youtube influencer

Youtube Influencer Marketing : Cara Baru Promosi di Youtube

Penggunaan youtube influencer marketing yang tepat akan membantu promosi produk dan layanan semakin optimal.

Bagi pengguna internet yang hobi mengakses youtube setiap hari, tentunya menonton konten dari influencer kesayaangan menjadi pilihan utama.

Hal ini dikarenakan anda dapat menonton pembahasan mengenai topik tertentu sembari melakukan kegiatan lain.

Di sisi lain, saat anda menonton konten youtube tertentu, mungkin saja akan menemukan berbagai penempatan produk yang diletakkan berdekatan dengan host tersebut.

Peletakan produk di dekat layar tersebut menjadi salah satu strategi youtube influencer marketing yang akan membuat penonton tertarik pada produk yang dipromosikan secara tidak langsung.

Penggunaan youtube influencer marketing sendiri banyak digunakan oleh berbagai brand besar, mengingat jangkauan target audience yang luas dan berasal dari berbagai kalangan.

Tidak hanya itu, Youtube juga menjadi social media kedua yang banyak digunakan untuk influencer marketing.

Sehingga pelaku usaha bisa memanfaatkannya dengan berkolaborasi dengan influencer tertentu seperti yang dilakukan di social media lainnya.

Namun, sebelum menggunakan strategi youtube influencer marketing maka ketahui dulu jenis-jenis promosi yang tepat serta cara memaksimalkannya.

apa itu youtube influencer marketing

Apa Itu Youtube Influencer Marketing

Saat mengakses halaman youtube miliki influencer tertentu, anda biasanya akan menemukan berbagai konten ulasan produk yang melakukan kolaborasi dengan produk tertentu.

Biasanya influencer youtube akan menceritakan pengalamannya saat menggunakan produk tersebut, seperti perubahan yang signifikan dan membuat penonton tertarik untuk membelinya.

Jumlah pengikut yang banyak dan royal serta cara menyampaikan ulasan produk yang menarik, menjadikan promosi melalui youtube influencer marketing disukai oleh berbagai brand terkenal untuk mempromosikan produk dan layanan terbaru.

Youtube influencer marketing merupakan strategi promosi menggunakan influencer tertentu untuk memasarkan produk dan layanan yang dimiliki oleh sebuah brand.

Agar promosi tidak terlalu terlihat menjual dan memaksa pembeli, influencer biasanya melakukan pendekatan dengan membuat konten saat menggunakan produk tertentu yang hasilnya diunggah di channel youtube agar bisa ditonton oleh banyak orang.

Tidak hanya itu, beberapa influencer youtube yang memiliki program podcast biasanya meletakkan produk tertentu sebagai properti tambahan, sehingga penonton bisa melihat barang tersebut dan tertarik untuk membelinya.

Meskipun terkesan sederhana dan tidak menonjol, namun promosi melalui youtube influencer marketing memiliki berbagai keuntungan yang tidak main-main.

Keuntungan Menggunakan Youtube Influencer Marketing

Youtube tidak hanya terkenal memiliki jumlah pengguna yang banyak dan berasal dari berbagai kalangan.

Namun, social media ini juga memiliki berbagai fitur tambahan yang dapat membuat penggunanya tertarik untuk membuat atau melihat berbagai konten yang disajikan.

Sehingga tidak mengherankan apabila youtube juga populer sebagai media promosi melalui strategi youtube influencer marketing.

Durasi Video Youtube yang Panjang

Salah satu kelebihan youtube dibandingkan social media lainnya adalah durasi video yang lebih panjang dibandingkan platform lainnya.

Dimana kreator dan influencer youtube bisa memanfaatkannya untuk mengunggah konten dengan durasi yang lebih lama, sehingga dapat menghibur pengikutnya.

Sementara bagi marketer social media, durasi youtube yang panjang bisa dimanfaatkan untuk menampilkan produk dan layanan yang dimiliki dengan maksimal, karena tidak terganggu dengan durasi video yang pendek.

Marketer juga bisa memanfaatkan durasi youtube untuk melakukan kolaborasi promosi produk dengan mengulas produk tertentu serta menempatkannya sebagai properti tambahan di video youtube tersebut.

Fitur Youtube Shorts Sebagai Media Promosi

Meskipun youtube memiliki durasi video yang panjang, namun platform satu ini juga memiliki fitur untuk konten video pendek bernama Youtube shorts.

Melalui penggunaan fitur ini, pengguna bisa mengunggah konten video dengan durasi yang lebih pendek, sehingga tidak menyulitkan untuk memikirkan konsep serta mengedit video yang tentunya menghabiskan banyak waktu.

Keberadaan fitur youtube shorts ini juga disukai oleh pengguna youtube mengingat ketenaran konten video pendek yang tengah naik daun.

Hal ini juga terlihat dari jumlah penonton youtube shorts yang mencapai 1.5 miliar pengguna aktif dan tersebar di seluruh dunia.

Sehingga youtube juga menambah berbagai layanan baru yang akan membuat kreator tertarik untuk membuat berbagai jenis konten yang menarik.

Popularitas youtube shorts yang meningkat juga bisa dimanfaatkan oleh brand tertentu untuk mempromosikan produknya melalui konten shorts bersama dengan influencer tertentu.

Dimana influencer tersebut akan memasarkan produk anda dengan cara yang lebih singkat namun menarik, sehingga membuat penonton tertarik untuk membeli produk tersebut.

cara penggunaan youtube influencer marketing

Cara Penggunaan Youtube Influencer Marketing

Pada promosi menggunakan pendekatan youtube influencer marketing, kreator bisa menggunakan berbagai pendekatan promosi yang sesuai dengan konten yang dimiliki dan tentunya memiliki hasil yang berbeda-beda.

Contohnya apabila anda memiliki influencer youtube kecantikan maka biasanya mereka akan berfokus pada konten ulasan atau unboxing produk, sehingga penonton dapat melihat produk anda lebih dekat dan detail.

Sementara pada influencer youtube yang memiliki konten diskusi, maka promosi hanya dilakukan dengan meletakkan produk tertentu tanpa melakukan ulasan tertentu.

Karenanya penting bagi marketer untuk mengetahui promosi youtube influencer marketing yang tepat agar hasil yang diberikan semakin maksimal.

Penggunaan Produk Sebagai Properti Tambahan

Bagi pengguna internet yang gemar menonton konten podcast di youtube, anda pasti pernah melihat produk tertentu yang diletakkan di sisi kanan atau kiri pembicara.

Peletakan produk tersebut tidak hanya sebagai properti tambahan, namun juga bisa dikonsumsi pembicara selama proses penyutingan berlangsung.

Sebenarnya peletakan produk tersebut dilakukan sebagai tujuan promosi produk, dimana kreator hanya meletakkan barang tertentu yang bisa dikonsumsi selama acara tersebut.

Meskipun terkesan sepele, penonton bisa saja tertarik pada produk tersebut setelah melihat bagaimana kreator menikmati produk selama proses perekaman video.

Sehingga promosi melalui peletakan produk cocok bagi brand makanan dan minuman yang sedang memasarkan barang terbaru atau andalannya.

Di sisi lain, penggunaan produk sebagai properti tambahan dinilai kurang efektif, karena penonton kurang mengetahui deskripsi barang serta hanya melihat bagaimana reaksi pembicara saat menikmati produk tersebut.

Agar promosi produk melalui pendekatan ini semakin efektif, maka anda bisa meminta influencer tersebut untuk menjelaskan produk tersebut di awal atau akhir video, sehingga penonton memahami produk yang sedang dinikmati oleh kreator.

Ulasan Produk dan Layanan Tertentu

Tipe promosi kedua yang sering ditemukan di youtube influencer marketing adalah mengulas produk atau layanan tertentu.

Promosi satu ini biasanya digunakan oleh influencer youtube yang menekuni bidang kecantikan atau teknologi, dimana mereka aktif mengulas produk tertentu atau membagikan tips merawat diri terbaik.

Pada penggunaan promosi ini, influencer akan menjelaskan kelebihan produk, baik berupa kemasan, tampilan produk, bahkan pengapilikasiannya sehingga membuat penonton tertarik untuk membeli barang tersebut.

Apalagi jika influencer tersebut memiliki konten yang dapat memberikan wawasan baru dan memengaruhi penontonnya serta sudah memiliki nama sendiri di bidang tertentu.

Hal ini akan membuat penonton percaya pada ulasan yang diberikan sehingga membuat mereka tertarik untuk membeli produk yang telah diulas sebelumnya.

Kolaborasi ulasan produk juga bermanfaat bagi brand yang baru saja mengeluarkan produk terbaru dan melakukan promosi untuk memikat penonton membeli produk tersbeut.

Video Unboxing

Saat merilis produk baru biasanya sebuah brand akan membuat bundle set yang berisi berbagai macam barang dalam satu kemasan.

Penggunaan bundle set ini juga bisa digunakan sebagai ide konten promosi berupa video unboxing produk yang dilakukan oleh influencer youtube.

Dimana influencer tersebut akan mengulas isi bundle set tersebut dan menyebutkan berbagai kelebihan dan kekurangan produk yang diberikan.

Penyampaikan ulasan yang menarik juga akan membuat penonton tertarik pada produk yang ditawarkan, sehingga tertarik untuk membelinya saat perilisan nantinya.

Pada pemilihan influencer youtube untuk melakukan promosi video unboxing maka anda bisa memilih dua jenis influencer.

Pertama adalah kreator yang memiliki kesamaan industri dengan produk anda sehingga ulasan dapat tersampaikan ke konsumen yang tepat.

Kedua adalah memilih kreator yang memiliki minat pada tema bundle set yang anda sajikan, dimana anda menyasar konsumen yang menyukai tema tertentu dan tertarik membeli produk yang memiliki kaitan dengan tema tersebut.

Pada penggunan promosi video unboxing biasanya kreator akan memberikan deskripsi bahwa video tersebut disponsore oleh produk tertentu.

Pemberian deskripsi ini dilakukan agar penonton mengetahui bahwa kreator mendapatkan produk tersebut dari sponsor.

Product Hauls

Banyaknya produk yang dimiliki oleh sebuah brand menjadikan konsumen terkadang bingung untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Guna mengedukasi penonton mengenai produk yang sesuai kebutuhan serta mempromosikan berbagai barang dan layanan yang dimiliki, maka anda bisa menggandeng influencer youtube untuk melakukan product hauls.

Dimana influencer tersebut akan berbelanja berbagai produk yang dimiliki oleh sebuah brand kemudian mengulas satu persatu secara detail.

Proses berbelanja produk serta penyantuman harga agar membuat penonton mendapatkan pencerahan mengenai berbagai produk tertentu sehingga bisa menjadi rekomendasi ke depannya.

Penggunaan konten promosi product hauls sendiri memiliki sasaran konsumen yang lebih luas, dimana berbagai brand dapat menggunakan promosi untuk mengenalkan produk yang dimiliki ke target audience.

Selain itu, sebuah brand bisa mengirimkan berbagai produk yang dimiliki kepada influencer youtube untuk diulas secara lebih dalam untuk memikat penontonnya.

Konten Daily Life

Konten daily life menjadi salah satu video yang paling banyak diminati oleh pengguna social media, dimana anda bisa melihat keseharian seseorang untuk melakukan kegiatan tertentu yang relevan dengan pekerjaannya.

Berbagai latar belakang pekerjaan serta kegiatan yang dilakukan menjadikan konten daily life banyak disukai oleh kreator dan influencer youtube.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memanfaatkan konten daily life sebagai media promosi yang mutakhir.

Misalnya saja anda baru saja membuka cabang toko baru di suatu tempat, maka anda bisa meminta influencer youtube untuk membuat konten daily life sembari berkunjung ke toko tersebut.

Promosi produk yang terlihat natural menjadikan penonton tertarik untuk melihat konten tersebut dan tertarik untuk mengunjungi gerai yang baru saja anda buka.

Tidak hanya itu, anda juga bisa meminta influencer youtube untuk membuat konten daily life dimana mereka mencoba berbagai produk anda selama sehari penuh.

Cara ini sebagai pendekatan promosi produk namun tanpa penjelasan yang terlalu detail namun tetap memikat banyak orang untuk menontonnya.

Tutorial Produk

Sebuah produk yang baru saja diluncurkan di pasaran terkadang membuat bingung konsumen mengenai cara penggunaan produk yang tepat.

Guna mengatasi masalah ini, anda bisa membuat konten edukasi mengenai cara penggunaan produk sekaligus masalah yang bisa diatasi oleh produk tersebut.

Namun, untuk menjangkau konsumen yang lebih luas maka anda bisa menggunakan influencer youtube untuk membuat konten tutorial produk khusus.

Dimana influencer akan memberikan cara menggunakan produk tersebut secara maksimal kepada penontonnya yang mungkin saja sudah menjadi konsumen anda.

Cara ini tidak hanya efektif sebagai konten edukasi yang menarik namun memikat penonton untuk menggunakan produk tersebut setelah melihat hasil yang yang diberikan.

Pada proses kolaborasi ini anda bisa meminta influencer youtube tertentu untuk membuat konten promosi tutorial produk tentunya dengan benefit yang menguntungkan kedua belah pihak.

Anda juga bisa meminta influencer youtube untuk mencantumkan website brand dengan voucher tertentu, sehingga penonton yang tertarik pada produk tersebut bisa langsung melakukan transaksi sehingga anda dapat memiliki konsumen potensial baru.

Giveaway Produk

Pemberian produk yang sedang naik daun tentunya disukai oleh konsumen, agar event giveaway yang diadakan menjadi lebih meriah maka anda bisa mengajak kolaborasi influencer youtube untuk mempromosikan acara yang anda lakukan.

Caranya adalah meminta influencer youtube untuk membuat konten tutorial atau ulasan produk tertentu, kemudian pada menit-menit terakhir maka influencer tersebut bisa mengumumkan sesi giveaway yang diadakan bersama produk kecantikan tertentu.

Promosi jenis ini dianggap efektif karena konsumen yang tertarik pada produk anda bisa mengikuti sesi giveaway tersebut untuk mendapatkan berbagai produk yang diinginkan.

Namun, agar sesi giveaway semakin meriah maka anda bisa meminta konsumen untuk melakukan berbagai tantangan.

Misalnya saja meminta konsumen untuk mengulas produk dari brand tertentu yang dimiliki atau memberikan alasan mengapa mereka layak untuk mendapatkan produk tersebut.

Cara ini dilakukan agar konten giveaway anda dapat menjangkau konsumen yang lebih luas, namun dapat memasarkan produk dan brand anda secara efektif.

tips maksimalkan influencer youtube marketing

Tips Maksimalkan Youtube Influencer Marketing

Promosi yang sesuai juga akan menghasilkan hasil yang tepat apabila dibarengi dengan strategi marketing yang sesuai.

Agar strategi youtube influencer marketing semakin maksimal maka beberapa pemilihan berikut bisa anda lakukan sebelum melakukan promosi di youtube.

Temukan Youtube Infuencer yang Tepat

Langkah pertama yang bisa anda lakukan setelah menyusun berbagai macam bugdet serta campaign yang sesuai adalah memilih influencer youtube yang tepat.

Pemilihan ini dilakukan agar produk anda tidak hanya viral namun dapat menjangkau konsumen yang tepat.

Pastikan anda memilih influencer youtube yang memiliki minat dan topik yang relevan dengan industri anda, sehingga hasil yang diberikan semakin maksimal.

Pada proses pemilihan kreator ini anda bisa mencarinya melalui beberapa cara yang efektif :

Pertama adalah melakukan pencarian melalui kata kunci tertentu dimana anda akan diberikan rekomendasi kreator youtube yang memiliki konten dengan jumlah penonton yang cukup banyak.

Namun, apabila anda aktif menonton video youtube yang memiliki tema tertentu maka anda bisa mungkin telah mengantongi nama influencer youtube yang akan diajak kerjasama untuk promosi produk.

Kedua adalah menggunakan website khusus yang dapat memberikan rekomendasi influencer youtube yang memiliki topik konten yang relevan dengan jumlah penonton yang cukup tinggi.

Pada penggunaan website ini, anda akan diberikan beberapa rekomendasi influencer youtube yang memiliki jumlah penonton beragam, sehingga bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan promosi dan budget yang dimiliki.

Penggunaan website ini juga cukup mudah, karena anda hanya perlu mengetikkan kata kunci tertentu kemudian secara otomatis akan diberikan rekomendasi influencer youtube yang sesuai keinginan.

Ketiga adalah bertanya kepada konsumen mengenai influencer youtube yang disukai sehingga menjadi rekomendasi kreator yang bisa diajak kerjasama untuk promosi produk.

Pada pemilihan influencer youtube yang terbaik, anda tidak hanya menghitung jumlah pengikut yang dimiliki, namun jumlah penonton serta engagement yang diberikan pada konten tersebut.

Pengukuran ini dilakukan untuk mengetahui apakah penonton akan tertarik pada konten promosi yang anda lakukan dengan influencer tersebut atau malah mengabaikannya.

Berikan Benefit yang Menguntungkan

Setelah memilah dan memilih influencer youtube yang tepat maka inilah saatnya untuk menghubungi kreator yang diinginkan.

Pada proses pemilihan influencer ini, biasanya akan terjadi proses negosiasi, antara kedua belah pihak, salah satunya adalah mengenai benefit yang diberikan.

Anda mungkin saja bisa langsung memberikan nominal uang sesuai dengan rate card yang dimiliki oleh influencer tersebut.

Akan tetapi, apabila budget promosi yang dimiliki terbatas, maka anda bisa mengatasinya dengan memberikan berbagi macam benefit yang menguntungkan : 

Kompensasi Uang : Pemberian sejumlah uang sesuai dengan biaya promosi yang ditawarkan, biaya endorsement juga akan bertambah apabila anda melakukan penempatan produk di beberapa video sekaligus. 

Pemberian Produk : Apabila anda menyasar influencer youtube dengan jumlah pengikut yang sedikit namun memiliki hasil engagement yang lumayan, maka anda bisa memberikan beberapa produk secara gratis sebagai kompensasi promosi produk.

Affiliate Marketing : Anda juga bisa memberikan keuntungan tambahan bagi influencer youtube berupa voucher dan link khusus yang bisa diakses oleh penonton yang dimiliki da tertarik pada produk yang dipromosikan di video tersebut, semakin banyak konsumen yang melakukan transaksi melalui link tertentu maka influencer tersebut akan mendapatkan hasil yang berlipat ganda.

Berikan Kebebasan Membuat Konten Promosi

Salah satu alasan mengapa konten promosi biasanya kurang diminati oleh pengguna youtube adalah isi konten yang tidak sesuai dengan kebiasaan kreator.

Sehingga hasil yang diberikan tidak sesuai dengan selera penonton yang mengakibatkan jumlah penonton menurun.

Karenanya agar hasil konten promosi menjadi lebih keren dan menarik, maka anda bisa memberikan kebebasan pada kreator untuk membuat konten promosi sesuai dengan selera dan gaya bahasa yang biasa digunakan sehari-hari.

Meskipun begitu, terkadang hasil konten promosi kurang sesuai dengan keinginan atau pesan yang ingin disampaikan masih kurang mengena.

Karenanya untuk mengatasi masalah ini, anda perlu melihat berbagai konten dari influencer youtube dan menyamakan dengan konten yang biasa anda buat di social media.

Hal ini dilakukan agar konsumen bisa memahami isi konten promosi serta pesan yang akan disampaikan bisa dipahami oleh target audience yang diinginkan.

Ukur Hasil Pencapaian Promosi

Setelah melakukan berbagai kolaborasi promosi dengan influencer youtube, maka saatnya untuk mengukur hasil pencapaian promosi tersebut.

Pada proses pengukuran hasil kolaborasi promosi, maka anda bisa menghitung dari jumlah penonton yang menonton video promosi tersebut serta berbagai pendapat yang masuk ke dalam video tersebut.

Analisa tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah konten promosi disukai oleh target audience dengan berbagai interaksi yang di dapatkan selama masa promosi.

Selanjutnya adalah menghitung jumlah transaksi yang masuk dari link affiliate marketing influencer tersebut, semakin banyak jumlah pendapatan yang masuk, maka menjadi tolak ukur keberhasilan promosi di youtube.

Sumber :

https://sproutsocial.com/insights/youtube-influencer-marketing/

https://influencermarketinghub.com/youtube-influencer-marketing-guide/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *