pexels helena lopes 693267

7 Ide Konten dan Cara Promosi Makanan di Whatsapp

Manfaatkan akun whatsapp business dengan baik sebagai cara promosi makanan di whatsapp.

Whatsapp tidak hanya berguna untuk melakukan komunikasi dengan teman terdekat atau kerabat.

Namun bagi usaha rumahan khususnya di bidang makanan, Whatsapp berguna untuk memasarkan produk yang dimiliki.

Hal ini dikarenakan pelaku usaha makanan biasanya berasal dari ibu rumah tangga yang mencoba peruntungan untuk menjual produk tertentu ke kenalan terdekatnya.

Tidak hanya itu, banyak juga brand makanan yang menggunakan whatsapp business untuk melakukan komunikasi dengan konsumennya untuk melakukan pesanan makanan.

Sehingga menggunakan whatsapp business menjadi cara promosi yang tepat dan mudah digunakan oleh berbagai kalangan.

Namun, anda juga perlu mengetahui cara promosi makanan di whatsapp dengan tepat, agar anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Karenanya berikut beberapa ide konten serta cara promosi makanan di whatsapp bagi pelaku usaha makanan atau brand makanan tertentu.

keuntungan melakukan promosi makanan di whatsapp

Keuntungan Melakukan Promosi Makanan di Whatsapp

Bagi pengguna whatsapp, anda tentunya pernah memesan makanan dari relasi terdekat yang sedang menjual produk makanan rumahan, atau mungkin saja anda pernah menghubungi rumah makan tertentu untuk memesan tempat di waktu yang telah ditentukan melalui whatsapp.

Semua kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan handphone di tangan serta nomor pemesanan yang bisa diambil di social media atau milik kenalan pribadi.

Kemudahan menggunakan whatsapp sebagai media promosi juga menguntungkan bagi seseorang yang hendak memulai berjualan makanan namun masih bingung untuk melakukan promosi yang efektif.

Sehingga tidak mengherankan whatsapp marketing menjadi salah satu promosi yang banyak digunakan oleh pelaku usaha pemula.

Membangun Hubungan dengan Konsumen

Bagi pelaku usaha rumahan, biasnaya mereka memiliki dua cara untuk memasarkan produknya, pertama dengan membuka lapak di depan rumah sehingga bisa dilihat oleh banyak orang yang tertarik untuk membelinya.

Namun, cara tersebut biasanya membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan konsumen pertama.

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah melakukan promosi di whatsapp, dimana penjual cukup mengunggah foto produk serta caption yang berisi promosi, sehingga penonton yang melihatnya akan tertarik untuk membelinya.

Tidak hanya itu, mereka juga bisa menawarkan ke teman terdekat atau kerabat dengan harga murah sebagai testimoni, tester, serta sasaran konsumen awal yang potensial.

Cara ini dinilai efektif karena kenalan yang biasa melihat melalui whatsapp status akan tertarik untuk membelinya karena penasaran, kemudian akan membeli kembali di waktu yang akan datang.

Tidak hanya itu, nomor anda juga bisa dipromosikan ke orang lain yang berminat, sehingga anda bisa mendapatkan konsumen baru melalui promosi word of mouth.

Biasanya konsumen yang mendapatkan nomor anda dari orang lain memiliki peluang besar untuk membeli karena mendapatkan testimoni yang bagus.

Selain itu, anda juga lebih mudah untuk membagikan informasi mengenai produk yang siap dipesan atau habis serta promosi menarik yang membuat konsumen tertarik untuk membeli.

Di sisi lain, berbagai brand makanan juga biasanya menggunakan whatsapp business sebagai media promosi atau berhubungan dengan konsumen.

Dimana konsumen akan menghubungi nomor whatsapp business tertentu untuk reservasi tempat atau memesan makanan khusus yang bisa diambil di waktu yang telah ditentukan. Sehingga memudahkan komunikasi dua arah untuk mendapatkan layanan yang lebih baik.

Setelah proses pemesanan makanan selesai, biasanya konsumen juga masih mendapatkan promosi berupa produk yang sedang diskon sehingga mereka tertarik untuk membeli kembali.

Cara ini bisa menjadi cara yang efektif untuk membangun hubungan yang erat dalam waktu lama dengan konsumen berkat informasi yang mudah didapatkan.

Penjualan Produk yang Lebih Tinggi

Cara promosi makanan di whatsapp memiliki peluang untuk mendapatkan penjualan produk yang lebih tinggi.

Hal ini dikarenakan target konsumen awal biasanya berawal dari kenalan terdekat dan kerabat yang kemudian merekomendasikan ke orang lain.

Rekomendasi tersebut akan membuat banyak orang lebih percaya sehingga membeli produk anda tanpa keraguna.

Rotasi promosi ini tentunya menguntungkan kedua belah pihak, dimana penjual mendapatkan konsumen potensial serta pembeli mendapatkan produk yang diinginkan dengan cita rasa yang sesuai serta harga produk yang terjangkau.

Di sisi lain, sebagai pelaku usaha, anda juga perlu mengetahui saluran komunikasi yang banyak digunakan oleh konsumen dengan mudah dan cepat.

Whatsapp menjadi salah satu platform komunikasi yang disukai oleh banyak orang, berkat kemudahan dalam berkirim pesan atau sekedar menelfon melalui panggilan suara dan video.

Tidak hanya itu, melakukan pemesanan melalui whatsapp juga lebih mudah, dibandingkan melalui email atau form khusus dimana konsumen perlu mengakses website yang berbeda serta mengisi berbagai informasi yang dibutuhkan.

Cara ini tentunya membutuhkan waktu lama serta lebih rumit bagi calon konsumen yang baru pertama kali mencobanya.

Hal ini juga di dukung dengan penelitian dari Telemedia Online yang menyatakan bahwa 40% konsumen lebih cepat membalas pesan dari Whatsapp dibandingkan aplikasi lainnya.

Selain itu, pemesanan makanan melalui Whatsapp Business terbukti dapat meningkatkan penjualan hingga 112.6% lebih banyak, sehingga memberikan keuntungan yang berlipat bagi pelaku usaha.

Promosi yang Lebih Murah

Saat anda melakukan promosi di social media, pelaku usaha biasanya akan mengeluarkan biaya untuk membayar biaya iklan dalam jumlah tertentu yang ditentukan oleh durasi waktu penayangan.

Tidak hanya itu, pelaku usaha juga perlu membuat banner iklan yang menarik serta beberapa informasi tambahan lain yang dapat menarik perhatian konsumen dan memudahkan mereka untuk mengakses berbagai website brand dan akun marketplace yang anda miliki.

Berbanding terbalik dengan promosi melalui whatsapp marketing dimana anda tidak perlu mengeluarkan biaya promosi sepeserpun.

Hal ini dikarenakan anda telah memliki akses langsung dengan konsumen potensial yang dituju.

Sehingga hanya dengan mengunggah konten promosi di whatsapp status, maka konsumen akan melihat promosi anda dan kemudian tertarik untuk membeli.

Meskipun anda akan mengeluarkan banyak waktu untuk memotret produk atau melakukan pengeditan gambar dan video, namun setidaknya anda tidak menghabiskan uang yang lebih banyak untuk promosi iklan.

Di sisi lain, biasanya nomor  whatsapp dicantumkan di halaman social media tertentu, sehingga konsumen yang tertarik untuk membeli produk anda tinggal menghubungi nomor tersebut, sehingga anda juga bisa mendapatkan konsumen potensial tanpa perlu melakukan promosi.

Apalagi jika produk anda telah direkomendasikan ke banyak orang, maka anda akan memiliki kemungkinan mendapatkan konsumen baru dari orang yang tidak disangka-sangka.

cara promosi makanan di whatsapp

Cara Promosi Makanan di Whatsapp

Dengan meningkatnya kompetitor yang menggunakan Whatsapp sebagai media promosi, tentunya anda sebaiknya memaksimalkan strategi whatsapp marketing dengan maksimal untuk mendapatkan hasil penjualan yang diinginkan.

Strategi promosi makanan di whatsapp juga perlu diperhatikan oleh pelaku usaha kecil untuk mendapatkan hasil promosi yang lebih maksimal dengan pelayanan yang cepat.

Karenanya berikut beberapa tips promosi makanan di whatsapp yang bisa anda gunakan dengan baik.

Gunakan Whatsapp Business

Whatsapp sendiri memiliki dua kategori akun, pertama adalah whatsapp biasa yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi secara umum dengan orang lain.

Kedua adalah whatsapp business yang biasa digunakan oleh pelaku usaha atau brand makanan tertentu.

Penggunaan yang berbeda tentunya membuat whatsapp business memiliki berbagai fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh whatsapp biasa.

Beberapa fitur tersebut diantaranyaa adalah informasi bisnis di halaman profile serta kemudahan berkomunikasi melalui broadcast.

Tambahan fasilitas tersebut tentunya menguntungkan bagi pelaku usaha untuk melakukan whatsapp marketing dengan lebih efektif.

Cara menggunakan whatsapp business juga cukup mudah, anda hanya perlu mengundung aplikasi tersebut di handphone atau mengaksesnya di komputer.

Kemudian anda akan diminta mengisi beberapa informasi tambahan yang berkaitan dengan usaha anda.

Berbagai informasi tersebut nantinya akan memudahkan konsumen mengenali produk dan brand anda lebih dalam sebelum akhirnya membeli produk yang diinginkan.

Manfaatkan Katalog Produk

Salah satu kelebihan whatsapp business yang tidak dimiliki oleh whatsapp biasa adalah adanya katalog produk.

Dimana anda bisa memamerkan berbagai produk yang dimiliki dengan mudah dalam satu tempat.

Cara ini akan memudahkan konsumen memilih produk yang diinginkan sebelum akhirnya membeli barang yang sesuai kebutuhan. Penggunaan fitur katalog produk juga cukup mudah namun berguna untuk jangka panjang :

Pertama adalah mengedit foto produk yang ingin dipajang di katalog, pastikan anda memilih foto produk dengan tampilan yang menarik dan menggugah selera, sehingga membuat konsumen tertarik untuk membelinya.

Anda juga bisa menambahkan berbagai informasi tambahan, seperti ukuran produk, waktu pengiriman, serta harga per barang.

Tambahan informasi tersebut juga bisa menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk memilih produk yang diinginkan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Keuntungan lainnya dalam menggunakan fitur katalog produk anda memasukkan produk tertentu ke kategori yang sesuai.

Sehingga akan memudahkan konsumen dalam memilih produk yang sesuai kriteria dan tidak terjebak pada produk lain yang kurang sesuai.

Anda juga bisa melakukan perubahan nama kategori serta menambah kategori yang diinginkan, sehingga memudahkan konsumen untuk memilih kategori yang sesuai

Pastikan juga untuk mengaktifkan fitur kirim pesan ke bisnis yang akan memudahkan konsumen untuk menghubungi anda setelah memilih produk yang diinginkan.

Gunakan Whatsapp Bot

Bagi konsumen yang sangat membutuhkan produk secepatnya maka mereka akan langsung menghubungi nomor whatsapp yang dicantumkan untuk mendapatkan produk yang diinginkan.

Sayangnya, anda juga biasanya memiliki waktu aktif khusus karena harus mengurus pesanan yang masuk.

Dilema ini biasanya dihadapi oleh pelaku usaha kecil yang belum memiliki karyawan sehingga harus mengurusi segala masalah sendiri.

Guna mengatasi masalah tersebut maka anda bisa menggunakan whatsapp bot yang akan membantu menjawab berbagai chat konsumen dengan cepat dan sesuai.

Whatsapp bot merupakan mesin otomatis yang akan membalas berbagai pesan dengan kata kunci tertentu.

Sehingga menguntungkan bagi pembeli yang ingin bertanya mengenai produk anda sebelum memilih barang yang diinginkan.

Di sisi lain, whatsapp bot juga menguntunkan bagi pelaku usaha untuk menjawab berbagai pertanyaan yang masuk saat sedang fokus dengan kegiatan lain.

Guna memaksimalkan penggunaan whatsapp bot, maka anda perlu melakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu.

Pertama adalah mengetahui kebutuhan konsumen ketika menghubungi nomor anda, apakah mereka hendak bertanya produk tertentu, membeli barang incaran, atau melakukan keluhan.

Berbagai kebutuhan tersebut akan menghasilkan template yang berbeda sesuai keinginan.

Selanjutnya adalah menentukan kata kunci yang bisa digunakan konsumen untuk mendapatkan informasi tertentu yang akan dimunculkan di pesan pembuka.

Pastikan juga anda membuat pesan pembuka serta template khusus yang bisa digunakan konsumen untuk mengisi pesanan yang diinginkan.

Bagikan Broadcast Promosi

Sebagai pelaku usaha yang mengembangkan brand atau produk tertentu, anda juga biasanya akan melakukan promosi menarik guna memikat konsumen.

Promosi yang berhasil bisa di dapatkan apabila anda memasarkannya ke saluran pemasaran yang tepat.

Selain membagikan konten promosi ke social media yang dimiliki, maka anda juga bisa membagikannya ke akun whatsapp yang anda miliki.

Cara promosi ini dianggap efektif karena anda bisa menghubungi kembali konsumen yang pernah membeli produk anda, dengan berbagai promosi yang menarik.

Penggunaan whatsapp bot bisa menjadi strategi penyebaran pesan yang efektif, karena anda bisa membagikan pesan ke banyak orang tanpa menghabiskan banyak wkatu.

Dalam penggunaan fitur whatsapp broadcast, maka anda bisa memasukkan berbagai gambar promosi yang relevan beserta caption yang akan menarik perhatian konsumen. 

Tidak hanya itu, anda juga bisa membagikan pesan tambahan yang berisi kalimat ajakan serta penjelasan singkat mengenai promosi produk tersebut.

Sehingga konsumen yang membacanya bisa melakukan tindakan yang anda inginkan dengan mudah dan cepat.

Meskipun begitu, tidak semua konsumen tertarik untuk menerima pesan broadcast yang dikirimkan secara terus menerus.

Sehingga anda perlu melakukan strategi yang tepat agar konsumen tertarik membaca pesan yang anda kirimkan.

Anda bisa memulai dengan memastikan bahwa broadcast tersebut dikirim di waktu yang tepat, sehingga konsumen tidak merasa terganggu dengan pesan yang dikirimkan.

Selain itu, kirimkan broadcast dalam satu panel saja sehingga tidak terjadi penumpukan pesan terus menerus.

Lengkapi Informasi Tambahan

Salah satu fitur whatsapp business yang bisa anda manfaatkan adalah kolom khusus yang bisa digunakan untuk menjelaskan produk dan brand anda dengan baik.

Kolom tersebut juga membantu untuk mengenal brand anda sebelum akhirnya memutuskan membeli produk yang diinginkan.

Alamat Toko

Pelaku usaha kecil biasanya mengembangkan usahanya di rumah atau toko khusus yang digunakan untuk menjual produk atau membuat produknya.

Lokasi rumah dan toko tersebut tentunya perlu diketahui oleh konsumen untuk memastikan keaslian produk yang akan dibeli.

Selain itu alamat toko yang sesuai juga memudahkan konsumen untuk mengambil barang pesanan di tempat tersebut.

Untungnya anda juga bisa memanfaatkan kolom alamat toko untuk menyematkan alamat lokasi secara tertulis atau melalui link Google Maps.

Sehingga memudahkan konsumen untuk mengetahui tempat pesanan melalui arahan yang dicantumkan di alamat tersebut.

Waktu Buka Toko

Meskipun pelaku usaha kecil mengembangkan produknya dari rumah, namun mereka juga perlu waktu istirahat yang tidak bisa diganggu gugat.

Meskipun begitu, beberapa konsumen mungkin kurang mengetahui waktu buka toko, sehingga mengunjungi tempat anda di waktu jam tutup.

Guna menghindari adanya miskomunikasi dengan konsumen, maka anda bisa mencantumkan waktu buka toko.

Informasi ini tentunya akan membantu konsumen untuk mengetahui waktu yang tepat dalam menngunjungi toko anda.

Selain itu, konsumen juga bisa menentukan waktu memesan barang yang tidak bertabrakan dengan waktu buka toko.

Kolom Link

Guna memperluas jangkauan konsumen yang lebih banyak, maka beberapa pelaku usaha juga mungkin bekerja sama dengan platform pemesanan makanan online yang mudah diakses oleh banyak orang.

Agar promosi semakin maksimal, maka anda bisa menautkan link toko online tersebut di halaman profil, sehingga memudahkan konsumen untuk memesa produk anda secara praktis tanpa perlu keluar rumah.

Selain itu, apabila anda memiliki akun social media tertentu maka anda juga bisa mencantumkannya di kolom link tersebut.

Cara ini dilakukan sebagai bukti verifikasi bahwa nomor yang dicantumkan sudah sesuai dengan yang ada di akun social media brand.

Ide Konten Promosi Makanan di Whatsapp

Infromasi mengenai brand dan produk yang lengkap tentunya juga perlu diimbangi dengan promosi yang menarik.

Sehingga konsumen yang menyimpan foto anda dapat mengetahui promosi terbaru yang anda lakukan.

Sedangkan bagi pelaku usaha yang sedang berkembang, melakukan aktivitas promosi di Whatsapp juga membantu merayu konsumen untuk membeli kembali produk yang anda miliki.

Sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk anda berkat promosi menarik yang terus muncul berulang kali.

Agar cara promosi makanan di whatsapp semakin maksimal maka beberapa cara berikut bisa anda lakukan.

Unggah Foto Makanan

Apabila Instagram dan Tiktok memiliki fitur story yang dapat mengunggah konten dalam durasi tertentu, maka Whatsapp juga memiliki fitur status yang memiliki cara kerja yang sama.

Dimana setiap postingan yang anda bagikan di Whatsapp Status dapat dilihat oleh konsumen yang menyimpan nomor anda.

Penggunaan whatsapp status juga efektif sebagai media promosi whatsapp marketing yang efektif.

Caranya adalah mengunggah foto makanan yang sudah siap dipesan, sehingga konsumen yang ingin membeli produk anda bisa memesan secara langsung.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membagikan foto produk yang bisa dipesan oleh konsumen melalui Whatsapp dan dibalas melalui balasan status.

Promosi ini dinilai efektif karena pengguna whatsapp biasanya membuka fitur ini untuk melihat berbagai kegiatan yang dilakukan oleh teman atau kerabat.

Pastikan juga anda memasang foto dan video singkat dalam bentuk vertikal sehingga memudahkan konsumen untuk melihat produk anda.

Bagikan Voucher Promosi

Setiap orang tentunya menyukai potongan harga yang menarik, apalagi jika promosi tersebut dilakukan oleh produk kesukaan.

Sehingga pelaku usaha bisa saja membagikan voucher promosi yang bisa diakses oleh konsumen dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Agar penyebaran voucher promosi semakin efektif, maka anda bisa menyebarkannya melalui whatsapp marketing.

Caranya adalah membagikan broadcast yang berisi voucher promosi tertentu yang bisa diakses di waktu yang telah ditentukan.

Promosi ini dinilai efektif karena konsumen akan membuka whatsapp untuk mendapatkan kabar terbaru dari seseorang.

Namun, apabila konsumen memiliki pesan yang menumpuk dan kurang menyukai promosi melalui broadcast, maka menggunakan fitur Whatsapp status bisa menjadi pilihan lainnya.

Hal ini dikarenakan konsumen juga akan melihat status yang dibagikan oleh orang lain di waktu senggang, sehingga bisa saja mereka melihat konten promosi yang anda unggah di whatsapp status.

Agar tampilan promosi menjadi lebih menarik, maka anda bisa menggunakan foto dan video pendek serta caption yang menjelaskan isi promosi secara singkat.

Pastikan juga untuk membagikan whatsapp status di jam-jam aktif konsumen, misalnya jam 9 pagi, 12 siang, 3 sore, atau 7 malam dimana waktu tersebut biasanya digunakan untuk membuka pesan yang masuk atau melihat status yang dibagikan orang lain.

Anda juga bisa membagikan konten promosi secara rutin dan bergantian agar tidak membosankan penonton

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *