4 Cara Analisa Kompetitor di Instagram
Strategi dan tools terbaik akan membantu analisa kompetitor di instagram menjadi lebih akurat dan mengetahui kelemahan strategi yang dimiliki.
Instagram menjadi salah satu sosial media yang banyak digunakan sebagai media promosi dan komunikasai dengan konsumen.
Hal ini dikarenakan Instagram memiliki berbagai fitur serta konten tertentu yang membantu interaksi menjadi lebih menarik.
Di sisi lain, banyaknya kompetitor yang menjual produk dan layanan yang sama, menjadikan kreator sebaiknya melakukan analisa kompetitor untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan strategi yang dimiliki.
Analisa kompetitor tersebut juga perlu di dukung dengan strategi serta tools yang tepat untuk mendapatkan data yang lebih akurat.
Karenanya berikut beberapa tips analisa kompetitor serta tools yang bisa digunakan untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.
Apa Itu Analisa Kompetitor Instagram
Salah satu kebiasaan kreator yang mengembangkan akun instagram baru adalah mencari akun kompetitor lain yang memiliki interaksi yang lebih tinggi.
Analisa kompetitor ini dilakukan untuk mengetahui pendekatan yang dilakukan akun lain untuk mendapatkan pengikut serta interaksi yang lebih banyak dan aktif.
Selain itu, anda juga akan menemukan kelemahan akun instagram kompetitor lain yang bisa menjadi kekuatan dan ciri khas akun yang anda miliki.
Cara ini juga dilakukan untuk mendapatkan peluang mengembangkan akun instagram anda agar lebih unggul dari kompetitor lain.
Keuntungan Melakukan Analisa Kompetitor di Instagram
Kegiatan rutin melakukan analisa kompetitor merupakan strategi penting untuk mengetahui konten terbaik untuk audience dan tidak bisa ditemukan di akun instagram lain.
Sehingga pengguna instagram akan terus mengunjungi akun instagram anda untuk mendapatkan berbagai informasi yang diinginkan.
Tidak hanya itu, strategi analisa kompetitor yang tepat juga akan memberikan berbagai informasi menarik untuk pengembangan akun instagram ke depannya.
- Tolak ukur kinerja : jumlah pengikut,engagement rates, serta konten yang dibagikan ke pengguna instagram lain, sebagai penanda bahwa audience menyukai konten yang anda miliki.
- Memahami kebutuhan konsumen dengan mengetahui masalah yang dihadapi serta solusi yang sebaiknya diberikan.
- Ide konten instagram yang disukai oleh audience dan berbagai jenis konten yang sebaiknya tidak disampaikan ke pengguna instagram.
- Mengetahui cara berkomunikasi dengan audiene melalui sosial media baik secara formal dan informal.
- Menemukan ciri khas akun instagram yang tidak dimiliki oleh kompetitor lain, sehingga pengguna instagram selalu mengingat akun dan konten yang anda miliki.
- Mengetahui akun sosial media yang dimiliki oleh kompetitor lain dan mengetahui kinerjanya, sehingga menjadi bahan pertimbangan apabila hendak membuat akun brand di sosial media lain.
- Memahami kebiasaan audience yang terlihat dari cara berkomunikasi melalui konten instagram serta interaksi yang dilakukan.
- Menemukan kekurangan di akun instagram yang dimiliki, sehingga menjadi pertimbangan pengembangan strategi akun instagram yang lebih baik.
- Mengetahui ranking akun sosial media di industri yang dimiliki.
- Menjadi pelopor trend atau menemukan trend yang sedang naik daun di kalangan audience.
Tidak hanya itu, kegiatan analisa kompetitor instagram juga akan memberikan berbagai keuntungan jangka panjang bagi penggunanya.
Memperoleh Data Kompetitor yang Dibutuhkan
Saat melakukana analisa kompetitor, tentunya anda akan mendapatkan berbagai data mengenai kinerja akun instagram lain yang lebih lengkap.
Analisa kompetitor ini akan memberikan pandangan mengenai kinerja akun instagram anda dengan kompetitor lain.
Di sisi lain, kegiatan ini akan memberikan wawasan baru mengenai audience serta kompetitor lain, sehingga anda dapat menemukan konten instagram yang disukai oleh audience serta menghindari kesalahan umum yang biasanya hadir di komunitas anda.
Misalnya saja anda menyampaikan topik dan konten yang sama secara terus menerus, sehingga membuat pengikut anda bosan dan kurang tertarik pada konten yang anda berikan.
Kebosanan ini tentunya akan menyebabkan penurunan interaksi instagram yang signifikan dari hari ke hari.
Sedangkan apabila anda menemukan konten instagram yang sesuai maka akan memancing audience untuk melakukan interaksi dan membagikannya ke pengguna instagram lain.
Penggunaan konten yang tepat tentunya menjadi salah satu poin penting bagi strategi instagram di waktu yang akan datang.
Menjadi Pelopor Trend Terbaru
Sosial media menjadi tempat dimana anda akan menemukan konten dan trend terbaru yang akhirnya diikuti oleh akun lainnya.
Sebuat akun instagram yang menjadi pelopor trend akan menjadi lebih terkenal di kalangan target audience bahkan pengguna instagram lainnya.
Tidak hanya itu, menjadi pelopor trend viral juga akan membantu menaikkan nama brand anda serta meningkatkan penjualan secara drastis.
Guna menemukan trend terbaru yang disukai oleh audience, maka anda bisa menggunakan strategi social listening untuk mengetahui minat dan kesuakan target audience saat ini.
DI waktu yang sama, anda juga perlu melakukan analisa kompetitor untuk memastikan bahwa anda selangkah maju dibandingkan akun instagram lainnya.
Mengenali Target Audience yang Dituju
Sebagai salah satu sosial media terbesar di internet, Instagram memiliki berbagai audence dengan minat, usia, serta gender yang berbeda-beda.
Perbedaan inilah yang menentukan akun instagram yang disukai oleh pengguna instagram berdasarkan konten dan interaksi yang dilakukan.
Kebiasan dan minat yang berbeda juga membuat kreator instagram perlu mengetahui jenis konten serta interaksi yang disukai oleh audience.
Misalnya saja, audience anda lebih menyukai konten instagram story dibandingkan feed karena kemudahan untuk mendapatkan informasi yang lebih mudah.
Data kebiasaan audience ini bisa anda dapatkan di fitur instagram insight untuk mengetahui kebiasaan audience, sehingga anda bisa fokus di satu konten saja untuk menghemat waktu.
Biasanya setiap akun instagram memiliki jenis konten kesukaan yang disukai oleh pengikutnya, sehingga anda bisa menjadikannya sebagai celah untuk membuat konten instagram yang disukai oleh audience.
Contohnya apabila kompetitor lain mendapatkan lebih banyak interaksi di konten instagram feed, maka anda bisa mengisinya dengan membuat konten instagram story, tentunya dengan melihat hasil insight yang diberikan.
Menemukan Celah Kekurangan Kompetitor Lain
Saat melakukan analisa kompetitor akun instagram lain, maka anda akan menemukan kekurangan dari akun lain.
Misalnya interaki dengan audience yang kurang atau jumlah konten yang sedikit dalam satu minggu.
Berbagai kekurangan tersebut bisa anda isi untuk mendapatkan hati audience lain yang mencari kelebihan dari akun instagram lain.
Misalnya anda lebih sering membalas berbagai interaksi audience di kolom komentar atau direct message, sehingga penonton tertarik untuk melakukan interaksi dengan akun anda dan membeli berbagai produk dan layanan yang anda tawarkan.
Selain itu, anda juga bisa mengambil sudut pandang yang berbeda dari berbagai konten yang diunggah oleh kompetitor lain.
Misalnya saja, akun kompetitor lain hanya menyajikan konten promosi produk dengan menampilkan tampilan produk.
Maka anda bisa membuat ide konten promosi yang lebih baik dengan menyajikan behind the scene pembuatan produk, sehingga membuat penonton memahami filosofi dari setiap produk dan layanan yang diluncurkan.
Cara Melakukan Analisa Kompetitor di Instagram
Melakukan analisa kompetitor instagram secara rutin akan membantu memberikan strategi konten instagram yang lebih akurat dan efektif.
Meskipun begitu, anda juga perlu mengiringi dengan berbagai strategi analisa kompetitor yang tepat untuk mendapatkan berbagai data yang diinginkan.
Karenanya berikut beberapa cara melakukan analisa kompetitor instagram yang sesuai dengan kebutuhan.
Ketahui Tipe-tipe Kompetitor
Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam melakukan analisa kompetitor instagram adalah mengetahui berbagai tipe-tipe kompetitor yang sesuai.
Cara ini dilakukan agar anda mendapatkan berbagai data yang sesuai kebutuhan dan keinginan.
Pertama adalah kompetitor langsung dimana brand tersebut menjual barang yang sama dengan produk dan layanan yang dimiliki.
Pastikan juga akan kompetitor tersbeut memiliki jumlah pengikut serta interaksi yang lebih banyak dibandingkan akun instagram anda, serta perhatikan juga akun instagram lain yang terlihat semakin berkembang dari hari ke hari.
Kedua adalah kompetitor tidak langsung yang menjual berbagai produk dan layanan yang dapat menggantikan produk anda.
Misalnya anda memiliki brand makanan tertentu maka anda perlu mewaspadai akun instagram restoran yang menjual berbagai produk makanan yang lebih beragam.
Ketiga adalah akun instagram potensial yang mungkin belum anda waspadai sebelumnya namun berpotensi untuk menggantikan posisi akun instagram di mata audience lain.
Tentukan Kompetitor Instagram yang Dibutuhkan
Setelah mengetahui berbagai jenis akun kompetitor yang akan dianalisa, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menentukan kompetitor instagram yang dibutuhkan.
Instagram memiliki berbagai akun instagram brand dan kreator yang tentunya akan sulit dilakukan apabila dicari secara manual.
Guna mempermudah pencarian tersebut maka anda bisa melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu yang biasa digunakan oleh audience untuk mencari konten dan topik khusus serta membantu menaikkan konten yang diunggah oleh kompetitor lain.
Di sisi lain, berbagai kata kunci yang digunakan terkadang memiliki hasil yang berbeda dengan keinginan, maka anda bisa menggunakan tools khusus untuk mencari kata kunci yang lebih potensial.
Website Google Adwords Keyword Planner merupakan platform yang tepat untuk mengidentifikasi kata kunci yang relevan dengan brand yang dimiliki.
Selain menyajikan berbagai data yang potensial, anda juga akan bisa menggunakan layanan ini secara gratis dalam jangka waktu lama.
Guna mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan, maka anda perlu mendaftarkan diri serta menyetorkan data-data yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil analisa yang lebih baik.
Setelah memberikan berbagai data yang dibutuhkan, maka anda bisa mendafatrakan daftar kata kunci yang sesuai bersama dengan jumlah pencarian dalam waktu satu bulan serta estimasi kompetisi dengan akun instagram lain.
Tidak hanya itu, anda juga bisa memasukkan beberapa target kata kunci yang anda butuhkan ke dalam website tersebut dan anda akan mendapatkan berbagai volume pencarian dan kompetisi dalam waktu satu bulan.
Penggunaan kata kunci yang relevan akan membantu mengukur analisa kompetitor, sehingga anda akan mendapatkan data yang lebih sesuai.
Analisa kata kunci ini juga bisa dilakukan dengan melakukan pencarian menggunakan mesin pencari Google atau menggunakan fitur pencarian di Instagram.
Ketahui Interaksi yang Dilakukan di Instagram
Apabila anda telah mengumpulkan berbagai daftar kompetitor yang berhubungan dengan brand yang dimiliki, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengetahui interaksi yang dilakukan di instagram.
Analisa kompetitor ini dilakukan untuk mengetahui celah kelemahan yang bisa dimasuki untuk mendapatkan hati audience, anda juga bisa melakukan berbagai analisa untuk mengetahui interaksi yang dilakukan oleh kreator instagram tersebut.
Pertama adalah mengetahui akun sosial media lain yang dimiliki oleh kompetitor tersebut, anda bisa mencarinya melalui pencarian di internet menggunakan nama brand tersebut dan anda akan menemukan berbagai akun sosial media yang dimiliki oleh kompetitor.
Kemudian anda bisa melakukan analisa kompetitor dengan melihat interaksi yang dilakukan dengan pengikut dan pengguna sosial media lainnya.
Apabila kompetitor tersebut memiliki akun instagram, maka anda bisa melihat jumlah interaksi yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu dan konten yang diunggah dalam satu hari.
Kedua adalah melakukan analisa kompetitor dengan melihat jumlah pengikut serta kenaikannya serta pengikut yang selalu membeirkan interaksi di setiap konten yang diunggah.
Ketiga adalah mengetahui jumlah konten yang diunggah setiap waktu, apakah mereka mengunggah konten setiap hari secara rutin atau mengunggah konten pada hari-hari tertentu saja.
Keempat adalah mengetahui jumlah engagement rate dimana anda akan menghitung jumlah interaksi yang dilakukan di berbagai konten instagram yang telah diunggah sebelumnya.
Kelima adalah mengecek berbagai instagam hashtag yang dimiliki di setiap kontennya, apakah mereka menggunakan branded hashtag khusus atau hanya menggunakan tagar kata kunci yang juga digunakan oleh kompetitor lain.
Tidak hanya itu, anda juga perlu mengecek jumlah tagar yang digunakan di setiap kontennya.
Guna mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan maka anda bisa mengeceknya dengan memasuki akun instagram kompetitor atau menggunakan beberapa website analisa kompetitor.
Jangan lupa juga untuk melakukan analisa di akun instagram yang dimiliki untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.
Kenali Metrik Instagram yang Dibutuhkan
Berbagai kunjungan yang dilakukan ke akun instagram lain serta analisa kompetitor yang dilakukan di website analytics tools, maka anda akan mendapatkan berbagai variasi data yang menarik.
Meskipun begitu, tidak semua data analisa kompetitor dibutuhkan, namun anda perlu memilah dan memilih metrik instagram yang sesuai.
Karenanya berikut beberapa metrik instagram yang bisa dipilih untuk analisa kompetitor yang sesuai :
Followers : Ketahui jumlah penurunan dan peningkatan followers serta penyebabnya, jumlah pengikut juga menjadi representasi jumlah konsumen potensial yang tertarik pada produk dan layanan yang diberikan.
Post : Jumlah konten yang diunggah juga menjadi penanda apakah instagram tersebut aktif melakukan interaksi, sehingga anda bisa membandingkannya dengan kalender konten yang dimiliki.
Likes : Jumlah likes menjadi penanda bahwa pengguna dan pengikut instagram menyukai konten yang diberikan, pengukuran ini juga menjadi tolak ukur kinerja konten yang dimiliki.
Comments : Sama seperti jumlah likes yang menjadi tolak ukur kesuksesan konten instagram, jumlah likes juga menjadi penanda bahwa pengikut dan pengguna instagram menyukai konten yang diberikan.
Di sisi lain, jumlah komentar biasanya mendapatkan tempat tersendiri karena pengikut instagram bisa saja menyukai konten yang diberikan namun kurang tertarik memberikan komentar karena kalimat call to action yang kurang memikat.
Jumlah komentar yang lebih banyak juga bisa dipelajari untuk mengetahui rahasia kreator untuk menarik minat konsumen melakukan interaksi yang lebih dalam.
Engagement : Metrik ini dibagi ke dalam dua tipe, pertama adalah metrik interkasi konten instagram serta interaksi di halaman konten.
Metrik interaksi konten menjadi pengukuran jumlah reaksi pada konten yang telah diunggah sebelumnya.
Sedangkan interaksi di halaman konten menjadi penanda jumlah pengunjung halaman instagram serta kegiatan yang dilakukan.
Performa Video : Konten video menjadi salah satu postingan yang banyak dilihat oleh pengguna instagram, mengingat postingan tersebut mampu menarik audience dengan visual yang menarik serta informasi yang diberikan.
Sehingga tidak mengherankan apabila banyak kreator instagram yang menggunakan konten video sebagai strategi konten marketing di instagram.
Karenanya penting bagi anda untuk mengetahui kinerja konten video dengan melihat jumlah penonton serta interaksi yang diberikan pada setiap konten yang disajikan.
Anda juga perlu melihat tipe konten video yang disukai dengan melihat perbandingan antara satu konten dengan lainnya.
Instagram hashtag : penggunaan tagar instagram yang tepat akan membantu konten menyasar ke target audience yang lebih luas.
Sehingga anda perlu mengetahui berbagai tagar yang banyak digunakan oleh pengguna instagram untuk mencari topik tertentu.
Tools Analisa Kompetitor di Instagram
Proses analisa kompetitor secara manual tentunya akan membutuhkan banyak waktu untuk mencari akun brand lain serta melihat kinerja metrik instagram.
Guna menghemat waktu maka anda bisa menggunakan berbagai website analisa kompetitor yang memberikan data yang akurat dalam waktu yang singkat.
Karenanya berikut beberapa rekomendasi website analisa kompetitor instagam yang bisa digunakan secara gratis dan berbayar.
BuzzSumo
Website analisa kompetitor pertama yang bisa digunakan adalah Buzzsumo, dimana platform ini akan menyediakan berbagai data metrik instagram yang disajikan secara cepat dan akurat.
Cara penggunaannya juga cukup mudah, dimana anda hanya perlu memasukkan link akun instagram kompetitor di halaman pencarian BuzzSumo.
Kemudian anda akan disajikan berbagai data metrik instagram yang dibutuhkan dalam waktu cepat, sehingga tidak memakan banyak waktu.
Namun, untuk mendapatkan data analisa kompetitor yang lebih lengkap, maka anda bisa menggunakan biaya berlangganan yang diperbarui setiap bulannya.
Keuntungan lainnya menggunakan website BuzzSumo adalah anda akan mendapatkan berbagai artikel terbaru yang berisi perkembangan sosial media khususnya Instagram.
Wawasan ini tentunya membantu anda dalam mengembangkan strategi sosial media yang lebih baik.
Hootsuite
Website hootsuite sudah menjadi andalan bagi kreator sosial media untuk membangun akun brand yang lebih baik.
Hal ini dikarenakan Hootsuite memiliki berbagai macam tools yang membantu untuk pengembangan konten dan akun instagram yang lebih baik.
Salah satunya adalah fitur unggah konten secara otomatis di waktu yang telah ditentukan, sehingga memudahkan anda untuk mengunggah postingan yang diinginkan, meskipun anda jauh dari perangkat elektronik.
Layanan lainnya yang dimiliki oleh Hootsuite adalah fitur analisa kompetitor dimana pengguna bisa menganalisa kata kunci, tagar, serta kinerja kompetitor lain di sosial media lain pada satu platform saja.
Selain itu, anda juga bisa mendapatkan inspirasi pengembangan konten instagram yang lebih baik dengan berbagai artikel yang diberikan oleh Hootsuite.
Brand Watch
Rekomendasi website analisa kompetitor terakhir yang bisa digunakan adalah Brandwatch, dimana platform ini akan membantu analisa kinerja kompetitor dengan laporan yang lebih lengkap.
Brandwatch menawarkan berbagai tools analisa terbaik dengan pemberian data berupa grafik yang mudah dipahami oleh pembacanya.
Salah satu layanan analisa unggulan yang dimiliki adalah data share of voice yang memberikan informasi mengenai jumlah pengguna internet yang membicarkan akun anda dan kompetitor lain.
Dimana data ini akan menjadi pengukuran apakah akun anda disukai oleh pengguna instagram lain dan dikenal oleh khalayak luas.
Anda juga bisa membagikan analisa kompetitor menggunakan file PDF sehingga mudah diberikan ke orang lain yang membutuhkan data tersebut.
Sumber :
https://www.socialinsider.io/blog/competitive-analysis-on-instagram/
Responses