film studio 5366454 640

Cara Menggunakan Creator Studio di Facebook & Instagram

Pelajari cara creator studio membantu anda dalam menghasilkan konten terbaik di Facebook dan Instagram.

Saat ini banyak sekali kreator atau pelaku bisnis yang menggunakan facebook atau instagram sebagai media promosi digital di internet.

Hal ini dilakukan karena kedua social media tersebut memiliki banyak pengguna aktif yang tentunya memiliki berbagai masalah yang tentunya bisa diselesaikan dengan membeli produk tertentu di internet.

Disisi lain, kreator sendiri terkadang kesulitan untuk mengunggah dan menjadwalkan konten serta menganalisa performa akun instagram dan facebook yang dimiliki.

Untungnya, layanan creator studio hadir dengan memberikan berbagai fitur yang memudahkan pekerjaan kreator di instagram dan facebook.

Creator studio merupakan layanan untuk content creators dalam membuat konten yang apik di instagram dan facebook.

Pada level yang lebih tinggi, creator studio dapat digunakan untuk merencanakan unggahan konten dan analisa akun facebook dan instagram yang dikembangkan.

Ketahui fitur dan kegunaan layanan dan creator studio dan bagaimana kreator bisa menggunakannya di Facebook dan instagram.

creator studio

Apa Itu Creator Studio

Bagi kreator yang memiliki akun facebook pasti tidak asing dengan layanan creator studio saat mengunggah atau menjadwalkan konten.

Layanan satu ini hadir dan memudahkan pekerjaan para kreator saat merencanakan membuat konten di facebook sehingga bisa tertata rapih sesuai keinginan.

Tidak hanya itu, creator studio juga dapat digunakan untuk merancang konten di instagram sehingga memudahkan kreator dalam bekerja untuk dua akun social media tanpa perlu berpindah tempat.

Disisi lain, creator studio juga bisa digunakan untuk analisa dan perencanaan akun facebook dan instagram yang kreator miliki.

Fitur ini juga membantu kreator dalam monetisasi konten dan juga perencanaan kolaborasi bersama influencer.

Bagi kreator yang memiliki sebuah tim untuk pengembangan promosi di instagram dan facebook maka bisa memasukkan banyak orang ke dalam satu akun guna membantu dalam mengembangkan konten dan juga perencanaan campaign.

Creator studio juga memiliki beberapa keuntungan yang juga membantu kreator dalam mengembangkan konten dan akun social media.

creator studio

Kegunaan Creator Studio Untuk Kreator

Bagi kreator yang memiliki dua akun facebook dan instagram sekaligus tentunya sering merasa kesulitan dalam mengatur konten agar bisa diunggah pada waktu yang tepat.

Kesulitan dalam mengatur konten bisa saja membuat kreator lupa untuk mengunggah konten sehingga rencana campign social media yang dibuat bisa terganggu.

Kehadiran creator studio tentunya bisa mengurangi rasa stress dalam mengurus akun social media dengan adanya bantuan dari tools yang dapat mengunggah konten, melihat konten di satu tempat khusus, serta menambahkan backsound lagu di video yang anda buat.

Ketahui beberapa keuntungan dari creator studio yang tentunya memudahkan hidup dalam membuat konten di social media.

Unggah Beberapa Video Dalam Satu Waktu

Bagi kreator yang menjadikan video sebagai konten andalan di facebook dan instagram tentunya akan merasa kesulitan saat mengunggah beberapa video dalam satu waktu melalui Facebook status.

Namun, kreator tidak perlu khawatir karena dapat menggunakan layanan creator studio guna mengunggah konten video secara bersamaan dalam satu waktu.

Cara menggunakan layanan unggah video ini pun sangat mudah yakni dengan klik ikon Upload Video yang berada di bagian Home Tab kemudian pilih Multiple Video guna mengunggah beberapa video dalam waktu yang bersamaan.

Setelah kreator mengunggah atau menjadwalkan penayangan video di creator studio maka kreator juga bisa menambahkan efek suara atau mengedit isi dari video yang sekiranya kurang sesuai.

Kelola Banyak Akun dalam Waktu Bersamaan

Sebuah brand perusahaan yang sudah maju dan memiliki banyak konsumen biasanya tidak hanya memiliki satu akun untuk promosi melainkan beberapa akun social media yang dijalankan secara bersamaan.

Banyaknya akun social media tersebut tentunya dibuat untuk berbagai tujuan seperti mengunggah katalog produk, interaksi dengan konsumen, atau sebagai akun pengaduan agar pelayanan ke konsumen menjadi lebih maksimal.

Sayangnya banyaknya akun yang dikelola oleh kreator bisa menyebabkan kreator mengelola akun social media dan memilah konten mana saja yang sebaiknya diunggah di akun social media tersebut.

Karenanya agar kreator semakin mudah dalam mengelola beberapa akun social media dalam waktu yang bersamaan maa bisa menggunakan layanan creator studio.

Pada layanan ini, kreator bisa mengelola banyak akun dalam satu tempat khusus sehingga tidak perlu keluar masuk akun instagram dan facebook yang malah mengakibatkan kurangnya fokus dalam membuat dan merencanakan konten.

Cara menggunakan layanan ini pun cukup mudah, kreator cukup membuat page collection di creator studio kemudian klik pada ikon Create Collections.

Kreator juga bisa memberikan nama pada halaman yang ingin anda tambahkan dan simpan di creator studio.

Seteah halaman tersebut selesai dibuat maka kreator bisa mencari dan menemukan koleksi halaman di bagian atas Creator Studio.

Analisa Performa Insight Social Media

Setelah mengunggah berbagai konten social media, melakukan promosi melalui iklan berbayar, dan juga melakukan interaksi dengan konsumen kini saatnya kreator melihat performa akun social media yang dikembangkan.

Pemeriksaan performa dan analisa akun social media ini tentulah sangat penting untuk mengetahui apakah akun social media anda sudah mencapai target promosi dari campaign yang dijalani atau memerlukan perubahan strategi lainnya,

Creator studio sendiri menyediakan layanan bagi kreator untuk melihat berbagai data performa akun social media dalam jangka waktu tertentu sehingga memudahkan kreator untuk menentukan strategi social media yang tepat.

Kreator dapat melihat bagaimana engagement dari konten tertentu, mengukur kenaikan atau penurunan jumlah followers, analisa performa video, serta berapa banyak uang yang anda lakukan selama melakukan siaran langsung.

Sarana Kolaborasi dengan Brand Manager

Akun social media mengalami penurunan performa atau anda ingin membuat rancangan awal akun social media anda? maka kreator bisa mengguankan jasa brand manager.

Dengan menggunakan layanan ini maka kreator akan diberikan arahan untuk menentukan campaign yang tepat serta strategi marketing yang bisa digunaka di akun social media yang anda kembangankan.

Karenanya agar anda dan brand manager bisa merencanakan strategi marketing secara bersamaan maka kreator bisa menggunakan layanan creator studio.

Kreator cukup menambahkan akun brand manager yang dipilih agar bisa melihat performa akun social media dan juga melihat konten yang menjadi andalan anda ke depannya.

Tidak hanya itu, bagi influencer yang memiliki banyak tawaran endorsement dan paid promote dari berbagai brand maka bisa meminta bantuan orang lain guna mengelola akun social media anda dalam mengunggah akun social media.

Cara ini dilakukan agar influencer dapat fokus saat membuat konten bagi konsumennya sembari menyelesaikan tawaran kerja sama dari berbagai brand lain.

pexels eduardo dutra 2115217

Fitur Creator Studio di Facebook dan Instagram

Meskipun layanan creator studio dapat ditemukan di facebook namuan fitur ini juga bisa digunakan untuk akun instagram.

Caranya pun mudah, kreator tinggal menyambungkan akun instagram yang tersambung dengan akun facebook yang dimiliki.

Meskipun kedua social media tersebut saling berkaitan satu sama lain namun keduanya memiliki fitur yang berbeda berdasarkan konten yang dimiliki.

Berikut beberapa fitur creator studio yang tersedia di facebook dan instagram beserta pemanfaatan kedua layanan tersebut.

Fitur Creator Studio di Facebook

Saat mengembangkan akun Facebook maka kreator diberi kebebasan pilihan untuk mengunggah konten berupa foto dan video, melakukan siaran langsung dengan pengguna facebook, atau mempromosikan akun dan konten facebook dengan layanan iklan berbayar.

Karenanya creator studio menyediakan berbagai layanan untuk berbagai kebutuhan berikut :

Creator Studio 05.png

Unggah Konten Secara Langsung dan Terjadwal

Salah satu cara menjangkau konsumen yang dimiliki di Facebook adalah mengunggah konten secara rutin setiap harinya.

Creator studio sendiri memiliki dua pilihan bagi kreator untuk mengunggah konten, secara terjadwal atau langsung.

Perbedaan pilihan ini diberikan agar kreator bisa memilih mengunggah konten sesuai dengan trend atau event yang terjadi saat ini atau menjadwalkan konten berdasarkan waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Saat menggunakan layanan penjadwalan konten, maka kreator bisa mengunggah konten video atau foto yang telah dijadwalkan sebulan, seminggu, sehari, bahkan beberapa jam sebelumnya.

Dengan adanya layanan penjadwalan konten maka kreator tidak akan ketinggalan unggah konten untuk campaign yang telah direncanakan.

fb stories highlights

Preview Video Facebook

Saat menemukan konten video di facebook biasanya kreator akan diberikan judul video tanpa adanya preview terlebih dahulu.

Hal ini terkadang membuat penonton bertanya-tanya mengenai isi video dan hanya mengandalkan judul video yang mungkin saja mengandung clickbait.

Di tahun 2022, Facebook meluncurkan layanan baru di creator studio yakni layanan preview video dimana penonto bisa melihat preview singkat sepanjang 20 detik dari keseluruhan isi video.

Meskipun creator studio melakukan otomatisasi di preview video namun kreator bisa memilih segmen tertentu yang dirasa mampu menarik perhatian konsumen saat melihat preview video anda.

Adanya preview video ini tentunya menguntungkan kreator karena dapat meningkatkan engagement video yang tentunya dapat membawa pengguna facebook untuk melihat video dengan durasi yang lebih panjang.

fb stories highlights2

Timeline Facebook

Salah satu fitur baru dari creator studio yang diluncurkan di tahun 2022 adalah layanan timeline facebook.

Layanan baru ini dapat digunakan untuk melihat konten yang telah anda unggah di halaman facebook seperti melihat konten yang ada di timeline facebook.

Fitur timeline facebook ini juga memudahkan kreator dalam mengedit konten atau melakukan analisa singkat mengenai konten yang telah anda unggah di halaman facebook.

Facebook Live

Dalam melakukan interaksi dengan konsumen yang dimiliki maka kreator tidak hanya mengunggah konten yang menarik sehingga mampu membuat konsumen berinteraksi dengan postingan anda.

Namun kreator juga bisa melakukan interaksi langsung secara dua arah untuk interaksi yang lebih erat serta konsumen juga bisa melakukan konsultasi mengenai masalah yang dihadapi dengan bantuan produk yang anda miliki.

Salah satu layanan yang bisa melakuka interaksi tersebut adalah facebook live dimana kreator bisa menyapa konsumennya dan memberikan berbagai konten edukasi atau promosi produk secara langsung.

Layanan siaran langsung ini sudah digunakan di berbagai social media dan terbukti ampuh menaikkan engagement dan merekatkan hubungan dengan konsumen apabila diadakan secara terus menerus.

creator studio 21

Fitur Creator Studio di Instagram

Bagi kreator yang baru pertama kali menggunakan layanan creator studio untuk instagram maka kreator akan diminta untuk menyambungkan akun instagram anda terlebih dahulu.

Satu hal yang perlu diketahui oleh kreator adalah creator studio hanya terhubung dengan akun kreator dan akun instagram bisnis.

Saat proses menyambungkan akun instagram anda ke akun creator studio maka kreator akan menemukan proses yang berbeda, apakah akun instagram anda memiliki akun facebook atau tidak sebelumnya.

Setelah kreator menyambungkan akun instagram anda ke creator studio maka kreator akan mendapatkan berbagai layanan berikut :

Creator Studio 22.png

Create Post

Saat menggunakan creator studio untuk instagram maka kreator akan diberikan dua pilihan konten yakni, instagram feed posts dan IGTV.

Sayangnya untuk saat ini konten instagram story belum bisa diunggah melalui creator studio tidak seperti Facebook yang mampu mengunggah konten facebook story melalui layanan ini.

Meskipun begitu, kreator tetap bisa mengunggah konten instagram carousel yang bisa diunggah dan dijadwalkan kapan saja.

Creator Studio 25 1536x661.png

Content Library

Bagi kreator yang sering mengunggah konten di instagram tentunya ingin melihat konten tersebut guna menganalisa kinerja konten yang telah dibuat selama ini.

Kreator tidak perlu pergi ke akun instagram untuk melihat berbagai akun tersebut namun cukup berkunjung ke fitur Content Library.

Pada layanan ini, kreator akan menemukan menemukan berbagai konten yang telah diunggah mulai dari instagram feed hingga story.

Fitur content library sendiri memiliki banyak perbedaan dibandingkan Facebook Library, diantaranya adalah :

Filter content yang dapat memilih status unggahan dan tanggal penayangan konten.

Layanan kolom pencarian

Mengubah tab dengan cepat ke berbagai konten yang tersedia seperti video, photo, carousel, story, dan IGTV.

Tidak hanya itu, kreator bisa memilih untuk merilis konten, menghapus konten, dan juga merilis draft konten untuk diunggah secara otomatis di waktu yang telah ditentukan.

Creator Studio 26.jpg

Kreator juga dapat menganalisa performa konten yang telah diunggah dengan melakukan klik pada ikon view post

Creator Studio 27 1536x624.png

Calendar

Bagi kreator yang sedang menjalankan campaign social media tentunya harus memastikan bahwa konten yang diunggah sudah sesuai dengan jadwal yang ditentukan serta penjadwalan konten sudah sesuai dengan tanggal dan jam yang telah dipilih.

Melihat konten melalui layanan content library tentunya membuat kreator kesulitan untuk melihat tanggal tersebut sehingga bisa jadi kesalahan minor berupa jadwal yang berbeda.

Karenanya agar kreator bisa melihat waktu unggah konten dengan tepat maka kreator bisa menggunaka layanan calendar yang tersedia di creator studio.

Keuntungan lain dari melihat jadwal konten melalui calendar adalah kreator dapat melihat konten dalam tanggal waktu tertentu dengan mudah dengan melakukan pilihan tanggal.

Creator Studio 28

Insights

Layanan insights di creator studio memiliki kesamaan dengan fitur insights yang tersedia di layanan instagram.

Sayangnya insights di creator studio hanya bisa dilihat dalam kurun waktu seminggu bandingkan dengan instagram yang dapat melihat insights dalam jangka waktu sebulan.

Di dalam instagram insights sendiri, kreator bisa menemukan dua jenis analisa :

Activity : Analisa interaksi dengan konsumen yang dimiliki berupa kunjungan ke website tertentu dan impresi serta jangkauan konten

Audience : Kreator dapat melihat jumlah pengikut yang dikumpulkan dalam jangka waktu tertentu, demografi followers, waktu aktif konsumen, serta dimana saja konsumen anda berasal.

Data yang berasal dari instagram insights bisa diakses dalam jangka waktu 90 hari dan setelah itu akan berubah.

pexels josh sorenson 1714208

Cara Menggunakan Layanan Creator Studio

Dengan berbagai layanan yang ditawarkan oleh creator studio tentunya akan memudahkan kreator dalam membuat konten serta mengembangkan akun instagram dan facebook yang dimiliki.

Namun sebelum menggunakan layanan creator studio maka kreator sebaiknya mengetahui tutorial menjalankannya dengan beberapa langkah berikut :

Penjadwalan Konten di Facebook Creator Studio

Salah satu layanan utama yang disediakan oleh creator studio adalah penjadwalan konten facebook.

Layanan ini awalnya hanya bisa digunakan di facebook post kemudian berpindah ke fitur creator studio. Perpindahan ini tentu membuat kreator bingung dalam menjadwalkan konten akibat berpindahnya layanan ini ke tempat lain.

create facebook post in creator studio 600

Cara menjadwalkan konten facebook melalui creator studio pun mudah, kreator cukup melakukan klik pada ikon warna biru yang berada di bagian kiri atas creator studio.

Kreator akan menemukan berbagai konten yang bisa diakses di faceook, yakni mengunggah konten foto, video, story, mengunggah beberapa konten sekaligus, melakukan siaran langsung, serta mengunggah video di halaman facebook lain.

create facebook post in creator studio step 2 600

Apabila kreator melakukan klik pada ikon Create Post maka kreator akan diperlihatkan berbagai fitur yang bisa digunakan saat mengunggah konten.

Setelah kreator selesai menuliskan caption dan memasukkan konten yang diinginkan maka kreator bisa memutuskan untuk mengunggahnya sekarang, menyimpan konten sebagai draft, serta menjadwalkan konten.

create instagram post in creator studio step 1 800

Penjadwalan Konten Instagram

Tidak hanya menjadwalkan konten facebook melalui creator studio namun kreator juga bisa melakukan kegiatan ini untuk instagram.

Cara ini merupakan satu-satunya penjadwalan konten instagram tanpa melakukan website pihak ketiga sehingga tidak perlu mengeluarkan budget lebih banyak.

Hal ini tentunya memudahkan bagi kreator yang lebih suka mengunggah dan membuat konten melalui komputer dibandingkan handphone yang tentunya memiliki keterbatasan layar.

create instagram post in creator studio step 1 800 1

Cara menjadwalkan konten instagram melalui creator studio pun cukup mudah karena kreator cukup melakukan klik pada ikon instagram yang ada di creator studio maka kreator dapat melakukan berbagai penjadwalan konten instagram.

create instagram post in creator studio step 2 650

Pada layanan creator studio untuk instagram, kreator bisa memasukkan gambar dan video serta menjelaskan isi konten melalui caption.

Kreator juga bisa melakukan tag pada akun instagram lain apabila anda melakukan kerjasama denga brand atau influencer lain.

Tidak hanya itu, agar konten anda menjangkau lebih banyak pengguna instagram maka kreator bisa menambahkan instagram hastag di caption anda untuk memprmudah konsumen mencari konten dan akun anda.

Kreator pun bisa memilih mengunggah konten secara langsung, menjadwalkan konten instagram, atau menjadikan konten anda sebagai draft.

post to igtv from creator studio 800

Sedangkan untuk konten IG TV maka kretor bisa mengunggah konten hingga durasi 60 menit, jangan lupa juga untuk menambahkan judul video serta caption untuk menjelaskan isi video.

Kreator bahkan bisa menambahkan link yang dapat membawa penonton anda untuk menuju website yang anda inginkan.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa mengunggah konten secara langsung, menjadwalkan konten video, serta menjadikan konten tersebut sebagai draft untuk sementara.

Instagram juga memiliki konten story dimana pengguna instagram dapat menonton video pendek, penyebaran konten, dan juga gambar dengan penayangan selama satu hari.

Konten story juga kerap kali digunakan sebagai bagian dari promosi karena mudah dibuka oleh pengguna instagram serta jangkauan konten story yang luas.

Tidak hanya itu, instagram juga merilis fitur instagam reels dimana fitur ini mendapatkan banyak perhatian berkat kemudahan melihat berbagai konten video dalam bentuk vertikal.

Instagram reels sendiri terbukti mampu mengkangkau pengguna instagram yang sebelumnya belum pernah mengikuti akun anda.

Sayangnya, fitur instagram story dan reels belum tersedia di creator studio sehingga kreator harus mengunggah konten secara manual atau mengguankan bantuan pihak ketiga.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.