youtube thumbnail

10 Youtube Thumbnail yang Bikin Penonton Penasaran

Youtube thumbnail, sebuah pengait yang mampu menarik perhatian penonton untuk menonton video yang beredar di timeline youtube.

Youtube menjadi salah satu aplikasi social media yang sering dikunjungi oleh pengguna internet untuk mencari video yang sesuai minat untuk dilihat di waktu luang atau menemani waktu makan.

Saat membuka aplikasi youtube dan memilih video yang ditonton hari ini, tentunya anda akan disuguhkan berbagai pilihan video dengan youtube thumbnail yang bikin penasaran.

Sebuah youtube thumbnail yang menarik nantinya akan membuat penonton penasaran dan akhirnya menonton video yang memiliki tampilan awal yang menarik.

Di sisi lain, youtube thumbnail juga menjadi jendela pertama yang berisi rangkuman video yang membuat penonton penasaran sebelum akhirnya menonton konten yang anda unggah di youtube.

Youtuber pun bisa membuat thumbnail dengan mudah melalui aplikasi edit foto yang beredar di internet dengan memberikan tampilan yang mengundang rasa penasaran penonton.

Meskipun begitu, sampul serta penyampaian youtube thumbnail juga menjadi daya tarik tersendiri yang membuat penonton akhirnya menentukan pilihan untuk melihat video anda.

Karenanya berikut berbagai pilihan ide youtube thumbnail serta rekomendasi website untuk membuat thumbnail yang keren dan unik.

youtube thumbnail

Ide Youtube Thumbnail

Sebuah video youtube yang menarik tentunya tidak lengkap apabila diiringi dengan youtube thumbnail yang menarik perhatian penonton.

Hal ini tentunya akan membuat penonton penasaran dengan isi video yang anda unggah hingga akhirnya tertarik untuk melihat video dengan tampilan pembuka yang unik.

Karenanya sebelum membuat youtube thumbnail yang menarik perhatian berikut beberapa ide thumbnail yang bisa digunakan dalam video yang anda miliki.

Tentukan Target Penonton

Sebagai salah satu social media yang memiliki banyak pengguna tentunya youtube memiliki banyak penonton yang berasal dari berbagai usia, minat, gender, serta tipe konten yang berbeda.

Berbagai perbedaan ini tentunya dapat dijadikan referensi bagi kreator untuk membuat konten youtube yang sesuai dengan target penonton yag akan dituju.

Karenanya sebelum membuat youtube thumbnail, hal pertama yang bisa dilakukan oleh kreator adalah menentukan target penonton.

Hal ini dikarenakan, setiap penonton memiliki jenis youtube thumbnail kesukaan yang menentukan video mana yang harus dilihat saat membuka aplikasi youtube.

Kreator bisa memulai dengan menempatkan diri pada target penonton yang akan dituju guna mengetahui masalah yang dihadapi konsumen.

Youtube sendiri terkadang menjadi alternatif untuk menyelesaikan masalah dengan video tutorial yang mudah dipahami sehingga dengan youtube thumbnail yang menarik membuat penonton akhirnya melakukan klik pada video anda dan akhirnya menonton hingga habis.

Capture 27

Perlihatkan Diri pada Youtube Thumbnail

Saat membuat youtube thumbnail, kreator tidak hanya bisa menambahkan tulisan yang merangkum isi video dan menarik perhatian penonton untuk melihatnya.

Kreator juga bisa menampilkan foto diri sendiri sebagai youtube thumbnail yang mampu menarik perhatian penonton.

Hal ini dilakukan untuk membuat penonton mengetahui kreator di balik video yang akan dilihat sehingga mengenal lebih dekat kreator tersebut.

Youtube thumbnail satu ini cocok digunakan bagi kreator yang membuat konten wisata atau tutorial make up yang menampilkan wajah di depan penonton.

Semakin sering ana memperlihatkan diri anda di depan penonton maka akan mendekatkan diri dengan penonton sehingga lebih mudah dalam membangun komunitas yang akan selalu menonton video anda.

Capture 28

Penggunaan Warna Cerah

Banyak orang yang mengatakan sebuah warna yang diberikan pada tampilan awal akan membantu untuk menaikkan mood penonton saat melihat sesuatu di social media.

Hal ini juga bisa digunakan di youtube thumbnail, dimana penggunaan warna yang ceria pada video youtube akan membuat penonton tertarik untuk melihat video dengan tema yang menyenangkan.

Meskipun begitu, apabila konten yang disajikan berupa konten misteri atau horor maka penggunaan warna gelap cocok untuk merepresentasikan video yang anda unggah sehingga membuat rasa penasaran penonton semakin meningkat.

Tidak hanya penggunaan warna cerah di video yang mampu menarik perhatian penonton namun memakai kostum dengan tampilan yang ceria tentunya akan meningkatkan tampilan youtube thumbnail.

Guna menonjolkan tampilan awal video anda maka kreator bisa menggunakan warna-warna cerah yang kontras.

Faktanya, penggunaan warna kuning di youtube thumbnail dapat menghasilkan lebih banyak klik pada penayangan video youtube anda sehingga meningkatkan jumlah viewers video.

Perhatikan Tampilan Gambar

Sebagai social media yang mengandalkan tampilan visual maka kualitas gambar menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan jumlah kunjungan pada video anda.

Pengguna youtube tentunya akan memilih video dengan tampilan youtube thumbnail dengan jelas dibandingkan dengan konten foto yang memiliki resolusi yang buram.

Karenanya guna meningkatkan kualitas youtube thumbnail maka kreator bisa menggunakan foto dengan resolusi yang tinggi untuk ditampilkan pada sampul vide.

Kreator bisa memberikan tampilan gambar dengan format JPG atau PNG serta ukuran gambar 1280 x 720 pixels atau 1920 x 1080 pixels dan ukuran gambar tidak lebih dari 2Mb.

Selain itu, anda juga bisa mengedit tampilan youtube thumbnail di aplikasi edit foto di dekstop untuk memberikan hasil thumbnail yang maksimal.

Capture 29

Tambahkan Tulisan Pada Youtube Thumbnail

Pengguna youtube tentunya tidak asing dengan pemberian tulisan pada youtube thumbnail saat memilih video di halaman awal youtube.

Penambahan tulisan pada youtube thumbnail ini biasanya berisi rangkuman singkat video yang membuat penonton penasaran akan isi video.

Hal ini tentunya memudahkan pengguna youtube untuk memilih video yang tepat sebelum akhinrya menontonnya hingga akhir.

Penggunaan tulisan di youtube thumbnail juga kerap kali digunakan oleh kreator untuk menarik perhatian penonton serta menjelaskan secara singkat isi video yang akan dilihat oleh penonton youtube.

Saat menggunakan tulisan pada youtube thumbnail maka pastikan anda tidak terlalu berlebihan, cukup dengan 6 kata saja di tampilan sampul video.

Pastikan juga warna teks kontras dengan latar belakang sehingga tulisan mudah dibaca oleh penonton youtube.

Kreator bisa memaksimalkan tulisan pada caption video yang akan memudahkan dalam pencarian video di youtube.

Saat membuat konten di social media biasanya kreator akan menambahkan watermark berupa logo di sudut gambar.

Penggunaan logo ini dilakukan agar konten tidak mudah dicuri oleh orang lain sehingga menjaga keautentikan gambar di social media.

Tidak hanya itu, pemberian logo yang unik juga bisa menjadi pembeda konten anda dengan orang lain sehingga mudah dikenali oleh pengguna internet atau penggemar yang anda miliki.

Penambahan logo ini juga bisa ditambahkan di youtube thumbnail pada tampilan awal video atau pojok video selama penayangan video.

Pemberian watermark ini akan memudahkan pengguna youtube pada video anda sehingga mudah dikenali meskipun konten video anda diunggah di social media.

Hal ini dilakukan mengingat saat ini sudah banyak social media yang memiliki fitur video sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengunggah konten video dari youtube tentunya dengan durasi video yang dipotong.

Kreator sendiri dapat membuat video dengan mudah melalui aplikasi edit logo yang tersedia gratis di internet.

Berikan Tampilan yang Unik

Jutaan video yang diunggah di youtube serta miliaran konten yang beredar di youtube menjadikan kreator memberikan ciri khas yang khusus pada youtube thumbnail yang dimiliki.

Tampilan youtube thumbnail yang unik dan konsisten tentunya akan memudahkan pengguna youtube dalam mengenali video anda saat mencari konten di youtube.

Salah satu contohnya adalah tampilan youtube thumbnail dari channel Chloe Ting yang konsisten memberikan gambar thumbnail yang konsisten di setiap video sehingga mudah dikenali oleh pengguna youtube atau komunitas yang dimiliki.

Kreator juga bisa mencari referensi youtube thumbnail yang konsisten dengan mencari inspirasi di pinterest serta melihat tampilan dari kompetitor yang memiliki konten yang serupa.

Eksperimen dengan Tampilan yang Berbeda

Bosan dengan tampilan youtube thumbnail yang selalu sama? Kreator bisa melakukan inovasi dengan merubah sampul vide dengan memberikan thumbnail yang berbeda di video dengan topik yang berbeda.

Penggunaan tampilan youtube thumbnail yang berbeda satu sama lain tentunya akan memudahkan penggemar anda dalam membedakan masing-masing video dengan topik yang berbeda sehingga bisa memilih konten yang ingin dilihat.

Kreator bisa memilih tampilan warna background yang berbeda pada setiap topik dan tentunya kontras dengan caption di video.

Youtube Thumbnail sebagai Deskripsi Video

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kreator youtube kerap mendeskripsikan isi video pada tampilan youtube thumbnail.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan penonton dalam memilih video yang akan ditonton berdasarkan thumbnail yang ditampilkan.

Dengan deskripsi video yang singkat namun padat maka kreator dapat menaikkan jumlah viewers pada video yang dimiliki hanya dari tampilan thumbnail yang menarik.

Dalam pembuatan sampul video, kreator juga sebaiknya menghindari gambar yang kurang berkaitan dengan isi video untuk youtube thumbnail.

Hal ini akan membuat tampilan awal video kurang sesuai ditambah penonton ingin melihat konten yang dapat memenuhi kebutuhan mereka dalam satu waktu.

Tampilan thumbnail yang sesuai juga akan menjawab keinginan penonton, baik untuk menghibur atau mendapatkan informasi dari video yang anda lihat.

Selain itu, penampilan thumbnail yang clickbait malah akan membuat penonton kecewa sehingga tidak menghindari untuk melihat video anda ke depannya.

Hal ini tentunya akan merugikan kreator karena kurangnya peminat pada video yang anda unggah di youtube.

Youtube Thumbnail Untuk Semua Tampilan Video

Kemudahan dalam mengakses social media menjadikan penonton mendapatkan banyak pilihan dalam menonton video, baik melalui dekstop atau handphone.

Di sisi lain, kebanyakan penonton youtube mengakses video melalui handphone yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja bahkan saat sedang mengantri di kasir.

Karenanya kreator juga sebaiknya memastikan tampilan youtube thumbnail juga bisa dilihat di layar kecil sekalipun.

Anda juga bisa memastikan tampilan thumbnail juga bisa dengan ukuran yang kecil sehingga tidak menyulitkan penonton saat akan menentukan video di youtube.

pexels pixabay 221181

Cara Membuat Youtube Thumbnail

Saat membuat youtube thumbnail, kreator tidak hanya mengetahui tipe-tipe thumbnail yang sesuai namun juga cara cepat dan mudah dalam membuat sampul video di youtube.

Karenanya berikut tutorial mudah dalam membuat youtube thumbnail untuk tampilan video yang lebih menarik.

Cari Inspirasi Youtube Thumbnail

Sebelum membuat sampul video maka kreator bisa mencari inspirasi sampul video yang unik dan menarik.

Anda bisa memulai dengan mengunjungi website youtube thumbnail yang tersedia di internet dan bisa diakses secara gratis,

Beberapa website tersebut mungkin bisa diakses secara gratis namun untuk berbagai ide terbaru maka anda memerlukan biaya berlangganan dengan harga tertentu.

Namun kreator juga bisa mencari inspirasi tampilan youtube thumbnail dengan melihat di social media seperti instagram, twitter, facebook, atau social media khusus seperti pinterest atau thumbnail yang menampilkan berbagai pilihan inspirasi youtube thumbnail.

Unggah Foto atau Pilih dari Template Gambar

Langkah selanjutnya untuk memasukkan youtube thumbnail adalah dengan memasukkan foto atau template yang telah dipilih.

Youtube mengizinkan penggunanya untuk mengunggah foto atau template sebagai youtube thumbnail.

Dalam memilih youtube thumbnail yang menarik maka sebaiknya anda menambahkan foto pribadi sebagai sampul video.

Tidak hanya itu, dengan menambahkan wajah manusian di youtube thumbnail juga akan menerima perhatian serta interaksi yang lebih banyak dibandingkan sampul yang menampilkan tulisan.

Sehingga wajar saja jika rata-rata youtube thumbnail berisi tampilan wajah manusia dibandingkan tulisan yang berisi deskripsi singkat video yang telah diunggah.

Tambahkan Juga Tulisan Serta Gambar di Thumbnail

Sebuah youtube thumbnail yang hanya berisi gambar tanpa penjelasan singkat video tentunya akan membuat penonton bertanya-tanya isi video yang akan ditampilkan.

Karenanya penting bagi kreator untuk menambahkan tulisan yang berisi judul atau deskripsi singkat video yang akan diunggah.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa menambahkan gambar berupa emoticon yang dapat menjelaskan isi video secara singkat sehingga memancing emosi penonton yang dapat membawa rasa penasaran untuk melihat konten youtube tersebut.

Saat menambahkan tulisan di youtube thumbnail maka pastikan video memasukkan judul video pada sampul kemudian pastikan background video berwarna gelap.

Hal ini akan membuat tampilan video menjadi kontras sehingga membuat youtube thumbnail lebih mudah dibaca dan dipahami oleh penonton.

Unduh Gambar Youtube Thumbnail

Setelah menambahkan berbagai macam tulisan dan memastikan youtube thumbnail mudah dibaca oleh penonton maka anda bisa mengunduh video tersebut serta memasukkannya dalam sampul video youtube.

Pastikan juga ukuran youtube thumbnail serta resolusi foto sudah sesuai sehingga tidak menghasilkan tampilan sampul yang buram sehingga kurang menarik penonton.

youtube 1684601 640

Website Untuk Youtube Thumbnail

Saat membuat youtube thumbnail, kreator tidak hanya bisa membuatnya melalui aplikasi edit foto yang bisa digunakan di dekstop atau handphone.

Kreator juga bisa menggunakan website pembuatan youtube thumbnail yang bisa diakses secara gratis atau dengan biaya berlangganan guna memaksimalkan fitur yang dimiliki.

Berikut referensi website pembuatan thumbnail video beserta fitur yang diberikan.

Capture 30

FotoJet

Referensi website thumbnail yang bisa digunakan adalah FotoJet dimana platform ini menjadi pelopor pembuatan sampul video youtube.

FotoJet sendiri memiliki berbagai template video yang membantu anda dalam meringkas video menjadi tampilan gambar sampul yang keren.

Keuntungan lain dari menggunakan FotoJet adalah anda tidak perlu mendaftar terlebih dahulu untuk menggunakan berbagai layanan yang diberikan sehingga bisa langsung membuat thumbnail yang diinginkan.

Selain itu, anda juga bisa memilih berbagai pilihan gambar, gaya font, serta penambahan gambar guna mempercantik tampilan thumbnail.

Capture 31

Canva

Kreator social media pastinya tidak asing dengan aplikasi edit foto yang satu ini, Canva merupakan platform sejuta umat yang biasa digunakan untuk membuat konten social media.

Canva memiliki berbagai template konten social media yang bisa digunakan secara gratis sehingga anda tidak perlu membuat tampilan konten dari awal.

Tidak hanya itu, kreator juga diberikan berbagai pilihan ikon yang bisa dimasukkan ke dalam konten yang akan diunggah.

Sehingga tidak mengherankan apabila Canva juga bisa digunakan untuk membuat tampilan thumbnaiil yang menarik dengan pilihan ukuran guna memaksimalkan penampilan sampul vide.

Sayangnya dalam menggunakan Canva, pengguna harus mendaftarkan diri terlebih dahulu serta membayar biaya berlangganan untuk mendapatkan fitur canva yang lebih lengkap.

Capture 32

Adobe Spark

Satu lagi aplikasi edit foto yang sering digunakan oleh kreator adalah Adobe Spark yang merupakan pilihan lain dari layanan adobe photoshop.

Dengan menggunakan platform Adobe Spark, kreator diberikan pilihan untuk membuat thumbnail video dengan berbagia pilihan gambar serta template yang beragam.

Tidak hanya itu, Adobe Spark juga dilengkapi dengan pilihan layout, warna, dan juga gaya huruf guna menghasilkan tampilan thumbnail yang menarik.

Kreator juga bisa menggunakan berbagai fitur Adobe Spark yang bisa diakses secara gratis atau pilihan layanan berbayar untuk pilihan fitur yang beragam.

Selain itu, anda juga memotong tampilan gambar apabila dirasa kurang menarik sehingga bisa meberikan tampilan thumbnail yang keren.

Capture 33

Crello

Crello juga menjadi website edit foto yang fokus dalam pembuatan thumbnail video sehingga kreator dapat memaksimalkan tampilan sampul video.

Melalui website ini, kreator diberi kesempatan untuk membuat tampilan video dengan pilihan fitur yang beragam dengan tambahan foto, background, serta teks secara bersamaan.

Tidak hanya itu, bagi kreator yang baru pertama kali membuat thumbnail video maka bisa melihat terlebih dahulu video tutorial yang disajikan oleh Crello guna memberikan hasil video yang maksimal.

Sayangnya, berbagai layanan yang disediakan oleh Crello dapat digunakan dengan biaya berlangganan dalam jangka waktu tertentu.

Meskipun begitu, kreator tidak akan menyesal dengan berbagai pilihan fitur yang dapat memberi tampilan sampul video yang lebih menarik.

Capture 34

Visme

Mencari website untuk mengedit tampilan grafik menjadi lebih menarik? Visme bisa menjadi jawaban dari semua masalah yang ingin anda selesaikan.

Dengan mengguankan website Visme, kreator tidak hanya bisa merancang thumbnail video yang keren namun tampilan grafik yang bisa digunakan sebagai media presentasi.

Di tambah lagi, Visme memberikan berbagai pilihan template, foto, grafik, warna, serta berbagia pilihan gaya tulisan yang bisa dipilih sesuai dnegan keinginan.

Tidak hanya itu, berbagai template yang disediakan sudah sesuai dengan ukuran thumbnail video sehingga kreator tidak pelu lagi mengukur ukuran thumbnail sehingga bisa langsung merancang smapul yang sesuai keinginan,

Capture 35

Fotor

Fotor menyediakan berbagai template dengan tema yang beragam yang membantu anda dalam menghasilkan thumbnail yang menarik.

Selain itu, Fotor juga memberikan referensi tools thumbnail yang sering digunakan di Youtube, seperti frame foto, effect, serta penghilang background guna memaksimalkan tampilan thumbnail video yang anda miliki.

Tidak hanya itu, apabila kreator belum menyelesaikan pembuatan thumbnail maka sampul anda akan tersimpan secara otomatis di Fotor dan bisa dibuka lagi dimana saja dan kapan saja.

Keuntungan lain dari menggunakan Fotor adalah pilihan bahasa yang bisa dipilih sesuai keinginan sehingga memudahkan dalam memahami fitur di website Fotor.

Sumber :

YouTube Thumbnail: Your Guide to Making a Scroll-Stopping Image (hubspot.com)

15 YouTube Thumbnail Ideas That Will Get You Clicks (influencermarketinghub.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.