Tips dan Trik Maksimalkan Algoritma Reels Instagram

Ketahui cara kerja algoritma reels instagram untuk optimalkan konten video instagram secara maksimal.

Instagram reels telah menjadi salah satu konten kesukaan bagi pengguna instagram, dimana anda bisa melihat konten video dengan durasi pendek serta ide konten yang menarik.

Jumlah penonton aktif yang terus bertambah dari hari ke hari menjadikan banyak kreator instagram dan akun brand beromba-lomba untuk membuat konten reels secara rutin.

Di sisi lain, Instagram memilah konten yang akan dinaikkan ke penggunanya menggunakan algoritma reels instagram sesuai dengan minat dan topik yang disukai oleh setiap penonton.

Sehingga dengan memahami algoritma reels instagram dengan baik akan membantu konten video bekerja secara maksimal.

Karenanya berikut beberapa tips dan trik memanfaatkan algoritma reels instagram secara maksimal.

cara kerja algoritma reels instagram

Cara Kerja Algoritma Reels Instagram

Saat pertama kali membuka tab instagram reel, anda mungkin akan menemukan berbagai konten yang telah dilihat dan disukai oleh orang yang anda ikuti di Instagram.

Hal ini dikarenakan instagram reels merekam aktivitas yang dilakukan oleh pengikut anda, namun belum tentu anda menyukai juga.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu saat anda terus menerus menonton video instagram reels, maka algoritma reels instagram akan merekomendasikan konten yang anda sukai berdasarkan kegiatan yang anda lakukan setiap hari.

Rekomendasi ini diberikan sebab algoritma reels instagram merekam berbagai kegiatan yang anda lakukan saat mengakses konten instagram reels.

Dimana anda bisa mengakses konten tersebut dari berbagai saluran, pertama adalah halaman pencarian yang bisa dibuka saat anda melakukan klik pada ikon kaca pembesar atau tab reels yang berada di bagian bawah saat anda membuka aplikasi instagram.

Di sisi lain, terdapat beberapa faktor yang membuat algoritma reels instagram mempertimbangkan berbagai video yang cocok untuk masing-masing pengguna.

Interaksi dengan Pengguna Instagram

Saat membuka aplikasi instagram, anda tentunya melakukan interaksi dengan orang yang anda ikuti di instagram.

Misalnya saja memberikan komentar pada konten yang diunggah oleh teman atau menonton video yang diunggah oleh kreator kesukaan.

Berbagai kegiatan yang dilakukan di Instagram akan direkam oleh algoritam reels instagram untuk mengetahui topik, jenis konten, serta akun instagram yang sering anda ajak interaksi.

Setelah itu, Instagram akan memberikan rekomendasi konten berdasarkan topik yang anda sukai, cara ini tentunya akan membuat pengguna terus berlama-lama di Instagram untuk melihat berbagai konten yang anda sukai dalam jangka waktu lama.

Sehingga tidak mengherankan anda akan menemukan konten dengan topik yang relevan dari kreator yang berbeda-beda setiap hari dan tidak membuat anda bosan untuk melihat video yang disajikan.

Relevansi dengan Konten Instagram

Saat membuka akun sosial media, anda tentunya hanya akan melakukan interaksi dengan konten yang anda sukai setiap saat dan memilih untuk menghindari konten yang kurang disukai di timeline instagram.

Kesukaan pada suatu topik ini juga terlihat dari interaksi yang dilakukan setiap saat dengan memberikan tanda suka, komentar, atau membagikannya ke orang lain.

Algoritma reels instagram akan merekam kegiatan tersebut dan menghadirkan konten dengan topik yang sama di kolom instagram reels yang masing-masing penggunanya.

Sehingga tidak mengherankan apabila masing-masing orang akan melihat jenis konten yang berbeda-beda setiap harinya.

Selain itu, algoritma reels instagram juga mengecek tagar yang dicantumkan di konten reels setiap harinya untuk mengetahui relevansi konten yang sesuai.

Konten Reels Terbaru

Pengguna instagram yang sering membuka kolom reels tentunya akan disajikan berbagai konten terbaru selama anda melihat konten video pendek yang disajikan.

Di sisi lain, algoritma reels instagram juga terus memprioritaskan konten terbaru bagi penggunanya, karena penonton ingin melihat konten terbaru setiap saat.

Popularitas.

Seorang kreator yang telah memiliki jumlah pengikut banyak serta interaksi konsisten maka akan membuka peluang untuk dilihat oleh banyak orang di reels instagram.

Hal ini dikarenakan algoritma reels instagram menganggap konten yang anda unggah disukai oleh banyak orang, sehingga layak untuk disebarkan komunitas lain yang memliki minat pada topik yang sama.

Tips Optimasi Algoritma Reels Instagram

Kebiasaan pengguna instagam dalam menonton video menjadi salah satu indikator algoritma reels instagram merekomendasikan konten yang sesuai.

Sehingga kreator juga perlu membuat konten terbaik yang membuat penonton terus menerus melihat konten anda dan melakukan interaksi dengan konten yang disajikan.

Karenanya berikut beberapa tips optimasi algoritma reels instagram untuk mendapatkan kinerja konten terbaik.

Buat Konten yang Berkualitas

Di saat pengguna membuka tab instagram reels atau pencarian, maka mereka berekspektasi untuk mendapatkan konten yang berkualitas dan sesuai dengan topik yang disukai.

Namun, apabila hasil konten yang disajikan di luar ekpektasi maka penonton pun memilih untuk melihat konten di sosial media lain, sehingga menghabiskan waktu yang lebih sedikit instagram.

Karenanya penting bagi kreator untuk membuat konten berkualitas tinggi yang tidak pasaran dan memiliki ciri khas sendiri.

Bagi kreator yang ingin membuat konten reels untuk pertama kali, maka anda bisa melihat konten yang disajikan oleh kompetitor lain yang memiliki jumlah interaksi yang lebih banyak.

Kemudian anda bisa mengadaptasinya dengan ide konten yang anda miliki serta ciri khas sendiri sehingga konten anda memiliki perbedaan dengan video lainnya.

Pastikan juga untuk tetap konsisten pada topik yang diangkat, agar anda dapat menjangkau target audience yang dituju untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Cara ini juga membantu anda tidak bergantung dengan trend viral namun membuat trend sendiri yang akhirnya diikuti oleh banyak orang.

Mengembangkan konten yang berkualitas memang membutuhkan waktu lama dan eksperimen khusus, namun setelah anda menemukan resep rahasia yang dibutuhkan maka konten anda akan lebih mudah diterima oleh banyak orang.

Berikan Visual yang Menarik

Instagram terkenal sebagai salah satu sosial media yang menyajikan visual yang menarik, mulai dari gambar hingga video yang disuguhkan.

Karenanya penting bagi kreator untuk memberikan tampilan konten yang enak dilihat oleh penonton.

Cara ini bisa dilakukan dengan mengambil video menggunakan kamera resolusi terbaik, sehingga anda bisa mendapatkan hasil konten yang sesuai keinginan.

Apabila anda mengambil konten di luar ruangan, maka pastikan untuk mendapatkan pencahayaan yang memadai dari sinar matahari, sehingga hasil konten yang ditampilkan terlihat lebih apik.

Namun, apabila anda mengambil video di dalam ruangan maka anda bisa menggunakan dukungan alat seperti ring light untuk menghasilkan video yang lebih baik.

Anda juga bisa mendukungnya dengan menggunakan kostum yang relevan dengan video yang ditampilkan sehingga memberikan hasil video yang lebih baik.

Gunakan juga beberapa fitur yang disediakan oleh instagram reels, seperti filter serta caption vidoe untuk memberikan hasil konten yang lebih baik dan mudah dipahami oelh penonton.

Instagram reels sendiri memiliki ukuran video vertikal, maka pastikan setiap video yang diunggah menggunakan ukuran tersebut agar mudah dilihat oleh penonton.

Anda juga bisa mengguankan bantuan dari aplikasi edit video untuk menghasilkan konten yang lebih baik serta transisi video yang lebih mulus.

Hindari Mengunggah Konten dari Sosial Media Lain

Instagram termasuk social media pencemburu, dimana kreator yang mengunggah konten dari sosial media lain akan mendapatkan poin algoritma reels instagram yang lebih sedikit dibandingkan konten original lainnya.

Karenanya pastikan untuk menghindari mengunggah konten dari sosial media lain agar mendapatkan hasil konten yang lebih maksimal.

Misalnya saja apabila anda hendak mengunggah video dari akun tiktok yang dimiliki, maka anda sebaiknya menggunakan konten asli yang tidak memiliki tanda air.

Cara ini dilakukan agar kinerja konten mendapatkan hasil yang lebih baik dan menjangkau target audience yang lebih banyak.

Begitu juga apabila anda mengunggah konten dari website edit video yang mencantumkan tanda air khusus, maka anda sebaiknya menggunakan layanan premium untuk mendapatkan hasil jangkauan yang lebih baik.

Namun, anda masih bisa mencantumkan watermark logo brand atau kreator yang dimiliki agar konten anda tidak mudah dicuri oleh orang lain.

Gunakan Instagram Hashtag yang Sesuai

Penyematan instagram hashtag masih menjadi strategi konten yang efektif dan dapat membantu memperluas jangkauan konten instagram yang dimiliki.

Sehingga penting bagi kreator untuk memasukkan beberapa tagar instagram yang relevan untuk mendapatkan hasil konten yang lebih baik.

Kreator bisa memulai dengan menganalisa tagar yang paling banyak digunakan di Instagram menggunakan kata kunci tertentu di halaman pencarian.

Dimana anda bisa melihat beberapa rekomendasi tagar dengan jumlah penggunanya selama jangka waktu tertentu.

Apabila anda hendak pertama kali mengunggah konten instagram reels, maka pastikan untuk memilih tagar dengan jumlah yang tidak terlalu banyak untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Setelah menemukan tagar dan jumlah pengguna yang sesuai maka anda bisa menyematkannya ke setiap konten reels yang akan anda unggah di Instagram.

Anda juga bisa mencantumkan branded hashtag khusus yang memudahkan pengikut anda untuk menemukan konten yang anda unggah.

Branded hashtag tersebut bisa berupa campaign promosi atau nama produk dan brand untuk memudahkan pencarian di instagram.

Pastikan juga untuk memeriksa kinerja instagram hashtag secara rutin untuk mendapatkan hasil konten yang lebih baik.

Tampilkan Diri di Depan Layar

Meskipun konten tanpa muka menjadi trend di berbagai sosial media beberapa tahun terakhir, namun pengguna instagram lebih menyukai konten yang menampilkan kreatornya di hadapan banyak orang.

Hal ini dilakukan karena penonton penasaran mengenai seseorang yang menyajikan konten-konten yang mereka sukai di Instagram.

Di sisi lain, konten reels yang menampilkan muka juga memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan yang tidak melakukannya.

Karenanya penting bagi anda untuk menampilkan diri di depan layar agar bisa dilihat oleh banyak orang.

Namun, apabila anda ingin memberikan tampilan yang misterius, maka anda bisa membuat konten yang menampilkan bagian tubuh lain tanpa muka, sehingga penonton masih bisa mengetahui sosok kreator yang membuat konten yang mereka sukai.

Masukkan Lagu Viral

Pengguna instagram yang sering melihat konten reels tentunya memerhatikan adanya iringan lagu di setiap video reels instagram.

Pemberian backsound video akan membantu memberikan suasana video yang lebih magis sehingga membuat penonton tertarik untuk melihatnya lebih lama.

Di sisi lain, terdapat juga berbagai lagu viral yang banyak digunakan oleh kreator instagram yang memberikan tema tertentu.

Penggunaan lagu viral di instagram reels juga dapat meningkatkan jangkauan konten agar bisa dilihat oleh banyak orang.

Meskipun begitu, anda juga bisa membuat trend sendiri dengan menggunakan lagu yang sesuai tema video dan belum digunakan oleh orang lain.

Strategi ini akan membuat anda menjadi pembuat konten yang disukai oleh orang lain, sehingga mereka akan menggunakan lagu dari sumber yang sama.

Penggunaan lagu dari sumber yang sama juga akan membantu meningkatkan popularitas konten anda dan mendapatkan jangkauan video yang lebih luas.

Buat Video dari Konten Lain

Semakin banyak konten instagram reels yang dibuat secara rutin, maka akan membuka peluang bagi akun anda ditemukan oleh pengguna instagram lainnya.

Strategi ini tentunya membantu untuk meningkatkan jumlah pengikut dan penonton secara signifikan.

Meskipun begitu, instagram juga memeriksa interaksi anda dengan pengikut di konten lainnya, sehingga semakin sering anda mengunggah dan melakukan interaksi, maka akan membuka peluang bagi mereka untuk mendapatkan konten instagram reels anda.

Di sisi lain, kreator instagram kini juga bisa membuat konten dari instagram story highlight yang ada di bagian profil instagram.

Ide konten ini tentunya memudahkan anda untuk membuat konten terbaru sebagai tujuan promosi dan edukasi dengan mudah.

Sehingga tidak menyulitkan bagi kreator instagram untuk membuat konten baru yang memberikan wawasan bagi penontonnya.

Ketahui Informasi Instagram Reels Terbaru

Seiring dengan jumlah penonton reels instagram yang semakin meningkat dari hari ke hari, menjaidkan instagram terus mengeluarkan peraturan baru mengenai instagram reels.

Informasi tersebut bisa berupa strategi optimasi konten instagam reels terbaru yang dapat memperluas jangkauan konten.

Selain itu, terdapat juga beberapa peraturan mengenai konten dan topik yang dilarang oleh Instagram, sehingga apabila anda membahas topik tersebut, maka konten anda dapat dihapus oleh Instagram.

Karenanya penting bagi kreator untuk mengetahui informasi-informasi instagram reels terbaru setiap saat.

Anda bisa mengetahuinya dengan mengikuti akun instagram @creator yang menghadirkan informasi mengenai peraturan dan strategi instagram terbaru yang mudah dipahami.

Selain itu, anda juga bisa mengakses portal berita yang menginformasikan perkembangan berbagai sosial media termausk Instagram untuk mendapatkan informasi terbaru yang lebih lengkap.

Mengikuti akun instagram kreator atau influencer yang fokus pada pengembangan instagram juga bisa menjadi solusi yang tepat untuk mendapatkan wawasan mengenai perkembangan konten instagam saat ini.

Analisa Konten Instagram Reels

Setelah melakukan strategi konten instagram, mengunggah konten secara rutin, serta melakukan interaksi dengan pengguna instagram lainnya, maka penting bagi kretaor untuk menganalisa kinerja konten instagram reels.

Analisa ini dilakukan untuk memahami apakah strategi yang dilakukan sudah berhasil atau diperlukan perubahan lain untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik.

Instagram menyediakan fitur analytics yang bisa digunakan oleh akun business serta kreator untuk mengetahui kinerja konten reels dalam jangka waktu tertentu.

Beberapa hasil analisa yang diberikan oleh instagram anlaytics adalah jumlah interaksi yang menjadi faktor penentu algoritma reels instagram.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan bantuan dari website social media analytics yang akan memberikan informasi terbaru mengenai kinerja konten reels dalam jangka waktu tertentu serta rekomendasi strategi yang bisa dilakukan.

Pastikan juga untuk mengecek kinerja konten instagram reels secara rutin untuk mendapatkan hasil konten yang lebih baik.

Hitung Jumlah Komunitas yang Dimiliki

Algorima reels instagram akan memberikan rekomendasi konten pada pengguna yang memiliki minat pada topik yang sama serta terus menerus melakukan interaksi pada beberapa kreator dengan pembahasan yang relevan.

Karenanya penting bagi kreator untuk mendapatkan jumlah pengikut yang lebih banyak serta memiliki minat yang sama.

Anda bisa memulai dengan lebih banyak melakukan interaksi dengan pengikut dan pengguna instagram di kolom komentar.

Misalnya saja menyediakan waktu lebih banyak untuk membalas berbagai komentar yang masuk di konten reels dengan balasan tulisan serta stitch video, sehingga dapat meningkatkan interaksi dua arah.

Anda juga membalas komentar konsumen yang menanggapi konten instagram feed atau story sehingga akun instagram anda terlihat lebih ramai serta membangun interaksi dengan jumlah komunitas yang sama.

Selain itu, anda juga bisa membuat konten interaksi lebih banyak sehingga membuat penonton tertarik untuk menanggapi berbagai video yang diunggah.

Kreator bisa memulai dengan membuat konten reels yang membahas topik tertentu yang sedang naik daun di kalangan audience.

Pembuatan konten ini akan membuat penonton tertarik untuk bergabung dalam menanggapi topik tersebut dari sudut pandang masing-masing.

Konten yang membahas masalah yang dihadapi konsumen juga bisa menjadi cara untuk memancing interaksi dengan audience untuk mendapatkan tingkat interaksi yang lebih banyak.

Anda juga dapat membuat konten tips yang berkaitan dengan produk dan brand anda, sehingga penonton yang tertarik bisa mengajukan pertanyaan yang relevan atau meminta konten lain dengan tema yang berbeda.

Contohnya adalah anda ingin membuat konten reels untuk produk baju yang dimiliki, maka anda bisa membuat konten mix and match baju dengan gaya kekinian yang menarik.

Sumber :

https://later.com/blog/instagram-reels-algorithm/

https://www.searchenginejournal.com/instagram-reels/430673/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *