youtube shorts

7 Ide Konten Youtube Shorts Tahan Lama

Pelajari cara mudah maksimalkan fitur youtube yakni youtube shorts guna variasi konten yang lebih menarik.

Setelah instagram reels dan tiktok mendapatkan popularitas di mata pengguna internet, Youtube juga mengikuti jejak mereka dengan membuat fitur video pendek yakni youtube shorts.

Seiring dengan berjalannya waktu, youtube shorts telah berubah menjadi format konten yang mudah digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan akun youtube yang dimiliki.

Hal ini dikarenakan konten youtube shorts mampu menaikkan penonton serta subscribers dengan cara yang lebih mudah dibandingkan membuat video youtube.

Akan tetapi, tantangan dalam mengembangkan youtube shorts adalah menemukan ide konten serta membuat video shorts secara konsisten, dimana hal ini juga diperlukan di berbagai social media lain.

Karenanya sebelum mulai membuat konten youtube shorts maka ketahui dulu keuntungan menggunakan youtube shorts serta ide konten untuk segala situasi.

apa itu youtube shorts

Apa Itu Youtube Shorts

Seiring dengan naiknya ketenaran konten video pendek, kini mulai banyak social media yang mengembagan konten tersebut sebagai fitur terbaru seperti Instagram dengan reelsnya.

Instagram reels sendiri juga mendapat sambutan hangat dari pengguna instagram hingga akhirnya dibuat ikon reels tersendiri serta penambahan fitur untuk membuat hasil video serta kolaborasi menjadi lebih baik.

Youtube juga mulai mengembangkan konten video pendek dengan merilis youtube shorts dimana penggunanya dapat melihat konten pendek dari kreator kesukaan atau minat yang dsukai.

Youtube shorts sendiri merupakan fitur video pendek dengan durasi 15 detik yang dibagikan oleh kreator di halaman youtube.

Guna menambah keunikan video shorts maka kreator juga bisa memasukkan beberapa video sekaligus, audio, lagu, serta efek spesial yang menjadikan video lebih menarik.

Dengan beragamnya video yang dimiliki oleh youtube shorts serta berbagai fitur yang diberikan menjadikan konten shorts sering dilihat pengguna youtube sehingga kreator pun mulai melakukan inovasi membuat video shorts yang lebih menarik.

Youtube shorts sendiri tidak hanya berguna untuk menghibur pengguna youtube namun juga memiliki kelebihan lain dibandingkan fitur youtube lainnya.

cara menemukan youtube shorts

Cara Menemukan Konten Youtube Shorts

Ingin mencoba youtube shorts serta menonton video pendek yang disediakan? Pengguna youtube bisa melihat konten yang disajikan dengan beberapa langkah mudah.

Youtube shorts tersedia bersama dengan konten youtube lainnya. Saat anda mencari video, shorts memiliki simbol merah di bagian kanan bawah.

Namun, jika pengguna ingin mencari video shorts dari kreator tertentu maka gunakan menu pencarian guna menemukan kreator yang ingin anda onton.

Sayangnya, konten shorts baru tersedia di gadget sehingga personal computer atau laptop tidak menyediakan layanan menonton konten youtube shorts.

Meskipun begitu, anda bisa melihat video shorts di kanal youtube sebagai video biasa sehingga tidak ada perbedaan dengan konten youtube lainnya.

Youtube shorts sendiri juga bisa diakses di aplikasi youtube di handphone anda dengan melakukan klik pada ikon shorts di bagian bawah layar anda.

Apabila kreator sudah melihat satu video kemudian ingin beralih ke konten lain maka cukup memindahkan ke bawah guna menonton konten shorts lainnya.

Penonton juga bisa melakukan interaksi dengan video yang ditonton dengan memberikan likes, komen, atau membagikan ke pengguna youtube lain.

mobile phone 5431597 640

Keuntungan Menggunakan Youtube Shorts

Ketenaran tiktok yang menggemparkan dunia dan popular di kalangan anak muda dengan konten video pendek yang menghibur.

Meskipun platform satu ini baru diluncurkan di tahun 2016 namun social media satu ini terus berkembang pesat hingga memiliki pengguna aktif sampai 690 juta serta terus bertambah hingga saat ini.

Perkembangan tiktok ini akhirnya menginspirasi social media lain dengan membuat fitur video pendek yang sama seperti instagram dengan reels serta youtube yang membawa shorts.

Kelebihan lain yang membuat youtube shorts unik di bandingkan konten video youtube adalah kemudahan dalam mengkreasikan konten video.

Kreator hanya memerlukan handphone dan anda bisa merekam, mengedit, dan mengunggah konten youtube shorts langsung dari gadget yang dimiliki.

Selain itu, youtube shorts juga tidak mengikuti peraturan dari youtube dimana konten youtube shorts tidak mendapatkan monetisasi sehingga pengguna youtube bisa lebih menikmati konten shorts tanpa perlu terganggu iklan yang muncul tiba-tiba.

Meskipun aturan ini memungkinkan kreator untuk tidak mendapatkan monetisasi namun youtube shorts dapat digunakan untuk menaikkan brand awareness sehingga pengguna youtube bisa mengenal akun anda lebih mudah.

Lalu keuntungan apa lagi yang bisa di dapatkan di youtube shorts?

Layanan youtube shorts sendiri memiliki potensi yang cukup besar mengingat youtube sendiri memiliki 700 juta pengguna yan terus meningkat setiap hari.

Berikut beberapa alasan menggunakan youtube shorts untuk media promosi dan brand awareness :

  • Menciptakan konten shorts yang unik sehingga dapat terhubung ke konsumen dengan cara berbeda dibandingkan promosi lainnya
  • Menjangkau konsumen anak muda yang lebih menyukai video pendek dibandingkan konten dengan isi yang panjang
  • Memamerkan brand anda melalui cara yang menyenangkan dengan konten yang menarik.
  • Masuk ke audience yang lebih luas dan mendapatkan pengikut yang lebih banyak guna membangun brand awareness.
youtube 1158693 640

Tips Analisa Konten Youtube Shorts

Setelah mengunggah berbagai video shorts dengan berbagai ide konten yang disukai oleh konsumen inilah saatnya bagi kreator untuk mengetahui performa video yang telah diunggah.

Hal ini dilakukan untuk melihat kinerja video yang telah diunggah sehingga kreator bisa mengubah strategi konten atau meneruskan membuat ide video yang sama.

Untungnya, youtube shorts sendiri memiliki memiliki akses analisa yang sama dengan youtube video sehingga kreator bisa mengumpulkan data serta interaksi yang ada di konten shorts.

Cara menganalisa kinerja youtube shorts cukup mudah yakni kreator hanya perlu masuk ke halaman Youtube studio dan masuk ke tab content yang berada di bagian kri dimana kreator bisa melihat berbagai video yang telah diunggah termasuk konten shorts.

youtube short video analytics step 1 800

Setelah itu, kreator bisa memilih ke video shorts yang anda inginkan kemudian klik analisa di bagian ikon pop up dimana anda akan diberikan akses ke berbagai data video yang telah diunggah sebelumnya.

Kreator dapat mengumpulkan berbagai data yang diinginkan, diantaranya :

Overview

Informasi mengenai jumlah orang yang melihat video anda, durasi menonton video, dan siapa saja yang melakukan subscribe kanal youtube.

Tidak hanya itu, kreator juga mendapatkan informasi mengenai momen di video yang mendapatkan penayangan tertinggi sehingga bisa anda kembangkan ke konten berikutnya.

Reach Out

ketahui siapa saja yang melihat video anda melalui kolom pencarian atau timeline youtube dimana kreator akan diberikan presentase banyaknya pengguna youtube yang melakukan klik di video anda setelah konten anda muncul di timeline youtube.

Pada bagian bawah halaman reach ini kreator dapat mengetahui kanal youtube atau website yang dapat membawa penonton youtube ke video anda.

Engagement

Interaksi video shorts akan memberitahu kreator mengenai reaksi penonton ke video anda melalui pemberian tanda suka, tidak suka, komentar, atau clicks,

Audience

Analisa demografi konsumen menjadi hal yang penting bagi kreator dimana fitur ini memberikan informasi mengenai siapa saja yang menonton video anda, tempat tinggal, gender dan usia, serta video yang mereka lihat di youtube.

Informasi ini tentunya menguntungkan kreator sebagai bahan pertimbangan membuat konten youtube shorts ke depannya.

ide konten youtube shorts

Ide Konten Youtube Shorts

Saat memulai membuat konten youtube shorts maka kreator sebaiknya memiliki berbagai ide konten yang keren guna menarik perhatian pengguna youtube serta membawa mereka menjadi subscribers akun youtube anda.

Berikut beberapa ide konten yang bisa digunakan di layanan youtube shorts, kreator bisa mengembangkan satu ide ke ide lainnya guna menemukan video yang sesuai dengan kesukaan konsumen.

Konten Before After

Salah satu ide konten yang sering dipakai adalah video before after dimana konten satu ini sering di pakai di berbagai social media.

Sebuah video shorts before dan after tidak hanya memberikan interaksi yang tinggi namun menunjukkan hasil produk yang anda promosikan.

Keuntungan lain dari menggunakan ide video ini adalah kreator bisa memakai konten untuk berbagai komunitas sehingga youtube shorts anda bisa diterima di kalangan yang lebih luas.

Jenis konten satu ini biasanya digunakan pada produk perawatan tubuh dimana kreator menunjukkan video perubahan fisik konsumen setelah menggunakan produk tersebut dalam sekali pemakaian atau beberapa kali penggunaan.

Video yang menampilkan hasil baik tentunya membuat penonton penasaran sehingga tertarik untuk membeli produk yang anda promosikan.

Konten Manfaat Produk

Salah satu cara membuat konsumen memahami kelebihan dari produk anda adalah dengan membuat konten yang unik serta mengajak penonton untuk melakukan interaksi dengan video yang di lihat.

Sebuah video dengan interaksi yang tinggi tentunya dapat menjangkau pengguna youtube yang lebih luas sehingga dapat mempromosikan produk lebih mudah dan viral.

Hal ini dikarenakan penonton youtube berasal dari berbagai jenis komunitas minat yang mencari hiburan maka youtube shorts cocok membuat konsumen mengetahui produk yang anda jual.

Ide konten youtube shorts yang bagus lainnya adalah dengan mencantumkan berbagai manfaat yang ditawarkan oleh produk anda.

Salah satu contohnya adalah jika produk anda dapat membantu seorang konsumen dengan nyenyak maka kreator bisa membuat konten shorts berisi musik pengantar tidur menggunakan aplikasi edit video dengan penambahan musik yang menenangkan serta latar sesuai tema video.

Kreator juga bisa menambahkan 4-5 sorotan video ke produk yang anda miliki dengan pemberian caption yang menarik.

Agar edit video shorts menjadi lebih musah maka kreator bisa mengganti produk dengan template video yang sama.

Konten Viral Terbaru

Konten viral yang menjadi bahan perbincangan banyak orang tentunya akan lebih menarik jika diunggah di konten shorts.

Tentunya, kreator juga perlu mengetahui berbagai topik yang sedang naik dan dibicarkan oleh semua orang agar bisa digunakan sebagai ide konten yang menarik.

Salah satu jalan terbaik untuk membuat konsumen tetap melekat pada brand anda adalah membuat konten yang membantu konsumen tetap tersentuh dengan dunia luar namun masih dalam ceruk yang anda tawarkan.

Karenanya ide konten youtube shorts berupa topik yang viral dan sedang diperbincangkan banyak orang dapat menjadi video yang menarik.

Di saat kreator memikirkan trend yang akan di unggah maka hal pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan survey ke berbagai konten viral yang berbeda di komunitas anda dan lihatlah pembahasan apa saja yang bisa dimasukkan ke dalam sebuah konten.

Kreator bisa mencarinya di kolom komentar konten anda di social media yang menyambungkan anda dengan komunitas yang dimiliki.

Salah satu contohnya adalah apabila brand anda bergerak di bidang fashion maka anda dapat dengan mudah melakukan replika atas trend busana yang sedang naik daun kemudian diterapkan di konten youtube shorts anda.

Kreator bisa membuat konten berupa pembaruan ide busana laki-laki dengan menunjukkan 5-10 gaya berbusana yang berbeda.

Hal ini tentunya tidak hanya membuat penonton melakukan koneksi yang baik dengan brand anda namun juga membangun loyalitas jangka panjang.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa menuruti permintaan konsumen mengenai gaya produk yang sedang naik daun guna membangun interaksi dengan komunitas yang dimiliki.

Guna menjadikan konten shorts anda menjadi lebih apik maka kreator bisa menambahkan teks, musik yang sesuai, serta produk yang cocok dengan trend yang anda buat.

Kreator juga bisa memberikan kesan autentik dengan memberikan ciri khas sendiri di setiap video youtube shorts yang anda buat.

Konten Behind the Scene

Dalam pembuatan konten promosi untuk campaign tertentu biasanya ada saja kejadian lucu dan unik yang membuat proses pemotretan menjadi lebih menyenangkan.

Karenanya konten behind the scenes juga cocok dibuat video youtube shorts agar bisa ditonton konsumen yang menantikan promosi produk anda.

Konten behind the scenes ini juga menjadi cara keren untuk menjadi jembatan komunikasi brand anda melalui youtube shorts.

Video satu ini juga lebih mudah dibuat karena kreator cukup mengumpulkan bloopers yang tidak sengaja terekam saat anda mengikuti proses pembuatan campaign sehingga hasilnya terlihat lebih natural.

Kreator juga bisa menyorot kegiatan sehari-hari rekan kerja anda saat melakukan promosi produk serta kebiasaan bekerja guna membangun komunikasi yang lebih intens dengan konsumen yang dimiliki.

Tidak hanya itu, apabila kreator melakukan kerja sama dengan influencer atau publik figur tertentu dalam sebuah campaign maka anda bisa mengambil video singkat yang menggambarkan suasana kerja sama pembuatan iklan tertentu.

Video ini tentunya akan mendapatkan banyak penonton karena banyaknya fans yang penasaran dengan kegiatan idola mereka saat melakukan kerja sama dengan produk tertentu.

Bagian terbaik dari membuat konten behind the scene adalah kreator tidak perlu menghabiskan waktu sekian lama untuk menggabungkan rekaman video atau merekam video baru.

Namun, kreator cukup menggunakan template yang telah dibuat sebelumnya yang bisa di kustom sesuka hari dengan menambahkan gambar yang menarik.

Konten Tutorial

Saat menjalani hari yang terkadang penuh tantangan terkadang seseorang memerulkan cara cepat untuk menyelesaikan masalah atau memaksimalkan layanan dan produk yang dibeli.

Sehingga tidak mengherankan apabila konten tuturial atau life hacks sering dicari pengguna internet untuk memprmudah hidup agar tidak semakin sulit.

Konten tutorial dengan durasi pendek ini juga bisa dimanfaatkan sebagai konten youtube shorts guna meningkatkan viewers konten serta menjangkau komunitas yang lebih luas.

Apabila kreator ingin membuat konten tutorial yang menarik maka kreator perlu melepaskan berbagai jargon yang ada dan mulai membuat tutorial mini yang mudah dimengerti penonton.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa cara menggunakan produk yang dimiliki, kegunaan tersembunyi dari produk anda, dan lain sebagainya.

Kreator juga bisa memberikan highlight pada konten tutorial dengan memberikan caption yang menarik serta jelas.

Dalam membuat konten ini maka kreator bisa memulai dengan memberikan kunci masalah dan berikan jawaban dalam waktu cepat melalui konten tutorial yang diberikan.

Hal ini akan memberikan nilai yang bagus bagi konten anda serta membuat mereka kembali menonton video anda.

Mengembangkan masalah konsumen sebagai ide konten tutorial juga bagus untuk menjawab permasalahan pengguna sambil meningkatkan kedekatan satu sama lain.

Konten Sehari-hari

Seorang konten kreator atau inluencer yang ingin mengembangkan fitur youtube shorts maka bisa mengembangkan ide konten satu ini.

Konten daily life menjadi video yang disukai oleh pengguna internet dimana penonton bisa melihat keseharian seseorang yang memiliki pekerjaan tertentu dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Meskipun terkadang keseharian yang dilakukan sama dengan kita namun menengok sesuatu yang biasa dari kacamata orang lain terkadang terlihat mengasyikkan.

Konten satu ini juga cocok bagi seseorang yang memiliki banyak penggemar guna mendekatkan diri sehingga fans anda mengetahui apa saja yang anda lakukan sehari-hari.

Mini vlogs tentunya menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk dibuat dimana anda bisa melihat kegiatan seorang pemimpin perusahaan memulai hari hingga melakukan berbagai pekerjaan di kantor.

Konten satu ini juga menarik banyak popularitas di tiktok serta reels dan kini merambah di youtube shorts.

Bagian terbaik dari membuat konten mini vlogs adalah video ini sangat mudah dibuat dimana kreator hanya perlu merekam cuplikan kegiatan di dalam sebuah video serta menggabungkannya dengan lagu populer sehingga anda akan mendapatkan konten video estetik yang disukai oleh pengguna youtube.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa menambahkan voice over sebagai elemen tambahan agar hasil video menjadi lebih keren.

Kreator juga bisa merekam konten daily life saat berpergian ke tempat lain atau mempersiapkan satu acara promosi atau campaign tertentu.

Apabila kreator merasa kesulitan dalam mengedit konten video maka bisa menggunakan aplikasi edit video yang tersebar secara gratis di internet.

Konten Meme

Konten komedi juga bisa menjadi daya tarik tersendiri yang mampu membuat penonton video anda melihat konten anda berulang kali tanpa merasa bosan.

Meskipun konten meme biasanya tersedia dalam bentuk foto namun konten satu ini juga bisa dikembangkan dalam bentuk konten youtube shorts, apalagi jika meme yang digunakan merupakan gambar komedi yang sedang viral.

Menelusuri konten yang sedang trend secara online dan mengubahnya menjadi konten shorts yang memiliki ciri khas anda tentunya akan menjadi ide yang cerdas.

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang besar meskipun awalnya kreator membutuhkan usaha lebih untuk mencari meme yang sedang naik daun.

Potensi konten meme sangatlah besar karena anda dapat mengubah segala situasi dalam komunitas anda menggunakan meme dengan memakai template yang tersedia.

Anda juga bisa menggunakan berbagai meme dengan mudah melalui penelusuran konten di instagram, twitter, atau tiktok guna menemukan gambar yang sekiranya sesuai dengan kondisi komunitas anda serta bisa dipakai sebagai konten youtube shorts.

Pastikan juga caption yang digunakan dapat dipahami oleh komunitas anda sehingga pesan yang disampaikan mudah dicerna.

Sumber :

How to Make YouTube Shorts for Business : Social Media Examiner

15 YouTube Shorts Ideas to Grow Your Brand in 2022 (With Templates) (invideo.io)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.