dropship lewat situs

Dropship Lewat Situs, Berikut Tipsnya!

Dropship memang bisa dilakukan secara online melalui perantara internet sekarang ini. Yuk lakukan dropship sekarang juga!

Era yang serba canggih ini menuntut semua orang untuk melek teknologi, khususnya bagi Anda selaku pemilik bisnis seperti bisnis dropship.

Agar bisnis bisa berkembang maka lakukan promosi dengan menggunakan media sosial. Jika Anda seorang dropshipper, pasti perlu melakukan promosi dengan memanfaatkan teknologi yang sudah canggih.

Pemasaran digital dapat melalui sosial media seperti Facebook, Instagram, Youtube, TikTok dan sebagainya. Anda juga bisa memanfaatkan blog sebagai wadah untuk mempromosikan produk.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pemasaran digital, simak dulu informasi berikut dropship selanjutnya.

pengertian dropship

Dropship – Pengertiannya

Dropship merupakan sebuah cara memasarkan produk di mana Anda melakukan penjualan produk akan tetapi untuk produknya sendiri belum ada.

Barang yang belum ada merupakan barang yang belum dimiliki penjual. Dan bukan barang yang masih berbentuk bahan mentah.

Dropshipper sendiri merupakan orang yang menjual barang tersebut. Menjadi seorang dropshipper menjadi lebih mudah daripada reseller karena tidak perlu menyetok produk.

Perbedaannya dengan reseller yaitu dari segi modalnya. Seorang dropshipper tidak memerlukan modal karena hanya mempromosikan produk saja.

Sedangkan para reseller harus memiliki modal karena digunakan untuk menyetok barang. Perbedaan yang kedua adalah dari segi layanan konsumen.

Seorang dropshipper tidak melakukan proses packaging karena tinggal menghubungi supplier. Akan tetapi untuk reseller harus menyiapkan barang sebelum diantar ke pembeli.

Dan perbedaan yang terakhir adalah dalam hal memasarkan produk. Pihak reseller ketika melakukan pemasaran bisa mempromosikan barang secara langsung ke konsumen atau melalui media online.

Akan tetapi, dropshipper hanya bisa memasarkan produk secara online lewat gambar saja.

Dropship dan Jenis Objek yang Bisa Dipasarkan dengan Sistem Ini

Anda yang bekerja menjadi seorang dropshipper, perlu mengetahui objek paling tepat yang bisa dijual menggunakan sistem dropship.

Beberapa objek bisnis di bawah ini akan bisa dijual dengan sistem dropship :

makanan

Makanan

Objek dropship yang pertama adalah makanan. Pada zaman sekarang, bisnis makanan banyak peminatnya dan merupakan kebutuhan semua manusia.

Adapun bisnis makanan yang cocok dijual dengan sistem dropship adalah makanan ringan. Selain harganya murah, ada banyak makanan ringan yang disukai anak muda terutama yang memiliki rasa pedas.

beauty

Produk Kecantikan

Tidak hanya makanan, produk lain yang juga banyak peminatnya adalah produk kecantikan. Tentu produk kecantikan memiliki banyak peminat dari kalangan perempuan.

Banyak perempuan yang mencari produk kecantikan untuk melakukan perawatan. Produk yang paling banyak dicari adalah skincare.

clothes

Pakaian

Tidak hanya makanan dan produk kecantikan saja, produk lain yang juga laris di masyarakat adalah pakaian. Apalagi jika ada hari-hari besar seperti Idul Fitri.

Produk pakaian pasti sangat laku di pasaran mendekati hari itu. Apalagi perempuan yang lebih suka mencari baju dengan model terbaru.

Traveling

Objek lainnya yaitu di bidang traveling. Tidak perlu susah menyiapkan modal karena Anda hanya memasarkan jasa agen secara online saja. Bisnis traveling dengan sistem dropship ini patut dicoba.

Kelebihan Menjadi Seorang Dropshipper

Tentu ada kelebihan dan kekurangan menjadi seorang dropshiper. Dropship juga merupakan salah satu sistem dalam dunia bisnis yang banyak peminatnya sebab caranya mudah.

Hanya dengan mempromosikan barang tidak harus menyetok barang. Beberapa kelebihan dan kekurangan menjadi seorang dropshipper adalah :

stock

Tidak Perlu Menyetok Barang

Menjadi seorang dropshipper berarti tidak perlu menyetok barang karena itu menjadi tugas supplier. Anda hanya harus memikirkan bagaimana cara mempromosikan barang agar menarik banyak pelanggan.

Jika menjadi seorang dropshipper, maka Anda harus mencari supplier yang profesional agar tidak terjadi miskomunikasi. Sebaiknya jangan bekerja sama dengan seorang supplier yang barangnya menggunakan sistem pre-order (PO).

Supplier yang memakai sistem PO hanya akan menghabiskan banyak waktu untuk pengiriman barang.

Memiliki Resiko yang Kecil

Memakai sistem dropship tentu akan menghadapi resiko yang kecil. Ketika bisnis tidak bisa berjalan dengan lancar, Anda tidak perlu bingung bagaimana menghabiskan barang yang dijual dan menggaji karyawan.

Dapat Dikerjakan Kapan dan di Mana Saja

Keuntungan yang berikutnya adalah pekerjaan dapat dilakukan di mana saja. Pekerjaan ini dapat dilakukan di mana saja karena praktis.

Anda bisa mengerjakan pekerjaan bisa sambil mengerjakan yang lain. Pekerjaan ini juga bisa dilakukan kapan saja, waktunya fleksibel.

Sambil mengerjakan pekerjaan lain di rumah saja.Misalnya Anda suka nongkrong di kafe, bisa sambil mempromosikan produk secara online.

Lebih Praktis

Kelebihan yang terakhir adalah lebih praktis dalam mengerjakannya. Karena Anda hanya akan diminta untuk memasarkan barang saja.

Cara promosinya juga gampang, dropship melakukan copy paste barang dan keterangannya dan pembeli juga hanya mengambil barangnya sendiri.

Kekurangan Menjadi Seorang Dropshipper

Meningkatnya Komplain dari Konsumen

Kekurangan menggunakan sistem dropship adalah meningkatnya komplain dari pembeli. Hal ini bisa terjadi karena Anda tidak memiliki akses untuk mengecek harga barang, kondisi produk apakah bagus atau tidak.

Hal ini tentu membuat Anda akan semakin sering mendapatkan komplain dari pembeli.

Lebih Sulit Menjual Barang

Walaupun proses promosinya terbilang mudah, akan tetapi Anda lebih sulit mempromosikan barang yang belum diambil. Anda tidak bisa mengecek kondisi barang tersebut.

Selain itu, untuk meminimalisir hal ini bahkan dropshipper terpaksa membeli barangnya dulu.

kekurangan

Keuntungannya Lebih Kecil

Kekurangan yang berikutnya adalah keuntungannya lebih kecil dibanding menggunakan sistem reseller. Agar Anda mendapatkan keuntungan yang kecil, Anda harus pandai mempromosikan barang.

Sehingga keuntungan yang kecil menjadi lebih banyak.

Tidak Mendapatkan Akses

Kekurangan yang terakhir adalah sebagai dropshipper Anda tidak memiliki akses untuk melakukan pengecekan barang dan harganya. Anda tidak mengetahui apakah barang tersebut dalam  kondisi yang baik-baik saja atau tidak.

Bahkan Anda juga harus membiasakan diri dengan ketidakpastian dari supplier. Misalnya adalah ketika pagi hari stok barang masih ada 100 pcs.

Belum tentu di waktu sore produknya masih 100 pcs. Bisa saja sudah tinggal 90 pcs.

Cara Kerja Sistem Dropship

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan bekerja menjadi dropshipper, hal berikutnya yang perlu Anda tahu adalah cara bekerja dengan sistem dropship.

Pertama, Anda harus mencari bisnis apa yang ingin dijual. Carilah supplier yang tidak menggunakan sistem pre order karena waktunya akan lebih lama.

Setelah mendapatkan supplier terpercaya, Anda harus menjalin hubungan yang baik dengan pemasok. Pastikan Anda pemasok selalu update produk baru, ketersediaan stok dan cara pembayaran.

Supplier memberikan foto produk yang akan dipromosikan oleh dropship lewat sosial media, website atau marketplace. Jika ada konsumen yang ingin membeli barang maka pembayarannya langsung ke dropshipper.

Setelah itu supplier menyiapkan barang dan langsung dikirimkan ke pembeli. Menjadi dropshipper memang mudah karena modal tidak banyak dan tidak perlu membangun lokasi bisnis.

pemasaran digital

Pemasaran Digital dan Keuntungannya

Sebagai seorang dropshipper, Anda tentu harus tahu apa yang dimaksud dengan pemasaran digital. Di era yang serba canggih ini, agar bisnis cepat laku maka Anda harus melakukan promosi secara online.

Pemasaran digital sendiri adalah salah satu cara mempromosikan barang dengan menggunakan sosial media, website atau marketplace.

Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan cara pemasaran digital.

Diantaranya :

Memudahkan Proses Evaluasi

Kelebihan pertama dengan menjalankan digital marketing adalah kemudahan dalam melakukan evaluasi. Karena promosi menggunakan media online lebih praktis, maka akan lebih mudah memantau pemasaran.

Anda bisa tahu berapa orang yang mengunjungi atau membaca informasi produk Anda. Setelah mendapatkan informasi, Anda bisa melakukan evaluasi agar proses pemasaran bisa menggaet banyak pelanggan.

Anda juga menentukan mana iklan yang tepat untuk bisnis Anda. Hal ini dapat dijadikan perbaikan untuk kedepannya.

Efektif dan Murah

Menggunakan sistem dropship berarti Anda harus melakukan strategi digital marketing karena tidak membutuhkan banyak biaya.

Jika melakukan pemasaran digital, maka akan menghemat anggaran biaya sebesar 40%. Cara ini direkomendasikan untuk usaha yang masih kecil.

Selain itu, proses pemasarannya juga tidak membutuhkan banyak waktu. Anda hanya tinggal membuat akun sosial media dan memasarkan produk dengan cepat.

Membangun Brand Produk

Agar lebih mudah dalam membangun nama, maka Anda dapat melakukan pemasaran secara online. Pemilik bisnis pasti akan memikirkan nama yang unik agar produknya dapat dikenal oleh masyarakat.

Cepat dalam Menjangkau Pasar

Kelebihan yang berikutnya adalah lebih mudah untuk menjangkau masyarakat luas.

Hal ini disebabkan hampir semua orang sudah memiliki sosial media. Proses penyebaran juga bisa berlangsung menggunakan hitungan detik.

Mudah Mendapatkan Pelanggan

Karena jangkauannya lebih luas maka Anda akan semakin mudah untuk mendapatkan banyak pelanggan.Pelanggan akan mengetahui bahwa ada produk unik dan tertarik untuk membelinya.

strategi

Strategi Pemasaran Digital

Ada banyak strategi pemasaran digital yang harus Anda ketahui jika ingin menggunakan sistem dropship. Beberapa strategi tersebut adalah:

Content Marketing

Menggunakan strategi content marketing berarti Anda harus membuat rencana dan menyebarluaskan konten yang sudah dibuat kepada konsumen.

Menggunakan strategi konten marketing juga harus bisa menarik perhatian konsumen agar mau membeli barang Anda. Biasanya konten ini disebarluaskan lewat sosial media, blog atau website, brosur online, artikel, e-book dan sebagainya.

Pay Per Click (PPC)

PPC adalah salah satu strategi pemasaran online yang bisa Anda gunakan. Caranya adalah dengan menarik perhatian pelanggan dengan meningkatkan traffic yang diarahkan ke website Anda.

Misalnya dengan menggunakan Google AdWords, dimana Anda harus membayar setiap satu kali klik.

Affiliate Marketing

Affiliate Marketing berarti Anda bekerja sama dengan platform lain agar mendapatkan pemasukan dengan menarik perhatian pelanggan. Contohnya adalah dengan beriklan menggunakan Youtube, membuat hosting video ads, dan lain sebagainya.

Search Engine Optimization (SEO)

Strategi SEO biasanya digunakan untuk mendapatkan pembaca agar mau berkunjung ke situs Anda.

SEO juga memungkinkan agar situs Anda berada di mesin pencarian teratas. Media yang digunakan bisa infografis, blog dan website.

Otomatisasi Pemasaran

Berjualan dengan sistem dropship juga bisa melakukan strategi optimalisasi pemasaran. Proses ini biasanya menggunakan beberapa kanal digital, misalnya media sosial dan email.

Prosesnya adalah dengan melakukan tugas-tugas berulang seperti menyusun konten dan laporan kampanye.

Native Advertising

Native advertising adalah mempromosikan barang dalam bentuk postingan. Biasanya dilakukan dengan menggunakan Facebook atau Instagram.

Social Media Marketing

Sudah tidak asing lagi, bukan, dengan istilah ini?

Bagaimana agar bisnis Anda bisa berkembang tentu dapat memanfaatkan iklan di sosial media seperti Instagram, Facebook dan TikTok.

Kesalahan yang Sering Terjadi Ketika Melakukan Pemasaran Digital

Memang, melakukan pemasaran digital terasa mudah karena hanya memanfaatkan media online yang sudah populer. Akan tetapi sebenarnya masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam proses pemasarannya.

Berikut kesalahan yang umum terjadi:

Tidak Memahami Calon Pembeli

Kesalahan pertama yang sering terjadi adalah pebisnis tidak memahami calon pembeli. Baik yang menggunakan sistem dropship atau reseller, kesalahan ini masih kerap kali terjadi.

Pebisnis melakukan pemasaran produk yang tidak dibutuhkan oleh masyarakat. Padahal sebelum memulai bisnis harus melakukan riset pasar terlebih dahulu.

Memahami pembeli bukan berarti mengubah barang yang sudah dibuat, akan tetapi pikirkan mengenai kemasannya. Selain itu Anda harus bisa menentukan key opinion leader yang tepat.

Tidak Menggunakan Copywriting dan Story Telling

Kemampuan copywriting sangat dibutuhkan bagi mereka yang bekerja sebagai dropshipper. Akan tetapi hal ini masih sering diabaikan dan proses pemasarannya pun menjadi kurang maksimal.

Padahal dengan membuat konten yang menarik bisa menaikkan pemasukan. Konten yang dibuat juga harus mudah dipahami agar informasinya bisa tersampaikan dengan benar.

Membuat Website yang Kurang Rapi

Bekerja dalam sistem dropship dan ingin melakukan pemasaran digital menggunakan website tentu harus memperhatikan penampilannya.

Website yang kurang rapi cenderung tidak dipercaya oleh konsumen. Konsumen akan beranggapan bahwa bisnis Anda tidak profesional.

Salah Memilih Strategi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai beberapa strategi pemasaran digital, Anda harus tepat dalam memilih strateginya.

Jangan sampai salah memilih strategi yang mengakibatkan bisnis tidak bisa berkembang.

Situs Untuk Belajar Pemasaran

Social Media Marketer adalah sebuah situs yang bisa dimanfaatkan untuk belajar bagaimana cara melakukan pemasaran berbasis digital.

Ketika Anda membuka situs kami, maka bisa menemukan berbagai info yang dibutuhkan.

Contohnya adalah sebagai berikut:

TikTok Marketing

Layanan belajar pemasaran online yang pertama adalah TikTok Marketing.

Di sini Anda dapat membaca artikel mengenai apa itu TikTok adsense, tips menjual produk di TikTok dan panduan lengkap live TikTok.

Ada banyak informasi yang kami berikan agar pengguna mudah memahami informasi mengenai TikTok.

General Blog

Selain promosi lewat TikTok, Anda juga bisa memanfaatkan blog sebagai wadah untuk mengembangkan bisnis.

Contoh artikel yang dibahas adalah mengenai riset kata kunci untuk artikel, bagaimana cara kerja Google Adsense dan mengenai bootstrap. Dengan menggunakan layanan kami maka Anda bisa promosi menggunakan iklan di Google.

Copywriting

Social Media Marketer juga memberi informasi seputar copywriting. Copywriting merupakan sebuah teknik promosi iklan lewat tulisan dan desain yang menarik.

Tidak hanya membutuhkan skill menulis saja, tetapi penulis copywriting juga harus bisa membuat desain unik agar konsumen tertarik.

Instagram Marketing

Adapun untuk layanan yang berikutnya adalah Instagram marketing. Memakai sistem dropship mengharuskan Anda memahami bagaimana cara promosi menggunakan Instagram.

Anda harus mengetahui kegunaan tiap fitur di Instagram dan bagaimana cara menggunakannya. Untuk itu Anda bisa langsung mengunjungi website kami karena kami sudah menyediakan informasi lengkap mengenai Instagram marketing.

Alasan Mengapa Harus Belajar di Kami?

Alasan mengapa Anda harus mengunjungi website kami untuk belajar digital marketing adalah karena informasi yang diberikan jelas. Kami selalu melakukan update artikel terbaru yang informasinya benar-benar membantu.

Selain itu kami juga akan memandu Anda lewat artikel yang sudah disediakan agar Anda bisa memahaminya dengan cepat.

Jika Anda tertarik untuk belajar mengenai pemasaran digital, langsung saja kunjungi halaman utama kami.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.