pexels jorge urosa 9129527 5

6 Cara Manfaatkan Twitter Video Untuk Promosi

Jadikan akun twitter menjadi lebih menarik dengan konten twitter video untuk promosi.

Twitter terkenal sebagai media social dengan berbagai macam konten tulisan yang menarik.

Sehingga tidak mengherankan akun Twitter dengan konten tulisa yang menarik lebih mudah memikat pengguna Twitter untuk mengikutinya.

Di sisi lain, Twitter juga memiliki berbagai fitur tambahan yang dapat mendukung kinerja promosi di aplikasi burung biru.

Salah satunya adalah fitur twitter video, dimana penggunannya bisa mengunggah video dengan durasi pendek dengan ukuran vertikal dan horizontal.

Penggunaan twitter video juga diminati oleh banyak pengguna twitter karena dapat menyampaikan pesan dengan mudah ditambah dengan visual yang menarik.

Tidak hanya itu, video merupakan format konten yang cocok untuk memunculkan interaksi dengan pengguna social media, sehingga dapat memaksimalkan strategi digital marketing yang telah dibuat sebelumnya.

Hal ini juga di dukung dengan 71% pengguna Twitter yang lebih menyukai konten video sembari melihat berbagai konten lain yang disajikan.

Sehingga dengan menggunakan konten twitter video yang tepat, maka anda dapat menjangkau target audience yang diinginkan secara efektif dan optimal.

Apabila anda menginginkan penggunaan twitter video untuk promosi, maka berbagai tips berikut bisa anda gunakan dengan baik.

keuntungan menggunakan twitter video

Keuntungan Menggunakan Twitter Video Untuk Promosi

Meskipun Twitter dikenal sebagai social media yang dapat menyebarkan informasi secara cepat, namun banyak juga brand terkenal yang menggunakan platform ini untuk media promosi yang efektif.

Hal ini dikarenakan Twitter memiliki berbagai kelebihan sendiri yang tidak dimilki oleh social media lain.

Kemudahan Menemukan Testimoni Konsumen

Saat ini membeli produk di marketplace menjadi satu kebiasaan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Hal ini dikarenakan kemudahan dalam menemukan dan membeli produk hanya melalui handphone di tangan tanpa perlu ke luar rumah.

Meskipun begitu, melakukan transaksi melalui internet juga kerap memunculkan keraguan bagi konsumen, karena anda tentunya tidak dapat melihat produk secara langsung sebelum barang tersebut sampai di tempat.

Karenanya untuk menghindari adanya penipuan atau ekspektasi yang tidak sesuai realita, maka mencari testimoni konsumen bisa menjadi solusi yang tepat.

Twitter menjadi social media yang tepat untuk mencari testimoni konsumen yang pernah membeli produk tertentu, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan sebelum membeli barang yang diinginkan.

Cara melihat testimoni konsumen di Twitter juga cukup mudah, anda cukup mengetikkan kata kunci produk atau brand tertentu, kemudian anda bisa melihat tweet dan twitter video dari pengguna lain yang pernah membeli produk tersebut sebelumnya.

Testimoni konsumen tersebut juga bisa menjadi pertimbangan bagi anda untuk memutuskan membeli produk tersebut atau beralih ke brand lain.

Selain itu, anda juga bisa mencari rekomendasi produk tertentu dari brand lain yang belum pernah anda dengan sebelumnya, namun memiliki ulasan yang baik dari pengguna Twitter.

Sehingga tidak mengherankan apabila sebanyak 40% pengguna Twitter akan langsung melakukan transaksi setelah melihat ulasan konsumen atau konten promosi yang disuguhkan di twitter.

Pelaku usaha juga bisa menggunakan twitter untuk mencari ulasan produk dan brand yang dimiliki dari konsumen yang pernah membeli produk anda sebelumnya.

Dimana hasilnya bisa anda unggah di social media lain, sebagai bahan testimoni konsumen yang terpercaya.

Semakin banyak ulasan konsumen, tentunya akan memudahkan anda untuk mendapatkan kepercayaan pembeli dengan mudah.

Twitter Video yang Terus Menyebar Setiap Hari

Saat mengakses akun twitter, anda tidak hanya dapat melihat berbagai tweet dengan topik yang berbeda setiap hari.

Akan tetapi, anda juga bisa menemukan berbagai macam video dengan visual yang menarik, sehingga membuat anda terus menerus menonton video tersebut dan menyebarkannya ke pengikut lain yang dimiliki.

Kebiasaan menonton  dan menyebarkan konten twitter video, menjadikan konten ini diminati oleh pengguna twitter yang membutuhkan hiburan di kala suntuk.

Sehingga tidak mengherankan apabila terdapat 2 miliar konten twitter video yang menyebar setiap hari di kalangan pengguna Twitter di seluruh dunia.

Twitter video sendiri biasanya berisi konten komedi atau cuplikan mengenai kejadian tertentu yang menjadi bahan perbincangan banyak orang.

Meskipun begitu, pelaku usaha juga bisa menggunakan twitter video sebagai media untuk promosi produk dan layanan tertentu yang dapat menarik pengguna twitter untuk membeli barang yang dipromosikan.

Anda juga bisa memanfaatkan layanan twitter ads untuk menyebarkan konten twitter video ke target audience yang lebih luas, sehingga anda dapat menjangkau konsumen yang diinginkan.

Kebiasaan Pengguna Twitter Melihat Video Setiap Saat

Sebagai social media yang terkenal dengan kemudahan menyebarkan berita terkini setiap hari, membuat pengguna twitter dapat menemukan berbagai informasi terbaru dari berbagai media, mulai dari tulisan hingga video.

Penyebaran twitter video yang luas juga menjadikan pengguna twitter akhirnya melihat berbagai konten video setiap saat untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan mudah dipahami.

Kebiasaan ini juga diakui oleh Bloomberg yang menyatakan bahwa sebanyak 82% pengguna twitter melihat konten twitter video setiap hari.

Perilaku pengguna twitter yang melihat konten twitter video setiap saat, juga dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha sebagai media promosi yang efektif.

Twitter Video Menarik Interaksi yang Lebih Banyak 

Sama seperti social media lain yang mengandalkan konten video untuk meningkatkan interaksi dengan pengikut atau target audience yang diinginkan, Twitter juga menggunakan konten video untuk menyasar konsumen yang dituju.

Fakta ini diungkapkan oleh Twitter yang mengungkapkan bahwa twitter video dapat meningkatkan interaksi hingga 10x dibandingkan tweet biasa.

Sehingga pelaku usaha bisa memanfaatkan twitter video sebagai media promosi yang menarik dan lain dibandingkan biasanya.

Meskipun begitu, kreator juga perlu mengetahui ukuran serta jenis video yang sesuai yang dapat menarik pengguna twitter untuk melakukan interkasi dengan konten yang anda unggah sebelumnya.

Twitter sendiri menyarankan untuk membuat konten twitter video yang mudah diakses oleh pengguna Twitter di handphone.

Hal ini dikarenakan sebanyak 93% pengguna twitter mengakses platform tersebut di handphone dibandingkan gadget lainnya.

Sehingga kreator perlu memastikan bahwa konten yang dibuat mobile friendly dengan menggunakan tambahan auto caption untuk memudahkan penonton memahami isi konten, meskipun tidak menyalakan suaranya.

Tidak hanya itu, anda juga perlu menambahkan call to action berupa tweet ajakan atau link website yang dapat membawa penonton ke website brand atau akun marketplace yang anda miliki.

Hal ini dilakukan agar pengguna twitter yang telah tertarik pada konten twitter video anda, semakin berminat untuk membeli produk dan layanan yang anda tawarkan.

Pastikan juga untuk membuat tweet promosi pendek agar mudah dipahami oleh pengguna twitter lainnya.

Namun, anda juga bisa membuat twitter thread yang berisi konten edukasi yang menarik untuk dibaca oleh konsumen yang membutuhkan informasi tambahan mengenai produk yang anda promosikan.

cara manfaatkan twitter video untuk promosi

Cara Manfaatkan Twitter Video Untuk Promosi

Konten video telah menjadi primadona di kalangan content creator social media karena kemudahannya untuk menarik minat konsumen dan penyampaian informasi yang mudah dipahami oleh banyak orang.

Karenanya menggunakan twitter video sebagai media promosi bisa menjadi langkah yang tepat untuk memasarkan produk dan layanan anda ke konsumen yang diinginkan secara efektif.

Sebelum itu, ketahui dulu beberapa cara memanfaatkan fitur twitter video untuk meningkatkan interaksi serta promosi ke konsumen yang dituju.

Kenali Target Audience yang Dituju

Langkah pertama yang bisa anda pertimbangkan sebelum membuat konten twitter video adalah mengetahui target audience yang dituju.

Hal ini dikarenakan setiap audience memiliki selera yang berbeda-beda, sehingga anda perlu mengetahui kebiasaan serta kesukaan yang sedang viral saat ini.

Apabila anda mengincar target audience dari kalangan anak muda, maka anda bisa membuat konten twitter video dengan durasi yang pendek dan tambahan lagu yang sedang viral serta tambahan visual yang menarik.

Konsep ini diberikan karena kalangan remaja biasanya menyukai jenis konten yang terlihat heboh dan ramai sehingga lebih menarik untuk ditonton.

Akan tetapi, apabila anda memiliki target audience dari kalangan orang dewasa, maka menggunakan jenis konten twitter video berupa edukasi atau tutorial produk dengan kelebihan dan fungsi yang dimiliki.

Hal ini dikarenakan target audience di kalangan usia tersebut lebih mempertimbangkan kelebihan produk sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli barang tersebut.

Penggunaan konten twitter video yang sesuai dengan kesukaan target audience juga akan membantu anda ikut bergabung di percakapan pengguna twitter.

Sehingga konten anda tidak hanya dikenal oleh kalangan konsumen tertentu namun juga bisa menjadi bahan perbincangan pengguna twitter yang lebih luas.

Anda juga bisa mengaitkan dengan twitter trend yang sedang naik daun saat ini dan menjadi perbincangan di kalangan target audience.

Meskipun begitu, anda juga perlu memastikan bahwa trend yang diikuti sudah sesuai dengan ciri khas brand anda, sehingga menaikkan brand awareness di kalangan konsumen tertentu.

Sebuah konten twitter video yang kurang mengikuti trend tertentu, memiliki peluang tidak dilirik oleh pengguna twitter, sehingga pastikan untuk membuat konten video berdasarkan perbincangan yang sedang naik daun.

Buat Twitter Video Durasi Pendek

Sama seperti trend konten video di social media lain, pengguna twitter juga lebih menyukai konten video pendek.

Hal ini dikarenakan mereka tidak terlalu menghabiskan banyak waktu untuk melihat konten twitter video yang disajikan.

Di tambah lagi, pembaruan konten twitter yang cepat menjadikan pengguna twitter akhirnya lebih tertarik untuk melihat rekomendasi konten yang telah diperbarui dibandingkan melihat konten video yang terlalu panjang.

Sehingga pembuat konten twitter video dengan durasi pendek lebih disarankan dibandingkan video dengan durasi yang panjang.

Dalam pembuatan konten twitter video yang menarik, anda bisa membuat pembukaan video yang langsung membahas inti pesan dibandingkan memberikan penjelasan yang bertele-tele.

Hal ini akan membuat penonton tertarik melihat konten twitter video hingga akhir dan memahami pesan yang ingin anda sampaikan di hadapan penonton.

Pastikan untuk mencuri perhatian penonton di 3 detik pertama sehingga membuka peluang untuk melihat konten video anda hingga akhir dan tidak mengalihkannya ke konten lain.

Masukkan Foto Produk dan Model Tambahan

Bagian paling penting dalam membuat konten twitter video adalah menambahkan foto produk dengan visual yang menarik.

Penambahan ini dilakukan untuk memudahkan pengguna twitter memahami isi promosi yang ingin anda sampaikan melalui konten twitter video.

Anda bisa menambahkan foto produk dengan tampilan yang estetik sehingga menarik minat mereka untuk memahami lebih dalam mengenai brand tersebut.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menambahkan seorang model yang menjadi representasi penonton mengenai produk tersebut.

Misalnya saja anda memiliki produk pizza dengan keju lumer, maka anda bisa meminta seorang model untuk menyajikan gaya memakan pizza dengan gaya yang menarik.

Sehingga penonton akan dibuat lapar mata saat melihat video anda dan tertarik membeli produk tersebut.

Penambahan foto produk dan model juga bisa menambah emosi penonton saat melihat twtter video tersebut sehingga lebih mudah bagi penonton untuk menjalankan permintaan yang anda berikan di video yang telah anda unggah sebelumnya.

Twitter juga menyatakan bahwa konten twitter video yang menyertakan interaksi di dalamnya juga dapat meningkatkan engagement hingga 40% dibandingkan video biasa.

Anda juga bisa menambahkan voice over yang menjelaskan informasi produk secara detail dan mudah untuk diubah oleh auto caption menjadi tulisan di twitter video.

Penggunaan konten twitter video yang menarik juga bisa dimanfaatkan sebagai twitter ads, sehingga anda dapat menjangkau konsumen yang diinginkan dengan jangkauan yang lebih luas.

Di sisi lain, penggunaan twitter video juga sebaiknya menambahkan beberapa elemen, diantaranya adalah :

Pertama adalah anda perlu menambahkan logo produk di sudut video tertentu sehingga memudahkan penonton untuk mengetahui asal barang tersebut.

Hal ini juga dapat meningkatkan brand awareness apabila konten twitter video viral dan mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak.

Kedua adalah menggunakan warna yang cerah agar tampilan video terlihat mencolok saat pertama kali dilihat oleh penonton dan membedakan dengan konten twitter lain.

Anda juga bisa menggunakan warna ciri khas brand dan produk anda agar lebih mudah dikenali oleh konsumen.

Gabungkan dengan Trend Twitter Terbaru

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, pengguna twitter lebih menyukai konten twitter yang membahas topik tertentu yang sedang naik daun.

Sehingga apabila anda menggabungkan konten twitter video dengan topik yang sedang naik daun, maka akan memungkinkan konten anda menjangkau target audience yang lebih luas.

Meskipun begitu, tidak semua trending topic twitter bisa anda manfaatkan menjadi konten twitter video yang menarik.

Anda juga perlu memilah dan memilih topik yang sekiranya relevan dengan industri anda, namun tidak menyinggung orang lain.

Contohnya saja anda sebaiknya tidak memilih topik yang membahas mengenai bencana alam atau kasus tertentu yang tentunya akan sangat riskan bisa dibahas untuk promosi produk tertentu.

Akan tetapi, apabila topik tersebut berisi komedi maka anda bisa memanfaatkannya sebagai ide konten twitter video yang menarik.

Pada proses pencarian trend twitter terbaru yang sedang naik daun maka anda bisa memanfaatkan kolom trending topic yang menampilkan pembahasan yang sedang naik daun.

Anda juga bisa memilih pilihan lokasi berupa worldwide atau negara tertentu, sehingga topik yang di dapatkan semakin akurat.

Tidka hanya itu, anda juga bisa menggunakan fitur topik yang merekomendasikan pembahasan yang relevan dengan industri yang anda geluti,

Sehingga anda akan mendapatkan tweet terbaru yang relevan dengan konten dan industri yang anda sukai.

Mengikuti beberapa influencer twitter yang sering membahas topik yang relevan juga bisa menjadi cara yang mudah untuk mengetahui topik terbaru yang sedang naik daun dan mendapatkan atensi dari audience yang diinginkan.

Dalam merespon trending baru yang sedang naik daun, maka anda bisa membuat konten baru yang berisi topik yang relevan atau membalas tweet tersebut dengan postingan baru.

Hal ini dilakukan agar pembaca tetap relevan pada pembahasan yang anda sajikan serta pengguna twitter yang telah membaca tweet tersebut bisa ikut memberikan reaksi sehingga meningkatkan interaksi dua arah.

Manfaatkan Jumlah Kata di Twitter

Berbeda dengan social media lain yang memiliki jumlah kata yang lebih banyak, maka Twitter hanya membatasi penggunanya untuk dapat menulis hingga 280 kata.

Sehingga dalam proses pembuatan tweet promosi konten twitter video maka anda perlu memastikan untuk menuliskan beberapa kalimat ajakan yang penting saja.

Misalnya saja, apabila di konten twitter video anda menampilkan foto produk yang baru saja rilis, maka anda bisa menambahkan kalimat promosi di bagian tweet tersebut.

Informasi ini akan membantu pengguna twitter mengetahui langkah selanjutnya yang bisa dilakukan apabila tertarik pada produk tersebut.

Anda juga bisa menambahkan potongan harga serta link yang bisa dituju konsumen agar bisa melakukan pembelian pada website brand atau akun marketplace yang dimiliki.

Di sisi lain, meskipun twitter memiliki limit kata yang terbatas namun sebaiknya anda tidka menyingkat beberapa kata tertentu.

Cara ini dilakukan agar tidak timbul perbedaan makna antara pembaca dan kreator sehingga pesan yang disampaikan bisa diterima dengan baik.

Tidak hanya itu, anda juga sebaiknya menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan target audience agar tweet anda mendapatkan perhatian dari pembaca.

Contohnya adalah apabila audience berasal dari kalangan remaja maka anda bisa menggunakan istilah-istilah twitter yang umum dipakai oleh pembaca, sehingga mereka merasa bahwa konten tersebut ditujukan untuk mereka. Anda juga bisa menggunakan bahasa non formal yang biasa digunakan di social media.

Namun, apabila pembaca anda berasal dari kalangan orang dewasa, maka anda bisa menggunakan bahasa yang formal serta menghindari penggunaan istilah kekinian.

Pemilihan bahasa tersebut dilakukan agar pembaca lebih mudah memahami isi konten yang dibagikan serta membuat kredibilitas brand anda meningkat.

Respon Mention dengan Twitter Video

Saat mengunggah berbagai konten di twitter baik tulisan atau video, maka anda akan memungkinkan untuk mendapatkan balasan dari pengikut yang tertarik pada konten yang anda sajikan.

Guna meningkatkan hubungan satu sama lain dengan konsumen maka anda bisa membalas berbagai balasan dan mention yang masuk dengan cara unik.

Salah staunya adalah menggunakan fitur twitter video dimana anda bisa membalas komentar pengguna twitter dengan GIF yang lucu dan ekspresif.

Sehingga pengikut anda terhibur dengan balasan yang diberikan dan tertarik untuk melakukan interaksi di tweet lainnya.

Akan tetapi, anda juga perlu memilih GIF twitter yang sesuai dengan isi balasan agar menimbulkan interaksi yang erat.

Anda bisa memilih GIF lucu yang sedang muncul di timeline atau mencarinya menggunakan kata kunci tertentu.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membuka sesi wawancara khusus dengan influencer social media dimana setiap jawaban dapat dibalas melalui twitter video.

Hal ini akan memudahkan pengikut anda memahami isi jawaban yang diberikan tanpa perlu kesusahan untuk membaca jawaban yang panjang di tweet.

Pastikan juga untuk membuat konten video dengan durasi yang pendek agar memudahkan pembaca memahami isi konten dengan baik.

Sumber :

https://www.socialmediatoday.com/news/Tips-Twitter-Video-Marketing/633361/

https://www.socialmediaexaminer.com/use-twitter-video-for-your-business/

https://www.linkedin.com/pulse/twitter-video-marketing-7-best-tips-2021-darren-bolton/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *