influencer kesehatan

Tips dan Ide Konten Untuk Influencer Kesehatan Tiktok

Mau mulai karir menjadi influencer kesehatan tiktok? Berbagai informasi dan tips berikut bisa anda gunakan sebelum memulai perjalanan di tiktok.

Tiktok telah menjadi social media yang dapat memengaruhi banyak orang dengan mudah melalui konten video pendek.

Hal ini dikarenakan informasi yang disampaikan mudah dipahami serta pengguna tiktok dapat melakukan interaksi dengan influencer yang diinginkan.

Salah satu jenis influencer tiktok yang mendapatkan perhatian adalah influencer kesehatan.

Dimana penontonnya dapat memperoleh pandangan baru mengenai kondisi kesehatan fisik hingga mental yang belum disadari sebelumnya.

Sehingga tidak mengherankan apabila influencer kesehatan tiktok mendapatkan tempat sendiri di hati penggemaranya.

Perhatian ini akhirnya menarik minat banyak orang yang memiliki keahlian di bidang kesehatan untuk memulai karir sebagai influencer kesehatan tiktok.

Namun, sebelum memulai karir sebagai influencer kesehatan tiktok, maka ketahui dulu strategi yang tepat untuk menjangkau target audience yang diinginkan.

keuntungan menjadi influencer kesehatan tiktok

Cara Menjadi Influencer Kesehatan Tiktok

Bagi seseorang yang memutuskan untuk menjadi influencer kesehatan tiktok, tentunya mereka memiliki pertimbangan untuk memulai karir di bidang social media.

Diantaranya adalah membagikan keilmuan yang dimiliki serta meningkatkan kepedulian masyarakat tentang masalah kesehatan yang sering dianggap sepele.

Seiring dengan berjalannya waktu, keinginan tersebut terwujud dengan banyaknya penggemar yang menyukai konten anda dan mengikuti pendapat yang anda berikut.

Namun, sebelum mencapai titik tersebut, tentunya anda perlu membuat beberapa strategi social media marketing yang tepat agar dapat menjangkau audience yang diinginkan.

Karenanya berikut beberapa cara menjadi influencer kesehatan tiktok secara efektif.

Temukan Audience yang Diinginkan

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk memulai karir menjadi influencer kesehatan tiktok adalah menemukan audience yang diinginkan.

Sebuah survey dari BusinessofApps menyatakan bahwa rata-rata pengguna tiktok beraslal dari usia 20-29 tahun sebanyak 35% serta usia 10-19 tahun menjadi 28% pengguna tiktok.

Kedua pilihan usia terbanyak di tiktok tersebut menjadi acuan target audience yang ingin anda incar di Tiktok.

Dengan mengetahui target audience yang anda tuju, maka akan memudahkan dalam menentukan konten yang relevan dengan kebutuhan mereka serta membuat branding yang mudah dikenali oleh penggemar.

Pada awal membuat konten tiktok, anda mungkin akan mencoba berbagai jenis konten tiktok yang cocok dengan anda dan mudah dipahami oleh target audience.

Namun, dengan uji coba konten serta evaluasi pada pembuatan konten maka anda akan mampu membuat konten yang sesuai dengan target pasar yang diinginkan.

Salah satunya yang dilakukan oleh influencer kesehatan mental tiktok Jimieardian yang membuat konten edukasi dengan model percakapan sehingga mudah dipahami oleh penontonnya.

Bagikan Pengetahuan Melalui Konten yang Sesuai

Meskipun Tiktok identik dengan konten video pendek, namun kreator bisa membuat konten dengan berbagai variasi yang menarik.

Mulai dari konten percakapan, monolog, atau praktik gerakan yang mudah dipahami oleh penontonnya.

Karenanya sebelum membuat konten kesehatan, anda juga perlu memahami materi yang akan anda sampaikan ke penonton. 

Misalnya saja, materi konten tiktok anda berpusat pada membahas topik kesehatan mental, maka ada baiknya anda membuat konten dengan tipe percakapan atau monolog.

Pilihan ini dilakukan agar penonton lebih mudah memahami pesan yang akan disampaikan dan mudah untuk dihentikan sementara untuk membaca pesan yang akan diberikan di video tersebut.

Di sisi lain, penonton anda mungkin akan melakukan tangkapan layar untuk pesan yang dianggap menarik dan dibagikan ke orang lain, sehingga menjadi promosi gratis yang efektif.

Sementara apabila konten anda berpusat pada kesehatan fisik, seperti fitness atau olahraga lainnya, maka ada baiknya anda menampilkan gerakan olahraga tertentu yang mudah dipahami oleh penonton.

Hal ini akan memudahkan mereka untuk menirunya di waktu senggang dan bisa ditonton berulang-ulang.

Namun, anda juga bisa membuat konten percakapan atau monolog apabila anda menyampaikan informasi mengenai olahraga yang anda jalani, sehingga mudah dipahami oleh penonton.

https://www.tiktok.com/@nandafitriyaa/video/7153489247629069595

Salah satunya yang dilakukan oleh influencer kesehatan @nandafitriyaa yang membagikan tips olahraga tanpa alat dengan gerakan olahraga sehingga mudah dilakukan oleh penonton.

Kolaborasi dengan Influencer Kesehatan Lainnya

Bagi kreator yang baru pertama kali membuat konten tiktok, mungkin akan memiliki kesulitan dalam menjangkau target audience yang diinginkan.

Apalagi jika sebelumnya anda belum pernah membagikan jenis konten yang serupa di social media lainnya, sebagai lahan promosi dan membangun branding diri.

Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir karena masalah ini bisa diatasi dengan berbagai solusi yang mudah.

Pertama anda bisa melakukan kolaborasi dengan influencer kesehatan tiktok lain yang memiliki topik yang serupa dan melakukan kerjasama untuk membuat tema konten yang sama.

Anda bisa menjangkaunya dengan menghubungi kenalan atau teman yang telah berkarir di tiktok dan memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak.

Kreator juga dapat mengirimkan pesan ke influencer kesehatan tiktok lain yang memiliki minat yang serupa untuk mengajaak kolaborasi konten yang menarik.

Apabila influencer kesehatan tiktok tersebut merespon dengan baik, maka anda bisa melanjutkan kolaborasi tersebut.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan kolaborasi konten dengan memanfaatkan fitur duet dan stitch yang ada di Tiktok.

Melalui dua fitur tersebut maka anda bisa melakukan kolaborasi secara tidak langsung dengan menirukan gerakan yang dilakukan di video tersebut.

Namun, apabila anda menggunakan fitur stitch maka anda bisa mengomentari topik tertentu yang dianggap menarik dan relevan dengan topik yang anda angkat.

Misalnya saja terdapat video tiktok yang menceritakan seseorang merasa kesakitan setelah olahraga pertama kali.

Anda bisa membahas video tersebut dengan memberikan tips agar tubuh tetap fit setelah olaharaga tanpa merasa lelah.

Balasan tersebut juga dapat memancing reaksi dari pengguna lain yang melihat konten yang serupa dan melihat balasan yang anda berikan, sehingga membuat peluang untuk mendapatkan pengikut baru.

Bangun Komunikasi dengan Audience 

Salah satu alasan pengguna tiktok menyukai influencer kesehatan tertentu adalah adanya komunikasi dua arah yang menarik.

Sehingga mereka tidak hanya menonton konten yang disukai, namun juga dapat bertanya mengenai masalah yang dihadapi dan memiliki kaitan dengan topik tersebut.

Anda juga bisa melakukan pendekatan dengan penonton melalui beberapa cara yang mudah dan efektif.

Pertama, anda bisa membalas berbagai komentar yang masuk dengan memberikan tanda suka atau menjawab berbagai respon yang diberikan.

Cara ini akan membuat penonton merasa kehadirannya dihargai sehingga mereka tertarik untuk melihat konten lain yang anda suguhkan.

Kedua adalah memanfaatkan fitur stitch untuk membalas komentar yang menarik untuk dibahas di video terbaru.

Keberadaan fitur stitch juga dapat membantu anda memberikan ide konten tiktok terbaru tanpa perlu susah payah memikirkan topik yang disukai oleh penonton.

Apabila anda konsisten membuat konten dari balasan komentar penonton, maka orang lain akan tertarik memberikan pertanyaan yang menarik serta melakukan tag akun anda pada video yang dianggap menarik.

Hal ini juga dialami oleh influencer kesehatan tiktok @aymanalatas yang memberikan edukasi kesehatan ke penonton dengan membalas berbagai tanggapan ke penonton, sehingga memancing orang lain untuk memberikan komentar yang menarik.

Ketiga adalah membuat konten berdasarkan permintaan dari pengikut di kolom komentar atau pesan yang masuk.

Pembuatan konten yang berasal dari kolom komentar akan membuat penonton merasa pendapatnya dihargai, sehingga mereka akan membangun hubungan dengan konten anda.

Bagikan Konten dengan Konsisten

Dalam membangun karir influencer kesehatan tiktok, anda tidak hanya membuat konten yang menarik serta membangun komunikasi dengan konsumen.

Namun, anda juga perlu mengunggah konten secara konsisten di akun tiktok yang anda miliki.

Hal ini dilakukan agar pengikut anda dapat melihat konten terbaru yang anda suguhkan secara rutin.

Namun, apabila anda memiliki kesibukan lain yang tidak dapat ditinggal, maka anda bisa membuat jadwal konten tertentu.

Misalnya dengan jadwal satu hari unggah dan satu hari santai, sehingga anda bisa membuat konten tiktok yang berkualitas serta memiliki waktu untuk melakukan interaksi dengan penonton.

Anda juga bisa mengunggah konten di waktu aktif konsumen, agar postingan anda dapat menjangkau konsumen di waktu yang tepat, sehingga dapat meningkatkan interaksi saat konten pertama kali diunggah.

Waktu aktif konsumen bisa anda ketahui dengan menggunakan website social media management serta kolom insight di Tiktok.

Konsistensi mengunggah konten tiktok juga perlu diiringi dengan kualitas konten terbaik, sehingga setiap penonton akan lebih tertarik melihat konten yang anda sajikan setiap harinya.

Guna mengetahui evaluasi konten yang perlu diperbaiki, maka anda bisa melihat kritik dan saran yang diberikan oleh penonton di kolom komentar.

Sehingga anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan konten tiktok yang anda unggah, untuk memberikan hasil yang lebih baik.

Anda juga perlu berkunjung ke konten tiktok influencer kesehatan lainnya yang memiliki pengikut serta engagement yang lebih banyak.

Dimana anda bisa menilik kualitas konten yang membuat penonton tertarik untuk melakukan interaksi dengan influencer kesehatan tersebut.

Gunakan Tiktok Hashtag yang Relevan

Keberadaan hashtag menjadi salah satu fitur yang banyak ditemukan di berbagai social media.

Hal ini dikarenakan tagar dapat membantu pengguna social media untuk menemukan konten sesuai dengan topik yang diinginkan.

Sehingga tidak mengherankan apabila strategi hashtag social media digunakan untuk meningkatkan jangkauan konten untuk menjangkau audience yang diinginkan.

Anda juga bisa menggunakan tiktok hashtag yang sesuai agar dapat menjangkau konsumen yang diinginkan.

Pertama anda bisa memasukkan tagar yang sesuai dengan topik konten yang relevan, sehingga memudahkan pengguna tiktok untuk mencari topik yang sesuai keinginan.

Kedua adalah melakukan analisa tiktok hashtag yang sering digunakan oleh audience tertentu.

Caranya adalah menggunakan website analisa tiktok hashtag seperti Analisa.IO untuk mencari tagar yang sesuai.

Ketiga adalah lakukan analisa tiktok hashtag secara rutin untuk mengetahui efektifitas tiktok hashtag yang dapat membantu menaikkan konten anda ke target konsumen yang diinginkan.

Dalam penyematan tiktok hashtag, maka anda bisa menggunakan setidaknya 3-5 tagar yang relevan agar mudah ditemukan oleh pengguna tiktok.

Selain itu, anda juga perlu menggunakan kata kunci yang relevan di konten tiktok anda, agar mudah ditemukan oleh pengguna tiktok.

PBPg3nYaSwyg4IdPPhbP

Ide Konten Influencer Kesehatan Tiktok

Setelah mengetahui strategi promosi konten kesehatan di tiktok, maka anda juga pelru membuat ide konten yang relevan dengan target audience yang diinginkan.

Apabila anda masih bingung mengenai ide konten yang menarik dan unik di mata penonton, maka berikut beberapa jenis konten yang bisa anda buat di tiktok.

Bagikan Konten A Day in My Life

Konten A Day in My Life menjadi salah satu konten yang digemari oleh pengguna tiktok.

Hal ini dikarenakan anda dapat melihat kegiatan orang lain berdasarkan profesi atau kegiatan menarik yang dilakukan setiap hari.

Sehingga tidak mengherankan apabila anda banyak menemukan konten dengan tema serupa, namun dengan profesi yang berbeda.

Ide konten tersebut juga bisa anda lakukan sebagai influencer kesehatan tiktok yang memiliki rutinitas yang berbeda.

Konten ini juga akan membuat penonton anda mengetahui kegiatan yang anda lakukan selama menjadi influencer kesehatan tiktok.

Anda juga bisa membuat ide konten a day in my life yang mengatur jadwal olahraga, sehingga seseorang yang sibuk juga bisa melakukan kegiatan olahraga secara rutin.

Kreator juga bisa membuat ide konten tersebut saat sedang melakukan kegiatan lain, namun tetap melakukan kegiatan olahraga secara rutin.

Sehingga penonton juga tertarik untuk tetap aktif olahraga meskipun sedang sibuka melakukan rutinitas lainnya.

Bagikan Ulasan Konsumen

Bagi influencer kesehatan yang juga memiliki karir sebagai personal trainer, tentunya anda memiliki konsumen yang ingin membentuk badan yang lebih baik bersamaan dengan masalah yang dihadapi.

Jika konsumen anda berkenan, maka anda bisa membuat konten video tiktok mengenai ulasan konsumen yang anda bimbing hingga mencapai tujuan yang diinginkan.

Anda bisa memulai dengan membahas masalah kesehatan yang dihadapi oleh konsumen serta olahraga yang dapat membantu masalah tersebut.

Kemudian anda menceritakan proses perjalanan konsumen serta kesulitan yang dialami hingga mencapai hasil yang diinginkan.

Ide konten tersebut akan membantu penonton tertarik untuk belajar mengenai kesehatan dari konten yang anda berikan serta tertarik menggunakan layanan yang anda tawarkan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Namun, agar konsumen anda tetap merasa nyaman untuk menceritakan proses tersebut dan membagikannya di Tiktok, maka anda bisa menutupi identitas pribadi konsumen.

Berikan Motivasi ke Audience

Kegiatan olahraga atau masalah yang berkaitan dengan kesehatan mental, terkadang membuat seseorang membutuhkan motivasi tertentu agar bisa bangkit.

Sehingga sebagai influencer kesehatan yang memiliki pengaruh yang lebih besar, maka anda bisa memberikan motivasi ke penonton anda.

Misalnya saja memberikan cerita perjalanan tubuh anda dari awal hingga terbentuk dengan baik sampai saat ini.

Motivasi ini tentunya akan membuat penonton yakin bahwa mereka dapat berubah menjadi seseorang dengan bentuk tubuh yang lebih baik.

Namun, apabila konten anda membahas mengenai kesehatan mental, maka anda bisa menceritakan perjalanan saat anda membantu pasien yang mengalami masalah tertentu, hingga akhirnya mereka bisa sembuh seperti sedia kala.

Cerita tersebut akan memancing empati penonton dan menjadi motivasi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya.

Bagikan Resep Makanan yang Menarik

Sebagai seseorang yang telah melakukan diet untuk tujuan tertentu, maka membutuhkan inspirasi menu makanan sehat yang menarik serta menggugah selera makan agar tetap sehat.

Masalah yang dihadapi tersebut juga bisa digunakan sebagai konten tiktok yang menarik dengan membuat konten tiktok membuat menu makanan yang sehat.

Namun, agar konten tiktok anda dipercaya oleh penonton maka anda bisa melakukan kolaborasi dengan ahli nutrisi sehingga konten anda dapat dipercaya oleh pengguna tiktok.

Agar konten tiktok anda semakin menarik maka anda bisa meminta pendapat dari pengikut anda mengenai menu yang akan disajikan sebelumnya.

Anda juga bisa membahas topik menu diet khusus yang sekiranya banyak dicari di kolom pencarian agar video anda bisa ditonton oleh banyak orang dan menjangkau audience yang lebih luas.

Caranya adalah dengan melakukan pencarian secara manual di fitur pencarian menggunakan kata kunci #menudiet atau #resepdiet, kemudian anda akan menemukan rekomendasi konten yang banyak dicari oleh pengguna tiktok.

Anda juga bisa menggunakan website tertentu yang dapat mencari ide konten tiktok menggunakan kata kunci tertentu.

Konten kesehatan mengenai diet juga dibuat oleh akun tiktok @belajardiet yang membagikan tips dan menu pengaturan pola makan bagi pengguna tiktok yang berniat melakukan diet.

Lakukan Tiktok Live

Fitur siaran langsung menjadi salah satu layanan yang juga disediakan oleh berbagai social media.

Adanya fitur satu ini membantu anda untuk melakukan interaksi dengan pengikut lainnya secara langsung.

Apabila anda aktif melakukan siaran langsung secara rutin maka akan membantu anda untuk membangun kedekatan dengan audience yang dituju.

Tidak hanya itu, apabila konten siaran langsung anda dirasa menarik maka anda bisa mendapatkan gift stiker yang bernilai nominal uang tertentu.

Keuntungan lainnya adalah ketika anda menjual berbagai peralatan olahraga yang digunakan untuk berlatih, maka barang anda memiliki peluang untuk dibeli setelah melihat siaran langsung yang anda lakukan.

Namun, agar konten siaran langsung anda dapat ditonton oleh banyak orang dalam jangka waktu lama, maka beberapa strategi berikut bisa anda terapkan.

Pertama, apabila konten anda fokus pada pengembangan bentuk tubuh, maka anda bisa membagikan tips olahraga secara rutin sambila melakukan kegiatan olahraga tertentu.

Hal ini dapat membuat penonton mendapatkan contoh gerakan secara langsung selama siaran diadakan.

Kedua, apabila konten anda berpusat di pembuatan makanan sehat maka anda bisa melakukan siaran langsung sembari memasak makanan sehat tersebut.

Sehingga penonton dapat berkonsultasi mengenai menu diet sesuai kondisi tubuh serta yang diinginkan.

Ketiga, jika konten anda membahas mengenai kesehatan mental maka anda bisa membahas masalah tertentu yang berkaitan dengan problema yang dihadapi oleh konsumen, sehingga mereka tertarik untuk mengajukan berbagai pertanyaan yang membuat siaran langsung semakin menarik dan berlangsung lama.

Salah satu kunci agar siaran langsung anda menarik adalah melakukan interaksi dua arah dengan konsumen melalui menjawab berbagai pertanyaan yang masuk secara cepat.

Buat Konten Tutorial 

Bagi pengguna tiktok yang baru memulai untuk diet maka akan merasa bingung untuk memulai olahraga yang bisa digunakan untuk pemula yang sudah lama tidak melakukan kegiatan olahraga.

Kebingungan ini bisa anda jawab dengan membuat konten tiktok berdasarkan masalah tertentu.

Misalnya saja anda membuat konten tutorial olahraga bagi pemula yang baru pertama kali berolahraga, sehingga mereka tertarik untuk menontonnya.

Kedua adalah anda bisa mengunggah konten olahraga untuk masalah kesehatan tertentu yang biasa dialami oleh banyak orang, sehingga mereka bisa mencobanya di waktu senggang.

Apabila anda seorang influencer kesehatan yang fokus di bidang fitness atau gym maka anda bisa membuat konten tutorial menggunakan peralatan gym dengan baik serta tata cara berkunjung ke tempat fitness.

Sehingga penonton yang melihatnya akan semakin percaya diri untuk melakukan kegiatan olahraga di sarana olahraga tertentu.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *