tiktok creator marketplace

Tiktok Creator Marketplace : Cara Baru Dapat Uang di Tiktok

Temukan cara baru mendapatkan uang dari tiktok dengan memanfaatkan tiktok creator marketplace.

Tiktok tidak hanya menjadi social media dengan pertumbuhan konten dan pengguna, namun juga menjadi tempat promosi secara digital bagi banyak pelaku usaha.

Hal ini dikarenakan banyaknya konten ulasan produk yang tidak hanya berasal dari kreator, namun juga pengguna tiktok sendiri.

Sehingga memungkinkan sebuah produk untuk mendapatkan ketenaran lebih cepat berkat testimoni dari pengguna tiktok.

Fakta ini juga di dukung oleh survey dari Adweek yang menyatakan bahwa 49% pengguna tiktok membeli produk tertentu setelah mereka melihat ulasannya di Tiktok.

Hal ini juga dibantu dengan adanya tiktok creator marketplace yang memberikan kesempatan bagi kreator yang ingin melakukan kolaborasi dengan brand tertentu.

Sehingga mereka tidak hanya membuat konten yang disukai namun memiliki peluang untuk mendapatkan uang dari tiktok.

Di sisi lain, melakukan kolaborasi dengan influencer tiktok juga menguntungkan bagi sebuah brand, mengingat mereka dapat menjangkau audience yang lebih luas serta menampilkan produk mereka dengan cara yang efektif.

Anda juga tidak perlu bingung memilih influencer tiktok yang sesuai, karena anda bisa menemukan berbagai macam kreator yang bergerak di bidang yang berbeda dan sesuai dengan industri yang anda jalankan.

Apabila anda tertarik menggunakan layanan tiktok creator marketplace, maka ketahui dulu cara kerja dan bergabung di fitur ini.

apa itu tiktok creator marketplace

Pengertian Tiktok Creator Marketplace

Banyaknya pengguna tiktok yang berubah haluan menjadi kreator dengan berbagai topik yang menarik, serta minat brand yang tinggi untuk melakukan kolaborasi dengan influencer tiktok, menjadikan platform ini memberikan layanan khusus untuk menjembatani kebutuhan tersebut.

Di tahun 2019, social media ini meluncurkan layanan tiktok creator marketplace yang memungkinkan sebuah brand dan influencer saling terhubung satu sama lain.

Hal ini akan memudahkan sebuah brand untuk menemukan influencer tiktok yang dapat membantu menyukseskan promosi campaign yang akan diadakan oleh sebuah brand di Tiktok.

Selain itu, brand tersebut juga dapat melakukan komunikasi dengan influencer tiktok mengenai pembayaran, peraturan, serta jenis konten yang akan diunggah di depan audience, sehingga kedua belah pihak akan mendapatkan hasil yang menguntungkan satu sama lain.

Sedangkan bagi influencer tiktok, mereka dapat memilih jenis pembayaran yang dapat dipilih, seperti harga rata yang dicantumkan, peraturan pembuatan dan mengunggah konten, serta produk yang bisa disetujui untuk dipromosikan di akun tiktok mereka.

Beberapa informasi yang akan di dapatkan oleh sebuah brand saat mengakses layanan tiktok creator marketplace adalah jumlah interaksi dan demografi dalam jangka waktu tertentu, sehingga menjadi pertimbangan dalam mengajak influencer tiktok saat mengadakan kolaborasi promosi tertentu.

SJYPWbFcTYSTpsnoFFEg

Keuntungan Tiktok Creator Marketplace

Dengan meningkatnya popularitas Tiktok, layanan tiktok creator marketplace menjadi opsi yang menarik bagi pelaku usaha untuk menjangkau target audience yang lebih luas.

Sehingga layanan tiktok creator marketplace memberikan keuntungan yang tidak pernah anda bayangkan sebelumnya.

Tiktok Menjadi Social Media Berpengaruh di Internet

Tiktok telah menjadi fenomena social media yang mendunia, berkat konten video pendek yang digandrungi oleh banyak orang.

Dengan pengguna aktif yang mencapai satu miliar lebih, menjadikan social media ini bersanding bersama Facebook dan Instagram sebagai platform komunikasi yang banyak digunakan oleh banyak pengguna internet.

Hal ini berarti Tiktok juga bisa digunakan sebagai tempat untuk menjangkau audience yang lebih luas melalui pendekatan influencer marketing.

Apabila anda hendak melakukan promosi di Tiktok, maka menggunakan layanan tiktok creator marketplace bisa menjadi pilihan utama.

Kemudahan Akses dengan Influencer Tiktok di Seluruh Dunia

Jumlah pengguna Tiktok yang sangat banyak dan tersebar di seluruh dunia, memungkinkan anda untuk bertemu dengan infleuncer di belahan negara lain yang membahas topik industri tertentu,

Keberagaman ini juga memungkinkan anda untuk melakukan campaign promosi internasional dengan melakukan kolaborasi dengan influencer tiktok luar negeri.

Guna menemukan influencer tiktok luar yang memiliki pengaruh yang efektif, maka anda juga bisa menggunakan layanan tiktok creator marketplace.

Dimana anda akan menemukan berbagai informasi mengenai influencer tiktok yang sesuai, mulai dari topik yang dibahas, konten yang disuguhkan, serta performa akun tiktok pada jangka waktu tertentu.

Hal ini akan menjadi pertimbangan bagi pelaku usaha untuk memilih influencer tiktok mancanegara saat akan melakukan promosi di luar negeri.

Anda juga akan mendapatkan kemudahan dalam menjangkau influencer tiktok luar negeri yang diinginkan, dengan menghubungi mereka melalui template pesan tertentu yang memudahkan komunikasi dua arah.

Brand Awareness yang Lebih Baik

Sebuah brand yang baru saja muncul di pasaran tentunya memiliki tujuan awal untuk membangun keberadaan yang baik di mata konsumen.

Cara ini dilakukan tidak hanya dengan mengunggah konten tiktok yang berkaitan dengan brand dan produk tertentu, namun juga melakukan kolaborasi dengan influencer tiktok yang berpengaruh.

Hal ini dikarenakan influencer tiktok telah memiliki citra yang baik di hadapan penggemarnya, sehingga bisa anda ajak kolaborasi promosi produk dan brand baru yang anda miliki.

Tiktok creator marketplace merupakan tempat yang tepat untuk membangun brand awareness, dimana anda bisa melakukan kerjasama dengan influencer yang memiliki banyak pengikut serta berpengaruh di Tiktok.

Sehingga anda bisa menjangkau target audience yang tertarik pada brand dan produk yang tengah anda kembangkan.

Tidak hanya itu, apabila anda memiliki rencana untuk memperluas jangkauan audience secara internasional, maka anda bisa memanfaatkan tiktok creator marketplace sebagai tempat promosi secara internasional.

Dimana anda bisa memilih influencer tiktok luar negeri yang memiliki pengikut yang banyak serta berpengaruh di negaranya.

Sehingga anda tidak perlu khawatir akan memilih influencer yang tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan promosi.

Tiktok Creator Marketplace Mudah Diakses 

Cara penggunaan Tiktok creator marketplace juga cukup mudah, anda hanya cukup mengakses website tersebut kemudian mengisi beberapa data diri yang dibutuhkan.

Kemudian anda perlu mengisi campaign promosi yang akan ditayangkan, informasi ini akan membantu tiktok memilih influencer yang cocok dengan industri serta tujuan promosi yang anda inginkan.

Kemudian tiktok creator marketplace akan memberikan berbagai rekomendasi influencer yang bisa anda pilih sesuai kesukaan audience serta kebutuhan promosi.

Apabila anda sudah memilih influencer yang sesuai, maka anda bisa menghubungi mereka melalui layanan direct message yang akan membantu negosiasi kolaborasi promosi produk tertentu.

Selanjutnya anda tinggal melakukan kolaborasi promosi produk yang dibutuhkan, misalnya memberikan arahan konten serta mengirimkan produk yang akan dipromosikan di akun tiktok mereka.

Keberagaman Data Influencer Tiktok yang Lengkap

Salah satu kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha adalah kurangnya informasi mengenai performa influencer tiktok.

Misalnya saja kinerja konten mereka dalam jangka waktu tertentu serta interaksi yang dilakukan dengan pengikutnya.

Padahal berbagai informasi tersebut sangat penting untuk menentukan apakah influencer tiktok tersebut memiliki kualifikasi yang diinginkan atau memilih influencer tiktok yang lainnya.

Masalah ini ditangkap dengan baik oleh tiktok sehingga meluncurkan layanan tiktok creator marketplace.

Dimana layanan ini akan memberikan informasi mengenai kinerja influencer tiktok dalam jangka waktu tertentu melalui konten yang diunggah serta interaksi yang dilakukan dengan pengikutnya.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menemukan berbagai micro influencer tiktok yang belum pernah anda dengan sebelumnya namun memiliki kinerja yang lebih baik serta kedekatan dengan pengikutnya.

Sehingga bisa anda gunakan untuk kolaborasi promosi yang tidak terlalu memakan biaya namun dengan hasil yang luar biasa.

V3FmnttjQBq3VUibLqDu

Cara Bergabung dengan Tiktok Creator Marketplace

Layanan tiktok creator marketplace tidak hanya bisa digunakan sebuah brand untuk menemukan influencer tiktok yang sesuai,.

Namun, influencer juga bisa menggunakan layanan ini untuk mempromosikan akun tiktok dan kontennya ke brand yang berminat.

Karenanya berikut tutorial menggunakan tiktok creator marketplace bagi influencer dan brand.

Tiktok Creator Marketplace untuk Influencer

Langkah pendaftaran di tiktok creator marketplace sebagai influencer akan membutuhkan waktu lama, dimana anda perlu melewati berbagai kriteria yang telah ditentukan oleh Tiktok sebelumnya.

Karenanya influencer sebaiknya memiliki jumlah pengikut yang cukup, aktif melakukan interaksi dengan pengguna tiktok, serta memastikan untuk tidak melanggar peraturan tiktok dari konten yang anda buat sebelumnya.

Dengan menjadi kreator yang baik di Tiktok, tentunya akan membuka kesempatan bagi anda untuk menjadi bagian dari tiktok creator marketplace untuk mendapatkan penawaran kolaborasi dari brand tertentu.

Tiktok Creator Marketplace untuk Brand

Di sisi lain, apabila sebuah brand akan bergabung dengan tiktok creator marketplace, maka mereka lebih memiliki kemudahan yang lebih mudah.

Dimana sebuah marketer hanya perlu mengisi berbagai informasi yang dibutuhkan di form pendaftaran, setelah semua informasi diisi dengan benar, maka Tiktok akan memverifikasi akun anda, sehingga bisa digunakan untuk mencari influencer tiktok yang dibutuhkan.

Setelah itu, anda bisa menggunakan berbagai tools yang disediakan oleh Tiktok untuk mencari influencer yang sesuai menggunakan fitur filter.

Dimana anda bisa mengecek lokasi influencer yang sesuai serta topik yang sesuai dengan industri yang anda jalankan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan filter untuk menentukan jumlah pengikut yang dituju, semakin banyak jumlah pengikut yang dipilih, tentunya akan menentukan jumlah biaya yang dikeluarkan untuk promosi melalui influencer marketing.

Selain itu, anda juga disuguhkan referensi konten tiktok yang telah dibuat oleh influencer tiktok, sehingga bisa menjadi penentuan apakah influencer tersebut memiliki selera yang sama dengan anda.

Pastikan anda memilih influencer tiktok berdasarkan kebutuhan serta cara mereka melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Setelah anda menemukan influencer tiktok yang diinginkan, maka anda bisa memulai kolaborasi promosi dengan menghubungi mereka serta menyebutkan nama brand dan produk yang perlu dipromosikan oleh influencer tersebut.

Pastikan juga untuk menyebutkan kolaborasi promosi yang ingin anda lakukan, apakah hanya berupa mengirimkan produk tertentu atau promosi produk dengan bayaran yang setimpal.

Anda juga bisa bertanya apakah influencer tersebut bersedia melakukan promosi di waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Hal ini dikarenakan biasanya influencer tiktok telah memiliki jadwal promosi yang padat, sehingga mereka hanya bersedia melakukan kolaborasi di waktu yang kosong.

Apabila influencer tersebut setuju, maka anda bisa mengirimkan detail kolaborasi yang lebih lengkap.

tips menemukan influencer di tiktok creator marketplace

Tips Menemukan Influencer di Tiktok Creator Marketplace

Kolaborasi dengan influencer tiktok  bisa menjadi aset terbaik bagi brand anda, karena dapat menjangkau audience yang lebih luas dengan maksimal.

Namun, anda juga perlu memahami bagaimana cara melakukan kerjasama dengan influencer tiktok agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Karenanya berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk melakukan kolaborasi dengan influencer tiktok.

Pastikan Tujuan Promosi

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan kerjasama dengan influencer tiktok adalah mengenal tujuan promosi yang akan dilakukan oleh mereka.

Apakah anda hendak melakukan promosi untuk meningkatkan jumlah pengikut, promosi produk, atau menaikkan brand awareness di mata pengguna tiktok.

Tidak hanya itu, tiktok creator marketplace juga akan meminta anda untuk memilih campaign yang sesuai dengan kebutuhan untuk terhubung dengan influencer tiktok yang diinginkan.

Di sisi lain, dengan memaparkan tujuan promosi ke influencer tiktok juga akan membantu mereka untuk membuat konten yang sesuai kebutuhan dan dikolaborasikan dengan pembawaan yang sesuai.

Berikan Instruksi dan Arahan yang Jelas

Saat melakukan kolaborasi promosi dengan influencer social media, pastikan juga untuk memberikan instruksi yang jelas.

Mulai dari kostum yang ingin dipakai, jenis konten yang ingin disuguhkan, serta penyampaian kepada audience.

Hal ini dikarenakan influencer biasanya memiliki standar sendiri dalam membuat konten yang mungkin saja berbeda dengan keinginan.

Pastikan juga arahan tidak memiliki makna yang berbeda sehingga membuat kreator merasa kebingungan.

Anda juga perlu menulis waktu unggah konten agar influencer tiktok dapat menyesuaikan waktu tersebut dengan konten yang biasa mereka unggah setiap hari.

Pemberian instruksi yang jelas tentunya akan menghasilkan konten yang sesuai keinginan dalam sekali pembuatan sehingga tidak memakan banyak waktu untuk melakukan revisi konten yang tidak kunjung selesai.

Berikan Ulasan yang Membangun

Setelah melakukan kolaborasi promosi produk atau brand, anda tentunya akan merasakan berbagai yang baik atau kurang menyenangkan.

Misalnya saja kreator membalas pesan terlalu lama atau hasil konten yang tidak diunggah di waktu yang ditentukan meskipun anda sudah memberikan brief yang jelas.

Sebagai klien, anda juga bisa menyampaikan kritik dan saran yang membangun bagi influencer tiktok ke depannya.

Sehingga mereka dapat memberikan hasil konten yang lebih baik untuk klien lain yang tertarik melakukan kolaborasi promosi dengan mereka.

Anda bisa memberikan ulasan menggunakan bahasa yang baik dan sopan, sehingga mereka menerima  saran anda dengan baik.

Apabila hasil dari influencer tiktok sudah sesuai keinginan, maka anda bisa menggunakannya untuk kolaborasi promosi campaign lainnya.

Persiapkan Budget Promosi yang Mencukupi

Bagian paling penting dalam melakukan kolaborasi promosi dengan influencer social media adalah menyediakan budget promosi yang mencukupi.

Anda tentunya ingin melakukan kerja sama dengan influencer tiktok terkenal, memiliki pengaruh yang besar, serta jumlah pengikut yang sangat banyak.

Sayangnya influencer tersebut tentunya memberikan rating harga yang tinggi melihat pengaruh serta jumlah pengikut yang dimiliki.

Sehingga apabila budget promosi yang dimiliki tidak terlalu banyak, maka anda bisa memilih mikro influencer tiktok yang memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak namun pengaruh yang besar.

Untungnya saja, Tiktok creator marketplace memiliki fitur khusus yang dapat menyaring influencer tiktok berdasarkan jumlah pengikut, sehingga anda dapat memilih influencer dengan harga yang lebih terjangkau.

Selain itu, anda juga bisa memilih metode pembayaran yang disediakan oleh influencer, seperti pembayaran dimuka, pembayaran langsung, atau penukaran produk.

Pada pembayaran di muka, maka kreator akan membuat konten setelah anda mengirimkan biaya promosi dengan jumlah tertentu yang telah disepakati sebelumnya.

Kemudian pelunasan pembayaran akan diberikan setelah kreator mengunggah konten di waktu yang telah ditentukan.

Cara ini bisa menjadi penjamin bahwa kreator akan bertanggung jawab membuat dan mengunggah konten sesuai waktu yang ditentukan dan memberikan hasil yang terbaik.

Kedua adalah pembayaran langsung dimana anda memberikan biaya promosi sesuai biaya yang telah ditentukan sebelumnya.

Jenis pembayaran ini biasanya ditemukan saat anda melakukan promosi jangka panjang selama campaign tersebut berjalan serta kreator akan melakukan berbagai instruksi yang anda inginkan sesuai dengan budget yang diberikan.

Di sisi lain, biaya promosi bisa saja bertambah apabila anda meminta instruksi tambahan diluar kesepakatan, sehingga anda perlu mempertimbangkan kolaborasi secara matang.

Terakhir adalah penukaran produk, dimana anda mengirimkan produk yang akan dipromosikan ke influencer tertentu dan meminta mereka untuk mempromosikannya.

Pada proses kolaborasi ini biasanya kreator akan membuat konten promosi sesuai keinginan, namun anda bisa memberikan instruksi berupa penjelasan produk guna membanu menghasilkan konten yang diinginkan.

Ketahui Tujuan Promosi dengan Baik

Kolaborasi promosi yang berjalan baik dan mendapatkan hasil yang sesuai keinginan, tentunya masih perlu di cek tingkat keberhasilannya.

Sehingga anda bisa menentukan apakah menggunakan influencer tersebut di lain waktu atau mengganti dengan orang lain.

Guna mengecek kesuksesan kolaborasi promosi, maka anda bisa meminta hasil insight konten promosi anda.

Sehingga anda bisa membandingkan hasil promosi dengan ekspektasi yang dibayangkan.

Apabila terjadi kekurangan hasil yang diinginkan, maka anda bisa mencar faktor kekurangan tersebut.

Misalnya saja instruksi yang terlalu ketat sehingga mempersulita kreator untuk membuat konten yang disukai oleh penonton atau jenis produk yang memang kurang disukai oleh penonton.

Berbagai informasi tersebut bisa menjadi evaluasi kerja sama ke depannya serta menjadi pertimbangan untuk melakukan kolaborasi dengan kreator tersebut.

Sedangkan apabila anda melakukan kolaborasi untuk menambah jumah kunjungan ke website brand atau akun marketplace tertentu maka anda bisa mengecek jumlah pengunjung setelah konten promosi diunggah.

Apabila jumlah pengunjung meningkat drastis maka menjadi penanda bahwa promosi berhasil.

Selain itu, anda juga bisa melihat dari antusiasme penonton dengan melihat jumlah komentar yang masuk.

Apakah mereka lebih banyak membahas dengan penampilan kreator atau produk yang dipromosikan.

Apabila lebih banyak komentar yang penasaran mengenai produk tersebut maka menjadi penanda bahwa mereka telah tertarik pada produk anda, sehingga membuka peluang untuk mendapatkan konsumen yang potensial.

Tidak hanya itu, apabila anda mengajak kolaborasi promosi dengan influencer tiktok menggunakan tiktok ads, maka anda juga akan mendapatkan informasi dari insight iklan yang bisa menjadi pengukuran kesuksesan promosi.

Bangun Hubungan dengan Influencer Tiktok

Setelah kolaborasi promosi dengan influencer tiktok sudah selesai, maka biasanya anda akan mendapatkan jumlah pengikut lebih banyak yang berasal dari influencer tersebut.

Hal ini menjadi penanda bahwa pengikut anda masih memiliki hubungan dengan influencer tersebut yang bisa anda manfaatkan dengan baik.

Misalnya saja memberikan komentar pada beberapa konten tiktok yang mereka unggah dan sesuai dengan gaya konten anda.

Sehingga pengikut anda juga melihat interaksi tersebut dan mendukung hubungan yang baik tersebut.

Interaksi tersebut tentunya akan membangun hubungan baik dengan influencer tersebut yang bisa diteruskan dengan kolaborasi promosi selanjutnya.

Sumber :

https://influencermarketinghub.com/tiktok-creator-marketplace/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *