video ads

Video Ads : Cara Seru Promosi di Social Media

Jadikan iklan promosi menjadi lebih menarik menggunakan video ads di social media.

Saat membuka beberapa apilikasi social edia, anda pastinya akan menemukan video ads yang terselip di tengah-tengah aktivitas melihat konten yang disajikan.

Mislanya saja, video ads di instagram story dan reels, atau konten iklan di youtube dan tiktok.

Alih-alih membuat penonton risih, penggunaan video ads lebih disukai karena variasi konten yang lebih beragam dan tidak terlalu terlihat menjual.

Sehingga meskipun video di tonton berulang-ulang, video ads tetap menarik di mata penonton.

Daya tarik dari video ads juga terlihat dari meningkatnya durasi waktu yang digunakan pengguna social media untuk menonton berbagai iklan video yang disajikan.

Meningkatnya minat akan video ads juga diringi oleh bertambahnya kualitas konten video yang terus menerus bertambah dari hari ke hari.

Di tambah lagi, video ads juga bisa membawa penontonnya untuk mengakses akun marketplace atau website yang anda miliki, sehingga membantu untuk meningkatkan penjualan.

Tertarik menggunakan video ads sebagai media promosi di social media? berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan sebagai pengiklan.

keuntungan menggunakan video ads di social media

Keuntungan Menggunakan Video Ads di Social Media

Tampilan yang menarik serta mudahnya memahami informasi yang disampaikan melalui video ads, menjadikan iklan video sebuah saluran pemasaran yang efektif.

Tidak hanya itu, video ads juga memberikan berbagai keuntungan bagi target audience yang diinginkan.

Keuntungan pertama yang di dapatkan dari video ads adalah konsumen bisa mereflesikan dirinya saat melihat video yang relevan dengan masalah anda.

Misalnya saja, anda melihat sebuah video ads yang menampilkan seorang ibu rumah tangga yang tengah kesulitan membersihkan perabotan rumah tangga karena kotoran yang menempel dengan kuat.

Kemudian datanglah sebuah produk pembersih peralatan rumah tangga yang membantu membersihkan dengan cepat ditambah kandungan bahan dasar yag membuat perabotan terasa wangi dna bersih kesat,

Meskipun terkesan sederhana dan terkadang mengandung unsur komedi, namun jenis video ads tersebut sangat mudah dipahami sehingga penonton tertarik untuk membelinya.

Penggunaan video ads social media juga dinilai menguntungkan karena pengiklan bisa memilih target audience yang sesuai dengan konsumen yang diinginkan.

Misalnya saja, target konsumen adalah remaja di rentang usia 15-18 tahun yang sering mengakses Instagram dan Tiktok.

Agar konten video ads menjadi lebih menarik, maka anda bisa memberikan pengaturan iklan yang sesuai dengan audience tersebut sehingga iklan dapat menjangkau konsumen yang diinginkan dengan mudah dan cepat.

Di sisi lain, internet biasanya menyerap kegiatan pengguna social media saat sedang mencari suatu produk tertentu di marketplace atau social media.

Sehingga setelah kegiatan pencarian produk tersebut tidak membuahkan hasil yang diinginkan, maka social media akan memberikan rekomendasi video ads yang relevan dengan pencarian yang telah dilakukan.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi pengiklan untuk menyasar audience yang sedang mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga peluang untuk membeli produk tersebut semakin besar.

Akan tetapi, sebelum membuat video ads yang menarik maka perlu diketahui dulu beberapa tips membuat iklan video yang memikat perhatian penonton.

cara membuat video ads yang menarik

Cara Membuat Video Ads yang Menarik

Setelah menegetahui keuntungan video ads yang mampu menarik lebih banyak audience serta penggunaan iklan video yang digunakan oleh berbagai brand terkemuka, tentunya membuat anda tertarik untuk membuat jenis iklan yang sama.

Meskipun begitu, sebelum membuat video ads yang menarik maka ada baiknya untuk mengetahui beberapa strategi pembuat konten video yang seseuai promosi campaign serta saluran social media yang digunakan.

Karenanya berikut beberapa tips membuat video ads yang menarik untuk pemula.

Pilih Konsep Video Ads Sesuai Target Audience

Di saat melihat berbagai konten video ads di social media, anda mungkin menemukan berbagai jensi konsep yang berbeda-beda.

Ada yang dalam bentuk komedi untuk promosi produk yang menghibur penonton atau testimoni untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

Perbedaan konsep tersebut dilakukan untuk menyasar target audience yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan.

Pemillihan konsep video yang tepat juga perlu anda pertimbangkan sebelum membuat video ads yang dinginkan.

Dimana anda perlu mempertimbangkan empat prinsip sebelu membuat video yang sesuai dengan campaign yang dilakukan :

Pertama adalah masalah yang sedang dihadapi oleh konsumen.

Kedua adalah topik yang diminati.

Ketiga adalah bagaimana konsumen menghadapi masalah tersebut.

Keempat adalah solusi yang anda berikan ke konsumen.

Melalui prisip tersebut akan memudahkan pengiklan memahami fundamental marketing dari video ads yang dipasang di social media. 

Sehingga mereka lebih tertarik untuk melihat video ads yang anda suguhkan serta berminat untuk berkunjung ke akun social media, website, atau market place yang anda berikan.

Berbanding terbalik apabila pengiklan langsung menyajikan produk dan layanan tertentu tanpa menyajikan kelebihan yang diberikan.

Melihat video ads dari brand lain yang lewat di social media juga bisa menjadi solusi yang tepat untuk menemukan inspirasi konsep video ads yang sesuai dengan konsumen dan promosi campaign yang diberikan.

Mengumpulkan testimoni konsumen berupa tulisan dan video juga bisa menjadi solusi yang tepat untuk membuat konten video ads yang menarik.

Hal ini dikarenakan masalah yang disampaikan biasanya lebih berkaitan dengan problema yang dihadapi penonton, sehingga mereka tertarik untuk membelinya.

Anda bisa mengumpulkan materi testimoni untuk video ads dari ulasan yang diberikan di akun marketplace atau ulasan konsumen yang melakukan tag pada akun social media anda.

Rekam Video Ads

Iklan yang menarik ditentukan oleh bagaimana pengiklan merekam konten promosi yang diinginkan.

Pada proses perekaman video, anda bisa menggunakan aktor atau aktris yang pernah membuat iklan social media sebelumnya.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memanfaatkan brand ambassador dari influencer social media atau artis yang anda ajak kerjasama untuk mempromosikan produk yang anda miliki.

Penggunaan aktor yang berpengalaman juga membuat konten iklan menjadi lebih hidup dengan tampilan video ads yang menarik.

Keberadaan aktor dari artis atau influencer social media biasanya digunakan oleh pengiklan di youtube ads, karena memberikan durasi iklan yang lebih lama sehingga penggunaan aktor dapat memberikan visualisasi yang lebih jelas.

video ads dove

Cara ini juga dilakukan oleh brand perawatan tubuh Dove yang menggunakan aktor di promosi sampo yang dimiliki.

Anda juga bisa menambahkan unsur komedi di video ads yang anda unggah di social media, agar menarik minat penonton.

Penggunaan unsur komedi yang relevan dengan target audience malah akan membuat video ads lebih mudah diterima dan membuat penonton tertarik untuk melihat produk yang dipromosikan.

Penambahan komedi di video ads biasanya digunakan oleh pengiklan di tiktok yang lebih menyukai konten iklan yang lucu dan seru.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan audio tiktok yang sedang viral dan relevan dengan konten video ads agar iklan tiktok menjadi lebih menarik.

Pastikan juga penyampaikan dialog pada video ads terlihat lebih natural, sehingga penonton tidak seperti melihat iklan yang biasnaya disajikan di televisi namun konten social media biasa yang lewat di beranda.

Buat Video Ads Menggunakan Aplikasi Edit Video

Kata siapa membuat video ads social media cukup rumit dan sulit? Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin mutakhir, kini anda bisa dengan mudah membuat video ads social media menggunakan handphone di tangan.

Meskipun pada awalnya sulit untuk menggunakan fitur yang dimiliki oleh aplikasi tertentu serta mengedit video yang akan disajikan di social media, namun dengan latihan rutin maka anda akan mampu membuat iklan yang menarik.

Namun, dalam pembuat iklan melalui aplikasi edit video, maka anda perlu melakukan beberapa tahapan yang runtut.

Pertama adalah menentukan aplikasi edit video yang akan digunakan untuk mengedit video ads social media.

Anda bisa memilih aplikasi edit video yang telah memiliki template video social media, sehingga memudahkan anda untuk membuat iklan dengan cepat.

Beberapa rekomendasi platform yang bisa anda gunakan adalah Canva, Filmora, atau Capcut yang telah digunakan oleh banyak pengguna social media untuk berbagai kebutuhan.

Akan tetapi, beberapa video ads social media tertentu biasanya menggunakan aplikasi edit video khusus di personal computer yang biasanya memiliki fitur yang lebih baik sehingga memberikan tampilan iklan yang lebih bagus.

Kedua adalah mempelajari fitur yang diberikan oleh aplikasi edit video agar hasil video ada menjadi lebih baik.

Pemahaman mengenai fitur aplikasi edit video akan di dapatkan apabila anda terus menerus mencoba layanan yang diberikan serta mempelajarinya melalui video yang beredar di Internet.

Biasanya fitur aplikasi edit video akan berbeda satu dengan lainnya untuk memberikan tampilan yang lebih baik.

Sehingga anda bisa mencoba aplikasi edit video satu persatu dan menentukan hasil video yang diinginkan.

Ketiga adalah mulai mengedit video dengan menggabungkan potongan video atau foto yang telah direkam dan dikumpulkan sebelumnya.

Pastikan adegan antar video saling berkaitan satu dengan lainnya sehingga penonton dapat memahami pesan yang disampaikan.

Anda juga bisa menggunakan outline video untuk menentukan potongan video yang akan disuguhkan atau dipotong sebelum akhirnya disuguhkan di video ads.

Gunakan Screen Recorder Untuk Konten Tutorial

Materi konten video ads tidak hanya menampilkan kelebihan dan promosi produk, namun juga tutorial penggunaan produk tertentu.

Konten tutorial tersebut menarik untuk disajikan untuk memikat penonton yang sudah memiliki produk anda, namun masih bingung untuk menggunakan produk secara maksimal.

Biasanya konten iklan tutorial produk akan lebih mudah ditemukan di Youtube yang memiliki durasi yang lebih panjang serta ukuran iklan yang variatif.

Namun, berbeda dengan jenis iklan lain yang bisa direkam secara langsung, maka konten tutorial lebih baik direkam dalam bentuk screen record agar lebih mudah dipahaami oleh penonton.

Beberapa aplikasi edit video juga memiliki fasilitas tersebut sehingga tampilan iklan menjadi lebih menarik.

Manfaatkan Template Video Ads yang Menarik

Salah satu kendala yang dihadapi oleh pengiklan pemula adalah kebingungan memilih format iklan yang tepat.

Hal ini dikarenakan setiap social media memiliki ukuran video ads yang berbeda dari satu tampilan ke tampilan lainnya.

Sehingga pengiklan juga perlu memahami ukuran tampilan yang sesuai, agar video dan tulisan tidak terpotong dan menjadikan iklan kurang menarik.

Guna mengatasi masalah tersebut maka anda bisa menggunakan template yang biasanya disediakan oleh aplikasi edit video yang tersedia untuk handphone atau personal computer.

Agar tampilan iklan menjadi lebih menarik maka anda cukup memilih template yang sesuai dengan social media yang digunakan.

Berikan Caption di Video Ads

Setelah menentukan konsep video yang sesuai dengan promosi campaign serta target audience yang diinginkan dan merekam konten video yang diinginkan, maka saatnya melakukan pengeditan video.

Pada proses ini, anda juga perlu menambahkan unsur-unsur tambahan agar video ads mudah dipahami oleh target audience.

Salah satunya adalah dengan menambahkan caption dalam bentuk pop up atau caption di video ads yang akan diunggah.

Penambahan caption tersebut akan membantu penonton memahami isi video ads lebih mudah dan cepat.

Bayangkan saja sebuah video ads yang hanya berisi suara tanpa adanaya keterangan tambahan.

Hal ini akan menyulitkan penonton memahami isi video yang disampaikan apabila mereka tidak menaikkan volume suara.

Di tambah lagi, penambahan tulisan yang menarik akan memudahkan penonton memahami isi video dengan mudah.

Dalam penambahan tulisan di video ads, anda bisa menambahkannya dengan dua cara, misalnya saja memanfaatkan kolom caption yang disediakan oleh platform social media.

Pemberian caption akan memudahkan penonton mendapatkan informasi tambahan untuk mengakses website yang bisa dituju apabila hendak melihat variasi produk lain.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan link website di bagian bawah iklan yang bisa diakses untuk mengakses website yang disediakan.

video ads dekoruma

Peggunaan caption di video ads juga dimanfaatkan oleh brand furnitur Dekoruma yang menambahkan caption di bagian bawah sebagai informasi tambahan yang lengkap.

Penambahan tulisna kedua yang bisa anda lakukan adalah memberikan deksripsi promosi di tampilan layar.

Pemberian tulisan di layar akan mencuri perhatian konsumen saat pertama kali melihat video ads anda di social media tertentu.

Pastikan juga anda memilih ukuran dan warna font yang sesuai agar tidak menyatu dengan background video ads, sehingga informasi yang diberikan akan sulit dipahami.

Kemudian penggunakan ukuran font yang sesuai juga membuat tampilan video ads menjadi lebih estetik, serta tidak memenuhi layar dengan tulisan.

nYSVkW78QF2WQRVeyRad

Penggunaan tulisan di video ads juga digunakan oleh brand furniture IUIGA Indonesia yang memberikan informasi berupa tulisan yang mudah dipahami serta warna yang mencolok.

tips promosi melalui video ads social media

Tips Promosi Melalui Video Ads di Social Media

Tingginya peminat tampilan video baik untuk konten social media atau iklan menjadikan banyak pengiklan tertarik untuk mempromosikan produknya melalui video yang menarik.

Hal ini juga menjadikan banyak platform social media menyediakan layanan iklan dalam bentuk video untuk menjangkau audience yang lebih luas.

Di sisi lain, sebuah brand biasanya memiliki beberapa akun social media untuk menjangkau audience di masing-masing platform.

Sehingga tampilan serta materi iklan juga akan berbed antar satu social media dengan lainnya.

Karenanya berikut beberapa tips promosi melalui video ads di social media yang efektif.

Facebook Video Ads

Facebook menjadi salah satu social media yang pertama kali digunakan oleh banyak orang yang baru pertama kali mengenal internet.

Hal ini dikarenakan ketenaran Facebook di masanya sehingga membuat pengguna internet tertarik untuk menjadi bagian dari social media satu ini.

Meskipun pengguna facebook telah berpindah ke social media lain, namun penggunaan facebook masih terus aktif hingga saat ini .

Facebook sendiri memiliki dua jenis tampilan iklan dalam bentuk vertikal dan horizontal yang bisa dipilih sesuai dengan format iklan yang diinginkan serta pesan yang ingin disampaikan.

Dalam pembuat iklan facebook sendiri, anda juga bisa memasukkan unsur komedi serta berbeda dengan konten promosi dari brand lain, sehingga membuat penonton tertarik untuk menonton iklan anda hingga akhir.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan warna-warna cerah dan menarik, sehingga perhatian pengguna facebook penasaran pada jenis iklan yang diberikan.

Di sisi lain, kebanyakan pengguna facebook mengakses platform ini melalui handphone, sehingga anda perlu memilih ukuran iklan yang sesuai untuk handphone.

Contohnya saja ratio 16:9 (full landscape), 1:1 (square), 4:5 (vertical), meskipun begitu ukuran vertikal biasanya banyak digunakan oleh pengiklan yang menyasar pengguna facebook di handphone.

Tips lainnya dalam membuat iklan video adalah memilih durasi iklan yang pendek dan tidak bertele-tele, sehingga penonton lebih mudah memahami pesan yang disampaikan.

Di samping itu, anda sebaiknya memancing perhatian penonton pada tiga detik awal video, sehingga audience akan tertarik untuk melihat video ads hingga akhir.

Instagram Ads

Instagram telah menjadi social media yang banyak digunakan oleh audience dari berbagai usia dan minat tertentu.

Sehingga tidak mengherankan apabila anda menemukan banyak akun instagram kreator, influencer, bisnis, yang membahas topik atau mempromosikan produk tertentu.

Di sisi lain, Instagram juga memiliki berbagai fitur video menarik yang biasa digunakan oleh pengguna untuk melihat atau mengunggah konten video yang keren dan estetik.

Beberapa diantaranya adalah instagram story dan reels yang dapat mengunggah video dengan durasi 30 – 60 detik dalam bentuk vertikal.

Meskipun memiliki ukuran yang sama, namun kedua fitur tersebut memiliki durasi penayangan berbeda, dimana konten story hanya bertahan 24 jam sedangkan reels lebih permanen.

Fitur instagram story dan reels juga banyak digunakan oleh pengguna instagram untuk melihat konten yang disajikan oleh kreator dan brand kesukaan.

Sehingga pengiklan juga bisa menggunakan kedua fitur tersebut sebagai media pemasaran melalui iklan video.

Dimana pengiklan bisa mempromosikan produk dan layanan tertentu melalui konten video pendek dengan visual yang menarik serta caption yang informatif.

Keuntungan lainnya menggunakan iklan video melalui Instagram adalah anda bisa membuat konten iklan melalui Facebook karena telah terintegrasi menjadi satu bagian.

Sehingga anda tidak perlu kesulitan membuat iklan social media untuk dua platform social media yang dimiliki.

Salah satu jenis konten instagram ads yang menarik adalah membuat materi dari testimoni konsumen sehingga ulasan yang diberikan lebih otentik.

Selain itu, calon konsumen biasanya mencari ulasan konsumen yang pernah mengalami masalah yang sama dengan mereka dan solusi yang diberikan.

Sehingga audience merasa memiliki ikatan dengan produk tersebut dan akhirnya tertarik untuk membelinya sebagai solusi dari masalah yang dihadapi.

Tiktok Ads

Apabila anda memiliki target audience di kalangan anak muda maka penggunaan tiktok video ads bisa menjadi saluran pemasaran yang ampuh.

Hal ini dikarenakan audience tiktok yang berasal dari kalangan anak muda, sehingga cocok bagi anda yang memiliki produk untuk usia tersebut.

Di sisi lain, agar konten iklan anda memperoleh perhatian lebih, maka anda perlu memiliki pendekatan tertentu.

Misalnya saja menggunkan konten video vertikal sesuai dengan ukuran tampilan Tiktok.

Anda juga bisa menggunakan lagu tiktok yang sedang viral agar konsumen menonton iklan anda hingga akhir.

Pastikan juga untuk menggunakan sound yang relevan dengan iklan brand yang disuguhkan, sehingga memberikan tampilan yang menarik.

Penggunaan visual yang menarik juga akan menjadi daya tarik sendiri sehingga penonton melihat iklan anda hingga habis.

Sumber :

https://www.socialmediaexaminer.com/creating-video-ads-that-convert-on-facebook-instagram-and-youtube/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *