fitur youtube

Fitur Youtube yang Bantu Naikkan Subscribes Secara Organik

Jadikan channel youtube anda memiliki pengikut organik yang lebih banyak dengan bantuan fitur youtube yang keren.

Saat rasa bosan melanda atau butuh hiburan untuk mengusir rasa sepi, kehadiran youtube menjadi teman setia yang mampu menawarkan pelipur lara di kala sedih dan duka.

Kehadiran konten youtube yang beragam menjadikan platform satu ini digemari banyak orang untuk mencari tontonan yang pas di bebagai suasana.

Kemunculan berbagai konten youtube ini juga di dukung dengan adanya kreator kreatif yang mampu membuat video yang unik dan menarik sehingga membuat penonton terhibur.

Di sisi lain, banyaknya kanal youtube yang berkeliaran menjadikan kreator youtube kreatif dan inovastif dalam menghasilkan konten yang menarik.

Untungnya, youtube membantu keinginan kreator dalam menghadirkan berbagai fitur youtube yang dapat membantu menaikkan subscribers secara organik sehingga viewers youtube anda akan meningkat,

Berikut beberapa rekomendasi fitur youtube yang cocok untuk kanan youtube yang anda miliki.

fitur youtube playlist

Youtube Playlist

Meskipun pembuatan playlist dianggap rumit karena harus mengelompokkan beberapa konten youtube di satu tempat khusus namun jangan meremehkan kemampuan fitur youtube satu ini.

Pengguna youtube menemukan bahwa penggunaan playlist dianggap efektif dan membantu penonton dalam melihat konten di youtube.

Tipe playlist di youtube sendiri berupa kumpulan video yang memiliki ide konten yang sama sehingga efektif dalam melihat konten youtube berupa series video pendek atau resep memasak yang saling berkaitan satu sama lain.

Di saat penonton youtube telah melihat satu konten tertentu maka youtube akan secara otomatis memutar video lain yang masih ada dalam satu playlist sehingga pengguna tidak perlu susah payah dalam menekan ikon next atau memilih konten lain.

Keberadaan playlist youtube juga membantu pengguna youtube yang baru saja berkunjung ke akun youtube anda dan ingin melihat video yang berurutan.

Hal ini tentunya tidak akan anda temukan apabila kreator tidak memasang fitur playlist karena youtube akan merekomendasikan video berdasarkan urutan pengunggahan sehingga membuat penonton kebingungan dengan urutan video selanjutnya.

Pengguna youtube dapat menemukan playlist youtube dengan dua langkah mudah, yakni melalui video terbaru dan playlist aktif di beranda youtube anda.

Pada bagian tersebut, apabila penonton tertarik dengan isi video yang anda tayangkan maka penonton bisa beralih ke fitur youtube playlist dimana pengguna akan menemukan playlist yang telah dibuat oleh kreator dan kemungkinan playlist lainnya.

Salah satu keuntungan dari penggunaan fitur youtube playlist adalah membantu meningkatkan durasi tayangan konten video di akun youtube anda.

Di bandingkan melihat satu video dan kemudian beranjak ke konten lain maka pengguna youtube bisa beralih ke video lain yang berada dalam satu playlist.

Strategi fitur youtube playlist ini telah dilakukan oleh banyak kreator salah satunya adalah Korea Reomit, dimana youtuber satu ini mengelompokkan konten yang telah dibuat ke dalam playlist khusus sehingga memudahkan penonton dalam melihat video dengan tema yang sama secara berurutan.

photo1652086695

End Screen Video

Saat pengguna selesai menonton video dan ingin menonton konten lain maka youtube biasanya akan merekomendasikan konten yang relevan dengan video yang anda tonton atau konten dari kanal tersebut yang masih berkaitan satu sama lain.

Rekomendasi video yang dinamakan fitur youtube end screen ini terbukti ampuh meningkatkan jumlah viewers dari pengguna youtube yang baru mengenal akun anda sehingga membuka jalan untuk menjadi subscribers kanal anda.

Strategi promosi menggunakan fitur youtube end screen ini efektif saat pengguna youtube sudah menonton beberapa video anda sehingga tertarik menjadi subscribers dan memiliki peluang untuk mempromosikan akun youtube anda.

Salah satu kanal youtube yang menggunakan promosi end screen adalah akun IELTS Daily dimana channel satu ini memberikan rekomendasi video ke penonton youtube yang berisi konten video yang relevan dengan konten yang telah ditonton.

Cara ini ampuh untuk menarik minat penonton yang masih menyukai konten anda sebelumnya untuk menonton video yang memiliki ide konten yang sama atau berkaitan satu sama.

Saat kreator ingin memasang fitur youtube end screen maka pastikan anda menyediakan waktu 10 detik sebagai waktu berfikir bagi penonton untuk beralih ke konten lainnya.

photo1652088017

Brand Watermark

Penggunaan watermark di internet sendiri biasanya sebagai tanda kepemilikan sehingga orang lain tidak bisa menggunakan karya tersebut seenaknya karena diperlukan izin untuk menggunakan konten tersebut.

Di sisi lain, penggunaan watermark di youtube juga bisa menjadi daya tarik bagi penonton video untuk melakukan like video atau subscribe kanal youtube sehingga tidak ketinggalan berbagai konten yang telah diunggah.

Meskipun begitu, beberapa pengguna youtube mungkin saja merasa risih dengan kehadiran brand watermark yang dianggap mencolok, guna mengatasi masalah ini maka kreator bisa membuat tanda logo yang transparan sehingga masih bisa terlihat walau tidak terlalu jelas.

Penempatan watermark tentu sangat penting agar tidak mengganggu kegiatan penonton youtube yang tertarik untuk melihat video anda, berikut beberapa rekomendasi penempatan logo yang cocok di terapkan di konten youtube :

Penempatan watermark dari awal hingga akhir : kreator bisa meletakkan logo youtube di awal hingga akhir video sebagai penanda konten youtube anda. Agar logo yang dibuat tidak mengganggu maka kreator bisa menaruhnya di bagian pojok tentuya dengan ukuran yang kecil.

30 detik – 1 menit awal : Apabila kreator menghindari penonton menerima gangguan watermark dari awal hingga akhir maka anda bisa menambahkan watermark di bagian awal video yang juga bisa menjadi call to action untuk menyukai konten atau melakukan subscribe ke kanal youtube tertentu.

Capture 1

Feature

Bagi penonton yang penasaran dengan kanal youtube dari video yang telah di tonton biasanya akan diberikan video sambutan berupa feature.

Video pendek ini bisa saja berisikan latar belakang kreator yang tentunya dapat menarik perhatian penonton dan berisi alasan untuk membuat konten youtube.

Fitur youtube satu ini cocok menjadi pancingan bagi penonton youtube yang sudah tertarik dengan video anda namun belum menjadi subsribers sehingga membantu meningkatkan jumlah orang yang mengikuti akun youtube anda.

Keuntungan lain dari menggunakan fitur tiktok satu ini adalah kreator bisa membuat konten video yang berbeda sesuai untuk penonton atau subscribers baru.

Sehingga kreator tidak perlu takut apabila video pembuka anda terasa mengganggu pengguna youtube yang mengunjungi akun youtube anda.

Beberapa ide konten video features adalah konten pengenalan diri dimana kreator bisa menceritakan latar belakang penciptaan konten video yang anda buat.

Kreator juga bisa membuat video singkat mengenai perjalanan anda selama berkarir di youtube sehingga meningkatkan rasa penasaran pengguna youtube untuk mengetahui perjalanan hidup anda selama ini.

Penggunaan video yang sedang viral juga bisa menjadi video features yang unik sehingga tidak membuat penonton senang serta membantu meningkatkan viewers video.

Konten youtube feature juga memberikan kolom khusus yang bisa digunakan sebagai media informasi yang bisa dihubungi untuk mengajak kreator bekerja sama dalam membuat konten tertentu atau mengunjungi akun social media yang dimiliki.

Manfaatkan Fitur Youtube Studio

Keuntungan lain dari mengembangkan konten video di youtube adalah kreator diberikan keleluasaan untuk mengedit video sebelum mengunggahnya di channel youtube.

Setiap kreator youtube memiliki akses untuk mengakses youtube studio dimana pengguna dapat mengembangkan kanal youtube, interaksi dengan subscribers yang dimiliki, serta mendapatkan monetisasi video dalam satu tempat.

Pada layanan youtube studio, kreator akan diberikan keleluasaan dalam menggunakan berbagai layanan yang dapat mengatur video dan akun youtube yang anda miliki serta mengetahui trending youtube.

Youtube studio sendiri memiliki beberapa fitur youtube unggulan diantaranya :

Screen Shot 2020 06 16 at 2

Channel Dashboard : Youtube studio merupakan fitur youtube yang dapat membantu untuk menganalisa performa video dan channel youtube yang anda kembangkan.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa mendapatkan berbagai berita, trends, serta komentar yang dapat menjadi referensi pengembangan akun youtube yang anda miliki.

Kreator juga bisa menggunakan fitur youtube satu ini untuk mempelajari video-video mana yang memiliki performa terbaik dan perkembangan kanal youtube yang anda miliki.

Cara mendapatkan fitur youtube satu ini pun cukup mudah, kreator hanya perlu masuk ke akun youtube yang anda miliki kemudian klik pada ikon biru Youtube Creator Studio.

Screen Shot 2020 06 16 at 2 1

Sekali anda melakukan klik pada ikon tersebut maka anda akan masuk ke dalam Channel dashboard dengan tampilan seperti di atas.

Screen Shot 2020 06 16 at 3

Channel Analytics : Sebagai seorang kreator tentunya tidak hanya mengunggah video serta membiarkan youtube mempromosikan channel serta konten anda.

Akan tetapi, kreator juga perlu menganalisa performa kanal serta video anda guna merancanga strategi marketing yang maksimal.

Untungnya, youtube sendiri memberikan layanan analisa yang bisa di akses melalui Youtube Studio sehingga kreator dapat melihat performa dalam kurun waktu tertentu dengan mudah.

Kreator juga diberikan infromasi mengenai jenis konten video yang sedang naik daun sehingga bisa dikembangkan sebagai kunci utama pengembangan akun youtube anda.

Salah satu contohnya apabila konten ulasan anda memiliki lebih banyak penonton dibandingkan video endorsement anda dengan produk lain berarti penonton anda lebih menyukai konten asli anda dibandingkan video youtube promosi yang anda miliki.

Fitur youtube analytics tab juga memberikan beberapa informasi yang anda butuhkan diantaranya adalah:

Jumlah waktu penayangan di tiap video

Channel youtube yang memiliki penonton serta subscribers yang sama

Durasi waktu tayang tiap video

Berbagai informasi demografi mengenai konsumen serta minat yang diikuti di Youtube.

Content : fitur youtube ini berisi rangkuman video dan youtube live yang anda adakan sehingga kreator bisa melihat hasil karya yang telah dibuat dengan mudah.

Creating and Mananging Playlists : Kreator bisa membuat playlist video berdasarkan kategori yang diinginkan sehingga memudahkan penonton untuk melihat video sesuai dengan tema konten yang diinginkan.

Analytics : Salah satu fitur youtube paling penting adalah layanan analisa dimana kreator bisa memeriksa performa konten video yang unggah berdasarkan engagement yang di dapatkan dalam jangka waktu tertentu.

Comments and Mentions : Kreator bisa membalas berbagai komentar yang masuk serta mengetahui topik yang sedang dibicarakan oleh penonton anda sehingga menjadi ide konten yang apik dan menarik ke depannya.

Subtitle : Apabila kreator memiliki banyak penonton dari luar negeri tentunya dibutuhkan fitur youtube penerjemah guna memudahkan penonton mengartikan isi konten video secara mudah.

Kreator bisa menambahkan sendiri subtitle di konten tersebut atau meminta komunitas anda untuk mengartikan konten video.

Monetisasi Video : Bagi kreator yang telah memiliki banyak subscribers dan juga penonton maka bisa memanfaatkan dua hal tersebut sebagai sumber uang baru dengan mengaktifkan monetisasi di video tertentu.

Kreator akan diberikan kebebasan dalam memajang iklan dengan durasi tertentu di video yang telah dibuat sehingga anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari youtube.

Tampilan Profile Youtube : Agar tampilan profile youtube anda makin keren dan menjelaskan isi dari akun youtube yang anda miliki maka kreator bisa mengubah tampilan layout, branding, dan beberapa informasi dasar mengenai akun youtube yang anda kembangkan.

Audio Library : Kreator juga bisa menambahkan efek suara atau lagu di setiap video yang di unggah dengan mengelompokkannya pada satu tempat khusus di audio library.

Berbagai informasi mengenai perfoma konten serta kanal youtube anda tentunya sangat berguna dalam menyusun strategi promosi yang tepat sehingga mampu meningkatkan subscribers serta mengubah penonton biasa menjadi subscriber video anda.

Search Optimizations Tools

Youtube mungkin saja belum memiliki deskripsi yang detail mengenai informasi video, channel, serta video atau playlist sebagai bagian dari analisa Search Optimization Tools (SEO).

Meskipun begitu, kreator masih tetap bisa melakukan optimasi pencarian video seperti mesin pencari lainnya, caranya adalah dengan memasukkan kata kunci yang terkait ke konten youtube anda.

Dengan mengisi deskripsi video secara informatif namun ringkas dapat membantu menaikkan kesempatan bagi pengguna youtube untuk menemukan video anda ketika mencari konten tertentu di kolom pencarian.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa menggunakan bantuan dari berbagai tools tertentu yang tersedia di internet guna mencari kata kunci yang ingin anda gunakan ke target konsumen yang dituju atau similiar dengan penggunaan blog atau mesin pencari.

Pemisahan Homepage

Kreator tidak hanya bisa memisahkan beberapa kategori konten ke playlist yang terkait namun anda juga bisa menggunakan fitur youtube yang dapat memisahkan konten yang relevan ke dalam homepage.

Youtube sendiri memberikan kemudahan bagi kreator untuk membuat layout channel sesuai dengan keinginan.

Kreator dapat memasukkan hingga 12 section ke dalam homepage, diantaranya adalah : Youtube Short, Upload, Playlist yang telah dibuat, dan konten untuk pengguna youtube yang berlangganan konten anda.

Cara memisahkan berbagai konten tersebut pun cukup mudah, kreator tinggal masuk ke dalam fitur Youtube Studio kemudian pada bagian kiri Menu pilihlah ikon Customization kemudian masuk ke layanan Layout.

Pada bagian ini kreator dapat memilih sejumlah section yang sesuai dengan kebutuhan konten Youtube. Beberapa pilihan yang bisa dipilih adalah penambahan video, playlists, atau kolaborasi channel tertentu di section tersebut.

Penambahan Links di Deskripsi Video

Bagi kreator yang telah memiliki banyak penggemar biasanya berpeluang besar untuk mendapatkan tawaran endorsement dari berbagai brand terkenal untuk mempromosikan produk yang dimiliki.

photo1652146263

Guna menarik minat penonton guna membeli produk yang telah di promosikan atau review oleh kreator maka biasanya terdapat link di kolom deskripsi video yang bisa di akses untuk masuk ke dalam website market place tertentu.

Kreator juga bisa menambahkan link yang berisi informasi tambahan mengenai isi dari konten youtube tersebut sehingga penonton mendapatkan bahan bacaan baru atau sumber materi asli.

Strategi ini juga digunakan oleh affiliator yang mendapatkan uang dari kunjungan orang-orang ke website atau link market place yang di promosikan setelah mengulas beberapa barang tertentu.

Semakin banyak orang yang masuk ke dalam link tersebut maka jumlah penghasilan yang di dapatkan pun akan semakin banyak.

Penggunaan deskripsi video sendiri tidak hanya digunakan untuk menjelaskan secara singkat isi video sehingga membuat penonton tertarik untuk menonton video sampai habis namun juga menjadi strategi promosi yang efektif.

Card

Banyak penguna youtube yang menemukan akun youtube favorit mereka secara tidak sengaja, bisa berupa melihat rekomendasi video dari beranda atau pop up saat video kesukaan anda berakhir dan youtube memberikan kanal youtube lain.

Pengguna youtube bisa saja menemukan rekomendasi video saat akun youtube anda terputar otomatis sehingga layar anda menampilkan video dari kreator lain yang belum pernah anda lihat sebelumnya.

Berbagai strategi tersebut tentunya akan sia-sia apabila kreator tidak meminta penonton untuk mengikuti akun youtube anda atau memberikan rekomendasi video lain yang mungkin disukai oleh pengguna youtube.

Agar penonton tersebut menjadi penggemar setia anda maka kreator bisa menambahkan tombol Subscribe sebagai bagian dari call to action.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa menambahkan card sebagai ajakan untuk melihat rekomendasi video lain atau melakukan subsrcibe pada akun youtube yang anda miliki.

Cara promosi menggunakan card pun cukup mudah, kreator cukup memilih video anda yang sekiranya terkenal atau memiliki banyak penonton di youtube studio.

Pastikan juga video viral tersebut mampu membawa banyak subscribers baru yang menjadi poin penting dalam melakukan promosi di youtube.

Kreator bisa mempromosikan video tersebut ke platform social media lain yang anda miliki atau menambahkan card serta end screen video guna mempromosikan video lain yang berkaitan dengan video tersebut.

Penggunaan card sendiri sangat efektif untuk media promosi karena bisa ditampilkan di dekstop atau handphone yang tentunya menjadi akses utama bagi banyak orang untuk membuka akun youtube.

viewers youtube

Tips Meningkatkan Viewers Youtube

Salah satu penarik subsrcribers baru selain memanfaatkan berbagai fitur di youtube adalah dengan menaikkan jumlah viewers di konten anda.

Semakin banyak penonton yang di dapatkan maka akan lebih mudah bagi kreator untuk menambah subscribers ke akun youtube yang anda miliki.

Karenanya berikut beberapa langkah tepat yang bisa digunakan untuk meningkatkan viewers youtube.

Durasi Video yang Panjang

Salah satu alasan mengapa banyak kreator membuat durasi video yang panjang karena konten tersebut memiliki performa yang lebih baik dibandingkan video pendek.

Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan social media lain yang justru menaikkan konten video dengan durasi pendek.

Semakin panjang sebuah video maka potensi untuk muncul di kolom pencarian atau beranda youtube juga semakin besar.

Durasi video yang lebih panjang tentunya akan membedakan video anda dengan konten lain yang memiliki tema yang sama.

Meskipun begitu, apabila kreator ingin mengunggah video dengan durasi lebih dari 15 menit maka dibutuhkan verifikasi dari Youtube yang akan meminta beberapa data pribadi seperti nomor telefon yang akan mendapatkan kode verfikasi khusus.

Setelah kreator mendapatkan izin tersebut maka kreator akan mampu mengunggah video lebih dari lima belas menit, menambahkan thumbnails, dan melakukan live streaming.

Perhatikan Kualitas Video

Sebuah video youtube dengan konten yang menarik juga akan lebih cepat naik apabila dibantu dengan kualitas konten yang bagus, seperti audio yang terdengar jelas serta hasil video yang bagus.

Tidak hanya itu, kreator juga sebaiknya mengunggah video secara rutin pada hari yang telah ditentukan untuk memenuhi ekspektasi dari konsumen.

Meskipun dikejar waktu penayangan namun kreator juga perlu memerhatikan kualitas video agar penonton tidak lari ke channel youtube lain.

Di sisi lain, apabila kreator ingin melakukan promosi ke konsumen usia muda yang lebih menyukai video pendek maka anda bisa memanfaatkan fitur youtube shorts dimana kreator bisa mengunggah video dengan durasi pendek secara rutin.

Interaksi dengan Konsumen

Komunikasi dua arah dengan konsumen tentunya dapat meningkatkan engagement konten serta mengeratkan hubungan anda dengan penonton video.

Hal ini dilakukan agar segala kegiatan promosi atau konten video yang anda unggah mendapatkan respon yang baik dari konsumen sehingga berminat membeli produk yang anda tawarkan.

Kreator bisa melakukan interaksi dengan mudah melalui pemberian balasan pada setiap komentar yang diberikan penonton serta memberikan tanda suka pada setiap komentar yang diberikan.

Meskipun terlihat memakan banyak waktu namun kreator bisa mendapatkan subscribers yang lebih banyak dari proses interaksi satu ini.

Gunakan Cover Photo yang Menarik

Bagi penonton yang tidak senagja menonton konten anda mungkin saja akan berkunjung ke channel youtube anda untuk melihat berbagai konten yang disajikan.

Kreator juga perlu menyambut penonton tersebut agar bisa menjadi subcribers akun youtube anda dengan memberikan foto yang menarik sehingga penonton dapat mengetahui kreator di setiap video yang dilihat selama ini.

Pemberian konsep foto yang menarik tentunya akan menjadi ciri khas tersendiri yang membedakan channel youtube anda dengan yang lain.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.