Strategi Promosi: Pengertian, Klasifikasi, dan Rekomendasi

Strategi Promosi: Pengertian, Klasifikasi, dan Rekomendasi

Strategi promosi menjadi hal yang wajib dimiliki seorang pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Yuk, cari tahu aspek-aspeknya di artikel berikut!

Salah satu proses yang digunakan untuk memberikan informasi dan mencari target pasar agar suatu produk bisa dibeli oleh konsumen disebut dengan promosi penjualan. Salah satu dari strategi pemasaran dikenal sebagai Promosi.

Komunikatif yang bertujuan memberi informasi dan menarik perhatian konsumen, insentif, dan untuk mempengaruhi pelanggan dengan nilai dan keistimewaan tertentu, dan mengundang, termasuk tiga sifat strategi promosi penjualan.

strategi promosi

Pengertian dari Strategi Promosi

Marketing kreatif merupakan strategi yang dilakukan dengan cara mempromosikan produk kepada konsumen melalui internet.

Dibawah ini ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan strategi promosi yaitu :

Membuat Sebuah Website Brand

Dengan adanya penjualan melalui toko atau booth fisik yang hanya menjangkau di daerah tempat Anda tinggal. Ada baiknya mulai expand produk yang dijual ke luar daerahmu.

Anda bisa memanfaatkan tools digital marketing untuk membuat target pasar lebih besar. Sehingga jangkauan konsumen untuk melihat produk Anda lebih banyak. 

Misalnya saja, Anda memasarkan produk melalui blog atau website yang isinya tentang detail produk yang Anda jual.

Selain itu, Anda bisa memiliki toko tanpa harus membuat toko fisik yang memakan modal besar untuk menyewa tempat dan memikirkan lokasi penjualan yang strategis, melalui website atau blog pula.

Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mempromosikan produk dengan jangkauan yang lebih luas, karena telah banyak bertebaran di internet Blog gratis atau domain website murah.

Miliki Akun Sosial Media

Saat ini Media sosial memiliki pengaruh yang sangat besar untuk orang berbelanja online.

Media sosial bisa menjadi strategi terbaik yang bisa digunakan untuk promosi sebuah brand. Promosi produk ini ke konsumen dapat dengan, mudah, dan efisien.

Memiliki Vlog

Dengan adanya fitur visual saat ini, strategi promosi bisa menarik perhatian banyak orang. Media yang semakin banyak diterima dan digemari oleh banyak orang merupakan calon pembeli, karena itu kehadiran vlog sebagai media audio visual.

Khususnya Youtube, vlog merupakan video yang diunggah ke internet. Anda bisa lebih memperlihatkan detail barang yang dijual, melalui vlog.

Dengan Memanfaatkan Iklan Gratis

Banyak platform yang dijadikan sebagai media iklan produk gratis, apalagi untuk internet pasti sudah disediakan.  Penggunaan iklan gratis di internet dapat menjangkau konsumen yang lebih luas dan juga lebih efisien.

Misalnya Anda menggunakan Instagram sebagai bentuk promosi produknya. Biaya untuk promosi produk pun akan lebih kecil dan hemat, dengan memanfaatkan fitur iklan gratis ini. Misalnya saja, iklan gratis pada brosur.

Dengan Memanfaatkan Iklan Mobil

Media pemasaran produk yang bergerak dan menjangkau lebih banyak calon konsumen disebut dengan Iklan mobil atau car advertising. Agar calon konsumen yang mengetahui produk Anda jadi semakin banyak, maka manfaatkanlah iklan mobil di jalanan ibu kota atau pusat keramaian.

2

Klasifikasi dari Strategi Promosi

Strategi promosi mempunyai klasifikasi sebagai berikut, yakni :

  • Promotion Sales force, merupakan langkah unik dalam promosi untuk memotivasi armada penjual perusahaan agar penjualan menjadi meningkat.
  • Business Promotion, bertujuan untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga interaksi serta komunikasi ke pelanggan lama dan supaya penjualan lebih banyak.
  • Customer Promotion, bertujuan mengajak konsumen supaya melakukan pembelian produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Trade Promotion, bertujuan untuk menitikberatkan distributor dan menjualkan produk perusahaan kembali.

Menargetkan pelanggan, memberi jawaban pelanggan, dan membentuk insentif pembelian. Berikut jenis-jenis strategi promosi yang akhirnya melahirkan tujuan berbeda, yakni :

  • Periklanan Advertising,  merupakan bentuk promosi secara tidak langsung melalui berbagai macam media untuk mengajak konsumen dalam membeli produk.
  • Direct selling atau Penjualan langsung, menjadi salah satu langkah untuk mengenalkan produk secara langsung ke pembeli. Pada tahapan ini, pembeli bisa langsung memahami dan merasakan kegunaan untuk cara pakai produk.
  • Publication atau Publikasi, menjadi salah satu langkah untuk mendorong permintaan berupa konten komersial melalui berbagai macam media.
  • Sales promotion atau Promosi penjualan, merupakan salah satu cara untuk dapat mendorong seluruh pelanggan dan melakukan pembelian produk, melalui booth yang dibuka pada saat events tertentu.

Strategi Promosi yang Sangat Cocok untuk Jenis Bisnis

Mulai dari usaha makanan ringan, minuman, bahkan hingga jasa antar penumpang, karena saat ini sudah banyak ditemui berbagai macam usaha yang dijalankan, untuk membuat usaha menjadi ramai dan lancar serta diminati orang.

Untuk membuat usaha menjadi ramai dan lancar diminati orang, memang membutuhkan strategi promosi yang jitu. Ada beberapa strategi yang biasanya digunakan untuk bisnis, yaitu :

Untuk Pemasaran Sosial Media

Di era digital internet semakin berkembang termasuk di Indonesia. Menjadikan sosial media sebagai salah satu cara strategi promosi Anda, mulai dari mencari teman hingga mempromosikan usaha.

Untuk memasarkan produk maupun jasa apapun, sosial media menjadi sarana yang paling jitu. Untuk memasarkan berbagai bisnis, fitur-fitur yang tersedia di berbagai sosial media saat ini sangat mendukung.

Instagram menjadi salah satu contoh sosial media yang sering menjadi langganan untuk berbisnis. Untuk mengunggah foto dan video ini sangat baik untuk berbisnis, apalagi sosial media memang dikhususkan.

Tidak hanya itu saja bisa untuk menjaring konsumen baru, dengan penggunaan tagar dalam Instagram. Pemasaran produk menjadi lebih mudah, efektif, dan hemat biaya, dengan adanya sosial media.

Dapat Membuat Website

Membuat website juga menjadi salah satu promosi yang tepat untuk memasarkan berbagai bisnis saat ini, selain menggunakan sosial media.

Membuat bisnis yang dipromosikan menjadi lebih layak dan profesional, dengan adanya website ini. Misalnya saja, ada seseorang yang memiliki usaha dekorasi pernikahan.

Si pemilik usaha tidak hanya menggunakan sosial media namun juga bisa menggunakan website, agar lebih profesional. Dengan adanya digital marketing melalui google.

Membuat usaha yang digeluti orang tersebut dikenal banyak orang dan bisa dicari. Strategi pemasaran bisa dibilang gampang-gampang susah, dengan membuat sebuah website.

Penjualan Melalui Marketplace

Kemunculan marketplace juga menjadi imbas perkembangan internet, tidak hanya sosial media saja yang ramai digunakan akibat berkembangnya internet.

Namun ada sekitar puluhan bahkan ratusan marketplace, tidak hanya satu situs saja yang berkembang di Indonesia. Setiap marketplace yang ada mempunyai fitur yang berbeda-beda dari yang lainnya.

Karena di marketplace bisnis yang dijalankan bisa dipasarkan dengan kategori tertentu, maka bisa menggunakan marketplace menjadi strategi promosi yang tepat.

Misalnya saja, ada motor yang dipasarkan di marketplace ini akan masuk ke kategori motor, jika orang tersebut memiliki bisnis jual beli motor. Orang akan mencari barang dengan mudah, hanya dengan memasarkan sesuai kategori.

Dapat Membuat Video Promosi Melalui Youtube

Platform yang berisi banyak video dengan berbagai kategori ialah berasal dari kata Youtube tentu yang terbayang. Contohnya saja, film horror, jenis gaming, vlog, dan lain-lain.

Youtube menjadi sarana yang tepat untuk menjadi strategi promosi usaha, tidak hanya sebagai media untuk membuat konten. Hal ini disebabkan karena video jauh lebih mudah menarik perhatian orang dibandingkan dengan teks.

Mulai dari durasi yang panjang, video promosi dengan animasi, dan lain-lain, Video untuk promosi juga bisa menggunakan berbagai metode.

Bagaimana video yang dibuat dapat menarik perhatian orang menjadi hal yang paling penting dari pemasaran dengan video promosi ini.

Pemasaran Dengan Menggunakan Meme

Jika Anda memasarkan produk dengan menggunakan meme, jauh lebih jitu dibandingkan dengan memasarkan bisnis melalui sosial media. Akan lebih jitu dengan menggunakan meme, jika usaha yang dijalankan menyasar ke kalangan muda.

Adanya strategi promosi yang kekinian akan membuat orang melihatnya. Mengingat banyak sekali akun sosial media yang menyajikan meme kepada pengikutnya, maka promosi produk bisa melalui meme agar lebih mudah tersebar.

Bisnis yang nantinya ingin dijalankan harus menggunakan promosi lewat meme akan disebarkan di akun meme sosial media, hal ini tidak menutup kemungkinan.

Endorsement Kepada Selebgram

Di era yang semakin berkembang saat ini. Membuat orang berlomba-lomba untuk memiliki followers banyak di Instagram supaya bisa menjadi pusat perhatian.

Selebgram atau selebriti instagram adalah istilah kekinian untuk orang-orang seperti itu. Untuk menjadi strategi promosi produk melalui cara endorsement, karena adanya para selebgram yang sangat memudahkan.

Untuk bertanya mengenai harga endorsement, para selebgram ini bisa dihubungi melalui pesan di Instagram atau direct message. Paid promote atau promosi berbayar merupakan nama lain dari Endorsement dalam Instagram.

Usaha yang nantinya Anda jalankan bisa lebih dikenal banyak orang karena dipromosikan oleh selebgram, dengan adanya endorsement.

Dapat Membuat Spanduk Atau Brosur Menarik

Beberapa spanduk menarik yang bisa membuat seseorang tergelitik atau takjub dengan spanduk tersebut, sering ditemukan di jalan raya. Dengan jumlah banyak tiap meternya, ada juga spanduk yang dikibarkan di jalanan.

Hal inilah yang akan menjadi contoh promosi yang menyebalkan dan unik. Cara seperti ini bisa menguntungkan dan bisa saja merugikan seperti bagai pisau bermata dua.

Dapat Memahami Target Pasar Produk

Sebelum Anda bisa melakukan strategi promosi yang ada di atas, pasti para pengusaha harus paham produk yang dipromosikan ini akan menyasar ke kalangan mana.

Misalnya, pemasaran via sosial media seperti Instagram bisa menjadi pilihan untuk kalangan muda menjadi sasaran produk.

Masuk Ke Komunitas Sesama Pebisnis

Setidaknya seorang pebisnis harus membutuhkan rekan sesama pebisnis, dalam menjalankan bisnis tentu tidak bisa sendirian.

Untuk saling berbagi mengenai bisnis yang dijalankan, berbagi tips promosi, serta tidak jarang berkolaborasi dalam membuat usaha baru, merupakan tujuan dari adanya rekan sesama pebisnis

Dapat Memperluas Relasi Dengan Media

Hal ini tidak menutupi kemungkinan para pebisnis membangun relasinya ke media. Hal ini dilakukan supaya bisnis dapat dijalankan dengan baik melalui media pemasaran.

Banyak sekali strategi-strategi pemasaran yang dilakukan oleh Anda, saat ini sudah banyak bisnis yang dijalankan oleh banyak orang. Memang tidak ada, bagi para pebisnis pemula.

Dengan tujuan menarik konsumen, tidak ada salahnya untuk mencoba strategi promosi di atas. Masih ada jalan menuju kesuksesan, jika cara diatas belum terlalu menarik maka jangan menyerah.

3

Rekomendasi Website Untuk Strategi Promosi Terbaik Indonesia

Anda tentunya memerlukan persiapan dan strategi yang matang, layaknya membuka usaha apapun dan dimanapun, begitu juga dalam membangung toko online. Dibawah ini ada beberapa website toko online yang bisa Anda gunakan untuk promosi, yaitu:

Shopee Indonesia

Di negara- negara yang mengutamakan penggunaan seluler, adalah salah satu pemain terhandal dalam dunia penjualan online. Toko daring yang terdiversifikasi dan seluler yang juga menyediakan pengalaman belanja web biasa disebut dengan Shopee.

Platform ini menjadi platform yang utama dan penting di seluruh Asia Tenggara seperti di Malaysia, Taiwan, Thailand, Singapura, Filipina, hingga Vietnam.

Tokopedia

Pasar online terbesar di Indonesia yang memungkinkan individu dan bisnis untuk membuka dan dengan mudah mengelola toko online mereka sendiri, disebut dengan Tokopedia.

E-commerce ini mulai naik dan menjadikan dirinya sebagai e-commerce lokal terbaik, yang didirikan oleh anak bangsa sejak 2009.

Bukalapak

Bukalapak menyediakan platform e-commerce bagi merek dan individu untuk membeli dan menjual secara online dengan mudah, sebagai salah satu marketplace online terkemuka di Indonesia.

Bukalapak, memberikan jaminan finansial ekstra kepada para pelanggannya dan memberikan kemudahan dan keandalan e-commerce.

Blibli

Salah satu tempat online dengan berbagai macam penawaran produk mulai dari komputer dan gadget, fashion, kesehatan dan kecantikan, ibu dan anak, rumah dan dekorasi, otomotif, biasanya disebut dengan Blibli.

Jasa ini juga akan memberikan pengunjung dan pelanggan sebuah promosi khusus, tiket, dan voucher, untuk melengkapi itu semua.

Bhinneka

Bhinneka adalah jaringan e-commerce khusus yang menyediakan komputer dan gadget, elektronik, peralatan rumah tangga, serta aksesori dan perkakas listrik, berbeda dari banyak e-commerce kebanyakkan.

Bhinneka telah mengembangkan platform webnya untuk menjual produk ini secara online, jadi dianggap sebagai pelopor e-commerce di Indonesia.

4

Tantangan Ketika Menjalankan Strategi Promosi yang Terbaik

Target pasarnya adalah marketer yang melakukan promosi dengan cara berkomunikasi dengan audiens. Untuk memberikan informasi kepada target pasar mengenai produk yang dipromosikan melalui proses komunikasi.

Marketer harus menggunakan pendekatan yang tepat agar sesuai dengan pelanggan, dalam proses promosi. Keterbatasan budget untuk melakukan kampanye dan promosi produk dengan dilema yang sering dihadapi oleh para staf marketing di perusahaan.

Demi mendapatkan ide brilian untuk strategi pemasaran yang tidak hanya efektif, jika budgetnya terbatas dalam berkreasi. Masing-masing sebenarnya mempunyai banyak keuntungan yang berbeda-beda juga.

Angka penjualan Anda bisa meningkat dengan jangkauan pelanggan yang lebih luas, dengan melakukan langkah-langkah marketing kreatif di atas.

Bukan hanya itu saja, dengan menggunakan social media marketing yang dapat mengatur keuangan Anda dengan baik tanpa harus takut adanya fraud keuangan, Anda juga perlu melakukan pembukuan yang benar dan optimal.

Jadi Anda harus bisa mengetahui strategi promosi yang harus membangun bisnis. Promosi memang menjadi hal penting dalam berbisnis.

Anda perlu mengetahui terlebih dahulu strategi dalam berbisnis, jika Anda ingin mempunyai bisnis yang maju dan sukses. Untuk Anda yang ingin belajar strategi promosi bisa langsung ke socialmediamarketer.

Itu saja informasi yang bisa disampaikan mengenai strategi promosi. Semoga bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda dalam menjalankan promosi yang terbaik.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.