pexels pixabay 270637 3

3 Cara Optimalkan SEO Tiktok Secara Efektif

Penggunaan seo tktok secara maksimal akan membantu jangkauan konten yang lebih luas.

Tiktok telah menjadi salah satu sosial media kesukaan bagi kalangan anak muda, dimana mereka bisa mengekespresikan minat dan hobi mereka secara bebas.

Ketenaran tiktok di kalangan anak muda juga menyebabkan sosial media ini juga digunakan sebagai tempat pencarian topik tertentu.

Hal ini terlihat dari penelitian yang diadakan oleh The New York Times yang menyatakan bahwa sebanyak 40% remaja menggunakan tiktok sebagai media pencarian yang efektif.

Sehingga apabila anda dapat mengoptimalkan seo tiktok dengan baik, maka akan membantu memperluas jangkauan konten secara optimal.

Karenanya berikut pengertian lebih dekat mengenai seo tiktok serta cara pemanfaatannya.

apa itu seo tiktok

Apa Itu SEO Tiktok

Tiktok tidak hanya menjadi tempat untuk menemukan berbagai hiburan yang sesuai dengan minat, namun sosial media ini juga beralih menjadi tempat pencarian topik tertentu.

Dimana anda bisa melakukan pencarian melalui kata kunci tertentu di halaman pencarian dan kemudian mengarahkan anda ke konten yang ingin dilihat.

Kebiasaan pengguna tiktok ini tentunya menguntungkan bagi kreator untuk memudahkan konten mereka ditemukan oleh orang yang tepat.

Kegiatan melakukan pencarian melalui kata kunci di tiktok juga menimbulkan adanya seo tiktok untuk hasil penemuan konten yang lebih baik.

Seo tiktok merupakan praktik optimasi video di tiktok untuk mendapatkan ranking pencarian teratas, semakin efektif kata kunci yang digunakan maka akan membantu konten anda mudah ditemukan oleh target audience.

Tidak hanya itu, apabila anda melakukan pencarian kata kunci menggunakan awalan tiktok di Google, maka anda juga akan menemukan berbagai video tiktok dengan kata kunci yang sesuai.

video tiktok makanan

Cara ini tentunya membuka peluang bagi konten anda untuk menjangkau audience yang lebih luas dan menyukai konten yang anda sajikan di tiktok.

Keuntungan Menggunakan SEO Tiktok

Sejak awal peluncurannya di internet, Tiktok melabeli dirinya sebagai media hiburan dan bukan mesin pencari, meskipun begitu anda masih tetap bisa melakukan pencarian di tiktok dengan mudah.

Dimana anda bisa memanfaatkan fitur halaman pencarian yang bisa diakses apabila anda melakukan klik pada ikon kaca pembesar di bagian pojok kanan atas, kemudian mengetikkan kata kunci tertentu.

Dalam satu kali klik maka anda akan menemukan berbagai macam konten yang berkaitan dengan topik yang anda ketikkan di halaman pencarian.

Selain itu, anda juga akan mendapatkan rekomendasi kata kunci mengenai topik yang sedang naik daun di tiktok saat ini, sehingga anda akan mendapatkan informasi terbaru secara cepat.

Kebiasaan ini juga perlu diwasapadai oleh kreator tiktok untuk mengoptimalkan seo tiktok untuk memudahkan kinerja konten yang dimiliki.

faktor faktor seo tiktok

Faktor-faktor SEO Tiktok

Setelah mengunggah video di akun tiktok yang dimiliki, maka tiktok akan melakukan pekerjaannya untuk menyampaikan konten anda ke target audience yang diinginkan.

Pemberian ranking pada sebuah video juga dipengaruhi oleh beberapa faktor internal yang membantu konten anda menjangkau audience yang sesuai.

Berikut beberapa faktor-faktor seo tiktok yang dapat menaikkan ranking video dengan lebih baik.

Interaksi dengan Video

Saat menemukan sebuah video yang menarik di tiktok, maka anda juga mungkin melihat berbagai interaksi yang diberikan oleh penonton lainnya di kolom komentar.

Semakin seru dan menarik sebuah video maka akan membuka peluang bagi konten anda untuk mendapatkan interaksi yang lebih banyak.

Interaksi dengan penonton lainnya juga menjadi faktor seo tiktok untuk menaikkan ranking video, dimana tiktok melihat jumlah likes dan komentar yang diberikan.

Semakin tinggi tingkat interaksi vidoe tiktok maka akan membuka kemungkinan bagi pengguna tiktok untuk melakukan interaksi dengan konten tersebut.

Interaksi ini juga termasuk dengan balasan melalui fitur stitch, mengikuti akun tiktok, serta menyimpan video tersebut melalui bookmark.

Sebuah video yang mendapatkan interaksi paling tinggi juga akan membuat tiktok menaikkan konten tersebut ke pengguna yang lebih luas.

Meskipun begitu, tidak semua interaksi tiktok dibuat setara, contohnya saja adalah interaksi berupa komentar dan bagikan konten mendapatkan engagement yang lebih tinggi dibandingkan kegiatan lainnya.

Faktor lainnya yang menentukan rekomendasi video juga berasal dari akun tiktok yang diikuti oleh pengguna tertentu, misalnya saja anda lebih banyak mengikuti kreator yang berfokus di topik makanan, maka tiktok akan lebih banyak merekomendasikan konten dengan topik yang sama di halaman for your page.

Sehingga tidak mengherankan apabila rekomendasi konten berbeda-beda di setiap penggunanya.

Selain itu, memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak dari akun lain juga akan memengaruhi performa video yang lebih baik, apalagi jika pengikut anda ikut melakukan interaksi pada setiap konten yang anda unggah.

Penelusuran di Halaman Pencarian

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pengguna tiktok tidak hanya menikmati konten yang disajikan di halaman for your page, namun mereka juga mencari vidoe yang sesuai dengan topik yang disukai.

Pencarian tersebut juga bisa berupa nama akun tiktok brand atau kreator tertentu yang pernah anda lihat sebelumnya.

Semakin banyak orang yang melakukan pencarian nama dan konten anda di kolom pencarian, maka akan mengoptimalkan seo tiktok lebih baik.

Optimasi seo tiktok melalui halaman pencarian juga bisa dilakukan melalui penggunaan tiktok hashtag yang dilampirkan pada konten video yang diunggah.

Sehingga apabila pengguna tiktok melakukan pencarian atau klik pada tagar tertentu, maka mereka bisa menemukan konten yang relevan dengan hashtag yang digunakan.

Selain itu, apabila anda membuat konten berdasarkan trend dan topik yang sedang naik daun, maka akan membuka kemungkinan konten anda berada di hasil rekomendasi teratas.

Isi Konten Video

Banyaknya video yang bermunculan di tiktok, menjadikan anda menemukan berbagai konten terbaru setiap saat.

Mulai konten dari kreator terkenal atau video acak yang berasal dari pengguna tiktok yang belum pernah anda ikuti sebelumnya.

Meskipun begitu, anda mungkin akan tertarik pada beberapa konten saja dan memberikan interaksi pada konten tersebut.

Sehingga kreator juga perlu melakukan optimasi konten agar penonton yang baru pertama kali melihat konten tersebut tertarik untuk melakukan interaksi berupa likes, komentar, share, atau menyimpannya di akun tiktok.

Visual video 

Kebebasan dalam membuat konten video, membuat pengguna tiktok terkadang membuat konten yang berisi gambar yang kurang pantas di kalangan penonton.

Guna melindungi pengguna tiktok dari konten yang kurang pantas, maka tiktok aktif melakukan moderasi konten yang akan menghapus video yang menampilkan adegan berbahaya di hadapan pengguna tiktok.

Audio yang digunakan 

Saat mengunggah video di tiktok, anda tidak hanya menampilkan visual yang menarik, namun juga penggunaan suara yang jelas di dengar oleh pengguna dan kreator tiktok lainnya.

Tiktok juga menggunakan suara yang digunakan oleh sebuah video untuk menargetkan konten tersebut ke target audience yang sesuai.

Penggunaan auto caption 

Tiktok memiliki fitur auto caption yang memudahkan pengguna tiktok untuk memahami sebuah video tanpa perlu meningkatkan volume suara.

Penggunaan caption video yang bisa diaktifkan secara manual atau otomatis juga akan membantu kinerja seo tiktok untuk menampilkan konten anda ke target audience yang sesuai.

Judul dan hashtag 

Saat mengunggah sebuah konten tiktok, pastikan juga untuk menambahkan judul dan tagar yang sesuai.

Penggunaan kedua elemen ini akan memudahkan pengguna tiktok dalam memahami video yang anda unggah dan melakukan interaksi dengan video tersebut.

Di sisi lain, Tiktok juga akan membantu melakukan optimasi konten dengan menyiarkan konten tersebut ke target audience yang sesuai.

Pastikan juga untuk menggunakan tiktok hashtag yang sesuai dan tidak hanya sekedar viral untuk memudahkan konten anda menjangkau target audience yang sesuai.

Lagu tiktok 

Tiktok terkenal akan penggunaan iringan suara dari lagu yang sedang viral atau backsound lagu yang unik.

Sehingga tidak mengherankan apabila sebuah lagu yang terus menerus digunakan di tiktok akan lebih cepat terkenal.

Di sisi lain, penggunaan lagu tiktok viral juga akan membantu konten anda menjangkau target audience yang lebih luas.

Penggunaan lagu tiktok yang sesuai juga akan membantu konten anda lebih mudah dipahami oleh penonton apabila anda menggunakan lagu dengan tema yang sama.

Bahasa yang Digunakan

Pengguna tiktok yang banyak dan tersebar di seluruh dunia, memungkinkan anda untuk menemukan berbagai konten dari belaha dunia yang berbeda.

Variasi konten yang beraneka ragam juga membuat anda melihat konten yang menarik, meskipun anda tidak mengetahui topik yang dibicarakan.

Agar anda menemukan konten sesuai dengan bahasa yang dimengerti, maka anda bisa mengatur penggunaan bahasa dalam tiga macam, bahasa bawaan aplikasi, bahasa referensi, serta bahasa terjemahan.

Anda juga bisa memilih beberapa referensi bahasa di tiktok namun anda hanya dapat memlih satu bahasa untuk aplikasi tiktok yang akan diterjemahkan secara langsung saat anda membuka konten tertentu, apalagi jika anda mengaktifkan fitur auto translation dan auto caption.

Referensi bahasa ini digunakan tiktok untuk memudahkan penggunanya dalam memilih bahasa yang sesuai dengan pengguna tiktok.

Kesesuaian Gagdet yang Digunakan

Sebagian besar pengguna tiktok lebih banyak menggunakan handphone untuk mengakses aplikasi ini dibandingkan menggunakan personal computer.

Hal ini dikarenakan kemudahan dalam melihat konten tiktok dimana saja dan kapan saja dengan mudah dan cepat.

Di sisi lain, konten tiktok juga lebih banyak dibuat menggunakan handphone dibandingkan menggunakan kamera profesional.

Penggunaan handphone sebagai alat untuk menggunakan aplikasi tiktok, juga menjadikan platform ini menggunakan referensi gadget untuk seo tiktok.

Sehingga semakin rendah kualitas handphone maka tiktok akan menghadirkan konten dengan pencahayaan yang lebih terang sehingga memudahkan mereka untuk melihat video yang diberikan.

Di sisi lain, tiktok juga menentukan waktu aktif audience berdasarkan zona waktu di daerah tertentu.

Lokasi Kreator

Saat memasuki sebuah negara tertentu biasanya anda akan mendapatkan lebih banyak konten dari negara yang serupa.

Hal ini dikarenakan tiktok memberikan postingan dimana penonton dan kreator berasal dari negara yang sama.

Di sisi lain, faktor seo tiktok juga ditentukan dari durasi yang digunakan penonton untuk melihat video hingga akhir serta lokasi kreator dan penonton yang berada di tempat yang sama.

Tiktok juga menganalisa lokasi pengguna berdasarkan informasi kartu telepon yang digunakan, IP Address, serta GPS apabila anda mengizinkannya.

Peraturan Konten Tiktok

Tiktok memiliki dua cara untuk memilah konten yang terbaik untuk penggunanya, pertama adalah menghapus konten yang tidak sesuai dengan peraturan tiktok dan kedua menaikkan ranking video yang dirasa memiliki isi yang menarik.

Di samping itu, Tiktok juga tidak segan-segan menghapus video yang berisi ketelanjangan, kekerasan, dan hate speech ke pengguna lain.

Terdapat beberapa tipe konten yang dapat dengan mudah masuk ke halaman for your page :

Pertama adalah konten yang diunggah oleh pengguna di bawah usia 16 tahun

Kedua adalah konten yang mengandung kode QR dimana tiktok ingin mengetahui apakah anda saling berhubungan satu sama lain

Ketiga adalah konten yang memanipulasi penggunanya untuk melakukan interaksi dengan kreator, seperti meminta penonton untuk melakukan tap layar untuk mendapatkan tanda suka.

Ketiga adalah konten yang ditiru dari kreator atau platform sosial media lainnya dimana kreator tidak memberikan tambahan edit.

Keempat adalah konten yang mengandung atraksi yang berbahaya dan tidak dilakukan oleh kreator yang profesional di bidangnya.

Kelima adalah konten yang mengandung rokok di dalamnya yang dapat membuat penonton tertarik untuk melihatnya, apalagi di kalangan anak muda.

Penggunaan Fitur Tiktok

Tiktok memiliki berbagai fitur yang bisa digunakan untuk membuat tampilan konten yang lebih menarik serta dinikmati oleh target audience.

Di sisi lain, penggunaan fitur tiktok juga dapat membantu untuk menaikkan ranking seo tiktok sehingga lebih dapat menjangkau penonton yang diinginkan.

Hal ini juga dilakukan oleh sosial media lainnya yang membantu menaikkan konten dari kreatornya apabila mereka menggunakan fitur asli yang platform tersebut.

Misalnya saja Instagram menaikkan konten instagram reels yang diunggah oleh penggunanya tanpa menggunakan tanda air dari aplikasi lain.

Mengingat saat awal peluncurannya banyak konten reels yang diambil dari tiktok yang terlihat dari tanda air yang dimiliki.

Di sisi lain, kreator tiktok yang menggunakan fitur tiktok yang lebih banyak memiliki peluang untuk mendapatkan ranking seo tiktok yang lebih besar dibandingkan yang tidak menggunakannya sama sekali.

Sementara itu, pengguna tiktok lebih mudah mengenali konten video yang memiliki editan lebih banyak sebagai konten iklan, sehingga mereka kurang tertarik untuk melakukan interaksi di dalamnya.

Deskripsi Video

Sebelum mengunggah sebuah video di akun tiktok, maka anda akan disediakan kolom deksripsi khusus yang bisa anda isi dengan berbagai keterangan tambahan.

Misalnya adalah penjelasan mengenai isi konten video, tag akun tiktok lain, tiktok hashtag, serta tag lokasi.

Meskipun terlihat ribet dan memakan banyak waktu, namun penggunaan deskripsi video yang lengkap akan membantu optimasi ranking seo tiktok dan membantu membawa konten anda ke jangkauan audience yang lebih luas.

Di tambah lagi, pengguna tiktok mencari konten berdasarkan kata kunci yang relevan untuk menemukan topik yang sesuai minat serta pembahasan yang sedang naik daun.

5Aq2Pl9FSieXjjCvVdEO

3 Cara Optimasi SEO Tiktok

Setelah mengetahui berbagai faktor yang dapat memengaruhi seo tiktok, maka penting juga untuk mengetahui cara optimasi seo tiktok secara maksimal.

Hal ini dilakukan agar konten anda mudah ditemukan oleh pengguna tiktok serta target audience yang diinginkan, karenanya berikut beberapa cara untuk optimasi seo tiktok secara maksimal.

Kenali Target Audience yang Dituju

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengetahui apakah seo tiktok dapat berjalan secara maksimal adalah mengetahui target audience yang dituju.

Hal ini dilakukan agar pengguna tiktok yang pertama kali melihat konten anda bisa tertarik untuk melihatnya berulang kali dan memberikan interkasi di perjumpaan awal.

Guna mengenali target audience yang dituju maka anda juga perlu melakukan berbagai analisa yang mendalam.

Pertama adalah mengetahui konsumen yang akan menikmati produk anda, konsumen di usia remaja dan dewasa tentunya memiliki selera yang berbeda.

Kedua adalah mengetahui akun tiktok kompetitor yang bergerak di bidang yang sama, sehingga anda dapat mengetahui jenis konten yang disukai dan mendapatkan interaksi secara terus menerus.

Ketiga adalah mengetahui masalah dan topik yang disukai sehingga bisa diangkat sebagai ide konten yang menarik.

Keempat adalah melakukan interaksi dengan konten yang diunggah oleh konsumen di rentang usia yang sama, sehingga anda dapat mengetahui trend yang sedang naik daun saat ini dan bisa diterapkan pada konten yang anda miliki.

Penting juga untuk memiliki ciri khas konten sendiri sehingga audience akan terus menerus melihat konten yang anda sajikan.

Lakukan Analisa Kata Kunci

Berkutat dengan seo tiktok berarti anda melakukan pekerjaan yang melibatkan optimasi kata kunci yang digunakan di caption video tiktok.

Sehingga penting bagi anda untuk menggunakan kata kunci yang banyak digunakan oleh audience untuk mencari konten dan topik tertentu.

Kreator tiktok bisa melakukan analisa kata kunci dengan dua cara, yakni manual atau otomatis.

Pencarian kata kunci secara manual bisa menggunakan halaman pencarian di tiktok, kemudian mengetikkan kata kunci utama.

Kemudian anda akan menemukan beberapa kata kunci turunan yang paling banyak dicari dan digunakan di tiktok.

Sayangnya cara ini akan menyulitkan anda dalam menemukan volume kata kunci dalam jangka waktu tertentu, sehingga bisa berubah setiap saat.

Meskipun begitu, pencarian secara manual juga akan membantu anda mendapatkan referensi konten yang bisa di analisa kembali pada website analisa kata kunci/

Selain itu, anda juga bisa menggunakan pencarian kata kunci menggunakan website khusus untuk menganalisa kata kunci.

Dimana saat melakukan pencarian menggunakan kata kunci utama, anda juga akan mendapatkan rekomendasi keyword turunan serta volume pencariannya.

Hasil ini akan memudahkan anda untuk menemukan kata kunci yang banyak digunakan dalam jangka waktu tertentu dan bisa digunakan untuk referensi die konten yang menarik.

Tambahkan Kata Kunci di Konten Tiktok

Setelah melakukan analisa kata kunci secara manual dan website khusus, maka saat memasukkan kata kunci tersebut di kolom caption dan auto translation.

Cara ini dilakukan agar konten anda mudah dikenali oleh seo tiktok, sehingga mereka merekomendasikan video anda ke target audience yang dituju.

Selain itu, saat pengguna tiktok melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu, maka konten anda akan berada di pencarian paling atas, sehingga mudah ditemukan oleh target audience yang diinginkan.

Pastikan juga untuk memasukkan kata kunci tersebut ke dalam judul, sehingga memudahkan pengguna tiktok untuk memastikan konten yang anda buat.

Penggunaan kata kunci juga bisa anda gunakan pada tiktok hastag, sehingga memudahkan pengguna tiktok yang melakukan pencarian menggunakan tagar tertentu.

Bagi kreator tiktok yang sering membuat konten mengenai topik tertentu, ada baiknya mencantumkan kata kunci tersbeut di kolom profil.

Cara ini dilakukan untuk memunculkan akun tiktok anda di pencarian teratas menggunakan kata kunci tertentu.

Sehingga pengguna tiktok yang tertarik pada topik khusus bisa langsung mengikuti konten anda, meskipun belum pernah melihat akun anda sebelumnya.

Sumber :

https://later.com/blog/tiktok-seo/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *