apa itu instagram bisnis

Kenali Instagram Maps dan Kegunannya Untuk Bisnis

Hobi makan dan berburu tempat kuliner terbaru? Kali ini Instagram memanjakan hobi anda dengan hadirnya Instagram Maps.

Saat mengisi waktu luang atau pelepas penat biasanya beberapa orang melakukan kebiasaan stalking akun social media, khususnya akun Instagram content creator kesukaan.

Dengan kebiasaan ini,seseorang tidak hanya mendapatkan informasi terbaru namun rekomendasi tempat kuliner yang dikunjungi atau dipromosikan oleh Influencer sehingga membuat kita tergiur untuk mencobanya.

Untungnya, berbagai tempat makan rekomendasi tersebut juga disertai oleh tag Instagram Maps di unggahannya sehingga anda bisa menemukan tempat makan yang sesuai dengan lokasi dan tidak perlu menghadapi drama tersesat.

Keuntungan lainnya dari adanya Instagram maps adalah pengguna bisa stalking lebih jauh mengenai lokasi, suasana, serta menu makanan yang disajikan sehingga anda bisa berfikir ulang untuk datang ke tempat tersebut atau tidak.

Tidak hanya menguntungkan dari segi konsumen, penggunaan Instagram maps ini juga berguna bagi penjual.

Salah satu fitur di Instagram ini bisa mengundang konsumen yang berada dekat di tempat makan anda untuk berkunjung atau sekedar mampir karena sedang berada di lokasi yang sama.

Selain itu, pengguna juga bisa memasang tag Instagram Maps di Instagram Feed atau story sehingga dapat menjangkau konsumen lebih luas dengan postingan anda.

Ketahui lebih banyak keuntungan menggunakan Instagram Maps dan cara mengaktifkannya di artikel berikut.

kegunaan instagram maps untuk bisnis

Kegunaan Instagram Maps Untuk Bisnis

Instagram saat ini menjadi salah satu social media yang digunakan oleh banyak orang untuk mempromsikan bisnisnya selain Facebook dan Tiktok.

Platform ini sering dipakai oleh banyak pebisnis pemula karena dapat mempromosikan produk dengan cepat dan gratis.

Sayangnya beberapa penjual memilih menggunakan fitur-fitur terbatas yang sering terlihat seperti Instagram Feed, story, dan juga reels.

Keengganan untuk menggunakan berbagai fitur ini dikarenakan rasa ragu bahwa konten yang di posting susah naik karena mencoba berbagai layanan yang ada.

Salah satu fitur dari Instagram yang mungkin jarang digunakan adalah Instagram Maps. Meski jarang dimunculkan, penggunaan fitur ini pun berguna untuk meningkatkan engagement anda.

Hal ini dikarenakan konsumen yang belum tahu mengenai produk anda bisa saja berminat untuk membeli karena lokasinya dekat dengan posisi konsumen sehingga pembeli tidak ragu untuk mampir.

Tak hanya itu, jangkauan dari postingan anda pun bisa lebih luas karena adanya tag di Instagram Maps.

Karenanya untuk lebih mengeneal manfaat dari Instagram maps, berikut beberapa keuntunga dari menggunakan Instagram Tags di postingan anda.

Rekomendasi Tempat Menarik

Bagi wisatawan atau orang baru yang baru datang ke suatu tempat, biasanya mereka mencari tempat makan yang enak dan juga mudah untuk diakses.

Tidak hanya mendapatkan rekomendasi dari teman atau influencers, seseorang juga bisa mencari berbagai tempat kuliner enak dengan menggunkan fitur pencarian di Instagram.

Dengan mengetikkan nama tempat atau posisi terkini di Instagram maka platform ini akan memberikan rekomendasi tempat melalui fitur Instagram maps.

Saat mencicipi tempat makan terbaru yang enak, sebagian besar konsumen biasnaya mengunggah nama tempat dan juga makanannya di Instgaram Feed atau story dengan mencantumkan lokasi tempat tersebut melalui Instagram Maps.

Promosi secara tidak langsung ini tentu saja menguntungkan bagi penjual karena mendapatkan konsumen baru hasil dari rekomendasi yang biasanya lebih dipercaya.

Guna memaksimalkan penggunaan Instagram Maps, penjual bisa memasang lokasi produk di profile Instagram anda atau meminta influencers yang anda endorse untuk tag lokasi agar lebih mudah dicari oleh konsumen.

Membantu Konsumen Datang Ke Toko Anda

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, salah satu halangan konsumen untuk datang ke tempat makan anda adalah lokasi yang sulit ditemukan sehingga pembeli yang berniat untuk datang akhirnya mengurungkan diri untuk berkunjung ke tempat usaha anda.

Karenanya dengan menggunakan fitur Instagram maps bisa membuat tempat lebih mudah ditemukan sehingga tidak ada lagi keluhan konsumen mengenai lokasi di maps yang sulit diakses.

Pernahkah anda bisa melihat akun influencer makanan yang mempromosikan suatu tempat makan yang sayangnya penduduk di daerah tersebut malah tidak mengetahui tempat makannya?

Hal ini bisa terjadi karena penjual belum mempromosikan produknya secara masiv ke penduduk sekitar sehingga membuat banyak orang tidak mengetahui adanya tempat makan baru di daerah mereka.

Promosi yang kurang ini tentu saja merugikan penjual karena kesulitan mendapatkan konsumen yang potensial yang dekat dengan daerah jualan.

Padahal penduduk sekitar ini juga bisa membantu untuk menaikkan tempat usaha karena akan sering datang dibandingkan konsumen yang jauh dari tempat jualan anda.

Karenanya memasang tag Instagram maps di postingan yang dinilai potensial perlu dilakukan agar saat unggahan anda naik maka bisa membantu pengunjung untuk mengunjungi tempat anda.

Salah satu konten yang mampu untuk menarik konsumen lebih banyak adalah unggahan behind the scene baik berupa video atau photo.

Unggahan ini diminati oleh banyak orang karena bisa melihat langsung proses pembuatan produk kesukaan serta memastikan makanan yang akan dikonsumsi aman dan terjadi kebersihannya.

Dengan memasang konten behind the scene maka penonton konten yang tertarik pada cara pembuatan produk bisa langsung datang melalui petunjuk arah yang ada di Instagram Maps.

Meningkatkan Jangkauan Post

Siapa disini yang masih menggunakan hastag sebagai peningkat engagement? Ternyata selain menggunakan berbagai macam hastag anda juga bisa menggunaka Instagram Maps untuk memperluas jangkauan postingan anda.

Hal ini dikarenakan banyaknya pengguna Instagram yang juga menggunakan layanan Instagram Maps untuk mendapatkan rekomendasi tempat makan yang menarik.

Tak hanya itu, apabila anda menjadi salah satu pengguna yang aktif menggunakan Instagram maps untuk tag lokasi maka potensi produk anda muncul di kolom pencarian pun bisa lebih besar dibandingkan kompetitor yang tidak menggunakannya.

Jadi masih ragu menggunakan Instagram maps?

Memudahkan Menemukan Cabang Toko

Bagi wirausahawan yang telah sukses dan memiliki banyak cabang jualan tentunya ingin produknya lebih cepat dikenal dengan promosi social media.

Salah satu cara untuk mengenalkan cabang baru usaha anda adalah dengan menggunakan Instagram Maps untuk tag lokasi.

Sehingga pelanggan setia anda yang tinggal di dekat cabang tidak perlu jauh-jauh untuk ke cabang utama untuk mendapatkan menu makanan yang diinginkan.

Selain itu, leads yang berniat untuk membeli produk anda namun tertunda karena jaraknya yang jauh akhirnya datang untuk mencoba produk anda sehingga bisa menambah pelanggan baru.

Hal ini tentu menguntungkan karena tidak perlu mengeluarkan banyak biaya perjalanan. Selain itu, konsumen juga bisa mengajak teman dan saudara untuk berkunjung di tempat makan kesukaan.

Promosi ini juga menguntungkan penjual untuk menarik lebih banyak konsumen tanpa perlu mengelurakan biaya banyak.

Banyaknya cabang yang dimiliki tentunya harus diawasi agar modal yang dikeluarkan untuk membuka toko baru tidka sia-sia.

Salah satu cara mudah untuk mengetahui toko mana saja yang laris dan sepi pengunjung adalah dengan menggunakan tag Instagram maps.

Semakin banyak tag Instagram maps pada lokasi toko anda maka menunjukkan toko laris dan diminati oleh konsumen, begitupun sebaliknya.

Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan penjual untuk menambah produk di cabang yang sedang laris atau menutup cabang tersebut karena penjualan dan jumlah pembeli yang tidak kunjung meningkat.

fitur di Instagram maps

Fitur di Instagram Maps

Sama seperti social media lain yang memiliki banyak item di fitur yang dimiliki, Instagram Maps sendiri memiliki berbagai layanan guna mempermudah konsumen menemukan tempat usaha anda dan juga membantu penjual untuk mengaktifkan layanan Instagram Maps.

Berikut beberapa layanan yang dimiliki oleh Instagram Maps:

Fitur Filter untuk Cari Tempat Spesifik

Bagi wisatawan yang berkunjung ke suatu tempat, tak lengkap rasanya bisa tidak mengunjungi tempat makan terkenal atau sedang naik daun di tempat tersebut.

Sayangnya saat mencari di fitur pencarian Instagram, seseroang biasanya tidak menemukan tempat yang sesuai atau malah menemukan konten yang tidak diinginkan,

Karenanya pengguna bisa menggunkan fitur Filter untuk memilih tempat yang ingin dikunjungi sesuai keinginan sehingga mempermudah saat jalan-jalan.

Sayangnya layanan ini baru tersedia di News Zealand dan Australia sehingga anda perlu menunggu agar bisa menggunakan fitur ini.

Masukkan Lokasi di Profil Instagram

Fitur lainnya yang menguntungkan bagi penjual adalah fitur link Instagram Maps yang tersedia di profil Instagram.

Adanya fitur ini memudahkan pengikut baru yang ingin mengunjungi produk anda dnegan mudah karena adanya patokan dari Instagram Maps

Saat pengikut melakukan klik di link Instagram Maps maka handphone akan otomatis memberikan pilihan akses melalui Google Maps atau platform transpotasi online.

Hal ini tentu memudahkan pengunjung untuk memilih penunjuk jalan yang sesuai dengan keinginan sehingga potensi tersesat pun bisa dikurangi.

Jadi masih ragu untuk menggunakan Instagram Maps di postingan dan profile anda?

tutorial mengaktifkan Instagram maps

Tutorial Mengaktifkan Instagram Maps

Agar penjual bisa semakin maksimal dalam menggunakan berbagai fitur di Instagram Maps dan menaikkan potingan konten, berikut cara mengaktifkan lokasi Instagram maps.

Cara Agar Postingan Muncul di Instagram Maps

Tutorial pertama yang mesti dilakukan adalah membantu untuk memunculkan postingan di Instagram Maps agar calon konsumen yang mencari tempat makan bisa menemukannya lebih mudah.

Berikut beberapa cara agar toko muncul di Instagram Maps:

  • Pertama, pilih konten yang akan di upload kemudain masukkan caption dan juga hastag yang sesuai
  • Kedua, klik fitur lokasi kemudian pilih di lokasi yang tersedia berdasarkan GPS di handphone anda, pastikan untuk mengaktifkan fitur GPS sebelum mengungah postingan
  • Ketiga, Pilih di lokasi yang diinginkan dan sesuai dengan tempat usaha anda. Jangan lupa cek kembali agar lokasi sesuai dengan yang diharapkan.
  • Keempat, apabila sudah selesai maka anda bisa mengunggahnya dan tag lokasi Instagram Maps akan muncul di bagian atas foto.

Cara Menambahkan Lokasi di Instagram Story

Tidak hanya digunakan di unggahan Instagram feed, tag lokasi Instagram maps juga bisa digunakan di Instagram story.

Hal ini tentu saja menguntungkan penjual karena biasanya postingan Instagram story biasanya lebih ditemukan pengikut baru anda dibandingkan unggahan di Instagram Feed.

Berikut beberapa langkah menggunakan tag Instagram Map di story:

  • Pertama, penjual bisa masuk ke akun Instagram yang dimiliki kemudian swipe kiri agar postingan story bisa muncul
  • Kedua, pilih konten yang akan diunggah dan pastikan sudah sesuai dengan ukuran Instagram Story.
  • Ketiga, pilih fitur lokasi kemudian Instagram akan menampilkan rekomendasi lokasi yang sesuai dengan posisi anda saat ini.
  • Keempat, klik pada lokasi yang diinginkan dan kemudian tag lokasi akan muncul di postingan.
  • Kelima, jika sudah sesuai maka anda bisa mengunggahnya di akun anda agar bisa dilihat oleh pengikut anda.

Cara Mengaktifkan Alamat di Profile Instagram

Profil akun Instagram yang lengkap tak hanya membantu untuk memeberikan identitas pada brand anda namun juga agar terlihat profesional di mata konsumen yang berkunjung ke akun anda.

Salah satu fitur di profil Instagram yang mesti dilengkapai adalah Instagram Maps. Hal ini dilakukan untuk memudahkan konsumen untuk menemukan tempat usaha anda.

Fitur lokasi ini pun juga bisa tersambung ke Google Maps sehingga memudahkan navigasi untuk mencari lokasi usaha anda.

Karenanya berikut beberapa cara mengatifkan lokasi di profile instagram.

  • Pertama, buka akun Instagram anda kemudian pilih edit profil
  • Kedua, gulirkan jari anda ke bawah hingga menemukan fitur Contact Options
  • Ketiga, tambahkan alamat bisnis anda dan pastikan tidak ada kesalahan penulisan sehingga bisa mudah dicari di Google Maps. Jika sudah maka bisa klik Selesai
  • Keempat, kembali ke fitur Contant Options dan pilih Save
  • Kelima, jika sudah lihat kembali profile anda apakah alamat sudah sesuai dan terpasang dengan tepat

Cara Membuat Lokasi Baru di Instagram

Alamat anda belum terintegrasi dengan Instagram Maps? Tenang saja anda bisa membuatnya sendiri dengan bantuan Platform Facebook.

Kolaborasi antara Instagram dan Facebook ini tidak hanya berguna untuk memasang Instagram Ads namun juga digunakan untuk membuat lokasi baru di Instagram. Sehingga posisi toko di kedua platform ini sama dan tidak menimbulkan kebingungan bagi konsumen anda.

Dengan mengaktifkan lokasi baru ini, konsumen juga bisa menggunakan alamat anda saat mengunggah konten Instagram feed atau story sehingga bisa menjadi sumber promosi yang efektif dan juga tepat.

Berikut beberapa cara membuat lokasi baru di Instagram:

  • Pertama, Sambungkan akun Facebook anda dengan Instagram yang dimiliki, untuk cara mudahnya pengguna bisa melakukan log in atau sign up dengan akun Facebook.
  • Kedua, Buka akun Facebook anda melalui aplikasi agar lebih mudah dalam mengaturnya kemudian buat postingan Facebook menggunakan fitur Check In. Ketikkan nama tempat yang sesuai dengan lokasi toko anda.
  • Ketiga, gulirkan jari anda ke bawah hingga menemukan opsi Add a New Place. Pilih kategori yang diinginkan dan masukkan juga nama kota yang ingin digunakan.
  • Keempat, isi formulir Creaate a Place sesuai dengan keinginan, jika sudah selesai maka klik tombol create.
  • Kelima, disarankan untuk tidka menggunakan simbol yang aneh agar alamat bisa dibaca lebih mudah oleh Google Maps.
tutorial meningkatkan engagement dengan Instagram maps

Tutorial Meningkatkan Engagement dengan Instagram Maps

Instagram maps sendiri tidak hanya berguna untuk memberi tahu lokasi usaha anda kepada pembeli namun juga dapat digunakan untuk meningkatkan engagement akun Instagram yang dimiliki.

Hal ini karena Instagram maps memiliki cara kerja seperti hastag dimana jika banyak orang yang mencari sesuatu melalui instagram hastag maka postungan kita juga bisa ikut naik secara cepat.

Sayangnya masih banyak penjual yang belum menyadari manfaat ini dan jarang mencantumkan tag lokasi di postingan yang dimiliki.

Karenanya agar bisa memaksimalkan fungsi dari Instagram hastag, ketahui dulu cara mudah meningkatkan engagement dengan Instagram maps.

Pasang Tag Lokasi di Konten yang Potensial

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan potensi Instagram maps adalah menaruh tag lokasi di konten yang dinilai bisa memberikan interaksi lebih banyak.

Hal ini dilakukan karena semakin besar interaksi yang dilakukan melalui like dan comment maka akan meningkatkan postingan anda di kolom pencarian lokasi.

Pengguna sebaiknya mengetahui terlebih dahulu konten mana yang dinilai bisa memberikan engagement tinggi dengan melihatnya di Insight akun Instagram.

Pastikan juga konten yang dibuat mampu menarik konsumen hanya dengan sekali lihat.

Beberapa saran konten yang bisa digunakan adalah konten video atau reels Instagram yang berisi tentang behind the scene pembuatan produk atau ulasan mengenai tempat makan sehingga konsumen yang melihatnya bisa tertarik untuk datang ke tempat usaha anda.

Padukan dengan Hastag

Agar engagement konten yang diunggah bisa naik dengan cepat maka anda bisa memaduknnaya dengan Instagram hastag.

Hal ini karena fitur tersebut terbukti bisa menjangkau lebih banyak konsumen apabila memilih hastag yang tepat dan sering dicari oleh konsumen.

Pengguna bisa memadukan Instagram hastag yang dipilih dengan kombinasi hastag postingan terbanyak dan juga postingan dengan interaksi sedikit sehinga memperbesar peluang anda untuk dilihat oleh konsumen.

Anda juga bisa menggunakan hastag yang berkaitan dengan produk anda atau bisa membuat hastag dengan nama usaha anda agar pembeli yang mencari nama bisnis di kolom pencarian bisa menemukan produk anda dnegan mudah.

Repost Postingan Pengguna Lain

Testimoni pelanggan baik dari postingan Instagram story atau feed juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk anda dan juga membuat leads semakin penasaran pada produk.

Agar testimoni ini bisa dilihat oleh banyak konsumen yang mengikuti akun Instagram anda maka pengguna bisa melakukan repost postingan tersebut sehingga meyakinkan pembeli bahwa testumoni yang diberikan tersebut asli dan bukan bagian dari promosi berbayar.

Melakukan repost terhadap konten yang melakukan tag lokasi dan nama tempat juga bisa dilakukan agar postingan tersebut bisa mendapat lebih banyak engagement serta bisa terlihat di postingan Instagram maps.

6 5

Kesimpulan

Platform Instagram yang saat ini digandrungi banyak orang tidak hanya berguna sebagai media untuk interaksi dengan teman atau kenalan baru melainkan berguna sebagai media promosi yang ampuh.

Hal ini terlihat dari banyaknya brand-brand besar yang membuat dan menggunkan social media untuk media promosi namun juga meningkatkan awareness terhadap produk yang dimiliki meskipun barang yang dipasarkan telah memiliki nama besar di mata konsumen dan pasarnya.

Beberapa akun edukasi pun juga bermunculan untuk memberikan informasi terbaru mengenai topik tertentu atau kesenangan seseorang. Tak heran bila banyak orang yang saat ini mendapatkan pengetahuan baru hanya dengan mengikuti akun instagram tentang edukasi.

Berbagai potensi yang ada di Instagram tentunya bisa digunakan untuk pelaku bisnis pemula atau UMKM untuk mempromosikan produk mereka dengan mudah dan murah sehingga bisa menekan biaya promosi.

Seiring dengan berjalannya waktu, platform ini pun terus berinovasi dengan memberikan fitur dan layanan agar postingan yang diunggah semakin menarik perhatian dan juga bisa tersebar lebih cepat.

Tidak hanya Instagram reels atau story yang kini diminati oleh banyak orang, salah satu fitur Instagram yang bisa digunakan adalah Instagram maps.

Meskipun jarang dibahas oleh banyak orang, namun layanan ini teryata memiliki banyak fungsi bagi konsumen atau penjual.

Bagi konsumen, mereka bisa menemukan berbagai tempat makan atau nongkrong terbaru yang dekat dengan posisi saat ini dengan mencarinya di kolom pencarian.

Disisi penjual, hadirnya Instagram maps juga membantu untuk mengenalkan lokasi usaha mereka kepada konsumen yang dinilai potensial dan dekat dengan lokasi sehingga potensi untuk terus datang pun lebih mudah.

Cara menggunakan Instagram Maps pun sangat mudah, pengguna hanya tinggal melakukan tag lokasi di postingan yang akan diunggah kemudian postingan anda akan masuk ke lokasi yang diberikan.

Jadi, masih ragu dengan fitur ini? Yuk gunakan Instagram maps di postingan anda.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.