strategi tiktok marketing

Strategi Tiktok Marketing Sukses Bagi Pemula

Mulai jalan sebagai konten kreator dan influencer tiktok dimulai dengan merancang strategi tiktok marketing yang efektif.

Kekuatan dari tiktok kini tidak bisa diragukan lagi. Hal ini terlihat dari banyaknya pengguna aktif saat ini dan juga tingginya minat anak muda dalam membuat atau menghabiskan waktu hanya untuk scrolling timeline FYP Recommend.

Meskipun begitu, platform yang berfokus pada konten video pendek ini kerap kali digunakan untuk promosi produk atau bisnis yang dimiliki tentunya dengan strategi tiktok marketing yang tepat.

Tiktok sendiri juga menjadi alternatif promosi yang tengah naik daun saat ini dan dibuktikan oleh banyaknya bisnis yang melejit berkat kesuksesan tiktok marketing yang dibuat apalagi jika yang disasar adalah kalangan anak muda atau konsumen dengan kisaran umur 20-30 tahun.

Beberapa brand besar pun juga mulai melakukan ekspansi promosi dengan melakukan tiktok marketing guna menjangkau konsumen yang lebih luas.

Namun, meski bisnis anda masih dalam pengembangan atau baru memulai jalan sebagai kreator di tiktok hal ini tidak perlu dirisaukan karena dengan strategi tiktok marketing yang sesuai dan juga kekuatan dari tiktok akan membantu anda untuk menaikkan konten dan akun hingga masuk fyp recommend.

Karenanya berikut beberapa strategi tiktok marketing yang bisa digunakan dan tips agar tiktok marketing yang dibuat lancar dan sukses.

Apa Itu Tiktok Marketing?

Saat baru membuat akun tiktok dan berencana memulai karir sebagai kreator di tiktok tentunya pengguna sebaiknya membuat strategi tiktok marketing yang tepat agar konten yang dibuat bisa mendapatkan atensi dari pengguna tiktok lainnya.

Sebenarnya apa sih tiktok marketing dan kegunaanya dalam membangun karir di tiktok?

Tiktok marketing sendiri merupakan kegiatan promosi menggunakan tiktok untuk mengenalkan brand, produk, atau pun konten di akun yang dimiliki.

Strategi yang digunakan pun berbeda tergantung dari tujuan penggunanya, apakah sebagai bagian dari marketing, promosi produk melalui tiktok, atau hanya membuat konten tiktok yang viral.

Dengan strategi tiktok marketing yang tepat tentunya akan membantu kreator dalam berbagai keperluan promosi di tiktok.

Berikut beberapa keuntungan dalam menggunakan tiktok marketing yang tepat:

  • Meningkatkan brand awareness sehingga produk lebih dikenal oleh konsumen dan masyarakat luas.
  • Membangun engagement dengan komunitas yang dimiliki sehingga membantu untuk meningkatkan penjualan.
  • Menjual produk dan layanan dari bisnis yang dikembangkan.
  • Mendapatkan ulasan dan rekomendasi dari konsumen atau pelanggan setia
  • Meningkatkan layanan konsumen
  • Promosi produk dan layanan ke konsumen yang dituju.

Tiktok sendiri juga memiliki 3 jenis pemasaran yang biasanya bisa ditemukan dengan mudah oleh pengguna tiktok :

Tiktok Influencer

Saat membuka fyp recommend biasanya anda akan dengan mudah menemukan konten dari influencer tiktok yang mendapatkan banyak interaksi berupa love atau komentar dari pengguna tiktok lainnya.

Konten yang dikembangkan dari influencer tiktok pun bermacam-macam mulai dari dance challange atau jalan-jalan tergantu dari minat yang anda sukai.

Berbagai konten yang diunggah oleh influencer tiktok ini juga biasanya menjadi inspirasi bagi pengguna tiktok lainnya guna membuat konten yang sama dan tengah viral berkat digunakan oleh influencer tiktok tersebut.

Banyaknya pengikut yang dimiliki dan besarnya pengaruh yang diberikan membuat influencer tersebut kebanjiran banyak tawaran endorsement atau paid promote dari berbagai brand besar.

Meskipun begitu, anda tidak perlu selalu menggunaka influencer tiktok yang memiliki ratusan ribu pengikut untuk mempromosikan produk anda.

Pengguna cukup mencari akun tiktok yang tengah naik daun dan digandrungi oleh komunitas anda sehingga dapat menyasar target konsumen yang sesuai.

Kembangkan Akun Tiktok yang Dimiliki

Salah satu cara penting untuk membangun komunitas di tiktok dan mempromosikan produk yang dimiliki di tiktok tentunya dengan membuat akun tiktok sendiri dan mengembangkannya dengan berbagai konten yang dimiliki.

Pengguna bisa memulai dengan mengunggah berbagai jenis konten yang diinginkan dan cocok dengan target konsumen yang dituju. Anda juga bisa membuat konten viral yang bisa ditemukan dengan mudah di FYP recommend.

Iklan Tiktok

Bagi kreator tiktok yang baru memulai jalan di platform video pendek satu ini maka Tiktok ads bisa menjadi opsi yang cocok untuk mempromosikan akun yang dimiliki.

Dengan menggunakan iklan tiktok ini tentunya pengguna akan bisa mendapatkan konsumen yang tepat dan sesuai dengan tujuan pemasaran sehingga dapat membantu meningkatkan penjualan.

Salah satu brand kosmetik terbesar yakni Maybelline juga sudah menggunakan Tiktok ads yang dapat membantu untuk mengenalkan akun mereka di Tiktok.

cara membuat akun tiktok business

Cara Membuat Akun Tiktok Business

Tiktok sendiri kini tidak hanya menjadi tempat yang cocok untuk mengekspresikan diri melalui dance challange atau berbagai jenis konten yang tersedia di tiktok.

Lebih dari itu, kini tiktok menjadi salah satu tempat promosi yang efektif bagi banyak brand besar atau UMKM yang tengah berkembang..

Hal ini dikarenakan tiktok memiliki banyak pengguna aktif yang terdiri dari berabagi jenjang usia dan juga target konsumen yang berbeda.

Melihat fenomena ini kini tiktok mulai membuka fitur Tiktok Business yang bisa digunakan kreator untuk mengembangkan konten yang lebih profesional atau mengenalkan produk dan bisnis yang dimiliki.

Tentu saja terdapat banyak perbedaan besar di antara tiktok pribadi atau tiktok for business yang terlihat dari berbagai fitur yang disediakan.

Meskipun begitu, menggunakan akun tiktok business tentunya sangat menguntungkan bagi pebisnis atau kreator tiktok.

Rancang Strategi Pemasaran dengan Fitur Analisa

Dalam mengembangkan konten tiktok untuk promosi produk tentunya pengguna membutuhkan strategi tiktok marketing yang tepat agar konten bisa disukai oleh pengguna tiktok dan mampu menyasar konsumen yang tepat.

Disaat menggunakan akun tiktok biasa tentunya pengguna akan kesulitan untuk mengetahui konten apa saja yang disukai oleh konsumen dan juga jenjang umur dari pengguna tiktok yang dituju.

Kurangnya informasi ini tentunya akan menyulitkan kreator tiktok untuk membuat strategi tiktok marketing yang tepat dan dapat membantu promosi di tiktok.

Karenanya untuk memperoleh berbagai informasi tersebut pengguna bisa menggunakan fitur analisa yang hanya tersedia di tiktok business.

Iklankan Akun dan Konten dengan Tiktok Ads

Saat pertama kali membuka akun tiktok tentunya kreator kesulitan dalam mendapatkan pengikut tiktok secara cepat.

Padahal memiliki banyak pengikuti di tiktok nantinya akan membantu dalam meningkatkan engagement konten sehingga lebih mudah untuk masuk ke fyp recommend.

Selain mempromosikan akun tiktok melalui akun social media lain yang dimiliki namun pengguna juga bisa mengiklankan akun dengan menggunakan fitur tiktok ads.

Penggunaan layanan iklan berbayar ini dinilai menguntungkan karena pengguna dapat memilih target konsumen yang dituju dan juga frekuensi tayangan iklan.

Sehingga budget yang dibuat tidak akan keluar dari rencana sehingga membantu kreator dalam menghemat pengeluaran promosi.

Tak hanya itu, kreator juga bisa memilih tujuan iklan sehingga bisa mencapai target yang sesuai dan juga menyukseskan strategi tiktok marketing yang dirancang.

Mulai Jual Produk dengan Tiktok Shopping

Ingin scrolling tiktok sekaligus belanja barang kebutuhan? Hal ini bisa anda lakukan sekaligus dengan menggunakan layanan tiktok shopping.

Melalui fitur tiktok shop yang dirilis akhir 2021 ini penjual bisa dengan mudah menjual berbagai produk yang dimiliki di tiktok sehingga membantu konsumen untuk mendapatkan barang keinginan dan juga meningkatkan penjualan.

Fitur ini pun bisa ditemukan di profile akun tiktok sehingga konsumen bisa dengan mudah mengunjungi akun anda untuk berbelanja atau sekedar mendapatkan barang keinginan yang sedang diskon.

Keuntungan lainnya dari memiliki tiktok shopping adalah pengguna bisa mempromosikan link produk dari tiktok shopping dengan mudah melalui fitur siaran langsung sehingga pembeli bisa langsung membeli barang tersebut melalui link yang tersedia.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa mempromosikan produk yang dimiliki melalui iklan berbayar di tiktok sehingga dapat menjangkau pengguna tiktok yang lebih luas.

Cara Membuat Akun Tiktok for Business

Melihat berbagai keuntungan yang ditawarkan di akun tiktok for business tentunya membuat kreator tergiur untuk membuat akun tiktok for business.

Apalagi akun tiktok for business juga dapat membantu untuk menyukseskan strategi tiktok marketing yang telah di rancang selama setahun penuh.

Membuat akun tiktok for business pun mudah bahkan pengguna tidak perlu membuat akun lagi dan hanya perlu mengubah akun pribadi yang dimiliki.

Berikut tutorial membuat akun tiktok for business:

  • Pertama, masuk ke akun tiktok yang dimiliki dan pastikan anda sudah log in terlebih dahulu
  • Kedua, pilih ikon profil yang ada di bagian pojok kanan bawah lalu klik agar anda masuk ke kolom profil
  • Ketiga, pada bagian profil klik ikon garis tiga yang ada di bagian kanan kemudian pilih pengaturan dan privasi
  • Keempat, anda akan diarahkan ke kolom kelola akun kemudian pilih kontrol akun untuk mengalihkan ke akun pribadi
  • Kelima, pengguna akan diminta untuk memilih kategori akun maka pilihlah yang sesuai dengan isi konten yang akan dikembangkan.
  • Keenam, anda sudah bisa menggunakan akun tiktok for business

Fitur Tiktok Business

Sebagai salah satu layanan yang banyak digunakan oleh kreator atau pelaku bisnis tentunya Tiktok Business memiliki berbagai fitur yang dapat membantu dalam mengembangkan konten dan juga akun yang dimiliki.

Karenanya sebelum membuat akun tiktok business atau tengah mengembangkan tiktok marketing melalui akun tiktok business berikut beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan dan digunakan oleh kreator:

kategori bisnis

Kategori Bisnis

Saat mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis biasanya pengguna akan diberikan pilihan kategori sesuai dengan konten dan juga akun yang dimiliki.

Pemilihan kategori ini tentunya akan membantu pengguna tiktok untuk mendapatkan rekomendasi akun denga minat yang sama dan juga konten yang disukai oleh komunitas tersebut.

Tiktok sendiri memiliki 25 kategori bisnis yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, diantaranya : seni dan kerajinan, otomotif dan transportasi, bayi, kecantikan, pakaian dan aksesori, dan lain sebagainya,

analisa tiktok business

Analisa Konten dan Akun Tiktok Business

Dalam mengembangkan sebuah akun tentunya pengguna membutuhkan strategi tiktok marketing yang tepat agar dapat menentukan tujuan akun kedepannya.

Tak hanya itu, pengguna tentunya membutuhkan berbagai informasi dan data yang bisa digunakan untuk mengetahui peningkatkan pengikut yang dimiliki dan jenis konten tiktok yang disukai oleh konsumen.

Salah satu cara untuk mendapatkan infromasi tersebut adalah dengan mencarinya di fitur analiasa yang menyediakan informasi mengenai performa konten dalam bentuk angka dan grafik.

Pembaruan performa yang berubah sesuai dengan durasi waktu tertentu tentunya akan membantu anda untuk mengetahui apakah strategi marketing yang dibuat sudah tepat atau diperlukan perubahan lagi.

tiktok ads

Promosi dengan Tiktok Ads

Butuh pengikut akun tiktok yang lebih banyak atau sedang merancang campaign promosi produk terbaru? Fitur tiktok ads bisa menjadi solusi dari strategi tiktok marketing satu ini.

Dengan menggunakan fitur Tiktok ads pengguna bisa dengan mudah mempromosikan akun yang dimiliki melalui konten yang telah diunggah atau promosi produk menggunakan jenis iklan tertentu.

Fitur yang hanya bisa diakses melalui tiktok business ini tentunya bisa anda ubah dan rancang sendiri sesuai dengan keinginan melalui pilihan iklan, harga, dan jadwal penayangan.

pengaturan pesan tiktok

Pengaturan Pesan

Kesan pertama yang diberikan saat konsumen menghubungi anda melalui fitur pesan tentunya akan membuat konsumen mendapatkan kesan yang bagus di awal perjumpaan.

Karenanya agar pertemuan anda dengan konsumen menjadi lebih mengesankan maka pengguna bisa menggunakan fitur pesan otomatis yang ada di fitur pesan.

Melalui layanan ini pengguna bisa mengatur sendiri ucapan pembuka yang tepat dan seusai dengan konsumen yang dituju.

Tak hanya itu, pengguna juga tidak perlu membalas pertanyaan dari konsumen karena tiktok akan membalas melalui pesan otomatis melalui kata kunci khusus sehingga memudahkan pengguna dalam merespon berbagai pesan yang masuk.

konten viral tiktok

Ketahui Konten Viral dengan Pusat Kreatif Bisnis

Dalam mengembangkan akun tiktok tentunya pengguna perlu membuat konten viral yang dapat membantu untuk menaikkan engagement akun yang dibuat.

Butuh referensi konten viral untuk akun tiktok? menggunakan fitur pusat kreatif bisnis bisa anda gunakan untuk mencari video yang relevan.

Tak hanya melihat konten yang sering muncul di fyp recommend sebagai referensi video namun pengguna juga bisa melihat rekomendasi video menggunakan fitur pusat kreatif bisnis.

Pada fitur ini pengguna bisa menemukan berbagai video yang mendapatkan banyak interaksi dan sering digunkan oleh kompetitor lain.

Sehingga pengguna bisa mengembangkannya sesuai dengan ciri khas konten yang biasa dibuat agar sesuai dengan selera konsumen.

Kembangkan Akun Tiktok dengan Beriklan di Tiktok

Membuat akun tiktok ads tentunya menguntungkan bagi pengguna tiktok untuk membantu dalam menaikkan konten dan juga akun yang dibuat agar bisa dilihat oleh pengguna tiktok lainnya.

Tak hanya itu, memiliki akun tiktok ads juga memiliki berbagai keuntungan karena pengguna dapat memilih jenis iklan tiktok yang sesuai dengan kebutuhan.

Keuntungan Promosi di Tiktok Ads

Banyaknya pengguna aktif tiktok tentunya perlu dijangkau agar bisa mendapatkan konsumen yang sesuai dengan keinginan.

Tidak hanya rajin mengunggah konten di tiktok namun pengguna sebaiknya melakukan promosi melalui iklan berbayar agar bisa menjangkau pengguna tiktok yang sesuai dengan konsumen yang dituju.

Tak hanya itu, fitur tiktok ads juga menyediakan berbagai jenis iklan tiktok yang bisa dipilih sesuai keinginan dan tujuan tiktok marketing.

Jenis-jenis Tiktok Ads

Saat memulai beriklan melalui fitur tiktok ada, pengguna tentunya akan diberikan pilihan tayangan iklan yang sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Berikut beberapa pilihan iklan tiktok yang bisa dipilih sesuai dengan budget tiktok marketing:

In Feed Ads

Bagi pengguna tiktok yang baru memulai beriklan maka jenis iklan In Feed ads bisa dipakai untuk percobaan pertama.

Hal ini dikarenakan In Feed Ads sering digunakan oleh pengguna tiktok karena harganya yang murah dan kreator bisa membuat materi iklan yang diinginkan.

Video Ads

Ingin iklan anda terlihat lebih profesional? maka iklan video ads bisa anda gunakan dalam beriklan di tiktok.

Iklan video ads sendiri biasanya dipakai oleh berbagai brand besar untuk mempromosikan produknya saat pertama kali rilis.

Keuntungan dari menggunakan video ads adalah adanya call to action yang dapat menarik konsumen untuk berkunjung ke website atau akun market place untuk membeli produk yang dipromosikan.

Spark Ads

Bagi kreator yang membuka akun tiktok business tentunya bisa beriklan dengan mudah menggunakan konten Spark Ads.

Melalui iklan satu ini kreator bisa mempromosikan konten yang diunggah sehingga bisa lebih mudah menjangkau pengguna tiktok yang lain.

Iklan spark ads juga dinilai menguntungkan karena bisa membantu meningkatkan jumlah pengikut secara organik sebanyak 24%.

Cara Membuat Iklan di Tiktok Business

Tidak hanya mengetahui keuntungan dan jenis iklan yang ditawarkan di tiktok ads namun pengguna juga bisa menggunakan layanan ini untuk mempromosikan akun dan juga konten yang dimiliki.

Karenanya berikut tutorial membuat konten iklan melalui akun tiktok business;

  • Pertama, buka akun tiktok business yang dimiliki kemudian masuk ke kolom profil
  • Kedua, pilih fitur business suite dengan cara kik ikon garis tiga di bagian kanan, pengguna bisa memilih fitur promosi untuk mulai beriklan
  • Ketiga, klik ikon promosi dan pilih video yang akan dipromosikan melalui tiktok ads.

strategi tiktok marketing

Tips Tiktok Marketing Sukses Bagi Pemula

Tren tiktok terkadang muncul secara acak tergantung dari konten yang sedang viral saat itu dan berapa banyak pengguna tiktok yang membuat konten tersebut.

Karenanya pengguna tiktok tidak hanya mengandalkan tren tiktok namun juga bisa mulai membuat strategi tiktok marketing yang tepat meskipun tanpa membuat konten tiktok yang tengah viral.

Berikut beberapa strategi tiktok marketing yang bisa digunakan untuk mengembangkan akun tiktok yang dimiliki.

Kenali Fitur dan Layanan Tiktok

Seorang kreator biasanya memiliki lebih dari satu akun social media untuk mempromosikan bisnis yang dikembangkan.

Masing-masing dari akun tersebut tentunya memiliki perbedaan strategi marketing sendiri yang sebaiknya dipelajari agar konten yang dibuat disukai oleh konsumen.

Begitu juga saat pengguna mulai mengembangkan akun tiktok sebaiknya mengenali berbagai fitur dan layanan yang disediakan untuk mengetahui strategi tiktok marketing yang bisa digunakan.

Pengguna bisa memulai merancang rencana tiktok marketing dengan meluangkan waktu untuk mengeksplorasi fitur yang dimiliki, konten yang dikembangkan, filter serta lagu viral.

Mempelajari challange tertentu yang sedang naik daun juga bisa dilakukan untuk melihat konten dan juga lagu yang digunakan.

Jangan lupa juga untuk belajar analisana algoritma tiktok agar dapat mengukur performa konten dan juga akun yang dikembangkan.

Ketahui Target Audience Tiktok

Sebelum membuat konten tentunya pengguna sebaiknya mengetahui target konsumen yang hendak disasar untuk mengenal siapa saja yang bakal tertarik dengan konten dan produk yang ditawarkan.

Meskipun pengguna tiktok sebagian besar adalah remaja namun tidak menutup kemungkinan penonton tiktok berasal dari usia di atas 20 tahun.

Karenanya pengguna sebaiknya mempelajari audience yang dituju serta mengetahui konten yang disukai untuk meningkatkan engagement antara konsumen dan kreator.

Analisa Akun Tiktok Kompetitor

Banyaknya pengguna aktif tiktok tentunya tidak menutup kemungkinan bahwa kompetitor anda mulai promosi menggunakan tiktok.

Namun meskipun kompetitor anda tidak berada di tiktok namun pengguna masih bisa menemukan brand yang menjual produk yang sama yang bisa ditilik konten yang dikembangkan dan apa saja konten yang belum dicoba.

Pengguna juga bisa memulai membangun persona sendiri di tiktok dan juga membuat konten yang menjadi ciri khas akun anda agar mudah dikenali oleh pengguna tiktok lain.

Buat Tujuan di Tiktok

Pengguna tiktok mungkin saja membuat akun untuk mencari alternatif hiburan baru atau digunakan untuk bersenang-senang.

Namun bagi kreator yang memulai jalan di dunia tiktok hendaknya memiliki tujuan saat membuat akun agar memahami konten yang akan dibuat ke depannya.

Kreator bisa memulai strategi tiktok marketing dengan cara merencanakan audience yang akan dituju, mempromosikan produk denga konten, dan juga membangun ikatan yang kuat dengan komunitas yang dibuat.

Kreator juga bisa menganaliasa startegi tiktok marketing menggunakan fitur analisa yang ada di tiktok business.

Unggah Konten Secara Rutin

Membuat rencana konten yang matang dan mengunggah video setiap hari tentunya akan membantu menyukseskan strategi tiktok marketing yang dibuat.

Pengguna juga bisa menggunakan berbagai fitur yang ada di tiktok untuk membuat variasi konten yang mampu menarik perhatian pengguna tiktok.

Buat Eksperimen di Tiktok

Mengungah konten yang sama secara terus menerus tentunya akan membuat penonton bosan dan melewatkan konten anda di FYP recommend.

Karenanya untuk mempertahankan komunitas yang dimiliki maka pengguna bisa memulai untuk bereksperimen dengan konten yang dibuat sebagai angin segar dari akun yang dimiliki.

Apabila konten yang dibuat tidak sesuai ekspekstasi maka pengguna bisa mencoba konten lain yang sekiranya diminati oleh konsumen,

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.