Content marketer

Kenal Lebih Dekat Dengan Content Marketer

Content Marketer sendiri adalah pekerjaan digital marketing yang bertanggung jawab pada perencanaan dan pembuatan konten di social media. Tidak hanya itu, berbagai riset juga dilakukan agar konten semakin menarik dan berguna bagi pembacanya.

Posisi sebagai content marketer tentulah penting untuk meningkatkan awareness terhadap produk yang akan di promosikan di akun social media perusahaan. Ditambah saat ini, social media menjadi salah satu primadona di Indonesia dengan banyaknya orang yang mengakses setiap harinya.

Seorang content marketer dinilai berhasil ketika produk yang dipromosikan dikenal dan dibicarakan banyak orang di berbagai platform social media sehingga meningkatkan penjualan secara online dan juga langsung.

Penghasilan sebagai seorang content marketer juga terhitung tinggi dan juga bersaing dengan pekerjaan lain, tentunya di dukung oleh keahlian dan jam terbang yang tinggi.

Tertarik menjadi content marketer? Yuk ketahui dulu beberapa keahlian yang dibutuhkan dan perlu dikembangkan seorang pemula.

Keahlian content marketer

Keahlian yang Dibutuhkan Content Marketer

Sebagai seorang content marketer tentunya dibutuhkan berbagai macam keahlian yang dapat membantu untuk menghasilkan berbagai macam konten yang menarik serta meningkatkan engagament pada social media yang dikelola. Berikut beberapa keahlian yang sebaiknya dimiliki

Analisa dan Riset Konten Social Media

Keahlian utama yang wajib dimiliki oleh content marketer adalah kemampuan dalam menganalisa trend yang saat ini sedang dibicarakan oleh banyak orang. Pesatnya trend yang berubah juga akan menentukan konten yang akan digunakan di akun perusahaan.

Perbedaan kebiasaan pengguna di sebuah social media dan juga trend yang berbeda setiap harinya tentu membuat seorang content marketer harus membuat berbagai konten yang berbeda sehingga akan menarik banyak orang dan mempertahankan followers yang sudah ada.

Beberapa hal penting yang harus dianalisa oleh seorang content marketer adalah siapa customer yang akan dituju termasuk hobi, usia, jenis kelamin, dan juga pekerjaan serta gaji yang dimiliki. Hal ini dilakukan untuk menentukan isi konten yang sesuai.

Saat ini kerja dari content marketer dimudahkan oleh munculnya berbagai aplikasi dan juga website yang membantu dalam mempermudah analisa konten dan social media yang dimiliki sehingga hasilnya lebih akurat serta mudah.

Paham Ilmu Pemasaran

Sebagai bagian dari pemasaran, seorang content marketer tentunya harus paham mengenai dasar-dasar ilmu pemasaran. Beberapa ilmu pemasaran yang sebaiknya diketahui adalah mengenai branding dan juga public relation.

Semakin mengenal produk yang akan dipasarkan dan pelanggan yang akan dipasarkan maka akan memudahkan kinerja seorang content marketer dalam menentukan konten yang akan disajikan untuk social media.

Tidak hanya itu, kemampuan dalam berkomunikasi dengan pelanggan akan mempermudah dalam berkomunikasi melalui social media, seperti dalam membalas pesan dari pelanggan.

Memahami Social Media yang Digunakan

Banyaknya social media yang saat ini bermunculan di internet tentu sebaiknya digunakan dengan baik agar pasar semakin luas sehingga penjualan akan semakin tinggi. Seorang content marketer juga sebaiknya mengetahui konten dan juga social media yang cocok untuk produk yang akan dipasarkan.

Pemilihan social media yang sesuai juga akan membantu dalam menyasar pelanggan yang akan dituju sehingga dapat menentukan konten yang akan diproduksi serta promosi yang tepat.

Copywriting

Seorang content marketer juga dituntut untuk memiliki kemampuan menulis yang baik. Hal ini termasuk dalam kemampuan bercerita, penulisan yang sesuai dengan pasar yang dituju, merubah produk menjadi konten yang menarik, serta tidak adanya kesalahan dalam menulis.

Kemampuan menulis yang baik juga membantu pelanggan memahami produk yang dipasarkan sehingga tertarik untuk membeli produk bahkan berubah menjadi pelanggan. Seorang content marketer sebaiknya menyisipkan sisi awareness sehingga pelanggan dapat membeli tanpa merasa dipaksa atau dengan promosi yang berlebihan.

Kemampuan menulis juga sebaiknya diasah setiap hari agar hasil tulisan tidak mononton sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi akun social media.

Search Engine Optimization (SEO)

Ketergantungan banyak orang dalam mencari informasi melalui Google Search tentunya menjadi keuntungan bagi content marketer untuk mempromosikan produknya melalui kata kunci yang sesuai dan juga banyak dipakai banyak orang di mesin pencari.

Dalam memahami SEO sendiri dibutuhkan pemahaman dalam memahami kata kunci, penyisipan gambar, serta keyword yang digunakan sehingga content marketer dapat menyisipkannya di setiap pembuatan konten khususnya blog atau Web.

Algoritma Google yang berubah setiap waktunya tentunya harus diperbarui oleh content marketer secara rutin agar engagement ataupun  konten yang diproduksi tetap berada di peringkat teratas mesin pencarian.

Design Grafis

Sebagian besar orang akan tertarik pada sebuah postingan apabila mengandung gambar yang menarik. Sebuah konten yang menarik tentunya juga ditunjang dengan visual yang bagus dan juga menarik perhatian.

Memahami dasar-dasar dalam design grafis tentunya akan membantu content marketer membuat konten yang menarik mata serta menjaring lebih banyak pengguna. Ditambah lagi saat ini banyak aplikasi edit gambar yang mudah dipelajari serta gratis.

hasil dari content marketer

Hasil dari Content Marketer

Beberapa keahlian yang dimiliki oleh content marketer tentunya akan menghasilkan berbagai jenis konten social media berupa tulisan ataupun gambar yang akan di upload di berbagai platform online, Beberapa hasil dari content marketer antara lain sebagai berikut :

Website atau Blog

Website dan blog masih menjadi wadah promosi digital yang cocok  meskipun saat ini social media seperti Instagram dan juga Facebook sedang naik daun.

Memiliki sebuah website juga bisa membangun kepercayaan pelanggan karena produk yang dijual bisa ditampilkan lebih jelas dengan berbagai tambahan konten yang ada. Selain itu, pembeli juga akan merasa perusahaan lebih profesional dengan adanya website yang ada.

Seorang content marketer dapat merancang isi dari konten yang akan ditampilkan di website ataupun blog. Konten tersebut dapat berupa artikel, video, ataupun tampilan produk yang dapat diarahkan langsung ke market place perusahaan.

Tidak hanya itu. content marketer dapat membuat konten artikel dapat berupa tips yang berhubungan dengan produk. Berbagai isu-isu terkini yang menarik perhatian juga bisa menjadi topik yang bagus bagi sebuah artikel.

Sementara konten video dapat berisi promosi ataupun ulasan mengenai produk yang digunakan sehingga pembeli lebih percaya dan juga tertarik untuk membeli barang yang ditawarkan.

Tidak hanya konten website yang bagus dan juga artikel yang menarik dan menambah wawasan. Konten artikel juga harus memerhatikan penulisan yang baik serta SEO sehingga dapat meningkatkan traffic pengunjung serta menaikkan ranking di mesin pencarian.

Email Marketing

Email menjadi kunci yang penting dalam mengakses social media ditambah setiap orang dipastikan memiliki alamat email guna mengunduh berbagai aplikasi di gadget yang dimiliki. Tidak jarang, satu orang bisa memiliki lebih dari satu alamat email dengan fungsi yang berbeda.

Hal ini tentu saja menjadi jasa gratis dalam mempromosikan produk bagi content marketer. Tentu saja, email yang dikirimkan tidak hanya berupa spam karena akan membuat pelanggan merasa risih dan akhirnya memilih untuk unsubscribe email.

Content marketer dapat mengirimkan berbagai konten yang menarik dan membuat pembeli tertarik untuk terus membuka email yang dikirimkan sehingga berlanjut untuk menjadi pelanggan tetap. Beberapa konten yang bisa digunakan tips dan trik, news letter, dan juga gratis produk.

Data email marketing sendiri bisa di dapatkan melalui promo  e-book ataupun dari pengisian data saat pembuatan kartu member.

Podcast

Podcast saat ini menjadi salah satu konten yang sedang naik daun. Selain karena kemudahan dalam mengakses di Youtube, Spotify, dan juga berbagai aplikasi lainnya.

Podcast juga bisa di dengarkan kapan saja dan dimana saja dengan durasi yang berbeda-beda sehingga tidak mengganggu aktivitas lain yang sedang dilakukan. Hal ini tentu saja bisa menjadi jenis promosi yang bagus.

Seorang content marketer bisa membuat script untuk sebuah podcast dengan berbagai macam tema namun tetap menyinggung produk yang sedang digunakan. Apabila pendengar mulai tertarik dengan isi podcast dan juga kegunaan produk yang di promosikan maka penjualan bisa meningkat.

Video

Di tahun 2021 ini, Youtube menjadi salah satu social media dengan pengguna terbesar di dunia. Hal ini terjadi karena Youtube mudah diakses dan juga memiliki berbagai jenis video baik berupa animasi ataupun voice blog.

Sebuah survei dari We Are Social di awal tahun 2021 menyatakan sebanyak 93.8% penduduk Indonesia mengakses Youtube setiap harinya. Kebanyakan dari pengguna Youtube sendiri berasal dari umur 16-64 tahun.  

Sementara itu sebagian besar pengguna Instagram saat ini lebih tertarik dalam menonton video dalam bentuk IG TV ataupun reels.

Penggunaan Video juga terbukti menarik pengikut secara organik tanpa perlu promosi. Hal ini karena sebagian besar orang lebih suka melihat visual dalam bentuk gerak dan suara yang menghibur. Ditambah lagi durasi yang beragam bisa menjadi hiburan di saat suntuk.

Sebuah konten video yang menarik sebaiknya dapat menarik perhatian dalam 3 detik pertama sehingga dapat membuat penonton untuk terus melihat dalam jangka waktu yang lebih lama.

Seorang content marketer juga sebaiknya mengetahui apa saja konten yang disukai oleh pelanggan, konten video yang sedang terkenal dan juga durasi rata-rata video yang ditonton sehingga membuat penonton betah untuk mengikuti setiap konten video yang ada.

Beberapa jenis konten video yang bisa dibuat oleh seorang content marketer adalah konten hiburan ataupun review produk dalam bentuk singkat dan jelas sehingga penonton tertarik untuk membeli setelah menonton video.

E-Book

Tidak hanya memanfaatkan website ataupun blog sebagai media promosi. Seorang content marketer juga dapat menggunakan E-book juga bisa menjadi alat promosi.

Content marketer dapat membuat E-book yang berisi berbagai macam informasi mengenai penggunaan produk yang ditawarkan ataupun tips yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan.

Memiliki sebuah E-book tentu dapat menaikkan nilai jual karena membuat produk dapat dipercaya oleh konsumen. Cara mengaksesnya pun mencantumkan alamat email untuk mengakesnya juga dapat membantu promosi berupa Email marketing sehingga membawa konsumen ke promosi yang lebih tinggi dan terus menerus.

tools for content marketer

Tools yang Dibutuhkan Content Marketer

Guna meningkatkan kinerja seorang content marketer tentunya dibutuhkan beberapa alat perang yang membantu dalam membuat konten yang menarik dan juga booming :

Gadget yang mumpuni

Memiliki gadget seperti laptop ataupun handphone dengan spek tertentu tentu dapat membantu dalam membuat konten yang menarik. Tidak hanya itu, beberapa website dan juga aplikasi pembuatan konten bisa lebih mudah dibuat dengan gadget yang mumpuni.

Beberapa gadget yang dapat membantu adalah laptop dengan windows serta memori yang cukup serta hp dengan fitur terbaru dan juga memori yang cukup untuk mengunduh berbagai aplikasi dan juga menyimpannya di handphone sehingga bisa langsung di upload di social media.

BuzzSumo

Salah satu web yang bisa dimanfaatkan oleh content marketer adalah Buzz Sumo. Aplikasi ini dapat membantu untuk menentukan konten yang sedang naik daun dan cocok dengan pelanggan yang akan disasar.

Perubahan trend yang terjadi secara cepat juga sebaiknya diantisipasi oleh content marketer dengan baik. Dengan adanya BuzzSumo, pengguna dapat mengetahui trend konten yang bisa digunakan dalam jangka pendek ataupun jangka panjang.

Beberapa social media terkenal yang dapat dianalisa oleh BuzzSumo antara lain Facebook, Linkedin, Instagram, Twitter, Pinterest, dan juga Reddit.

Seorang content marketer dapat menggunakan aplikasi untuk mengetahui konten apa saja yang paling banyak dibagikan di social media. Hal ini membantu content marketer untuk mengetahui postingan yang disukai oleh banyak orang dan menarik perhatian.

Banyaknya kompetitor di produk yang sama tentunya membuat akan content marketer lebih kreatif dalam membuat konten yang berbeda dari yang lain. Buzzsumo juga akan membantu dalam menganalisa kompetitor sehingga bisa menentukan langkah yan berbeda dari pesaing lainnya.

Google Keyword Planner

Content marketer juga sebaiknya mengetahui penggunaan kata kunci yang cocok untuk mempromosikan produknya melalui WordPress. Guna mengatasi masalah ini, Google pun mengeluarkan sebuah fitur berupa Google Keyword Planner.

Fitur ini berguna untuk melakukan riset kata kunci yang ada di Google Search. Hal ini tentu akan membantu content marketer memilih kata kunci yang cocok dalam mempromosikan produknya.

Beberapa manfaat lain dari penggunaan Google Keyword Planner adalah menemukan kata kunci baru yang sesuai dengan produk sehingga mengurangi kompetitor di social media.

Tidak hanya itu, content marketer juga dapat menganalisa berapa banyak orang yang mencari produk ataupun social media perusahaan sehingga mengetahui tingkat engagement ataupun insight di internet.

Content marketer dapat memulai analisa melalui Google Keyword Planner dengan membuat akun Google Ads terlebih dahulu kemudian mengisi berbagai informasi yang digunakan setelah itu fitur ini baru bisa digunakan.

WordPress

Dalam pembuatan sebuah website, seorang content marketer tentu saja membutuhkan berbagai macam tools yang membantu untuk meningkatkan optimasi Website. Salah satunya adalah WordPress.

WordPress memiliki berbagai fitur yang lengkap dan juga mudah digunakan oleh content marketer pemula. Secara singkatnya, WordPress membantu untuk membuat konten serta membuat berbagai macam konten artikel.

Yoast SEO WordPress

Memiliki sebuah WordPress untuk perusahaan tentu saja harus dianalisa secara rutin sehingga proses promosi dapat berjalan dengan lancar. Salah satu website yang dapat membantu masalah ini adalah Yoast SEO WordPress.

Website ini merupakan kesukaan bagi banyak content marketer khususnya bagi pengguna WordPress karena dapat membantu penulisan artikel lebih akurat.

Yoast SEO WordPress memiliki beberapa fitur andalan, diantaranya  : pemilihan kata kunci utama, optimasi meta tag dan gambar, ukuran gambar yang sesuai dengan WordPress, serta menentukan struktur artikel yang tepat sesuai dengan WordPress.

Mailchimp

Email marketing menjadi salah satu bagian promosi yang cocok digunakan oleh seorang content marketer. Sayangnya, database email pelanggan yang banyak akhirnya membuat bingung untuk menyebarkannya secara mudah dan cepat.

Salah satu website yang bisa digunakan untuk menyebarkan email marketing secara cepat adalah Mailchimp. Berbagai fitur yang disediakan seperti mengumpulkan daftar email, mengirimkan konten berupa news letter, serta menganalisa hasil dari email marketing yang dikirimkan oleh content marketer.

Google Analytics

Website yang sudah diisi dengan berbagai macam konten juga harus dianalisa performanya secara rutin. Salah satu peralatan yang dapat membantu content marketer dalam mengatasi hal ini adalah menggunakan Google Analytics.

Google analytics juga bisa digunakan secara gratis dan berfungsi untuk mengetahui performa website, diantaranya presentase traffic website, bounce rate, dan juga perilaku yang dilakukan oleh pengunjung website.

Penggunaan website ini dapat membantu keputusan dalam membuat konten yang tepat serta mengetahui performa website ataupun blog yang dikelola oleh content marketer.

Canva

Sebagai content marketer memiliki dasar edit juga dibutuhkan untuk  membuat konten yang menarik perhatian yang cocok untuk digunakan di berbagai social media. Salah satu peralatan yang bisa digunakan adalah Canva.

Website ini sangat berguna untuk mengedit foto atau mendesain gambar dengan mudah apalagi bagi content marketing yang masih pemula dalam membuat konten gambar.

Canva sendiri juga dapat digunakan dalam membuat desain untuk poster, banner, dan juga berbagai postingan social media dalam berbagai ukuran.

Grammarly

Seorang content marketer tidak hanya dituntut memiliki kemampuan menulis yang baik namun juga hasil tulisan yang sesuai dengan tata cara penulisan yang sesuai.

Salah satu website yang dapat membantu untuk mengetahui penulisan yang tepat untuk bahasa Inggis adalah Grammarly. Aplikasi ini dapat membantu untuk memperbaiki grammar yang keliru sehingga menjadi lebih baik.

Tidak hanya itu, Grammarly juga dapat memberikan sugesti kalimat apa saja yang cocok untuk penulisan dengan tema yang berbeda, baik untuk bidang kreatif ataupun jurnal ilmiah. Sehingga hasil tulisan yang dihasilkan akan lebih baik dan sesuai dengan kaidah kebahasaan.

Hootsuite

Memiliki social media yang banyak yang harus dikelola dalam waktu yang bersamaan bisa saja membuat content marketer bingung dalam melakukan konten yang akan diupload.

Permasalahan ini bisa dibantu dengan menggunakan HootSuite yang berguna untuk mengelola banyak social media dalam waktu yang bersamaan.

Tidak hanya itu, Hootsuite juga dapat membantu analisa mengenai brand yang sedang dikelola, merespon komentar lebih cepat, menjadwalkan postingan social media yang terhubung.

Beberapa social media yang bisa langsung terhubung ke Hootsuite adalah Facebook, Twitter, dan Google+.  

pentingnya content marketer

Pentingnya Content Marketer untuk Bisnis

Memiliki seorang content marketer tentunya sangan berguna bagai keberlangsungan bisnis untuk ke depannya. Pengelolaan social media yang tepat juga dapat membantu meningkatkan brand awareness pelanggan terhadap produk yang dipasarkan.

Hal ini terjadi karena konten yang baik dapat bertahan dan tersimpan di internet dalam jangka waktu yang lama sehingga akan menjadi investasi jangka panjang untuk sebuah perusahaan. Sehingga pelanggan bisa lebih yakin ketika membeli sebuah produk.

Banyaknya pengguna internet juga dapat membantu meningkatkan promosi produk melalui social media. Ditambah lagi, saat ini banyak perusahaan yang berusaha memperomosikan produknya agar semakin eksis di social media.

Karenanya kesempatan untuk menjadi content marketer sangat terbuka lebar bagi yang ingin belajar mengenai social media dan juga promosi melalui internet.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.