fitur youtube studio

Youtube Studio : Fitur- fitur dan Cara Penggunaannya

Kenali berbagai fitur youtube creator studio yang dapat membantu untuk mengukur performa channel youtube, optimasi platform youtube, serta meningkatkan perkembangan video youtube.

Youtube menjadi salah satu mesin pencari terbesar di internet setelah Google Chrome yang banyak digunakan oleh pengguna internet.

Penggunaan youtube sebagai media pencarian ini di dukung dengan banyaknya video tutorial yang disajikan dengan durasi dan penyampaian yang berbeda sehingga lebih mudah untuk dipahami oleh penonton.

Selain itu, jutaan orang di seluruh dunia juga mengunjugi youtube untuk mempelajari berbagai topik terbaru, menemukan konten yang telah di cari di Google Search Engine, atau streaming video yang disajikan oleh sebuah brand atau kreator youtube.

Di sisi lain, terlepas dari banyaknya penonton youtube yang sangat banyak, mengelola channel youtube dengan strategi yang tepat juga masih menjadi masalah bagi kreator youtube.

Hal ini dikarenakan fitur youtube yang selalu bertambah dan berubah secara rutin sehingga mengubah kebiasan penonton dan kreator youtube secara cepat.

Di sisi lain, seorang youtube yang baru memulai karir di dunia youtube juga menghadapi tantangan untuk menarik perhatian penonton untuk melihat konten yang telah di unggah dan tayang di youtube.

Meskipun begitu, youtube juga membantu kreator dengan menyajikan berbagai fitur terbari dari youtube studio untuk memudahkan kreator dalam meraih penonton youtube yang lebih banyak.

Karenanya berikut beberapa fitur youtube studio yang bisa anda gunakan dan kembangkan untuk menghasilkan lebih banyak penonton dan mengembangkan channel youtube yang dimiliki.

youtube studio

Apa Itu Youtube Studio

Youtube studio merupakan dashboard khusus dimana kreator youtube dapat kelola video dan perkembangan channel youtube, memahami analisa performa video, membalas komentar yang masuk dalam konten video, serta mendapatkan uang dari monetisasi video youtube dengan menambahkan iklan pada konten yang anda unggah.

Aplikasi yang bisa digunakan di laptop atau handphone ini disediakan oleh youtube secara gratis. Berbagai layanan yang diberikan ini juga di dukung oleh berbagai fitur terbaru dari youtube guna memaksimalkan performa konten youtube yang dimiliki.

DI sisi lain, youtube juga bisa mengukur, optimasi, serta meningkatkan performa video youtube seperti yang dilakukan oleh Google Analytics namun dalam bentuk video.

pexels freestocksorg 34407 2

Cara Menemukan Layanan Youtube Studio

Saat pertama kali membuka aplikasi youtube di handphone, mungkin anda akan bingung dengan letak fitur youtube studio yang cukup tersembunyi. Karenanya, berikut tutorial menemukan layanan youtube studio di personal computer dan handphone.

Youtube Studio di Personal Computer

  • Pertama, masuk ke halaman atau aplikasi youtube yang ada di handphone kemudian klik ikon pada bagian pojok kanan
  • Kedua, pilih ikon youtube studio yang terdapat pada pilihan menu
  • Ketiga, masuk ke dalam youtube studio dengan mencari tab yang tersedia pada tampilan layar.

Youtube Studio di Handphone

  • Pertama, masuk ke aplikasi youtube yang ada di handphone kemudian masuk ke halaman profil yang ada di bagian pojok kanan, ketika anda melakukan klik pada ikon tersebut maka anda akan menemukan beberapa kategori yang salah satunya adalah youtube studio
  • Kedua, selanjutnya anda akan diminta untuk mengunduh aplikasi youtube studio untuk handphone
  • Ketiga, setelah aplikasi youtube studio terpasang maka akun youtube anda otomatis masuk ke dalam aplikasi tersebut sehingga anda bisa mengunakannya untuk berbagai kebutuhan analisa video dan kelola channel di youtube.
pexels adam fejes 5702341 1

Fitur-fitur Youtube Studio

Sudah siap menganalisa performa video youtube yang telah anda unggah? Berikut beberapa fitur youtube studio yang bisa anda gunakan sebagai perangkat analitik youtube.

photo1656559494

Dashboard

Fitur youtube studio yang bisa anda temukan pertama kali adalah dashboard youtube studio, dimana anda mendapatkan garis besar performa video youtube dengan komentar yang baru saja masuk, analisa video terbaru, serta berbagai informasi terbaru mengenai fitur youtube studio.

Pada layanan youtube dahsboard ini anda bisa mengukur performa channel dan video youtube dengan mudah dan efektif.

Selain itu, anda juga bisa mengakses video yang memiliki performa terbaik di youtube sehingga bisa anda manfaatkan sebagai konten utama di masa yang akan datang serta perkembangan kanal youtube yang dimiliki.

photo1656559596

Channel Analytics

Youtube studio datang dengan paket analisa yang dapat membantu anda untuk memahami konten yang bekerja bagi channel youtube sehingga anda bisa menentukan keputusan yang tepat dari data youtube studio yang anda dapatkan.

Youtube studio memiliki dua fitur yang dapat mengukur performa konten video youtube, yakni audience retention dan watch time.

Audience Retention

Durasi tayang mengukur berapa banyak penonton yang melihat video hingga habis, setelah 15 detik maka youtube akan menghitung jumlah orang yang masih tetap memonton konten anda sampai selesai.

Jumlah penonton ini sangat penting untuk mengetahui titik penting dari video anda yang membuat penonton fokus pada satu tayangan.

Dengan mengukur jumlah audience retention maka kreator akan mengetahui jumlah penonton yang lepas setelah point utama muncul sehingga anda dapat menganalisa alasan penonton beralih ke konten lain.

Beberapa faktor mungkin menjadi alasan mengapa penonton lepas dari konten anda, seperti perkenalan konten yang terlalu panjang sehingga membuat bosan dan mempercepat ke inti video, perpindahan topik yang terlalu cepat dan membuat penonton bingung, atau penambahan call to action yang terlalu cepat di awal.

Berbagai informasi yang diberikan oleh youtube studio ini nantinya akan membantu kreator dalam menentukan strategi konten yang tepat sehingga membuat penonton anda bertahan hingga akhir.

Cara Maksimalkan Penggunaan Retention Time :

  • Berikan pembukaan yang menarik : anda bisa memulai dengan membuat pembukaan video yang menarik sehingga membuat penonton youtube penasaran dengan kelanjutan video yang seterusnya.
  • Berikan juga alasan yang kuat agar penonton youtube menonton video anda sampai akhir dengan memberikan clue di awal video.
  • Kembangkan kreativitas dengan pemberian angle yang berbeda, musik yang berubah, serta visual yang menarik agar penonton tidak bosan menonton video anda meskipun diberikan durasi video yang cukup panjang.

Cara Analisa Audience Retention

  • Buka aplikasi youtube studio atau masuk ke fitur tersebut di personal computer,
  • Pilih video yang ingin analisa dan anda bisa melihat metrik jumlah penonton.

Watch Time

Pada layanan watch time, youtuber akan diberikan informasi mengenai total waktu yang dihabiskan untuk menonton video anda.

Hal ini dilakukan mengingat penonton youtube mungkin hanya melihat bagian awal studio, mempercepat video, atau menonton video anda sampai akhir dan melanjutkan ke video yang selanjutnya.

Youtube juga menggunakan perhitungan watch time sebagai faktor utama untuk menentukan ranking video anda di youtube sehingga konten anda lebih mudah masuk ke dalam rekomendasi pengguna.

Bagi marketer sendiri, penggunaan watch time dapat membantu untuk mengukur dan melihat kesempatan untuk meningkatkan metrik yang nantinya akan memberikan dampak pada ranking video serta pertumbuhan channel youtube.

Cara Meningkatkan Youtube Watch Time :

  • Naikkan jumlah subscribers : semakin banyak jumlah subscribers yang anda dapatkan maka akan meningkatkan jumlah watch time video youtube, penambahan kalimat call to action juga akan membantu meningkatkan jumlah penonton agar mengikuti kanal youtube anda.
  • Berikan kualitas konten terbaik : sebagai social media visual tentunya pengguna youtube akan tertarik pada video yang memiliki hasil konten terbaik dengan pencahayaan yang tepat, karenanya meningkatkan kualitas konten juga akan membantu menaikkan jumlah youtube watch time.
  • Durasi video yang sesuai : meskipun youtube memiliki durasi video yang tidak terbatas namun pengguna youtube juga menyukai konten dengan durasi pendek seperti trend video tiktok dan reels. Karenanya, konten youtube dengan durasi yang sesuai juga akan membantu penonton anda melihat video sampai habis dan tidak berhenti di tengah jalan.

Cara Analisa Youtube Watch Time

  • Buka aplikasi youtube studio kemudian atau website youtube
  • Pilih pada video yang ingin anda analisa
  • Kreator bisa melihat durasi watch time pada metrik yang telah disediakan.
photo1656559596 1

Comments

Salah satu penghitungan algoritma youtube adalah interaksi antara penonton serta kreator youtube di dalam sebuah video.

Semakin tinggi interaksi yang diimbangi dengan jumlah komentar yang masuk tentunya akan mengangkat video anda dengan tingginya poin algoritma youtube yang di dapatkan.

Selain itu denngan aktif melakukan interaksi dengan penonton yang dimiliki maka akan lebih mudah bagi kreator untuk membangun komunitas yang dimiliki dan dapat membantu menaikkan kanal youtube yang dimiliki.

DI sisi lain, keberadaan penggemar juga dapat membantu kreator dalam mengoptimalkan monetisasi di youtube.

Pada layanan youtube studio, anda bisa melakukan interaksi dengan penggemar melalui balasan komentar yang masuk baik dari video lama atau video yang baru anda unggah.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa melakukan filter pada komentar yang masuk berdasarkan jumlah subsribers, respon yang masuk serta status dari respon yang telah anda unggah di youtube.

Penggunaan filter komentar berdasarkan jumlah subsribers juga membantu anda menemukan kreator yang memiliki minat dengan konten video anda namun memiliki pengikut lebih banyak untuk membuka peluang kolaborasi di masa yang akan datang.

photo1656559872

Playlists

Ingin mendapatkan perhatian lebih dari pengguna youtube? youtuber bisa memulai dengan mengatur playlists youtube.

Playslist menjadi salah satu fitur youtube yang disukai oleh penonton atau kreator youtube dimana penonton bisa memilih konten video yang sesuai dengan minat dari kreator yang disukai.

Selain itu dari sisi kreator sendiri penggunaan fitur playlists sendiri memudahkan untuk mengatur, membuat atau edit playlist youtube sesuai dengan jenis video yang anda unggah.

Layanan satu ini juga memiliki peran penting untuk strategi konten marketing karena dapat mempengaruhi jumlah watch time serta value metrik yang dapat meningkatkan ranking video youtube.

Hal ini dilakukan mengingat sebuah video youtube yang disetel bisa secara otomatis berpindah ke video selanjutnya sehingga meningkatkan jumlah penayangan video.

Namun jika kreator ingin memaksimalkan penggunaan youtube playlist maka anda bisa menambahkan link yang berkaitan dengan video tersebut di akhir video untuk meningkatkan jumlah watch time video.

Anda juga bisa membawa penonton ke youtube playlist yang telah anda busat dengan memberikan end card di akhir video.

pexels joshua miranda 6298412 1

Fitur-fitur Youtube

Platform youtube tidak hanya memiliki layanan youtube studio untuk analisa performa konten youtube, namun beberapa fitur tambahan juga dapat digunakan untuk penggunaan konten youtube serta mendapatkan penghasilan tambahan.

Berikut beberapa fitur-fitur youtube yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dalam mengelola akun youtube.

Subtitles

Penonton youtube kini tidak perlu khawatir apabila menemukan video yang menarik dengan bahasa yang lain karena layanan subtitles yang sudah tersedia di youtube.

Melalui layanan ini, anda juga bisa meningkatkan interaksi yang lebih banyak dengan jumlah konsumen yang bertambah 80%, penonton video yang naik hingga 69%, serta jumlah penonton yang melihat dari tempat pribadi sebanyak 25%.

Penambahan subtitle juga membantu anda untuk memperluas jangkauan konsumen sehingga video anda bisa dinikmati oleh semua kalangan tanpa memandang bahasa asli yang digunakan.

Di sisi lain, penambahan subtitle juga membantu penonton youtube yang memiliki masalah pendengaran sehingga bisa menikmati video anda dengan mudah.

Pemberian subtitle di video akan membantu video anda mudah di akses oleh siapa saja sehingga membuka peluang yang lebih besar untuk meningkatkan jumlah penonton.

Kreator sendiri memiliki beberapa cara dalam menambahkan subtitle seperti menambahkan fitur penerjemah sendiri atau membuka peluang bagi penonton youtube untuk memberikan subtitle video.

Strategi ini dapat membantu anda menjangkau pengguna youtube yang lebih luas dan mungkin hanya memahami video dengan menggunakan bahasa asli mereka,

Copyright

Masaah copryright telah menjadi bahasan penting bagi kreator yang aktif mengunggah konten di social media.

Meskipun bukan topik yang penting namun penggunaan copyright penting bagi youtuber agar video yang anda unggah tidak dicuri oleh orang lain yang tentunya memberikan kerugian pada diri anda.

Pada fitur copyright, youtuber bisa meminta permintaan copryright di hapus dari youtube, misalnya anda menemukan konten yang telah anda unggah telah diunduh dan di upload kembali oleh kreator lain di kanal youtube miliknya.

Di tambah lagi, terkadang video youtube yang di unggah oleh orang lain mendapatkan viewers youtube yang lebih banyak dan juga memasang monetisasi sehingga merugikan bagi anda yang tidak mendapatkan keuntungan seperserpun.

Mengunggah kembali konten orang lain tentunya sangat berbahaya sehingga youtube memberikan anda fitur yang dapat membantu untuk melaporkan dan menghapus video yang melanggar peraturan copyright sehingga membantu konten anda tetap autentik dan membangung brand yang tidak bisa dilewati oleh orang lain.

Monetisasi

Salah satu keuntungan lain dari mengembangkan konten di youtube adalah kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari youtube dengan monetisasi video.

Tidak jarang seorang youtuber yang memulai karir di youtube mendapatkan hasil yang luar biasa dan mendaptkan ketenaran baik di dalam atau luar platform youtube.

Meskipun begitu, tidak semua youtuber bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan monetisasi video sebelum memenuhi beberapa syarat berikut :

  • Memiliki 1.000 subsribers.
  • Jumlah penayangan video mencapai 40 jam selama 12 bulan.
  • Tinggal di negara yang mengadakan monetisasi youtube.
  • Mendapatkan koneksi ke link Adsense.

Setelah anda telah memenuhi semua persyaratan tersebut maka anda bisa masuk ke menu tab monetisasi untuk mengetahui syarat mendapatkan monetisasi dari youtube.

Selain itu anda juga memiliki beberapa cara lain untuk monetisasi youtube video seperti memasang iklan, membuat dan menjual merchandise eksklusif, dan juga meluncurkan membership bagi komunitas anda dengan memberikan beberapa konten khusus.

Kustom Video

Sebuah branding di channel youtube yang anda miliki dapat membantu membedakan antara channel youtube anda dengan yang lainnya sehingga mudah dibedakan meskipun anda memiliki topik yang cenderung mirip.

Strategi ini juga membantu dalam membangun pasar dan komunitas yang dimiliki sehingga bisa diterapkan ke akun social media yang anda gunakan untuk promosi konten youtube.

Penggunaan tab kustomisasi untu meningkatkan nilai branding dapat membantu dalam strategi konten youtube yang anda miliki.

Layout

Anda dapat mengubah tata letak untuk meningkatkan citra saluran youtube anda, seperti menambah sorotan video yang berisi alasan anda membuat video yang bisa ditonton oleh pengguna youtube saat pertama kali mengunjungi channel youtube anda.

Tidak hanya itu, youtube juga memberikan opsi memberikan video yang berbeda pada pengguna youtube yang telah menjadi pelanggan atau belum mengikuti akun youtube anda.

Bagi pengguna youtube yang belum mengikuti akun youtube anda maka kreator bisa mengatur channel youtube dengan membuat video perkenalan deskripsi kanal youtube anda, tipe video yang anda sajikan, serta kalimat call to action yang meminta mereka untuk mengikuti akun youtube anda.

Namun jika anda ingin menyajikan video perkenalan ke pengikut anda maka anda bisa menyajikan konten video yang memiliki penonton paling banyak agar bisa di tonton kembali.

Anda juga bisa mengatur halaman youtube yang anda miliki dengan menambahkan popular video, playlist video, atau beberapa link youtube yang juga anda miliki.

Branding

Dengan jumlah kreator yang sangat banyak di youtube disertai jenis konten yang mungkin sama memungkinkan anda bersaing dengan konten kreator yang memiliki pengikut yang lebih banyak.

Namun untuk mengatasi hal tersebut maka anda bisa membangun branding yang tepat di mata komunitas yang anda miliki.

Branding tersebut juga menjadi ciri khas yang tidak bisa pengguna youtube temui di kanal youtube lain sehingga memberikan perbedaan satu sama lain.

Beberapa jenis branding yang bisa anda tambahkan adalah profile picture, banner image, serta watermark yang dapat menaikkan jumlah penonton.

photo1656559903

Strategi branding ini juga digunakan oleh akun youtube socialmediamarketer yang memberikan ciri khas berupa pemakaian kaos warna hitam di setiap video yang di unggah.

Basic Info

Dalam mengembangkan kanal youtube maka kreator tidak hanya memberika branding di setiap video yang di unggah namun juga pemberian informasi dasar yang memadai.

Pemberian informasi ini nantinya akan membantu pengguna youtube untuk mengenali channel youtube anda sebelum akhirnya menjadi pengikut dari akun youtube yang anda miliki.

Guna memaksimalkan kolom informasi maka kreator bisa mengedit dengan menambahkan link social media serta mengganti deskripsi video menjadi lebih profesional dan bagus.

Audio Library

Salah satu daya tarik video youtube adalah penambahan lagu atau audio di video youtube yang dapat mengalihkan rasa kebosanan penonton saat melihat video dengan durasi yang panjang.

Sayangnya beberapa audio yang beredar di internet terkadang memiliki copyright yang bisa membuat video anda di blokir apabila menggunakannya tanpa izin.

Untungnya untuk mengatasi masalah ini anda bisa mengakses audio library di youtube creator studio yang memberikan akses gratis pada semua lagu dan audio di youtube sebagai variasi konten youtube yang menarik.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengakses berbagai lagu gratis yang tersedia di internet yang tidak memerlukan lisensi sehingga menghindari blokir di video yang anda unggah.

Sumber :

How to use YouTube Creator Studio to Grow Your Channel (hootsuite.com)

YouTube Studio: The Tools to Manage Your Channel Like a Pro | Skillshare Blog

7 YouTube Features That Will Help You Get More Views (hubspot.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.