keuntungan promosi di tiktok

Cara Memanfaatkan Tiktok for Business Untuk Promosi Usaha

Tiktok for Business jadi trend baru yang sedang naik daun ketahui cara pemanfaatannya dan strategi pemasaran bisnis yang tepat di tiktok.

Di tahun ini, pemasaran bisnis kini tidak lagi menggunakan cara konvensional seperti membagikan brosur atau memasang reklame di pinggir jalan.

Namun saat ini promosi bisnis bisa dilakukan dengan mudah dan cepat salah satunya adalah dengan menggunakan digital marketing yang memanfaatkan hadirnya social media dan internet.

Tiktok menjadi salah satu platform yang tengah naik daun juga memanfaatkan momen tersebut salah satunya dengan cara merilis Tiktok for Business.

Dengan menggunakan layanan ini, pengguna tiktok bisa lebih optimal dalam melakukan promosi di tiktok sehingga keuntungan yang di dapatkan lebih maksimal.

Sebelum memulai promosi, ketahui dulu apa itu tiktok for business dan cara memanfaatkan berbagai fitur yang diberikan.

apa itu tiktok for business

Apa Itu Tiktok for Business

Jutaan pengguna aktif yang dimiliki oleh Tiktok dan banyaknya konten video yang tersebar menjadikan platform ini sebagai tempat yang tepat untuk memperluas promosi bisnis untuk menjaring lebih banyak konsumen.

Banyaknya penjual yang memanfaatkan platform ini sebagai media promosi menjadikan Tiktok mulai menjadikan social media ini sebagai tempat promosi yang tepat bagi penggunanya.

Salah satunya adalah dengan mengembangkan Tiktok for Business, dengan layanan ini pengguna bisa membuat sebuah akun bisnis yang digunakan untuk optimasi bisnis yang dimiliki.

Dengan meiliki akun Tiktok for Business tentunya akan membuat usaha anda terlihat profesional di mata konsumen.

Tak hanya itu, melakui layanan Tiktok for Business, penjual juga bisa memanfaatkan berbagai fitur yang dimiliki agar bisa menjaring konsumen yang tepat.

Selain itu, pengguna juga bisa mendaftarkan akun Tiktok for Business untuk menggunakan Tiktokshop dimana pembeli dapat belanja dengan mudah melalui akun anda tanpa perlu mengakses akun market place yang dimiliki.

Karenanya jika anda tertarik untuk memulai optimasi usaha melalui Tiktok for Business berikut beberapa langkah mudah memulainya.

langkah memulai tiktok for business

Langkah-langkah Memulai Tiktok for Business

Tiktok saat ini tidak hanya menjadi tempat untuk mencari hiburan semata namun dengan berkembangnya pengguna aktif yang dimiliki saat ini menjadikan tiktok tempat yang cocok untuk melakukan promosi.

Berbagai brand besar baik di dalam negeri maupun luar negeri juga mulai berbondong-bondong untuk membuat akun Tiktok sebagai media promosi dan juga menarik brand awareness konsumen.

Tak hanya bermanfaat bagi brand besar yang telah memiliki banyak pengikut di social media lain namun tiktok juga bisa digunakan oleh berbagai akun bisnis yang baru memulai usaha dan melakukan promosi di Tiktok.

Guna menarik lebih banyak konsumen tentunya pengguna bisa menggunakan akun Tiktok for Business yang memiliki beragam fitur yang memaksimalkan promosi yang dimiliki.

Karenanya berikut berbagai langkah mudah dalam memulai Tiktok for Business:

membuat akun tiktok for businees

Membuat Akun Tiktok for Business

Hal pertama yang mesti dilakukan dalam memulai promosi di Tiktok adalah membuat akun Tiktok for Business, dengan membuat akun ini pengguna bisa menjadikan akun bisnis lebih profesional sehingga lebih dipercaya oleh konsumen.

Berikut beberapa langkah mudah membuat akun Tiktok for Business:

  • Pertama, buka Google Play Store atau Appstore tergantung dari jenis handphone yang digunakan kemudian unduh aplikasi Tiktok
  • Kedua, tunggu beberapa saat hingga aplikasi yang diunduh sudah terinstall dengan sempurna.
  • Ketiga, mulai buat akun Tiktok menggunakan email khusus bisnis atau sambungkan dengan social media yang dimiliki seperti Twitter atau Facebook
  • Keempat, setelah proses registasi selesai maka isilah berbagai informasi profil yang dimiliki dan pastikan terisi semua agar tiktok bisa melakukan optimasi terhadap akun anda dengan algoritma tiktok yang dimiliki.
  • Kelima, jika semua identitas profil telah dilengkapi maka anda bisa mengubah akun pribadi tersebut ke akun bisnis dengan cara klik titik tiga yang ada di pojok kanan kemudan pilih Manage Account
  • Keenam, klik Ubah ke Pro Account dan pilih antara Bisnis atau Creator. Jika anda ingin menggunakan Tiktok sebagai tempat promosi usaha yang dimiliki maka bisa memilih Bisnis, akan tetapi jika anda ingin menggunakan platform ini sebagai tempat ekspresi diri yang lebih profesional maka bisa pilih creator, setelah memilih kategori yang diinginkan maka klik Next
  • Ketujuh, pilih kategori yang sekiranya cocok bisnis yang sekiranya cocok dengan usaha anda, dengan memilih pilihan yang sesuai maka akan membantu optimasi akun tiktok for business yang dimiliki serta bisa menyasar konsumen yang tepat dan sesuai.
  • Kedelapan, jangan lupa juga untuk menambahkan website dan email yang dimiliki. Apabila anda tidak memiliki keduanya maka bisa mencantumkan URL akun social media dan juga market place yang dimiliki.
  • Kesembilan, akun tiktok for business anda selesai dibuat dan anda bisa melakukan promosi di akun tiktok for business yang dimiliki.

Rancang Strategi Marketing yang Tepat

Setelah melengkapi identitas diri di profil tiktok dan juga mengubah akun yang dimiliki menjadi mode Tiktok for Business, selanjutnya adalah membuat strategi marketing yang tepat dalam membuat konten video yang sesuai kesukaan pengguna dan juga melakukan promosi melalui tiktok for business.

Agar strategi marketing yang dirancang menghasilkan tujuan yang diinginkan berikut beberapa langkah mudah dalam menyusun rencana marketing yang tepat.

Ketahui Penggunaan Tiktok

Sebagai pengguna yang awam dengan lingkungan tiktok dan berbagai fitur yang dijalani maka penjual sebaiknya mengetahui dulu berbagai layanan yang ditawarkan khususnys di akun tiktok for business.

Dengan mengetahui fitur yang terdapat di tiktok for business maka pengguna dapat membuat berbagai konten video yang menarik dan juga menambahkan berbagai fitur yang ada ke daam video.

Tidak hanya itu, ternyata penggunaan fitur yang dipilih seperti penambahan filter, suara, dan juga lagu yang dipilih dapat mempengaruhi algoritma tiktok sehingga juga dapat membantu menaikkan engagement akun dan juga insight akun tiktok for business.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengenal tiktok lebih dalam adalah mempelajari video yang viral dan masuk FYP Recommendation, bermain dengan filter,efek, dan fitur edit yang dimiliki.

Pahami Algoritma Tiktok

Sama seperti social media lain yang memiliki algoritma guna menghitung engagement dan juga insight yang dimiliki oleh suatu akun maka tiktok sendiri juga memiliki algoritma tersendiri yang berbeda dengan social media lain.

Perbedaan inilah yang sebaiknya dipelajari oleh pengguna untuk mempelajari strategi yang tepat dalam membuat konten tiktok sehingga bisa tembuh ke FYP recommendation dan menarik lebih banyak pengikut ke akun anda.

Beberapa algoritma tiktok yang sebaiknya dipelajari dan dipahami oleh pengguna adalah informasi tentang pengguna, video, serta pengaturan akun dan perangkat.

Dengan memahami berbagai fitur algoritma yang ada tentunya akan mempermudah pengguna untuk mengetahui berbagai faktor yang membuat konten tiktok yang dimiliki mendapatkan banyak penonton.

Pelajari Mengenai Influencer yang Berpengaruh

Naiknya hype dari tiktok tidak hanya membuat platform ini menghasilkan banyak pengguna baru namun juga menghasilkan berbagai influencer yang dijadikan panutan di bidangnya serta kontennya selalu ditunggu-tunggu oleh penggemarnya.

Beberapa influencer yang terkenal pun saat ini tidak hanya menguasi tiktok namun juga merambah ke industri yang lebih besar lainnya seperti televisi, endorsement, dan juga bisnis.

Pengaruh influencer yang kuat ini bisa anda manfaatkan dengan mempelajari bagaimana kreator tersebut membuat konten yang menarik dan tidak pasaran serta membosankan serta bagaimana cara berinteraksi dengan konsumen.

Dengan mempelajari berbagai hal tersebut maka anda juga bisa menerapkannya di akun tiktok for business yang dimiliki sehingga anda dapat membuat konten yang menarik serta merawat pengikut dan juga penonton setia konten anda.

Identifikasi Audience yang Disasar

Sebelum membuat konten di tiktok tentunya pengguna sebaiknya mengetahui kalangan konsumen yang disasar.

Dengan mengetahui range umur, konten kesukaan, dan juga jam aktif audience maka akan membantu konten tiktok anda mendapatkan lebih banyak penonton serta membuat konten yang sesuai dengan minat konsumen anda.

Sebagian besar pengguna di Tiktok sendiri berasal dari kalangan remaja dan juga Gen Z yang aktif mengakses berbagai konten video dengan handphone yang ada di tangan.

Ketahui Kompetitor

Tingginya pengguna aktif dan banyaknya konten video tiktok yang viral di social media lain akhirnya lama kelamaan membuat banyak penjual bermigrasi ke platform ini untuk promosi bisnis yang dimiliki yang salah satunya mungkin kompetitor anda.

Namun banyaknya kompetitor di tiktok yang tentunya telah memiliki lebih banyak pengguna dan juga pelanggan tentunya tidka perlu dijadikan anda minder dan berfikir berlebihan mengenai pengembangan akun tiktok for business anda nantinya.

Namun hal ini bisa anda gunakan untuk menganalisa berbagai konten viral yang digunakan oleh kompetitor dan bagaimana cara mereka merespon konsumen yang ada di kolom komentar.

Dengan cara ini pengguna bisa mengetahui kelemahan dari kompetitor tersebut dan bisa dijadikan celah yang bisa anda manfaatkan dengan baik sehingga anda bisa bersaing secara sehat dengan kompetitor tersebut.

Buat Tujuan yang Sesuai

Saat membuat akun tiktok for business tentunya anda bertujuan untuk membuat konten promosi yang menarik sehingga hasilnya bisa meningkatkan penjualan.

Karena dalam membuat konten promosi maka anda sebaiknya melihat kembali isi dari konten tersebut sebelum mengunggahnya, apakah video tersebut sudah dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness atau promosi produk yang akan dirilis.

Jika isi dari konten video tersebut sudah sesuai dengan tujuan anda maka bisa mengunggahnya di akun tiktok for business yang dimiliki, akan lebih jika anda membuat draft konten tiktok terlebih dahulu sehingga anda tidak perlu melakukan revisi apabila konten yang dibuat tidak sesuai.

Rancang Kalender Konten

Saat mengunjungi akun tiktok dari influencer atau content creator yang disukai tentunya akan timbul rasa bosan apabila anda melihat isi konten yang sama setiap harinya.

Kejenuhan akan konten yang sama tentunya akan membuat penonton atau pengikut anda lama kelamaan mengurangi intensitas menonton video tersebut yang tentunya akan berdampak pada engagement dan insight konten serta akun yang dimiliki.

Hal ini juga bisa terjadi apabila anda terus menerus mengunggah konten promosi yang sama setiap harinya yang tentunya akan membuat penonton dan pengikut anda bosan sehingga berhenti mengikuti akun anda.

Karenanya agar anda tidak membuat konten yang sama setiap harinya maka anda bisa membuat kalender konten yang berguna untuk menentykan tema video apa saja yang diunggah hari ini.

Dengan adanya kalender konten ini juga membuat anda bisa mengembangkan lebih banyak draft konten sehingga video yang diunggah lebih bervariasi.

Optimasi Profil Tiktok

Seperti ang telah disinggung sebelumnya optimasi profil tiktok juga akan membantu menaikkan algoritma tiktok sehingga konten anda dapat menjangkau penononton yang tepat sehingga bisa lebih mudah viral.

Di dalam akun tiktok for business sendiri terdapat beberapa identitas profil yang harus dilengkapi sebelum memulai mengunggah video.

Photo Profile

Saat video anda sudah sering masuk ke FYP recommend biasanya akan makin banyak penonton video yang berkunjung ke akun anda untuk melihat konten yang lainnya atau mencari tahu identitas profil anda.

Karenanya agar profil anda menjadi lebih menarik maka anda bisa menggunakan foto profil yang mencantumkan logo atau nama usaha anda.

Hal ini dilakukan agar saat seseorang melihat profil akun tiktok for business anda maka akan mengetahui nama bisnis anda.

Selain itu dengan menggunakan foto profil yang sama dengan social media yang lainnya maka akan memudahkan pengikut anda mengidentifikasi akun anda di tiktok.

Apabila anda belum memiliki foto profil tiktok yang sesuai maka anda bisa membuatnya sendiri menggunakan aplikasi edit foto atau meminta bantuan profesional untuk membuat logo yang sesuai keinginan.

Buat Bio Singkat Namun Menarik

Terbatasanya jumlah kata yang ada di profil bio tentunya membuat pengguna berinovasi dalam membuat bio yang bisa mendeskripsikan bisnis yang dimiliki sehingga pengikut baru anda bisa mengidentifikasi bisnis yang sedang anda jalankan.

Dalam membuat profil bio di tiktok sebaiknya menggunakan kata-kata yang menarik namun singkat, salah satu contohnya adalah kalimat bio your trusted skincare.

Penggunaan bio yang singkat namun padat ini membantu pengguna untuk mengartikan bisnis yang sedang anda kembangkan.

Anda juga bisa menambahkan call to action di bio anda atau menambahkan emoji di bio anda sehingga bisa menghemat penggunaan kata serta profil anda menjadi lebih menarik.

Pilih URL yang sesuai

Kegunaan lainnya dari menggunakan akun tiktok for business adalah pengguna diberikan kolom url yang berguna untuk menaruh link market place atau social media yang dimiliki.

Dengan adanya kolom link tersebut juga akan membantu pengikut anda untuk mengenal social media yang anda miliki atau mempermudah saat ingin check out suatu barang di akun market place anda.

Namun keterbatasan kolom link yang ada di tiktok akhirnya membuat pemilik akun harus bijaksana untuk memilih link yang akan digunakan untuk promosi produk.

Guna mengatasi hal ini maka pengguna bisa menggunakan akun linktree untuk mengumpulkan link akun social media dan market place di satu tempat sehingga tidak tercecer dan pengunjung akun anda bisa memilih untuk melakukan check out di akun market place atau sekedar melihat akun social media.

Cara pembuatan akun linktree pun sangatlah mudah dan anda bahkan bisa membuat custom latar belakang dan memberikan foto profil sehingga akun linktree anda menjadi lebih menarik.

Buat Konten yang Menarik

Guna menarik lebih banyak pengunjung ke akun tiktok for business yang dimiliki tentunya anda sebaiknya membuat konten yang menarik dan disukai oleh konsumen dan pengguna tiktok lainnya.

Dalam membuat berbagai konten tersebut, anda bisa melihat referensi dari video yang tengah viral sehingga bisa diaplikasikan ke akun anda.

Namun anda juga bisa membuat konten sendiri yang nantinya akan menjadi ciri khas tersendiri di akun anda sehingga membuat akun anda unik dna konten yang dibuat ditunggu-tunggu oleh penonton.

Dengan membuat ide konten sendiri maka akan membantu anda dalam membuat komunitas yang sesuai dengan keinginan anda yang bisa ditarik untuk menjadi pelanggan.

Saat membuat konten di tiktok pun anda bisa menggabungkannya dengan berbagai efek, filter, serta penggunaan lagu dan suara yang sedang viral sehingga membantu menaikkan engagement konten anda karena termasuk dalam algoritma tiktok.

Pastikan juga kualitas video tiktok yang diunggah memiliki kualitas yang baik dan memiliki audio yang jelas sehingga lebih menarik untuk ditonton,

Saat menggunakan backsound lagu maka pastikan suara anda lebih besar dibandingkan lagu tersebut sehingga penonton bisa mendengar dan memahami dialog yang anda ucapkan.

Anda juga bisa menggunakan fitur lain yang ada di tiktok seperti duet, stitch, atau reply comment yang membantu meningkatkan interaksi anda dengan pengguna tiktok lain dan membuat konten anda lebih bervariasi.

Jangan lupa juga untuk menyertakan hastag agar konten anda mudah dicari oleh pengguna lain serta konten lebih mudah terangkat.

Interaksi dengan Audience dan Naikkan Pengikut

Salah satu faktor yang mempengaruhi dalam perhitungan algoritma tiktok adalah interaksi dengan audience,

Interaksi ini bisa berupa mengomentari berbagai komentar yang masuk atau memberikan tanda suka pada komentar pengguna di video tiktok anda.

Dengan memberikan interaksi yang aktif dengan penonton video anda maka bisa menaikkan keterikatan anda dengan konsumen serta dapat membantu untuk menaikkan pengikut.

Karenanya dalam membuat konten tiktok sebaiknya tidak hanya sekedar menarik namun dapat memancing penonton untuk memberikan komentar pada video anda.

Untuk memancing interaksi dengan penonton maka kreator bisa memberikan call to action di video yang diunggah atau memberikan caption yang mengandung tanya jawab sehingga konsumen akan memberikan komentar di akun anda.

Membuat konten yang unik atau lucu juga akan membantu penonton untuk berkomentar pada video anda sehingga anda sebaiknya membuat variasi konten yang menarik agar penonton bisa meninggalkan jejak di video anda atau melaukan interaksi di kolom komentar.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa mencoba interaksi lain dengan cara melakukan live streaming di akun tiktok yang dimiliki dan melakukan proses jual beli selama siaran berlangsung sehingga meningkatkan interaksi dan juga penjualan produk.

Anda juga bisa mengomentara video dari kreator lain sebagai interaksi dan menjadikan akun anda dikenal oleh pengikut akun tersebut.

Jangan Lupa Analisa Konten

Berbeda dengan akun tiktok biasa yang tidak memiliki fitur kolom engagement atau insight maka akun tiktok for business memiliki keduanya.

Dengan adanya kolom ini akan memudahkan pengguna untuk memerikan engagement penonton terhadap konten yang telah diunggah selama ini dan juga anda bisa melihat video yang disukai pengikut anda.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengecek waktu yang tepat untuh mengunggah konten sehingga apabila kreator mengunggah video di jam tersebut bisa mendapatkan lebih banyak penonton.

Karenanya apabila anda ingin konten dan juga engagement anda terjaga maka sering-seringlah melakukan analisa konten dengan melihat hasil engagement.

Hasil dari analisa konten tersebut nantinya akan menjadi pertimbangan keputusan bagi anda untuk tetap meneruskan tipe konten yang sama atau mengganti dengan tipe konten lain yang dirasa dapat meningkatkan engagement akun tiktok for business yang dimiliki.

Manfaatkan Tiktok Ads

Apabila anda pengguna baru di tiktok dan ingin mempromosikan akun yang dimiliki maka anda bisa menggunakan layanan tiktok ads yang hanya tersedia untuk akun tiktok for business.

Penggunaan tiktok ads ini tentunya berguna untuk mempromosikan akun anda ke konsumen yang sesuai sehingga bisa mendapatkan lebih banyak pengikut lebih cepat.

Tak hanya itu, dengan menggunakanan layanan tiktok ads maka anda bisa memilih jam serta jadwal tayang konten iklan anda serta menentunkan bisaya iklan yang dikeluarkan sehingga masih sesusai dengan budget yang dimiliki.

Namun sebelum membuat konten iklan maka anda bisa membuat terlebih dahulu video yang akan diunggah untuk dijadikan media promosi produk anda.

Pastikan konten video yang dibuat menarik dan memiliki kualitas video yang bagus sehingga memanjakan mata penonton.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.