akun instagram

8 Rahasia Mengembangkan Akun Instagram Secara Efektif

Ketahui beberapa rahasia mengembangkan akun instagram untuk menjangkau target audience yang lebih luas.

Instagram telah menjadi social media terbesar di dunia yang digunakan oleh pengguna internet untuk berbagai kebutuhan.

Misalnya saja untuk terhubung dengan teman terdekat atau mencari produk dan layanan dari brand yang diinginkan.

Banyaknya jumlah pengguna yang mengakses instagram setiap hari menjadikan banyak brand memiliki akun instagram business untuk mempromosikan produk yang dimiliki.

Berbagai variasi akun instagram brand yang muncul di Instagram menjadikan pelaku usaha menemukan kompetitor di bidang yang sama.

Namun, agar akun instagram brand anda disukai oleh target audience yang dituju serta kompetitor lainnya, maka ketahui dulu berbagai rahasia mengembangkan akun instagram secara efektif.

tentukan tujuan akun instagram brand

Tentukan Tujuan Akun Instagram Brand 

Berbagai akun instagram brand yang muncul sebagai iklan atau direkomendasikan oleh Instagram, menjadikan pengguna memiliki berbagai pilihan untuk mengikuti akun brand yang sesuai keinginan dan topik yang disukai.

Di sisi lain, sebagai seorang kreator untuk akun instagram brand, maka anda akan menemukan berbagai akun kompetitor lain yang memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak serta konten yang menarik perhatian target audience.

Karenanya sebagai kreator instagram, maka anda perlu menemukan dan memiliki daya tarik sendiri yang membuat pengguna tertarik untuk mengikuti akun anda dan membeli produk yang ditawarkan.

Misalnya saja anda memiliki ide konten instagram yang khas dan tidak ditemukan di akun instagram lain, sehingga konsumen tertarik untuk melakukan interaksi dengan akun brand tersebut.

Contohnya adalah mengembangkan konten edukasi yang berisi masalah yang sering dihadapi oleh konsumen, sehingga mereka tertarik untuk menemukan jawaban dari setiap problema dan mencoba produk yang diberikan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memanfaatkan berbagai konten instagram untuk membangun interaksi yang mengeratkan hubungan satu sama lain.

finansialku_com

Cara ini juga dilakukan oleh akun instagram brand @finansialku_com yang memiliki ciri khas konten yang membahas masalah keungan mengenai keluarga, mengingat target audience yang dimiliki berasal dari kalangan usia 25-40 tahun ke atas.

Selain itu, akun finansialku juga memanfaatkan berbagai konten instagram untuk melakukan interaksi dengan pengikutnya, sehingga membangun hubungan satu sama lain.

Setelah menemukan ciri khas khusus, maka akan memudahkan bagi kreator untuk menjalankan berbagai campaign yang diinginkan.

Misalnya anda ingin menggunakan Instagram untuk meningkatkan brand awareness konsumen pada produk yang dimiliki atau meningkatkan jumlah pengikut untuk membangun komunitas yang kuat.

Pastikan juga untuk menentukan target yang jelas serta menggunakan konten instagram yang sesuai, agar konten anda mudah diterima oleh konsumen yang dituju.

kalender konten instagram

Kembangkan Kalender Konten Instagram

Berbagai campaign promosi yang berubah secara berkala serta variasi konten yang digunakan setiap hari membuat kreator harus memastikan postingan yang akan diunggah hari ini.

Jangan sampai konten yang akan digunakan untuk besok malah diunggah hari ini yang akan menyebabkan penyampaian informasi berubah dan tidak sesuai keinginan.

Karenanya penting bagi kreator instagram brand untuk memiliki kalender konten yang membagi setiap campaign promosi yang dituju.

Penggunaan kalender konten akan membantu anda untuk memiliki jadwal konten yang sesuai dengan tujuan promosi yang dituju.

Cara penggunaan kalender konten juga cukup mudah, dimana anda bisa menggunakan template kalender konten yang beredar di internet, kemudian anda dapat membaginya ke berbagai campaign promosi dalam jangka waktu tertentu, sehingga anda dapat mengetahui konten yang akan diunggah beserta waktu unggah postingan.

Selain itu, anda bisa menentukan isi serta jenis kontennya yang sesuai dengan campaign promosi.

Kelebihan lainnya dari menggunakan kalender konten adalah penggunaan yang dilakukan secara digital dan mudah diedit sesuai kebutuhan oleh kreator.

Penggunaan kalender konten digital tentunya akan memudahkan anda untuk membagikan isi dan tujuan konten ke tim lain yang berkaitan.

EYoVi2C9SVqZ0iQMdMIv

Buat Variasi Konten yang Berbeda

Salah satu alasan mengapa Instagram digandrungi oleh pengguna internet adalah variasi konten instagram yang beraneka ragam.

Mulai dari konten instagram post dimana anda bisa mengunggah sebuah atau kumpulan foto dalam bentuk carousel, instagram reels untuk mengunggah konten video pendek, instagram story untuk konten dengan durasi waktu tertentu, atau instagram live untuk melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Berbagai variasi konten instagram yang dimiliki juga bisa digunakan untuk promosi campaign tertentu atau melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Misalnya anda ingin mengunggah berbagai foto produk maka ada baiknya anda menggunakan fitur instagram post atau highlight.

Hal ini dikarenakan konsumen bisa melihat detail produk secara lebih jelas sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan konten instagram highlight yang berada di bagian profil instagram.

Cara ini akan memudahkan konsumen untuk melihat berbagai produk yang telah anda unggah sebelumnya, namun tertutup dengan konten lain, sehingga konsumen tidak menghabiskan waktu untuk mencari produk yang diinginkan.

Namun, apabila anda ingin menjangkau target audience yang lebih luas, maka menggunakan konten instagram reels bisa menjadi solusi terbaik.

Hal ini dikarenakan konten reels memiliki algoritma sendiri yang akan menyebarkan konten anda ke target audience yang sesuai.

Sehingga anda dapat menjangkau target audience yang lebih luas meskipun mereka belum pernah mendengar dan mengenal nama anda sebelumnya.

Agar konten reels menjadi lebih menarik, maka anda bisa membuat konten edukasi atau hiburan yang diselipkan dengan trend atau lagu populer tentunya, sehingga menarik minat penonton.

Setelah melakukan berbagai cara untuk menjaring target audience yang lebih luas, maka jangan lupa untuk melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Cara ini dilakukan agar pengikut anda semakin tertarik pada brand anda karena mengenal produk anda lebih dalam.

Beberapa cara untuk melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki bisa menggunakan konten interaksi yang menarik minat audience untuk saling berkomentar satu sama lain.

Anda juga bisa membalas berbagai komentar yang masuk melalui direct message atau komentar untuk membangun hubungan yang lebih baik.

Pendekatan lain yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan fitur instagram live, dimana anda bisa melakukan interaksi secara langsung satu sama lain untuk membahas topik tertentu atau mengenalkan produk yang dimiliki.

Setiap konten instagram tentunya berguna untuk strategi pemasaran yang dimiliki, maka anda perlu memastikan untuk memilih konten yang sesuai kebutuhan.

Lakukan Pendekatan dengan Konten Story Telling

Promosi secara langsung mungkin saja akan membuat target audience kurang tertarik pada konten yang dimiliki.

Mengingat sebagian besar pengguna berkunjung ke instagram untuk mencari hiburan, sehingga tidak ingin disuguhkan dengan konten jualan yang kurang sesuai keinginan.

Karenanya untuk memikat hati target audience maka ada baiknya membuat konten instagram dalam bentuk bercerita.

Hal ini dilakukan agar pengguna instagram tertarik pada konten instagram yang anda miliki dan akhirnya mengulik lebih dalam mengenai produk yang dijual.

Namun sebelum membuat konten instagram dalam bentu cerita maka anda perlu melakukan berbagai strategi terlebih dahulu.

Pertama, anda bisa memulai dengan membuat karakter yang merepresentasikan masalah konsumen, sehingga saat membaca konten tersebut maka audience merasa memiliki kesamaan masalah dan akhirnya tertarik pada konten yang diberikan.

Pastikan untuk membuat tokoh yang memiliki gender, usia, dan latar belakang yang sama dengan target audience, sehingga mereka dapat merepresentasikan audience dengan lebih sesuai.

Anda juga bisa membuat berbagai tokoh yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Kedua, adalah memilih berbagai masalah yang sesuai dengan problema yang dihadapi oleh audience dan bisa direpresentasikan oleh tokoh tersebut, sehingga dapat menjadi cerminan yang lebih baik.

Setelah semua karakter telah selesai dikembangkan dengan baik maka anda bisa memasukkan mereka ke berbagai konten instagram yang akan diunggah nantinya.

Pemberian karakter yang khas akan memudahkan audience mengingat akun dan konten yang anda miliki.

Cara lainnya untuk membuat konten edukasi adalah memanfaatkan konten testimoni produk yang diunggah oleh konsumen.

Penggunaan konten testimoni ini diyakini dapat membuat target audience tertarik untuk mencoba produk tersebut karena terdapat ulasan dari konsumen yang memiliki masalah yang sama.

Namun, untuk menggalang testimoni konsumen, anda perlu melakukan berbagi pendekatan khusus.

Misalnya saja membuat campaign khusus untuk mengumpulkan testimoni konsumen, sehingga semakin banyak orang mengulas produk tertentu yang pernah digunakan sebelumnya.

Gunakan juga hastag testimoni khusus kemudian ditaruh di profil bio instagram untuk memudahkan konsumen dalam melihat berbagai ulasan yang pernah diunggah oleh konsumen sebelumnya.

Anda juga bisa mengunggah kembali testimoni konsumen kemudian menaruhnya di instagram highlight untuk memudahkan audience yang ingin membeli produk tertentu, namun ingin melihat ulasan konsumen sebelumnya.

optimasi konten instagram

Optimasi Konten Instagram

Setelah membuat berbagai variasi konten yang menarik, maka inilah saatnya untuk mengunggahnya untuk mendapatkan perhatian pengguna instagram lainnya.

Namun sebelum mengunggahnya maka ada baiknya untuk melakukan optimasi konten instagram yang efektif.

Cara ini dilakukan agar konten instagram dapat menjangkau target audience yang lebih luas serta menyukai topik yang anda sukai.

Anda juga perlu membuat berbagai strategi optimasi konten instagram yang efektif untuk menjangkau target audience yang lebih luas.

Pertama anda bisa menambahkan instagram hashtag di setiap caption konten instagram yang akan diunggah.

Cara ini dilakukan mengingat pengguna instagram sering melakukan pencarian menggunakan tagar tertentu, sehingga akan menguntungkan bagi kreator untuk menjangau target audience yang diinginkan.

Selain itu, anda juga bisa membuat branded instagram hashtag sebagai penanda bahwa konten tersebut diunggah oleh akun anda.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengguna instagram yang ingin mencari foto produk anda di instagram serta bisa digunakan oleh konsumen yang ingin mengulas produk yang dimiliki menggunakan tagar tertentu.

Meskipun instagram hashtag efektif untuk menjangkau target audience yang lebih luas, namun tidak semua tagar bisa digunakan di Instagram.

Mengingat biasanya pengguna instagram melakukan pencarian menggunakan tagar tertentu yang berkaitan dengan produk dan minat yang diinginkan, sehingga anda perlu memilih instagram hashtag yang sesuai.

Karenanya anda juga perlu melakukan analisa instagram hashtag terlebih dahulu sebelum menggunakannya di caption instagram.

Analisa ini juga bisa diakukan secara manual dimana anda bisa mengetikkan berbagai kata kunci tertentu dan melihat jumlah penggunanya.

Semakin banyak jumlah pengguna instagram maka menjadi indikator bahwa tagar tersebut digunakan oleh banyak orang dan begitu juga sebaliknya.

Namun, ada baiknya anda menggunakan instagram hashtag yang memiliki jumlah pengguna tidak terlalu banyak agar konten anda menjangkau target audience yang tepat.

Selain itu, anda juga bisa mengoptimalkan penggunaan instagram seo berupa menggunakan kata kunci yang sering dicari oleh audience.

Pemakaian kata kunci yang sesuai akan mengoptimalkan kinerja algoritma instagram untuk menjangkau target audience yang ideal.

Proses analisa instagram seo juga hampir mirip dengan instagram hashtag namun yang membedakannya adalah peletakan kata kunci tersebut.

Anda bisa menaruhnya di judul konten atau caption video sehingga meyakinkan pengguna instagram berisi topik yang mereka cari sehingga mereka tertarik untuk membacanya atau membagikannya ke orang lain.

Apabila anda sering menggunakan konten reels untuk melakukan promosi produk atau menjangkau target audience yang lebih luas, maka masuk ke dalam trending reels bisa menjadi solusi tebarik.

Hal ini dilakukan mengingat algoritma reels instagram akan menaikkan konten instagram yang mengikuti trend tertentu.

Cara ini juga bisa anda lakukan untuk menabah jumlah penonton yang lebih cepat sehingga lebih mudah viral di instagram.

Guna menemukan topik yang sedang naik daun di Instagram, maka anda bisa meluangkan waktu untuk melihat konten yang sedang naik daun saat ini.

Anda juga bisa melihat berbagai lagu yang sedang viral dengan melihat penanda di bawah video untuk menemukan trend yang sedang naik daun.

waktu aktif audience

Unggah Konten di Waktu Aktif Audience

Meskipun instagram aktif memberikan konten terbaru yang mengasyikkan bagi penggunanya, namun mereka tidak setiap saat membuka aplikasi instagram karena melakukan kegiatan lain, sehingga pengguna biasanya membuka akun mereka di waktu-waktu tertentu saja.

Di sisi lain, Instagram akan menaikkan sebuah konten instagram di waktu aktif audience, sehingga pengguna akan mendapatkan berbagai konten terbaru setiap membuka akun instagram.

Karenanya agar konten anda dapat dilihat oleh banyak orang secara rutin maka anda sebaiknya mengunggah postingan di waktu aktif audience.

Cara untuk mengetahui waktu aktif audience adalah dengan mengakses fitur insight, dimana anda akan melihat waktu dimana pengikut anda membuka aplikasi instagram dan melihat berbagai konte yang disajikan.

Namun, informasi waktu aktif audience baru bisa di dapatkan saat anda aktif mengunggah konten instagrm setiap harinya, sehingga kurang sesuai bagi kreator yang baru saja membuka akun instagram brand.

Guna mengatasi masalah ini maka anda bisa mengunggahnya di beberapa waktu tertentu dimana pengguna banyak membuka aplikasi instagram.

Misalnya pada jam 8 pagi sebelum memulai bekerja, jam 12 siang saat memulai istirahat, atau jam 8 malam saat waktu istirahat malam tiba.

Setelah mengetahui waktu aktif audience maka anda bisa mengunggah berbagai konten yang dimiliki di waktu yang diinginkan.

Agar konten bisa diunggah secara tepat waktu maka anda bisa menggunakan fitur unggah konten otomatis yang dimiliki oleh Meta dan bisa diakses di Facebook.

Dimana anda bisa mengunggah konten yang diinginkan di waktu yang telah ditentukan sebelumnya, sehingga bisa menghemat waktu dan menimalisir kesalahan apabila anda tidak sempat mengunggah konten di waktu tersebut.

Penggunaan website social media management juga bisa menjadi solusi tepat untuk mengunggah konten tepat waktu apabila anda memiliki beberapa akun instagram brand yang dikelola sekaligus.

Sehingga dapat mengurangi kesalahan untuk mengunggah konten di akun instagram yang berbeda.

Lakukan Interaksi dengan Pengguna Instagram

Salah satu cara agar bisa lebih viral di instagram adalah dengan aktif melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki serta pengguna instagram yang melihat konten yang diunggah sebelumnya.

Interaksi yang intens akan membuat algoritma instagram melihat konten anda sehingga memperluas jangkauan konten tersebut ke target audience yang lebih luas.

Selain itu, semakin banyak konten yang mendapatkan interaksi audience juga akan menjadi penanda bahwa konten anda disukai oleh banyak orang, sehingga layak untuk dilihat oleh pengguna instagram yang lebih luas.

Namun, untuk membangun interaksi dengan pengguna instagram, maka anda perlu melakukan berbagai pendekatan khusus.

Misalnya saja membuat konten instagram yang dapat memancing interaksi dengan pengguna instagram lainnya.

Anda bisa memulai dengan membuat konten edukasi mengenai topik yang sedang naik daun di kalangan komunitas anda, sehingga mereka tertarik untuk menanggapai topik tersebut dengan pendapat yang dimiliki.

Penggunaan konten komedi yang memancing tawa juga bisa menjadi salah satu cara untuk memancing interaksi yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

Agar konten komedi dapat memberikan hasil yang lebih baik, maka anda bisa membuat ide konten yang mencakup masalah yang dihadapi konsumen serta menggunakan konten reels.

Hal ini dilakukan mengingat isi konten video lebih mudah dipahami dibandingkan konten tulisan atau gambar.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan fitur reply video untuk menanggapi berbagai konten reels yang menarik dengan menambahkan pendapat yang dimiliki.

Cara lain untuk menaikkan konten interaksi adalah dengan menyediakan waktu untuk membalas berbagai interaksi yang masuk melalui kolom komentar atau direct message.

Semakin sering anda membaals berbagai komentar yang masuk maka akan menaikkan minat pengikut anda untuk melakukan interaksi lain di konten selanjutnya.

influencer instagram

Promosi Menggunakan Instagram Ads dan Influencer Instagram 

Optimasi konten secara organik tentunya tidak cukup untuk menjangkau target audience yang lebih luas, mengingat banyak akun kompetitor lain yang memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak.

Sehingga untuk menjangkau target audience yang lebih luas maka anda perlu melakukan promosi menggunakan iklan yang sesuai.

Untungnya saja Instagram memiliki fitur iklan, dimana anda bisa mempromosikan produk dan layanan yang dimiliki menggunakan variasi konten instagram.

Selain itu, anda juga bisa mengatur budget berdasarkan jangkauan, durasi penayangan, serta jenis konten yang dibuat, sehingga budget yang dikeluarkan bisa dimaksimalkan dengan baik.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan promosi dengan kerjasama bersama influencer instagram yang memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak serta pengaruh yang lebih besar.

Strategi promosi menggunakan influencer marketing sudah banyak dilakukan oleh berbagai brand terkenal untuk campaign promosi yang dilakukan.

Hal ini dilakukan melihat peluang untuk lebih terkenal yang terbuka lebar dibandingkan menggunakan promosi instagram ads.

Meskipun begitu, anda juga perlu memilih influencer instagram yang memiliki minat pada topik dan industri yang sama.

Hal ini dikarenakan pengikut yang dimiliki tentunya memiliki masalah yang sama dan membutuhkan produk dan layanan yang dapat menyelesaikan problema tersebut, sehingga pengikut yang dimiliki bisa dimanfaatkan sebagai target konsumen yang selanjutnya.

Selain itu, anda juga bisa melakukan kolaborasi promosi dengan beberapa influencer yang berbeda-beda untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sumber :

https://influencermarketinghub.com/how-to-post-on-instagram/

https://www.socialinsider.io/blog/social-media-best-practices/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *