4 fakta tiktok

Tutorial Memasang Tiktok Ads di Akun Tiktok Business

Promosikan akun tiktok business yang dimiliki melalui Tiktok Ads. Berikut beberapa langkah mudah memasangnya.

Tiktok saat ini tidak hanya menjadi tempat untuk mencari berbagai hiburan atau edukasi melalui video 3 menit.

Lebih dari itu, platform ini kini telah menjadi sarana promosi yang tepat dan membantu untuk menaikkan produk dan juga brand awareness perrusahaan.

Hal ini dikarenakan karen tiktok saat ini telah meraih 1 miliar pengguna yang telah tersebar di seluruh dunia dan akan terus bertumbuh setiap harinya.

Tidak hanya membuat konten yang menghibur dan promosi produk melalui akun tiktok for business yang dimiliki sebuah brand produk.

Namun pengguna sendiri juga bisa lebih mudah menjangkau konsumen yang sesuai dengan mudah dan cepat dengan adanya Tiktok Ads.

Karenanya sebelum menggunakan salah satu layanan dari tiktok ini, ketahui dulu keuntungan dari tiktok ads dan cara mudah memasangnya di akun anda.

Keuntungan Menggunakan Tiktok Ads

Strategi memasang iklan di banyak tempat untuk promosi bisnis kini tidka hanya bisa dilakukan di pinggir jalan atau membagikan brosur ke orang yang lewat.

Berkat kemajuan teknologi yang semakin berkembang saat ini banyak orang yang memulai untuk memprosukan barang dagangannya di social media dengan harapan mendapatkan lebih banyak konsumen dan mengenalkan barang yang dijual.

Bergesernya tren iklan tersebut juga di dukung oleh inovasi berbagai social media yang mulai menyediakan layanan untuk iklan berbayar bagi pengguna platform tersebut.

Salah satu social media yang mengikuti trend tersebut adalah Tiktok dimana platform yang digandrungi banyak orang ini mulai membuka layanan iklan ini beberapa tahun lalu.

Beriklan melalui tiktok sendiri dinilai menguntungkan karena banyaknya pengikut yang dimiliki dari berbagai kalangan usia dan gender.

Tak hanya itu, platform ini juga memiliki kelebihan lain apabila pengguna memulai mengiklankan produknya melalui fitur tiktok ads.

Memiliki Banyak Pengguna Aktif

Tiktok saat ini menjadi salah satu platform yang tengah berkembang pesat di kalangan masyarakat luas maka tidak heran apabila aplikasi ini sudah diunduh dan memiliki jutaan pengguna aktif yang tersebar di seluruh dunia.

Melalui platform ini pengguna bisa merekam ekspresi diri berupa dance atau komedi dan mengunggah di akun tiktok yang dimiliki atau sekedar membagikan informasi berupa konten edukasi atau tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi.

Banyaknya pengguna serta konten yang bisa dibagikan menjadikan beberapa brand besar lainnya mulai merambah lebih banyak konsumen melalui platform video ini.

Hal ini juga bisa dilakukan pelaku usaha yang ingin mempromosikan bisnisnya melalui tiktok untuk mendapatkan dan mengumpulkan konsumen yang lebih banyak.

Salah satu strategi marketing di tiktok selain membuat konten yang menarik yang sedang viral adalah dengan menggunakan layanan Tiktok Ads.

Melalui fitur iklan berbayar ini pengguna bisa mendapatkan konsumen yang sesuai dan juga memiliki minat pada produk anda sehingga akan lebih mudah untuk dijadikan pelanggan.

Membantu Menjangkau Konsumen yang Sesuai

Salah satu keuntungan dari menggunakan Tiktok sebagai media promosi adalah algoritma tiktok yang menyasar pengguna yang memiliki minat yang sama.

Hal ini bisa dilihat dari halaman FYP recommend yang biasanya berbeda dari satu pengguna ke pengguna lainnya karena menyesuaikan minat yang dimiliki oleh akun tiktok tersebut.

Karenanya akan sangat jarang sekali bagi pengguna tiktok menemukan konten yang tidak sesuai dengan keinginannya.

Penempatan minat yang sesuai ini tentunya menjadikan pengguna tiktok untuk berlama -lama di aplikasi ini dan menghabiskan waktu untuk melihat berbagai konten yang disarankan.

Selain itu, Tiktok sendiri juga mencatat bahwa sebagian besar penggunanya adalah perempuan muda antara umur 18-24 tahun.

Sehingga platform ini cocok digunakan untuk mempromosikan berbagai kebutuhan wanita seperti skincare, make up, dan juga makanan ringan yang diminati oleh perempuan muda.

Meskipun begitu, pengguna tiktok juga masih bisa menjangkau konsumen dengan berbagai kategori yang berbeda dengan menggunakan layanan tiktok ads.

Melalui fitur ini pengguna bisa menjangkau lebih banyak pengguna sesuai dengan kategori umur dan minat sehingga lebih terarah dan lebih mudah mendapatkan konsumen yang sesuai.

Cocok Untuk Promosikan Akun Bisnis

Bagi pelaku usaha yang baru memulai promosikan bisnis dengan membuka akun tiktok tentunya menginginkan akun bisnis yang dimiliki mendapatkan lebih banyak konsumen agar meningkatkan penjualan.

Tidak hanya rajin membuat konten yang sesuai dengan keinginan konsumen dan juga promosi dengan mengundang influencer tiktok.

Penjual juga bisa memulai dengan menggunakan layanan tiktok ads yang hanya bisa dikases melalui akun tiktok for business.

Melalui layanan ini penjual bisa menaikkan konten yang dimiliki sehingga bisa masuk ke halaman FYP recommenda sehingga dapat dilihat oleh banyak penggguna tiktok.

Tak hanya itu, pilihan iklan tiktok yang dipilih pun beragam bergantun dari keinginan penjual sehingga iklan tidak terkesan mononton dan tertarik membuat pengguna tiktok mengunjungi akun anda.

Penjual juga dapat memilih waktu tayang iklan sesuai dengan jam aktif konsumen yang dituju sehingga iklan anda lebih mudah banyak dilihat oleh pelanggan yang sesuai.

Bisa Menentukan Budget yang Diinginkan

Budget promosi yang sedikit tidak menjadi alasan bagi pelaku usaha untuk mempromosikan usahanya.

Dengan menggunakan layanan tiktok ads maka pelaku usaha bisa dengan mudah menentukan budget yang dikelurakan sehingga tidak memberatkan budget promosi.

Biaya dari tiktok ads pun bisa ditentukan sesuai dengan kemampuan tergantung dari seberapa sering iklan anda ditayangkan dan juga konsumen yang ingin dituju.

Apabila target iklan sudah sesuai dengan goals yang diinginkan maka pengguna pun bisa menghentikan layanan iklan tersebut atau menambah budget yang dimiliki sehingga menjangkau lebih banyak pengguna tiktok dengan minat yang sama.

Agar tiktok ads semakin menarik maka pengguna bisa membuat konten yang menarik dengan kualitas yang bagus agar enak dipandang oleh penonton tiktok.

Layanan yang Menarik dan Mudah Dibuat

Sama seperti platform social media lain yang memiliki banyak fitur guna memanjakan kosnumennya, Tiktok sendiri juga memiliki berbagai layanan yang membuat pengguna betah untuk berlama-lama di tiktok.

Beberapa fitur tiktok yang bisa digunakan saat membuat video adalah edit video dimana pengguna bisa menentukan kecepayan video dan pilihan durasi video sehingga pengguna tiktok bis amemalksimalkan promosi yang dimiliki.

Tak hanya itu apabila pengguna menginginkan hasil video yang lebih bagus maka bis amenggunakan fitur filter atau mempercantik yang bisa memmbantu untuk mengantur pencahayaan video sehingga lebih enak dilihat oleh pengguna tiktok.

Penggunaan filter viral ternyata juga membantu untuk menaikkan konten yang dimiliki karena layanan filter biasanya digunakan oleh lebih banyak orang sehingga apabila video anda menggunakan filter tersebut maka akan lebih cepat naik di FYP Recommend.

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi engagement sebuah konten adalah interaksi dengan pengguna tiktok yang memberikan komentar di video yang anda unggah.

Salah satu jenis interaksi yang disukai oleh pengguna tiktok adalah tanya jawab dimana konsumen bisa mengehui lebih dalam produk yang tengah dipromosikan di akun bisnis.

Pengguna juga bisa melakukan interaksi dengan cara menggunakan fitur stitch dna juga duet dimana kreator bisa membalas video orang lain melalui konten yang dibuat.

Berbagai fitur tersebut tentunya bisa diguankan secara maksimal untuk membuat iklan yang keren di tiktok ads.

macam macam tiktok ad

Macam-macam Tiktok Ads

Disaat memulai menggunakan tiktok ads, pengguna akan diberikan pilihan iklan yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan juga selera konsumen.

Berikut beberpaa jenis iklan tiktok ads yang bisa anda pasang di akun yang dimiliki:

In Feed Ads

Bagi pelaku usaha yang ingin memulai menggunakan Tiktok Ada maka jenis iklan In Feed Ads bisa menjadi referensi yang bagus.

Iklan jenis ini termasuk murah dan sering digunakan oleh pengguna tiktok lainnya sehingga cocok bagi anda yang ingin memulai uji coba tiktok ads sebelum ditayangkan.

Tak hanya itu, dengan menggunakan in feed ads konsumen tidak merasa sedang melihat iklan promosi dan baru menyadarinya ketika video sudah selesai sehingga konten iklan anda akan sangat jarang dialihkan oleh pengguna tiktok sehingga meningkatkan engament tiktok.

Keuntungan lainnya dari menggunakan in feed ads adalah pengguna bisa membuat sendiri konten iklan yang akan ditayangkan melaui Tiktok Ad Manager Interface.

Video Ads

Naik tingkat ke level selanjutnya maka anda akan menemukan iklan tiktok yang lebih profesional dan biasnaya digunakan oleh berbagai brand besar.

Jenis Iklan video ads ini juga pernah digunakan Apple untuk mempromosikan produk terbarunya berupa Apple Watch.

Dengan menggunakan iklan ini penonton tiktok akan disajikan satu layar penuh video promosi tersebut dan ditayangkan dalam jangka waktu yang pendek.

Apabila pengguna mulai tertarik dengan produk yang ditawarkan setelah melihat konten anda maka tersedia kolom call to action yang akan mengarahkan penonton ke akun tiktok shop atau akun website yang dimiliki.

Tak hanya itu, Iklan ini pun biasanya ditayangkan di awal saat pengguna membuka aplikasi tiktok yang dimiliki sehingga akan menarik perhatian pengguna tiktok saat pertama kali melihatnya.

Meskipun harganya naik satu tingkat dibandingkan iklan in feed namun jenis tiktok ads satu ini mampu menarik perhatian lebih banyak pengguna karena konten video dibuat khusus dan eksklusif.

Adanya konten call to action yang ada di iklan ini tentunya akan menguntungkan penjual karena selain promosi juga akan membantu meningkatkan penjualan yang cepat.

Di dalam iklan ini juga dicantumkan display image dan juga nama brand sehingga penonton bisa mengenali produk anda lebih mudah hanya dengan sekali lihat.

Durasi video yang pendek tentunya harus membuat kretor berfikir kretaif untuk menceritakan produk yang dimiliki dengan cepat dan singkat sehingga bisa mendeskripsikan barang yang dijual.

Spark Ads

Fitur tiktok ads ternyata tidak hanya berguna bagi pelaku usaha yang ingin mempromosikan bisnisnya.

Lebih dari itu, juga bisa digunakan bagi kreator yang ingin mempromosikan akun dan konten yang dimiliki, salah stau caranya adalah dengan menggunakan layanan Spark Ads.

Dengan menggunakan fitur tiktok ada ini pengguna juga bisa memilih iklan dari konten yang ditayangkan di akun yang dimiliki untuk meningkatkan tayangan pada video tersebut.

Hal ini tentunya juga menguntungkan bagi kreator yang ingin mempromosikan akunnya melalui konten video yang telah unggah sehingga akan lebih banyak pengguna tiktok yang melihat video anda.

Keuntungan lainnya dari menggunakan Spark Ads adalah pengguna bisa memilih target sendiri sesuai dengan keinginan tanpa perlu memakai target dari Tiktok.

Tak hanya itu, hasilnya pun terbukti ampuh untuk meningkatkan pengikut baru, dilansir dari Hootsuite penggunaan Spark Ads mampu menaikkan pengikut organik sebanyak 24% dibandingkan menggunakan jenis tiktok ads lainnya.

Ditambah lagi harganya yang terjangkau tentunya cocok bagi kreator baru yang merintis akun baru di tiktok.

Salah satu cara untuk memilih konten yang sesuai adalah dengan menggunakan video yang memiliki banyak penonton karena ini berarti video tersebut diminati oleh banyak penonton tiktok.

Pengguna juga bisa membuat konten video yang sedang viral kemudian dipromosikan melalui Spark Ads agar menarik lebih banyak penonton sehingga meningkatkan engagement.

@tiktokforbusiness Introducing: Spark Ads! ⚡️ Boost existing content with our new native ad format. Link in bio for more info! #learnontiktok #smallbusinesscheck ♬ Sunny Day – Ted Fresco
cara membuat tiktok ads

Langkah Mudah Membuat Tiktok Ads

Berbagai keuntungan dalam menggunakan Tiktok ads dan juga banyaknya jenis iklan yang bisa dipilih tentunya bermanfaat bagi anda yang ingin memulai promosikan akun bisnis melalui tiktok ads.

Karenanya jika anda mulai berminat berikut beberapa cara mudah memasang iklan berbayar di tiktok.

tiktok for business
  • Pertama, buka browser google chrome yang ada di handphone atau personal computer namun lebih baik anda membukanya melalui komputer untuk memudahkan saat melakukan upload video iklan.
  • Kedua, masuk ke website Tiktok Ads kemudian klik Sign Up dan isikan dengan data diri dan informasi yang dibutuhkan. Pengguna juga bisa langsung mendaftar apabila sudah memiliki akun tiktok for business.
  • Ketiga, setelah memiliki akun Tiktok Ads maka anda akan masuk ke tampilan dashboard dan anda akan ditampilkan berbagai macam menu yang tersedia,
  • Keempat, selanjutnya pilih opsi Campaign dan klik ikon Create untuk memulai membuat iklan baru
  • Kelima, pengguna bisa terlebih dahulu memilih tujuan campaign yang diinginkan yakni meningkatkan traffic akun, menaikkan conversion, atau meminta menginstall apilkasi tertentu.
  • Keenam, jangan lupa juga untuk menempatkan iklan agar lebih enak dilihat dan juga pilih target pasar yang sesuai. Penempatan iklan yang tepat tentuny akan menyukseskan iklan yang ditayangkan.
  • Ketujuh, isikan juga beberapa deskripsi yang diminta seperti nama tampilan gambar, kategori yang relevan, dan juga berbagai kebutuhan lainnya.
  • Kedelapan, pilih target pasar yang sesuai dengan mengisi umur, jenis kelamin, minat, untuk menentukan audience yang dituju.
  • Kesembilan, setelah katgeori tersebut selesai diisi maka pengguna juga harus menentukan anggaran yang akan dikeluarkan serta jadwal tayang iklan tiktok dalam jangka waktu tertentu.
  • Kesepuluh, setelah semuanya diatur maka pengguna tinggal menunggu persetujuan dari tiktok untuk selanjutnya iklan akan bisa ditayangkan di halaman FYP recommend.
strategi tiktok ads

Strategi Tiktok Ads

Disaat mengisi berbagai kategori di website Tiktok Ads tentunya pengguna akan diberikan berbagai opsi pilihan yang membantu untuk menargetkan konten yang sesuai.

Dengan pemilihan kategori yang tepat tentunya akan membantu untuk menyebarkan iklan anda ke pengguna tiktok yang tepat sehingga dapat dirubah menjadi konsumen toko anda.

Karenanya berikut beberapa strategi tiktok ads yang bisa digunakan untuk menaikkan engagement iklan yang ditayangkan.

Pilih Target Iklan

Saat selesai membuat akun Tiktok Ads maka pengguna akan dibawa ke pilihan campaign yang sesuai dengan tujuan beriklan di Tiktok. Berikut beberapa subyek iklan yang bisa dipilih beserta penjelasannya,

Awareness

Saat membuat akun bisnis pertama kali tentunya target pertama yang ingin dituju adalah mendapatkan banyak pengikut yang membantu untuk menaikkan konten yang diunggah serta meningkatkan jumlah penonton di video tersebut.

Karenanya menggunakan tiktok ads untuk meningkatkan Awareness sangatlah cocok karena Tiktok akan membantu untuk menaikkan pengikut anda dengan cepat apabila menggunakan jenis iklan Awareness.

Consideration

Namun apabila pengguna sudah lama memiliki akun tiktok dan pengikut yang banyak namun penonton video masih sedikit maka bisa menggunakan target iklan berupa consideration.

Dengan menggunakan tipe iklan ini akan membantu untuk menaikkan jumlah penonton video secara mudah dan cepat.

Tak hanya itu, jenis iklan ini juga bisa membantu menaikkan jumlah kunjungan ke website atau aplikasi yang dimiliki sehingga membantu untuk meningkatkan penjualan produk yang dimiliki.

Conversions

Disisi lain, apabila pengguna ingin menaikkan kunjungan ke situs marketplace yang dimiliki atau jumlah pengunjung di katalog online maka pengguna bisa menggunakan jenis iklan conversions.

Tentukan Budget yang Sesuai

Hal yang paling penting dalam membuat sebuah iklan di tiktok ads adalah menentukan budget yang sesuai dengan jumlah iklan yang akan tayang nantinya.

Penentuan iklan ini nantinya juga dapat membantu pengguna untuk mengetahui apakah dengan budget tersebut sudah mencapai target yang diinginkan atau belum.

Tiktok ads sendiri menyediakan berbagai pilihan limit budget yang sesuai dengan kantong anda sehingga tidak akan memberatkan pengguna saat memasang iklan tertentu di tiktok.

Agar budget lebih hemat maka pengguna bisa memilih memasang iklan dalam jangka waktu harian atau mingguan serta memilih grup yang lebih spesifik dibandingkan menggunhkan keseluruhan campaign yang ada di tiktok ads.

Semakin banyak campaign dan juga kategori yang dipilih tentunya akan menentukan biaya yang dikeluarkan selain itu hasilnya pun bisa saja tidak tertuju ke konsumen yang diinginkan.

Pilih Penempatan yang Cocok

Setiap campaign tiktok yang dibuat nantinya akan dimasukkan ke dalam grup tertentu yang sesuai dengan target konsumen yang dminta.

Hal ini tentunya menguntungkan pengguna yang ingin memasang banyak iklan di tiktok untuk mendapatkan lebih banyak konsumen di platfrom ini.

Karenanya agar campaign yang satu dengan yang lain tidak tertukar maka pengguna bisa menamakan iklan tersebut sesuai dengan target yang diinginkan.

Bebarapa pilihan penempatan tentunya bisa dipilih seusai dengan keinginan namun tidak semuanya tersedia di Indonesia.

Tiktok Placement: Penempatan tiktok ads di halaman for your recommend sehingga bisa dilihat oleh lebih banyak pengguna yang tidak mengikuti akun anda namun bisa menjangkau konsumen yang sesuai.

News Feed App Placement: Disaat anda beriklan di Tiktok maka iklan anda tidak hanya ditayangkan di platform ini namun berbagai website berita lainnya seperti BuzzVideo, TopBuzz, News Republic, and Babe. Sayangnya layanan ini belum tersedia di Indonesia.

Ketahui Konsumen yang Sesuai

Agar iklan di tiktok ads yang dibuat sukses dan menjangkau konsumen yang seusai maka penguna sebaiknya mengetahui terlebih dahulu tipe konsumen yang akan disasar.

Di dalam campaign tiktok ads terdapat beberapa kategori konsumen yang bisa dipilih seusai dengan keinginan dan tujuan iklan.

Pada pilihan umur pengguna dapat mengisi rata-rata usia target konsumen, penentuan usia ini tentunya akan mempengaruhi konten iklan yang akan dirlis.

Selain itu ada juga pilihan jenis kelamin dan minat yang akan menentukan jenis konsumen apa saja yang akan menerima iklan anda.

Jadwalkan Iklan

Budget iklan yang terbatas tentunya akan membuat pengguna berhemat agar saldo iklan cukup sampai hangka wkatu tertentu.

Karenanya pengguna bisa menjadwalkan iklan sesuai dengan waktu aktif pengguna dan juga durasi tayang iklan tiktok.

Semakin panjang durasi iklan yang ditayangkan maka akan semakin besar biaya yang dikeluarkan begitu juga sebaiknya.

Karenanya pengguna sebaiknya menghitung terlebih dahulu jadwal iklan dan juga budget yang dimiliki.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.