fitur tiktok add ons

Tiktok for Business : Kelebihan dan Penggunaan Untuk Promosi

Pelajari cara menggunakan tiktok for business serta strategi untuk optimasi konten di platform kesukaan jutaan pengguna social media.

Sebagai seorang marketer tentunya anda tidak asing dengan platform tiktok, yup media sosial yang sedang naik daun di kalangan pengguna social media dan banyak digunakan oleh banyak orang ini memang cocok sebagai media promosi.

Tidak hanya menyediakan jutaan pengguna tiktok yang selalu aktif melihat atau mengunggah konten tiktok namun aplikasi tiktok juga menyediakan berbagai fitur yang bisa digunakan sebagai media promosi yang efektif.

Kesuksesan tiktok sebagai media promosi juga terlihat dari banyaknya bisnis kecil dan menengah yang memperoleh ketenaran di tiktok serta berbagai brand atau produk besar yang juga memamfaatkan tiktok sebagai media pemasaran untuk mempromosikan barang jualan yang dimiliki.

Hal ini tentunya membuat anda tergiur untuk melakukan promosi di tiktok bukan?

Akan tetapi, sebelum melakukan promosi di tiktok maka ada baiknya membuat akun tiktok anda menjadi akun tiktok for business.

Hal ini dikarenakan layanan tiktok for business menyediakan berbagai fitur yang lebih beragam dan tentunya cocok sebagai media marketing yang efektif.

Karenanya berikut strategi yang bisa anda gunakan untuk promosi di tiktok melalui akun tiktok for business.

keuntungan tiktok for businesx

Keuntungan Menggunakan Tiktok For Business

Apa yang pertama kali anda pikirkan mengenai Tiktok? Tren video prank, challenge, atau sekedar dance yang biasa anda lihat di social media lain?

Meskipun hal tersebut tidak salah dan sering kita temui di tiktok namun anda juga akan menemukan berbagai jenis konten tiktok yang menghibur, edukatif, serta promosi mengenai brand atau produk tertentu.

Tiktok sendiri terkenal dengan social media yang akrab untuk kalangan anak muda dengan berbagai jenis konten yang disajikan.

Meskipun begitu, marketer juga bisa memanfaatkan presensi kehadiran anak muda di tiktok untuk berbagai kebutuhan.

Pengguna tiktok tersebut akan berkembang menjadi target audience anda, dimana tiktok akan membantu memberikan pengaruh dalam meningkatkan keinginan konsumen untuk membeli produk yang sering muncul di tiktok.

Di sisi lain, banyak juga pengguna tiktok yang berada di usia 30 tahun yang bisa anda ambil perhatiannya dan menjadi konsumen yang tepat.

Berikut beberapa keuntungan yang bisa anda manfaatkan marketer saat menggunakan tiktok for business untuk promosi:

Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu alasan menggunakan social media sebagai media promosi adalah kemampuan untuk menyebarkan popularitas brand dan produk anda secara mudah dan efektif.

Hal ini juga terjadi saat anda melakukan promosi di tiktok, dimana platform ini memiliki jutaan pengguna aktif yang tentunya membuka peluang untuk mengenalkan nama brand anda ke target konsumen yang diinginkan.

Tiktok sendiri menyediakan berbagai cara untuk mempromosikan brand anda ke khalayak luas, beberapa jenis promosi yang bisa digunakan adalah melakukan kolaborasi dengan influencer tiktok, menggunakan berbagai jenis tiktok ads, penggunaan hastag, serta branded hastag yang bisa anda gunakan saat mengunggah konten tiktok.

Selain itu, jika anda membuat konten yang menarik dan unik maka akun tiktok anda memiliki potensi untuk terkenal di tiktok serta digunakan oleh banyak orang.

photo1658196311

Salah satunya brand kanzler yang menyediakan produk frozen food, dimana merk satu ini mempromosikan produknya melalui kolaborasi dengan berbagai influencer tiktok dan dilakukan secara terus menerus.

Alhasil, kini banyak pengguna tiktok yang mengetahui brand makanan satu ini serta berbondong-bondong untuk membeli produk tersebut berkat tertarik pada konten promosi yang diunggah oleh influencer kesayangan.

Promosi di Tiktok Lebih Efektif

Saat melihat berbagai konten social media, mungkin saja anda pernah merasa kesal melihat konten promosi yang terlalu terlihat jualan sehingga menghilangkan keinginan untuk melihat konten-konten tersebut dan akhirnya beralih ke aplikasi lain.

Bagian terbaik dari melakukan promosi di tiktok adalah konten jualan anda akan tidak terlihat seperti sedang jualan, hal ini tentunya menguntungkan bagi marketer karena penonton akan melihat postingan anda hingga habis dan akhirnya membeli produk yang dipromosikan.

Kreator juga memiliki kesempatan untuk melakukan promosi produk di tiktok dengan berbagai cara, seperti melakukan kolaborasi dengan influencer tiktok yang disukai oleh target konsumen anda, atau membuat konten yang menghibur dan unik sehingga menjadi viral di tiktok.

photo1658196971

Salah satu ide konten kolaborasi dengan influencer tiktok yang bisa anda lakukan adalah konten promosi dari brand Mujigae dimana brand makanan ini mengajak berbagai influencer untuk mempromosikan produk yang dimiliki dengan konten tutorial memasak yang di selingi kegiatan tertentu sehingga membuat penonton tertarik untuk melihatnya dan tergiur untuk mencoba atau tertarik untuk membelinya.

@nutrisari Solusi panas mah jelas Nurdin, #NutriSari Dingin rasa Es Kuwud Nipis @firnafebrina ♬ original sound – NutriSari

Namun, jika anda ingin membuat konten promosi yang unik dan menghibur maka konten promosi dari Nutrisari ini patut ditiru, dengan melakukan parodi konten seseorang yang tengah patah hari dan di dinginkan dengan nutrisari, maka penonton tidak hanya terhibur namun tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan di iklan tersebut.

Memperluas Jangkauan Konsumen

Dengan banyaknya penggun tiktok aktif tentunya akan menguntungkan bagi marketer untuk memperluas jangkauan konsumen sesuai keinginan.

Di tambah lagi, tiktok akan mengangkat konten anda ke halaman fyp ke pengguna tiktok yang memiliki minat sama setiap anda mengunggah postingan baru sehingga membuka peluang untuk mendapatkan konsumen baru.

Di sisi lain, penyebaran pengguna tiktok sendiri terdapat di 140 negara sehingga menjadi platform terbaik untuk menjangkau konsumen luar negeri dan meningkatkan jangkauan konsumen.

Di samping itu, anda juga memiliki peluang untuk menjangkau pengguna eksklusif tiktok yang tidak menggunakan social media lain selain tiktok.

Menarik Perhatian Konsumen Baru

Salah satu keuntungan menggunakan tiktok adalah kemampuan membuat konten asli namun menarik bagi pengguna tiktok serta sesuai dengan minat masing-masing konsumen.

Dengan membuat konten autentik yang disukai oleh konsumen tentunya akan membangun hubungan yang kuat dengan pengguna tiktok sehingga bisa mengajak mereka untuk menjadi konsumen yang selanjutnya.

Tidak hanya itu, jika anda bisa membaca peluang dengan membuat konten yang sedang viral maka akan membuka peluang bagi anda untuk menjadi terkenal di tiktok dengan postingan yang telah anda unggah dan mencuri perhatian pengguna tiktok.

@subway.indonesia Hari senin harus semangat yah! MinWay kasih video ini supaya jadi mood booster kalian🥳 #SubwayIndonesia #MinWay #pamela ♬ Pamela – Bots🇵🇭

Salah satunya yang dilakukan oleh akun tiktok @subway.indonesia yang kerap kali mengunggah konten tiktok menggunakan video dance challenge yang terkenal sehingga membuka peluang untuk menjangkau konsumen yang lebih luas dengan menggunakan konten yang sedang naik daun.

Strategi ini juga menunjukkan hasil yang bagus dengan konten pamela challenge yang mendapat jumlah penonton sebanyak 2 juta orang sehingga menjangkau pengguna tiktok yang lebih luas.

Karenanya penting bagi kreator tiktok untuk update berbagai konten yang tengah naik daun sehingga bisa digunakan sebagai selingan konten asli yang anda buat.

pexels cottonbro 5081926 1

Tips Menggunakan Tiktok For Business

Saat melakukan promosi di tiktok menggunakan akun tiktok for business tentunya anda tidak hanya mengunggah video tiktok secara konsisten namun di butuhkan strategi yang tepat untuk optimasi konten serta akun yang anda miliki.

Dengan strategi tersebut tentunya akan lebih mudah bagi anda untuk memanfaatkan fitur-fitur tiktok for business serta mengambil keuntungan dari akun tiktok business.

Karenanya berikut beberapa strategi promosi yang bisa anda gunakan melalui akun tiktok for business.

Membuat Konten yang Unik dan Relevan

Saat pertama kali membuka akun tiktok, tentunya akan diberikan rekomendasi konten yang sedang viral dan mendapat perhatian dari pengguna tiktok.

Namun seiring dnegan berjalannya waktu, lama kelamaan konten yang akan anda lihat merupakan konten yang unik dan relevan dengan minat anda.

Hal ini diakrenakan algoritma tiktok menyesuiakan konten sesuai dengan aktivitas yang anda lakukan di tiktok, sehingga semakin banyak video yang anda lihat maka anda akan ditampilkan berbagai konten yang relevan.

Cara kerja tiktok ini juga menguntungkan kreator karena konten yang akan dibuat akan di promosikan ke penonton yang tepat sehingga membuka peluang untuk menjadi konsumen selanjutnya.

Di sisi lain, banyaknya kreator tiktok tentunya akan membuat konten tiktok anda tenggelam apabila video yang anda unggah kurang menarik dan sesuai keinginan konsumen.

Karenanya untuk mengatasi masalah ini anda bisa memulai dengan membuat konten yang sesuai dengan target konsumen anda, caranya adalah dengan memelajari kebiasaan yang biasa dilakukan oleh konsumen anda sehingga kreator dapat membuat konten yang sesuai tanpa meninggalkan nilai dari brand anda.

Tidak hanya itu, pengguna tiktok juga lebih menyukai konten hiburan atau edukasi yang menarik sehingga lebih menyenangkan untuk di tonton meskipun kreator menggunakan durasi video tiktok yang panjang.

Salah satunya yang dilakukan oleh kreator @jimieardian yang membuat konten edukasi kesehatan mental menggunakan strategi bermain peran sehingga penonton tidak bosan untuk melihatnya serta lebih mudah untuk memahami konten yang disampaikan.

Pastikan juga konten anda memiliki ciri khas tersendiri sehingga meskipun anda tidak menyajikan video estetik namun pengguna tiktok akan lebih mudah mengenali dan mengingat konten anda unggah.

Dengan kemudahan ini anda tentunya bisa lebih mudah membuat konten tiktok yang keren melalu handphone, dibantu dengan pencahaan yang memadai, serta bantuan dari aplikasi edit video, serta ftur edit dari tiktok.

Perlihatkan Sisi Lain Bisnis Anda

Dalam membuat konten tiktok di akun tiktok for business, tentunya anda tidak melulu membuat konten promosi yang formal dan terkesan kaku.

Namun, jenis video yang santai dan unik akan lebih menarik perhatian pengguna tiktok sehingga tertarik untuk melihat konten tiktok yang telah anda unggah.

Salah satunya adalah membuat konten parodi yang menyertakan produk anda sehingga membuat konsumen tertarik untuk melihatnya dan berakhir dengan membeli produk anda karena tertarik dengan video yang anda sajikan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengajak penonton tiktok untuk melihat konten a day in my life atau memperlihatkan sisi lain kantor dan ruangan anda untuk mengenal lebih dekat produk yang dijual di pasaran.

Tambahkan Lagu dan Efek di Video Tiktok

Salah satu daya tarik dari tiktok adalah berbagai video yang diunggah memiliki iringan lagu dan sound yang menarik.

Tidak jarang, iringan lagu atau sound tersebut menjadi konteks video yang diunggah sehingga menjadikan pengguna tiktok memahami isi dari konten tersebut dengan mudah.

Hal ini sering terjadi apabila anda menggunakan lagu tertentu sebagai pengiring dance challenge yang kerap kali dilakukan di tiktok.

Meskipun begitu, anda tetap bisa menambahkan lagu tertentu di video yang anda buat meskipun tidak mengandung challenge tertentu.

Cara menambahkan sound di tiktok juga mudah, kreator tinggal melakukan klik pada ikon add sound saat merekam atau mengunggah video, dimana anda akan menemukan jutaan lagu atau sound yang digunakan secara gratis.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memilih lagu yang direkomendasikan, trending, atau genre tertentu yang cocok dengan video yang anda buat.

Anda juga bisa memilih lagu yang cocok dan menyimpannya di bagian favorit untuk kemudian digunakan di video lain.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan lagu tersebut di awal atau akhir video sehingga anda bisa menemukan sound yang tepat dan sesuai dnegan video yang akan anda unggah.

Tidak hanya penggunaan lagu yang bisa menaikkan popularitas konten anda namun penggunaan filter yang tepat dapat membuat konten anda menarik di mata penonton.

Tiktok sendiri memiliki berbagai filter yang bisa anda gunakan untuk mempercantik tampilan konten serta membuat video anda menjadi lebih menarik.

Optimasi Konten Tiktok dengan Caption dan Hastag

Setelah mengedit video tiktok dengan menambahkan lagu dan filter tertentu maka inilah saatnya untuk mengunggah konten tersebut ke akun tiktok for business yang anda miliki.

Akan tetapi, sebelum mengunggah video tersebut maka anda bisa melakukan optimasi konten dengan memberikan tambahan elemen penting.

Di antaranya adalah penambahan caption yang akan memudahkan penonton untuk memahami isi konten yang anda unggah sehingga video anda bisa mendapatkan lebih banyak perhatian.

Sayangnya, kolom caption tiktok sendiri hanya berisi 150 kata sehingga anda bisa memanfaatkannya dengan menuliskan caption pendek namun menarik di mata pengguna tiktok.

Tidak hanya itu, pada kolom caption maka anda juga bisa menambahkan hastag yang memudahkan pengguna tiktok menemukan konten anda sesuai dengan topik.

Selain itu, penggunaan hastag tiktok viral juga akan membuat konten anda masuk ke halaman fyp dengan mudah dibandingkan dengan yang tidak menggunakannya.

Kreator juga bisa menambahkan link di kolom caption yang bisa penonton akses dan membawa ke halaman akun marketplace atau website yang anda miliki dimana konsumen bisa membeli produk anda atau menggunakan layanan yang ditawarkan.

Akan tetapi, jika anda melakukan kolaborasi dengan influencer tertentu maka anda bisa menggunakan fitur tag friend dimana penonton anda dapat mengetahui kreator yang anda ajak kerja sama.

Tidak hanya itu, jika anda bosan dengan konten yang sama saja setiap hari maka anda bisa menggunakan fitur duet atau stitch untuk melakukan kolaborasi dengan kreator atau video yang anda anggap menarik sehingga dapat membantu meningkatkan jumlah penonton video tiktok.

Buat Penjadwalan Unggah Video Tiktok

Meskipun mengunggah konten tiktok secara konsisten dapat membantu menaikkan popularitas konten anda namun membuat penjadwalan video juga penting untuk dibuat oleh kreator.

Hal ini dikarenakan kreator perlu mengetahui waktu aktif konsumen dimana pengikut tiktok anda biasanya aktif dan melihat berbagai konten tiktok yang disajikan.

Dengan mengunggah video tiktok di waktu-waktu tersebut maka akan memperbesar peluang anda untuk mendapatkan lebih banyak penonton sehingga bisa direkomendasikan oleh tiktok untuk masuk ke halaman fyp.

Tidak hanya itu, dengan membuat penjadwalan konten tiktok maka akan membantu anda dalam membuat konten tiktok yang sesuai sehingga tidak akan bingung untuk membuat konten yang akan dibuat selanjutnya.

Setelah membuat penjadwalan konten tiktok, maka penting bagi kreator untuk menganalisa insight yang anda dapatkan setelah mengunggah konten di waktu-waktu tersebut.

Anda bisa mengakses analisa tersebut di fitur tiktok insight yang terdapat di menu pengaturan dan hanya tersedia di akun tiktom for business.

Bagikan Konten yang Dibuat Oleh Konsumen Anda

Tidak hanya konten unik dan menarik yang mendapat perhatian dari pengguna tiktok namun konten yang dibuat oleh konsumen juga mendapat perhatian.

Hal ini dikarenakan konten tersebut memiliki ulasan jujur serta menarik sehingga membuat penonton penasaran untuk membeli produk yang dilihat.

Di sisi lain, kemampuan tiktok untuk menaikkan konten dari penggunanya juga bisa menaikkan ketenaran brand makanan yang dibuat konten oleh pengguna tiktok.

Trend ini kerap terjadi di tiktok, dimana akhirnya pembeli berbondong-bondong untuk membeli produk tersbeut berkat ulasan dari pengguna tiktok.

Apabila anda sedang mengembangkan akun tiktok for business, maka strategi ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen atau menarik perhatian pengguna tiktok.

Kreator bisa memulai mengunggah kembali konten tersebut dengan mencari nama produk atau brand anda di kolom pencarian dan temukan konten yang sekiranya menarik dan mendapatkan viewers yang banyak.

Setelah itu, anda juga bisa memberikan apresiasi dengan mengunggah kembali konten tersebut tentunya dangan izin terlebih dahulu.

Selain itu, anda juga bisa meminta konsumen untuk membuat konten dari produk anda menggunakan branded hastag tertentu sehingga memudahkan bagi anda menemukan konten yang sesuai serta pengguna tiktok juga bisa mencari ulasan produk anda dari hastag yang digunakan.

Guna mempromosikan branded hastag tersebut maka anda bisa melakukan kolaborasi dengan influencer tiktok yang memiliki konsumen yang sama dengan anda, sehingga lebih banyak orang di tiktok yang menggunakan tagar tersbeut untuk melakukan ulasan produk.

Cara lain yang bisa diguankan adalah dengan membuat kontes konten tiktok dengan mengunggah ulasan produk semenarik mungkin.

Semakin banyak orang yang mengikuti kompetisi tersebut tentunya akan menguntungkan kreator untuk mendapatkan ulasan yang terpercaya.

Gunakan Iklan Tiktok

Meskipun tiktok membantu menaikkan konten yang anda unggah dengan menyiarkannya ke halaman fyp namun beriklan di tiktok juga bisa menjadi alternatif yang bagus.

Hal ini dikarenakan kreator tiktok bisa menentukan konsumen yang diinginkan serta memilih durasi tayang video tiktok sehingga dapat memaksimalkan promosi di tiktok.

Tiktok sendiri memiliki tiga jenis iklan, diantaranya adalah :

  • In Feed Ads : Iklan tiktok ini jamak ditemukan saat membuka aplikasi tiktok, dimana penonton akan diperlihatkan sebuah iklan dengan layar penuh sehingga mencuri perhatian, serta penambahan link khusus yang membawa konsumen ke dalam website tertentu. Penanyangan video dengan durasi satu menit ini tentunya cukup menyampaikan iklan promosi.
  • Brand Takeover : Iklan tiktok ini cocok dilakukan apabila anda ingin melakukan kolaborasi dengan influencer lain untuk promosi brand atau tiktok. Meskipun iklan ini lebih mahal dibandingkan In Feed namun promosi satu ini cocok untuk menarik minat konsumen yang tertarik ke influencer tertentu.
  • TopVew Ads : Iklan tiktok ini mampu meningkatkan engagement sebab memiliki fitur komen, share, dan likes, sehingga memperbesar kemungkinan untuk dilihat oleh pengguna tiktok lain. Namun, kreator juga perlu memastikan bahwa konten iklan anda menarik sehingga bisa mendapatkan perhatian pengguna tiktok sehingga budget iklan yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Sumber:

https://sproutsocial.com/insights/tiktok-for-business/

https://influencermarketinghub.com/tiktok-for-business/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.