saved reply

Instagram Reels dan Tiktok : Mana yang Lebih Efektif

Instagram reels dan tiktok kini menjadi primadona yang sering dipakai oleh banyak orang, namun mana yang lebih baik diantara dua fitur tersebut?

Keberadaan instagram reels dan tiktok saat ini dapat ditemukan dengan mudah oleh pengguna social media khususnya yang memiliki akun instagram serta tiktok.

Konten yang menarik ditambah berbagai tambahan fitur menjadikan layanan ini kerap digunakan oleh banyak orang untuk membuat konten yang menarik.

Disisi lain, adanya instagram reels dan tiktok ini menjadikan beberapa orang bingung untuk memilih layanan yang bisa dikembangkan untuk mempromosikan brand atau juga konten yang dimiliki.

Karenanya berikut beberapa perbedaan antara instagram reels dan tiktok yang wajib diketahui oleh konten kreator:

audio instagram reels dan tiktok

Durasi Video Instagram Reels dan Tiktok

Baik instagram reels dan tiktok keduanya memiliki durasi video yang tidak terlalu panjang namun durasi yang pendek ini juga menguntungkan bagi penonton dan juga kreator.

Hal ini dikarenakan kreator dapat mengeluarkan sisi kreatifnya untuk membuat video dengan durasi pendek namun tetap mengena di hati penontonnya.

Sedangkan bagi penonton, durasi yang pendek tentunya tidak menghabiskan banyak waktu untuk melihat sebuah video yang sesuai keinginan sehingga bisa dilihat di waktu senggang sekalipun.

durasi tiktok

Meskipun begitu, Tiktok sendiri memiliki durasi yang lebih panjang sehingga kreator bisa mengunggah konten yang lebih beragam dengan waktu tersebut.

Namun kreator tiktok juga harus berfikir kreatif agar penonton tidak bosan dalam melihat video tiktok yang diunggah sehingga tertarik untuk melihat konten lain yang telah anda buat.

Disisi lain, instagram reels memiliki durasi yang lebih pendek dibandingkan tiktok dimana kreator hanya dapat membuat video dengan durasi 60 Detik.

Panjang video ini juga harus membuat kreator berfikir ulang untuk membuat video dengan durasi yang sesuai dengan keinginan.

Karenanya pengguna instagram reels sebaiknya membuat video dengan isi yang langsung ke intinya sehingga sesuai dengan durasi yang diinginkan.

audio tiktok

Pilihan Lagu di Instagram Reels dan Tiktok

Salah satu fitur unggulan yang ada di Tiktok adalah adanya pilihan lagu yang beragam yang bisa dipilih sesuai dengan isi konten yang akan diunggah.

Disisi lain, beberapa lagu viral di tiktok biasanya digunakan untuk dance challange yang biasanya digunakan kembali oleh konten kreator tiktok yang hobi mengekspresikan diri melalui dance challange di Tiktok.

tiktok musik

Semakin sering sebuah lagu digunakan di tiktok tentunya akan menaikkan ketenaran lagu tersebut di mata orang awam sehingga sering kali artis mempromosikan lagunya melalui tiktok agar mudah menjangkau banyak orang.

Lagu yang ada di tiktok pun juga bisa diedit dengan hanya mengunggah lagu yang diinginkan saja atau menggabungkan dengan lagu lain sehingga menghasilkan konten yang unik.

Tidak hanya di Tiktok, kreator pun bisa menambahkan pilihan lagu di instagram reels sehingga menghasilkan konten yang unik dan juga menarik.

Sayangnya di Instagram reels, kreator hanya bisa menemukan pengiring suara berupa lagu dibandingkan dengan Tiktok dimana kreator bisa memilih lagu dari audio orang lain.

Karenanya kreator mungkin saja tidak bisa menambahkan audio dari pengguna instagram lain yang biasanya berkaitan dengan konten anda.

Tak hanya itu, beberapa akun instagram business juga tidak bisa mengakses lagu yang tersedia di instagram reels sehingga kreator terpaksa harus merekam lagu sendiri atau mengedit video dengan lagu di aplikasi edit video.

Meskipun begitu, hal ini menjadi keuntungan tersendiri karena kreator dapat memilih audio instagram reels yang sesuai dengan keinginan sehingga sesuai dengan isi konten video yang ingin ditampilkan.

Karenanya jika kreator lebih suka konten dengan lagu yang lebih bervariasi maka tiktok bisa menjadi pilihan yang tepat.

Hal ini dikarenakan tiktok memiliki kumpulan lagu yang lebih beragam dan bisa diambil dari kreator dan digunakan di video yang anda miliki.

fitur edit di instagram reels dan tiktok

Fitur Edit Instagram Reels dan Tiktok

Instagram reels dan tiktok sendiri memiliki fitur edit yang hampir serupa satu sama lain sehingga memudahkan bagi kreator yang pernah membuat konten tiktok kemudian beralih membuat konten instagram reels.

Karenanya berikut beberapa fitur edit yang tersedia di instagram reels dan tiktok:

WhatsApp Image 2022 04 04 at 13.28.42

Filter di Instagram reels dan Tiktok

Hampir semua aplikasi edit foto atau video pastinya memiliki fitur filter yang dapat digunakan untuk mempercantik hasil video sehingga enak dilihat oleh penonton.

Selain itu, adanya filter juga dapat membantu menyamakan tone video sehingga tidak terlihat terlalu gelap atau terang saat di unggah di internet.

Fitur filter saat ini juga tersedia di instagram reels dan tiktok yang fungsinya pun sama untuk memperbaiki hasil video sesuai dengan tampilan yang diinginkan.

Meskipun begitu, fitur filter di tiktok memiliki kelebihan lain yakni dapat di kustom sehingga bisa digunakan oleh pengguna tiktok lainnya.

Penggunaan filter yang beragam tentunya akan membuat konten yang dibuat menjadi semakin unik karena filter tiktok bisa diambil dari pengguna lain.

Tak hanya itu, dengan menggunakan filter tiktok yang naik daun juga bisa membantu konten anda naik ke fyp recommend sehingga dapat meningkatkan enagagement akun yang anda buat.

Sedangkan fitur filter yang ada di instagram reels juga merekomendasikan filter yang sering digunakan oleh pengguna instagram lain atau kreator bisa menambahkan filter dari video reels yang anda lihat.

voice effect instagram reels dan tiktok

Voice Effect Instagram Reels dan Tiktok

Fitur unggulan lainnya yang berasal dari tiktok adalah perubahan suara yang dapat mengubah suara asli pengguna ke suara lain yang ada di tiktok.

Penggunaan voice effect di tiktok ini terkadang membuat konten tiktok menjadi lebih menarik dan lucu sehingga mengundang tawa bagai penontonnya.

Karenanya saat kreator dapat menemukan voice effect yang sesuai dengan konten yang diunggah tentunya video menjadi lebih menarik sehingga lebih mudah masuk ke fyp recommend.

Apabila kreator hendak mengubah suara asli ke efek suara maka anda bisa merekam suara yang diinginkan terlebih dahulu kemudain klik efek suara.

Pada fitur efek suara maka kreator akan diberikan pilihan suara yang bisa di dengarkan terlebih dahulu sebelum diunggah ke akun tiktok yang dimiliki.

Fitur Duet dan Stitch di Instagram Reels dan Tiktok

Ingin membalas konten orang lain dengan cara seru dan lucu? Tiktok menemukan jawabannya yang dapat membuat konten anda menjadi lebih menarik.

Salah satu caranya adalah menggunakan fitur stitch yang ada di Tiktok, dengan adanya fitur ini maka pengguna tiktok bisa membalas konten orang lain dengan video juga.

Tak jarang beberapa konten bisa lebih mudah naik jika membalas konten yang sedang viral menggunakan fitur stitch.

Tidak hanya itu, beberapa kreator tiktok yang tertarik pada bidang muskin juga bisa membuat konten duet dengan pengguna tiktok lainnya sehingga menjadi konten yang lebih menarik.

Kreator juga bisa melakukan interaksi dengan pengikutnya menggunakan fitur ini dengan membalas komentar yang ada di konten yang telah diunggah.

Interaksi dua arah ini tentunya akan menaikkan algoritma tiktok yang anda miliki sehingga konten anda lebih mudah masuk ke fyp recommend serta menjangkau lebih banyak pengguna tiktok.

Untuk saat ini, instagram reels belum memiliki fitur duet atau stitch seperti yang ada di tiktok namun kita tunggu saja inovasi terbaru dari instagram untuk meningkatkan pengalaman penggunanya.

algoritma instagram reels dan tiktok

Algoritma Instagram Reels dan Tiktok

Sebagian besar social media tentunya memiliki penghitungan sendiri yang menentukan sebuah konten bisa naik ke rekomendasi konten sehingga bisa dilihat oleh pengguna lainnya.

Tidak hanya membuat konten yang menarik dan berbeda dari yang lain namun kreator juga sebaiknya mengetahui konsumen yang tepat yang akan tertarik pada video yang anda unggah.

Begitu halnya dengan titok dimana platform yang tengah naik daun ini memiliki algoritma tersendiri yang membuatnya penggunanya bertanya-tanya.

Hal ini dikarenakan Tiktok memiliki dua jenis halaman yakni halaman untuk akun yang anda ikuti dan juga FYP recommend.

Untungnya Tiktok sendiri membocorkan rahasia dari algoritma tiktok yakni FYP recommend di desain untuk konten yang anda sukai sehingga penonton bisa menemukan variasi yang lebih beragam sambil menunggu konten dari akun yang anda ikuti di unggah.

Terkadang juga tiktok memberikan rekomendasi konten yang mungkin menjadi minat anda namun jika anda tidak menyukainya maka bisa memilih opsi tidak tertarik sehingga konten tidak ditampilkan kembali.

Berbanding terbalik dengan algoritma instagram reels dimana platform ini merekomendasikan konten yang anda sukai dan juga diikuti oleh pengikut anda.

Sehingga terkadang pengguna akan menemukan variasi konten yang lebih beragam di instagram reels.

Berdasarkan algoritma tiktok, sistem FYP recommend ini berasal dari beberapa faktor seperti kesukaan terhadap satu konten dan kemudian pemilihan pada konten yang kurang diminati.

Tidak hanya itu, terdapat beberapa faktor lain yang menjadi perhitungan algoritma instagram reels dan tiktok, diantaranya :

Algoritma Tiktok

Saat melihat konten di tiktok tentunya anda akan memiliki berberapa reaksi terhadap konten yang bermunculan.

Pertama, penonton bisa saja melihat konten tersebut sampai habis namun tidak memberikan tanda suka pada video yang dilihat.

Kedua, penonton menyukai video tersebut dan memberikan tanda like sebagai apresiasi atau bahkan memberikan tanggapan terhadap konten tersebut di kolom komentar.

Ketiga, penonton melihat sampai habis dan menyukai konten tersebut dan kemudian membagikan video tersebut ke orang lain melalui tiktok messenger

Tidak berhenti disitu, Tiktok juga mengidentifikasi preferensi video dengan melihat informasi video tiktok berupa caption yang diberikan, komen yang diunggah, serta konten yang dibuat.

Tiktok juga akan memberikan rekomendasi konten berdasarkan bahasa yang digunakan serta negara yang dipilih sehingga platform ini akan lebih menampilkan video dari negara yang sama dengan anda.

Berbagai faktor inilah yang dipadupadankan sehingga menjadi rekomendasi konten yang anda lihat di FYP recommend dimana halaman tersebut akan menyesuaikan kesukaan yang anda pilih berdasarkan kebiasaan yang anda lakukan setiap hari di tiktok.

Algoritma Instagram Reels

Sementara untuk algoritma instagram reels saat ini belum memberikan informasi detail mengenai faktor yang dapat membantu pengguna untuk melihat konten yang diinginkan, seperti lokasi, kesukaan, orang yang anda ikuti, atau konten yang paling banyak diajak berinteraksi.

Meskipun begitu, Instagram sendiri mengungkapkan jika konten instagram reels yang anda unggah masuk ke dalam fitur rekomendasi maka kreator akan memberikan notifikasi ke akun anda.

Hal ini dikarenakan fitur reels sendiri direkomendasikan oleh Instagram yang diharapkan dapat membantu untuk menentukan konten yang sesuai dengan keinginan.

Karenanya jika konten instagram reels anda terpilih untuk masuk ke fitur rekomendasi maka bisa menjadi kesmepatan besar untuk membuat konten anda dilihat oleh lebih banyak pengguna instagram sehingga video menjadi lebih viral.

Meskipun salah satu konten anda sudah masuk ke halaman rekomendasi namun penting bagi kreator untuk terus mengunggah video secara rutin karena semakin sering anda mengunggah konten maka konten anda menjadi lebih sering masuk ke halaman rekomendasi.

Disisi lain, terdapat beberapa faktor juga yang menjadikan konten instagram reels dan tiktok menjadi lebih viral.

Sebuah konten yang viral di tiktok tentu menjadi kesempatan besar bagi anda untuk menjangkau pengguna tiktok yang lebih luas sehingga konten anda memiliki lebih banyak penonton.

Sementara jika konten instagram reels anda ditonton oleh banyak orang maka menjadi kesempatan besar bagi pengguna instagram untuk menggaet konsumen ke profil akun yang dimiliki sehingga peonton juga akan melihat akun instagram shop yang anda kembangkan.

iklan berbayar di instagram reels dan tiktok

Iklan Berbayar di Instagram Reels dan Tiktok

Disaat tiktok ads tidak terlalu terkenal untuk usaha kecil dibandingkan layanan iklan berbayar di platform lain, Tiktok memberikan solusi lain yang dapat membuat kreator beriklan di Tiktok.

Salah satunya adalah dengan menawarkan layanan In Feed Ads, Branded Hastag Challanges, dan juga Branded Effect.

In Feed Ads

Saat membuka akun tiktok mungkin saja anda akan melihat konten yang bukan merupakan minat anda namun bisa tiba-tiba saja muncul di halaman tiktok anda.

Hal ini bisa jadi karena konten yang anda lihat adalah konten berbayar yang dipromosikan oleh tiktok sehingga dapat menjangkau lebih banyak pengguna tiktok.

Berbeda dengan layanan iklan berbayar lain dimana kreator memberikan konten iklan sendiri yang kemudian akan diunggah oleh platform tersebut ke fitur yang tersedia.

Tiktok sendiri menyediakan opsi untuk mengiklankan konten anda sehingga dapat menjangkau lebih banyak pengguna tiktok yang belum mengenal akun anda.

Namun jika kreator ingin membuat konten iklan dari konten tiktok yang dimiliki maka anda bisa memilih konten yang memiliki engagegemnt tingi sehingga kemungkinan untuk disukai oleh pengguna tiktok menjadi lebih besar.

Tak hanya itu, kreator juga dapat menggunakan konten challange yang sedang naik daun sehingga video anda mudah dikenali oleh pengguna tiktok yang melihat konten anda.

Keuntungan dari menggunakan konten in feed ads adalah video akan jarang untuk di skip karena pengguna tiktok akan mengira bahwa konten anda merupakan video tiktok biasa namun ternyata merupakan iklan berbayar yang akan disadari ketika penonton melihat konten lebih lama.

Branded Hastag Challanges

Pernahkah anda melihat caption yang ada di postingan tiktok namun tidak berkaitan dengan isi konten yang diunggah? Hal ini dikarenakan kreator tersebut menggunakan branded hastag challange yang dipromosikan oleh tiktok.

Penggunaan branded hastag sendiri biasanya dipakai untuk menaikkan konten sehingga lebih mudah masuk FYP recommend.

Disisi lain, agar branded hastag yang dipromosikan menjadi lebih terkenal biasanya diirngi juga dengan dance challange yang bisa dipakai oleh pengguna tiktok.

Semakin banyak pengguna tiktok yang menggunakan challange besar maka peluang branded hastag untuk terkenal pun menjadi terbuka lebar.

Branded Effect

Tidak hanya branded hastag yang dapat ditemukan di tiktok namun pengguna tiktok terkadang bisa menumukan effect yang bisa digunakan untuk menjadi konten tiktok.

Branded effect sendiri berisi beberapa pilihan jawaban dan juga kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengguna tiktok.

Apabila branded effect yang anda buat terlihat seru dan digunakan oleh banyak pengguna tiktok maka akan membuka kesempatan campaign lebih sukses.

Content Tags di Instagram Reels

Meskipun saat ini instagram reels juga masih belum bisa digunakan untuk promosi produk namun Instagram juga memberikan pilihan bagi kreator untuk membuat konten iklan.

Salah satunya adalah menggunakan fitur content tags yang tersedia di Intagram reels dimana kreator diberikan kemudahan untuk membuat konten iklan yang mencantumkan brand untuk bekerja sama melakukan promosi tertentu.

Jangkauan instagram reels yang luas serta mudah diakses oleh orang lain menjadikan beriklan melalui layanan reels tentunya lebih efektif serta dapat menjangkau konsumen yang diinginkan.

Fitur Belanja di Instagram Reels dan Tiktok

Disaat Instagram selangkah lebih mau dalam membuat fitur belanja yang memungkinkan penjual dan pembeli untuk berbelanja melalui instagram dengan Instagram shopping, Tiktok juga tidak mau kalah dengan mengeluarkan inovasi terbaru.

Salah satunya adalah dengan mengadakan kerjasama dengan Shopify. kerjasama diharapkan memunculkan pelaku bisnis terbaru sehingga dapat mencapai tujuan tiktok untuk mendapatkan 1 juta penjual di seluruh dunia.

Keinginan tiktok untuk membuka layanan belanja ini diharapkan dapat membawa penggunanya yang sebagian besar di usia muda untuk lebih banyak berbelanja di tiktok dibandingkan dengan market place lain.

Keuntungan bagi pengguna tiktok yang membuka akun tiktok shop adalah pelaku usaha juga dapat mengakses akun shopify sehingga dapat menjangkau pembeli yang lebih luas serta mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi.

Sisi baiknya adalah akun jual beli dikendalikan langsung oleh Shopify dashboard termasuk pembuatan iklan, target pasar, optimasi jualan, serta analisa insight akun tiktok shop.

Template Watermark SMM ID

Demografi serta Konten Instagram Reels dan Tiktok

Salah satu informasi yang mesti digarisbawahi adalah instagram reels dan tiktok menyajikan konten yang sama untuk penggunanya.

Disisi lain, ketika anda dapat menemukan konten yang estetik di instagram reels maka pengguna tiktok akan lebih sering menemukan konten komedi.

Perbedaan mendasar antara instagram reels dan tiktok ini terlihat ketika kreator atau influencers terlihat berusaha membuat konten yan estetik untuk memanjakan mata pengikutnya.

Maka konten komedia akan lebih mudah laku di tiktok sehingga tidak jarang anda akan menemukan kreator baru dari tiktok meski menggunakan konten yang sederhana namun dapat mengundang tawa.

Jadi jika kreator ingin meraih konsumen yang berkisar di usia dewasa dengan konten yang estetik maka instagram reels bisa menjadi pilihan pertama.

Namun jika kreator ingin menyasar konsumen di usia remaja dan ingin menjadi bagian dari konten viral yang sedang naik daun maka opsi tiktok bisa menjadi pilihan pertama.

Akan tetapi, jika kreator memiliki konsumen di dua platform tersebut maka akan lebih baik untuk menanyakan langsung ke pengikut anda untuk konten yang lebih disukai.

insight instagram reels dan tiktok

Analisa Insight Instagram Reels dan Tiktok

Semakin tingginya minat pengguna instagram reels dan tiktok untuk menggunakan platform ini sebagai media promosi menjadikan platform ini memberikan layanan khusus berupa akun bisnis.

Dengan adanya akun bisnis ini baik pengguna instagram reels dan tiktok dapat memerikan konten yang telah dibuat dalam jangka waktu tertentu, apakah mengalami kenaikan atau penurunan.

Akun bisnis ini tidak hanya memperlihatkan insight konten namun juga memperlihatkan jangkauan iklan yang telah dipasang untuk mengetahui apakah iklan tersebut sudah mencapai target yang diinginkan.

Selain itu, kreator juga mengetahui konten instagram reels dan tiktok yang disukai oleh konsumen sehingga bisa lebih berfokus pada satu postingan dibandingkan membuat jenis video yang lain.

Keuntungan lainnya bagi pengguna tiktok adalah kreator dapat melihat konten yang masuk ke FYP recommend dan mengetahui sumber penonton paling banyak.

Sedangkan bagi instagram reels saat ini belum ada informasi insight khusus seperti tiktok namun kreator dalam melihat jumlah share, likes, dan juga komentar di konten reels yang diunggah.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.