pexels dlxmediahu 11911058 1

Apa Itu Impresi Instagram dan Optimasinya

Ketahui cara menggunakan impresi  instagram untuk meningkatkan performa akun instagram yang anda miliki.

Jika anda menggunakan Instagram sebagai bagian dari strategi social media, maka anda tentunya akan mengenal dengan namanya impresi instagram.

Dimana perhitungan dan analisa ini hanya dapat ditemukan apabila anda menggunakan akun instagram business untuk akun brand atau kreator yang anda miliki.

Namun, sebenarnya apa sih impresi instagram dan cara mengukur kesuksesan akun anda, serta cara membedakannya dengan metrik instagram lainnya?

Secara singkatnya impresi adalah frekuensi postingan yang anda unggah di Instagram, namun tidak menghitung jumlah interaksi yang dilakukan.

Contohnya adalah apabila konten anda telah dilihat selama 100 kali maka impresi instagram yang di dapatkan berjumlah 100 kali.

Di sisi lain, jangkauan instagram akan mengukur jumlah penggguna instagram yang melihat konten atau iklan anda.

Dimana konten anda mungkin dilihat 100 kali oleh orang yang sama, namun jangkauan yang didapatkan tidak mencapai angka yang diinginkan.

Berikut penjelasan lengkap mengenai perbedaan jangkauan dan impresi instagram : 

https://www.youtube.com/embed/EHlU1EqTcrw

Apa Itu Impresi Instagram

Saat mengukur kinerja konten serta iklan instagram yang telah dilakukan sebelumnya, anda mungkin akan menemukan istilah impression pada fitur Instagram insight.

Impresi instagram merupakan pengukuran mengenai frekuensi konten anda muncul di halaman pengguna atau pengikut instagram anda, baik melalui instagram feed atau explore.

Sehingga impresi instagram tidak menghitung jumlah pengguna instagram yang melakukan interaksi dengan konten anda.

Hal ini akan memberikan kemungkinan bahwa konten instagram anda dilihat berulang kali oleh orang yang sama, sebagai impresi ganda di Instagram.

Namun mengapa kita harus memprioritaskan penghitungan impresi instagram saat menganalisa kesukseskan strategi social media?

Di Instagram sendiri, banyak marketer yang memprioritaskan jangkauan konten untuk mengenalkan akun instagram yang baru saja dibuat.

Kenyataannya, jangkauan yang luas akan terasa sia-sia apabila konten anda tidak memancing interaksi dengan penonton, sehingga mereka akan melewatkannya begitu saja dan memungkinkan untuk melupakan akun dan konten instagram anda.

Di beberapa kasus lainnya, akan lebih baik bagi anda untuk membangun brand awareness dengan pengikut yang anda miliki, kemudian impresi instagram akan digunakan untuk meningatkan indeks KPI ketika anda ingin meningkatkan brand awareness di antara target audience yang akan anda tuju.

Hal ini juga berdasarkan kebiasaan dari pengguna instagram saat melakukan scrolling konten instagram, dimana melihat konten atau iklan sekali mungkin tidak akan memiliki dampak besar bagi mereka untuk melakukan tindakan yang anda inginkan.

Akan tetapi, jika anda melihat konten atau iklan yang sama dari akun instagram brand tertentu berulang kali, maka pengguna instagram akan mulai mengingat konten atau produk yang anda tawarkan melalui postingan organik atau iklan.

Meskipun produk yang dijual tidak termasuk pada target pasar anda, namun akan membuka kemungkinan bagi pengguna instagram untuk merekomendasikan ke orang lain yang membutuhkan.

Contohnya adalah apabila anda melihat konten mengenai produk teh selama berulang kali di Instagram, baik melalui fitur reels, explore, atau iklan namun anda sebenarnya kurang menyukai produk teh sehingga tidak tertarik untuk membelinya di waktu yang akan datang.

Namun, anda memiliki kemungkinan untuk merekomendasikannya ke orang lain yang menyukai produk teh atau menjadikannya hadiah ke kenalan yang memiliki kebiasaan untuk minum teh.

Keuntungan lainnya dari menggunakan pengukuran impresi instagram adalah mereka tidak mengukur aktivitas pengguna instagram di konten mereka, sehingga anda bisa memakainya untuk mengukur kesuksesan instagram campaign yang fokus untuk menjangkau target konsumen yang melihat iklan anda.

Karenanya impresi instagram memiliki beberapa metrik yang perlu anda ketahui agar analisa konten instagram semakin maksimal

jenis-jenis impresi instagram

Jenis-jenis Impresi Instagram

Masih bingung dengan berbagai impresi instagram yang ditemukan di Instagram insight? Berikut penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis impresi serta cara membacanya.

gkGJnKXhTiy7BrQhFldN

Profil Impression

Impresi instagram pertama yang bisa anda pelajari adalah profil impressions yang akan memperlihatkan aktivitas konten instagram anda dalam jangka waktu 7-30 hari.

Sehingga membantu pengukuran strategi instagram jangka pendek yang anda lakukan serta memastikan bahwa konten anda telah menjangkau target konsumen yang anda inginkan.

Pada profil impression ini anda juga akan melihat total impresi dari konten feed, story, atau reels pada waktu yang telah anda tentukan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melihat aktivitas yang dilakukan oleh pengguna instagram terhadap konten anda, seperti mengunjungi halaman profil anda atau melakukan klik pada link yang anda cantumkan pada instagram.

Anda juga bisa memanfaatkan hasil dari profil impressions untuk mengetahui waktu aktif konsumen, dimana anda bisa mengunggah konten pada waktu tersebut untuk mendapatkan lebih banyak perhatian dari pengikut anda.

Semakin banyak impresi yang di dapatkan dari pengikut yang anda miliki, maka akan membuka kesempatan bagi konten anda untuk direkomendasikan ke halaman instagrem explore atau reels, guna mendapatkan hasil konten yang lebih baik.

Audience Impressions 

Impresi kedua yang akan anda temukan pada wawasan impresi instagram adalah audience impressions yang mencantumkan data mengenai informasi dari audience yang anda miliki.

Beberapa wawasan yang akan anda dapatkan dari audience impressions adalah lokasi, gender, usia, dan lain sebagainya.

Berbagai informasi tersebut tentunya akan membantu anda dalam penargetan iklan yang tepat sesuai lokasi dan usia konsumen, sehingga anda dapat membuat jenis konten yang sesuai dan tentunya lebih menghemat biaya iklan.

Meskipun begitu, anda juga perlu memerhatikan hari dan jam aktif pengikut anda dari audience impressions untuk meningkatkan jangkauan konten anda.

Sehingga jika anda mengunggah konten pada waktu tersebut maka akan membuka peluang untuk mendapatkan jumlah impresi instagram yang lebih banyak.

Content Impressions 

Impresi terakhir namun paling diperhatikan oleh marketer adalah pengukuran jangkauan konten melalui content impressions.

Dimana wawasan yang diberikan akan memudahkan anda untuk menganalisa dan membandingkan performa konten yang telah anda unggah di konten instagram anda.

Berbagai data tersebut berisi performa postingan story, feed, dan reels anda selama jangka waktu tertentu.

Hal ini akan membantu anda untuk melihat jenis konten yang disukai oleh pengikut anda sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melihat topik yang disukai oleh pengikut anda sehingga mereka tertarik untuk mengulanginya berkali-kali di waktu yang berbeda.

Anda juga bisa melihatjumlah likes dan komen yang di dapatkan selama jangka waktu tertentu dan membandingkannya dengan konten yang minggu lalu anda unggah.

Pengukuran ini juga membantu memastikan bahwa akun instagram anda memiliki kinerja yang stabil dan tidak mengalami penurunan terus menerus.

Impresi dari Konten Instagram 

Tidak hanya menyajikan wawasan impresi instagram secara keseluruhan, namun anda juga akan diperlihatkan mengenai kinerja konten anda secara rinci.

Beberapa informasi tambahan yang anda dapatkan adalah tempat mereka menemukan konten anda, seperti profil instagram, halaman instagram feed, explore, hashtag, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa melihat presentase dari jangkauan konten oleh pengikut anda serta pengguna instagram yang baru mengenal postingan anda dar berbagai sumber.

Dimana anda bisa mengecek impresi dari setiap konten instagram yang telah anda unggah, beberapa informasi tambahan yang akan anda dapatkan adalah :

  • Impresi dari halaman instagram : konten yang dilihat dari halaman instagram, biasanya berasal dari pengikut anda atau rekomendasi ke pengguna yang memiliki minat yang sama.
  • Impresi dari profil instagram : konten yang dilihat saat seseorang mengunjungi akun instagram anda, bisa dari konsumen setia yang takut ketinggalan konten terbaru atau pengguna instagram yang penasaran pada konten yang anda unggah.
  • Impresi dari lokasi : konten yang dikunjungi pengguna instagram saat melakukan pencarian melalui lokasi tertentu. Penggunaan lokasi dinilai menguntungkan bagi akun instagram brand makanan, produk, atau layanan tertentu yang memiliki outlet di tempat tersebut.
  • Impresi dari hashtag instagram : pengguna instaram bisa saja menemukan konten anda saat melakukan pencarian melalui tagar tertentu dan melihat konten anda berada di bagian atas rekomendasi, sehingga penting bagi anda untuk menggunakan hashtag instagram yang relevan dengan isi konten dan topik yang anda sajikan.
  • Impresi dari halaman explore : apabila konten anda mendapatkan impresi yang tinggi dari pengikut anda, maka akan membuka kemungkinan untuk direkomendasikan ke halaman explore ke pengguna instagram yang memiliki minat pada topik yang sama.
  • Impresi dari rekomendasi konten : sebuah konten yang menarik bisa saja direkomendasikan oleh pengikut anda ke orang lain yang memiliki masalah serupa atau konten instagram anda yang viral mungkin saja dibahas oleh artikel lain sehingga menarik minat pembacanya untuk mengunjungi konten anda di Instagram.

Tidak hanya itu, anda juga mungkin mendapatkan impresi instagram dari sumber lain, diantaranya adalah :

  • Share : Sebuah konten yang menarik dan informatif biasanya membuka peluang untuk dibagikan ke orang lain yang tentunya akan menambah impresi instagram. Jenis konten yang biasanya dibagikan ke orang lain adalah konten komedi, konten edukasi, atau konten promosi produk dengan potongan harga tertentu.
  • Saves : Konten yang memikat pembacanya tidak hanya membuka peluang untuk dibagikan ke orang lain, namun juga disimpan agar bisa dilihat kembali di lain waktu, Jenis konten informatif biasanya memiliki peluang untuk disimpan oleh pengguna instagram.
  • Tags : Saat melakukan kolaborasi dengan content creator instagram tertentu, biasanya anda akan menggunakan tag atau collab post di konten promosi tersebut. Anda juga bisa mengukur kesuksesan kolaborasi anda dengan jumlah impresi instagram yang di dapatkan pada impresi instagram tersebut.
  • Mentions : Beberapa pengguna instagram mungkin saja merekomendasikan akun instagram anda ke orang lain melalui fitur mentions atau melakukan interaksi dengan akun anda melalui konten story, reels, atau foto biasa. Anda juga bisa mengukur aktivitas konsumen anda melalui impresi mentions.
  • Following : Instagram telah merilis fitur notification yang akan memberitahukan pada pengikut anda apabila terdapat konten yang baru saja anda unggah, dimana anda bisa mengukur seberapa banyak orang yang mengaktifkan pemberitahuan tersebut agar tidak ketinggal postingan yang baru saja anda rilis.

Impresi Instagram Story 

Sebagai salah satu konten yang digemari oleh pengguna instagram, maka instagram story juga memiliki impresi sendiri yang mengukur jangkauan konten story yang telah anda unggah dalam jangka waktu tertentu.

Di sisi lain, Instagram juga menyediakan data mengenai kinerja konten story anda yang tayang selama 24 jam, termasuk impresi, jangkauan, interaksi, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan penghitungan lainnya, impresi instagram story akan menunjukkan berapa kali pengikut anda melihat postingan anda lebih dari satu kali.

cara meningkatkan impresi instagram

Cara Meningkatkan Impresi Instagram

Setelah mengetahui hasil impresi instagram yang menurun dan tidak sesuai dengan target yang telah ditetapkan sebelumnya, maka anda bisa mengubah strategi impresi instagram menjadi lebih baik.

Berikut tips untuk meningkatkan impresi instagram melalui startegi konten yang lebih maksimal.

Optimasi Instagram Bio

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan impresi instagram adalah melakukan optimasi pada kolom bio instagram.

Meskipun terlihat sepele, namun akun instagram yang memiliki deskripsi yang lengkap akan meyakinkan pengguna instagram yang mengunjungi akun instagram anda, setelah melihat konten yang disebarkan oleh orang lain atau ditemukan di halaman explore.

Beberapa informasi yang bisa anda cantumkan pada instagram bio adalah foto profile yang jelas, deskripsi akun instagram brand atau kreator, serta pencantuman link tambahan.

instagram @hmns.id

Hal ini juga dilakukan oleh akun instagram brand @hmns.id yang memberikan deskripsi lengkap pada kolom instagram bio serta link khusus dimana konsumennya bisa memesan barang keinginan dengan lebih mudah.

Setelah anda mengisi beberapa informasi tersebut, maka anda bisa menggunakan akun instagram anda secara optimal dengan membagikan berbagai konten yang menarik.

Meskipun anda juga perlu membutuhkan kerja keras serta waktu agar konten anda dapat menjangkau pengguna instagram yang anda inginkan.

Gunakan Konten dengan Kualitas Terbaik 

Sebagai akun instagram yang menjunjung tinggi nilai keestikan pada setiap konten yang dimiliki, maka tidak mengherankan apabila anda menemukan postingan instagram dengan hasil terbaik yang memikat mata penontonnya.

Sehingga apabila anda menggunakan startegi yang sama maka anda memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mendapatkan perhatian lebih dari pengguna instagram, sehingga meningkatkan jumlah impresi.

Guna mendapatkan hasil konten terbaik yang disukai oleh pengguna instagram, maka anda bisa memanfaatkan website atau aplikasi edit foto untuk mengedit tampilan konten yang lebih baik.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan kunjungan ke akun instagram lain yang memiliki jenis konten yang sama untuk memerhatikan tipe postingan yang disukai oleh target konsumen.

Akan tetapi, memiliki konten dengan ciri khas sendiri juga menjadi daya tambah bagi akun instagram anda serta memiliki kemungkinan untuk mendapatkan perhatian lebih dari Instagram.

Mengingat platform ini kini lebih memberi perhatian khusus pada konten original dibandingkan konten yang di dapatkan dari social media lain.

instagram @folkative

Seperti yang dilakukan oleh akun instagram kreator @folkative yang membagikan berita terkini menggunakan format berbeda sehingga disukai oleh target konsumen yang sebagian besar berasal dari anak muda. 

Gunakan Instagram Hashtag yang Relevan 

Saat melakukan analisa impresi instagram, anda tentunya akan menemukan penghitungan kinerja hashtag yang biasanya disematkan pada konten instagram.

Penggunaan instagram hashtag yang sesuai juga akan memudahkan target konsumen menemukan konten yang telah anda unggah menggunakan tagar yang relevan.

Di sisi lain, Instagram hashtag merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan impresi instagram, dimana banyak orang menggunakan fitur tagar untuk melihat topik yang menjadi perbincangan orang lain, event baru yang akan dibuka, atau mendapatkan ide topik yang relevan.

Tidak hanya itu, penggunaan instagram hashtag juga dapat membantu membedakan konten anda dengan orang lain yang memiliki minat yang sama, sehingga memudahkan pengguna instagram untuk mencari konten yang telah anda unggah.

Seperti yang dilakukan oleh akun instagram brand kosmetik @pinkflashcosmetics yang menggunakan branded hashtag agar mudah ditemukan oleh pengguna instagram yang penasaran akan produk yang dimiliki.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan tagar tertentu untuk mempromosikan produk baru yang anda rilis untuk optimasi promosi di social media, penanda produk saat melakukan kolaborasi dengan influencer tertentu, serta memudahkan akun instagram yang ingin mengulas produk anda.

Hal ini juga dilakukan oleh akun instagram brand skincare @youbeauty_idn yang menggunakan branded hashtag untuk promosi produk yang baru saja dirilis.

Unggah di Waktu Aktif Konsumen 

Salah satu penghitungan lainnya yang muncul di impresi instagram adalah hasil waktu aktif konsumen.

Dengan melihat data tersebut, maka kreator bisa mengetahui kapan saja konsumen anda membuka apliaksi instagram serta melihat konten yang disajikan.

Anda juga bisa memanfaatkan metrik tersebut untuk mengunggah konten di waktu aktif konsumen yang telah diinformasikan di kolom metrik instagram.

Sehingga konten anda mendapatkan perhatian lebih dari pengikut anda, sehingga meningkatkan jumlah impresi instagram serta interaksi yang dilakukan. 

Penggunaan waktu aktif konsumen juga bisa menjadi patokan kapan saja anda bisa mengunggah konten instagram, sehingga anda tidak perlu mengunggah berbagai konten di waktu yang berdekatan.

Melakukan Interaksi dengan Konten Lain 

Cara lainnya yang bisa anda gunakan untuk menaikkan jumlah impresi instagram adalah melakukan interaksi dengan konten lain yang relevan.

Hal ini dilakukan agar konten anda mendapatkan rekomendasi instagram ke konsumen yang kebetulan menyukai konten yang sama.

Di sisi lain, kegiatan memberikan komentar dan likes pada postingan lain juga tidak hanya menaikkan jumlah impresi instagram namun metrik yang anda miliki.

Berbagi posting yang relevan juga akan membawa pengikut anda ke konten baru dan mendorong mereka untuk menyukai dan mengomentari postingan tersebut.

Dimana sebuah komentar akan memulai percakapan dan membantu membangun hubungan dengan pengguna instagram lainnya yang pada akhirnya meningkatkan impresi instagram secara signifikan.

Guna memulai interaksi dengan konten lain yang relevan, maka anda bisa mulai mengikuti akun influencer instagram yang memiliki minat dan topik yang sama dengan anda, sehingga membantu pengikut mereka untuk memerhatikan akun instagram anda.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengikuti akun instagram yang sering memberi ulasan terhadap produk anda, untuk meningkatkan hubungan satu sama lain.

Manfaatkan Instagram Ads 

Bagi sebuah akun yang baru mulai menetas di Instagram, mencari pengikut baru merupakan sebuah kerja keras yang membutuhkan waktu lama.

Apalagi jika anda mengandalkan kinerja konten secara organik untuk menjangkau target konsumen yang anda inginkan.

Hal ini tentunya akan berpengaruh pada penjualan produk yang anda miliki sebab pemasaran marketing yang belum optimal.

Guna memaksimalkan jumlah impresi instagram konten yang telah anda unggah, maka anda bisa memanfaatkan fitur instagram ads untuk promosi konten ke target konsumen yang diinginkan.

Strategi ini dinilai lebih efektif mengingat anda bisa memilih konsumen yang anda inginkan berdasarkan budget yang anda miliki.

Di sisi lain, anda juga bisa memanfaatkan berbagai konten instagram untuk tempat promosi yang lebih optimal.

Sumber :

https://www.webfx.com/blog/social-media/what-are-impressions-on-instagram/

https://statusbrew.com/insights/instagram-impression/#instagram-impressions-breakdown

https://blog.hubspot.com/marketing/instagram-impressions

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.