11 Ide Instagram Bio Untuk Akun Brand & Kreator
Tampilan instagram bio yang menarik akan memberikan alasan bagi pengguna instagram untuk mengikuti akun anda dan memahami brand yang dikembangkan.
Instagram menjadi salah satu sosial media yang banyak digunakan oleh brand produk dan layanan untuk memasarkan usahanya.
Hal ini dikarenakan instagram memiliki berbagai fitur menarik yang mampu meningkatkan interaksi dengan pengikutnya serta mempromosikan produk dengan lebih baik.
Salah satu daya tarik dari akun instagram brand selain konten dan interaksi yang dilakukan adalah instagram bio yang lengkap.
Dimana kreator dapat mendiskripsikan brand usaha yang sedang dijalankan, sehingga membantu konsumen untuk mengenali produk dengan mudah dan cepat.
Sehingga untuk menarik minat target audience yang dituju, maka kreator perlu membuat instagram bio yang mudah dipahami dan memikat pada pandangan pertama.
Karenanya berikut beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk membuat instagram bio bagi akun brand dan kreator.
Apa Itu Instagram Bio
Sebuah konten instagram yang menarik dan muncul berulang kali, biasanya akan membuat pengguna instagram tertarik untuk membuka profil instagram tersebut.
Tampilan pertama yang anda akan lihat tentunya instagram bio yang berisi deskripsi singkat mengenai produk dan layanan yang dimiliki, sehingga menjadi alasan sendiri bagi pengguna instagram untuk mengikutinya.
Sebenarnya apa sih instagram bio tersebut dan pentingnya bagi kreator instagram?
Instagram bio merupakan kolom khusus yang berada di profil instagram yang berisi 150 kata dan dapat membantu mendeskripsikan akun instagram anda dengan baik.
Keterbatasan kata instagram bio membuat kreator harus berfikir kreator agar kalimat yang digunakan dapat mendeskripsikan akun dengan jelas dan singkat.
Misalnya saja menggunakan kata kunci yang tepat, sehingga akun instagram anda mudah dimengerti oleh pengguna instagram dan dapat ditemukan di halaman pencarian.
Selain itu, penggunaan emoticon serta instagram hashtag khusus juga dapat membantu optimasi instagram bio agar memiliki tampilan yang lebih menarik.
Penggunaan instagram bio secara maksimal juga dilakukan oleh akun instagram brand @mayoutfit yang menggunakan kolom tersebut untuk menjelaskan produk yang dijual serta tempat untuk melihat produk yang bisa dibeli oleh konsumen.
Sehingga pengguna instagram yang baru mengikuti akun anda bisa mengetahui cara membeli barang yang diinginkan dengan mudah dan cepat.
Cara Membuat Instagram Bio Menarik
Salah satu tantangan dalam mengembangkan akun instagram brand adalah membuat instagram bio yang tepat dan dapat membuat audience tertarik untuk mengikuti akun instagram yang anda miliki.
Selain itu, instagram bio juga sebaiknya mengandung berbagai informasi singkat dan jelas, sehingga membuat audience memahami produk dan layanan yang dimiliki dalam sekejap.
Karenanya berikut beberapa tips cara membuat instagram bio yang menarik bagi akun brand serta kreator.
Gunakan Kata Kunci yang Sesuai
Banyaknya akun instagram yang berbeda-beda di instagram, membuat pengguna menggunakan fitur pencarian untuk menemukan akun instagram yang diinginkan.
Caranya adalah dengan mengetikkan kata kunci atau tagar tertentu di halaman pencarian, dan kemudian anda akan menemukan akun atau konten yang anda inginkan.
Karenanya menggunakan kata kunci atau tagar tertentu di halaman pencarian, juga dapat membantu meningkatkan peluang bagi akun anda untuk ditemukan oleh audience potensial yang tertarik pada produk dan layanan yang anda berikan.
Namun, dalam memasukkan kata kunci atau tagar yang relevan di kolom instagram bio, maka anda perlu menemukan kombinasi yang tepat.
Pertama adalah mengetahui kata kunci yang dapat mendeskripsikan produk dan layanan anda dengan jelas.
Misalnya, apabila akun instagram brand anda bergerak di bidang pengembangan akun sosial media, maka anda bisa menambahkan kata kunci seperti digital marketing atau optimasi sosial media di kolom instagram bio, sehingga sesuai dengan layanan yang anda miliki.
Kedua adalah anda bisa memasukkan tagar yang berkaitan dengan promosi produk, testimoni, atau berbagai campaign yang anda jalankan.
Cara ini dilakukan oleh akun instagram brand @indomaret yang mengisi kolom instagram bio dengan berbagat hashtag yang relevan dengan promosi dan program yang sedang dijalankan, sehingga memudahkan konsumen yang ingin mencari tahu mengenai brand tersebut lebih dalam dengan mudah.
Tulis Instagram Bio dengan Jelas
Setelah menemukan kata kunci dan tagar yang sesuai, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memasukkannya ke instagram bio.
Dimana anda bisa menuliskan usaha yang sedang anda jalankan serta solusi yang ditawarkan, sehingga konsumen bisa menentukan apakah brand anda dapat memberikan solusi melalui produk dan layanan yang dimiliki.
Selain itu, konsumen juga bisa melakukan ajakan yang anda minta, seperti membuka halaman website atau mengikuti akun sosial media lain yang dimiliki.
Namun, dalam penulisan instagram bio, anda juga perlu memastikan bahwa pilihan kata yang ditulis sudah sesuai, sehingga tidak melebihi batas ambang yang diberikan oleh instagram bio.
Beberapa topik yang bisa anda masukkan ke dalam instagram bio diantaranya adalah :
Layanan yang diberikan : Apabila anda memiliki keahlian di bidang tertentu dan hendak mempromosikannya ke khalayak luas, maka pastikan instagram bio anda mengandung kata kunci sesuai dengan keahlian yang anda miliki.
Pengalaman dan Kemampuan : Membagikan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki di instagram bio, akan membuat halaman profil instagram terlihat lebih profesional, dan membangun kepercayaan ke target audience yang hendak mencari tahu layanan yang anda tawarkan.
Hobi dan minat : apabila anda menggunakan akun instagram untuk menjadi influencer, maka pastikan untuk menulis minat dan hobi yang disukai di kolom instagram bio, sehingga anda dapat bertemu dengan pengguna instagram yang memiliki minat dan hobi yang sama.
Gunakan brand voice : penambahan brand voice dengan sentuhan humor dapat memudahkan konsumen untuk mengenali akun instagram dengan mudah dan cepat.
Di sisi lain, penambahan humor akan memberikan sentuhan pribadi sehingga produk anda lebih dekat dengan konsumen.
Cara ini juga dilakukan oleh akun instagram @starbuck yang menggunakan brand voice dengan sentuhan personal yang hangat.
Tambahan Emoticon yang Menarik
Penggunaan emoticon biasanya digunakan di kolom chat agar membuat komunikasi menjadi lebih akrab dan dekat.
Di sisi lain, penggunaan emoticon juga bisa digunakan di kolom instagram bio untuk mendekatkan diri dengan target audience.
Tidak hanya itu, pemilihan emoticon yang sesuai juga dapat menghemat kata namun dapat memberikan arti yang mendalam bagi penggunanya.
Tentunya emoticon yang dipilih juga sebaiknya dapat mencerminkan brand anda dengan baik, sehingga dapat meningkatkan profesionalitas.
Anda juga perlu memastikan bahwa emoticon yang dipilih tidak mengandung makna ganda yang dapat membuat pengguna bingung untuk memahami makna emoticon yang digunakan.
Beberapa tips yang bisa digunakan untuk menggunakan emoticon di instagram bio adalah:
- Kombinasikan beberapa kata yang bisa dijelaskan melalui emoticon
- Gunakan emoticon untuk memberikan makna pada akun instagram
- Pastikan emoticon relevan dengan brand dan memberikan nilai pada instagram bio
- Tambahkan beberapa kata yang sesuai setelah emoticon sehingga tidak menimbulkan kebingungan di mata pengguna instagram
- Gunakan berbagai emoticon yang menarik sehingga tampilan instagram bio menjadi lebih cantik
Penambahan emoticon di instagram bio juga dilakukan oleh akun @sociolla yang menambahkan beberapa emoji yang relevan sehingga mempercantikan tampilan profil instagram.
Tambahan Hashtag yang Relevan
Saat sedang melakukan promosi campaign tertentu, maka kreator instagram juga biasanya menggunakan tagar khusus yang diciptakan untuk promosi.
Penggunaan instagram hashtag yang relevan akan memudahkan promosi ke target audience.
Selain itu , pemakaian instagram hashtag khusus ini juga memudahkan konsumen untuk mengetahui pembaruan promosi yang dilakukan, sehingga tidak ketinggalan acara tertentu.
Penggunaan tagar juga dipercaya dapat meningkatkan jumlah interaksi, dimana konsumen juga akan menggunakan tagar yang sama setelah menggunakan produk terbaru dan mengulaskan di akun sosial media.
Sehingga, semakin banyak orang yang menggunakan tagar tersebut, maka akan membantu promosi menjadi lebih maksimal.
Sayangnya, tidak semua pengikut mengetahui promosi yang sedang dilakukan, karena adanya konten terbaru yang diunggah setiap hari.
Guna mengatasi masalah tersebut, maka kreator bisa menambahkan tagar terbaru di kolom instagram bio agar lebih mudah ditemukan oleh pengikut yang baru membuka akun anda.
Agar tampilan instagram hashtag menjadi lebih menarik, maka anda bisa menambahkan tagar dengan kalimat promosi, sehingga audience mengetahui promosi yang sedang dilakukan.
Pastikan juga untuk menghapus dan memperbarui tagar setelah masa promosi selesai, agar pengikut anda mengetahui akhir dari promosi tersebut.
Penyematan instagram hashtag yang sesuai dengan campaign promosi juga dilakukan oleh akun instagam brand @somethincmakeup, dimana saat anda melakukan klik pada tagar tersebut maka anda dapat melihat berbagai konten yang relevan dengan promosi.
Cara ini dapat membantu memaksimalkan promosi produk ke mata konsumen yang ingin mengenal lebih dalam mengenai barang tersebut.
Berikan Call to Action
Kolom instagram bio menjadi tempat terbaik yang bisa digunakan untuk mengajak konsumen melakukan berbagai kegitan promosi yang dilakukan.
Hal ini biasa dilakukan mengingat kolom instagram bio menjadi tempat pertama yang dilihat oleh pengguna instagram saat membuka akun tertentu.
Sehingga banyak kreator instagram yang menggunakan kolom ini sebagai media promosi yang efektif.
Anda bisa menambahkan kalimat call to action yang berisi ajakan untuk melakukan kegiatan tertentu beserta caranya.
Cara ini akan membantu konsumen agar tidak merasa bingung untuk mengetahui langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan layanan tertentu.
Misalnya saja saat anda sedang mengadakan promosi produk tertentu, maka anda bisa mengarahkan konsumen untuk masuk ke website atau link tersebut untuk mengambil bonus yang diinginkan.
Sehingga konsumen bisa langsung mengaksesnya tanpa perlu merasa kebingungan di awal.
Anda juga bisa menambahkan tagar atau link website agar komunikasi dua arah bisa berjalan lancar.
Akun instagram brand @finansialku juga menggunakan kalimat call to action yang membantu konsumen yang ingin mengakses berbagai layanan yang dimiliki.
Biasanya kalimat tersebut ditaruh di akhir caption yang akan mengarah ke link website, sehingga memudahkan konsumen untuk mengakses halaman yang diinginkan.
Tambahkan Lokasi
Bagi usaha kecil yang memiliki akun instagram brand, maka penting bagi anda untuk menambahkan tag lokasi yang memudahkan konsumen dalam mengakses toko yang anda miliki.
Untungnya saja instagram bio memiliki fitur lokasi dimana anda bisa menambahkan tempat berjualan dengan mudah dan cepat.
Kreator bisa menambahkan alamat lokasi lengkap di kolom tag, sehingga memudahkan calon konsumen untuk mencari tempat tersebut melalui Google Maps.
Keuntungan dalam memanfaatkan tag lokasi adalah tidak tergabung dengan limit kata instagram bio, sehingga memudahkan anda untuk menulis alamat toko dengan lengkap.
Meskipun begitu, anda perlu memastikan bahwa penulisan alamat sesuai sehingga mudah dicari oleh konsumen.
Akun instagram brand @alfamart juga menggunakan tag lokasi untuk menandai tempat perusahaan tersebut, sehingga tampilan instagram bio terlihat profesional dan meyakinkan.
Menarikanya lagi, lokasi tersebut bisa di klik dan mengarahkan konsumen ke alamat yang dimiliki melalui google maps atau aplikasi pesan antar.
Manfaatkan Link Website
Kemudahan dalam melakukan belanja secara daring menjadikan aktivitas ini lebih sering dilakukan melalui handphone dibandingkan secara langsung.
Kebiasaan baru ini juga menguntungkan bagi sebagian besar brand, karena anda bisa melakukan transaksi melalui website brand atau akun marketplace yang dimiliki.
Guna mendukung kebiasan konsumen, maka anda bisa memasukkan berbagai akun sosial media, marketplace, serta website di kolom link instagram bio.
Cara ini tentunya memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi setelah melihat berbagai produk yang ditawarkan.
Di sisi lain, banyaknya akun sosial media dan marketplace yang dimiliki menjadi kesulitan bagi kreator instagram.
Guna mengatasi masalah tersebut maka anda bisa memanfaatkan website khusus yang dapat menggabungkan berbagai link dalam satu tempat khusus.
Sehingga saat konsumen melakukan klik pada link tersebut maka mereka akan dibawa ke dalam halaman baru berisi informasi mengenai brand yang sedang diikuti.
Penggunaaan link website juga digunakan oleh akun instagram brand @skintific yang menambahkan link khusus dimana konsumen bisa melakukan transaksi pembelian produk yang diinginkan dengan cepat.
Sehingga konsumen tidak perlu mencarinya di berbagai akun marketplace yang tentunya akan memakan banyak waktu.
Berikan Contact Person
Bagi influencer instagram yang memiliki banyak pengikut dan pengaruh yang besar, maka tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan kolaborasi promosi produk dari brand tertentu.
Sehingga untuk membuka peluang kolaborasi tersebut maka ada baiknya untuk menaruh contact person di kolom instagram bio.
Cara ini akan memudahkan sebuah brand untuk menghubungi anda apabila hendak mengajak kolaborasi promosi produk.
Di sisi lain, penggunaan contact person juga bisa digunakan oleh tempat makan yang membuka layanan reservasi.
Dimana konsumen bisa menghubungi nomor yang tertera untuk memesan tempat yang diinginkan sebelum waktunya.
Pastikan contact person bisa diakses melalui link agar memudahkan konsumen untuk menghubungi nomor yang diberikan dengan mudah dan cepat.
Ide Instagram Bio Untuk Akun Brand dan Kreator
Bingung memilih instagram bio yang dapat memikat hati pengguna instagram? Berikut beberapa ide instagam bio yang bisa digunakan pada akun instagram brand atau kreator.
Instagram Bio Lucu
Penambahan unsur komedi pada instagram bio akan membantu sebuah brand dalam mengakrabkan diri dengan target audience yang diinginkan.
Cara ini juga membantu pengguna instagram untuk lebih tertarik pada akun instagram brand atau kreator.
Anda bisa membuat instagram bio yang menjelaskan akun anda secara singkat namun tetap menambahkan unsur humoris.
Misalnya yang dilakukan oleh akun instagram kreator @bapak2id yang menuliskan deskripsi bahwa akun tersebut bagi kalangan bapak-bapak namun menolak untuk dibilang lebih muda karena faktor usia.
Meskipun terkesan simpel namun cara ini bisa mengundang senyum bagi pengguna instagram yang membacanya.
Instagram Bio Quote
Kata-kata mutiara yang dipasang di instagram bio sudah menjadi tampilan yang dilakukan oleh banyak pengguna instagram.
Pemberian quote yang nampak bijak atau menantang juga dapat memberikan kesan sendiri bagi akun instagram yang akan diikuti.
Selain itu, anda juga bisa menggunakan quote yang mencerminkan perasaan yang dituangkan pada akun instagram.
Sehingga pastikan anda memilih quote yang dapat mencerminkan akun instagram anda dengan baik.
Misalnya saja adalah akun instagram anda bergerak di bidang motivasi, maka menggunakan kalimat motivasi juga bisa menjadi pilihan yang tepat, sehingga akun ada terlihat profesional.
Anda juga bisa menggunakan quote di instagram bio menggunakan penggalan puisi atau lagu yang anda sukai sehingga terlihat menarik di mata pengguna instagram.
Instagram Bio Kreatif
Kolom instagam bio mungkin hanya membatasi jumlah kata hingga 150 karakter, namun ini tidak menjadi alasan bagi anda untuk membtasi kreativitas dalam membuat instagram bio.
Penggunaan instagram bio kreatif juga digunakan oleh akun instagram brand @netflixid yang hanya menggunakan simbol tertentu yang mengarahkan pada link youtube dimana konsumen bisa mengakses konten-konten yang dimiliki.
Penggunaan instagram bio kreatif akan lebih maksimal apabila anda menggunakan emoticon atau simbol khusus yang dapat mencerminkan akun instagram anda dengan baik.
Sumber :
Responses