pexels dominika roseclay 905163 1

Strategi Tiktok Marketing Untuk Bisnis dan Penjualan

Butuh strategi tiktok marketing yang tepat untuk akun tiktok business atau komunitas anda? Beberapa tips berikut bisa anda gunakan untuk meningkatkan performa akun tiktok yang telah anda buat.

Kepopuleran tiktok kini sudah tidak diragukan lagi. platform yang menyajikan jutaan video pendek yang direkomendasikan sesuai dengan minat ini mampu membuat seseorang betah untuk melihat berbagai konten tiktok dalam waktu lama.

Tidak hanya itu. tiktok juga telah menjadi pusat popularitas baru dengan tambahan lagu yang populer dan dapat membantu promosi di media sosial untuk meningkatkan penjualan yang maksimal.

Salah satunya adalah berbagai campaign promosi yang dilakukan oleh sebuah brand melalui challenge tiktok yang dapat membantu memasarkan sebuah produk dengan cara yang menarik dan unik sehingga mampu menarik perhatian lebih banyak orang.

Namun, meskipun akun tiktok anda belum mendapatkan perhatian banyak orang di tiktok, anda masih bisa membangun kehadiran di tiktok untuk menjaring perhatian dari pengguna tiktok dari berbagai konten yang anda unggah serta interaksi yang anda lakukan.

Karenanya berikut beberapa strategi marketing di tiktok yang bisa digunakan untuk optimasi akun dan konten tiktok.

strategi tiktok marketing

Apa Itu Tiktok Marketing

Tiktok marketing merupakan strategi yang digunakan untuk mempromosikan sebuah brand, produk, atau layanan.

Saat melakukan strategi tiktok marketing maka kreator juga akan menggunakan influencer marketing, tiktok ads, serta membuat konten tiktok viral yang organik guna optimasi akun tiktok.

Beberapa keuntungan lain dari mengunakan strategi marketing tiktok adalah :

  • Meningkatkan brand awareness
  • Membangung komunitas
  • Menjual produk atau layanan
  • Mendapatkan ulasan dari konsumen dan audiens tiktok
  • Melayani pembeli serta keluhan di tiktok
  • Mengiklankan produk atau layanan ke target audience

Tidak hanya itu, dalam strategi marketing tiktok tentunya kreator membutuhkan beberapa elemen lain untuk meningkatkan performa konten dan akun tiktok, beberapa strategi tersebut diantaranya adalah :

Tiktok Influencer Marketing

Saat membuka aplikasi tiktok, anda tidak hanya menemukan berbagai konten tiktok yang sesuai dengan minat anda yang diunggah dari pengguna tiktok lain, namun anda juga dapat dengan mudah menemukan akun dan konten dari influencer tiktok.

Tiktok influencer sendiri merupakan salah satu ekosistem terbesar di tiktok dimana mereka mengembangkan konten tiktok berdasarkan minat dan kesukaan mereka dan akhirnya mendapatkan banyak perhatian dari pengguna tiktok.

Besarnya perhatia tersebut membuat berbagai stratement yang dibuuat oleh kreator atau produk yang dipromosikan di sebuah konten bisa lebih mudah terkenal dan mendapatkan perhatian dari pengguna tiktok.

Sehingga melakukan kolaborasi dengan influencer tiktok untuk promosi produk atau campaign menjadi salah satu strategi yang efektif.

Salah satunya yang dilakukan oleh influencer tiktok @lilhero,brandon yang melakukan kolaborasi dengan produk minuman untuk mempromosikan campaign event guna menjaring lebih banyak peminat.

Keberaan influencer tiktok juga bisa memberikan dampak yang bagus bagi sebuah bisnis berkat jumlah pengikut dan penonton video yang mereka miliki.

Dalam melakukan kolaborasi tiktok anda juga bisa menggunakan influencer yang sedang naik daun atau sesuai dengan komunitas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Membuat Konten Tiktok Viral

Meskipun membuat akun tiktok original akan memberikan ciri khas serta membuat komunitas anda terus menerus melihat video anda namun membuat konten tiktok viral juga dapat membantu di awal pembuatan akun dan konten tiktok.

Hal ini dikarenakan, tiktok akan menaikkan konten serta hastag yang sedang viral ke halaman fyp sehingga akun dan konten anda mendapatkan perhatian lebih dari pengguna tiktok.

Namun, tidak semua konten tiktok trending bisa anda gunakan sehingga pastikan dulu untuk memilih konten tiktok yang sesuai dengan branding akun tiktok anda.

photo1657678558

Untuk mencari konten tiktok yang sedang trending maka anda bisa mencari di kolom rekomendasi yang berada di halaman pencarian.

photo1657678494

Pada kolom tersebut anda akan menemukan berbagai rekomendasi konten yang tengah viral di tiktok dalam waktu seminggu yang bisa anda gunakan kembali di konten tiktok anda.

Selain itu, anda juga bisa menemukan tren tiktok yang sedang viral dengan melihat konten tiktok yang banyak digunakan di halaman fyp.

Tiktok Advertising

Salah satu proses promosi yang bisa anda lakukan di tiktok adalah memasang iklan digital di tiktok. Penggunaan promosi ini juga efektif untuk strategi tiktok marketing berkat kemudahan dalam memilih konsumen serta jumlah penayangan di tiktok.

Di sisi lain, tiktok advertising juga memiliki berbagai macam jenis iklan, mulai dari promosi iklan secara langsung atau mempromosikan konten yang anda miliki di tiktok, variasi iklan yang lebih beragam tentunya dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda.

photo1657677668

Salah satunya yang dilakukan oleh akun tiktok @flip_id yang mempromosikan bisnis, produk dan layanan yang dimiliki sehingga membuat penonton tertarik untuk menggunakan fasilitas yang diberikan.

photo1657677448

Namun, jika anda menginginkan konten iklan yang berbeda dan membuat penonton tidak bosan maka anda bisa menggunakan strategi dari akun tiktok @rejoice yang mempromosikan produk baru melalui konten promosi produk sehingga membuat penonton merasa tidak melihat iklan tiktok.

Media promosi melalui tiktok ini juga sudah digunakan oleh berbagai brand besar saat pertama kali membuka akun tiktok atau mempromosikan produk yang dimiliki dan berhasil mendapatkan perhatian dari pengguna tiktok berkat iklan yang di putar berulang kali.

trend tiktok

Cara Kerja Tiktok

Sebelum membicarkan mengenai strategi marketing, maka ada baiknya untuk membicarakan bagaimana platform tiktok bekerja.

Tiktok menjadi media sosial yang menyajikan konten video pendek dengan durasi 60 detik dan kini terus berkembang hingga 10 menit menjadikan kreator memiliki kebebasan untuk mengunggah konten tiktok dengan durasi yang lebih panjang.

Salah satu hal keren yang tersedia di tiktok adalah kemampuan untuk menambahkan lagu serta efek khusus di video yang mereka buat, hal ini akhirnya membuat kreator tiktok berhaisl membuat konten challenge viral yang membantu dalam strategi tiktok marketing.

Tidak hanya itu, saat seorang pengguna tiktok merasa video yang anda unggah menarik maka mereka bisa melakukan apresiasi dengan memberikan tanda suka atau mengomentari konten tersebut untuk memberikan pendapat yang berkaitan dengan isi konten tersebut.

Selain itu, anda juga bisa mengirimkan konten tiktok tersebut ke pengguna lain melalui fitur share untuk dibagikan ke direct message atau sosial media lain sehingga membuka peluang untuk terkenal di internet.

Dengan variasi konten tiktok yang beragam tentunya membuat penonton betah untuk berlama-lama melihat konten tiktok yang disajikan, bahkan sebuah studi menyatakan bahwa rata-rata pengguna tiktok menghabiskan waktu 45 menit setiap harinya untuk melihat konten tiktok.

Durasi menonton video pendek yang lama tentunya bisa digunkan oleh kreator untuk mempromosikan produk dan layanan yang dimiliki ke konsumen yang diinginkan.

Namun, dalam memanfaatkan tiktok sebagai media promosi produk bisnis maka penting bagi anda untuk mengetahui strategi tiktok marketing yang tepat serta optimasi konten tiktok yang sesuai.

pexels timur saglambilek 185576 2

Strategi Tiktok Marketing Untuk Akun Tiktok

Meskipun kreator telah membuat strategi tiktok marketing dengan melihat trend yang ada namun anda mungkun menemukan trend konten di tiktok yang random, namun hal ini bisa anda atasi dengan beberapa langkah mudah mengatasi trend tersebut dengan tiktok marketing yang telah di buat sebelumnya,

Karenanya berikut beberapa strategi marketing yang bisa anda terapkan untuk optimasi konten tiktok yang lebih maksimal.

Buat Akun Tiktok Business

Salah satu hal penting dalam membuat strategi tiktok marketing adalah memastikan akun tiktok yang anda miliki sudah menjadi akun tiktok business.

Hal ini dikarenakan akun tiktok business memiliki tools analisa perfoma konten tiktok yang lebih lengkap sehingga bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis dengan strategi promosi yang telah dibuat sebelumnya.

Selain itu, penggunaan akun tiktok business juga terlihat lebih profesional dibandingkan akun tiktok pribadi sehingga lebih mudah dipercaya oleh pengguna tiktok lain yang penasaran dnegan produk dan layanan yang anda tawarkan.

Di sisi lain, penggunaan akun tiktok business juga memiliki fitur monetisasi konten yang membuka peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari tiktok serta layanan tiktok shop yang memungkinkan sebuah brand untuk jualan di tiktok dengan mudah dan membantu meningkatkan penjualan.

Karenanya berikut beberapa cara untuk mengubah akun pribadi menjadi bisnis :

  • Masuk ke halaman pofile tiktok.
  • Buka ikon pengaturan dan privasi yang berada di bagian pojok kanan atas.
  • Masuk ke manage account.
  • Pada halaman account maka ubah ke Business Account.
  • Pilih kategori yang sesuai dengan bisnis anda.
  • Pada halaman terakhir anda bisa menambahkan website marketplace atau link kumpulan sosial media sebelum meluncurkan halaman akun tiktok business.

Promosi dengan Iklan Tiktok

Saat melakukan promosi di tiktok, pelaku bisnis tidak hanya melakukan kolaborasi dengan influencer tiktok untuk memasarkan campaign produk serta layaan yang dimiliki namun anda juga bisa menerapkan strategi tiktok marketing menggunakan iklan tiktok.

Promosi iklan tiktok juga dinilai efektif untuk menjangkau konsumen yang sesuai dengan pilihan umur, lokasi,gender,serta penayangan iklan yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

Tiktok sendiri menyediakan dua jenis iklan tiktok yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan promosi.

In Feed Ads : Iklan tiktok yang bisa anda buat sendiri dimana anda akan diberikan membuat promosi dengan menambahkan gambar, video ads yang seperti iklan tv, atau spark ads yang mempromosikan konten tiktok yang telah anda buat sebelumnya.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memilih pangle ads atau carousel ads yang tersedia bagi auidence tiktok atau halaman news feed.

Ads for Manager Brand

Jika anda menginginkan iklan tiktok yang lebih profesional maka layanan ads for manage brand bisa anda gunakan.

Melalui iklan ini anda bisa menambahkan ikon call to action yang dapat membawa penonton video ke dalam aplikasi yang anda miliki sehingga meningkatkan jumlah kunjungan serta membuka peluang untuk menggunakan layanan yang anda promosikan.

photo1657683014 1

Salah satunya yang dilakukan oleh akun titok Atome ID yang mempromosikan produk yang dimiliki melalui konten tiktok sehingga dapat menjangkau konsumen yang lebih luas dan sesuai dengan minat yang dimiliki.

Agar iklan tiktok ini menjadi lebih efektif maka anda bisa menggunakan konten yang menarik dan tidak berisi promosi guna membuat penonton melihat video anda sampai habis dan berkunjung ke halaman atau aplikasi yang anda cantumkan.

Top View Ads

Saat membuka aplikasi tiktok mungkin anda akan langsung disajikan dengan iklan tiktok yang membuat anda berhenti sejenak untuk melihat isi iklan atau beralih ke konten tiktok lain.

Top view ads merupakan salah satu iklan yang efektif untuk strategi tiktok marketing karena dapat menarik perhatian pengguna tiktok sehingga kesempatan untuk melihat konten promosi anda juga semakin besar.

Namun, anda juga perlu membuat konten iklan yang menarik agar penonton tetap melihat video anda dan tidak beralih ke konten tiktok lain.

Cara Membuat Akun Iklan Tiktok

Sebelum anda membuat iklan tiktok maka pastikan dulu untuk membuat akun di tiktok ads manager guna memudahkan dalam menyebarkan iklan tiktok serta memberikan analisa iklan yang telah anda unggah.

Untuk membuat akun tersebut maka anda hanya perlu masuk ke website ads tiktok kemudian pilih Create Now dan isi berbagai informasi yang dibutuhkan, seperti negara, industri yang digeluti, nama usaha, serta berbagai informasi tambahan.

Familiar dengan Tiktok

Saat membuat strategi pemasaran tiktok tentunya anda akan sulit menyamakan dengan strategi pemasaran social media lain dikarenakan perbedaan audience, fitur, serta algoritma yang berbeda.

Tiktok sendiri merupakan social media yang berbeda dengan trend yang unik, fitur yang menarik, serta kebiasaan konsumen yang di dominasi oleh anak muda.

Karenanya dalam membuat strategi tiktok marketing maka anda bisa mulai dengan melihat berbagai konten tiktok yang disajikan, baik yang sedang viral atau sesuai dengan komunitas anda.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menelusuri berbagai fitur tiktok yang tersedia dan bisa dimanfaatkan untuk membuat konten yang lebih menarik sehingga mendapatkan perhatian dari pengguna tiktok.

Beberapa fitur yang bisa anda analisa adalah penggunaan lagu serta filter tiktok yang bisa anda tambahkan di pembuatan konten tiktok yang akan anda unggah.

Selain itu, jika anda memiliki keinginan untuk melakukan promosi melalui hastag maka anda bisa mengamati branded hastag challenge yang sedang naik daun dan digunakan oleh banyak pengguna aktif tiktok.

Analisa tersebut akan membantu anda mengumpulkan informasi mengenai lagu, dance, serta challenge yang mereka lakukan sehingga membantu produk tersebut di kenal oleh banyak orang.

Bagian penting dalam tiktok marketing adalah mempelajari algoritma tiktok yang membantu anda menaikkan video yang telah anda unggah ke halaman fyp.

Dengan mengetahui cara kerja algortima tikok maka akan membantu anda dalam membuat strategi tiktok marketing yang tepat sehingga dapat membantu menaikkan konten tiktok.

Ketahui Target Audience

Dalam mengembangkan akun tiktok tidak cukup dengan mengungah konten tiktok trend secara random karena konsumen akan kebingungan mengenai tujuan anda dalam membuat video sehingga memilih untuk pindah ke konten tiktok lain.

Di sisi lain, dengan menambahkan ciri khas pada setiap video yang anda unggah maka penonton akan mendapatkan alasan untuk melihat dan mengikuti akun tiktok anda sehingga membuka peluang untuk menambah pengikut baru yang bisa dijadikan sebagai konsumen setia.

Sehingga dalam membuat strategi tiktok marketing maka pastikan dulu untuk mengetahui tujuan di tiktok agar lebih mudah membuat video tiktok dengan mempelajari demografi tiktok serta memahami pengguna tiktok yang menyukai konten anda.

Salah satu fakta tiktok yang telah terkenal di kalangan pengguna social media, sebagian besar pengguna tiktok berasal dari kalangan anak muda dengan rata-rata usia 20-29 tahun.

Karenanya untuk mencari target audience yang sesuai maka kreator bisa menghabiskan waktu untuk mencari audience yang biasa digunakan di social media lain dan menerapkannya di tiktok.

Hal ini dikarenakan sub audience anda mungkin berada di tempat yang berbeda sehingga memerlukan pendekatan yang sesuai.

Setelah anda menemukan audience yang sesuai maka anda bisa melanjutkan membuat konten yang mereka sukai agar mereka tertarik untuk melakukan interaksi di postingan dan akun tiktok anda.

Lakukan Analisa Kompetitor

Banyaknya pengguna tiktok aktif memungkinkan anda menemukan akun bisnis yang memiliki produk dan industri yang sama dengan anda namun memiliki jumlah penonton dan pengikut yang lebih banyak,

Keberadaan kompetitor tentunya bisa menjadi motivasi sendiri untuk membangun akun tiktok yang lebih baik serta bisa digunakan untuk analisa performa akun tiktok.

Hal ini dikarenakan akun tiktok tersebut tentunya memiliki konsumen yang bisa anda jangkau serta masuk ke halaman serta konten yang anda buat.

Dalam melakukan analisa kinerja kompetitor, maka anda bisa memulai dengan mencari 3-5 akun tiktok business yang memiliki minat yang sama dan lihat apa saja yang mereka kerjakan di tiktok.

Anda juga bisa mempelajari jenis konten yang mendapat perhatian serta gunakan analisa SWOT untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor serta kesempatan yang bisa anda masuki untuk menjangkau konsumen yang belum mereka dapatkan.

Tiktok sendiri merupakan platform yang dipimpin oleh kreator dan influencer yang menciptakan trend di tiktok sehingga anda bisa menggunakannya sebgai media promosi dan kolaborasi yang tepat untuk meningkatkan penjualan bisnis.

Dalam memilih influencer yang tepat maka pastikan untuk memilih seseorang yang memiliki karakteristik dan minat yang sama dengan brand anda sehingga memudahkan anda untuk menjangkau konsumen yang tepat.

Buat Tujuan Strategi Marketing Tiktok

Dalam membuat strategi tiktok marketing tentunya anda tidak hanya menyusun konten yang tepat namum memastikan postingan yang anda unggah dapat membawa tujuan yang anda inginkan, seperti menambah pengikut atau promosi produk.

Karenanya selain membut konten tiktok yang dianggap seru atau sedang trend maka anda bisa memilih membuat konten yang sesuai dengan tujuan promosi di tiktok.

photo1657692685 1

Salah satunya yang dilakukan oleh akun tiktok @wardahofficial yang berisi konten ulasan produk guna menarik minat konsumen untuk membeli produk yang dijual.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melihat hasil kinerja konten tiktok yang telah anda unggah dengan masuk ke halaman insight yang terdapat di menu pengaturan pada akun tiktok business.

Berbagai informasi tersebut nantinya akan membantu anda memahami apakah konten tersebut sudah sesuai dengan hasil yang di dapatkan atau anda perlu mengganti ke format konten yang berbeda.

Unggah Konten Tiktok Rutin

Setelah membuat akun tiktok tentunya anda tidak bisa berharap untuk menjadi tenar dalam semalam namun dibutuhkan waktu untuk dikenal di antara pengguna tiktok.

Untuk mencapai tujuan tersebut maka anda bisa mengunggah konten secara rutin dengan tipe postingan yang disukai oleh komunitas anda.

Dengan mengunggah konen secara rutin maka algoritma tiktok akan membantu menaikkan konten anda ke halaman fyp serta membuka peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari tiktok.

Sumber:

How to Create a Successful TikTok Marketing Strategy for 2022 (hootsuite.com)

8 Useful TikTok Marketing Tactics (neilpatel.com)

What We Learned 3 Months Into Our TikTok Marketing Strategy | Sprout Social

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.