pexels cowomen 2041394

13 Tipe Konten Video Social Media Untuk Promosi dan Hiburan

Maksimalkan penggunaan konten video di social media sebagai sarana hiburan dan promosi secara maksimal.

Disaat membuka akun social media baik Instagram atau Tiktok, maka anda akan dengan mudah menemukan berbagai konten video pendek dengan variasi yang menarik.

Kemunculan berbagai konten video yang tengah naik daun ini disebabkan dengan ketenaran Tiktok yang menyediakan postingan video pendek dengan iringan lagu yang menarik.

Hal ini membuat penonton terhibur sekaligus mendapatkan pengetahuan baru dari penjelasan yang singkat namun mudah dipahami.

Di sisi lain, konten video pendek juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan yang membantu promosi yang lebih maksimal dan mendekatkan diri dengan konsumen yang diinginkan.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian dari Quinty Study yang menyatakan bahwa konten video mendatangkan kenaikan interaksi hingga 49% lebih banyak dibandingkan konten gambar.

Sehingga konten video cocok digunakan untuk meningkatkan lebih banyak interaksi di social media, sehingga membantu meningkatkan jangkauan akun social media anda.

Namun, untuk memanfaatkan konten video maka anda juga perlu memilih jenis postingan yang sesuai dengan kebutuhan dalam menyampaikan pesan dan keinginan konsumen.

Cara ini dilakukan mengingat konten video biasanya disajikan secara organik melalui halaman rekomendasi, seperti Instagram explore atau Tiktok for your page, berbeda dengan Youtube atau Google dimana pengguna biasanya mencari video dengan kata kunci tertentu.

Karenanya berikut beberapa jenis konten video di social media yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

konten video

Tips-tipe Konten Video di Social Media

Saat berselancar di internet atau social media, maka kegiatan mana yang lebih sering anda lakukan? Menonton konten video atau membaca informasi terbaru melalui tulisan dan gambar?

Jika anda lebih sering melihat konten video dibandingkan gambar, maka kegiatan tersebut wajar untuk dilakukan saat mengakses internet.

Hal ini dikarenakan berbagai konten video yang tersedia di Youtube, Instagram, Facebook, Tiktok, serta Twitter telah menyebar dengan mudah melalui format dan isi yang berbeda.

Di sisi lain, pengguna internet biasanya mengakses berbagai platform social media dengan tujuan yang berbeda, sehingga wajar saja apabila anda akan menemukan berbagai konsep video di platform yang berbeda.

Contohnya anda akan menemukan konten komedi atau challenge di Tiktok, namun anda akan melihat berbagai konten edukasi atau jualan di reels atau facebook video.

Perbedaan format video juga terjadi karena berbedanya isi konten video serta struktur video yang akan disampaikan ke target audience yang diinginkan.

Contohnya adalah Facebook dan Twitter yang menyajikan konten video di halaman feed berdasarkan minat seseorang, sedangkan Youtube memberikan rekomendasi konten setelah pengguna mencari postingan melalui kata kunci tertentu.

Karenanya pastikan anda membuat konten video berdasarkan minat konsumen serta kebutuhan promosi yang sesuai.

Konten Tutorial Produk

Saat menemukan sebuah produk yang menarik perhatian di social media, tentunya anda panasaran untuk mencoba dan membeli produk tersebut.

Sayangnya saat barang tersebut sudah sampai, mungkin saja anda kesulitan dalam menggunakan produk tersebut atau kebingungan dalam memaksimalkan penggunaan produk tersebut.

Sehingga mencari video yang berisi tutorial produk di social media bisa menjadi jawaban dari masalah tersebut, apalagi jika konten video tutorial di dapatkan dari influencer yang memiliki pengaruh dan terbiasa dalam menggunakan produk tersebut.

Di sisi lain, penggunaan konten tutorial produk juga menguntungkan bagi sebuah brand yang ingin mengenalkan produk yang baru diluncurkan, sehingga konsumen lebih tertarik untuk membeli setelah melihat hasil yang di dapatkan.

Selain itu, anda juga bisa menaikkan kembali produk lama anda menggunakan konten tutorial produk untum memberikan pencerahan bagi konsumen baru.

@wardahofficial

Ombre koriyaaa🤩🤩 pake Colorfit Last All Day Lip Paint Around The World🫶🏻

♬ Replay nightcore – minjeong 👱‍♀️

Cara ini dilakukan oleh brand kecantikan Wardah yang membuat konten tutorial produk berupa cara melakukan mix and match produk lipstik yang dimiliki sehingga membuat konsumen tertarik untuk membeli barang tersebut.

Penggunaan konten video berupa tutorial produk juga membantu memberikan pencerahan bagi konsumen yang ingin menggunakan produk anda, namun kurang memahami cara pemakaian produk yang sesuai.

Konten Promosi Produk

Unggahan konten social media yang menarik tentunya akan memengaruhi seseorang untuk mengikuti akun brand anda atau penasaran mengenai produk yang anda jual.

Sehingga membuat konten video yang menunjukkan kelebihan serta jenis-jenis produk yang dijual ke konsumen juga dapat memikat konsumen.

Sehingga dibandingkan hanya menampilkan foto produk, maka anda bisa memulai membuat konten promosi produk yang dapat menunjukkan kelebihan produk yang dapat menarik perhatian penonton.

Anda juga bisa menampilkan lebih dekat mengenai gambaran produk secara jelas atau menonjolkan kelebihan yang dimiliki dengan tampilan yang estetik.

Penampilan yang menarik juga membantu konten video anda sebagai alternatif iklan melalui boost post sehingga konten anda dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.

Salah satunya yang dilakukan oleh brand skincare crystallurebeauty yang memberikan konten video promosi produk dengan tampilan yang estetik serta menunjukkan kelebihan barang jualan mereka sehingga membuat penonton tertarik membeli.

Penggunaan tulisan sebagai deskripsi produk juga dapat membuat konsumen memahami foto produk yang ditampilkan, sehingga menjadi acuan dalam memilih produk yang sesuai dengan masalah kulit yang dihadapi.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memberikan backsound suara sesuai dengan persona produk anda sehingga menampilkan kesan eksklusif, serta membantu penonton untuk tetap melihat video anda hingga akhir.

Beberapa platform social media seperti Tiktok, Youtube, dan Instagram juga memberikan rekomendasi lagu pilihan yang bisa anda pilih sesuai dengan tema video atau anda bisa memilih lagu yang sedang naik daun, sehingga bisa membantu untuk meningkatkan jangkauan video.

Konten Testimoni

Social media tidak hanya menjadi sarana ekspresi diri dengan menampilkan gambar diri di akun pribadi, namun penggunaan social media juga mulai bergeser sebagai media pencarian produk tertentu.

Hal ini dilakukan mengingat banyak brand usaha yang menggunakan social media sebagai sarana promosi yang efektif dengan bantuan berbagai fitur yang menarik.

Salah satunya adalah menampilkan konten video yang berisi promosi produk untuk menarik minat konsumen.

Tidak hanya itu, pemberian konten ulasan produk juga penting untuk dicantumkan di akun social media anda.

Hal ini dapat membantu konsumen yang baru mengetahui akun social media anda, namun masih belum mempercayai produk yang anda jual.

Sehingga dengan mencantumkan konten testimoni akan membantu konsumen dalam meningkatkan kepercayaan produk melalui ulasan yang di dapatkan dari pembeli lain yang pernah menggunakan produk anda.

Strategi konten marketing ini juga dilakukan oleh brand busana muslim Deary Castle yang mencantumkan ulasan konsumen yang berasal dari akun marketplace mereka.

Anda juga bisa membuat konten testimoni dengan mengumpulkan ulasan yang di dapatkan dari komentar social media, pesan yang masuk, atau ulasan dari akun market place.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan ulasan produk dari konten viral yang dibuat oleh konsumen, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen.

Dengan membagikan konten dari konsumen, juga akan memberikan variasi postingan anda, serta membuat pengikut anda terlibat pada setiap perjalanan brand anda sehingga membantu untuk mendekatkan diri satu sama lain.

Hal ini juga membantu dalam memberikan apresiasi pada konsumen loyal anda, sehingga orang lain juga tertarik untuk terlibat dalam membuat konten ulasan yang sama.

Konten Tanya Jawab 

Berbagai konsumen yang datang silih berganti terkadang memiliki pertanyaan yang sama mengenai produk dan brand yang anda miliki.

Di sisi lain, menjawab berbagai pertanyaan sama yang masuk setiap harinya, tentunya akan membuang banyak waktu yang bisa digunakan untuk kegiatan lainnya.

Sehingga untuk menghemat waktu tersebut, maka anda bisa membuat konten video yang berisi pertanyaan yang sering masuk ke kolom komentar atau pesan, sehingga konsumen bisa melihatnya terlebih dahulu sebelum mengajukan berbagai pertanyaan tersebut.

Anda juga bisa menyematkan konten tanya jawab tersebut di bagian atas halaman profil, sehingga memudahkan konsumen untuk melihat video tersebut tanpa perlu melakukan scrolling konten anda.

Penggunaan konten video untuk menjawab berbagai pertanyaan yang masuk juga dilakukan oleh akun instagram brand @lili.indonesia yang menjawab berbagai pertanyaan yang masuk melalui konten video singkat.

Anda juga bisa membuat variasi konten tanya jawab menggunakan dance dan lagu tertentu sehingga video anda tidak terasa membosankan.

Konten Promosi Event 

Sebuah penawaran mengenai potongan harga atau peluncuran campaign produk baru, biasanya menjadi acara yang ditunggu-tunggu oleh konsumen anda.

Rasa gembira dan penasaran tersebut juga bisa anda manfaatkan dengan membuat konten promosi event yang menarik, sehingga membuat konsumen anda memberikan perhatian lebih ke acara yang akan anda adakan.

Namun penggunaan konten gambar dan tulisan juga tidak cukup untuk menyebarkan energi semangat dan kegembiraan ke banyak orang, sehingga dibutuhkan konten video yang akan menampikan gambar bergerak yang lebih realistis.

Dalam promosi event tertentu, maka anda bisa membuat konten video yang berisi jalannya event tersebut sehingga membuat konsumen tertarik untuk bergabung pada campaign tersebut di hari selanjutnya.

Anda juga bisa membuat konten siaran langsung selama event berlangsung untuk memperlihatkan kemeriahan acara serta promosi yang dilakukan untuk mengundang rasa penasaran konsumen saat meihat sesi siaran langsung tersebut.

Selain itu, anda juga bisa membuat konten video berisi teaser acara yang memperlihatkan secara sekilas produk tersebut dan membagikannya ke berbagai konten social media, sehingga semua konsumen anda dapat mengkonsumsi konten yang sama.

Promosi event melalui konten video ini juga dilakukan oleh brand perawatan tubuh @thebodyshop yang mempromosikan campaign event pembelian dengan harga tertentu serta cara penggunaan campaign tersebut.

Konten video ini tentunya akan memudahkan konsumen yang ingin berkunjung, sehingga tidak kebingungan dalam mengikuti sesi promosi tersebut.

Konten Behind The Scene

Sedang mengadakan kolaborasi dengan artis tertentu atau tengah mengikuti event bazaar yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang? Anda bisa memanfaatkan momen tersebut dengan membuat konten behind the scene.

Penggunaan konten video ini dapat membantu merekam momen-momen selama kolaborasi berlangsung atau event yang tengah berjalan, sehingga membayar rasa penasaran konsumen yang berada jauh dari event tersebut.

Hal ini juga membantu dalam meningkatkan menimbulkan rasa gembira bagi konsumen yang menyukai artis yang anda ajak kolaborasi.

Konten behind the scene juga dapat membantu anda dalam mengenalkan tim di balik layar, sehingga meningkatkan kedekatan dan kepercayaan antara brand anda dengan konsumen yang anda miliki.

Anda juga bisa menyediakan konten behind the scene dengan membawa konsumen anda melakukan perjalanan menyusuri kantor atau tempat produksi anda,  untuk memperlihatkan kegiatan yang dilakukan oleh karyawan anda serta menunjukkan bagaimana sebuah produk kesayangan konsumen diproduk dengan baik.

Pemakaian konten behind the scene ini juga digunakan oleh brand perawatan wajah esqacosmetics yang memperlihatkan keseruan saat mengikuti bazaar kecantikan untuk memperlihatkan kegiatan promosi yang dilakukan ke hadapan konsumen.

Konten Live Streaming

Layanan siaran langsung telah menjadi fitur yang banyak ditemukan di berbagai social media, mulai dari Facebook hingga Youtube.

Keberadaan layanan live streaming ini dinilai menguntungkan untuk meningkatkan kedekatan dengan konsumen dengan membahas masalah yang dialami dan berkaitan dengan produk anda.

Selain itu, penggunaan layanan live streaming juga bisa digunakan untuk promosi produk dengan menampilkan produk terbaru yang anda miliki sambil melakukan sesi jual beli.

Penggunaan fitur live streaming sebagai media promosi juga biasa digunakan oleh penjual di Tiktok yang melakukan promosi sekaligus transaksi melalui Tiktoklive.

Cara ini dinilai menguntungkan mengingat konten live streaming biasanya akan tersebar ke halaman fyp pengguna tiktok sehingga dapat menjangkau penonton yang lebih luas.

Strategi live streaming ini juga dilakukan oleh brand kesehatan @momuung.id yang melakukan pendekatan dengan konsumen menggunakan sesi siaran langsung dengan menjawab berbagai problema yang dihadapi.

Namun agar sesi siaran langsung ini berlangsung ramai, seru, dan meriah maka anda bisa menggunakan berbagai strategi yang efektif.

Pertama adalah dengan menentukan tema yang sesuai dengan masalah yang dihadapi konsumen.

Anda juga bisa mengumpulkan berbagai pertanyaan yang bisa dijawab selama siaran langsung, sehingga anda tidak kekurangan bahan obrolan selama sesi acara tersebut.

Jangan lupa untuk melakukan promosi sebagai pengingat bagi pengikut anda agar tidak ketinggaan acara tersebut.

Konten Vlog

Bagi pengguna youtube yang kerap kali melihat berbagai konten video, tentunya anda pernah menemukan konten video blog.

Pada konten ini anda akan diperlihatkan kegiatan sehari-hari dari kreator kesayangan mulai dari bangun tidur hingga kembali ke tempat tidur.

Konten vlog ini juga disukai oleh banyak orang, karena dapat membangun kedekatan dengan penonton melalui konten yang disajikan.

Penggunaan konten vlog sendiri, tidak hanya digunakan sebagai konten utama dari influencer, namun juga bisa digunakan oleh sebuah brand untuk mendekatkan diri dengan konsumen yang dimiliki.

Hal ini akan membantu konsumen untuk mengenal lebih dekat mengenai brand tertentu serta melihat kegiatan yang dilakukan oleh karyawan tersebut untuk membuat barang yang anda inginkan.

@naknganggur

Lagi Rekomendasi Tempat Bagus di Jakarta, dan Puma x Garfield Cuma di Athlete’s Foot PIM! #enjoyjakarta #placetogojkt

♬ SNAP – High and Fast – Rosa Linn

Konten vlog sebagai media promosi juga dilakukan oleh brand sepatu Puma yang mempromosikan kolaborasi produk yang dimiliki dengan membawakan konten vlog dengan kerjasama bersama influencer tertentu.

Dengan melakukan kolaborasi dengan influencer tertentu maka akan membuka peluang untuk menjangkau konsumen yang menyukai produk anda dan mengikuti akun influencer tersebut.

Anda juga bisa mempromosikan konten vlog tersebut melalui iklan berbayar untuk menjangkau penonton yang lebih luas.

Cara Membuat Konten Video di Social Media

Setelah mengumpulkan ide konten video yang menarik untuk konsumen, maka masalah selanjutnya yang muncul adalah bagaimana cara membuat konten video di social media.

Masalah ini mungkin saja muncul di benak pelaku usaha yang ingin melakukan promosi di social media, namun bingung untuk membuat konten video yang menarik.

Karenanya berikut strategi membuat konten video yang menarik untuk promosi di social media.

Berikan Konten yang Menarik 

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk membuat konten video adalah memastikan bahwa video anda memiliki kelebihan dibandingkan orang lain.

Salah satunya adalah menyajikan konten yang berisi edukasi penggunaan produk, menghibur penonton dengan komedi atau challenge yang menarik, serta menginspirasi penonton dengan cerita hidup yang anda alami.

Dengan memberikan nilai tambah tersebut maka akan membantu penonton tertarik untuk melihat video anda sampai selesai, mengulanginya kembali, dan akhirnya membagikan ke orang lain, sehingga menjadi promosi gratis yang efektif.

Curi Perhatian Penonton

Konten video yang panjang tidak menjadi masalah apabila anda berhasil mencuri perhatian penonton di detik-detik awal.

Karenanya penting bagi kreator untuk membuat pembukaan yang menarik serta membuat penonton tidak beralih dari video anda.

Salah stau cara untuk membuat pembukaan yang menarik adalah dengan memilih lagu pengiring yang ceria dan disertai dengan background warna cerah.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan judul yang mendeskripsikan isi video namun dengan penggunaan kata-kata yang menarik.

Contohnya adalah “bakso pinggir jalan ini bisa ludes dalam waktu satu jam, apa rahasianya ya?”

Penggunaan kata-kata yang memancing rasa penasaran juga akan membantu penonton untuk melihat video anda sampai habis.

@nurrotulilmaa

pasar malem disini ternyata bedaa sama di Jogja😮 kalo di tempat kalian kayak gimana?? #ceritailma #kknkutaibersorai #GenerasiKulitSehat #NPURE @npureofficial

♬ Monkeys Spinning Monkeys – Kevin MacLeod & Kevin The Monkey

Salah satunya yang dilakukan oleh akun kreator @nurrotulilmaa yang membuat pembukaan video yang menarik dengan backsound yang meriah, sehingga membuat penonton penasaran untuk melihatnya hingga selesai.

Pastikan Video Tetap Berjalan Tanpa Suara

Salah satu kebiasaan dari pengguna social media adalah melihat berbagai konten yang disajikan dimana saja dan kapan saja.

Termasuk saaat sednag mengantri makanan atau berada di kendaraan umum. Berbagai kondisi dalam membuka konten video, terkadang membuat penonton memilih untuk mematikan fitur suara di video agar tidak mengganggu orang lain.

Sayangnya apabila penonton anda memilih mematikan suara saat video diputar maka mungkin saja mereka akan kesulitan dalam memahami pesan yang ingin anda sampaikan.

Karenanya anda juga perlu memastikan bahwa video anda bisa tetap berjalan meskipun tanpa suara.

Salah satu contohnya adalah menggunakan fitur caption yang terlah tersedia di berbagai social media seperti Tiktok atau Youtube yang memudahkan penonton untuk memahami isi video tanpa perlu mendengarkannya.

Hal ini dikarenakan suara anda akan dirubah dalam bentuk tulisan sehingga mudah dibaca oleh penonton anda.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membuat caption sendiri agar hasil video yang di dapatkan semakin sempurna.

Tambahan Deskripsi Video 

Meskipun sebuah video dapat menjelaskan pesan yang ingin disampaikan dengan mudah, namun penggunaan deskripsi video juga bisa dimasukkan dalam membuat konten video.

Cara ini dilakukan mengingat durasi yang pendek terkadang memerlukan penjelasan yang lebih lengkap di kolom deskripsi video.

Di sisi lain, penggunaan kata kunci di kolom deskripsi juga akan membantu kinerja algoritma social media untuk menyebarkan konten anda ke konsumen yang tepat serta mengkategorikan ke dalam topik tertentu.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi kreator untuk memperluas jangkauan videi ke konsumen yang tepat.

Anda juga bisa menggunakan hashtag tertentu yang dapat membantu video anda ditemukan oleh pengguna social media menggunakan kata kunci yang sesuai.

Sumber :

https://democreator.wondershare.com/screen-recorder/social-media-video-types.html

https://biteable.com/blog/11-different-types-of-videos-for-social-media/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.