influencer shopee

Influencer Shopee : Cara Hasilkan Uang dari Review Produk

Jadikan hobi belanja di marketplace menjadi lebih menguntungkan dengan menjadi influencer shopee yang berpengalaman.

Siapa disini yang hobi belanja di shopee? yup kegiatan belanja kini semakin menyenangkan dan mudah berkat adanya marketplace satu ini.

Keberadaan marketplace menjadi kemudahan bagi banyak orang yang ingin tetap belanja tanpa perlu ke luar rumah atau sedang sibuk melakukan kegiatan lain.

Sayangnya, kebiasaan belanja di marketplace terkadang memiliki pandangan negatif, karena dianggap menghabiskan banyak uang untuk membeli berbagai barang yang kurang penting.

Namun, kini anda bisa merubah hobi menjadi kegiatan yang menguntungkan dengan menjadi influencer shopee.

Dimana anda bisa mendapatkan uang hanya dengan membuat ulasan produk yang pernah dibeli kemudian merekomendasikannya ke orang lain melalui link afiiliate.

Semakin banyak orang yang melakukan transaksi menggunakan link yang anda berikan, maka semakin banyak juga pundi-pundi penghasilan yang anda dapatkan.

Tidak hanya itu, dengan menjadi influencer shopee maka anda tidak perlu bekerja di luar rumah, karena semua kegiatan bisa dilakukan dari dalam rumah dengan dukungan peralatan yang memadai.

Tertarik menjadi influencer shopee dengan sejuta manfaat? Karenanya berikut beberapa tips dan trik untuk membuat konten ulasan produk serta promosi produk secara maksimal.

apa itu influencer shopee

Apa Itu Influencer Shopee

Saat memilih atau mencari produk tertentu biasanya seseorang akan mencari ulasan produk tertentu dari seseorang yang pernah membeli barang tersebut sebelumnya.

Cara ini dilakukan untuk mengetahui kualitas produk tersebut sebelum sehingga tidak menyesal apabila barang tersebut sudah sampai di tangan.

Ulasan produk dari influencer social media biasanya menjadi pilihan banyak orang untuk mengetahui rekomendasi barang tertentu.

Hal ini dilakukan mengingat influencer biasanya mengulas produk berdasarkan pendapat dan selera pribadi tanpa adanya paksaan siapapun, sehingga ulasan produk yang di dapatkan lebih jujur dan disukai oleh pengikutnya.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membaca pendapatan dari orang lain di kolom komentar yang bisa menjadi pertimbangan untuk membeli produk tertentu.

Influencer shopee juga melakukan kegiatan yang sama dengan influencer lain di social media.

Dimana mereka biasanya mengulas produk yang pernah dibeli sebelumnya atau sedang naik daun di kalangan konsumen.

Ulasan ini membantu konsumen yang hendak membeli produk viral tertentu namun masih ragu dengan kualitas barang yang dimiliki.

Influencer shopee juga tersebar di berbagai social media tentunya dengan jenis konten yang berbeda-beda.

Guna mendapatkan keuntungan lebih maka influencer shopee juga menyematkan link affiliate yang bisa diakses oleh pengikutnya.

Semakin banyak orang yang berkunjung dan melakukan transaksi melalui link tersebut maka influencer shopee akan mendapatkan penghasilan yang lebih banyak.

Cara ini juga bermanfaat bagi mikro influencer yang belum dilirik oleh brand tertentu untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan menjaga originalitas konten.

Meskipun begitu, beberapa influencer shopee yang telah memiliki jumlah pengikut yang banyak serta interksi aktif juga tidak menutup kemungkinan untuk diajak kerjasama review produk oleh brand tertentu.

Sehingga mereka mendapatkan barang eksklusif secara langsung tanpa perlu menunggu waktu perilisan produk dan mengantri dengan banyak orang.

Kolaborasi promosi ini tentunya menguntungkan bagi influencer shopee karena tidak mengeluarkan biaya lebih untuk membeli produk tertentu namun malah dibayar untuk mengulas produk tertentu.

Selain itu, anda juga bisa bergabung dengan agensi tertentu untuk memperluas jangkauan konten dengan pengelolaan social media yang lebih baik.

keuntungan menjadi influencer shopee

Keuntungan Menjadi Influencer Shopee 

Mengembangkan hobi menjadi kegiatan yang menghasilkan uang tentunya disukai oleh banyak orang.

Salah satunya adalah hobi belanja barang-barang tertentu yang kemudian diulas melalui social media.

Meskipun awalnya anda hanya ingin mengulas produk tersebut ke teman-teman terdekat, namun dengan strategi social media yang tepat, maka konten anda dapat menjangkau audience yang lebih tepat.

Apalagi jika anda menambahkan link shopee affiliate yang membuat konsumen melakukan transaksi menggunakan link yang anda berikan.

Sehingga anda akan merasakan sensasi belanja yang dibayar setelah melihat hasil dari link shopee affiliate yang anda berikan.

Tidak hanya itu, menjadi influencer shopee juga menguntungkan bagi kreator serta produsen produk tertentu yang memerlukan promosi yang lebih efektif.

Penghasilan Tambahan dari Shopee Affiliate

Banyaknya produk yang dijual di shopee membuat konsumen memiliki banyak pilihan produk yang dibutuhkan.

Sayangnya, konsumen biasanya hanya membeli produk dengan ulasan tertinggi serta jumlah pembeli terbanyak dan berada di bagian teratas rekomendasi produk.

Algoritma ini tentunya cukup merugikan bagi penjual baru yang memulai berjualan produk di shopee karena barang mereka jarang mendapatkan rekomendasi dari konsumen.

Guna mengatasi masalah ini dan memancing penjual baru untuk melakukan transaksi maka shopee meluncurkan layanan affiliate marketing.

Dimana konsumen bisa merekomendasikan produk yang dimiliki ke pengguna social media lain menggunakan link shopee affiliate.

Sehingga konsumen yang tengah mencari barang tertentu bisa langsung membeli barang tersebut tanpa perlu kesulitan untuk mencarinya di kolom pencarian.

Tidak hanya itu, apabila konten ulasan produk bisa ditampilkan dengan apik dan memikat penonton, maka influencer shopee juga mendapatkan penghasilan tambahan dari akses link shopee affiliate yang diunggah.

Sehingga kreator bisa mengembalikan modal membeli produk dengan pendapatan yang lebih besar.

Sedangkan bagi influencer shopee yang sudah memiliki pengikut yang banyak serta pengaruh yang kuat, mereka juga bisa mendapatkan penghasilan secara terus menerus meskipun tidak sedang mengunggah konten apapun.

Hal ini dikarenakan persebaran konten yang meluar dari satu orang ke orang lain yang menggunakan link shopee affiliate tersebut.

Meningkatkan Brand Awareness Produk Tertentu

Bagi sebuah brand yang baru saja diluncurkan di pasaran, biasanya belum memikat konsumen untuk membeli produk tersebut.

Sehingga melakukan promosi secara maksimal bisa membantu untuk meningkatkan brand awareness di mata konsumen.

Salah satu cara promosi yang sudah dilakukan oleh banyak brand besar dan berkembang adalah melakukan kolaborasi promosi produk bersama influencer social media.

Strategi marketing ini dilakukan mengingat influencer social media memiliki pengaruh yang lebih kuat dan besar.

Sehingga promosi influencer marketing yang tepat juga akan membuat nama anda lebih terkenal di kalangan target konsumen.

Tidak hanya melakukan kolaborasi promosi dengan influencer social media, namun melakukan promosi dengan influencer shopee juga bisa menjadi pertimbangan.

Hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat indonesia menggunakan shopee sebagai media transaksi secara daring yang mudah dan praktif.

Sehingga dengan menggunakan jasa influencer shopee maka akan meningkatkan kunjungan ke akun marketplace yang anda miliki.

Sehingga konsumen yang belum mengenal produk anda bisa berkunjung untuk sekedar melihat berbagai produk yang anda tawarkan atau melakukan transaksi secara langsung.

Menambah Jumlah Penjualan Secara Pesat

Salah satu alasan mengapa strategi promosi influencer marketing banyak digunakan oleh berbagai brand adalah kemudahan menjangkau target audince secara tepat.

Hal ini dikarenakan influencer biasanya melakukan interaksi secara intens kepada pengikutnya sehingga dapat membangun keakraban yang erat.

Sehingga berbagai produk yang direkomendasikan influencer bisa menjadi pertimbangan konsumen untuk dibeli dan digunakan.

Cara ini juga berlaku apabila anda menggunakan jasa influencer marketing yang merekomendasikan produk anda melalui konten social media.

Pengemasan konten yang baik serta rasa kepercayaan yang tinggi membuat pengikutnya percaya pada rekomendasi produk yang diberikan.

Sehingga penjualan produk juga bisa meningkat secara pesat yang tentunya menguntungkan bagi produsen brand tertentu.

Kolaborasi dengan Influencer Shopee Berpengalaman

Banyaknya influencer shopee yang tersebar di berbagai social media membuat anda memiliki kemudahan untuk memilih kreator yang sesuai dengan keinginan.

Sehingga anda bisa memilih influencer shopee yang memiliki jumlah pengikut yang sesuai, target audience yang diinginkan, serta rekomendasi produk yang ditawarkan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memilih influencer shopee yang memiliki pengikut yang lebih sedikit namun dengan pengaruh yang kuat.

Pilihan ini akan membuat budget promosi menjadi lebih rendah bahkan bisa digunakan untuk melakukan endorsement ke influencer shopee di social media lain.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan kolaborasi promosi dengan influencer shopee yang lebih berpengalaman.

Dimana mereka memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak dan sudah melanglang buana di dunia affiliate marketing social media.

Sehingga anda tidak hanya mendapatkan jumlah interaksi dan brand awareness yang lebih besar, namun kesempatan belajar pemasaran affiliate marketing langsung dari pelakunya.

Berbagai diskusi tersebut juga bisa menjadi pertimbangan untuk menjalankan strategi influencer marketing yang lebih efektif dan menyasar ke target konsumen yang tepat.

Tidak hanya itu, influencer shopee biasanya memiliki tipe konten sendiri yang disukai oleh konsumen dan membuat penontonnya terpengaruh.

Dengan memberikan kebebasan ke kreator untuk membuat konten promosi yang disukai tentunya akan membuat promosi menjadi lebih efektif dan disukai oleh banyak orang.

Cara ini juga akan memudahkan anda dalam membuat konten promosi untuk influencer karena anda hanya perlu memberikan poin-poin yang dibutuhkan dan sisanya dikelola oleh influencer.

Kolaborasi Promosi yang Lebih Mudah

Salah satu kendala dalam memilih influencer shopee adalah kesulitan dalam menentukan kriterian kreator yang sesuai.

Hal ini dikarenakan influencer shopee tentunya memiliki jumlah pengikut, target konsumen, serta jenis konten yang berbeda-beda.

Sehingga pelaku usaha perlu memilih influencer shopee yang sesuai kebutuhan serta budget yang dimiliki.

Namun, anda tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa solusi untuk menemukan influencer shopee yang tepat.

Pertama adalah menggunakan website tertentu yang dapat mengecek kinerja akun social media tertentu secara gratis.

Sehingga anda bisa mengetahui tingkat interaksi kreator dalam jangka waktu tertentu dan menghitung apakah hasil yang diberikan sudah sesuai dengan keinginan.

Tidak hanya itu, beberapa social media juga menyediakan tempat khusus bagi kreator untuk menyajikan portofolio hasil endorsement dengan brand lain.

Salah satunya adalah Instagram yang menyediakan fitur Creator Portofolio yang bisa digunakan oleh influencer shopee untuk menyajikan hasil kinerja konten dalam jangka waktu tertentu.

Selain itu, pelaku usaha juga bisa menghubungi mereka melalui creator marketplace, sehingga memudakan kolaborasi promosi yang lebih optimal.

Anda juga bisa mengunjungi akun influencer shopee yang kerap kali lewat di timeline social media dan mempertimbangkan tawaran kolaborasi promosi produk setelah melihat konten yang disajikan serta interaksi dengan pengguna social media lainnya.

tips dan trik menjadi influencer shopee

Tips dan Trik Menjadi Influencer Shopee

Keinginan mengubah hobi menjadi kegiatan yang menguntungkan tentunya menjadi pertimbangan banyak orang untuk menjadi influencer shopee.

Akan tetapi, dengan jumlah influencer shopee yang terus bertambah setiap hari ditambah dengan persaingan dengan kreator yang memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak, mungkin menjadi pertimbangan banyak orang untuk memulai karir menjadi influencer shopee.

Namun, dengan strategi social media yang tepat serta konsitensi mengunggah konten secara teratur maka akan membuka kesempatan untuk menjadi influencer shopee yang sukses.

Karenanya berikut beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk menjadi influencer shopee bagi pemula.

Pilih Jenis Produk yang Akan Diulas

Sebagai marketplace yang memiliki banyak pengguna sebagai konsumen atau penjual, maka anda akan menemukan berbagai macam produk yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Variasi produk yang beragam tentunya membuat influencer shopee bingung untuk memilih barang yang sekiranya disukai oleh banyak orang.

Namun, anda cukup memilih barang yang sering anda beli dan sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Hal ini dikarenakan pengguna social media biasanya mencari ulasan yang memang digunakan oleh influencer shopee karena ulasan jujur yang diberikan.

Sehingga apabila anda memilih produk yang sekiranya belum pernah anda beli maka anda akan mengalami kesulitan untuk mengenali kelebihan dan kekurangan produk karena kurang familiar pada barang tersebut.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memilih produk dari brand yang belum terkenal di kalangan masyarakat luas.

Sehingga konsumen lebih tertarik untuk mengamati rekomendasi produk yang anda berikan karena belum pernah mendengar nama tersebut sebelumnya.

Apabila anda mengulas konten ulasan produk secara jujur, lengkap, dan sesuai dengan kondisi yang diberikan, maka audience akan lebih tertarik untuk membeli produk tersebut menggunakan link affiliate marketing yang anda berikan.

Sehingga anda akan mendapatkan pendapatan yang lebih banyak dari jumlah pengunjung yang melakukan transaksi dari link tersebut.

Tentukan Target Konsumen yang Dituju

Saat mengakes aplikasi shopee, maka anda akan diberikan pilihan rekomendasi produk yang sesuai kebutuhan dan keinginan.

Salah satunya adalah mengguanakan filter harga sehingga anda bisa memilih barang tertentu yang sesuai dengan budget pembelian yang dimiliki.

Pilihan filter ini juga bisa anda gunakan untuk menentukan target konsumen yang anda tuju di socia media.

Hal ini dikarenakan Shopee memiliki berbagai konsumen dengan budget pembelian yang berbeda-beda dan semuanya ingin memiliki barang dengan kualitas tinggi namun dengan harga murah.

Sehingga anda perlu memilih harga barang yang sesuai dengan kebutuhan audience namun dengan harga yang sesuai budget konsumen.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menentukan target konsumen yang dituju berdasarkan latar belakang yang anda miliki.

Misalnya saja anda adalah seorang anak kosan yang mencari peralatan rumah tangga minimalis yang murah dan memiliki kualitas tinggi atau seorang make up artist yang mencari produk kecantikan yang tahan lama.

Penentuan target konsumen berdasarkan latar belakang kreator juga akan memunculkan rasa kepercayaan audience karena mereka juga memiliki latar belakang yang sama.

Sehingga audience akan lebih percaya pada rekomendasi produk yang diberikan sehingga tertarik untuk membeli barang yang telah diulas sebelumnya.

Ketahui Jenis Konten yang Disukai

Social media menjadi platform yang biasa digunakan oleh influencer shopee untuk mempromosikan produk yang diulas di akun yang dimiliki.

Sehingga tidak mengherankan apabila anda akan menemukan berbagai konten influencer shopee dimana saja dan kapan saja saat anda mengakses social media.

Meskipun begitu, influencer shopee juga perlu mengetahui jenis konten yang disukai agar bisa membuat konten secara optimal dengan hati yang gembira.

Apabila anda menyukai dunia tulis menulis maka Twitter bisa menjadi social media yang cocok untuk anda.

Hal ini dikarenakan sebagian besar konten twitter diunggah melalui tulisan yang memudahkan audience untuk membaca ulasan melalui konten twitter thread yang diunggah di akun influencer shopee.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mencantumkan konten foto dan video untuk memperlihatkan foto produk yang lebih maksimal.

Pencantuman link shopee affiliate juga bisa dicantumkan di konten tweet yang bisa diakses secara mudah oleh pengguna twitter.

Akan tetapi, apabila anda lebih menyukai membuat konten secara estetik dengan sentuhan gambar yang menarik, maka social media Instagram dan Facebook bisa menjadi pilihan utama.

Sebab kedua social media tersebut menarik penggunanya melalui konten gambar yang menarik dan unik serta ulasan detail yang ditulis melalui kolom caption.

Sehingga konten anda bisa memikat lebih banyak orang untuk melakukan pembelian melalui link shopee affiliate.

Sayangnya, anda belum bisa mencantumkan link produk melalui caption instagram dan membutuhkan waktu lebih bagi konsumen untuk mengakses link tersebut.

Namun, anda bisa mengakalinya dengan menggunakan fitur instagram story yang memudahkan konsumen untuk mengakses link produk dengan cepat dan mudah.

Tidak hanya itu, apabila anda menyukai membuat konten social media menggunakan video dengan durasi panjang atau pendek, maka platform Tiktok dan Youtube bisa menjadi pilihan utama.

Tiktok telah menjadi primadona bagi banyak influencer shopee karena memudahkan untuk menemukan produk-produk lucu yang digunakan oleh pengguna tiktok dan diunggah melalui konten video.

Sehingga anda bisa merekomendasikan link shopee affiliate menggunakan konten baru yang membuat penonton lebih mudah melihat review produk secara maksimal.

Di sisi lain, Tiktok sendiri tidak mengizinkan penggunanya untuk mengakses link yang dicantumkan di kolom caption atau kolom komentar.

Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut maka anda bisa mempromosikan link shopee affiliate melalui link khusus yang anda sematkan di bio tiktok.

Cara ini akan memudahkan pengguna tiktok yang tertarik pada produk yang anda tawarkan untuk melakukan transaksi dengan mencari link produk di kolom bio tiktok.

Hal ini berbanding terbalik dengan konten youtube dimana anda bisa mengulas sebuah produk dengan durasi yang lebih panjang.

Namun, anda juga perlu menjaga ketertarikan penonton agar menonton video anda hingga habis dan melihat berbagai ulasan yang anda berikan di konten youtube.

Anda juga bisa memanfaatkan kolom caption youtube untuk mengunggah link shopee affiliate yang bisa diakses dengan mudah dan cepat.

Optimasi Akun dan Konten Social Media

Sudah membuat konten social media yag variatif namun hasilnya belum sesuai keinginan?

Mungkin saja optimasi akun social media belum maksimal sehingga jangkauan konten belum menjangkau target audience yang sesuai.

Sehingga anda juga perlu melakukan optimasi akun social media sebelum membuat konten ulasan produk yang menarik.

Pertama adalah memilih foto profil yang dapat mencerminkan produk yang akan diulas di konten social media.

Anda bisa memilih foto logo shopee, foto profil pribadi, atau logo yang mencerminkan produk yang diulas.

Kedua adalah memanfaatkan kolom profil dengan maksimal, dimana anda bisa menuliskan jenis produk yang diulas, nama profil social media, serta link berisi shopee affiliate.

Cara ini akan memudahkan algoritma social media untuk merekomendasikan akun anda ke pengguna social media yang melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu.

Ketiga adalah menggunakan kata kunci serta hashtag yang relevan dengan produk yang diulas, sehingga konten anda akan berada di bagian teratas rekomendasi konten yang ditemukan di kolom pencarian.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *