pexels judit peter 1766604 1

15 Strategi Content Marketing yang Efektif Untuk Promosi

Strategi content marketing yang tepat akan membantu optimasi akun social media menjadi lebih efektif.

Dalam pengembangan akun social media, anda tidak hanya membutuhkan konten visual yang menarik.

Namun, dibutuhkan strategi content marketing yang tepat agar konten anda menyasar ke target audience yang tepat.

Sesekali anda juga perlu melihat strategi content marketing yang telah dibuat untuk memastikan bahwa postingan anda sesuai dengan isu terkini sehingga memancing konsumen untuk melakukan interaksi dengan akun social media yang anda miliki.

Akan tetapi, apabila strategi content marketing anda masih kurang efektif dalam mencapai tujuan yang diinginkan, maka berikut beberapa elemen dan cara mengembangkannya.

5 Elemen Strategi Content Marketing

Sebelum merancang atau merubah strategi content marketing menjadi lebih baik, maka anda perlu memastikan bahwa perencanaan anda harus memiliki lima elemen penting, diantaranya adalah : persona, brand position, brand value, masalah yang dihadapi, serta solusinya.

Berikut beberapa elemen yang perlu anda pelajari dan pahami dengan jelas :

Buyer Persona

Dalam proses pembuatan konten social media maka ada baiknya untuk menempatkan diri anda ke dalam masalah yang dihadapi konsumen.

Penempatan ini dilakukan agar konten yang anda unggah akan lebih mudah diterima oleh konsumen, sehingga mereka lebih tertarik untuk melakukan interaksi atau membagikan konten tersebut ke orang lain yang memiliki masalah yang sama.

Contohnya yang dilakukan oleh akun social media brand @finansialku yang membahas konten mengenai cara mengatur keuangan menggunakan piramida yang mudah dipahami oleh pembacanya.

Konten tersebut diluncurkan mengingat sebagian besar konsumen mengalami masalah dalam mengatur perencanaan keuangan yang sesuai dengan budget yang dimiliki.

Guna mengetahui audience yang ingin dituju dengan konten anda, maka beberapa langkah berikut bisa digunakan untuk analisa buyer persona :

Survey konsumen

Cara paling mudah untuk mengenali buyer persona dari target konsumen adalah melakukan survey ke konsumen yang telah membeli produk anda dan mengikuti akun social media yang anda milki.

Survey ini akan memudahkan anda untuk mengetahui masalah yang dihadapi konsumen serta kebiasaan lain yang memengaruhi keputusan dalam berbelanja.

Mengenali tend industri saat Ini

Anda juga perlu mengenali trend dari industri yang anda geluti, karena biasanya konsumen juga akan mengikuti berita dari industri tersebut.

Sehingga anda akan lebih mudah membuat konten social media yang berkaitan dengan topik tersebut untuk memancing interaksi yang lebih banyak.

Pastikan anda mengetahui informasi tersebut dengan memperbanyak membaca berita aktual serta mendengarkan topik yang banyak diperbincangkan oleh konsumen.

Mengetahui kompetitor di industri yang sama  

Pengetahuan mengenai kompetitor yang bergerak di bidang yang sama akan membantu dalam mengenali pendekatan yang disukai oleh konsumen.

Sehingga anda bisa mengenali kelebihan dan kekurangan kompetitor yang bisa anda isi dengan keunggulan yang anda miliki.

Pastikan anda setidaknya mengetahui kompetitor yang memiliki pengaruh di industri yang anda geluti.

Setelah anda mengumpulkan berbagai informasi tersebut maka anda dapat menemukan gaya komunikasi yang sesuai dengan target konsumen yang anda tuju.

Brand Voice

Penempatan produk dan brand yang jelas akan membantu anda dalam membuat konten yang akan memberikan konsumen pengalaman yang menarik bagi konsumen anda.

Sehingga mereka lebih tertarik untuk mengunjungi akun social media anda dan mencoba produk yang anda tawarkan.

Tidak hanya itu, anda juga akan terbantu mendapatkan brand voice yang sesuai dengan konsumen yang dituju.

Contohnya saja apabila konten social media anda rutin memberikan edukasi mengenai masalah tertentu yang sering dihadapi oleh konsumen dan mengaitkannya dengan topik yang sedang panas akhir-akhir ini.

Maka konsumen akan lebih tertarik untuk mengunjungi akun social media anda guna mengecek konten dan topik yang anda unggah hari ini.

konten instagram @jelitacosmetics

Strategi ini juga dilakukan oleh akun instagram brand @jelitacosmetics yang membagikan ulasan barang dari produk yang dijual sehingga konsumen memiliki pilihan brand yang sesuai dengan masalah yang dihadapi serta mengunjungi akun tersebut untuk mendapatkan informasi terbaru.

Namun, apabila anda ingin mengenali brand voice yang sesuai dengan akun social media anda, maka beberapa pertanyaan berikut bisa anda jawab :

  • Siapa konsumen potesial yang dimiliki serta tujuan mereka?
  • Siapa saja kompetitor yang dimiliki dan bagaimana brand voice yang dimiliki?
  • Apa saja keunikan dari brand dan produk anda?
  • Apa masalah yang bisa diatasi oleh produk anda?
  • Apa keunggulan produk dibandingkan kompetitor lain?

Beberapa pertanyaan tersebut bisa anda jawab sendiri atau memerlukan bantuan dari konsumen yang dimiliki, dimana anda bisa menyebarkan survey melalui kolom polling atau form yang dibagikan ke konsumen.

Dalam membentuk strategi content marketing yang tepat, anda tidak hanya mengenali brand voice yang akan digunakan di hadapan konsumen.

Namun, anda juga perlu mengenali brand story yang berupa rangkuman dari sejarah brand dan produk, misi, tujuan, dan nilai yang dimiliki.

Hal ini tentunya akan membantu dalam memilih arah strategi content marketing yang tepat, mengidentifikasi pesan yang akan disampaikan, serta topik yang akan diangkat ke konsumen.

Dalam pengembangan brand story ini anda juga perlu fokus ke beberapa elemen, diantaranya adalah brand personality, brand value, serta bagimana produk dan brand anda dapat membantu masalah konsumen.

Content Value

Banyaknya informasi yang beredar di social media mungkin akan membuat konsumen merasa bingung apakah konten yang disuguhkan merupakan fakta atau pendapat pribadi.

Sehingga dalam membuat konten social media, anda juga perlu memastikan bahwa informasi dan edukasi yang anda sampaikan kredibel, sehingga meningkatkan kepercayaan konsumen.

Selain itu, content value tersebut akan membantu anda dalam bersaing dengan postingan dari kompetitor lain.

Dalam mengembangkan content value tersebut maka anda bisa mengenalinya dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut :

  • Apa keunikan konten dibandingkan postingan lainnya?
  • Bagaimana cara konten anda dapat menonjol dibandingkan kompetitor lainnya?
  • Mengapa konsumen anda harus mengikuti akun social media yang anda miliki?

Bagian paling penting yang perlu dimasukkan ke strategi content marketing adalah misi yang ingin anda berikan ke konsumen, dimana statement tersebut akan merangkum alasan mengapa anda membuat konten social media dan keuntungan dari informasi yang disuguhkan ke konsumen.

Tujuan Content Marketing

Menyediakan konten yang bermanfaat bagi konsumen merupakan salah satu tujuan dari content marketing.

Namun, anda juga perlu menarik minat pengikut baru dengan konten social media yang menarik.

Hal ini bisa anda lakukan dengan mengidentifikasi tujuan bisnis dari brand yang anda miliki, agar memudahkan dalam mengenali content marketing yang akan membawa akun social media anda ke tujuan yang diinginkan.

Anda juga memerlukan berbagai sumber terpercaya yang dapat membantu pembuatan strategi content marketing dan mengetahui hasil yang anda inginkan.

Action Plan

Setelah merancang berbagai strategi yang sesuai dengan konsumen yang dimilik maka inilah saatnya untuk melaksanakan strategi tersebut.

Anda bisa memulai menyusun campaign social media yang akan anda lakukan selama jangka waktu tertentu ke dalam rencana konten yang akan anda buat.

Pastikan juga untuk mengetahui tujuan content marketing yang akan anda inginkan untuk brand yang anda miliki.

Pada tahap ini, anda perlu mengetahui beberapa strategi konten yang sesuai, diantaranya adalah :

  • Format konten yang ingin anda fokuskan, hal ini dikarenakan masing-masing social media memiliki konten unggulan sendiri yang biasa digunakan oleh penggunanya.
  • Topik konten dan campaign yang berkualits.
  • Saluran social media yang akan digunakan untuk menyalurkan konten informasi serta promosi produk.

Anda sebaiknya mengetahui social media yang banyak digunakan oleh target konsume agar promosi menjadi lebih maksimal.

Penentuan ini bisa anda lakukan dengan melihat performa konten di masing-masing social media dan menentukan konten yang memiliki performa terbaik.

strategi content marketing

6 Strategi Content Marketing

Strategi content marketing biasanya dibuat dalam jangka waktu panjang dan mencakup berbagai promosi campaign yang dimiliki.

Meskipun begitu, anda mungkin akan merevisi strategi content marketing sesekali guna menyesuaikan dengan trend dan topik yang sedang naik daun.

Di sisi lain, anda juga perlu menyimpan dokumen strategi content marketing ke berbagai platform penyimpanan agar tidak mudah hilang serta memudahkan dalam menganalisa hasil yang anda dapatkan selama jangka waktu tersebut.

Karenanya berikut tujuh strategi content marketing yang bisa anda gunakan untuk optimasi akun social media brand yang anda miliki.

Kenali Audience Serta Gaya Bahasa yang Sesuai

Langkah pertama yang perlu anda ketahui dalam membuat strategi content marketing adalah mengenai audience yang dimiliki.

Hal ini tentunya akan memudahkan anda untuk menentukan konten yang sesuai dengan calon konsumen yang dituju.

Dalam pencarian audience ini anda bisa memulai dengan mengenali produk yang anda kembangkan serta konsumen yang sekiranya membutuhkan barang tersebut.

Misalnya saja anda memiliki produk perawatan tubuh untuk wanita, maka anda bisa menentukan apakah barang tersebut untuk kalangan remaja perempuan atau wanita dengan kisaran usia antara 20-30 tahun.

Namun, jika anda telah memiliki pengikut yang cukup banyak di akun social media brand tersebut, maka anda bisa melihat penyebaran usia konsumen yang menjadi pengikut akun social media anda.

Informasi tersebut bisa anda akses melalui fitur insight yang berada di akun social media yang anda pilih.

Setelah menemukan audience yang dituju serta platform social media yang sesuai maka anda bisa melanjutkan dengan menentukan gaya bahasa yang akan dipilih.

Pemilihan gaya bahasa ini sangat penting mengingat setiap audience memiliki cara penyampaian yang berbeda-beda.

Misalnya saja audience di usia remaja akan lebih mudah dijangkau apabila anda menggunakan gaya bahasa kekinian serta istilah-istilah tertentu yang sering digunakan untuk mengobrol sehari-hari.

Namun, bagi konsumen di usia dewasa maka anda bisa memilih gaya bahasa yang lebih formal namun mudah dipahami oleh pembaca.

Pemilihan gaya bahasa yang tepat juga akan membantu anda agar lebih mudah dipercayai oleh konsumen yang dimiliki.

Analisa Performa Content Marketing 

Bagi akun social media brand yang telah mengunggah banyak konten secara rutin maka akan menemukan berbagai informasi mengenai performa konten social media.

Misalnya saja konten video memiliki performa yang lebih tinggi dibandingkan konten foto dengan topik yang sama.

Berbagai informasi tersebut tentunya akan menguntungkan untuk mengetahui konten unggulan yang bisa anda manfaatkan dalam jangka waktu panjang.

Hal ini dikarenakan audience biasanya terpaku pada satu jenis konten saja namun kurang tertarik pada konten lain yang anda unggah.

Di sisi lain, beberapa social media biasanya memiliki keunggulan konten yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Contohnya saja Instagram lebih unggul pada penggunaan fitur instagram reels sedangkan twitter pada konten tweet.

Keunggulan tersebut juga bisa anda manfaatkan untuk menjangkau audience yang diinginkan menggunakan jenis konten tersebut.

Namun, apabila akun social media brand anda baru pertama kali digunakan maka anda bisa mencoba berbagai jenis konten social media kemudian melakukan analisa untuk melihat postingan yang lebih disukai oleh konsumen.

Berbagai konten social media yang disajikan juga akan membantu anda dalam melaksanakan tujuan content marketing yang telah anda susun sebelumnya.

Buat Kerangka Tujuan Content Marketing

Dalam proses pembuatan strategi content marketing, tentunya anda juga akan membutuhkan tujuan untuk promosi campaign yang dilakukan.

Seorang digital marketer tentunya familiar dengan kerangka SMART dan CLEAR yang keduanya memiliki tujuan yang berbeda-beda.

Pada kerangka SMART yang merupakan singkatan dari spesific, measurable, achieveable, relevant, dan time bound maka anda akan menyusun kerangka tujua berdasarkan fleksibilitas dalam menetapkan tolak ukur yang realistis.

Sedangkan dalam kerangka CLEAR maka akan membantu anda dalam adaptasi lingkungan yang berubah dengan cepat.

Hal ini tentunya sesuai dengan trend social media yang selalu berubah cepat dalam jangka waktu tertentu.

Apalagi jika anda melakukan promosi di social media Tiktok yang memiliki trend yang selalu berubah setiap hari.

Analisa Konten Social Media 

Setelah mengunggah konten social media sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebelumnya, maka inilah saatnya menghitung kinerja konten social media anda.

Pengukuran ini tentunya menguntungkan bagi kreator untuk menilai pakah pesan yang disampaikan sudah sampai ke audience dengan tepat atau diperlukan evaluasi ulang.

Pada proses analisa konten social media, anda hanya memerlukan fitur insight yang disediakan oleh akun social media business, dimana anda akan diperlihatkan berbagai informasi mengenai performa konten social media dalam jangka waktu tertentu.

Anda juga bisa menggunakan bantuan dari website social media management yang akan menyediakan informasi mengenai performa akun social media yang anda kelola.

Secara singkatnya, content audit merupakan proses menyusun, analisa, dan mengembangkan konten yang telah anda unggah untuk mengetahui konten yang mendapatkan perhatian lebih dari audience.

Penggunaan content audit juga akan membantu kreator dalam memahami konten yang disukai oleh konsumen berdasarkan topik dan format yang dilakukan.

Hal ini juga di dukung oleh studi dari Semrush yang menyatakan bahwa sebanyak 65% perusahaan yang memiliki content marketing sukses di tahun 2021 menjalankan content audit setidaknya setahun dua kali.

Sehingga membantu dalam meningkatkan kunjungan akun social media secara organik, ranking pencarian di internet yang lebih tinggi, menaikkan interksi dengan audience, serta beberapa keuntungan lainnya selama content audit dilakukan.

Dalam proses melakukan content audit maka anda bisa mengetahui hasilnya melalui beberapa pertanyaan berikut :

  • Apa saja konten dan tagar yang memiliki kinerja terbaik?
  • Apa format konten yang menarik interaksi serta konversi lebih banyak?
  • Saluran pemasaran mana saja yang memiliki kunjungan lebih banyak?

Guna mempermudah dalam melakukan content audit maka anda bisa menggunakan fitur khusus yang disediakan oleh website tertentu secara gratis dan berbayar.

Buat Kalender Konten 

Sebagai seorang kreator yang mengelola beberapa akun social media brand, tentunya anda akan dituntut membuat konten social media secara rutin setiap harinya.

Belum lagi ditambah campaign promosi yang harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu.

Sehingga agar konten umum dan konten promosi terjadwal dan tidak tertukar satu sama lain maka menggunakan kalender konten bisa menjadi solusi terbaik.

Dengan menggunakan kalender konten, maka anda bisa merencanakan jenis konten yang akan diunggah pada waktu tertentu bersamaan dengan caption dan saluran social media yang digunakan.

Meskipun terlihat rumit di awal, namun akan memudahkan anda dalam melaksanakan content audit yang dilakukan dalam beberapa waktu tertentu.

Pada proses pembuatan kalender konten sendiri, maka anda bisa menggunakan dua macam cara.

Pertama, menggunakan template kalender konten yang biasanya disebarkan di website social media engagment tertentu.

Namun, anda juga bisa membuat kalender konten sendiri dengan memanfaatkan template kalender yang bisa ditemukan di layanan Microsoft Word.

Dalam pembautan kalender konten juga terdapat beberapa langkah yang bisa anda lakukan :

Membuat List Prioritas

Salah satu elemen penting dalam membuat rancangan kalender konten adalah membuat prioritas terlebih dahulu.

Apabila anda merancang konten tertentu maka anda akan menyusun tugas yang perlu anda selesaikan pertama kali, kemudian berlanjut ke campaign promosi yang selanjutnya.

Dengan perencanaan tersebut juga akan membantu anda dalam melindungi strategi content marketing apabila ada kesalahan tertentu serta menemukan kesempatan untuk melakukan eksperimen konten terbaik yang dapat meningkatkan hasil yang diinginkan.

Anda juga bisa mengurutkan list prioritas dalam beberapa cara, diantaranya adalah :

  • Potensi keuntungan
  • Saluran campaign yang akan anda buat
  • Sumber informasi untuk konten yang akan anda buat
  • Produk atau layanan baru yang akan diluncurkan

Berdasarkan list prioritas tersebut maka anda dapat menetukan campaign, topik, serta format yang perlu anda rancang terlebih dahulu.

Temukan Topik yang Relevan 

Dalam pembuatan konten untuk campaign promosi yang anda lakukan maka anda juga perlu mengetahui topik yang akan anda sampaikan ke konsumen.

Setiap campaign promosi yang dilakukan tentunya memiliki topik yang berbeda-beda untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Misalnya untuk campaign promosi produk maka anda akan membahas topik mengenai bahan baku dari produk tertentu serta keuntungan yang akan di dapatkan konsumen.

Sehingga pembeli akan lebih tertarik dalam membeli produk yang anda tawarkan bahkan merekomendasikannya ke orang lain.

Dalam menemukan topik yang relevan, anda bisa memulai dengan memgumpulkan topik yang banyak di didiskusikan oleh konsumen anda di berbagai social media.

Anda juga bisa mencarinya melalui kata kunci tertentu yang biasa digunakan konsumen untuk membahas masalah tertentu.

Setelah menemukan topik yang menarik untuk dibahas maka anda bisa memulai dengan mengumpulkan jawaban dari masah tersebut menggunakan informasi yang terpercaya yang dilakukan oleh survei dari website tertentu.

Beberapa konten bahkan menggunakan jurnal penelitian sebagai dasar informasi yang terpercaya.

Setelah itu, anda juga perlu mengetahui tema besar yang akan anda usung selama setahun penuh dan kemudian di bagi lagi ke dalam campaign promosi yang berbeda.

Contohnya saja apabila anda memiliki produk perawatan tubuh, maka anda ingin membangun awareness di kalangan konsumen untuk lebih mencintai diri sendiri.

Informasi ini bisa di dapatkan dari analisa topik yang sering diperbincangkan audience di social media.

Anda juga bisa melakukan list topik tersebut dan mengurutkan ke dalam prioritas tertentu untuk melihat tema yang menjadi perbincangan banyak orang.

Penggunaan website dan tools tertentu juga akan membantu anda dalam melakukan list topik secara mudah dan efektif.

Sumber :

https://www.semrush.com/blog/content-marketing-strategy-guide/#7-steps-to-creating-a-complete-content-strategy

https://blog.hubspot.com/marketing/content-marketing-plan

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *