8 Cara Memulai Bisnis Makanan Online yang Menjanjikan

8 Cara Memulai Bisnis Makanan Online yang Menjanjikan

Cara memulai bisnis makanan online wajib Anda pelajari jika Anda ingin bisnis Anda sukses. Simak pembahasan lengkapnya di sini!

Bagaimana cara memulai bisnis makanan online? Berdasarkan catatan Google Trends Indonesia, pencarian untuk kata kunci bisnis makanan online mengalami peningkatan sebanyak 70%.

Itu artinya, banyak orang yang saat ini tertarik dengan bisnis makanan online selama pandemi Covid-19. Bisnis makanan online memang menjadi salah satu bisnis dengan tingkat potensial yang tinggi.

Kenapa? karena peminat dan tingkat permintaannya yang juga tinggi. Memulai bisnis makanan atau kuliner adalah ladang cuan paling tepat. Semua orang pasti butuh makan.

Belum lagi banyak orang Indonesia yang gemar wisata kulineran. Jasa pesan-antar makanan juga sedang subur-suburnya. Jadi, memulai bisnis kuliner sama dengan menjemput kejayaan finansial. 

Tapi jangan salah. Meski nampaknya menjanjikan, kemungkinan bisnis makanan untuk gagal juga sangat tinggi. Sebanyak 60% bisnis kuliner bubar di tahun pertamanya. Lalu, 80% takkan bertahan sampai dengan tahun kelima. 

Memulai sebuah bisnis di masa pandemi bukanlah suatu hal yang mustahil. Asalkan diniatkan dengan sungguh-sungguh dan dengan sepenuh hati, mimpi memulai sebuah bisnis pasti akan berjalan.

Lalu, bagaimana cara memulai bisnis makanan online? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

8 Cara Memulai Bisnis Makanan Online yang Menjanjikan

Mengapa Harus Jualan Makanan Online?

Sebelum membahas tentang cara memulai bisnis makanan online, Anda tentu ingin tahu mengapa bisnis makanan adalah salah satu opsi yang potensial. Bisnis makanan adalah salah satu bentuk bisnis yang tahan di segala kondisi.

Dengan demikian, maka tak heran jika bisnis makanan menjadi salah satu bisnis yang menggiurkan. Termasuk di era digital saat ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda tahu, mengapa bisnis jualan makanan online cukup menjanjikan.

Semua Orang Butuh Makan

Bersama rumah dan pakaian, makanan termasuk ke dalam kebutuhan dasar manusia. Tapi kini, makanan telah berkembang lebih jauh lagi, lebih dari sekadar kebutuhan.

Makanan kini telah berkembang menjadi suatu budaya di masyarakat. Sehingga wajar apabila banyak orang yang hidup untuk makan, bukan makan untuk hidup.

Selalu Memiliki Potensi untuk Berkembang

Kuliner, merupakan bisnis yang memiliki peluang berkembang yang sangat besar. Terutama berkembang menjadi waralaba.

Salah satu contoh yang dapat kita ambil adalah gerai ayam goreng yang berasal dari satu kota, kemudian cepat berkembang dan banyak ditemui di kota lain.

Tak sedikit pula gerai makanan yang awalnya dijual online, kini punya banyak cabang di Indonesia.

Mudah Beradaptasi

Seperti yang telah disebutkan di atas, bisnis makanan merupakan salah satu bisnis yang sangat adaptif. Salah satu buktinya adalah banyaknya variasi modifikasi sebuah makanan.

Hal ini menjadikan kuliner sebagai sekian dari sedikit bisnis yang paling fleksibel.

Lebih Sederhana

Sedikit berbeda dengan bisnis lainnya, bisnis kuliner masih cenderung sederhana. Yang harus Anda lakukan adalah memasak dan menjual produk makanan atau minuman tersebut.

Bahkan hanya dengan tempat yang kecil seluas garasi mobil, Anda sudah bisa menjalankan bisnis kuliner Anda dengan mudah.

cara

Cara Memulai Bisnis Makanan Online

Setelah mengetahui mengapa bisnis kuliner merupakan salah satu opsi bisnis yang potensial terutama bagi pemula, pembahasan selanjutnya adalah mengenai bagaimana cara memulai bisnis makanan online.

Strategi dan langkah yang tepat diperlukan untuk meminimalisir resiko yang mungkin terjadi pada bisnis yang Anda rintis. Oleh sebab itu, penting untuk mempelajari cara memulai bisnis makanan online yang benar.

Masih banyak orang yang memulai bisnis secara asal-asalan. Tak ada rencana. Tak ada hitung-hitungan. Pokoknya jalan saja. Masalahnya, cara berbisnis macam ini rawan sekali gagal. Entah itu karena kesalahan manajemen.

Atau justru karena bisnis kulinernya memang tak diminati oleh pasar. Berikut ini adalah cara memulai bisnis makanan online yang wajib Anda ketahui.

Temukan Ide Bisnis dan Pahami Keunikannya

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam cara memulai bisnis makanan online adalah menemukan ide terlebih dahulu. Anda harus mencari tahu apa saja makanan yang bisa Anda jual secara online.

Selain itu, Anda juga harus melihat potensi bisnis makanan online yang Anda minati saat ini, apakah memiliki potensi besar dalam memperoleh keuntungan atau tidak. Bisnis makanan adalah sebuah industri dengan scope yang cukup luas.

Di Indonesia sendiri tumbuh subur berbagai jenis bisnis makanan. Mulai dari yang tradisional hingga sampai yang kebarat-baratan. Untuk itu, sebaiknya tentukan dulu makanan apa yang ingin Anda jual.

Dengan membuat perencanaan seperti ini, maka Anda bisa menghindari bisnis yang tidak mempunyai potensi dalam memberikan keuntungan.

Selain itu, Anda juga harus bisa memastikan apakah makanan dan minuman yang Anda jual memiliki tingkat keamanan dan keawetan yang baik saat dikirim ke pelanggan dengan jarak yang jauh.

Anda juga harus bisa memperhatikan kemasan makanan atau minuman Anda. Setelah menemukan ide bisnis, Anda perlu lanjutkan dengan mencari keunikan produk (unique selling points / USP) yang ingin dijual.

Sebab tanpa keunikan produk, bisnis kuliner Anda akan mudah kalah saing dengan kompetitor. Lewat keunikan produk pula, calon pelanggan tertarik untuk membeli dan mencoba produk Anda. 

Untuk bisa menemukan nilai jual yang unik, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut:

Tulis Semua Fitur dan Kelebihan Produk yang Anda jual

Fokus ke kelebihan produk yang Anda miliki dan unggulkan. Misalnya, enak, murah, porsi banyak, dan sebagainya.

Tulis Kelebihan Produk yang Menjawab Kebutuhan Pelanggan

Posisikan diri Anda sebagai konsumen. Kemudian jawab pertanyaan, kenapa saya mau membeli produk ini? Beberapa jawaban yang mungkin ialah, kemasannya bagus, penyajian cepat, bahan yang digunakan sehat, dan sebagainya.

Tulis Hal-hal Tentang Produk yang Tak Dimiliki oleh Kompetitor

Untuk langkah yang satu ini, Anda perlu menilik usaha kuliner yang dimiliki kompetitor. Coba cari tahu kelemahan produk atau hal yang tak dilakukan kompetitor. Lalu, gunakan itu untuk memperbaiki produk Anda sendiri.

target

Cari Target Pasar

Bila Anda sudah menentukan makanan online yang ingin Anda jual, maka Anda juga harus mengetahui siapa saja target pasar yang ingin Anda incar, dan berapa besar tingkat minat mereka pada produk yang Anda jual.

Meriset target pasar dapat dilakukan dengan cara membaca tren yang ada di media sosial atau melakukan browsing di internet.

Tak hanya itu, Anda juga dapat melakukan survei kecil-kecilan ke kerabat dan teman terdekat terkait ide bisnis yang ingin dilaksanakan.

Dengan begitu, Anda akan memiliki gambaran lebih jelas tentang siapa yang ingin disasar nantinya ketika melakukan penjualan produk kuliner.

Sebagai contoh, makanan seperti salad buah dan sayur cenderung dinikmati oleh masyarakat usia muda yang menggandrungi hidup sehat.

Makanan seperti ini dapat Anda jual ke komunitas sehat seperti komunitas di gym ataupun komunitas fitness lainnya. Supaya bisa memahami target pasar dengan tepat, Anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini:

Buat Perkiraan Siapa yang Paling Membutuhkan Produk Anda

Tak ada rumus pasti untuk melakukan hal satu ini. Kira-kira saja. Semisal Anda menjual produk kopi susu, siapakah target pasar paling strategis? Mahasiswa? Karyawan kantoran? Pekerja lepas?

Survei Bisnis Milik Kompetitor

Datangi bisnis kuliner milik kompetitor. Jajal beberapa produknya. Lalu coba buat perkiraan, siapa yang jadi target pasar mereka? Hal apa yang disukai pelanggan dari produk kompetitor? Kira-kira hal apa yang bisa Anda tiru dan kembangkan lagi?

Perhatikan Review Pelanggan dari Bisnis Kompetitor

Untuk melengkapi pemahaman soal target pasar, cari tahu juga bagaimana orang-orang menilai bisnis milik kompetitor. Supaya lebih objektif, Anda bisa memantau review langsung dari platform macam Google My Business, TripAdvisor, Qraved, Traveloka Eats, dan sebagainya.

Bicara dengan Calon Pelanggan

Cara paling efektif untuk mengenali target pasar ialah bicara langsung dengan calon pelanggan. Untuk itu, coba gali insight seputar bisnis kuliner dari teman-teman terdekat atau kolega Anda.

Apa jenis makanan, minuman, atau snack yang mereka sukai? Berapa harga yang pantas untuk satu porsi produk yang dijual? Adakah varian produk yang ingin dicoba?

Buat Buyer Persona

Buyer persona merupakan gambaran ideal target pasar yang Anda sasar. Gambaran ini dibuat berdasarkan riset dan informasi yang sudah dikumpulkan sebelumnya.

Berbekal buyer persona, Anda bisa mengembangkan produk secara tepat dan melakukan promosi produk dengan lebih terarah.

Buat Konsep Bisnis

Setelah lama menggodok ide bisnis kuliner, saatnya membuat ide itu lebih konkret. Caranya tak lain adalah menuangkannya dalam konsep bisnis alias business plan.  Meski judulnya baru “rencana” bukan berarti konsep bisnis dibuat asal-asalan.

Selain dijadikan pedoman menjalankan bisnis, konsep ini juga membantu Anda dilirik investor untuk dapat suntikan modal. Maka dari itu, Anda perlu menggarap business plan dengan lebih serius. 

Menentukan Supplier dan Bahan Makanan

Saat Anda ingin menjalankan bisnis kuliner, maka Anda harus mempunyai setidaknya satu pemasok yang tepat dan terpercaya dari sisi kualitas bahan makanan ataupun ketersediaan bahan makan untuk jangka waktu yang panjang.

Untuk menjalankan bisnis makanan, diperlukan bahan mentah yang kemudian diolah menjadi makanan jadi sebelum diperjual belikan. Bisnis makanan merupakan bisnis yang memiliki batas kadaluarsa dan batas makanan layak dikonsumsi.

Maka, pastikan bahan makanan yang Anda pasok sumbernya adalah sumber yang dipercaya menyajikan bahan makanan yang segar. Miliki satu pemasok tepat dan terpercaya dari segi kualitas bahan makanan maupun dari segi ketersediaannya.

Sehingga dalam jangka panjang nanti, Anda tidak perlu lagi kesulitan mencari sumber bahan makanan ketika Anda membutuhkannya. Selain pemasok utama, pastikan Anda juga punya pemasok cadangan.

Tujuannya, ketika nanti ada keadaan mendadak dimana pemasok utama Anda kehabisan stok, Anda sudah punya penyedia bahan makanan lainnya tanpa harus menghabiskan waktu mencari pemasok lain. 

Anda juga harus memastikan pemasok tersebut mempunyai sistem distribusi yang baik dan juga tepat waktu. Dengan begitu, bahan makanan yang Anda pesan pada mereka bisa tiba dalam kondisi dan kualitas yang baik.

proddes

Tentukanlah Desain Produk

Langkah selanjutnya dalam cara memulai bisnis makanan online adalah membuat desain produk. Desain produk adalah langkah yang tak boleh Anda anggap sepele. Langkah ini menentukan banyak aspek penting dalam perjalanan bisnis kuliner Anda.

Mulai dari pemilihan bahan baku, harga pokok penjualan, rasa dan kualitas, kemasan, rasa serta kualitas produk, dan banyak lagi lainnya.

Dalam hal ini, Anda harus memilih nama dan bentuk kemasan yang sesuai dengan brand serta produk yang nantinya ingin Anda jual.

Pastikanlah nama yang Anda pilih mudah dibaca dan ditulis. Hal tersebut bertujuan agar orang lain lebih mudah dalam mengingat dan menyebut nama brand Anda.

Saat ada pelanggan yang menyukai produk Anda, maka mereka akan selalu mengingat nama produk yang mereka konsumsi tersebut.

Anda juga harus menyesuaikan kemasan dengan target pasar. Kenapa? Karena setiap target pasar mempunyai preferensi kemasan yang berbeda-beda. Contohnya anak-anak, mereka lebih menyukai warna kemasan produk yang lebih cerah.

Namun, supaya Anda bisa lebih efektif melakukannya, ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda pertimbangkan. Tips ini tak bermaksud menggurui. Tapi, bisa jadi pegangan agar produk yang Anda bisa menghasilkan keuntungan maksimal:

Catat Semua Bahan dan Proporsi yang Dipakai

Ini akan memudahkan Anda dalam menghitung harga pokok penjualan dan membuat standard operational procedure (SOP).

Buat Beberapa Jenis Sampel Produk untuk Satu Varian Produk

Dengan begitu, Anda bisa tahu mana resep paling enak untuk produk yang ingin dijual. Jangan lupa minta pendapat ke orang-orang yang jadi target pasar Anda.

Pikiran Banyaknya Porsi untuk Tiap Produk yang Ingin Dijual

Apakah Anda ingin menjual satu jenis produk dalam dua jenis porsi? Apakah porsi yang ditawarkan sudah sesuai dengan harga yang Anda tawarkan?

Pikirkan Opsi Kemasan yang Terbaik

Coba eksplor jenis kemasan yang paling pas untuk produk yang Anda jual. Mangkuk kertas? Kardus? Plastik mika? Gelas plastik?

Pikirkan Desain Kemasan Agar Nampak Menarik dan Menjual

Apakah menambahkan desain visual pada kemasan cukup? Apakah Anda perlu berpikir out of the box dengan membikin bentuk kemasan yang unik?

Ingatlah untuk mencatat semua pengeluaran yang ada di tahap ini. Entah itu untuk bahan-bahan membuat produk, harga kemasan, hingga desain untuk mendekor kemasan itu sendiri. 

Sekilas hal ini memang terdengar merepotkan. Tapi, percayalah ini sangat penting dan bermanfaat untuk bisnis jangka panjang. Anda jadi tahu berapa modal yang perlu dikeluarkan untuk setiap produk yang dijual. 

anggaran

Buat Rencana Anggaran Bisnis Kuliner

Langkah selanjutnya untuk cara memulai bisnis makanan online adalah mengatur rencana aggaran untuk bisnis Anda. Pengaturan target yang terencana dan tersusun rapi akan memudahkan Anda menentukan strategi penjualan nantinya.

Dan jika Anda mendapatkan modal dari investor, target yang terstruktur juga bisa membantu Anda mendapatkan suntikan modal lebih baik. Bagi sebagian orang, ini mungkin jadi hal yang paling menyeramkan.

Tak heran kalau banyak orang menghindarinya. Lalu, menyerahkan pekerjaan ini ke akuntan atau pihak profesional lainnya. Hanya saja langkah itu terlalu berisiko untuk bisnis mikro, kecil, dan menengah.

Daripada membayar orang untuk menghitung dan membuat rencana anggaran, akan lebih baik kalau Anda belajar melakukannya sendiri. 

Anda sebetulnya tinggal mendaftar pengeluaran apa saja yang diperlukan untuk bisnis kuliner. Pengeluaran itulah yang kemudian dijadikan patokan untuk mengejar jumlah penjualan.

Buat Standard Operating Procedure (SOP)

Ketika memulai bisnis kuliner, membuat Prosedur Operasi Standar (SOP) adalah hal yang tak boleh terlewat. SOP ini akan membantu Anda menjalankan bisnis secara efektif dan konsisten.

Terutama jika Anda bermaksud mengembangkan dan bahkan menjual lisensi bisnis ke pihak lain. SOP berbeda halnya dengan job description. Ketika job description sifatnya umum dan pendek, SOP punya bentuk yang lebih detail.

Bahkan, bisa ada beberapa SOP untuk sebuah posisi pekerjaan. Jadi, kira-kira begini lah bentuk sebuah SOP yang ideal.

Simpel 

SOP haruslah sederhana, singkat, dan mudah dipahami;

Detail 

SOP juga harus menjelaskan langkah-langkah dengan detail untuk mengurangi kesalahan pegawai dalam mengeksekusi tugas;

Spesifik 

Setiap SOP harus dibuat spesifik untuk satu tujuan tertentu, tidak bisa dicampur atau digabung dengan tugas yang berbeda;

Rajin Diperbaharui 

SOP yang bagus harus selalu diperbaharui agar tetap akurat dan relevan dengan praktik sehari-hari.

Untuk keperluan bisnis makanan , Anda bisa membuat beberapa SOP sekaligus. Misalnya saja, Anda bisa buat SOP khusus untuk melayani pelanggan, SOP untuk membuka toko, SOP untuk menyiapkan dan membuat produk, SOP untuk menutup toko, dan sebagainya.

Pastikan Anda sudah membuat SOP sebelum merekrut tim. Minimal, persiapkan draf kasar untuk hal-hal yang berhubungan langsung dengan operasional toko dan pembuatan produk.

Dengan begitu, Anda bisa menentukan berapa jumlah pegawai yang dibutuhkan dan apa saja tugasnya dengan lebih tepat.

digital platform

Manfaatkan Platform Digital

Salah satu cara memulai bisnis makanan online yang ampuh dengan modal dana yang minim adalah dengan menggunakan internet dan platform digital. Dengan adanya kedua hal ini, maka Anda bisa menjalankan bisnis walau dengan biaya yang minim.

Di era digital saat ini, memiliki media sosial adalah sebuah keharusan bagi bisnis kuliner. Apalagi Anda yang menggeluti bisnis kuliner online.

Sebab, dengan media sosial Anda bisa menarik calon konsumen yang lebih banyak,tanpa perlu banyak menghabiskan biaya jutaan rupiah untuk iklan.

Anda bisa menggunakan berbagai platform digital seperti InstagramFacebook, Twitter, WhatsApp dan berbagai platform marketplace lain demi mempromosikan bisnis Anda dalam menjangkau konsumen yang lebih banyak.

Website juga bisa Anda gunakan untuk membangun tingkat kredibilitas bisnis Anda. Dengan memiliki website bisnis, maka Anda akan terlihat lebih profesional dan dipercaya.

Hal tersebut karena di dalamnya Anda bisa memasukkan berbagai informasi bisnis, termasuk cara memesan, ketersediaan menu, hingga update promo terbaru.

Siap Memulai Bisnis Makanan Online?

Setelah mempelajari langkah-langkah dalam cara memulai bisnis makanan online, apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis makanan online?

Memulai bisnis kuliner yang menjanjikan memang bukan perkara gampang. Ada begitu banyak hal yang harus dilakukan agar bisnis makanan online mencapai sukses. Semoga tips yang kami susun membantu Anda untuk merintis bisnis kuliner Anda sendiri.

Untuk promosi di media sosial, Anda bisa mengandalkan Social Media Marketer untuk menyusun strategi pemasaran yang jitu dan ampuh agar bisnis Anda berkembang dengan memanfaatkan media sosial.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.