top influencer tiktok

Cara Memilih Influencer Tiktok dan Rekomendasinya

Trend social media yang terus berkembang saat ini membuat banyak orang tidak hanya fokus promosi melalui akun bisnis Instagram yang dimiliki namun mulai merambah ke platform Tiktok.

Social media yang berbasis video ini mulai mencuri banyak perhatian di tahun 2020 berkat berbagai konten video menarik dan membuat pengguna baru berbondong-bondong untuk melakukan trend yang sedang naik daun di Tiktok.

Tak heran apabila kini kita menemukan berbagai brand yang mulai mempromosikan produknya dengan membuat akun di Tiktok atau melalukan endorsement ke Influencer Tiktok yang telah memiliki nama besar dan banyak pengikut.

Sebenarnya apa sih Influencers dan kegunaannya untuk bisnis?

Influencers sendiri merupakan seseorang yang berpengaruh dan dapat menggerakkan banyak orang untuk mengikuti pendapatnya atau sesuatu yang disukanya.

Seorang biasa juga bisa menjadi influencers berkat kekuatan, kepintaran, kekuasaan, popularitasnya, atau bahkan kedekatannya dengan pengikutnya.

Di era digital saat ini, influencers memiliki kekuatan tersendiri untuk menaik minat orang lain dalam membeli produk yang dipromosikannya sehingga membantu pelaku bisnis untuk mengenalkan brandnya atau bahkan meningkatan penjualannya.

Seorang influencers bisa mempromosikan barang melalui konten foto dan video yang ada di social media dimana ia memiliki pengaruh besar.

Namun bagi influencers tiktok, mereka akan mempromosikan produk tersebut melalui video tentunya dengan konten yang mampu menarik perhatian audiencenya.

Meskipun begitu, sebelum memilih influencers Tiktok yang tepat dan mampu untuk meningkatkan penjualan, pelaku bisnis sebaiknya mengetahui dulu keuntungan dan strategi yang tepat dalam memilih influencer Tiktok yang sesuai dengan produk mereka.

keuntungan menggunakan influencers tiktok

Keuntungan Menggunakan Influencer Tiktok

Menjamurnya pengguna tiktok yang saat ini digandrungi banyak orang membuat platform ini cocok untuk dijadikan tempat promosi bisnis.

Tidka hanya memiliki banyak pengguna aktif namun social media ini juga memiliki berbagai influencers yang berfokus di berbagai bidang sehingga bisa anda pilih sesuai dengan produk yang anda tawarkan.

Karenanya sebelum mulai berpromosi di platform Tiktok berikut beberapa keuntungan dalam menggunakan Influencer Tiktok.

Meningkatkan Brand Awareness dengan Cepat

Keuntungan pertama yang bisa di dapatkan setelah menggunakan influencers yang tepat adalah dapat meningkatkan brand awareness dengan cepat.

Seorang influencers Tiktok tentunya memiliki banyak pengikut aktif yang selalu hadir dalam setiap kontennya dan juga memberikan engagement berupa komentar atau like.

Ketika seorang influencers berhasil membuat konten promosi yang menarik perhatian pengikutnya maka brand tersebut bisa lebih mudah dikenal dan produk yang dipromosikan pun bisa terjual lebih banyak.

Tidak hanya itu, kecenderungan seseorang untuk mengikuti kebiasaan dan gaya hidup seseorang yang terkenal juga bisa dimanfaatkan agar produk kita semakin banyak dibeli setelah digunakan oleh influencers tersebut.

Brand anda baru saja dibangun dan ingin mendapatkan konsumen yang tepat dengan mudah? Maka anda bisa menggunakan jasa dari Influencers Tiktok ini untuk mempromosukan produk anda.

Dengan banyaknya komentar bagus dan juga tertarik pada produk anda tentunya dapat meningkatkan kepercayaan diri serta membuat anda berinovasi lebih agar produk anda semakin disukai lebih banyak konsumen.

Tak hanya itu, bagi brand yang baru memulai bisnis atau perusahaan yang tengah berkembang pesat, bekerja sama dengan influencers tentu saja menguntungkan untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Sehingga seseorang yang belum mengenal produk anda namun tertarik dengan barang yang ditawarkan bisa mengikuti social media yang dimiliki.

Membangun Kedekatan dengan Konsumen

Setelah banyak konsumen datang dan mengunjungi social media anda inilah saat yang tepat bagi anda untuk membangun kedekatan dengan konsumen.

Strategi membangun hubungan ini digunakan agar konsumen tidak sekedar mengetahui produk anda namun menjadi tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Pengguna bisa menggunakan berbagai konten engagement berupa tanya jawab atau konten quiz sehingga konsumen bisa ikut berpartisipasi untuk memberikan like atau komentar di konten anda.

Selain itu, pengguna juga bisa membuat konten edukasi mengenai masalah yang bisa diatasi oleh produk anda sehingga konsumen yang memiliki masalah yang sama bisa semakin terbantu dan semakin tergerak untuk membeli produk anda.

Penjual juga bisa memberikan edukasi mengenai kandungan yang ada di produk anda dan juga variasi penggunaanya sehingga konsumen tidak hanya membeli satu barang sekaligus namun beberapa produk yang saling melengkapi satu sama lain.

Jangan lupa juga untuk aktif berinteraksi dengan konsumen anda dengan cara membalas komentar atau pesan yang masuk di akun social media anda.

Semakin cepat dan reaktif dalam membalas berbagai pesan dan komentar yang ada maka akan membantu meningaktkan hubungan anda dengan konsumen.

Murah dan Efektif

Pengikut yang banyak dan setia tentunya menjadi keuntungan sendiri saat menggunakan influencer Tiktok untuk endorsement.

Ditambah lagi apabila anda melakukan endorsement ke influencer tiktok yang memiliki keterkaitan dengan produk anda, maka bisa dipastikan bahwa produk yang dipromosikan juga disukai oleh konsumennya.

Hal ini tentu saja lebih murah dan efektif karena dengan sekali pembayaran maka anda bisa mendapatkan jumlah leads yang cukup banyak dibandingkan melakukan iklan berbayar yang harus terus menerus membayar biaya penayangan iklan.

Karenanya penting bagi anda untuk mengetahui influencer tiktok yang cocok bagi produk anda dna tidak sekedar mengandalkan engagement yang tinggi karena belum tentu pengikut yang dipilih merupakan target konsumen kita.

Meningkatkan Penjualan

Disaat seorang influencers mempromosikan produk anda kepada pengikutnya melalui konten yang diberikan tentu saja hal ini bisa menarik perhatian pengikutnya.

Apalagi jika seorang influencer juga memberikan testimoni mengenai produk yang diberikan dan hasilnya bisa dilihat langsung oleh pengikutnya, tentu saja bukti ini membuat pengikutnya semakin memiliki keinginan kuat untuk membeli dan mencobanya.

Testimoni secara langsung ini terbukti ampuh dan mampu menaikkan penjualan secara cepat sehingga meningkatkan keuntungan bagi penjual.

Bandingkan dengan memberikan konten iklan berbayar yang hanya mempromosikan produk tanpa memberikan hasil, tentu saja hal ini bisa memunculkan keraguan di mata konsumen.

Karenanya pilihlah influencer tiktok yang kontennya mampu membuat pengikut atau penontonnya tertarik untuk membelinya.

cara memilih influencers tiktok

Cara Memilih Influencer Tiktok

Banyaknya influencer Tiktok yang memiliki banyak pengikut tentunya harus dipilih dengan baik agar anda tidak salah pilih dan menjadikan budget promosi anda terbuang sia-sia.

Tidak hanya memilih influencer yang kontennya sesuai dengan produk anda namun di dukung juga dengan konten yang menarik sehingga penonton konten tidak merasa seperti melihat konten promosi.

Karenanya sebelum memilih influencer tiktok untuk endorsement, ketahui dulu beberapa strategi dalam memilihnya.

Ketahui Audience Influencer Tiktok

Langkah pertama yang sebaiknya dilakukan sebelum memilih influencer Tiktok yang sesuai adalag mengetahui audience yang dimiliki dari influencer yang disasar.

Apabila anda memiliki usaha di bidang makanan maka pilihlah influencer Tiktok yang berfokus pada konten review makanan dan jalan-jalan karena biasanya pengikutnya pun juga menyukai hal yang sama.

Pemilihan influencer tiktok yang random justru berpengaruh pada hasil endorsement anda yang menjadi kurang bertarget sehingga hasilnya pun tidak sesuai dengan keinginan.

Selain itu, pastikan juga anda mengetahui range umur pengikut influencer tiktok yang dipilih agar anda bisa mengetahui apakah pengikut akun tersebut bisa menjangkau produk anda atau tidak.

Promosi yang tidak menjangkau target konsumen yang tepat tentu saja sia-sia bukan?

Anda juga bisa mendiskusikan dengan influencer tiktok yang dipilih untuk membuat konten yang diinginkan namun masih sesuai dengan konten yang biasa dibuat oleh influencer Tiktok.

Konten Video yang Dihasilkan

Langkah kedua yang bisa dilakukan untuk memilih influencer tiktok yang tepat adalah mengetahui konten video yang dihasilkan dan pastikan konten sudah sesuai dengan kesukaan leads.

Pengguna juga sebaiknya mengetahui tipe konten apa saja yang disukai oleh target konsumen sehingga influencer tiktok tidak hanya sekedar membuat konten yang menarik namun juga video yang sesuai dengan kesukaan leads.

Pengguna bisa mengetahuinya dengan melihat terlebih dahulu beberapa konten dari influencer tiktok yang diinginkan dan jika sudah sesuai maka bisa berlanjut untuk memberikan jasa endorsement atau paid promote kepada influencer tiktok tersebut.

Periksa Konsistensi Penayangan dan Tipe Konten

Tidak hanya menemukan influencer tiktok yang memiliki konten yang sesuai dengan produk namuan anda juga sebaiknya memerhatikan seberapa seringnya influencer tersebut mengunggah video di akun Tiktok miliknya.

Penjual juga bisa memerhatikan kosnistensi penayangan konten tersebut apakah banyak video yang memiliki viewers jutaaan dan masuk FYP atau hanya sebagian besar mendapatkan viewers sedikit?

Dengan mengetahui jumlah viewers yang dimiliki anda bisa mengetahui apakah jasa influencer tiktok tersebuut bisa anda gunakan atau beralih ke lainnya.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan engagement lainnya berupa jumlah komentar dan like yang masuk di setiap konten yang ada.

Jumlah engagement tersebut menunjukkan bahwa influencer tiktok tersebut tidak hanya memiliki konten yang menarik namun pengikut setia yang bisa ditarik menjadi konsumen anda.

Cari Melalui Pencarian Google

Dalam mencari influencer tiktok yang tepat, pengguna bisa saja kebingunan dalam memilih influencer tiktok yang tepat apalagi jika anda bukan pengguna Tiktok yang aktif.

Jangan khawatir, anda tetap bisa mencarinya melalui mesin pencari Google dan ketikkan Top Influencer Tiktok dan tambahkan juga fokus kontennya sehingga anda bisa memlih influencer tiktok yang tepat.

Setelah menemukan influencer tiktok yang seusai jangan lupa stalking dulu konten dan enegagementnya untuk mengukur pengaruh akun tiktok tersebut pada promosi endorsement ke depannya.

Stalking Melalui Tiktok

Akan tetapi bila anda adalah seorang pengguna akun Tiktok aktif yang sering melihat konten yang sesuai dengan produk jualan anda maka bisa menentukan influencer tiktok yang sesuai dan memiliki bahasan konten yang sama.

Anda bisa langsung mengirimkan pesan ke akun tiktok milik mereka untuk memberikan penawaran. Pastikan juga konten promosi yang diberikan sesuai dengan selera anda dan juga leads yang dituju.

Ajak Influencer yang Pernah Diajak Kerjasama

Banyaknya pengguna Tiktok akhir-akhir ini akhirnya membuat content creator atau influencer yang awalnya hanya ada di Instagram atau Twitter kini juga merambah ke tiktok untuk mengikuti trend yang sedang naik daun.

Tidak heran apabila anda menemukan influencer yang pernah bekerja sama dengan anda juga membuka akun tiktok dan dapat menarik banyak pengikut ke akun tiktoknya.

Hal ini tentu saja menguntungkan bagi anda karena bisa mengguankan jasa influencer tersebut untuk mempromsoikan produk anda di akun tiktok yang dimilikinya.

Pengguna juga bisa berdiskusi untuk membuat konten yang sama di platfrom terdahulu atau menggunakan konten baru yang menjadi ciri khasnya di tiktok.

Pastikan juga pengikut dan juga engagementnya memiliki antusias yang sama agar hasil endorsement anda menjadi lebih maksimal sehingga bisa membantu untuk meningkatkan penjualan.

Pastikan Influencer Memiliki Reputasi Baik

Tidak hanya memiliki konten yang menarik serta engagement rate yang tinggi namun pastikan juga influencer yang dipilih memiliki reputasi yang baik.

Salah satunya adalah tidak terlibat kasus kriminal atau skandal dengan orang lain. Reputasi yang baik juga membantu nama produk anda meningkat lebih pesat.

Dengan reputasi yang baik juga akan membantu dalam memperngaruhi orang lain sehingga bisa membantu untuk menaikkan nama brand anda.

Sesuaikan Biaya dengan Budget yang Dimiliki

Sudah tertarik dengan influencer yang dipilih dan imgin mengajaknya untuk melakukan endorsement?

Sebeleum mengajukan penawaran, pastikan dulu rate harganya masih masuk ke jangkauan anda dan memberikan konten dan juga jangka waktu yang anda berikan.

Anda juga bisa bertanya terlebih dahulu apakah influencer tersebut bisa melakukan visit store atau melakukan challange yang anda buat, dengan adanya kehadiran influncer tiktok tersebut juga bisa membantu untuk meyakinkan konsumen anda.

Namun apabila anda merasa rate harga yang diberikan masih terlalu mahal maka anda bisa melakukan negosiasi atau memilih influencer lain yang harganya masih termasuk budget anda.

rekomendasi influencer tiktok 2022

Rekomendasi Influencer Tiktok 2022

Sudah menyiapkan budget dan konten endorsement namun masih belum mengetahui influencer tiktok yang tepat?

Berikut beberapa rekomendasi Top Influencer Tiktok di Tahun 2022 yang bisa anda gunakan untuk jasanya untuk endorsement dan paid promote menurt HypeAuditor berdasarkan Subscribes, Likes, Komen, and Share:

Dilla Jaidi

Rekomendasi akun influencer Tiktok pertama yang bisa menjadi rekomendasi untuk jasa endorsement fashion muslilmah dan make up adalah Dilla Jaidi.

Di akun tiktoknya sendiri, ia telah memiliki pengikut sebanyak 985.800 ribu yang aktif melakukan komentar, like, dan juga share di tiap konten yang dimiliki.

Ia pun kerap kali membagikan konten berupa review skincare, make up, dan juga tutorial merias wajah yang unik menarik.

Dilla Jaidi pun kerap kali membagikan keakrabannya dengan keluarganya yang bsia menjadi penarik banyak orang untuk melihat videonya.

Influencer Tiktok satu ini tentu saja cocok bagi anda yang memiliki usaha di bidang kosmetik untuk diulas oleh Dilla Jaidi.

Fadil Jaidi

Top influencer kedua yang mendapatkan banyak perhatian dari banyak orang berkat tingkah kocaknya serta interaksinya dengan sang ayah.

Kakak kandung dari Dilla Jaidi ini mencuri perhatian pertama kali melalui akun Instagramnya yang kini kemudian merambah di dunia Tiktok.

Fadil Jaidi sendiri memiliki 6.9 juta pengikut di Instagramnya dan berfokus pada konten interaksinya dengan sang ayah yang mampu mengundang tawa.

Di Tiktok sendiri Fadil Jaidi membuka endorsement untuk berbagai macam barang dan biasanya melakukan kolaborasi konten tiktok bersama sang ayah dan kakak yang mampu mengundang gelak tawa bagi penontonnya.

Engagement rate dari Fadil Jaidi sendiri pun terbilang cukup besar bahkan mencapai jutaaan di tiap videonya baik konten endorsement atau hanya sekedar konten hiburan.

Anggun Supriadi

Bagi pengguna Tiktok aktif pasti anda pernah melihat siaran langsung dari seorang content creator yang hobi makan masakan pedas seperti cabai atau lain sebagainya.

Banyak orang yang menonton live tiktok tersebut karena selain menarik namun banyak orang yang menantikan momen dimana sang kreator memakan makanan tersebut.

Orang dibalik konten tersebut adalah Anggun Supriadi, ia aktif melakukan siaran langsung memakan masakan pedas dan membuat banyak orang merasa greget karena aksinya tersebut.

Di akun tiktoknya sendiri ia memiliki pengikut sejumlah 12.9 juta pengikut yang aktif menantikan siaran langsungnya dan berbagai konten memakan cabai.

Jumlah penayangan videonya pun sangat besar hingga jutaan penayangan di tiap videonya.

Berbagai konten yang disajikan oleh Anggun Supriadi tentu cocok bagi anda yang memiliki usaha makanan pedas untuk mempromosikan produk anda di kontennya.

Apabila anda berminat untuk melakukan kerja sama dengan Anggun Supriadi maka bisa menghubungi melalui alamat email yang ada di profilnya.

Siscakohl

Setahun yang lalu, pengguna social media dikejutkan dengan hadinya seorang content creator yang hobi membuat berbagai racikan makanan dari berbagai campuran bahan atau membeli banyak produk dengan harga yang fantastis.

Meskipun terbilang konten tersebut cukup kontroversial namun konten-konten dari Siscakohl terbukti mampu menarik perhatian banyak orang untuk menontonnya.

Siscakohl sendiri kini telah memiliki 10 juta pengikut dan kontennya pun selalu mencapai jutaan penayangan.

Di dalam kontennya, ia sering kali membuat berbagai kegiatan memasak, makan besar, review dan unboxing produk yang tentunya dalam jumlah banyak.

Apabila anda tertarik untuk melakukan kerja sama dengan Siscakohl maka anda setidaknya harus bersabar karena ia memiliki list endorsement yang cukup panjang sehingga anda harus mengantri terlebih dulu.

Kulinrersamacici

Pengguna tiktok dan pecinta kuliner pasti sudah akrab dengan influencer Tiktok beranama kulinersamacici. Content creator wanita ini sering kali melakukan ulasan makanan di berbagai tempat makanan yang sudah menjadi legenda atau belum diketahui sebelumnya.

Tak heran banyak pecinta kuliner yang mampir di Tiktok kulinersamacici untuk mendapatkan rekomendadi berbagai tempat makan atau menu makanan yang bisa dimakan hari ini.

Pemilih akun kulinersamacici yang memiliki nama lengkap Vinny Laurencia ini memiliki pengikut sebanyak 4.2 juta orang dengan jumlah penayangan sebebsar puluhan ribu dan ratusan ribu.

Bagi anda yang memiliki bisnis kuliner tentu bisa  mencoba mengadakan kerja sama untuk endorsement produk yang dimiliki.

Tentunya anda bisa berdiskusi terlebih dahulu mengenai konten yang akan diunggah di akun milik kulinersamacici atau memberikan kebebasan untuk membuat konten yang menarik.

Dimsthemeatguy

Berbeda dengan konten kreator kuliner lain yang melakukan ulasan berbagai macam makanan dan tenpat kuliner yang tersembunya, Dimsthemeatguy hanya membuat satu jenis konten yaitu memasak daging.

Meskipun hanya mengembangkan satu jenis konten namun ia berhasil menjadi influencer tiktok di bidang makanan yang memiliki pengikut hingga 4.4 Juta orang.

Penayangan vieonya sendiri pun termasuk besar hingga ratusan ribu penayangan di tiap kontennya.

Berbagai konten yang disajikan Dimsthemeatguy tentu cocok bagi anda yang ingin melakukan endorsement di bidang produk daging, bumbu dapur,atau berbagai produk alat memasak yang dapat membantu untuk memasak daging.

Angellica2201

Satu lagi influencer tiktok di bidang makanan yaitu Angellica2201. Tidak seperti konten kreator kuliner lainnya, ia membuat konten satu hari memakan makanan tertentu.

Konten yang menarik dan unggahan yang konsisten menjadikan akun tiktok miliknya disukai oleh banyak orang hingga membuahkan pengikut hingga 5.7 juta dengan penayangan konten berkisar ratusan ribu hingga jutaan penonton.

Influencer tiktok satu ini tentu cocok bagi anda yang memiliki usaha kuliner dengan berbagai produk untuk diulas oleh Angellica sehingga mampu menarik pengikutnya guna membeli produk makanan yang sama.

Amritsaraje

Satu lagi influencer tiktok makanan yang memiliki banyak pengikut yaitu amritsaraje. Lelaki satu ini kerap kali melakukan ulasan makaan dari berbagai produk yang dilakukan sendiri atau bersama ibunya.

Di akun tiktoknya sendiri ia memiliki pengikut sebanyak 5.4 juta pengikut dengan penayangan berkisar ratusan ribu hingga jutaan penonoton.

Influencer tiktok sat ini tentu cocok bagi anda yang memiliki bisnis makanana namun masih mengembangkan satu jenis produk yang tentu bisa diulas oleh Amristaraje.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.