pexels pixabay 53621

Cara Membuat Social Media Budget Anti Rugi

Sebuah strategi social media yang baik juga sebaiknya diringi dengan social media budget yang efektif. Ketahui cara mengatur keuangan untuk promosi.

Dalam mengembangkan akun social media, tentunya dibutuhkan social media budget yang cukup untuk memaksimalkan promosi serta menjangkau konsumen yang lebih luas.

Hal ini dikarenakan promosi melalui konten organik membutuhkan waktu lama untuk meningkatkan jumlah pengikut, sehingga anda memerlukan usaha yang lebih dalam memperluas jangkauan akun social media anda.

Di sisi lain, untuk menghasilkan konten social media yang apik, maka dibutuhkan juga social media tools tambahan yang mampu membuat postingan anda menarik perhatian orang lain.

Namun, dalam membuat social media budget, anda perlu memastikan bahwa biaya yang dikeluarkan selaras dengan hasil yang akan anda dapatkan melalui hasil penjualan yang meningkat.

Karenanya berikut cara menyusun social media budget yang tepat dan anti rugi.

social media budget

Apa Itu Social Media Budget

Salah satu bagian penting dalam mengembangkan sebuah brand atau produk adalah melakukan promosi ke target konsumen.

Promosi yang tepat nantinya akan membantu menaikkan nama brand anda sehingga lebih dikenal oleh khalayak luas, serta memikat calon konsumen yang diinginkan.

Dalam promosi tersebut, anda juga memerlukan biaya yang tidak sedikit sehingga perlu dilakukan perencanaan agar promosi tidak berjalan dengan sia-sia.

Apalagi jika anda mengeluarkan social media budget khusus untuk melakukan promosi di social media menggunakan iklan berbayar.

Social media budget merupakan dokumen yang berisi rencana biaya yang akan dikeluarkan untuk dihabiskan di social media dalam waktu tertentu, seperti mingguan, bulanan, atau tahunan.

Biasanya social media budget akan direncanakan dengan spreadsheet yang akan membantu dalam memahami biaya yang anda keluarkan untuk promosi di social media atau biaya berlangganan untuk social media tools.

BZHok5JrTSy0cr42wsrj

Keuntungan Menggunakan Social Media Budget

Guna mengenalkan brand dan produk anda ke khalayak luas, memiliki social media budget menjadi sebuah keharusan.

Dengan mempunyai social media budget yang memadai maka seorang kreator dapat menjelajah format konten yang lebih luas, meningkatkan jangkauan iklan ke platform social media baru, serta menginvestasikan dana ke strategi promosi yang dapat menarik perhatian calon konsumen.

Di sisi lain, meningkatkan penjualan setelah melakukan promosi yang masif masih menjadi permasalahan bagi banyak marketer.

Hal ini dikarenakan keuntungan yang berkurang akan menyulitkan marketer dalam melakukan promosi ke depannya, apalagi jika anda berlangganan beberapa tools yang membutuhkan biaya setiap bulannya.

Sehingga keberadaan social media budget akan membantu dalam menganalisa setiap pengeluaran yang dihabiskan serta membantu menyesuaikan dengan pendapatan yang dimiliki setiap bulannya.

Namun, dalam memulai social media budget anda bisa memulai untuk memilih bagaimana cara menghitung pengeluaran, baik melalui spreadsheet yang bisa diisi setiap tahunnya, atau menggunakan website atau aplikasi khusus yang mudah diakses oleh anggota tim lainnya.

List Perencanaan Social Media Budget

Memiliki biaya promosi yang besar, bisa saja akan habis tanpa terasa apabila tidak diimbangi dengan membuat perencangaan social media budget yang sesuai.

Dalam membuat social media budget yang efektif, terdapat tiga cara pembagian biaya  yang sesuai dengan pengeluaran :

  • Traditional budget : Penghitungan ini dimulai dengan mengumpulkan sejumlah dana terlebih dahulu yang kemudian dibagi ke beberapa kategori, sehingga apabila uang tersebut telah habis, maka anda tidak bisa mengambil dari pos lainnya.
  • Flexible Budget : Kategori satu ini memiliki keleluasaan yang lebih fleksibel, sehingga saat pengeluaran dari satu kategori habis, maka anda bisa memindahkanya ke pos lainnya yang tidak menghabiskan banyak biaya.
  • Zero Budget : Kategori ini bisa digunakan apabila anda tidak memiliki biaya yang cukup untuk setiap pos pengeluaran, sehingga saat anda baru mendapatkan keuntungan maka anda bisa memasukkannya ke pos yang memerlukan tambahan.

Tidak hanya itu, anda juga memerlukan beberapa daftar pengeluaran yang harus diisi setiap bulannya agar promosi social media dapat berjalan lancar.

Content Creation

Pos pengeluaran pertama yang bisa anda buat dalam membuat social media budget adalah bagian content creation.

Hal ini dikarenakan pembuatan konten penting di social media agar akun anda tetap berjalan serta menarik perhatian pengguna social media yang lebih luas.

Sehingga tidak mengherankan apabila banyak kreator yang menghabiskan banyak biaya untuk membuat konten bagi social media campaign.

Namun dalam pengeluaran untuk pembuatan konten, maka anda harus membaginya kembali ke beberapa pos pengeluaran.

Foto Produk 

Saat membuat konten social media, tentunya anda juga akan mengunggah berbagai foto produk yang membuat konsumen tergiur untuk membelinya.

Salah satu daya tarik dari foto produk adalah pengambilan gambar yang apik dan di dukung dengan tempat yang bagus serta peralatan yang mumpuni.

Apalagi jika peralatan tersebut di dukung dengan kemampuan yang bagus, maka akan menghasilkan foto produk yang estetik.

Namun, untuk menghasilkan foto produk yang menarik, maka dibutuhkan biaya untuk membeli atau menyewa peralatan yang dibutuhkan yang tentunya menghabiskan social media budget yang tidak sedikit.

Akan tetapi, agar social media budget anda tetap aman maka bisa menggunakan handphone pribadi serta barang-barang sekitar yang anda miliki.

Video Production

Dalam melakukan promosi social media, anda tidak hanya bisa mengunggah konten foto yang menarik, namun anda juga bisa menggunakan konten video yang kreatif.

Apalagi pengguna social media kini lebih menyukai konten video yang dapat menghadirkan detail foto dengan unik dengan iringan lagu yang menarik perhatian.

Berbagai social media juga telah menyediakan fitur khusus untuk mengunggah konten video, seperti Instagram dengan reels atau story, serta Tiktok dengan konten video pendek yang berhasil mencuri perhatian banyak orang.

Sama seperti konten foto sebelumnya, dalam membuat konten video juga dibutuhkan beberapa tools tambahan yang dapat membantu menghasilkan konten video yang lebih baik.

Talent

Saat anda melakukan scrolling social media, maka anda akan menemukan berbagai produk yang menggunakan model sebagai media promosi produk.

Penggunaan model ini dinilai efektif karena seseorang dalam membayangkan diri sendiri saat menggunakan baju tersebut, sehingga tertarik untuk membeli.

Sehingga menggunakan tambahan model dapat membantu meningkatkan penjualan dari konsumen yang terkesan pada foto model tersebut.

Sayangnya dalam menggunakan talent model, tentunya anda perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa model tersebut dalam beberapa hari.

Namun, apabila anda ingin lebih menghemat biaya, maka anda bisa menggunakan bantuan dari teman atau karyawan anda yang bisa digunakan sebagai model.

Desain Konten 

Salah satu daya tarik dari sebuah akun social media adalah konten yang estetik dan mampu menarik perhatian dari pengguna social media.

Sebuah konten yang estetik juga di dukung dengan penggunaan aplikasi edit foto dan video yang menyediakan berbagai fitur terbaik, serta kemampuan dalam mengedit konten menjadi lebih baik.

Sayangnya untuk menggunakan berbagai fitur aplikasi edit foto secara lengkap, maka dibutuhkan juga biaya berlangganan yang tidak sedikit dan harus diperbarui dalam jangka waktu tertentu.

Copywriting

Konten yang bagus namun tidak diiringi dengan penulisan yang apik tentunya akan sia-sia.

Hal ini dikarenakan konsumen juga melihat deskripsi produk serta penawaran yang diberikan, sebelum memutuskan untuk membeli barang yang dilihat di social media.

Selain itu, konten edukasi di social media juga membutuhkan gaya penulisan yang mudah dipahami serta biasa dipakai oleh konsumen anda, sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima dengan sempurna.

Dalam pembuatan caption atau konten social media, maka anda bisa menggunakan jasa freelance content writer yang biasanya menawarkan jasanya di website freelance atau social media.

Project Management

Setelah membuat berbagai macam konten promosi dan edukasi untuk berbagai akun social media yang anda miliki, maka inilah saatnya untuk mengunggah konten tersebut untuk memulasi promosi di social media.

Akan tetapi, anda tidak bisa mengunggah seluruh konten di waktu bersamaan, karena dapat menimbulkan kesan spam yang akhirnya membuat akun anda mendapatkan peringatan dari platform social media.

Karenanya penting bagi anda untuk membuat jadwal konten sesuai dengan timeline promosi yang dapat membuat pengikut anda menunggu konten yang akan anda unggah setiap harinya.

Dalam pembuatan jadwal unggah konten ini, anda bisa menggunakan platform gratis seperti Google Spreadsheet yang dapat membuat jadwal sesuai dengan waktu yang telah ditentukan serta memberikan detail tambahan setelah konten diunggah.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan platform gratis dari Meta bernama Creator Studio yang dapat mengunggah konten secara otomatis di waktu yang telah ditentukan.

Creator studio juga menyediakan layanan tambahan, seperti kemampuan membalas pesan dari akun Instagram dan Facebook dari satu platform, sehingga memudahkan pekerjaan anda untuk berhubungan dengan konsumen.

Selain itu, jika anda menggunakan akun social media business, maka anda akan mendapatkan fitur tambahan berupa insights yang dapat memberikan informasi kinerja konten social media anda dalam jangka waktu tertentu.

Namun, jika anda memiliki social media budget, maka anda bisa memanfaatkannya untuk berlanggaanan website social media manager yang memiliki fitur-fitur yang dapat membantu mengelola akun social media di satu platform khusus.

Iklan Berbayar

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, menggunakan iklan berbayar mampu meningkatkan jangkauan konten anda untuk menyasar konsumen yang ideal.

Cara ini efektif digunakan untuk kreator yang baru membuat akun social media business namun ingin mendapatkan banyak pengikut dalam waktu cepat.

Menggunakan iklan berbayar sendiri juga dinilai menguntungkan, karena anda bisa memilih campaign yang sesuai dengan strategi promosi, sehingga dapat membantu meningkatkan penjualan.

Selain itu, anda juga bisa menghidupkan akun social media yang mulai sepi menggunakan konten promosi yang menarik perhatian.

Di sisi lain, penggunaan iklan berbayar juga memakan banyak social media budget, sehingga marketer perlu menentukan biaya yang dikeluarkan sehingga tidak melebihi target yang telah ditentukan.

Sebagian social media juga telah menyediakan layanan iklan yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan :

  • Facebook Ads : Iklan berbayar yang biasa ditemui di beranda facebook ini memungkinkan kreator memilih iklan sesuai dengan format, campaign promosi,  serta penargetan konsumen.
  • Facebook Messenger Ads : Memiliki pengikut yang banyak di Facebook juga bisa dimanfaatkan untuk media promosi yang maksimal, anda bisa mengirimkan pesan broadcast ke konsumen anda menggunakan facebook messenger ads yang mampu memulai komunikasi dengan pengikut anda, baik yang baru mengikuti atau sudah membeli barang anda sebelumnya.
  • Instagram Ads : Social media dengan beragam fitur ini juga menyediakan media iklan untuk promosi yang lebih maksimal, beberapa layanan yang bisa anda gunakan untuk promosi adalah instagram feed, story, explore, serta reels.
  • Twitter Ads : Ingin menjangkau konsumen di twitter dengan tweet yang menarik? Anda juga bisa menggunakan iklan twitter yang dapat menjangkau konsumen yang aktif mengakses twitter setiap harinya.
  • Tiktok Ads : Platform social media yang tengah naik daun ini cocok digunakan bagi amrketer yang ingin menjangkau konsumen di kalangan anak muda, dengan penyematan iklan di tengah-tengah video, membuat penonton tidak merasa menonton iklan, namun melihat konten lucu lainnya di Tiktok.
  • Youtube Ads : Saat memulai memutar video youtube, biasanya penonton akan mengawalinya dengan iklan pendek sebagai pembuka konten, pemberian iklan di awal video ini juga mampu mendapatkan perhatian konsumen pada produk anda, sebelum akhirnya melihat video yang diinginkan.

Meskipun setiap social media memiliki layanan iklan yang sama, namun biaya yang dikeluarkan bisa berbeda-beda, tergantung dari durasi penayangan video serta waktu iklan anda berada di tiktok.

Sehingga apabila anda ingin menghemat social media budget untuk promosi produk atau campaign tertentu, maka anda bisa memulai dengan fokus pada satu social media tertentu, dimana konsumen anda banyak berkumpul, sehingga bisa lebih menghemat biaya.

Pastikan juga anda menghitung biaya pengeluaran iklan setiap harinya untuk memastikan social media budget yang dianggarkan tidak keluar dari rencana yang dimiliki.

Influencer Marketing

Salah satu kebiasaan baru pengguna social media adalah mencari rekomendasi produk dari barang yang pernah dipakai influencer atau artis terkenal.

Kebiasaan baru ini muncul setelah melihat seseorang terkenal yang menggunakan baju atau produk terbaru yang terlihat menaik digunakan, sehingga membuat seseorang tertarik untuk mengikutinya.

Sehingga tidak mengherankan apabila sebuah produk bisa mendadak habis dalam waktu cepat, setelah digunakan oleh influencer terkenal.

Fenomena inilah yang menjadikan banyak brand terkenal atau sedang merintih memilih untuk mempromosikan produk mereka melalui jasa influencer marketing.

Hal ini dikarenakan influencer tersebut sudah memiliki massa yang besar dan memiliki minat yang sama, sehingga bisa digunakan sebagai media promosi yang efektif.

Namun, untuk melakukan promosi menggunakan jasa influencer, tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi jika anda melakukan kolaborasi dengan seseorang yang telah memiliki banyak pengikut serta dipercayai oleh banyak orang.

Selain itu, biasanya sebuah brand melakukan promosi menggunakan banyak influencer sekaligus agar promosi yang dilakukan bisa tersebar ke tempat yang lebih luas.

Karenanya sebelum melakukan kolaborasi dengan influencer, maka anda harus memastikan biaya yang akan dikeluarkan, serta menyesuaikan dengan social media budget yang dimiliki.

Anda juga sebaiknya menghitung jumlah interaksi yang di dapatkan dari setiap konten promosi yang diunggah, agar biaya yang dikeluarkan sesuai dengan hasil yang di dapatkan.

Training 

Dalam membuat perencanaan social media budget, biasanya seseorang akan memberatkan pada promosi di social media dengan maksimal.

Hal ini wajar dilakukan mengingat promosi yang efektif dapat membantu meningkatkan penjualan produk secara signifikan.

Di sisi lain, anda juga perlu memperhatikan tim yang turut bekerja sama dengan anda dalam membuat konten promosi dengan memberikan training khusus.

Pemberian training khusus sesuai dengan bidang keahlian dapat membantu meningkatkan kemampuan mereka dalam membuat konten social media, sehingga dapat menghasilkan media promosi yang unik serta tidak ditemukan di tempat lain.

Tidak hanya itu, mengikuti training secara rutin juga membantu mereka untuk mengetahui informasi terbaru mengenai social media, sehingga bisa menghasilkan konten promosi yang relevan dan disukai oleh konsumen.

Untungnya, saat ini anda bisa menemukan berbagai training social media gratis yang biasanya diadakan oleh website social media manager atau digital marketing expert yang telah menguasai bidangnya.

Meskipun begitu, memberikan training berbayar yang berisi materi yang menyegarkan dapat memotivasi mereka untuk menghasilkan konten social media yang lebih baik.

Apabila anda masih bingung untuk memilih rekomendasi training berbayar berdasarkan kemampuan, serta social media campaign yang dibutuhkan, maka beberapa training ini bisa dipertimbangkan, sesuai dengan social media budget :

  • Linkedin Learning : training dari Linkedin Business ini cocok digunakan untuk meningkatkan performa promosi konten di Linkedin. Training ini cocok bagi anda yang memiliki usaha business to business yang biasanya melakukan promosi di Linkedin. Melalui platform ini, anda akan menemukan berbagai pelajaran dari wawancara bersama key opinion leader terkenal.
  • Hootsuite Academy : Seorang kreator social media, tentunya membutuhkan berbagai pembelajaran terbaru yang dapat membantu meningkatkan performa social media yang dimiliki dengan mengenal fitur serta strategi pemasaran yang tepat. Hootsuite sebagai website social media manager terkenal juga menyediakan training berbayar yang bisa diakses untuk mendapatkan pelajaran terbaru mengenai social media dari ahlinya.
  • Training dari Expert Social Media : Beberapa expert social media yang telah memiliki berbagai sertifikasi serta pengalaman dari mengelola social media biasanya memiliki training social media yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Anda bisa menemukannya dengan aktif mengikuti forum social media dan menemukan blog atau social media dari expert tersebut. Anda juga bisa mencoba berbagai course dari Socialmediamarketer yang menyediakan berbagai materi mengenai pengembangan akun social media serta strategi konten yang efektif.

Selain itu, apabila tim anda memiliki rekomendasi training yang disukai serta selaras dengan keahlian mereka, maka anda bisa memberikan mereka kesempatan untuk mengikuti kelas dari expert yang mereka sukai.

Social Strategi dan Management 

Meskipun social media tools dapat membantu memaksimalkan konten yang anda buat, namun dibutuhkan juga strategi yang tepat agar konten anda mampu menyampaikan informasi yang dibutuhkan oleh konsumen anda.

Pada saat inilah anda membutuhkan analisa yang mendalam untuk mengetahui minat dan masalah dari konsumen yang bisa diatasi oleh produk anda. 

Di sisi lain, saat memulai promosi pertama kali di social media, maka anda membutuhkan optimasi akun social media brand, agar akun anda mudah ditemukan oleh pengguna social media.

Apabila masalah ini terjadi, maka anda bisa menggunakan jasa dari social media specialist atau consultant yang dapat membantu merancang akun social media anda serta memberikan arahan mengenai strategi marketing yang tepat, sehingga akun social media anda dapat bekerja dengan optimal.

Guna menemukan spesialisasi tersebut, maka anda bisa mengunjungi agensi social media yang pernah mengelola akun social media untuk berbagai brand terkenal.

Namun, pastikan juga anda telah mempersiapkan social media budget untuk membayar jasa tersebut pada durasi yang telah ditentukan.

Sumber:

What You Need to Know to Create a Social Media Budget | Sprout Social

How to Create a Social Media Budget for Every Size of Business (hootsuite.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *