youtube 1684601 640 1

4 Jenis Konten Youtube yang Perlu Diketahui

Kenali lebih dalam mengenai jenis konten youtube video untuk memanfaatkan fitur youtube secara maksimal.

Youtube telah menjadi bagian dari keseharian banyak pengguna internet, dimana anda dapat menikmati hiburan dari berbagai kreator terkenal.

Variasi jenis konten youtube yang beragam menjadikan banyak orang tertarik untuk memulai karir di youtube dengan membuat video yang menarik.

Namun, anda mungkin merasa bingung mengenai jenis konten youtube yang bisa dikembangkan di social media satu ini dan tentunya sesuai dengan tampilan yang ingin anda perlihatkan di Youtube.

Karenanya berikut beberapa jenis konten yang perlu diketahui dan bisa anda manfaatkan dengan baik.

b5s87bRtTCadOOD4Nbg8

Youtube Video

Saat mengakses aplikasi youtube di handphone atau personal computer, anda pasti menemukan berbagai rekomendasi video yang bisa anda tonton untuk menghibur diri atau menambah wawasan baru.

Rekomendasi youtube biasanya muncul dari kebiasaan pengguna mencari dan menonton video dengan tema tertentu dalam jangka waktu lama.

Sehingga youtube akan merekomendasikan video yang sekiranya disukai oleh penonton dan terus ditonton berulang-ulang.

Banyaknya pengguna youtube aktif juga selaras dengan konten youtube video yang terus bertambah dari hari ke hari.

Tidak hanya itu, jenis konten youtube video juga menjadi pilihan utama kreator saat hendak memulai karir di youtube dengan membuat konten video yang menarik.

Namun, sebelum memulai karir sebagai youtube yang sukses, maka ketahui dulu berbagai ide konten youtube bagi pemula serta cara promosinya.

Ide Konten Youtube Bagi Pemula

Bagi pemula yang hendak membuat video youtube untuk pertama kali, mungkin saja akan mengalami kebingungan mengenai ide konten youtube yang menarik.

Anda bisa memulai dengan membuat topik video di kalangan pengguna video sehingga memudahkan anda untuk dipromosikan oleh Youtube karena topik yang sedang disukai oleh banyak menjadi pencarian pertama.

Namun, anda akan mengalami kesulitan saat tidak ada topik video populer yang bisa diangkat menjadi konten youtube yang menarik.

Karenanya anda bisa memulai dengan membuat konten youtube berdasarkan minat dan kesukaan anda, sehingga lebih konsisten dalam membuat konten video serta melakukan evaluasi untuk menghadirkan konten youtube yang menarik.

Cara Promosi Konten Youtube Video

Setelah mengunggah konten video youtube, anda tentunya ingin mendapatkan penonton yang terus bertambah dari hari ke hari.

Sayangnya, kreator pemula biasanya kesulitan untuk mendapatkan penonton pertama karena belum memiliki penggemar dan belum dikenal oleh pengguna youtube lainnya.

Namun tidak perlu sedih, anda bisa mempromosikan konten youtube video melalui berbagai cara yang kreatif dan unik.

Pertama adalah memanfaatkan youtube ada untuk menjangkau target audience yang diinginkan dengan potongan video yang disematkan di konten lain yang memiliki jumlah penonton yang lebih banyak.

Akan tetapi, cara ini akan mengeluarkan banyak biaya sesuai dengan jangkauan video, jenis iklan yang digunakan, serta durasi penayangan iklan.

Kedua adalah memasarkan konten youtube video ke akun social media pribadi untuk ditonton oleh kenalan atau teman dekat.

Sehingga anda bisa mendapatkan penonton pertama yang akan membantu memberikan kritik dan saran yang membangun.

Ketiga adalah bergabung dengan komunitas topik tertentu yang berkaitan dengan konten video anda, sehingga sembari memaparkan pendapat, maka anda juga bisa membagikan konten youtube yang relevan dengan masalah tersebut.

Cara Analisa Konten Youtube Video

Apabila anda telah mengunggah berbagai konten video serta memasarkannya ke berbagai platform social media, maka jangan lupa untuk melakukan analisa konten youtube video.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengukur performa konten video dalam jangka waktu tertentu serta menyusun strategi promosi video yang tepat.

Guna mengakses informasi performa video, maka anda bisa berkunjung ke youtube dashboard dan masuk ke fitur analytics, dimana anda akan menemukan berbagai informasi insight video dalam jangka wkatu tertentu.

jenis konten youtube live streaming

Youtube Live Streaming

Seorang kreator yang telah berkecimpung lama di youtube, biasanya akan memiliki penggemar setia yang tertarik pada konten youtube yang dimiliki.

Kesukaan mengenai kreator tertentu membuat penggemar ingin mengenal lebih dekat dengan youtube influencer kesayangan.

Guna meningkatkan interaksi dengan penggemar yang dimiliki, anda tidak hanya membalas berbagai komentar yang masuk, namun anda juga bisa melakukan siaran langsung.

Dimana anda bisa melakukan interaksi dua arah secara langsung sehingga mengeratkan hubungan satu sama lain.

Tidak hanya itu, apabila anda berhasil memanfaatkan youtube live streaming dengan baik, maka anda memiliki peluang untuk mendapatkan uang dari youtube.

Karenanya berikut keuntungan melakukan youtube live streaming secara rutin serta ide konten siaran langsung yang menarik.

Apa Itu Youtube Live Streaming

Youtube tidak hanya bisa digunakan untuk mengunggah konten video yang unik dan menarik, namun anda juga bisa menggunakannya sebagai media interaksi dengan penggemar melalui fitur youtube live streaming.

Dimana kreator bisa menjawab berbagai pertanyaan yang masuk di kolom komentar untuk menghasilkan interaksi dua arah yang efektif.

Kemudahan dalam mengakses youtube live streaaming menjadikan social media ini bersanding dengan platform live streaming lain, Twitch yang terkenal akan siaran langsung untuk konten gaming.

Kreator youtube biasanya menggunakan layanan youtube live streaming untuk menyiarkan berbagai konten yang relevan dengan topik yang disukai, misalnya konten memasak, tutorial memasak, stand up comedy, dan lain sebagainya.

Keuntungan Melakukan Youtube Live Streaming

Youtube live streaming tidak hanya berguna untuk mendekatkan diri dengan penggemar yang dimiliki, namun kreator juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan tambahan dengan melakukan siaran langsung secara rutin.

Salah satunya adalah peluang mendapatkan uang dari youtube melalui hadiah yang dikirimkan oleh penggemar anda.

Hadiah tersebut berupa kiriman uang dalam jumlah tertentu dalam berbagai mata uang di seluruh dunia.

Sehingga penonton internasional yang tertarik pada konten siaran langsung tersebut bisa mengirimkan apresiasi dengan mengirimkan sejumlah uang dengan nominal tertentu.

Tidak hanya itu, penggemar juga memanfaatkan fitur super sticker atau super chat, sehingga berbagai pertanyaan yang masuk bisa langsung dibaca oleh kreator.

Meskipun begitu, fitur super sticker bisa dibeli dengan nominal tertentu yang hasilnya bisa diubah dalam bentuk uang tunai.

Ide Konten Youtube Live Streaming

Basis penggemar yang cukup besar serta peluang mendapatkan uang dari youtube, mungkin membuat kreator berfikir untuk mencoba fitur youtube live streaming.

Namun, sebelum melakukan youtube live streaming, maka intip dulu beberapa ide konten siaran langsung yang menarik dan bisa digunakan untuk jangka panjang.

Pertama adalah konten tutorial dimana anda bisa menunjukkan keahlian anda di bidang tertentu.

Pada kesempatan ini, penonton juga bisa mencoba tutorial anda secara langsung dan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan praktik tersebut.

Semakin unik konten tutorial yang dibuat maka akan membuka peluang bagi penonton untuk melihat siaran tersebut dalam jangka waktu lama atau mengirimkan stiker dengan nominal uang tertentu.

Kedua adalah konten live gaming yang biasa dimanfaatkan oleh kreator game tertentu, dimana anda mengajak seseorang secara acak untuk bermain game bersama.

Pertandingan yang berlangsung seru dan sengit menjadikan penonton betah menonton konten live streaming gaming yang diadakan, bahkan anda bisa mengajak penonton untuk bermain bersama agar kompetisi semakin seru.

Ketiga adalah konten tanya jawab mengenai topik tertentu yang sedang naik daun dan menjadi perbincangan di kalangan komunitas.

Konsep ini bisa digunakan oleh kreator youtube yang  fokus membahas topik tertentu sehingga penonton tertarik untuk bergabung dengan diskusi tersebut.

Kesamaan konsep dengan topik siaran langsung di social media lain, menjadikan ide konten tanya jawab bisa digunakan oleh kreator youtube pemula.

youtube live shopping

Youtube Live Shopping

Kemajuan teknologi internet yang semakin pesat tidak hanya memudahkan untuk membuat dan melihat konten social media yang menarik.

Namun, anda juga bisa berbelanja dari rumah melalui handphone, sehingga tidak perlu memakan banyak waktu untuk berbelanja ke pusat perbelanjaan.

Tren berbelanja dari rumah juga di dukung dengan kehadiran berbagai website brand atau marketplace yang memudahkan anda untuk belanja dari rumah.

Sehingga tidak mengeherankan apabila tren social commerce semakin meningkat di kalangan social media terkenal, seperti Tiktok, Instagram, dan Facebook.

Popularitas social commerce yang meningkat juga menjadikan Youtube menyediakan layanan untuk melakukan transaksi jual beli di channel youtube kreator atau melalui youtube live shopping.

Dimana fitur ini menguntunkan bagi sebuah brand untuk mempromosikan produk terbarunya atau influencer youtube yang juga memliki usaha sampingan jual beli produk tertentu.

Sehingga apabila anda memiliki konsumen yang sangat besar di Youtube maka layanan ini bisa menjadi pilihan utama.

Apa Itu Youtube Live Shopping

Fitur youtube live shopping memiliki kesamaan dengan fitur siaran langsung lainnya di social media, hanya saja terdapat berbagai tambahan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk memasukkan produknya di katalog belanja yang dimiliki.

Sehingga konsumen yang melihat produk yang dipromosikan bisa langsung melakukan transaksi tanpa perlu berkunjung ke website brand atau akun marketplace brand tertentu.

Tidak hanya itu, kemudahan pembayaran secara tanpa uang tunai juga akan memudahkan transaksi, sehingga anda tidak perlu menunggu kurir untuk mengantarkan barang anda kemudian melakukan pembayaran secara langsung.

Selain itu, penonton juga bisa mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan produk yang dipamerkan melalui kolom komentar, sehingga menjadi pertimbangan untuk membeli produk tersebut atau beralih ke brand lain.

Keuntungan Menggunakan Youtube Live Shopping

Kebiasaan berbelanja yang berubah menjadikan pelaku usaha juga harus beradapyasi untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Salah satunya adalah melakukan siaran langsung di akun social media yang dimiliki untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Tidak hanya itu, penonton juga mendapatkan kemudahan dalam melakukan transaksi pembelian barang tertentu yang ditampilkan saat siaran langsung.

Sehingga konsumen tidak perlu mengakses website brand atau akun marketplace untuk mendapatkan barang yang diinginkan secara cepat.

Cara Menggunakan Youtube Live Shopping

Penggunaan youtube live shopping tentunya memiliki kesamaan dengan fitur siaran langsung lainnya, hanya saja terdapat beberapa tambahan fitur yang perlu anda tambahkan untuk menampilkan produk yang anda promosikan di Youtube.

Pertama adalah masuk ke live control room dimana anda akan menemukan fitur shopping tab untuk menambahkan produk yang akan disiarkan di youtube live shopping.

Pada fitur ini anda bisa menambahkan setidaknya 30 produk yang akan ditampilkan selama siaran youtube live shopping, sehingga anda perlu memilih berbagai produk secara tepat dan laris di pasaran.

Setelah semua produk dipilih maka anda Youtube akan menyimpan berbagai produk tersebut dan akan ditampilkan selama siaran langsung berlangsung.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan pinned product yang bisa digunakan untuk menampilkan produk unggulan yang membantu konsumen untuk memilih produk yang ingin ditampilkan dengan cepat dan mudah.

Pastikan juga anda menampilkan diskon potongan harga serta voucher tertentu yang bisa dimanfaatkan konsumen saat transaksi berlangsung.

Ide Konten Youtube Live Shopping 

Fitur youtube live shopping memang memungkinkan anda melakukan transaksi secara langsung selama siaran berlangsung.

Namun tipe konten yang diulang berulang kali mungkin akan membuat penonton bosan dan kurang tertarik mengikuti siaran langsung yang diadakan.

Karenanya berikut beberapa ide konten youtube live shopping yang bisa anda gunakan untuk variasi konten yang menarik.

Pertama adalah tutorial produk dimana anda menunjukkan berbaga produk tertentu untuk digunakan secara langsung di hadapan penonton.

Sehingga penonton yang melihatnya bisa tertarik untuk membeli setelah melihat peragaan produk tersebut.

Kedua adalah tanya jawab dimana anda menjawab berbagai pertanyaan konsumen yang masuk di kolom komentar video atau selama siaran langsung.

Sehingga konsumen yang masih ragu untuk membeli produk anda semakin tertarik untuk mencobanya pertama kali.

Ketiga adalah launching produk tertentu dimana anda menampilkan penampilan peluncuran produk yang biasanya dihadiri oleh selebriti dan influencer social media.

Dengan mengikutsertakan konsumen pada acara peluncuran produk, maka akan membantu konsumen memiliki ikatan yang baik dengan brand anda, sehingga meningkatka royalitas dan loyalitas.

Pada peluncuran produk tersebut, anda juga bisa melakukan pinned chat produk yang ditampilkan di layar, sehingga konsumen yang mengikuti acara tersebut tertarik membeli secara langsung.

Keempat adalah melakukan kegiatan live shopping seperti yang diadakan di social media lainnya.

Dimana anda bisa menampilkan produk yang sedang laris dan mencampurnya dengan produk lain agar penjualan semakin merata.

Melakukan live shopping secara rutin juga akan membantu meningkatkan penjualan dari Youtube.

Agar hasil live shopping semakin maksimal, maka anda bisa mengajak influencer youtube untuk melakukan siaran bersama, sehingga mengundang lebih banyak penonton.

eIwmUXz1TbWhDYzm25dw

Youtube Shorts 

Ketenaran konten video pendek di kalangan pengguna internet, membuat platform social media berlomba-lomba membuat fitur yang sama.

Hal ini juga diikuti oleh Youtube yang memiliki fitur video pendek yang memudahkan kreator untuk membuat konten durasi pendek dengan mudah dan cepat.

Youtube shorts juga di dukung dengan berbagai fitur yang mumpuni dan memudahkan penggunanya membuat konten video pendek dengan mudah.

Kemudahan ini yang membuat fitur shorts menjadi primadona di kalangan pengguna youtube dengan jumlah penonton aktif mencapai miliaran orang dan terus bertambah dari hari ke hari.

Tidak hanya itu, fitur youtube shorts memilik keuntungan yang menarik bagi kreator serta ide konten yang unik.

Keuntungan Menggunakan Youtube Shorts

Popularitas youtube shorts di kalangan pengguna youtube juga memberikan keuntungan bagi penggunanya. Berikut beberapa keuntungan dari menggunakan fitur youtube shorts bagi kreator :

Pertama adalah kemudahan untuk membuat konten shorts, biasanya saat membuat konten video biasa, kreator perlu memiliki berbagai fitur khusus untuk menghasilkan konten yang menarik dan dilirik oleh algoritma youtube.

Namun, berbeda dengan konten youtube shorts dimana anda hanya perlu membutuhkan handphone di tangan serta ide konten yang menarik, maka konten video anda akan dilirik oleh banyak orang.

Selain itu, terdapat banyak challenge atau konten yang menarik di shorts yang bisa anda gunakan sebagai ide konten yang selanjutnya.

Kedua adalah kemudahan melakukan interaksi dengan penonton melalui fitur komentar atau reply comment sehingga memudahkan anda menjawab pertanyaan penonton dengan konten baru.

Tips Menggunakan Youtube Shorts

Salah satu kelebihan lainnya menggunakan youtube shorts adalah kemudahan untuk menjangkau target audience yang lebih luas melalui konten yang menarik dengan durasi yang singkat.

Sehingga youtube shorts cocok digunakan untuk memasarkan channel youtube yang anda miliki atau menjangkau target audience yang lebih luas.

Hal ini dikarenakan jangkauan konten yang mencapai pengguna youtube di luar pengikut anda serta disediakan tombol sunscribe, sehingga penonton yang tertarik pada konten shorts akan mengikuti akun anda.

Meskipun begitu, anda juga perlu memberikan ciri khas sendiri yang membuat penonton tertarik melihat konten anda, sehingga menjangkau audience yang lebih luas.

Buat Konten Durasi Pendek

Durasi youtube short yang lebih singkat dibandingkan fitur youtube video menjadikan kreator mungkin mengalami kesulitan dalam membuat konten video untuk pertama kali.

Meskipun begitu, anda masih bisa mengambil perhatian penonton melalui youtube short dengan cara mudah.

Pertama adalah tarik perhatian penonton di awal video dengan langsung membicarakan masalah atau topik yang dibahas.

Sehingga penonton dapat memahami isi video dengan baik serta menonton video hingga tuntas.

Konten short dengan durasi yang pendek tentunya akan membantu meningkatkan interaksi berkat kemudahan memahami isi konten yang menarik.

Gunakan Fitur Replay

Keunikan konten short dibandingkan fitur lainnya adalah video anda dapat berputar terus menerus kecuali penonton mengalihkannya ke video lain.

Cara ini akan membuat penonton melihat video anda berulang kali sehingga membantu menambah jumlah pengikut.

Sehingga untuk menambah jumlah penonton secara cepat maka penggunaan fitur replay bisa menjadi pertimbangan.

Anda juga bisa membuat konten yang terkesan berulang sehingga membuat penonton tidak sadar melihatnya berkali-kali.

Memahami Format Video

Meskipun berada di naungan platform yang sama, namun konten short serta video biasa memiliki banyak perbandingan yang mencolok.

Pertama adalah ukuran video yang berbentuk vertikal sehingga penonton tidak perlu kesulitan untuk membalik handphone guna mendapatkan pengalaman menonton yang terbaik.

Kedua adalah durasi video yang hanya sepanjang 60 detik sehingga kreator tidak perlu membuat konten yang terlalu panjang.

Ketiga adalah tambahan fitur shorts, seperti question box dimana kreator bisa menjawab berbagai pertanyaan penonton yang masuk ke dalam kolom komentar, sehingga membantu meningkatkan interaksi dengan cepat.

Berbagai format dan fitur tambahan tersebut perlu kreator ketahui untuk menghasilkan konten short yang sesuai.

Berikan Thumbnail Video yang Menarik

Salah satu alasan pengguna youtube menonton konten short adalah tampilan thumbnail yang menarik.

Dimana anda bisa memasang judul video yang memancing rasa penasaran penonton serta gambar yang menarik, sehingga membuat penonton tertarik untuk melihatnya.

Pastikan juga anda menggunakan font yang lebih besar serta penggunaan warna yang mencolok, sehingga membuat penonton penasaran dan tertarik untuk melihat video yang ditampilkan.

Penggunaan lagu yang viral juga bisa menjadi daya tarik yang membuat penonton melihat video anda hingga akhir.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *