pexels lisa fotios 1092671 7

Tips Desain Konten Instagram Menarik dan Estetik

Jadikan akun instagram kreator dan brand menjadi lebih menarik dengan ide desain konten instagram yang menarik dan estetik.

Sejak awal kemunculannya, Instagram telah menarik perhatian banyak orang dengan tampilan visual yang menarik.

Hal ini juga di dukung dengan banyaknya kreator instagram yang berlomba-lomba membuat konten dan tampilan profil yang menarik sehingga menarik minat orang untuk mengunjungi akun instgram yang dimiliki.

Penggunaan desain konten instagram yang menarik ini tidak hanya digunkan oleh kreator saja, namun banyak juga akun instagram brand yang membuat tampilan halaman profil untuk menarik minat target konsumennya.

Karenanya berikut beberapa tips desain konten instagram yang bisa digunakan untuk mengenbangkan halaman social media yang dimiliki.

apa itu desain konten instagram

Apa Itu Desain Konten Instagram

Desain konten instagram merupakan perencanaan, pengembangan, dan kreasi dari konten visual di Instagram.

Pemberian fokus pada desain konten instagram akan membantu sebuah brand agar lebih mudah dikenali dan sesuai dengan selera target konsumen.

akun instagram brand @girlpal_id

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram brand @girlpal_id yang membuat desain konten instagram dengan warna pink sehingga cocok bagi target audience yang menyasar kalangan wanita.

Penggunaan desain konten instagram yang memiliki identitas sendiri penting bagian sebuah brand atau kreator, karena Instagram telah menjadi tempat pertama bagi target konsumen untuk menemukan brand tertentu. 

Sehingga membuat impresi pertama yang baik merupakan langkah pertama untuk membangun presensi di social media.

Tidak hanya itu, desain konten instagram juga memberikan dampak pada persepsi brand anda, ditambah dengan postingan yang anda buat akan memberikan kontribusi pada image brand yang anda bangun.

Contohnya adalah akun instagram brand Girlpal yang menonjolkan desain konten instagram yang feminim ditambah dengan berbagai konten instagram yang membagikan edukasi cara merawat kulit wajah yang baik.

Desain konten instagram yang sesuai ditambah dengan konten edukasi yang menarik aka membantu untuk membangun hubungan dengan konsumen yang anda inginkan.

3 Pertimbangan membuat desain konten instagram

3 Pertimbangan Membuat Desain Konten Instagram

Sebelum anda membuat desain konten instagram yang menarik, tentunya anda perlu mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu.

Pertama adalah identitas brand yang akan anda tampilkan di Instagram yang tentunya anda harus membuat kesepakatan dengan anggota tim lainnya.

Kedua adalah melakukan analisa untuk memahami target audience yang bisa anda tentukan melalui jawaba dari pertanyaan-pertanyaan berikut :

  • Apa yang ingin konsumen temukan di brand anda?
  • Apa nilai yang ingin anda tonjolkan dari brand anda?
  • Apa saja minat dan topik yang mereka sukai?
  • Apa topik yang ingin diangkat di akun instagram anda?
  • Apa topik dan konten yang ingin konsumen lihat di instagram?

Berbagai jawaban tersebut akan memberikan referensi mengenai jenis desain yang ingin anda gunakan dalam jangka wkatu lama.

Setelah itu, anda juga perlu melihat desain konten instagram yang dimiliki oleh kompetitor lain untuk mengetahui strategi visual yang mereka gunakan serta respon yang di dapatkan dari konsumen yang dimiliki.

Semakin banyak respon yang di dapatkan akan menjadi tolak ukur keberhasilan desain konten instagram yang ditampilkan di hadapan konsumen.

Sehingga anda perlu mengumpulkan banyak informasi mengenai desian konten instagram yang disukai oleh target konsumen.

tips desain konten instagram menarik dan estetik

10 Tips Desain Konten Instagram Menarik dan Estetik

Jumlah pengguna yang telah mencapi jutaan orang menjadikan Instagram sebagai tempat yang tepat untuk melakukan interaksi langsung dengan target konsumen yang anda inginkan.

Hubungan ini bisa anda bangun dengan konten yang menghibur pengikut anda serta menaikkan brand awareness.

Namun, jumlah pengguna social media yang banyak juga memengaruhi kompetisi dengan akun instagram brand lain yang memiliki produk dan target konsumen yang sama, sehingga setelah anda mengunggah satu konten instagram maka akan bersaing dengan postingan lain yang mengunggah postingan yang sama.

Sehingga penting bagi bagi anda untuk membuat desain konten instagram yang menarik untuk meningkatkan interaksi dengan audience yang akan memengaruhi ranking algoritma instagram yang dimiliki.

Karenanya berikut beberapa tips untuk menghasilkan desain konten instagram yang menarik dan estetik.

Kenali Target Audience yang Diinginkan

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk menentukan desain konten instagram adalah mengenali target audience yang diinginkan.

Hal ini dilakukan mengingat setiap konsumen memiliki selera yang berbeda-beda sehingga menghasilkan kesukaan yang berbeda.

Contohnya adalah akun instagram brand yang menjual produk perawatan tubuh pria akan lebih menonjolkan warna-warna yang gelap sehingga menimbulkan kesan maskulin.

Sedangkan untuk produk remaja akan menggunakan warna-warna yang cerah untuk memberikan kesan ceria pada produk yang dijual.

Guna mengenal target audience yang diinginkan maka anda bisa memulai dengan mengetahui calon konsumen yang anda tuju.

Apakah produk anda cocok untuk konsumen di usia remaja atau wanita karir yang membutuhkan untuk menunjang penampilan?

Kemudian anda bisa melanjutkan dengan memilih warna yang dapat menonjolkan kesan tersebut dengan baik.

konten instagram @elshe.beauty

Hal ini juga dilakukan oleh akun instagram brand @elshe.beauty yang menggunakan warna merah dan coklat tua untuk memberikan kesan elegan dan mewah yang cocok bagi audience untuk wanita dewasa.

Tidak hanya itu, penentuan desain konten instagram juga perlu di dukung dengan analisa target pasar melalui wawancara, survey, atau analisa social media untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai postingan yang anda miliki.

 Anda juga perlu membangun persona untuk konsumen yang anda miliki sehingga memudahkan untuk membuat konten instagram jangka panjang.

Pilih Warna yang Sesuai Untuk Menonjolkan Identitas Brand

Bagi anda yang berlangganan produk tertentu maka akan menemukan warna yang seragam pada produk lain yang pernah dibeli sebelumnya.

Persamaan warna ini digunakan untuk memudahkan konsumen mengenal brand dan produk tertentu serta membedakan dari kompetitor lainnya.

Selain itu, penggunaan warna yang serupa juga menjadi ciri khas bagi sebuah produk tertentu.

Contoh lain yang bisa anda temukan adalah banyaknya brand makanan siap saji yang menggunakan warna merah untuk menggugah selera konsumen dan akhirnya menjadi ciri khas yang mudah diingat oleh banyak orang.

Penggunaan warna di sebuah produk juga bisa anda manfaatkan sebagai warna desain konten instagram sehingga mudah dikenali oleh konsumen.

konten instagram @niveamen_id

Hal ini dilakukan oleh instagram brand @niveamen_id yang menggunakan warna feed instagram biru tua yang memiliki asosiasi dengan warna produk yang dimiliki.

Di sisi lain, penggunaan warna yang selaras ini bisa anda gunakan sebagai template desain konten instagram sehingga akan memudahkan untuk membuat berbagai postingan instagram.

Sehingga jika anda bingung untuk memilih warna desain konten instagam yang sesuai, cukup gunakan saja warna yang dipakai di berbagai produk yang dimiliki.

Ide lainnya untuk membuat desain konten instagram adalah membuat persaman dengan tema bulan tertentu.

Misalnya anda ingin merayakan valentines day dengan produk kecantikan yang anda miliki maka anda bisa menggunakan warna yang sesuai dengan perayaan tersebut, misalnya warna putih, merah muda, atau merah.

Tidka hanya itu, anda juga bisa menggunakan warna yang sesuai dengan warna produk khusus yang baru saja dirilis.

Sehingga konsumen akan mudah membedakan produk satu dengan lainnya hanya dengan melihat warna yang digunakan.

Gunakan Template Desain Konten Instagram

Sebagai seorang kreator instagram biasanya anda akan membuat dan mengunggah satu atau dua konten di hari biasa.

Namun, saat mendekati masa promosi maka anda membutuhkan konten instagram yang lebih banyak untuk mendorong minat konsumen dalam mengenal dan membeli produk yang anda miliki.

Karenanya untuk menghemat waktu yang dimiliki maka anda bisa membuat template desain konten instagram terlebih dahulu sehingga memudahkan membuat postingan instagram secara cepat.

Pembuatan template desain konten instagram ini bisa anda kreasikan di aplikasi edit foto seperti Canva yang menyediakan berbagai template yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Pemakaian template ini juga akan membantu anda dalam membuat postingan instagram yang lebih konsisten dalam jangka waktu lama.

Dalam pembuatan template, anda juga perlu memastikan agar bisa digunakan di berbagai konten instagram yang anda miliki, seperti konten edukasi atau hiburan sehingga masing-masing template memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Pakai Format Konten yang Sesuai

Instagram memiliki berbagai fitur instagram yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan promosi atau hiburan yang berguna bagi penggunanya.

Beberapa diantaranya adalah Instagram feed untuk mengunggah foto, reels untuk konten video pendek, serta story untuk konten jangka pendek.

Berbagai ukuran format yang berbeda-beda juga perlu anda ketahui untuk memudahkan dalam membuat postingan instagram di aplikasi edit foto atau video yang dipilih.

Berikut beberapa ukuran konten instagram yang bisa digunakan sesuai fungsinya :

  • Square : 1080 x1080 (1:1 ratio)
  • Horizontal : 1080 x 608 (16:9 ratio)
  • Potrait : 1080 x 1350 (4:5 ratio)
  • Vertical : 1080 x 1920 (9:16 ratio)

Beberapa aplikasi dan website edit foto sudah memiliki template ukuran instagram sehingga anda tidak perlu bingung mengenai ukuran desain konten instagram yang sesuai.

Gunakan Trik Fotografi yang Sesuai

Saat membuat konten instagram, anda tentunya tidak hanya membuat desain dari animasi atau grafis tertentu.

Namun, diperlukan juga beberapa foto produk yang akan membuat konsumen tertarik untuk membeli serta pengambilan video yang akan membantu mendekatkan diri dengan konsumen yang dimiliki.

Sehingga penting bagi anda menggunakan trik fotografi yang sesuai yang akan membantu dalam pengambilan angel gambar atau video yang tepat.

Hal ini akan membuat foto produk terasa penuh dan membuat penonton fokus pada foto produk bukan dengan sisi lainnya.

Berikut beberapa tips menggunakan trik fotografi yag sesuai untuk mengembangkan desain konten instagram yang menarik :

  • Buat elemen visual sesuai dengan kebutuhan, dimana anda bisa memadukan dengan ukuran, kontras, dan elemen lainnya.
  • Pastikan menempatkan foto produk yang selaras satu sama lain.
  • Masukkan elemen dengan warna, ukuran, serta tekstur yang berbeda sehingga membuat mereka setara satu sama lain.
konten instagram @jcoindonesia

Penggunan komposisi gambar yang tepat juga diguanakan oleh akun instagram brand @jcoindonesia yang menempatkan foto produk di tengah gambar sehingga konsumen akan fokus pada gambar tersebut sebelum akhirnya melihat deskripsi gambar yang diberikan di caption atau postingan.

Tambahkan Typografi yang Menarik 

Saat melihat konten instagram, anda tidak hanya fokus pada pemilihan foto produk serta warna yang sesuai dengan desain konten instagram, namun juga pemilihan gaya tulisan.

Setiap akun instagam brand atau business memiliki jenis tulisan yang berbeda-beda tergantung dari brand image yang ingin ditunjukkan ke target konsumen.

Contohnya saja apabila produk anda memiliki konsumen di usia 30-40 tahun maka anda akan memilih typografi yang tegak dan formal sehingga mudah dibaca oleh konsumen.

Namun apabila anda memiliki produk untuk kalangan remaja maka anda bisa menggunakan gaya tulisan yang lebih variatif.

Sehingga konsumen lebih tertarik untuk membacanya dan mengenal lebih dalam produk yang dimiliki.

Pemilihan typografi juga sebaiknya diiringi dengan warna tulisan agar tidak bertabrakan dengan background konten yang dimiliki.

Instagram sendiri memiliki jenis typografi yag bisa anda pilih dan gunakan pada konten story untuk memudahkan konsumen dalam membaca tulisan konten yang dimiliki.

Namun, anda juga bisa menggunakan typografi yang lebih beragam dengan mengunduhnya di website khusus dan menggunakannya di aplikasi edit foto atau video yang anda miliki.

Sehingga anda memiliki tulisan postingan yang lebih variatif dan membuat pengguna instagram tertarik untuk melihat konten yang anda miliki.

konten instagram @my.am2pm

Penggunaan typografi yang menarik dan unik juga bisa anda temukan di akun instagram @my.am2pm yang menggunakan piihan gaya tulisan yang terkesan klasik namun dengan warna kontras dengan background konten sehingga mudah dibaca oleh orang lain.

Jangan Lupakan Identitas di Halaman Profil Instagram

Meskipun desain konten instagram penting untuk mencuri perhatian konsumen yang belum mengenal produk anda, namun jangan lupakan juga untuk memerhatikan halaman profil instagram.

Hal ini dikarenakan pengguna instagram yang sudah tertarik pada konten anda biasanya akan berkunjung ke profil anda untuk melihat berbagai postingan lainnya.

Sehingga penting bagi anda untuk memaksimalkan halaman profil instagram untuk meningkatkan kepercayaan pada pandangan pertama. 

Beberapa elemen halaman instagram yang perlu anda perhatikan adalah penggunaan foto profil.

Anda bisa menggunakan logo produk sebagai foto profil untuk membuktikan keaslian akun instagram anda.

konten instagram @miraelsugarwax

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram brand @miraelsugarwax yang menggunakan logo produk sebagai foto profil akun social media yang dimiliki.

Namun, apabila anda menggunakan instagram sebagai media ekspresi diri sebagai kreator, maka anda bisa memakan foto diri untuk mengenalkan diri anda ke orang lain.

Pastikan juga penggunaan logo ini digunakan pada berbagai akun social media yang anda miliki untuk membuktikan keasliannya.

Anda juga bisa menambahkan elemen lain untuk menunjukkan keikusertaan pada perayaan tertentu, misalnya penggunaan warna hijau untuk menyambut lebaran atau merah untuk perayaan natal.

Gunakan Kreator yang Tepat

Bagian paling penting dalam membuat desain konten instagram adalah mengetahui konten anda akan dibuat di tangan yang tepat.

Sehingga dibutuhkan kreator yang memiliki kemampuan dalam menggunakan berbagai aplikasi atau website social media serta mengenali desain konten yang sesuai produk anda.

Hal ini tentunya akan membantu konten anda menjadi lebih cantik untuk dilihat serta konsisten setiap hari.

Namun, apabila anda memutuskan untuk membuat desain konten instagram sendiri maka anda sebaiknya melakukan konsultasi pada kreator yang ahli di bidangnya.

Konsultasi ini dilakukan agar konten instagram anda sesuai dengan keinginan audience dan memiliki nilai estetika yang enak dipandang.

Konten yang bagus tentunya akan mengundang banyak orang untuk berkunjung ke akun instagram anda dan mengenal lebih dalam mengenai produk yang anda promosikan.

Buat Konten Social Media yang Variatif

Instagram memiliki berbagai fitur konten variatif yang bisa digunakan sesuai kebutuhan dan keinginan.

Misalnya saja, postingan instagram feed yang bisa digunakan untuk mengunggah foto produk, instagram reels untuk edukasi, atau konten story sebagai media interaksi.

Berbagai jenis konten tersebut akan membuat konsumen betah melihat berbagai postingan yang anda miliki.

Meskipun begitu, terkadang konsumen lebih menyukai jenis konten tertentu sehingga anda bisa fokus pada satu jenis konten saja.

Guna mengetahui jenis konten yang sesuai maka anda bisa melihatnya melalui instagram insight untuk mengetahui postingan yang lebih banyak memancing interaksi dengan konsumen.

Namun, apabila anda baru mengembangkan akun instagram pertama kali maka anda bisa menggunakan berbagai variasi konten instagram untuk menentukan jenis postingan terbaik.

Kemudian anda juga bisa melihat postingan instagram yang diminati oleh konsumen dengan melihat konten yang telah diunggah oleh kompetitor lain dan memiliki interaksi paling tinggi dan viral di kalangan pengguna instagram lainnya.

Contohnya yang dilakukan oleh akun instagram brand @sainthelenoils yang membuat variasi konten instagram dengan campuran reels dan foto sehingga memudahkan pengguna instagram untuk menerima informasi yang berbeda.

Contohnya saja konten reels digunakan untuk menjelaskan cara penggunaan sedangkan konten foto digunakan sebagai media promosi produk.

Perbedaan jenis konten ini akan memudahkan konsumen untuk membaca informasi dengan lebih mudah.

Evaluasi Desain Konten Instagram dengan Rutin

Meskipun anda telah memiliki template desain konten instagram yang konsisten namun penting untuk melakukan evaluasi secara rutin.

Evaluasi ini dilakukan untuk melihat apakah komposisi foto produk sudah sesuai dan selaras satu sama lain.

Selain itu, anda juga perlu melihat keselarasan desain konten instagram satu sama lain sehingga tetap enak dilihat oleh pengguna instagram yang baru pertama kali mengunjungi akun instagram yang anda miliki.

Cara paling mudah untuk melakukan evaluasi desain konten instagram adalah melihat hasil algoritma instagram dalam jangka waktu tertentu.

Berbagai hasil interaksi yang ditunjukkan akan menjadi penentu apakah konten instagram anda diminati oleh konsumen atau perlu dirubah kembali.

Anda juga bisa melakukan evaluasi social media listening dengan mencari nama brand anda di berbagai social media lainnya.

Melalui cara tersebut anda dapat mengetahui pendapat konsumen mengenai konten dan interaksi yang anda lakukan sehingga menjadi evaluasi ke depannya.

Melakukan survey dnegan bertanya melalui form khusus juga akan membantu untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam mengenai konten instagram yang anda miliki.

Manfaatkan Kalender Konten Instagram

Sebagai seorang kreator instagram tentunya anda akan membuat dan mengunggah konten sepanjang tahun.

Mulai dari konten harian yang berisi interaksi dan edukasi dengan konsumen, konten promosi untuk memasarkan produk yang dimiliki, atau konten khusus tertentu.

Semua jenis konten yang akan anda unggah tentunya perlu di kumpulkan dengan baik untuk mengetahui postingan yang akan dan segera diunggah dalam jangka waktu tertentu.

Karenanya anda membutuhkan kalender konten untuk memperhitungkan waktu unggah konten agar tidak terlewat satupun.

Dalam pembuatan kalender konten yang simpel maka anda bisa memanfaatkan template kalender kemudian menuliskan rencana konten yang akan diunggah pada waktu tertenty.

Tidak hanya itu, anda juga perlu menuliskan jenis dan isi konten yang akan diunggah satu sama lain.

Anda juga bisa menggunakan kalender konten yang disediakan oleh website social media manager untuk perencanaan yang lebih matang.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *