mobile phone 5431597 640 1

Tutorial Menggunakan Youtube Dashboard dengan Mudah

Kenali cara mudah membaca performa konten youtube dengan berbagai metrik yang disediakan oleh youtube studio.

Youtube creator tentunya tidak asing dengan layanan youtube studio, yup salah satu fitur dari yoube ini sangat membantu creator untuk menganalisa performa channel youtube dalam jangka waktu tertentu dan sebagai pertimbangan membuat strategi konten youtube.

Layanan youtube studio sendiri memiliki beberapa menu seperti dashboard, konten, analytics, komentar, dan juga playlist.

Namun layanan dashboard menjadi salah satu fitur penting di halaman youtube studio sebab semua kinerja konten youtube anda ditampilkan dalam metrik yang tentunya mudah di pahami oleh kreator.

Karenanya sebelum meningkatkan performa konten youtube melalui video yang anda miliki ketahui dulu beberapa fitur dan layanan yang dimiliki oleh youtube dashboard untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

youtube dashboard

Apa Itu Youtube Dashboard

Saat membuka aplikasi youtube studio tentunya anda akan di suguhkan beberapa fitur yang menarik salah satunya adalah youtube dashboard.

Youtube dashboard sendiri merupakan layanan dari studio yang menampilkan berbagai informasi terbaru mengenai performa youtube, channel mulai dari penayangan, waktu tonton, serta jumlah subscriber yang di dapatkan dalam jangka waktu tertentu secara detail.

Berbagai informasi yang ditampilkan nantinya akan membantu kreator untuk mengembangkan konten video sehingga dapat meningkatkan jumlah penonton dengan strategi yang tepat.

Sebagai tools channel analytics, dahsboard juga membantu kreator memahami topik dan video yang menarik di mata penonton serta asal penonton yang paling banyak untuk melihat video anda.

Tidak hanya itu, youtube dashboard memiliki beberapa keuntungan lain yang menguntungkan bagi content creator melalui ringkasan infomrasi yang diberikan dengan lengkap.

keuntungan youtube dashboard

Keuntungan Menggunakan Youtube Dashboard

Sebuah kanal youtube yang telah memiliki banyak video serta penonton yang melakukan interaksi di kolom komentar tentuya memiliki berbagai data berharga yang sayang apabila di biarkan begitu saja.

Berbagai data tersebut nantinya akan membantu dalam pengembangan youtube channel serta konten yang anda miliki guna menjangkau pengguna youtube yang lebih luas sehingga menambah jumlah penonton.

Namun, kreator tentunya tidak memiliki waktu yang cukup untuk menghitung berbagai data yang diberikan dan melakukan analisa dari performa akun youtube yang dimiliki.

Karenanya penggunaan youtube dashboard tentunya menguntungkan kreator untuk menghitung berbagai data yang keluar dan masuk dengan penyajian metrik yang memudahkan untuk membaca data.

Tidak hanya itu, layanan youtube dahsboard juga memiliki berbagai keuntungan diantaranya adalah :

  • Mengukur metrik data untuk mengetahui performa video dalam jangka waktu tertentu.
  • Membuat laporan campaign berdasarkan performa konten yang telah tayang.
  • Mengetahui strategi video marketing yang tepat untuk promosi yang dilakukan.

Di sisi lain, memantau dan menganalisa metrik video youtube dapat membantu mengukur keberhasilan kampanye yang anda lakukan dengan informasi terkini yang diberikan.

Karenanya berikut beberapa metrik youtube dashbpard yang bisa digunakan untuk mengukur performa video dan analisis strategi marketing yang telah dibuat.

fitur youtube dashboard

Fitur Youtube Dashboard

Youtube dashboard memiliki beberapa fitur yang mutakhir dan menyediakan berbagai analisis yang akurat dan efisien sesuai dengan kinerja konten yang telah anda unggah dan mendapat perhatian dari pengguna youtube.

Hal ini dikarenakan berbagai tools yang dimiliki oleh youtube dashboard yang mengelola hasil penayangan video youtube dan mengunggah secara otomatis ke layanan dashbard.

Cara menggunakan layanan dashboard juga sangat mudah, anda hanya perlu membuka youtube studio di dekstop atau aplikasi jika anda membukanya di hand phone.

Jika anda mengunjungi youtube dashboard vide website maka anda bisa mengunjungi profile youtube anda kemudian di bagian pojok kanan atas pilih “youtube studio untuk mengakses dashboard di personal computer.

Kemudian jika anda mengakses youtube dashboard melalui handphone maka anda bisa mengunduh aplikasi youtube dashboard di Google Play Store lebih dahulu sehingga bisa mengakses semua fitur yang disediakan oleh youtube studio.

Namun jika anda ingin mengakses informasi dari youtube dashboard maka anda bisa masuk ke ke panel youtube analytics untuk mendapatkan berbagai data yang diinginkan.

photo1656591018

Views

Salah satu data yang mudah dibaca oleh kreator youtube adalah jumlah views video dimana anda bisa melihat jumlah pengguna youtube yang melihat video anda.

Sayangnya informasi jumlah penonton ini cukup menyesatkan karena anda tidak mengetahui tayangan yang disukai oleh penonton youtube serta durasi menonton video.

Selain itu, views youtube juga tidak menunjukkan jumlah orang yang melakukan interaksi dengan video anda dan memilih mengunjungi video youtube anda.

Padahal interaksi antara penonton dan kreator youtube juga penting untuk membantu menaikkan konten youtube anda di kalangan penonton serta mengetahui aktivitas yang mereka lakukan di halaman youtube anda..

Karenanya dalam menganalisa jumlah views di youtube dashbord anda juga memerlukan beberapa fitur lain untuk mendapatkan informasi yang sempurna.

photo1656591122

Subscribers

Data selanjutnya yang wajib dibaca oleh kreator adalah jumlah subscribers yang di dapatkan dalam jangka waktu tertentu.

Jumlah subscribers ini penting untuk mengetahui apakah penonton youtube anda juga tertarik dengan video anda yang lain sehingga memutuskan untuk mengikuti kanal youtube anda atau sekedar menyukai salah satu video anda yang sedang viral.

Semakin banyak subscribers yang anda dapatkan tentunya dapat membantu untuk meningkatkan durasi watch time video karena youtube selalu menghitung durasi tayang yang di dapatkan dari pengikut anda kemudian di sebarkan ke pengguna lainnya.

Jumlah subsribers yang di hitung dari youtube dashboard juga penting untuk mengetahui angka pertumbuhan channel youtube anda.

Apabila jumlah subscribers tidak mengalami pertambahan maka pengguna youtube masih menganggap konten anda kurang relevan atau menghibur di kalangan pengguna youtube lainnya.

Hal ini juga menjadi evaluasi bagi kreator untuk menentukan konten yang sesuai keinginan komunitas guna menggaet jumlah subscribers yang lebih banyak.

image 9

Likes

Jumlah likes juga menjadi indikator dari kesuksesan video youtube karena penonton tidak hanya melihat video anda namun juga melakukan interaksi di channel youtube anda seperti memberikan komentar atau menyukai video yang anda unggah.

Di sisi lain, jumlah likes juga menjadi indikator algoritma youtube untuk menaikkan konten anda sehingga masuk ke halaman pengguna youtube lainnya.

Karenanya informasi jumlah likes yang di dapatkan juga menjadi faktor penting untuk mengukur kesuksesan video anda.

Kreator bisa melihat konten youtube yang mendapatkan interaksi lebih banyak untuk dijadikan ide konten utama atau di tampilkan di halaman profil youtube anda untuk menaikkan jumlah penonton yang lebih banyak.

photo1656591282

Comments

Sebuah video youtube yang mengankat topik yang menarik atau sedang naik daun terkadang mendapatkan lebih banyak komentar di bandingkan konten video lainnya.

Hal ini dikarenakan penonton youtube juga melakukan interaksi satu sama lain dengan mengomentari isi video serta informasi yang disuguhkan.

Di sisi lain, algorita youtube juga mengukur metrik engagement rate sebuah video youtube dengan cara menghitung jumlah komentar yang di dapatkan.

Banyaknya comments yang masuk ke dalam konten youtube anda menunjukkan keteratarikan pada konten yang anda sajikan dimana semakin banyak komentar yang masuk menandakan isi konten anda menarik.

Konten fakta, fenomena, dan misteri menjadi beberapa ide konten video yang dapat meningkatkan jumlah komentar berkat informasi yang disajikan membuat penonton penasaran.

Beberapa channel youtube indonesia juga sering menyajikan konten-konten tersebut seperti korea reomit yang manyajikan konten penjelasan kejadian dan fenomena tertentu di korea dan beberapa negara lainnya yang membuat penonton penasaran dan tertarik untuk memberikan komentar di video tersebut.

image 14

Share

Saat menganalisa performa konten yang diunggah maka interaksi berupa share video juga menjadi salah satu satu metrik yang diukur dalam youtube dashboard.

Melalui pengukuran jumlah video yang dibagikan maka anda akan mengetahui apakah video anda juga menarik di kalangan pengguna youtube lain sehingga di bagikan kepada orang lain yang belum mengetahui kanal youtube anda.

Namun, bisa saja konten youtube anda di bagikan ke orang lain sebab membahas topik yang sedang naik sehingga menjadi bahan perbincangan pengguna youtube lain.

Di sisi lain, aspek share video juga menjadi metrik penting di youtube dashboard yang menghitung jumlah audience yang tertarik dengan video anda sehingga menonton hingga akhir video.

Kegiatan membagi video juga menjadi sesuatu yang jarang dilakukan oleh pengguna youtube sehingga jika video anda banyak di bagikan ke orang lain menjadi tanda video anda juga menarik di mata orang lain.

Latest Video Perfomance

Layanan youtube dashbaard satu ini bermanfaat untuk menganalisa performa video yang telah anda unggah secara keseluruhan.

Pada dashboard ini anda akan mendapatkan data peringkat video yang anda unggah di bandingkan video yang lalu, jumlah views video di banding video keseluruhan, serta durasi penayangan rata-rata, serta CTR.

Anda bisa mendapatkan informasi performa video dengan melakukan klik pada Go To Video Analytics atau See Comments kemudian anda akan diarahkan ke informasi data yang lebih detail mengenai video yang anda inginkan.

Pada halaman selanjutnya anda akan mendapatkan informasi mengenai judul dan deskripsi video dimana anda akan mendapatkannya di youtube anayltics dengan masuk ke dalam menu editor untuk mendapatkan informasi mengenai komentar terbaru serta subtitle.

photo1656591578

Channel Analytics

Channel analytics ini dapat membantu kreator untuk mengecek hasil analisa channel youtube yang anda miliki.

Pada panel dahsboard ini anda akan mendapatkan informasi mengenai jumlah pengikut terbaru, jumlah dan durasi penanyangan seluruh video, serta video yang memiliki jumlah penayangan terbanyak.

Anda bisa menganalisa beberapa video teratas di channel youtube anda dalam satu panel yang bersamaan. Akan tetapi, jika anda ingin mengecek informasi yang lebih detail tentang platform youtube anda maka anda bisa mengakses di GO TO CHANNEL ANALYTICS yang akan membawa anda ke menu youtube analytics untuk mengecek jumlah overview, jumlah reach hingga jumlah audience dari konten yang anda bagikan.

Published Video

Apakah anda ingin mengecek video-video yang telah anda ungguh? maka platform published video ini bisa anda gunakan.

Menu ini berisi informasi mengenai berbagai video yang telah anda unggah di kanal youtube anda. Pada layanan published video ini anda akan melihat jumlah tayangan views, komentar, dan orang-orang yang menyukai videomu.

Untuk mengakses layanan published video maka anda bisa melakukan klik pada ikon published video untuk melihat statistik video dari tampilan viewers atau melakukan klik pada ikon pensil jika anda ingin melihat informasi mengenai detail tentang video.

Latest Comment

Jika anda ingin mengecek komentar yang baru masuk atau melakukan interaksi dengan dengan membalas komentar penonton youtube maka layanan latest comment yang berisi berbagai komentar baru yang di dapat oleh setiap video.

Selain itu, jika anda ingin melihat komentar yang ingin kamu balas maka anda bisa mengakses dari panel latest comment dan membalas semua komentar yang masuk.

Cara mengakses layanan latest comment ini dengan masuk ke menu view more dimana anda akan di arahkan pada kumpulan komentar dan mentions yang masuk ke halaman youtube anda.

Di sisi lain, anda juga bisa melihat komentar yang tidak pantas di tampilkan karena mengandung kata-kata yang tidak pantas.

Latest Post

Salah satu layanan youtube dashboard yang juga bisa anda akses adalah latest post dimana anda bisa melihat postingan terbaru dari kanal youtube yang ingin di lihat

Pada halaman community maka anda akan menemukan beberapa postingan terbaru dari kanal youtube tersebut sehingga memudahkan untuk melihat konten terbaru.

Namun jika anda mengakses layanan latest post maka anda bisa mengatur penjadwalan konten seperti menambahkan foto atau video untuk teaser video atau mendapatkan informasi dari polling yang anda unggah di kalangan komunitas yang anda miliki.

Recent Subscribers

Ingin mengetahui subscribers yang anda miliki dan jumlah pengikut yang anda miliki? maka layanan subscribers ini bisa anda gunakan.

Pada layanan ini, anda bisa melihat subscriber yang anda miliki pada periode tertentu bahkan dari awal saat anda membuat channel youtube.

Tidak jarang anda bisa menemukan kreator youtube yang memiliki pengikut yang lebih banyak dan tertarik pada kanal youtube anda sehingga bisa anda manfaatkan untuk kolaborasi di konten video yang anda miliki.

news

News

Salah satu keuntungan dari mengakses youtube dashbard adalah anda akan mendapatkan informasi dan tips terbaru dari youtube atau pembaruan pengaturan channel youtube untuk memberikan hasil yang terbaik pada performa konten youtube anda.

Guna mengakses fitur youtube dashboard ini anda bisa mengakses pada halaman youtube help, namun menu ini bisa berganti tergantung informasi yang diberikan oleh Youtube kepada kreatornya.

creator insider

Creator Insider

Apabila anda ingin membuat komunitas atau memperluas pertemanan di kalangan kreator youtube maka anda bisa mengakses layanan creator insider.

Pada layanan ini, youtube membuka kesempatan pada kreator youtube yang berisi informasi terbaru dan saling berdiskusi mengenal fitur tersebut serta membangun relasi dengan kreator lainnya.

Dengan judul This Week at Youtube maka anda akan mendapatkan informasi dari creator insider mengenai kabar terbaru tentang pembaruan yang dibuat oleh youtube.

Namun jika kamu tidak menemukan panel di youtube dashboard anda maka mungkin saja anda belum memiliki konten untuk dianalisa oleh Youtube.

Hal ini dikarenakan youtube biasanya merekomendasikan topik yang sesuai dengan kanal youtube anda sehingga anda sebaiknya mengunggah konten video terlebih dahulu untuk mendapatkan topik yang sesuai untuk di tampilkan dalam youtube dashboard.

Sehingga semakin sering mengunggah video youtube maka akan semakin banyak topik yang direkomendasikan oleh Youtube.

optimasi video youtube

Cara Optimasi Youtube Video

Sudah menganalisa performa youtube dan ingin meningkatkan jangkauan video youtube anda? maka anda bisa meningkatkannya melalui Youtube SEO.

Melalui cara ini anda bisa memperluas jangkauan video dengan penggunaan strategi yang tepat melalui kata kunci sesuai. Berikut beberapa strategi meningkatkan performa youtube melalui seach engine optimization :

Gunakan File Video Menggunakan Target Kata Kunci

Sama seperti saat anda membuat artikel di internet, anda juga bisa menggunakan optimasi SEO tools untuk mengidentifikasi kata kunci yang sesuai dengan video yang ingin anda unggah.

Kreator juga bisa menemukan kata kunci video youtube yang sesuai dengan mencarinya di berbagai website fokus di search engine optimization.

Dengan kata kunci yang sesuai yang ditempatkan video file sebelum anda unggah di youtube, strategi tersebut dapat membantu youtube melakukan relevansi konten dengan kata kunci yang anda gunakan sehingga dapat menjangkau konsumen yang anda inginkan.

Sehingga alih-alih mengunggah file video dengan nama video001 maka anda bisa memasukkkan video dengan kata kunci yang sesuai seperti social-media-marketer yang dapat membantu youtube untuk memasukkan video anda ke kategori yang lebih sesuai.

Masukkan Kata Kunci ke Dalam Judul Video

Strategi kedua yang bisa anda lakukan untuk optimasi video adalah dengan menggunakan kata kunci yang sesuai ke dalam video youtube anda secara natural.

Hal ini dilakukan melihat kebiasaan pengguna youtube dan anda juga tentunya yang mencari suatu konten video menggunakan kata kunci khusus.

Sehingga jika anda meletakkan kata kunci tersebut ke dalam judul video anda maka akan meningkatkan peluang untuk menaikkan konten video anda di kalangan pengguna youtube lainnya.

Strategi ini juga di dukung oleh analisa dari Backlinko yang menyatakan sebuah video dengan kata kunci yang sesuai maka akan lebih mudah di temukan oleh pengguna youtube yang ingin melihat konten khusus.

Tidak hanya itu, penggunaan kata kunci yang sesuai di judul video juga membantu menaikkan ranking video dalam jangka waktu yang panjang dimana terdapat hubungan antara keyword yang sesuai dengan ranking video youtube.

Namun, menggunakan keyword video yang sesuai dan di masukkan ke dalam judul video secara natural juga menjadi ide bagus yang membantu pengguna youtube untuk menemukan konten yang sesuai.

Bagian paling penting dalam menggunakan judul video adalah memastikan judul video anda dalam jumlah kata yang pendek namun mengandung kata kunci serta deskripsi singkat mengenai video yang akan anda unggah.

Optimasi Deskripsi Video

Google menyatakan bahwa jumlah kata yang tersedia dalam deskripsi video youtube berjumlah 1000 kata.

Jumlah yang cukup banyak ini tentunya menguntungkan kreator untuk menuliskan deskrisp video yang lebih detail sehingga membantu penonton untuk memahami isi video yang akan anda unggah.

Namun, anda juga perlu mengingat bahwa sebagian besar pengguna youtube mendatangi channel youtube anda untuk melihat video sehingga kurang memerhatikan detail deskripsi video.

Hal berbeda akan terjadi jika anda meminta penonton untuk mengecek deskripsi guna melihat barang yang anda promosikan atau tempat menarik yang direkomendasikan untuk penonton.

Akan tetapi, jika anda ingin mengoptimalkan penggunaan deskripsi video maka anda perlu mengingat bahwa youtube hanya akan menampilkan 2-3 baris keterangan konten sehingga kreator bisa menggunakan baris pertama untuk mengajak penonton melihat video yang anda unggah.

Sumber :

YouTube Dashboard: Use Our Free 8 KPI Template – AgencyAnalytics

YouTube SEO: How to Optimize Videos for YouTube Search (hubspot.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.