7 Fitur Youtube Meningkatkan Engagement Secara Efektif
Penggunaan fitur youtube yang maksimal akan membantu kreator mendapatkan engagement secara organik.
Seorang youtuber yang tengah mengembangkan channelnya, tentu ingin mendapatkan jumlah viewers yang banyak serta engagement organik.
Interaksi tersebut tentunya akan membantu untuk meningkatkan jumlah penonton serta mengeratkan hubungan dengan audience, sehingga mereka tertarik untuk melihat konten yang disajikan.
Salah satu cara untuk meningkatkan interaksi secara organik adalah memanfaatkan fitur youtube yang bisa diakses secara gratis dan dapat mengoptimalkan konten secara maksimal.
Karenanya berikut beberapa rekomendasi fitur youtube untuk meningkatkan engagement secara stabil.
Apa Itu Youtube Engagement Rate
Banyaknya video yang telah diunggah dan ditonton oleh pengguna youtube di kanal yang dimiliki, terkadang membuat kreator penasaran mengenai jumlah interaksi yang di dapatkan setiap bulannya.
Menghitung interaksi di setiap video tentunya akan memakan banyak waktu, padahal anda memiliki banyak video yang telah diunggah sebelumnya.
Namun, anda bisa menghitung semua interaksi secara singkat dan efektif menggunakan youtube engagement rate.
Penghitungan ini merupakan presentase seseorang menonton dan melakukan interaksi dengan video anda, termasuk jumlah komentar, likes, dislikes, subscribes, serta bagikan konten ke orang lain.
Informasi tersebut tentunya akan membantu anda untuk mengetahui apakah pengguna youtube tertarik pada konten yang anda sajikan.
Selain itu, youtube engagement rate juga menjadi pertimbangan bagi brand tertentu untuk melakukan kolaborasi dengan kreator youtube.
Semakin tinggi jumlah interaksi maka menjadi daya tarik bagi sebuah brand untuk melakukan kolaborasi promosi produk dengan influencer tersebut.
Cara Menghitung Youtube Engagement Rate
Guna mengetahui jumlah youtube engagement rate, maka anda perlu mengetahui tingkat interaksi pada beberpa video tertentu, anda bisa memilih video terbaru dan menggunakan rumur penghitungan youtube engagement rate :
Guna mendapatkan hasil engagement yang sesuai, maka anda bisa mengeceknya melalui kolom youtube analytics.
Jumlah interaksi sendiri ditentukan oleh jumlah penonton, komentar, likes, dislikes, subscribers, dan konten yang disebarkan ke orang lain melalui link khusus atau sosial media lainnya, namun anda juga bisa fokus hanya pada tiga interaksi, yakni likes, komentar, dan share.
Fitur Youtube Meningkatkan Engagement
Guna meningkatkan interaksi dengan penonton serta pengguna youtube lainnya, anda tidak hanya membuat konten yang menarik perhatian penonton.
Namun, diperlukan juga beberapa fitur youtube yang membantu meningkatkan interaksi secara signifikan.
Karenanya berikut beberapa rekomendasi fitur youtube yang bisa dimanfaatkan ke dalam strategi youtube marketing.
Youtube Search
Kolom pencarian menjadi salah satu layanan yang paling banyak digunakan di Youtube, dimana anda bisa mencaria berbagai video dengan topik tertentu yang anda sukai.
Semakin sering seseorang menggunakan fitur youtube search, maka akan memudahkan algoritma untuk menentukan konten yang sesuai dengan minat penonton.
Di sisi lain, fitur youtube search juga berguna untuk meningkatkan jumlah engagement secara signifikan.
Pertama, anda bisa menggunakan fitur youtube search untuk mencari komentar yang telah menonton video anda.
Semakin sering anda membalas berbagai pesan yang masuk, maka akan membantu meningkatkan interaksi dengan penonton cara signifikan.
Cara penggunaan fitur youtube search ini juga cukup mudah, anda hanya perlu masuk ke layanan youtube studio dan masuk ke fitur analytics tab, dimana anda akan menemukan kolom komentar yang berisi berbagai tanggapan dari penonton yang bisa dibalas secepatnya. Selain itu, anda juga bisa melakukan filter komentar guna memilih komentar terbaru yang diberikan oleh penonton.
Kedua, adalah fitur pencarian tagar yang dapat membantu meningkatkan jangkauan konten dengan kata kunci tertentu.
Penggunaan fitur pencarian hashtag juga membantu untuk menganalisa kinerja kompetitor yang bergerak di topik yang sama, sehingga anda dapat menemukan tagar yang relevan dan ide konten terbaru.
Pencarian tagar menggunakan fitur kolom pencarian juga mudah, anda cukup mengetikkan kata kunci tertentu menggunakan tanda pagar diawal, kemudian anda dapat menemukan konten yang sesuai dengan tagar tersebut dan bisa digunakan untuk analisa kompetitor.
Analisa youtube hashtag juga bisa dilakukan saat melihat video tertentu di youtube, dimana anda bisa melihatnya dengan melakukan klik pada ikon deksripsi untuk menemukan berbagai tagar yang digunakan oleh kreator tersebut.
Ketiga adalah fitur pencarian melalui homepage dimana pengguna youtube biasanya mencari rekomendasi video berdasarkan minat dan topik tertentu.
Algoritma youtube juga merekomendasikan video berdasarkan kebiasaan yang dilakukan oleh pengguna, seperti topik yang sering dilihat dan diajak berinteraksi.
Semakin sering pengguna youtube melakukan interaksi dengan konten tertentu, maka mereka akan mendapatkan rekomendasi video yang berulang.
Di sisi lain, algoritma youtube juga menaikkan video ke halaman homepage berdasarkan beberapa pertimbangan.
Performa Video : Sebuah video yang viral pada topik tertentu biasanya memiliki peluang untuk masuk ke halaman homepage pengguna youtube yang memiliki minat yang serupa.
Sehingga semakin besar interaksi sebuah video maka akan membuka peluang untuk masuk ke halaman homepage.
Personalization : Pencarian berulang menggunakan kata kunci tertentu juga membuka peluang bagi pengguna youtube untuk mendapatkan rekomendasi konten dari topik yang sama dari kreator yang berbeda.
Guna memperbesar peluang untuk masuk ke halaman homepage maka kreator perlu melakukan optimasi konten dengan mengisi kolom deskripsi dan caption dengan kata kunci yang sesuai, sehingga membuka peluang untuk direkomendasikan oleh algoritma youtube.
Keempat adalah subscription dimana pengguna youtube akan mengikuti akun youtube tertentu yang sesuai dengan minat topik yang disukai. Cara ini dilakukan agar kreator tidak ketinggalan konten terbaru dari kreator kesayangan.
Semakin banyak jumlah pengikut juga akan membantu untuk meningkatkan penonton dari penonton setia.
Apabila anda menemukan bahwa penonton berasal dari kolom subscriptions, maka sebaiknya anda mengunggah video di waktu aktif audience.
Strategi ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah penonton di waktu aktif audience sehingga membantu untuk menaikkan interaksi secara signifikan.
Agar konten youtube bisa diunggah sesuai jadwal yang ditentukan maka anda bisa menggunakan layanan dari website social media management untuk mengunggah konten secara otomatis.
Selain itu, anda juga bisa memanfatakan layanan premier yang akan mengingatkan penonton mengenai waktu unggah konten.
Youtube Live
Salah satu cara untuk meningkatkan interaksi secara efektif adalah mengobrol secara langsung dengan penonton.
Membalas berbagai komentar yang masuk memang menjadi cara cepat untuk melakukan interaksi dua arah.
Sayangnya interaksi dengan berbalas komentar memakan banyak waktu karena kecil kemungkinan untuk dibalas langsung oleh kreator.
Namun, kreator masih tetap bisa melakukan interaksi dengan penonton menggunakan fitur youtube live, dimana anda mengobrol dengan penonton secara langsung dengan durasi tertentu.
Cara ini tentunya efektif untuk meningkatkan interaksi karena anda bisa membalas berbagai komentar yang masuk secara langsung.
Selain itu, konten youtube live yang disimpan juga dapat meningkatkan jumlah penonton sehingga meningkatkan interaksi secara stabil.
Layanan youtube live juga memiliki berbagai fitur yang dapat meningkatkan interaksi serta mengatur jalannya siaran langsung lebih nyaman.
Live Chat Moderation
Saat melakukan interaksi melalui fitur youtube live, mungkin saja anda akan mendapatkan berbagai komentar jahat yang dapat menyakiti perasaan.
Namun, anda bisa mengatasinya dengan mengaktifkan fitur live chat moderation, dimana anda bisa mengatur berbagai komentar yang masuk agar tidak terbaca menggunakan penyaringan kata tertentu.
Penggunaan layanan ini juga akan membuat penonton lain merasa lebih nyaman dalam menonton siaran langsung yang dilakukan, sehingga bebas untuk memberikan berbagai komentar yang relevan.
Youtube Premier
Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah interaksi secara signifikan adalah memiliki jumlah penonton yang cukup banyak di awal perilisan video.
Sayangnya, tidak semua orang mengetahui waktu tayang video, sehingga diperlukan pengingat agar mereka menanti konten yang akan diunggah.
Kreator bisa menggunakan alarm pengingat bernama youtube premier, dimana pengguna youtube yang mengikuti akun anda akan mendapatkan pemberitahuan rilis video lebih dulu.
Sehingga mereka bisa mengaktifkan pengingat agar tidak ketinggalan konten baru dari kreator kesayangan.
Keuntungan lainnya menggunakan fitur youtube premier adalah tersedia kolom komentar youtube yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan interaksi sebelum video ditayangkan.
Interaksi yang lebih awal tentunya akan membantu menaikkan engagement lebih baik dibandingkan sebelumnya.
Youtube Studio
Konten video yang memiliki visual yang menarik menjadi daya tarik sendiri bagi penonton untuk melihatnya, meskipun mereka belum melihat konten tersebut sebelumnya.
Di sisi lain, kreator juga perlu mengetahui apakah konten yang diunggah telah sesuai dengn keinginan audience yang terlihat dari jumlah interaksi yang di dapatkan.
Karenanya kreator bisa memanfaatkan layanan youtube studio untuk mengedit konten dengan tampilan yang lebih menarik serta mengetahui kinerja video yang telah diunggah sebelumnya.
Fitur youtube dashboard ini memungkinkan kreator untuk mengetahui kinerja konten youtube dalam jangka waktu tertentu.
Dimana anda akan melihat berbagai interaksi di setiap konten yang diunggah serta membalas berbagai komentar yang masuk.
Tidak hanya itu, anda juga bisa mendapatkan berbagai tips dan berita terbaru sebagai wawasan untuk meningkatkan jumlah penonton secara stabil.
Video Editor dan Audio Library
Suara video youtube yang jelas dan tidak terlalu berisik bisa membuat penonton betah untuk melihat berbagai konten yang disajikan.
Kreator juga bisa mengedit video secara sederhana menggunakan fitur video editor di Youtube studio.
Selain itu, anda juga bisa menambah beberapa lagu sebagai pengiring video untuk membuat tampilan konten menjadi lebih menarik.
Youtube Card
Di saat sebuah video hampir selesai maka anda akan melihat tampialn kartu di bagian pojok bawah video yang berisi rekomendasi konten dari channel yang sama.
Rekomendasi ini akan membuat penonton yang telah tertarik pada sebuah video akan menonton konten lainnya sehingga dapat meningkatkan jumlah viewers.
Fitur youtube ini juga bisa digunakan kreator untuk mempromosikan konten video lainnya untuk meningkatkan interaksi.
Cara ini juga dapat meningkatkan minat penonton untuk mengikuti kanal youtube anda setelah melihat berbagai konten yang disajikan.
Caption Video
Saat melihat sebuah video youtube, maka penonton akan diberikan opsi caption, dimana anda bisa membaca percakapan yang dibicarakan oleh kreator melalui tulisan.
Penggunaan caption ini memudahkan penonton yang sedang melihat video di kendaraan umum, sehingga tidak bisa mendengarkan setiap ucapan dengan jelas.
Selain itu, closed caption juga membantu penonton yang memiliki masalah pendengaran agar bisa melihat video dengan jelas.
Kreator bisa mengedit caption video secara manual untuk menghindari kesalahan kata dan makna yang dibaca oleh penonton.
Pemberian closed caption dengan tulisan yang jelas juga akan membantu meningkatkan jumlah penonton yang tertarik pada konten yang disuguhkan.
Video Spotlight
Setelah menonton beberapa rekomendasi video dari channel yang sama, maka pengguna youtube akan tertarik untuk mengunjungi kanal youtube tersebut.
Saat memasuki sebuah kanal youtube maka anda akan menemukan video spolight dengan topik yang berbeda-beda di setiap kreatornya.
Anda mungkin saja menemukan konten promosi produk tertentu di akun brand atau video pengenalan diri saat mengunjungi kanal youtube kreator.
Penggunaan video spotlight juga akan membantu pengguna youtube untuk mengenali seorang kreator lebih dalam sebelum akhirnya tertarik pada setiap video yang disajikan.
Pada penggunaan fitur video spotlight, pastikan untuk mengisi kolom deskripsi untuk menjelaskan akun anda dengan singkat dan mudah dipahami oleh penonton.
Youtube Playlist
Berbagai video yang telah diunggah oleh kreator terkadang membuat penonton bingung untuk menentukan konten yang dilihat lebih dulu.
Di tambah lagi, kreator terkadang membuat variasi video yang beraneka ragam sesuai dengan sub topik yang diinginkan audience.
Guna memudahkan penonton memilih video yang sesuai maka anda bisa membuat youtube playlist yang membantu mengelompokkan berbagai video dengan topik tertentu.
Selain itu, anda juga bisa mengelompokkan video berdasarkan tipe kontennya, misalnya konten youtube short atau konten khusus untuk penonton berlangganan.
Cara ini tentunya akan memudahkan penonton untuk memilih video yang sesuai keinginan dengan durasi yang sesuai.
Strategi ini juga menguntungkan untuk menambah jumlah penonton di video lama saat penonton melihat konten dari playlist tertentu yang saling bersambungan satu sama lain.
Anda juga bisa memilih peletakan youtube playlist sesuai dengan minat audience pada topik dan konten tertentu.
Youtube Analytics
Setelah mengunggah berbagai konten yang menarik serta melakukan interaksi dengan penonton melalui kolom komentar, maka kreator juga perlu menghitung jumlah interaksi yang di dapatkan dalam jangka waktu tertentu.
Penghitungan interaksi secara manual dari satu video ke lainnya tentunya akan memakan banyak waktu dan data yang kurang akurat.
Sehingga anda bisa mengatasinya dengan mengambil data dari youtube analytics untuk mendapatkan informasi yang lebih sesuai.
Fitur youtube analytics bisa diakses dengan membuka kolom studio dan kemudian masuk ke halaman youtube analytics,
Informasi yang di dapatkan dari youtube analytics akan diperbarui secara berjangka, sehingga kreator akan terus mendapatkan data terbaru setiap saat.
Beberapa informasi lain yang bisa di dapatkan dari youtube analytics adalah konten yang dicari oleh penonton dan pengguna youtube, durasi melihat video, waktu aktif audience, serta kanal lain yang dilihat oleh penonton.
Youtube SEO
Sebagai sosial media yang digunakan sebagai mesin pencarian alternatif, maka pengguna youtube juga menggunakan kata kunci tertentu untuk mencari konten yang sesuai dengan minat yang disukai.
Karenanya penting bagi kreator untuk memasukkan youtube seo yang sesuai agar konten yang dibuat mudah ditemukan di halaman pencarian.
Namun untuk menggunakan youtube seo yang efektif, maka anda juga perlu melakukan berbagai strategi dan analisa yang tepat.
Pertama adalah anda perlu mengetahui kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna youtube di kolom pencarian.
Kata kunci tersebut akan membantu kreator dalam mengetahui topik yang paling banyak dicari dalam jangka waktu tertentu.
Setelah menemukan berbagai kata kunci yang relevan dan banyak dicari di youtube, maka anda bisa membuat konten video menggunakan keyword tersebut untuk mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak.
Tidak hanya itu, anda juga perlu memasukkan berbagai kata kunci tersebut ke dalam kolom caption, judul, serta tampilan video.
Cara ini dilakukan agar algoritma youtube menaikkan konten anda saat pengguna melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu.
Selain itu, penyematan ini juga akan meyakinkan penonton bahwa video yang disarankan sesuai dengan topik yang diinginkan.
Anda juga bisa memasukkan kata kunci tersebut ke dalam hashtag tertentu agar mudah ditemukan oleh pengguna youtube serta mengelompokkan konten anda dalam kata kunci tertentu.
Rekomendasi Video
Setelah melihat video dari kreator tertentu dan ingin mencari konten lain dari tema yang serupa, maka anda tidak perlu mencarinya lagi melalui halaman pencarian atau berand youtube.
Cukup dengan melihat kolom rekomendasi video di bagian kanan layar, maka anda akan menemukan konten video dengan topik yang sama dari kreator yang berbeda.
Rekomendasi ini akan membantu penonton untuk mendapatkan pilihan tontonan yang berbeda dan membuat mereka lebih lama berada di Youtube.
Cara ini juga menguntungkan bagi kreator untuk mendapatkan penonton baru yang tertarik pada konten yang disajikan.
Agar konten anda berada di bagian rekomendasi video, maka pastikan youtube seo telah terpasang dengan lengkap dan sempurna, sehingga memudahkan algoritma untuk merekomendasikan video anda ke penonton lainnya.
Youtube Shorts
Konten video pendek menjadi salah satu konten yang banyak digemari oleh pengguna sosial media.
Hal ini dikarenakan penonton bisa melihat postingan dengan durasi yang lebih pendek namun dengan isi pembicaraan yang mudah dipahami.
Trend ini juga memikat youtube untuk merilis fitur yang sama bernama youtube shorts, dimana penonton bisa melihat konten video pendek yang lebih variatif.
Keberadaan youtube short juga disukai oleh banyak pengguna youtube, sehingga mereka menghabiskan banyak waktu untuk melihat konten video pendek dari kreator yang belum dikenal sebelumnya.
Kreator juga bisa memanfaatkan fitur youtube ini untuk menambah jumlah interaksi dan menjangkau audience yang lebih luas.
Anda bisa memulai dengan membuat konten video pendek dari topik yang biasa anda sampaikan, sehingga bisa dijadikan ajang promosi untuk menarik penggemar baru.
Sumber :
https://neilpatel.com/blog/4-quick-wins-to-increase-your-youtube-engagement/
Responses