantuan aplikasi edit video untuk menghasilkan kualitas konten yang lebih baik sehingga menarik perhatian penonton.

Promosi melalui kanal youtube juga dinilai menguntungkan mengingat pengguna dapat dengan mudah mencari topik serta pembahasan produk yang diinginkan sehingga membuka kesempatan bagi kreator untuk membuat konten promosi produk yang sesuai dengan keinginan konsumen di Youtube.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa memaksimalkan penggunaan video youtube dengan menggunakan layanan rekomendasi dan trending video serta membuat playlist video yang mampu menyajikan konten video yang lebih beragam.

photo1657764206

Promosi melalui youtube juga dilakukan oleh platform streaming film atau series terkenal, Netflix dimana perusahaan tersebut mempromosikan film yang akan dirilis guna menarik perhatian penonton untuk menonton tayangan yang disajikan.

Tidak hanya itu, sebagai variasi konten video maka netflix juga sering melakukan wawancara dengan pemain film dan series tertentu untuk mengenalkan tayangan tersebut ke konsumen serta memanjakan penggemar film tertentu.

pexels andrea piacquadio 821948

Perbedaan Fitur Tiktok dan Youtube

Meskipun tiktok dan youtube bergerak di bidang yang sama tentu keduanya memiliki fitur yang berbeda dan menajdi daya tarik bagi penggunanya.

Perbedaan inilah yang sebaiknya kreator ketahui untuk menjangkau konsumen yang tepat dengan konten yang ingin anda buat.

Berikut beberapa perbedaan antara tiktok dan youtube yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk promosi melalui konten video.

Durasi dan Jumlah Penayangan Video Tiktok dan Youtube

Salah satu perbedaan besar antara tiktok dan youtube adalah durasi video yang dimiliki masing-masing platform.

Tiktok sendiri dikenal dengan konten video pendek dengan durasi 60 detik meskipun kini telah diperpanjang hingga 10 menit.

Durasi yang singkat tersebut memudahkan kreator dalam menyalurkan kreativitasnya melalui video pendek yang unik dan menghibur penonton.

Namun, jika kreator merasa kesulitasn untuk membuat konten video dengan durasi yang pendek maka anda bisa menggunakan tema video bersambung yang membuat penonton penasaran dan menunggu konten video yang akan disajikan selanjutnya.

photo1657765080

Salah satunya yang dilakukan oleh akun tiktok @iggydzu_ yang membuat series mengenai tipe-tipe dan keseharian anak sekolah yang mengundang perhatian dari pengguna tiktok berkat ekspresi yang diberikan serta ketepatan menyampaikan cerita yang sesuai dengan yang dialami oleh banyak.

Guna menarik pehatian banyak orang maka iggydzu juga membuat konten tiktok dengan mode series sehingga bisa dilihat sambung menyambung dengan ide tema yang sama.

Berbeda dengan tiktok yang memiliki durasi yang lebih panjang sehingga mempermudah kreator saat membuat konten video karena tidak adanya limitasi dalam membuat video tiktok.

Hal ini juga memudahkan kreator dalam menceritakan isi konten mereka tanpa perlu menggunakan ide konten series.

photo1657765473

Youtuber Nessi Judge juga memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh youtube dengan memperpanjang konten video hingga 20 menit untuk mempermudah penonton melihat konten video yang lebih panjang sehingga dengan penjelasan yang lebih detail.

Pilihan Audience Tiktok dan Youtube

Sejak awal peluncurannya, Tiktok dikenal sebagai social media untuk anak muda melihat berbagai konten challenge atau duet yang biasa dilakukan oleh anak muda.

Karenanya meski kreator tiktok di usia dewasa mulai memasuki tiktok namun konsumen anak muda tetap menguasai dalam membuat atau melihat konten yang disajikan di tiktok.

Di sisi lain, meskipun anda dapat dengan mudah menemukan konten anak-anak di youtube dan menggunakan layanan Youtube Kids namun pengguna youtube tetap dikuasi oleh penonton di usia dewasa.

Hal ini dikarenakan konten youtube yang lebih beragam dan panjang membuat penonton tidak hanya bisa melihat konten hiburan namun edukasi yang tentunya bisa dilihat kapan saja dan di mana saja.

Perbedaan audience tiktok dan youtube ini juga bisa menjadi pertimbangan bagi marketer untuk menentukan plaform yang tepat sesuai dengan konsumen yang ingin dituju.

Cara Menghasilkan Uang di Tiktok dan Youtube

Keuntungan lain dari aktif di social media adalah kesempatan mendapatkan penghasilan tambahan dari monetisasi konten yang diunggah.

Benefit ini juga sudah dibuktikan oleh kreator youtube yang berhasil menambah pundi-pundi kekayaaan berkat aktif mengunggah konten youtube yang menarik dan disukai oleh konsumen sehingga memiliki kesempatan untuk melakukan monetisasi konten.

Youtube sendiri membuka beberapa cara untuk mendapatkan uang dari youtube, yakni dengan bagi hasil iklan yang di pajang sehingga semakin lama durasi iklan yang di unggah serta jumlah iklan yang diberikan maka akan memberikan kesempatan untuk mendapatkan uang yang lebih banyak.

Di sisi lain, penggunaan iklan youtube kurang disukai oleh penonton youtube sebab mengurangi rasa senang saat menonton video youtube sehingga memilih untuk melakukan skip iklan atau berganti ke konten video lain.

Meskipun begitu, kreator masih memiliki cara lain untuk menambah penghasilan dari youtube yakni dengan memasang biaya berlangganan konten eksklusif yang hanya bisa dilihat oleh penonton yang telah membayar dengan biaya tertentu.

Semakin menarik konten eksklusif yang anda unggah maka akan menarik lebih banyak penonton untuk melakukan langganan kanal youtube.

Tidak hanya itu, saat anda melakukan siaran langsung maka penonton berkesempatan memberikan gift dengan nominal tertentu sehingga membuka kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari hadiah yang dikirimkan.

Kreator tiktok juga bisa mendapatkan hasil lebih saat melakukan siaran langsung melalui tiktok dengan mengumpulkan hadiah yang dikirimkan oleh penonton anda.

Semakin banyak orang yang memberikan hadiah saat siaran langsung maka anda akan mendapatkan penghasilan tambah yang lumayan.

Keuntungan lain dari melakukan siaran langsung di tiktok adalah anda bisa mempromosikan produk yang anda miliki dan bisa dibeli langsung di tiktok shop.

Promosi satu ini kerap kali digunakan oleh berbagai brand besar untuk memasarkan produk yang dimiliki di tiktok.

Kelabihan lain dari melakukan siaran langsung di tiktok adalah penyebaran live streaming ke halaman fyp sehingga memudahkan marketer untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak sehingga mendapatkan penghasilan tambahan yang lebih banyak.

Bandingkan dengan youtube yang hanya menyiarkan siaran langsung ke pengikutnya saja sehingga peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan berbeda dari tiktok.

Namun, anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan lainnya dengan membagikan link affiliate produk yang akan menguntungkan bagi anda apabila ada konsumen yang berminat membeli produk melalui link yang anda bagikan.

Promosi satu ini juga bisa anda terapkan di tiktok dan youtube dengan membuat konten ulasan produk yang membantu meningkatkan rasa percaya konsumen yang akhirnya membeli produk yang anda promosikan.

Cara lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan juga sedang dikembangkan oleh tiktok melalui creator fund dimana kreator agar mendapatkan penghasilan tambahan melalui monetisasi konten dengan hasil sesuai jumlah penonton konten.

Namun tidak semua pengguna tiktok bisa merasakan creator fund karena akun tiktok yang dimiliki harus mendapatkan 10.000 pengikut serta mendapatkan jumlah penonton video hingga 100.000 penayangan dalam jangka waktu sebulan.

Pemilihan Backsound Video Tiktok dan Youtube

Salah satu alasan mengapa tiktok lebih mudah terkenal adalah kemudahan dalam menambahkan lagu sebagai backsound music sehingga menghasilkan konten yang menarik.

Penggunaan lagu juga bisa digunakan sebagai background cerita sebuah konten video tiktok sehingga menghasilkan konten yang keren dan disukai oleh penonton tiktok.

photo1657768083

Salah satunya adalah lagu glimpse of us dari Joji yang banyak dijadikan konten cerita berupa pandangan orang lain terhadap mantan kekasih barunya.

Ide konten cerita yang menarik serta backsound yang pas menjadikan pengguna tiktok membuat konten tiktok dengan tema yang sama sehingga menjadikan sebuah lagu lebih terkenal.

Berbeda dengan youtube yang memiliki kebijakan yang ketat mengenai penggunaan backsound dimana anda kurang bisa menggunakan berbagai lagu dengan bebas sebab terikat dengan hak cipta.

Hal ini menyebabkan sebuah video dihapus oleh Youtube sebab menggunakan lagu yang melanggar penggunaan hak cipta.

Namun kreator tidak perlu khawatir sebab youtube sendiri menyediakan berbagai backsound lagu yang bisa digunakan secara gratis dan tetap aman bagi konten youtube anda.

Cara Membagikan Konten Tiktok dan Youtube

Saat mengunggah konten video pertama kali mungkin sulit bagi anda untuk mendapatkan jumlah penonton yang banyak.

Namun untuk mengatasi masalah tersebut maka anda bisa melakukan promosi ke social media lain dengan membagikan link konten video.

Anda juga bisa membagikan cuplikan video ke social media lain dan disertai dengan link yang akan membawa penonton ke akun youtube yang anda miliki.

Beberapa strategi promosi lain yang bisa anda lakukan adalah dengan membagikan cuplikan video ke instagram menggunakan konten story dan reels yang dapat menjangkau lebih banyak orang.

Meskipun begitu, tiktok dan youtube juga membantu menaikkan konten yang telah kreator unggah dengan fitur rekomendasi yang akan menyiarkan anda ke konsumen yang memiliki minat yang sama dengan anda.

Penggunaan Caption Video Tiktok dan Youtube

Saat pertama kali melihat konten tiktok dan youtube maka anda mungkin saja melihat caption yang dicantumkan pada video tersebut.

Pencantuman video tersebut nantinya akan memudahkan penonton untuk memahami konten yang anda sajikan sehingga memberikan opsi untuk tinggal di video anda atau beralih ke konten lain.

Meskipun begitu, tiktok dan youtube jumlah caption yang berbeda dimana youtube menyedikan kolom deskripsi yang lebih panjang dibandingkan tiktok dimana anda bisa mencantumkan deskripsi video serta link promosi yang cocokuntuk promosi affiliate.

Berbeda dengan tiktok yang memiliki jumlah caption yang lebih sedikit namun anda bisa mengatasinya dengan menambahkannya di kolom komentar atau video yang anda unggah.

Analisa Konten Tiktok dan Youtube

Sama seperti social media lainnya, tiktok dan youtube juga memiliki layanan untuk menganalisa konten yang anda unggah sehingga memudahkan anda untuk mengetahui konten yang memiliki kinerja lebih baik dan mendapatkan perhatian dari penonton anda.

Analisa konten tiktok dan youtube berupa algoritma konten akan menginformasikan jumlah penayangan video yang telah anda unggah sebelumnya serta tipe-tipe penonton yang melihat konten anda sehingga memudahkan untuk strategi marketing tiktok dan youtube ke depannya.

Di sisi lain, semakin bagus poin algoritma tiktok dan youtube yang anda dapatkan akan memudahkan anda menjangkau konsumen yang sesuai sehingga membuka peluang untuk mendapatkan pengikut baru.

Meskipun begitu, tetap ada persamaan penghitungan algoritma tiktok dan youtube, dimana tiktok ldan youtube lebih mengedepankan interaksi pengguna youtube untuk menampilkan tipe konten yang disukai.

Tidak hanya itu penggunaan informasi video yang sesuai dengan lengkap juga dapat menaikkan sebuah konten tiktok, beberapa detail yang bisa anda tambahkan di konten tiktok adalah hastag, caption, serta deskripsi video.

Mengirim Pesan di Tiktok dan Youtube

Kelebihan lain yang tidak dimiliki oleh Youtube adalah kemudahan interaksi antara penonton serta kreator melalui kolom direct message.

Dimana layanan ini tidak dimiliki oleh youtube sehingga bagi penggemar seorang kreator youtube mereka hanya bisa melakukan interaksi melalui kolom komentara dan memiliki peluang untuk dibalas oleh kreator.

Meskipun begitu, jika anda berminat melakukan kolaborasi dengan kreator tertentu maka anda bisa menghubungi personal contact yang biasanya tersedia di kolom deskripsi youtube.

Persamaan Tiktok dan Youtube

Meksipun tiktok dan youtube merupakan kompetitor yang memperebutkan konsumen yang sama namun keduanya tetap memiliki persamaan mendasar.

Dimana tiktok dan youtube merupakan platform penyiaran video dengan berbagai topik yang seru dan menarik sehingga bisa dipilih sesuai dengan keinginan penonton.

Keduanya juga cocok untuk berbagai brand dengan berbagai pilihan komunitas yang banyak dan besar serta bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

Tiktok dan youtube juga merupakan social media populer yang mampu menarik perhatian banyak orang untuk membagikan konten yang anda buat.

Selain itu, algoritma tiktok dan youtube yang sama juga memudahkan kreator untuk mengembangkan konten di dua platform sekaligus.

Jadi, platform mana yang ingin anda pilih?

Sumber:

https://clipchamp.com/en/blog/tiktok-vs-youtube-which-better-creators/

https://influencermarketinghub.com/tiktok-vs-youtube/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.