Serba-Serbi Media Promosi Online yang Harus Anda Tahu (Google Ads dan Facebook Ads)

Serba-Serbi Media Promosi Online yang Harus Anda Tahu (Google Ads dan Facebook Ads)

Media promosi  online yakni Digital Marketer, menjadi suatu pekerjaan dengan prospek masa depan oke di era teknologi. Berikut info lengkapnya!

Tahukah Anda, bahwa Digital Marketer menggunakan media promosi online untuk melakukan pekerjaan mereka?

Pada zaman dulu, orang menggunakan media promosi offline seperti iklan baris di koran untuk sarana promosi. Semenjak adanya pandemi corona. Media promosi online menjadi senjata andalan Digital Marketer untuk berjualan.

Hal ini dikarenakan virus corona membuat masyarakat takut keluar rumah, sehingga kebanyakan orang melakukan aktivitas secara online melalui internet.

media promosi online

Mengapa Media Promosi Online Bisa Menjadi Kunci Kesuksesan Produk Anda?

Bukan tanpa alasan penggunaan media inimenjadi metode ampuh dalam penjualan, berikut alasan mengapa media ini adalah yang terbaik.

Bisa Membantu Pengusaha Kecil dalam Mengembangkan Bisnisnya

Pengusaha besar dengan branding produk atau jasanya yang sudah sangat dikenal baik. Tentunya mudah sekali mengalahkan branding dari produk/jasa pengusaha kecil dalam pemasaran secara offline.

Ingin produk/jasa pengusaha kecil dikenal baik juga. Lakukan pemasaran secara online. Karena dengan metode tersebut, pengusaha kecil bisa memperkenalkan produk atau jasanya kepada calon pelanggan secara lebih luas.

Dengan menggunakan media ini, tidak menutup kemungkinan untuk para pengusaha kecil bisa memperkenalkan produknya secara luas ke masyarakat. Dan bahkan suatu saat dapat mengalahkan produk/jasa yang sudah kuat di branding-nya.

Biaya Lebih Hemat

Jika Anda berpikir untuk menghemat biaya dalam beriklan, maka mempromosikan barang Anda dengan media promosi online bisa jadi solusi untuk strategi pemasarannya.

Bayangkan berapa besar biaya untuk memasang Reklame atau Baliho di jalan? Namun biasanya hasil yang di dapat tidak sebanding dengan memasang iklan bisnis Anda di internet yang bahkan bisa disaksikan jutaan orang.

Lebih Efisien

Saat Anda  memasang iklan produk Anda di jalan-jalan. Anda akan berurusan dengan birokrasi yang ribet dan kadang menjengkelkan untuk memakai media promosi offline, belum lagi mengurus perizinan saat Anda harus memasang Reklame atau Baliho.

Berbeda dengan media promosi online dimana Anda hanya harus membayar dan produk Anda akan diiklankan oleh media pemasaran tersebut.

Jangkauan yang Sangat Luas

Dilansir dari gizchina, pengguna internet di dunia sekarang adalah sebesar 4,2 miliar atau lebih dari setengah populasi dunia.

Dengan media ini jelas Anda mempunyai kesempatan tidak hanya menjual produk Anda di sekitaran saja, tetapi sampai ke seluruh dunia.

Bisa Menargetkan Target Pasar

Dengan media pemasaran online, Anda bisa menargetkan target pasar produk atau jasa Anda seperti umur, jenis kelamin, tempat tinggal, pekerjaan, penghasilan dan hobi calon pelanggan.

Namun pastikan Anda sudah memiliki data demografi customer sebelum memulai bisnis tersebut. Untuk memudahkan Anda dalam mensetting di media onlinenya,

Lebih Mudah Diukur

Keberhasilan atau parameter pemasaran digital bisa diukur lebih mudah dengan media promosi online karena biasanya sudah ada tools untuk analisisnya sendiri.

Canggihnya, tools tersebut mencatat data secara real-time dan mudah untuk mengukur hasil penjualan Anda.

bagaimana

Bagaimana Strategi Pemasaran Melalui Media Promosi Online?

Meski terdengar lebih mudah dari cara yang bersifat offline, tentu ada cara/metode agar Anda sukses menggunakan media ini. Berikut kami jelaskan cara agar sukses melakukan promosi online.

Ketahui Target Pasar Anda

Ini adalah tips paling simpel dan mudah. Anda harus bisa menerka produk Anda kira-kira akan jadi solusi dari masalah apa?

Penyusunan target pasar bisa dimulai dari umur, jenis kelamin, hobi, penghasilan, pekerjaan, status perkawinan, tempat tinggal, dll.

Contohnya jika Anda menjual lego, maka target pasar Anda adalah orang tua yang mempunyai anak dengan umur tiga sampai enam tahun.

Untuk pemula, maka Anda harus usaha ekstra karena akan lebih banyak terjun ke cold market, sehingga harus bisa mengedukasi prospek pelanggan.

Copywriting yang Kuat

Copywriting adalah tulisan yang bertujuan agar pelanggan membeli produk Anda. Tulisan tersebut harus singkat, jelas, padat, mengajak, bermakna, membuat penasaran dan menghipnotis.

Bahasa yang bagus di copywriting adalah bahasa yang memiliki unsur mengajak, merekomendasikan, membuat penasaran, testimoni pelanggan, benefit, scarcity, dll.

Metode ini simple yet, but powerful, bayangkan hanya dengan tidak sampai seratus kata, ribuan sampai jutaan pelanggan ramai-ramai membeli produk bisnis Anda.

Optimalkan SEO Baik Secara Onpage Maupun Offpage

Orang marketing sekarang harus mengerti SEO karena calon pelanggan menggunakan mesin pencari untuk mencari solusi atau produk yang diinginkannya.

Visibilitas bisnis Anda di Google bisa mendatangkan banyak traffic yang bisa dikonversi menjadi leads sampai menjadi pelanggan yang membeli produk atau jasa Anda.

Pengoptimalan SEO secara onpage antara lain adalah title tag, meta description, loading situs Anda harus lebih cepat, judul URL, dll. Sedangkan untuk off page adalah promosi di media sosial, menggunakan backlink, link building, dll.

Jika dilogikakan, tentu tidak ada yang mau repot-repot mencari apa yang diinginkan sampai halaman ke-10 Google kan? Pasti orang-orang lebih sering mengakses situs yang muncul paling atas atau paling tidak di halaman pertama Google.

siapa

Siapa Saja yang Membutuhkan Media Promosi Online?

Dengan kemajuan teknologi dan kebiasaan lebih banyak di rumah. Digital Marketer banyak digunakan untuk mempromosikan barang-barang di internet dan meraih keuntungan di berbagai kalangan.

Berikut siapa saja yang membutuhkan media promosi online.

Pemasar Digital di Media Sosial

Salah satu pekerjaan yang paling banyak peminatnya di abad 21 ini tentunya menjadikan media promosi online untuk senjata andalan mereka untuk memenangkan persaingan di internet yang besar karena jangkauan yang sangat luas.

Seorang pemasar digital harus bisa menggunakan media tersebut dengan baik karena itu adalah alat yang paling penting untuk digunakan dalam pekerjaan mereka.

Dengan menjamurnya pengguna media sosial di jaman sekarang, pemasar digital harus memanfaatkan kesempatan tersebut untuk meningkatkan penjualan.

Pebisnis Baru

Jika belum bisa merekrut pemasar digital, maka satu-satunya jalan adalah mencoba cara ini sendiri untuk sementara sampai bisa mendapatkan pemasar digital yang handal.

Mencari Penghasilan Sampingan Lewat Toko Online

Jika pekerjaan menyita waktu, tentu tidak sempat untuk melakukan jualan secara offline. Promosi di internet dan media online memungkinkan para pencari penghasilan sampingan dengan cara membuka toko online.

Toko online tersebut bisa menggunakan metode SEO untuk mempromosikan produk mereka atau organik saja, tapi waktunya cukup lama untuk melihat hasilnya.

Content Writer

Penulis konten bisa mempromosikan tulisan mereka secara online agar konten mereka dibaca oleh banyak pengguna.

Agar tulisan mereka bisa dibaca para peselancar di internet, seorang penulis konten harus bisa mengoptimalkan SEO atau menggunakan media promosi online agar tulisannya masuk rangking atas di hasil pencarian mesin pencari.

Jika tujuannya untuk berjualan, maka seorang Content Writer tersebut juga merangkap menjadi Copywriter.

Designer

Sekarang tidak hanya Pelukis/Desainer offline yang bisa memasarkan produk mereka, online juga bisa.

Di dunia digital, seorang Desainer bisa menggunakan media ini untuk mempromosikan aplikasi atau situs yang mereka desain user interface-nya.

contoh

Contoh-Contoh Media Promosi Online

Setelah membahas pekerjaan yang membutuhkan media tersebut, kami lanjutkan ke contoh-contoh media promosi online.

Google Ads atau Google Adwords adalah media promosi online yang berasal dari perusahaan ternama asal Amerika Serikat, Google.

Terdapat lima jenis iklan Google Adwords, yaitu:

Iklan Penelusuran

Iklan ini menggunakan konten situs untuk menarik pelanggan.

Google ads mengklaim bahwa jenis iklan ini adalah cara termudah untuk menemukan pelanggan karena caranya adalah melewati penelusuran calon pelanggan Anda di Google.

Iklan Gambar

Iklan yang satu ini secara harfiah artinya mengiklankan produk Anda dengan gambar. Gambar atau metode secara visual bisa membuat pelanggan Anda tertarik dan penasaran dengan produk Anda.

Iklan gambar di Google mudah dibuat karena Anda bisa menentukan piksel, dan file gambar. Kerennya Anda bisa mengkombinasikan gambar dengan teks di iklan ini sehingga bisa dicampur dengan copywriting yang baik.

Iklan Aplikasi

Iklan jenis ini akan membuat produk Anda dipromosikan di berbagai aplikasi seperti UCbrowser, Google Chrome, Opera dan lain-lain yang sudah menjadi partner dengan Google.

Iklannya bisa berupa gambar atau teks, dan pelanggan yang mengklik iklan tersebut akan diarahkan ke situs bisnis Anda. Praktis dan simpel bukan?

Iklan video

Iklan ini menggunakan video sebagai media promosinya untuk menarik pelanggan. Biasanya iklan ini bisa ditemukan di situs yang bekerja sama dengan Google seperti Youtube.

Jika Anda sering membuka Youtube, pasti lumrah dengan iklan-iklan yang diterbitkan saat sebelum memulai, di tengah-tengah, bahkan di akhir pemutaran video, itu adalah contoh iklan video dari Google Ads.

Iklan video yang berhasil tidak akan diskip oleh penonton. Anda hanya punya waktu lima detik untuk membentuk first impression.

Iklan Shopping

Seperti namanya, iklan ini biasa muncul di toko online seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dll. Iklan ini menampilkan isi, harga, gambar, harga, serta URL/link situs barang yang diiklankan tersebut.

Dengan semakin banyaknya orang berbelanja online, maka penggunaan iklan ini akan makin efektif dan berprospek sangat cerah.

Mengatur Google Ads

Sekarang pertanyaannya, bagaimana cara pakai Google Ads?

Buat Akun Google dan Login

Tentunya Anda harus mempunyai akun Google terlebih dahulu sebelum memakai fitur ini. Prosesnya mudah.

Tentukan Budget Anda

Karena media ini tentunya berbayar, Anda harus bijak dalam menentukan budget yang harus digunakan dalam metode promosi ini.

Tips dalam menentukan budget adalah ketahui dulu jumlah pengunjung atau traffic di landing page situs Anda yang hendak dipromosikan lewat Google adword.

Dilansir dari wordstream, conversion rate yang baik adalah 2,35 % dari traffic sehingga Anda bisa menentukan budget Anda dari situ.

Tentukan Target Pasar Anda

Seperti yang sudah dibahas di bagian sebelumya. Salah satu keunggulan dari media promosi online adalah Anda bisa menentukan atau mengarahkan iklan ini akan ditujukan ke siapa.

Setelah menentukan budget, langkah selanjutnya adalah menentukan target pasar Anda.

Penentuannya bisa menggunakan jarak atau radius dari suatu tempat. Misalnya untuk radius 10 km Anda melakukan penawaran lebih tinggi dan radius 30 km Anda melakukan penawaran lebih rendah.

Tentukan Jaringan Anda

Terdapat dua pilihan jaringan yang disediakan untuk ini. Yaitu search network dan display network.

Perbedaannya adalah search network akan menempatkan iklan Anda di laman hasil pencarian mesin pencari, sedangkan display network akan menempatkan iklan Anda di situs-situs yang terafiliasi dengan Google.

Jika usaha Anda masih kecil dan baru mulai, search network direkomendasikan karena akan menempatkan iklan yang lebih spesifik dan relevan.

Memilih Kata Kunci

Kata kunci menjadi kunci utama dari pemasaran digital, apalagi saat Anda menggunakan jasa promosi online.

Pemilihan kata kunci ini harus spesifik karena kata kunci yang terlalu umum dan pendek biasanya memiliki volume persaingan yang tinggi.

Sangat direkomendasikan untuk memilih kata kunci yang memberi hasil yang pasti dan relevan.

Karena sistem bidding, sebaiknya menggunakan kata kunci yang volumenya tidak terlalu tinggi karena akan memakan banyak biaya, tetapi ingat volumenya juga jangan terlalu rendah agar tidak sepi peminat.

Facebook Ads

FB ads atau Facebook ads adalah media promosi online lain selain Google Ads yang banyak digunakan oleh pemasar digital.

Facebook ads biasanya ditempatkan di beranda atau di sidebar facebook.

FB ads dan Google ads memiliki jenis iklan yang sebenarnya hampir sama (iklan video, iklan gambar, dll.). Perbedaannya hanya di penempatan iklannya.

Kelebihan FB Ads

Berikut adalah kelebihan Facebook ads sehingga banyak dipakai oleh pemasar digital.

Banyak penggunanya

Facebook merupakan salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak selain instagram yang mereka akuisisi dan juga twitter. Menurut sumber, orang Indonesia paling aktif di Youtube dan Facebook.

Banyak penggunanya dan juga keaktifan yang besar, berarti akan ada banyak orang yang melihat iklan Anda, sehingga menjadi peluang untuk bisnis Anda.

Demografi yang beragam

Facebook memiliki pengguna di berbagai usia. Menurut sumber, pengguna Facebook, 56 % adalah laki-laki dan 44 % adalah perempuan.

Menurut sumber, di tahun 2018, pengguna Facebook mayoritas adalah orang dengan usia 18-34 tahun. Meski hanya kecil persentasenya, Facebook juga dimainkan oleh orang-orang berusia lanjut (di atas 65 tahun).

Bisa menentukan target

Anda bisa menentukan target pasar dengan Facebook ads. Baik dari usia, lokasi, bahkan minat dan hobi.

Tidak hanya di Facebook

Meski namanya Facebook ads, tetapi facebook ads tidak hanya beriklan di facebook, tetapi juga usaha yang mereka akuisisi seperti instagram dan whatsapp dan website tempat mereka bekerja sama.

Berarti Facebook ads memiliki jangkauan yang luas sehingga memperbesar peluang bisnis Anda.

Traffic tinggi

Karena jangkauan yang sangat luas, dipastikan Facebook ads menghasilkan traffic yang sangat tinggi.

Anda hanya perlu budget yang pas, copywriting, desain visual dan penentuan target pasar yang tepat agar iklan ini tidak jadi “iklan boncos”.

Jenis-jenis Facebook Ads

Photo ads

Jenis iklan ini adalah iklan yang termudah untuk dibuat. Hal ini karena Anda hanya perlu foto, tombol CTA dan link.

Photo ads cocok digunakan jika Anda mengiklankan barang seperti makanan yang lebih mengundang selera lewat visual saja.

Video ads

Selain foto, Anda juga bisa memakai video ads untuk iklan Anda. Video ads memiliki ketentuan yang diatur, yaitu durasi maksimal 240 menit untuk tiap video.

Slideshow

Slideshow cocok digunakan jika Anda ingin beriklan dengan foto dan video sekaligus. Tidak hanya itu, bahkan juga suara dan teks.

Facebook memberi Anda pilihan 3-10 gambar pilihan untuk slideshow. Jangan lupa untuk menambah efek yang bagus pada gambar atau video Anda pada slideshow.

Youtube Ads

Apa itu Youtube Ads? Pasti sebagian dari Anda sudah familiar dengan yang satu ini, kan? Nah, ternyata Youtube Ads juga jadi tools yang sangat dipertimbangkan untuk mempromosikan produk atau jasa. Bisa dibilang, layanan iklan Youtube.

Saat ini pun sudah banyak bisnis yang menggunakan Youtube Ads sebagai media promosi onlinenya.

Namun perlu diingat, Anda baru bisa memasang iklan Youtube Ads jika menggunakan Google AdWords (Google Ads). Jadi, keduanya bisa terintegrasi dengan baik.

Untuk melihat performa iklan yang sudah dibuat, Anda bisa melihatnya di Google Analytics. Tentu saja hal ini bisa membantu Anda untuk membuat strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran.

Instagram Ads

Menurut sumber, Indonesia adalah pengguna Instagram terbesar, tepatnya nomor 4 di dunia.

Itu berarti, Instagram ads adalah salah satu tools yang powerful untuk beriklan karena penggunanya yang banyak seperti halnya Facebook.

Tips sukses dalam memakai Instagram ads

Pakai fitur IG stories

Instagram memiliki fitur yang diadaptasi dari Snapchat, yaitu stories, dan fitur ini mulai ramai dipakai di media sosial lainnya.

Konten IG stories bisa bertahan selama 24 jam setelah diupload. Namun IG story cukup kuat dalam mempromosikan suatu produk di media online. Menurut sumber, 52 % pengguna lebih tertarik IG stories ketimbang konten feed Instagram.

Visual adalah kunci

Instagram adalah media sosial yang basisnya adalah konten visual, berbeda dengan Twitter yang basisnya konten tulisan/verbal.

Karena hal tersebut, ada baiknya untuk memaksimalkan desain visual dalam iklan Anda di Instagram.

Natural/Alami

Memang penting untuk memiliki desain visual yang menarik, tetapi jangan lupa tujuan iklan adalah agar pembaca bisa mengerti dan tertarik, sehingga akan membeli produk Anda.

Jadi, buatlah iklan yang natural dan tidak terlalu hiperbolik sehingga pembaca mengerti apa maksud dan tujuan iklan Anda.

Media Promosi Online Bisa Menjadi Jembatan Kesuksesan Anda!

Media promosi onlinelebih menjanjikan daripada media promosi offline seperti iklan baris di koran, reklame, baliho, banner, poster, dll.

Keunggulan yang membuatnya jauh lebih berprospek antara lain dari offline antara lain bisa digunakan pengusaha kecil untuk mengembangkan bisnisnya, hemat biaya, jangkauan sangat luas, bisa menargetkan target pasar dan lebih mudah diukur hasilnya karena ada alat analisis real-time.

Meski banyak keunggulan, tetapi Anda harus belajar cara memakai media ini dengan benar agar bisnis Anda profit terus.

Google ads adalah salah satu media promosi online yang banyak digunakan oleh perusahaan besar maupun kecil, dan banyak perusahaan yang menggunakan media ini untuk beriklan.

Jika Anda ingin jago dan sukses menggunakan media promosi online seperti Google ads, ayo kunjungi website Sosial Media Marketer dan raih profit ratusan juta sekarang.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.