5 langkah mendaftar affiliate tokopedia

3 Langkah Daftar Affiliate Tokopedia

Menghabiskan waktu dengan berselancar di dunia internet saat ini menjadi hobi bagi banyak orang. Tidak jarang, kebiasaan ini menghabiskan waktu lama hingga membuat banyak orang lupa waktu.

Disisi lain, kegiatan bermain di dunia maya ini sering dianggap tidak produktif dan hanya menghabiskan uang untuk membeli kuota internet yang mahal. Meskipun begitu, saat ini banyak orang yang sudah mulai bisa menghasilkan uang dari internet.

Beberapa kegiatan di internet yang dinilai bisa menghasilkan uang adalah berjualan di market place terkenal seperti Shopee, Tokopedia atau Lazada, melakukan promosi produk di social media, atau upload video ke Youtube yang akhirnya menghasilkan uang dari Adsense.

Tidak hanya itu, kini mulai marak kegiatan sebar link promosi produk dan bisa menghasilkan uang hanya dengan menyebarkan ke berbagai platform social media meskipun hanya bermodalkan sedikit pengikut.

Hal ini biasa dinamakan dengan affiliate marketing. Kegiatan promosi ini mulai dilirik oleh berbagai market place terbesar di Indonesia, diantaranya Shopee, Lazada, dan Tokopedia.

Tokopedia sebagai salah satu market place asal Indonesia ini sudah memulai kegiatan afiliasinya sejak tahun 2018 dangan nama byme. Melalui fitur ini, pengguna affiliate Tokopedia bisa mendapatkan tambahan penghasilan melalui aktivitas membagikan link promosi produk.

Fitur ini juga sudah terbukti membantu banyak orang untuk menambah pendapatan secara mudah dan dapat mengembangkan berbagai hobi yang dimiliki. Sebelum memulai menjadi bagian dari affiliate Tokopedia ketahui dulu berbagai keuntungan yang akan di dapatkan setelah bergabung.

mengapa harus gabung affiliate tokopedia

Mengapa Harus Gabung Affiliate Tokopedia

Sebagai salah satu market place asli dari Indonesia yang memiliki banyak pelanggan dan konsumen serta gencar melakukan promosi di berbagai tempat, tidak heran apabila Tokopedia sudah memiliki branding yang bagus di mata masyarakat sendiri.

Saat ini pun , Tokopedia juga bersaing ketat dengan dua market place asal negara singa yaitu Shopee dan Lazada. Tidak hanya memiliki banyak konsumen setia namun Tokopedia juga menyediakan berbagai macam promosi mulai dari potongan harga hingga gratis biaya pengiriman.

Diantara market place yang lain, Tokopedia juga menjadi salah satu pembuka jalan afiliasi market place asal Indonesia yang sudah dimulai sejak tahun 2018. Bandingkan dengan Lazada yang memulai program ini sejak tahun 2013 dan Shopee di tahun 2021.

Selain itu, Tokopedia juga memberikan berbagai fasilitas belajar bagi pengguna affiliate tokopedia yang masih pemula, bimbingan khusus bagi pengguna yang sudah memiliki pengikut yang banyak, serta berbagai bonus tambahan apabila sudah melebihi dari target yang ditentukan.

Komisi yang Besar

Sebagai pengguna afiliate Tokopedia, komisi dari setiap link yang disebarkan menjadi salah satu incaran dari setiap program afiliasi yang ada. Tokopedia juga menyedikan komisi yang cukup besar bagi para penggunanya.

Komisi dari affiliate tokopedia sendiri berkisar antara 7% dari penghasilan yang di dapatkan. Selain itu, minimal komisi dari setiap penjulan yakni 25.000 dan bisa ditarik dengan komisi paling kecil 10.000.

Tokopedia juga memberikan komisi senliai 5% dari produk yang dijual karenanya semakin mahal produk yang di promosikan maka hasilnya pun akan semakin besar. Komisi ini berlaku di semua produk barang fisik yang dijual di market place ini.

Tidak hanya komisi yang di dapatkan namun pengguna juga akan memperoleh bonus ekstra sesuai dengan banyaknya barang yang dijual dari link affiliate Tokopedia yang disebarkan. Karenanya penting bagi pengguna untuk mengetahui produk apa saja yang diminati konsumen.

Hal ini tentu saja menguntungkan bagi pengguna affiliate Tokopedia apabila sudah mengetahui strategi yang tepat untuk mempromosikan produknya melalui berbagai social media yang dimiliki.

Bonus Menarik

Selain komisi yang diberikan cukup besar dibandingkan dengan market place lainnya, pengguna affiliate tokopedia juga diberikan target bulanan yang sebaiknya dicapai untuk mendapatkan bonus lainnya.

Tidak hanya itu, bonus referral juga ditawarkan agar pengguna semakin semangat untuk mengajak teman menjadi bagian dari affiliate Tokopedia.

Akan tetapi, pengguna juga harus memenuhi ketentuan bahwa calon pengguna yang diajak memiliki followers lebih dari 5.000 dan sudah terdaftar di Tokopedia.

Kemudahan lainnya adalah pengguna tidak memiliki limit dalam mengundang teman sehingga semakin banyak yang diundang maka bonus referral pun semakin besar.

Penghitungannya sendiri mulai dari 100 ribu untuk 5 orang referral dan terus bertambah setiap mengajak banyak orang.

Tentu saja hal ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk membantu lebih banyak orang mendapatkan pendapatan pasif meskipun sedang sibuk berkegiatan atau hanya tinggal di dalam rumah saja.

Pengguna juga bisa menarik komisi dengan minimal Rp.10.000 sehingga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan menddak yang membutuhkan dana secara cepat.

Syarat Mudah

Calon pengguna yang tertarik untuk menjadi bagian dari affiliate Tokopedia pun bisa mendaftar dengan mudah. Cukup dengan menjadi pengguna Tokopedia maka pengguna sudah bisa menjadi bagian dari afiliasi marketing ini.

Hal ini karena fitur affiliate Tokopedia sudah tersedia di pilihan layanan Tokopedia yang ada di Website atau aplikasi sehingga tidak perlu mendaftar ulang dari awal.

Kesempatan Belajar yang Tinggi

Pengguna affiliate Tokopedia pemula biasanya akan merasa kebingungan dalam memulai menyebarkan link atau membuat konten yang tepat agar lebih banyak orang tertarik.

Namun tenang saja, Tokopedia sendiri tidak melepaskan pengguna affiliate Tokopedia begitu saja namin memberikan juga berbagai fasilitas belajar gratis yang bisa dimanfaatkan untuk menambah ilmu digital marketing.

Kelas ini pun berupa modul dan juga webinar bulanan yang mengundang influencer dan juga ahli di bidang marketing sebagai pembicara sehingga pengguna pun dapat tukar ilmu dan menanyakan berbagai kendala yang ada selama menjadi affiliate Tokopedia.

Tidak hanya itu, modulnya pun bisa dipelajari dengan mudah oleh para pemula dan bisa diterapkan secara langsung agar promosi semakin lancar dan menghasilkan komisi yang lebih banyak.

Fasilitas yang lain pun tidak hanya berhenti di pemberian modul saja, pengguna affiliate tokopedia sendiri pun akan diundang ke dalam grup komunikais seperti WhatsApp atau Telegram sehingga bisa bertemu dengan afiliasi lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan adanya grup ini, pengguna affiliate Tokopedia bisa saling bertukar ilmu dan pengalaman selama proses afiliasi sehingga bisa menambah ilmu dan juga pergaulan dari berbagai kota di Indonesia.

Produk Tenant yang Beragam

Sebagai salah satu market place terbesar di Indonesia, Tokopedia tentu saja menyediakan berbagai produk baik dalam bentuk barang seperti kebutuhan rumah tangga, sehari-hari, atau hobi dan juga voucher game atau pulsa yang berbentuk digital.

Tersedianya berbagai kebutuhan yang unik dan juga membantu berbagai masalah kehidupan ini tentu saja bisa menjadi peluang bagus bagi pengguna affiliate Tokopedia untuk memilih barang yang akan dipromosikan melalui link afiliasi marketing.

Karenanya sebelum mulai mempromosikan produk, pengguna affiliate Tokopedia sebaiknya mengetahui target konsumen yang dituju apakah untuk ibu rumah tangga yang membutuhkan berbagai alat rumah tangga atau wanita karir yang mencari berbagai produk kecantikan.

Apabila sudah mengetahui target konsumen serta pengeluaran yang biasa dikeluarkan setiap bulannya maka pengguna affiliate Tokopedia bisa merekomendasikan produk sesuai dengan keinginan konsumen.

Jangan lupa untuk memastikan tersedianya berbagai voucher potongan harga dan gratis biaya  pengiriman agar konsumen lebih tertarik untuk membeli barang yang ditawarkan.

Laporan Penjualan Real Time

Pengguna affiliate tokopedia yang sering menyebarkan link promosi ke berbagai social media tentunya membutuhkan laporan secara tepat waktu untuk mengetahui apakah link yang dipasarkan sudah menarik banyak konsumen atau hanya dibiarkan begitu saja.

Guna mengatasi masalah ini Tokopedia juga memberikan layanan berupa laporan penjualan secara real time yang bisa diakses dari dashboard pengguna kapan saja.

Penggunaan laporan penjualan ini juga sangat penting bagi penjual untuk mengetahui apakah barang yang dipromosikan disukai oleh banyak konsumen atau malah dibiarkan karena tidak sesuai dengan kebutuhan atau harga yang ditawarkan terlalu mahal.

Selain itu, laporan penjualan ini juga berguna untuk mengetahui strategi marketing yang tepat dan dapat digunakan di brebagai social media promosi yang dikembangkan. Sehingga, penting bagi pengguna affiliate Tokopedia untuk mengecek laporan penjualan secara rutin.

Mengembangkan Minat dan Hobi

Selain mendapatkan keuntungan dari berbagai komisi dan juga bonus yang diberikan, pengguna yang bergabung sebagai affiliate Tokopedia juga dapat mengembangkan berbagai minat dan hobi yang dimiliki.

Hal ini dilakukan karena dalam proses promosi sendiri, pengguna juga sebaiknya memiliki keahlian dalam promosi di berbagai social media dan juga kemampuan dalam membuat desain yang unik disertai dengan copywriting yang mampu menarik.

Karenanya, menjadi pengguna affiliate Tokopedia juga cocok bagi anda yang memiliki minat dalam bidang perniagaan namun masih bingung dalam memulai bisnis karena belum memiliki modla yang cukup.

Tidak hanya itu, pengguna juga dituntut untuk mengembangkan berbagai kemampuan lain seperti mengedit video atau membuat ilustrasi gambar untuk konten social media agar lebih banyak konsumen yang menarik.

Kemampuan analisa juga akan berkembang lebih baik melalui kegiatan analisa barang yang diperlukan pelanggan sehingga pengguna dapat menemukan barang keinginan tersebut di platform Tokopedia.

Bagi pengguna yang hobi melakukan kalkulasi dengan angka, menjadi affiliate Tokopedia tentu menjadi kegiatan yang cocok. Pengguna bisa menghitung target bulanan yang harus dicapai serta strategi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan target tersebut.

Tentunya menjadi penggua affiliate tokopedia tentu sangat menyenangkan ketika dibarengi dengan menjalankan hobi dan minat yang dimiliki.

tutorial mendaftar affiliate tokopedia

Tutorial Mendaftar Affiliate Tokopedia

Setelah mengetahui berbagai manfaat dan keuntungan yang di dapatkan dalam menjadi affiliate Tokopedia tentunya hal ini dapat menjadi penarik untuk bergabung di afiliasi marketing ini.

Dalam penggunannya, market place ini menjadi salah satu platform yang menyediakan layanan pendaftaran affiliate Tokopedia secara mudah dan cepat.

Daftar dengan Akun Tokopedia

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk bergabung bersama affiliate Tokopedia adalah dengan memiliki akun di market place Tokopedia.

Cara mendaftarnya sendiri pun sangat mudah, pengguna tinggal menyiapkan alamat email yang maish aktif serta terverifikasi oleh Google. Jangan lupa juga untuk memiliki nomor telepon aktif sehingga kode verifikasi bisa masuk ke sms atau email.

Setelah itu, pengguna bisa masuk ke browser dan mengetikkan kata kunci Tokopedia di kolom pencarian. Setelahnya, pengguna akan masuk ke halaman utama dari market place ini.

Pengguna akan diberikan dua pilhan, apakah ingin mendaftar melalui alamat email atau nomor telepon. Langkah selanjutnya adalah mengisi kata sandi yang dibutuhkan agar bisa masuk ke akun Tokopedia yang dimiliki.

Pastikan juga kata sandi mudah diingat dan memiliki kombinasi yang hanya anda sendiri yang mengingatnya sehingga akan sulit untuk dimasuki oleh orang lain.

Setelah proses pendaftaran selesai, pengguna akan dikirimkan kode verifikasi ke alamat email atau nomor telepon yang dipilih saat proses pendafataran. Apabila kode ini tidak masuk ke fitur pesan di telepon atau email maka pengguna bisa mengirimkannya kembali.

Akan tetapi apabila kode tersebut sudah masuk maka pengguna bisa mengisinya ke dalam kolom yang disediakan dengan begitu proses pendaftaran telah berhasil dan selesai sehingga pengguna bisa menggunakan akun Tokopedia.

Pilih Produk dan Buat Link Afiliasi

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan setelah memiliki akun tokopedia adalah masuk ke fitur affiliate Tokopedia yang biasa disebut dengan Byme pada fitur ini pengguna bisa memilih berbagai barang serta link afiliiasinya agar bisa disebarkan ke berbagai social media yang dimiliki.

Keuntungan lain dengan menjadi bagian dari affiliiate Tokopedia yakni pengguna bisa melihat berapa banyak komisi yang akan di dapatkan dari setiap link dimasuki oleh konsumen. Sehingga pengguna juga dapat memperhitungkan berapa banyak komisi yang akan di dapatkan dari pembeli.

Pengguna juga dapat menggunakan fasilitas filter terbaru dan juga komisi terbesar untuk mengetahui barang apa saja yang bisa dipilih.

Sebagai saran, pengguna bisa memilih barang yang pernah dibeli dan dipakai sehingga konsumen bisa memberikan rekomendasi dan juga ulasan jujur terhadap barang yang dipasarkan.

Selain itu, pengguna juga bsia memilih barang yang disukai dan juga banyak diminta oleh konsumen sehingga hasil dari komisi yang di dapatkan pun semakin banyak.

Jangan lupa juga untuk membaca secara lengkap deskripsi dan ulasan yang diberikan di setiap produk yang akan dipasarkan sehingga pengguna dapat membuat rancangan konten dan juga caption yang tepat pada setiap produk yang akan dipasarkan.

Tidak hanya itu, dengan melihat ulasan pengguna juga dapat mencegah protes dari konsumen yang merasa barang yang dipromosikan tidka sesuai dengan hasilnya. 

Pastikan juga barang yang dibagikan dalam kondisi ready stock sehingga konsumen bisa langsung membeli barang tersebut dan hasil dari komisinya pun bisa lebih cepat masuk ke dalam kantong pengguna.

Bagikan Link Untuk Tarik Konsumen

Langkah terakhir yang pengguna lakukan setelah menemukan produk yang tepat dengan jumlah komisi yang cocok adalah dengan menyebarkan link tersebut ke berbagai social media agar bisa menarik pelanggan.

Dalam proses penyebarannya, pastikan juga dibarengi dengan konten foto atau video yang informatif sehingga konsumen bisa mengetahui kegunaan dari barang yang dipromosikan dengan mudah.

Salah satu rekomendasi konten yang bisa dikembangkan adalah postingan foto dan video pendek yang diiringi dengan deskripsi di caption yang menarik.

Pengguna bisa mendapatkan konten tersebut dengan mengeditnya sendiri di aplikasi edit video atau mencarinya di Youtube dan internet.

Pastikan juga link yang disebarkan tidak eror saat dibuka sehingga konsumen bisa langsung masuk ke dalam halaman produk tersebut. Apablla terjadi eror maka pengguna bisa menghubungi customer care dari affiliate Tokopedia agar masalah ini bisa diselesaikan dengan cepat.

5 tips agar link afiliasi semakin laris

5 Tips Agar Link Afiliasi Semakin Laris

Banyaknya produk yang dipromosikan di affiliate Tokopedia tentunya menjadikan pengguna semakin kreatif untuk memilih barang dan juga membuat konten yang disukai oleh konsumen.

Karenanya untuk membantu membuat link promosi dikunjungi lebih banyak orang, beberapa tips konten ini bisa digunakan di berbagai social media yang dimiliki.

Membuat Social Media Untuk Promosi

Penggunaan social media tentu saja sangat penting sebagai tempat promosi link affiliate Tokopedia. Berbagai platfrom yang bisa digunakan diantaranya adalah Blog, Youtube, Instagram, Twitter, dan juga Facebook.

Platform social media tersebut sudah digunkaan oleh banyak orang dan memiliki banyak fitur yang dapat mendukung untuk proses promosi semakin lancar. Akan tetapi beberapa social media tersebut juga memiliki fitur unggulan yang bisa digunakan oleh pengguna.

Social media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat yakni Instagram dan juga Facebook bisa menjadi tempat promosi yang bagus. Hal ini karena banyak orang yang menggunakan platform ini untuk mencari ulasan produk sebelum membeli barang yang digunakan.

Pengguna bisa memanfaatkan fitur upload foto dan video untuk posting berbagai ulasan dalam bentuk gambar dan video sehingga lebih mudah untuk dilihat oleh pengguna sebelum mempertimbangkan untuk membeli barang tersebut.

Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan fitur siaran langsung dimana pengguna bisa mempraktekan penggunaan barang yang dipromosikan melalui link affiliate tokopedia.

Dengan melakukan ulasan langsung, konsumen akan lebih tertarik dan bisa bertanya lebih dalam mengenai barang yang sedang digunakan saat siaran berlangsung.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa memanfaatkan platform website dan juga Thttps://twitter.com/?lang=enwitter, pengguna bisa menuliskan konten berupa artikel mengenai barang-barang yang akan diulas dan juga dicantumkan link serta harganya.

Beberapa contoh judul artikel yang bisa digunakan oleh pengguna adalah, 5 Parfum Murah dan Tahan Lama di Tokopedia serta berbagai konten lainnya. Penggunaan blog ini juga akan membuat konsumen lebih percaya pada produk rekomendasi tersebut.

Selain itu, Twitter juga memiliki fitur thread dimana pengguna bisa menuliskan produk rekomendasi disertai deskripsi singkat dan juga harga yang dicantumkan di setiap tweetnya. Pemberian gambar juga bisa membantu agar konsumen lebih tertarik untuk membeli.

Apabila pengguna hobi untuk berbicara di depan orang banyak dan memiliki kemampuan untuk mengedit video maka membuat konten video di Youtube dan Tiktok bisa dikembangkan.

Pengguna bisa membuat konten mengenai ulasan barang tersebut atau membuat daftar barang yang bantu untuk mempermudah hidup.

Tiktok dan Youtube sendiri juga menjadi social media yang sering dikunjungi oleh banyak orang sehingga bisa menjadi andalan dalam promosi link affiliate Tokopedia.  

Sebarkan Melalui Platform Komunikasi

Tidak hanya melakukan promosi melalui social media, pengguna pun bisa menggunakan platform komunikasi untuk menyebarlkan link promosi produk affiliate Tokopedia. Beberapa platform yang bisa digunakan adalah Whatsapp, Telegram, dan juga Line.

Bagi pengguna yang menyimpan banyak nomor di alamat teleponnya maka menggunakan WhatsApp bisa menjadi solusi yang cocok untuk mempromosilkan link affiliate Tokopedia.

Pengguna tinggal menyebarkan link tersebut bersama dengan gambar dan deskripsi barang yang dimiliki. Pastikan juga gambar tidak blur dan sesuai dengan ukuran dari Whatsapp Story agar lebih enak dilihat oleh pembeli.

Padukan juga dangan pemilihan kata yang tepat agar manfaat dari produk bisa disampaikan meskipun dengan keterbatasan kata. Penggunaan WhatsApp juga bisa membangun komunikasi antara pengguna dan juga calon pembeli.

Sebaiknya pengguna juga memisahkan antara nomor pribadi dan juga nomor bisnis agar tidak tercampur antara pesan pribadi serta pesan dari konsumen lebih cepat terbalas dan tidak tenggelam di ruang chat.

Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan fitur channel yang ada di Telegram dan juga Line untuk mempromosikan link produk affiliate Tokopedia.

Penggunaan channel ini juga membantu konsumen yang tidak selalu membuka social media namun tetap bisa mendapatkan update terbaru mengenai barang incaran yang sedang diskon.

Jumlah kata yang lebih banyak dan juga bisa mencantumkan foto serta video juga akan menguntungkan pengguna untuk bisa mempromosikan produknya lebih mudah.

Pengguna juga bisa membuat format postingan yang bervariasi dan juga komunikatif sehibgga konsumen tidak bosan dan tertarik untuk mengecek channel setiap harinya.

Channel ini sendiri juga bisa dipromosikan di social media yang dimiliki sehingga akan lebih banyak konsumen yang masuk dan menjadi subscriber channel tersebut.

Bagikan Kode Diskon

Siapa disini yang suka diskon? Berbagai penawaran potongan harga dan juga gratis biaya kirim tentu akan menarik minat konsumen untuk membeli barang yang ditawarkan.

Karenanya pengguna bisa menggunakan berbagai penawaran diskon yang ada di platform tokopedia agar mendapatkan lebih banyak konsumen yang membeli dari link afiliasi yang disebar.

Kode diskon ini bisa diselipkan di bagian caption dan juga pada broadcast di channel sehingga konsumen bisa mendapatkan info promo lebih cepat dan real time.

Mengetahui Minat Konsumen

Dalam memulai jalan sebagai affiliate tokopedia, pengguna juga sebaiknya mengetahui konsumen yang akan menjadi target dari followers social media yang dimiliki. Hal ini juga akan menentukan range harga yang akan dicantumkan pada saat melakukan promosi.

Apabila pengguna masih bingung dalam memilih target konsumen yang dipilih maka bisa menggunakan produk yang sering dibeli dan dipakai dari Tokopedia sehingga lebih mudah dalam membuat ulasan produk dan juga membuat promosi produk yang sesuai.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.