apa itu content writer

Apa Itu Content Writer dan Jenjang Karirnya

Saat melihat akun social media yang menarik dan konten yang selalu viral, pernahkah anda berfikir siapa saja otak di balik akun tersebut?

Penggunaan social media yang luas sebagai media promosi kini tumbuh subur di kalangan banyak orang. berbagai brand terkenal dan juga UMKM mulai berlomba-lomba untuk menjadikan social media mereka menarik agar dilirik banyak orang.

Di balik akun social media perusahaan yang menarik terdapat tim digital marketing dengan sejuta kemampuan menulis dan juga desainnya.

Tim ini pun tidak hanya terdiri dari 1-2 orang namun sebuah tim yang mengelola bisa saja memiliki banyak anggota apabila mengelola banyak social media.

Hal ini dilakukan karena setiap orang pastinya memiliki peranan tersendiri, ada yang memegang produksi iklan, ide konten video dan editornya, serta riset dan analisas konsumen.

Namun ada juga salah satu posisi penting yang biasanya ada di berbagai social media perusahaan. Posisi ini bernama Content writer.

Content writer sendiri memiliki berbagai tugas yang membantu untuk pengembangan social media melalui berbagai konten yang diberikan dan disukai oleh konsumen.

Dengan adanya content writer yang handal, sebuah akun social media bisa berkembang maju dan branding perusahaan bisa lebih terkenal.

Tak hanya itu, jenjang karir sebagai content writer pun dinilai menjanjikan karena setiap usaha baru mulai menggunakan social media untuk promosinya.

Karenanya ketahui dulu berbagai jenis content writer serta berbagai tools yang dibutuhkan.

tugas dan jenis content writer

Tugas dan Jenis Content Writer

Sebagai seseorang yang mengelola social media perusahaan untuk promosi di internet tentunya seroang content writer tidak hanya berputar dalam pembuatan konten.

Namun, lebih dari itu seorang content writer juga membuat analisa konsumen dan insight social media dan juga membuat konten untuk promosi digital marketing.

Karenanya berikut beberapa tugas dan macam-macam content writer yang bisa anda temukan di dunia markting.

SEO Writer

Hobi membaca dan suka mencari berbagai artikel baru di internet? Saat mencari artikel yang sesuai dengan topik yang diinginkan tentunya anda biasanya mencari artikel yang berada di pencarian teratas bukan?

Sebuah website dan juga artikel yang berhasil berada di peringkat teratas ini tentunya berkat kerja keras dari seorang SEO Writer.

Salah satu cabang dari content writer ini memiliki tugas khusus untuk membuat konten artikel yang SEO friendly sehingga hasilnya berada di peringkat teratas pencarian.

SEO itu apa sih? singkatan dari Search Engine Optimization ini adalah proses optimasi sebuah traffic website agar menempati peringkat teratas mesin pencari.

Strategi ini dibutuhkan agar konten yang dibuat dibaca oleh banyak orang serta website yang dikelola pun semakin dikenal oleh konsumen luas sehingga bisa meningkatkan brand awareness dan penjualan.

Tak hanya menulis konten artikel dengan pedoman SEO namun pekerja kreatif di bidang ini juga perlu menganalisa kata kunci tertinggi apa saja yng tengah dicari banyak orang dan bisa digunakan di artikel yang tengah dibuat.

Ketelitian dalam membuat konten dan juga kemampuan dalam menyusun kata yang menarik dan mudah dipahami oleh konsumen juga harus dimiliki oleh SEO writer agar hasil artikelnya menjadi semakin bagus?

Jurnalis

Anda suka berpetualang dan belajar mengenai banyak hal baru? Pekerjaan sebagai jurnalis ini cocok bagi anda yang aktif dan juga pemberani.

Bekerja sebagai jurnalis sendiri sering dikaitkan dengan pekerjaan lapangan yang kerap kali bertemu banyak orang baru untuk mencari informasi terbaru sebagai bahas untuk berita yang akan disiarkan untuk konsumen.

Seseorang yang telah memiliki kariri profesional sebagai jurnalis juga berkesempatan untuk berkunjung ke berbagai tempat baru di seluruh penjuru dunia dan bertemu orang-orang baru yang dengan bermacam0macam karakteristik yang berbeda.

Seorang jurnalis pun dituntut bekerja cepat namun dengan hasil yang cermat agar tidak mengecewakan konsumen serta mengangkat kredibilitas media tempat bernaung.

Karenanya seornag jurnalis pun dituntut berfikir cepat, kritis, dan juga tahan banting untuk menghadapi berbagai tekanan di lapangan.

Hasil kerja dari seorang jurnalis pun berita yang dirilis di koran atau majalah, berbagai artikel feature untuk website perusahaan, serta biografi tokoh terkenal yang dirilis di buku.

Tidak hanya itu, seorang jurnalis pun biasanya mendapatkan pesanan berita atau artikel untuk media placement serta customer stories perusahaan untuk meningkatkan brand awareness suatu produk atau perusahaan.

Technical Writer

Saat membeli produk elektronik terbaru atau berbagai obat yang ada di apotek biasanya anda akan disertai kertas yang berisi cara pemakaian dan juga kandungan di dalamnya.

Berbagai lampiran kertas yanga anda temui saat membeli berbagai produk tersebut merupakan hasil kerja dari technical writer.

Sebagai seorang technical writer, pastinya harus mengetahui kandungan produk yang dimiliki secara detail dan juga manfaatnya untuk konsumen sehingga produk pun semakin diminati.

Selain itu, technical writer juga sebaiknya mengetahui penulisan bahan baku yang tepat serta alur pemakaian produk yang sesuai disertai kegunaan setiap fiturnya sehingga pengguna bisa memaksimalkan kegunaan barang yang dimiliki.

Hasil kerja technical writer tidak hanya ditemukan di kemasan produk namun juga dipakai di deskripsi produk di konten promosi sehingga konsumen bisa mengetahui kandungan dan manfaat produk sebelum membelinya.

Social Media Writer

Saat berkunjung ke social media brand tertentu tentunya anda juga menilai bagaimana konten social media yang disajikan, apakah sudah sesuai dengan minat anda atau belum.

Konten social media yang menarik ini juga membantu leads untuk mengenal lebih dalam mengenai produk anda juga tempat berkumpulmya konsumen yang ingin dekat dengan anda.

Karenanya seorang social media writer dituntut untuk membuat konten yang tidak hanya edukatif namun juga interaktif sehingga menimbulkan interaksi dua arah dan meningkatkan hubungan antara konsumen dan produk.

Tidak hanya itu, seorang social media writer juga sebaiknya mengetahui trend yang sedang naik daun saat ini dan peka terhadap masalah yang dihadapi konsumen sheingga bisa membuat konten yang tepat untuk menjawab segala permasalahan.

Menjadi social media writer tentu menyenangkan karena anda bisa lebih dekat dan kenal dengan konsumen anda serta mendapatkan berbagai hiburan baru dengan melakukan interaksi melalui konten yang diunggah.

Copy Writer

Menemukan konten menarik yang membuat anda membeli sebuah produk saat itu juga? Selamat anda sudah berhasil masuk ke dalam tangkapan copy writer.

Seorang copy writer tidak hanya membuat konten yang disajikan di social media namun juga membuat berbagai postingan yang mampu menaikkan penjualan serta menarik leads dengan kemampuan copywriting yang dimilikinya.

Karenanya selain membuat konten artikel di website perusahaan, seorang copy writer juga menyiapkan draft untuk campaign di berbagai iklan berbayar seperti Shoope Ads atau Facebook Ads namun menyiapkan campaign, promosi untuk sales, dan juga email marketing.

Tidak heran apabila serang copy writer juga diharuskan untuk terus mengetahui trend yang sedang naik saat ini dan juga mengembangkan kemampuan menulisanya agar tidak ketinggalan zaman serta bisa bersaing dengan kompetitor lain.

Content Writer

Dibalik akun social media yang ramai dikunjungi pengikutnya terdapat kerja keras dari content writer.

Berbeda dengan copy writer yang bertugas untuk membuat konten yang mampu menarik pelanggan, content writer bertugas untuk membuat konten edukasi untuk konsumen sehingga meningkatkan brand awareness produk.

Apabila brand awareness sudah meningkat maka menjadi tugas copy writer untuk menarik konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan melalui berbagai konten promosi.

Seorang content writer juga memiliki bagian untuk mengunggah berbagai konten yang telah dibuat ke berbagai social media sesuai jadwal yang ditentukan.

Hal ini membuatuhkan ketelitian karena apabila content writer salah mengunggah konten maka akan berakibat fatal ke depannya karena akan menimbulkan kesalahpahaman di mata pengikutnya serta menurunkan kredibilitas sebuah akun di mata konsumen.

Seorang content writer juga memiliki tugas tambahan untuk menganalisa hasil insight social media setiap minggunya untuk dievaluasi kekurangan dan kelebihannya sehingga bisa menjadi topik diskusi dengan anggota lainnya.

Tidak hanya itu, seorang content writer juga bisa bekerja sama dengan anggota lain di divisi marketing untuk menegtahui trend apa saja yang sedang naik pada hari itu untuk dijadikan konten sehingga social media yang dikelola tidak ketinggalan trend.

Ghost Writer

Apabila anda ingin memulai karir di bidang kepenulisan seperti menjadi content atau copy writer maka bisa memulai jalan dengan menjadi ghost writer di berbagai situs pekerja lepas.

Ghost writer sendiri pada dasarnya memiliki tugas yang sama seperti content atau copy writer yaitu membuat konten yang menarik untuk disajikan di social media.

Hanya saja hasil tulisan dari ghost writer akan dibuat secara anonim sehingga pembaca tidak akan mengetahui siapa orang di balik konten social media yang diunggah.

Banyak perusahaan dan brand yang menggunakan jasa mereka untuk menghemat pengeluaran karena Ghost Writer biasanya bekerja sesuai dengan project yang diberikan atau menawarkan jasanya ke berbagai perusahaan.

Apabila seorang ghost writer sudah memiliki berbagai portofolio di berbagai social media dengan jam terbang yang tinggi maka bisa dipastikan anda akan diincar oleh banyak perusahaan untuk menjadi penulis di social media perusahaan.

Seorang ghost writer juga memiliki kemampuan yang lebih fleksibel karena biasanya project yang di dapatkan pun berbeda dengan berbagai kebutuhan konten yang diminta oleh konsumen.

Bagi pemula yang ingin memulai jalan karir sebagai seorang ghost writer maka anda bisa mengunggah portofolio di berbagai situs freelance seperti Sribulancer.com atau projects.com.

Anda juga bisa memanfaatkan Linkedin anda untuk memabangun resume yang dimiliki namun jangan lupa untuk terus memperbarui status anda dengan berbagai hasil pekerjaan agar kesempatan dilirik oleh perusahaan besar pun semakin lebar.

skill content writer

Skill Content Writer

Banyaknya perusahaan besar yang saat ini mencari content writer yang berkualitas tentunya bisa menjadi kesempatan bagus bagi seseorang yang ingin berkarir di bidang digital marketing.

Sebelum itu, anda juga sebaiknya mengetahui terlebih dahulu beberapa kemampuan yang sebaiknya dimiliki oleh content writer agar dapat berkembang dan menjadi senior content writer dengan sejuta pengalaman.

Writing Ability

Kemampuan pertama yang tentunya harus dimiliki adalah kemampuan menulis yang baik. Hal ini harus dimiliki karena seorang content writer bertugas untuk membuat konten social media yang menarik dan mudah dipahami oleh konsumen atau pengunjung akun.

Kemampuan menulis ini termasuk dalam mengetahui format menulis yang baik dan sesuai dengan ejaan bahasa indonesia yang telah disempurnakan, creative thinking dalam memilih kata-kata yang mudah dipahami oleh konsumen dan menjadi ciri khas konten anda.

Kemampuan menulis tersebut juga sebaiknya dikembangkan setiap saat sehingga seorang content writer bisa mengurangi resiko writing block saat membuat sebuah konten.

Technology Savy

Perkembangan teknologi yang semakin cepat saat ini juga membuat seorang content writer untuk terus beradaptasi terhadap berbagai teknologi yang bermunculan.

Hal ini dilakukan agar seorang content writer bisa mengerjakan berbagai tugasnya dengan mudah dan cepat serta melakukan analisa konten dan insght social media secara akurat sebagai bahan acuan evaluasi ke depannya.

Content writer juga wajib hukumnya untuk mengetahui berbagai website yang kredibel dan terpercaya sebagai sumber konten ke depannya sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman setelah konten yang dibuat di unggah ke berbagai social media.

Dengan mengetahui berbagai aplikasi dan website yang membantu memudahkan pekerjaan maka content writer bisa terhindar dari adanya moment stuck karena kehilangan ide saat akan membuat konten terbaru.

Tak hanya itu, seorang content writer juga bisa menyusun strategi dalam pengembangan social media dan pembagian tugas yang sama rata ke semua anggotanya sehingga bisa saling bahu membahu satu sama lain.

TrendSetter

Munculnya berbagai social media dari kompetitor dengan produk yang sama akhirnya membuat ti digital marketing pun berlomba-lomba untuk membuat konten yang dibuat menjadi trend setter.

Caranya pun bisa dengan melakukan recycle konten yang sedang naik atau membuat konten tersendiri yang bisa menjadi identitas social media anda.

Pada tahap inilah kepekaan seorang content writer diuji untuk mengetahui konten yang sekiranya akan naik dan dapat meningkatkan insght social media serta membuat ide konten yang disukai oleh konsumen dan menjadi ciri khas social media brand yang dikembangkan.

Tentu saja hal ini tidak mudah mengingat content writer harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum membuat konten yang sesuai dengan minat konsumen.

Curiosity

Rasa ingin tahu yang tinggi mengenai trend yang sedang terjadi serta keinginan konsumen juga sebaiknya dimiliki oleh seorang content writer.

Hal ini dikarenakan anda tidak bisa membuat konten dan topik yang sama setiap harinya yang akan membuat konsumen bosan dan meninggalkan akun anda karena dianggap sudah tidak menarik.

Rasa ingin tahu yang tinggi ini bisa diasah dengan mengamati kegiatan orang-orang di sekitar kita dan pastinya aktivitas konsumen di akun kita dengan menlihat komentar serta konten yang disukai.

Seorang content writer juga bisa meningkatkannya dengan banyak membaca berita atau artkel terbaru dari portal berita di internet agar meningkatkan rasa kritis dalam diri yang membantu menaikkan tingkat keingintahuan.

Customer Analyze

Salah satu peraturan tidak tertulis yang ada di social media adalah berbeda konsumen maka konten yang disajikan. Karenanya anda belum tentu bisa menerapkan strategi content marketing di akun social media lain ke akun yang anda kembangkan.

Karenanya seorang content writer juga sebaiknya mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen dengan melakukan analias konsumen,

Hal ini bisa dimulai dengan meligat insight konten untuk mengetahui postingan mana saja yang mendapatkan engagement tertinggi setiap minggunya bahkan ditunggu-tunggu oleh konsumen.

Engagement rate yang tinggi juga bisa digunaakan untuk mengatur kebiasan dan perilaku konsumen, seperti mengetahui waktu mengunggah konten atau gaya bahasa yang disukai sehingga bisa menyesuaikan dengan minat konsumen.

tools untuk content writer

Tools Untuk Content Writer

Guna membuat berbagai konten yang menarik dengan mudah dan akurat maka seorang content writer bisa menggunakan berbagai aplikasi atau website yang bisa digunakan untuk memudahkan pekerjaan.

Hal ini juga berkaitan dengan skill yang dimiliki oleh content writer yaitu selalu melek terhadap berbagai terknologi trbaru.

Berikut beberapa aplikasi dan website yang bisa digunakan gratis oleh seorang content writer.

Uber Suggest

Kebingungan mencari ide konten padahal deadline konten di depan mata? Tenang saja, masalah ini bisa dengan mudah anda hadpi dengan adanya website Uber Suggest.

Melalui website ini pengguna bisa mendapatkan rekomendasi kata kunci yang tepat sesuai dengan konten yang akan dikembangkan.

Situr ini tentu saja berguna bagi SEO writer maupun copy writer untuk mengetahui keyword yang bisa digunakan di artikel yang akan diunggah di website.

Tak hanya itu, website ini juga bermanfaat bagi content writer atau ghost writer untuk mendapatkan inspirasi ide konten melalui pilihan kata kunci yang sering kali dicari oleh konsumen di mesin pencari Google.

Uber Suggest juga menyediakan berbagai layanan yang bsa digunakan untuk analisa social media, diantaranya melihat statistik domain, mengetahui strategi konten kompetitor, mendapatkan saran kata kunci, serta memperoleh data backlink.

Berbagai manfaat yang dibarikan ini tentu saja memudahkan pekeraan anda sebagai content writer bukan?

Kamus Daring KBBI

Sebagai seoang content writer yang pasar utamanya adalah masyarakat Indonesia maka sudah menjadi keharusan untuk mengetahui pemilihan kata yang tepat namun tetap dipahami oleh konsumen awam.

Penggunaan pemilihan kata yang terlalu tinggi malah bisa membuat pengunjung akun anda tidak mengerti isi dari konten yang disampaikan sehingga bisa menurunkan minat pada social media yang dimiliki.

Meskipun begitu, penggunaan pilihan bahasa formal juga tetap bisa digunakan di berbagai konten tertentu seperti konten ucapan hari besar atau peringatan tertentu sehingga memberikan kesan yang profesional.

Adakalanya content writer sendiri merasa bingung pada isitilah yang akan digunakan, karenanya agar tidak menimbulkan salah paham maka pengguna bisa mengecek kosakata tersebut di Kamus Besar Bahasa Indonesia yang bisa diakses secara daring.

Berikut beberapa cara mengakses Kamus Daring KBBI:

  • Pertama, pengguna bisa masuk ke browser Google kemudian ketikkan Kamus Daring KBBI
  • Kedua, klik website paling atas dan pengguna akan masuk ke website Kamus Daring KBBI
  • Ketiga, pengguna bisa mengetikkan kata yang ingin diketahui artinya di kolom kosong tersebut, jika sudah maka anda bisa klik di ikon kaca pembesar
  • Keempat, pengguna akan diberikan arti kata serta pilihan kata lain yang bis adipilih.

Pengguna juga mengakses Kamus Daring KBBI di aplikasi yang bisa diunduh di hanpdhone atau tablet sehingga anda tidak perlu mengakses websitenya apabila memerlukannya.

Grammarly

Tidak hanya bahasa Indonesia yang digunakan untuk membuat konten di social media, ada saarnya seornag content writer diminta untuk membuat konten berbahasa asing seperti Bahasa Inggris.

Hal ini bisa saja dilakukan apabila konsumen yang dimiliki berasal dari luar negeri sehingga anda membutuhkan bantuan bahasa yang dapat menyampaikan informasi produk serta edukasi barang jualan secara baik.

Sayangnya, meskipun bertahun-tahun belajar bahasa Inggris namun banyak juga kemampuannya bisa menandingi penutur asli.

Karenanya agar tidak terjadi kekeliruan dalam penulisan serta mendapatkan saran kata yang tepat maka anda bisa mengeceknya di Grammarly.

Pengguna bisa menggunakan akun secara gratis untuk sekedar mengecek penulisan kata atau pemberian tanda hubung.

Untuk mendapatkan pengalaman lebih saat menggunakan platform ini anda bisa menggunakan paket berbabayar yang memiliki keuntungan untuk memeriksa pemilihan kata dan saran kalimat yang tepat sesuai dengan konteks konten yang akan diunggah.

Hal ini tentu saja memudahkan pekerjaan seorang content writer untuk membuat konten dengan penyusunan dan pemilihan kata yang tepat.

Aplikasi Social Media

Tidak hanya bisa diakses melalui browser di laptop namun social media saat ini bisa digunakan di perangkat elektronik seperti Handphone yang bisa dibuka dimana saja kapan saja.

Seorang content writer juga sebaiknya menyimpan berbagai aplikais yang berkaitan dengan social media yang dmiliki, diantaranya Facebook, Instagram, Tiktok, dan juga Google Mail.

Berbagai aplikasi tersebut biasanya disimpan di handphone khusus dan berfungsi untuk mengunggah berbagai konten lebih mudah serta dapat menjawab berbagai keluhan dan pertanyaan dari konsumen secara cepat dan mudah.

Jadi sudahkah berbagai aplikasi ini anda miliki di handphone anda?

jenjang karir content writer

Jenjang Karir Content Writer

Menjalani karir sebaagi content writer menjadikan seseorang dituntut untuk memiliki berbagai kemampuan lebih dalam membuat konten, skill copywriting yang keren, dan juga berbagai ide terbaru yang tidak pernah berhenti mengalir.

Guna memulai profesi sebagai content writer, anda juga bisa memulai membuat portofolio dengan menerbitkan berbagai karya anda di platform berita dalam bentuk artikel atau memulai pekerjaan sebagai pekerja lepas di berbagai situs pencarian kerja.

Seorang content writer juga dituntut untuk mengembangkan kemampuannya agar tidak berhenti disitu saja dan kontennya pun bisa mengikuti keinginan pasar dan konsumen.

Bagi seorang content writer yang telah berkecimpung lama di dunia ini dan memiliki banyak kemampaun di berbagai bidang digital marketing maka bisa saja menjabat senior content writer atau sebagai trainer dengan penghasilan yang tidak main-main.

Jadi, sudah siap untuk memulai perjalanan sebagai content writer?

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.