riwayat pengguna tiktok

16 Tiktok Tools Untuk Strategi Marketing

Memiliki tiktok tools dengan fitur lengkap akan membantu kreator dalam membuat konten tiktok menjadi lebih keren serta mengoptimalkan performa akun tiktok yang dimiliki.

Tiktok kini semakin bertumbuh pesat dengan banyaknya pengguna yang tersebar di seluruh dunia menjadikan platform satu ini terus berkembang dengan berbagai inovasi baru.

Saat membuat sebuah konten tiktok maka tujuan utama dari kreator adalah masuk ke halaman for your page yang dapat memberikan peluang bagi akun tiktok anda menjangkau konsumen yang sesuai.

Di sisi lain, pengguna tiktok yang banyak menjadikan kreator bersaing mendapatkan jumlah engagement yang tinggi guna menguasai pasar yang dimiliki, karenanya kreator juga memerlukan tiktok tools untuk membantu mencapai tujuan tersebut.

Berikut beberapa tiktok tools yang terbagi ke dalam beberapa tujuan serta dapat dipilih sesuai dengan keinginan.

tiktok tools for marketing

Tiktok Tools for Marketing

Sebagai seorang marketer tentunya anda tidak hanya mengurusi satu social media namun beberapa akun sekakligus guna melakukan berbagai promosi di berbagai tempat.

Akun social media yang banyak dan disertai dengan berbagai konten yang berbeda menjadikan kreator sebaiknya membagi waktu agar bisa mengunggah konten tepat waktu dan sesuai dengan jadwal yang direncanakan.

Beberapa tahun lalu, kreator tiktok harus mengunggah konten secara manual sehingga kreator diharuskan mengunggah konten pada waktu yang telah ditentukan agar tidak ketinggalan momen.

Namun, saat ini tiktok dapat diunggah secara otomatis melalui berbagai website social media management setelah platform ini mengadakan kerjasama dengan beberapa platform terkenal.

Karenanya untuk membantu pekerjaan tersebut maka berikut beberapa tools yang bisa digunakan dalam merancang konten social media dan cocok dijadikan tiktok tools.

Capture 14

Social Champ

Social champ merupakan salah satu website social media management yang dapat membantu kreator dalam mengunggah berbagai konten social media secara otomatis.

Berbagai tools yang diberikan ini juga dapat digunakan di berbagai social media seperti Facebook, Pinterest, Linkedin, Twitter, Instagram, Google My Business, Youtube, dan Tiktok.

Social champ juga membantu pekerjaan kreator dengan tiktok tools yang mampu mengunggah konten secara otomatis pada waktu yang telah ditentukan.

Selain itu, kreator juga bisa menggunakan berbagai fitur yang disediakan oleh Social Champ guna mensukseskan strategi marketing yang telah direncanakan sebelumnya.

Di tambah lagi pekerjaan mengelola konten dibutuhkan fokus khusus maka menggunakan tiktok tools menjadi ide yang bagus dalam meningkatkan performa akun tiktok.

Tiktok tools yang disediakan dari social champ juga bisa digunakan untuk menganalisa video tiktok yang telah diunggah dan memeriksa tipe konten yang memiliki performa terbaik di tiktok melalui engagement serta reach yang di dapatkan.

Tidak hanya itu, Social champ juga mengizinkan anda dalam mengunggah beberapa konten tiktok sekaligus sehingga tidak memakan banyak waktu dalam mengunggah konten satu persatu.

Capture 15

Loomly

Social media management kedua yang bisa digunakan sebagai tiktok tools adalah Loomly yang juga bisa digunakan di berbagai akun social media lainnya.

Loomly sendiri mengklaim diririnya sebagai platform yang mampu meningkatkan kesuksesan brand dengan tim yang dimiliki.

Dengan beberapa tools yang diberikan, pengguna bisa melakukan kolaborasi, mengunggah, serta mengukur performa konten tiktok yang telah anda unggah sebelumnya.

Tidak hanya itu, berbagai tiktok tools yang dimiliki juga membantu dalam memberikan ide konten yang sesuai minat konsumen serta berbagai tips optimasi tiktok yang dapat digunakan untuk menaikkan engagement diantara audience yang dimiliki.

Dengan Loomly juga natinya kreator dapat mengkoneksikan akun tiktok anda dengan layanan video scheduling sehingga anda akan mendapatkan informasi mengenai waktu yang tepat dalam mengunggah konten tiktok.

Anda juga bisa mengumpulkan berbagai konten yang sudah atau belum diunggah ke dalam satu perpustakaan khusus yang bisa anda buka kapan saja dan dimana saja.

Bagi kreator yang bekerja dengan sebuah tim dalam membuat konten tiktok yang keren maka bisa menggunakan layanan ini sebagai media pemberitahuan apabila terdapat anggota tim yang mengunggah atau mengomentari konten tertentu.

Beberapa layanan yang diberikan oleh Loomly adalah :

  • List and Calender views : fitur yang dapat membantu konten social media teorganisir dengan rapih dan sesuai dengan penjadwalan yang telah disepakatai sebelumnya.
  • Ide Konten : perlu ide konten terbaru? Tiktok tools ini akan membantu kreator dalam menemukan ide konten yang seru serta menarik yang disukai oleh pengguna tiktok
  • Media penyimpanan konten : pengumpulan konten di satu tempat sehingga mudah untuk dilihat serta dirubah sewaktu-waktu.
  • Koneksi dengan team : koordinasikan berbagai ide kreatif dengan tim yang dimiliki dengan layanan dari Loomly.
Capture 16

Social Pilot

Social pilot juga menjadi tiktok tools keren yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan strategi marketing di tiktok.

Berbagai fitur yang disediakan di Social Pilot sendiri memberikan berbagai hal yang anda butuhkan sehingga strategi konten anda mencapai tujuan yang diinginkan.

Tidak hanya itu, dengan penggunaan Social pilot maka kreator juga bisa membuat dan menjadwalkan beberapa konten tiktok dalam satu platform.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan platform ini untuk beberapa akun sekaligus guna menjadwalkan konten tiktok di waktu yang telah ditentukan sebelumnya sehingga anda tidak ketinggalan waktu-waktu penting untuk mengunggah konten tiktok.

Capture 17

Hootsuite

Konsistensi dalam mengunggah konten tiktok dapat meningkatkan brand awareness serta menaikkan pengikut dari akun tiktok yang anda miliki.

Namun, kreator tidak perlu mengunggah semua konten secara manual namun beberapa konten tiktok yang sudah disiapkan sebagai bagian dari campaign marketing juga bisa diunggah secara otomatis melalui layanan tiktok tools yang diberikan oleh Hootsuite.

Hootsuite sendiri mengizinkan penggunannya untuk menjadwalkan konten tiktok kapan saja baik dengan jangka waktu 10 hari ke depan.

Melalui dashboard yang disediakan oleh Hootsuite maka kreator dapat dengan mudah menjadwalkan konten tiktok, menjawab komentar pengguna tiktok, serta mengukur kesuksesan dari sebuah platform tiktok.

Layanan penjadwalan tiktok dari Hootsuite sendiri memberikan rekomendasi waktu aktif konsumen sehingga kreator bisa mengunggah konten pada jam tersebut guna mendapatkan hasil engagement yang maksimal.

Kreator sendiri juga bisa menggunakan tiktok tools dari hootsuite di dekstop dengan bantuan tiktok integration tools sehingga tidak perlu berpindah dari satu platform ke platform lain.

Sayangnya saat menggunakan penjadwalan konten di Hootsuite ini kreator tidak bisa mengedit konten yang ternyata kurang sesuai sehingga kreator perlu menghapus serta mengeditnya di aplikasi edit video yang biasa anda gunakan.

pexels caio 56759

Tiktok Tools for Video Editing

Sebagai salah satu platform video yang terkenal, tiktok sendiri memiliki beberapa layanan yang bisa digunakan untuk mengedit konten untuk memberikan hasil yang estetik.

Sayangnya beberapa layanan yang diberikan terkadang kurang memberikan hasil yang maksimal sehingga kreator memerlukan tiktok tools lain untuk mengedit konten video yang diinginkan.

Karenanya berikut beberapa rekomendasi website dan aplikasi video editing yang bisa digunakan untuk mengedit konten tiktok.

Capture 18

InShot

Inshot menjadi tiktok tools yang dapat mengedit konten video dengan berbagai layanan premium seperti memotong, menggabungkan, menghapus video, mengganti background, serta memberikan efek, musik, serta filter video.

Inshot tidak hanya bisa digunaan untuk mengedit konten tiktok namun juga bisa dipakai untuk memberikan efek yang keren pada berbagai video di social media.

Aplikasi edit video ini juga kaya akan fitur serta menyediakan layanan menggabungkan serta memisah video secara mudah dan cepat.

Kreator juga bisa menggabungkan beberapa video dalam satu konten serta menambahkan beberapa lagu yang berbeda untuk backsound konten video.

Sayangnya lagu atau audio yang tersedia di Inshot tidak tersedia secara gratis sehingga kreator bisa membelinya dalam nominal tertentu.

Meksipun begitu, aplikasi Inshot bisa diakses melalui handphone sehingga anda bisa mengedit konten setelah merekam video tiktok.

Tiktok Built-In Video Editor

Aplikasi tiktok juga memiliki fitur pengeditan yang solid serta memiliki layanan yang mudah digunakan oleh kreator serta serta pemberian filter dan efek untuk mempercantik konten video.

Selain itu, anda juga diberikan akses untuk menggunakan berbagai audio dan lagu yang tersedia di tiktok secara gratis bahkan banyak juga artis yang mengunggah lagu mereka di tiktok agar lebih terkenal berkat digunakan oleh banyak pengguna tiktok.

Saat memulai mengedit konten tiktok pun kreator hanya perlu memilih filter, sounds, efek, timing, serta pilihan kecepatan video agar tidak menghabiskan durasi tiktok.

Setelah anda selesai mengubah isi video yang diinginkan maka anda juga bisa menggabungkan dengan video lain, penambahan lagu, efek, pemilihan backgound video, dan lain sebagainya.

Layanan tiktok tools ini juga memiliki beberapa layanan utama yakni pemilihan efek, filter, serta sound yang bisa dimasukkan ke dalam video tiktok yang akan diunggah, serta beberapa layanan yang keren dalam mengedit video yang diinginkan.

Tiktok tools edit video yang mudah digunakan oleh pengguna tiktok menjadi satu alasan mengapa banyak konten tiktok yang berkembang secara pesat di tiktok serta mampu mendapatkan banyak pengikut baru setiap harinya.

Saat kreator sudah mahir menggunakan fitur edit video di tiktok maka anda bisa mengunggah berbagai variasi konten tiktok yang mengagumkan.

Capture 19

Filmora

Apakah anda butuh aplikasi edit video yang bisa digunakan di desktop? Filmora menjadi jawaban dari setiap masalah edit video yang anda lalui.

Dengan menggunakan layanan tiktok tools satu ini maka kreator dapat mengedit konten video dengan mudah tanpa perlu menggunakan handphone yang memiliki layar terbatas.

Penggunaan tiktok tools edit video di luar layanan tiktok sendiri digunakan untuk memberika hasil konten tiktok yang luar biasa dan berbeda dari video lain yang ada di tiktok.

Filmora sendiri memiliki beberapa fitur yang dapat membantu mengedit video dengan mudah bahkan bagi pemula sekalipun.

  • Pilihan filter yang beragam yang dapat mempercantik hasil video
  • Berbagai fitur yang diberikan Filmora memiliki akses bebas royalti sehingga kreator tidak perlu mengeluarkan budget lebih dalam menggunakan layanan audio, video, efek, serta pilihan gambar yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.
  • Bagi kreator yang ingin mengembangkan kemampuan dalam mengedit konten video untuk social media maka bisa mengakses Video Editing Academy yang disediakan oleh Filmora
  • Platform ini juga bisa diakses 24 jam dengan fitur yang mudah digunakan dibantu dengan berbagai tips yang dapat membantu meningkatkan kemampuan dalam mengedit video.

Layanan Filmora sendiri juga bisa diakses melalui handphone sehingga kreator bisa mengedit video tiktok langsung setelah merekam konten tertentu.

Viamaker

Viamaker merupakan tiktok tools edit video yang menyediakan berbagai fitur secara gratis yang tentunya dapat menghasilkan konten video yang unik dan menarik.

Aplikasi ini juga berasal ByteDance yang merupakan kreator tiktok sehingga tiktok tools satu ini cocok digunakan untuk mengedit berbagai konten tiktok.

Selain itu, tiktok tools satu ini juga mudah digunakan dimana kreator bisa menggabungkan, mengubah, serta mempercepat durasi video tiktok dan memberikan efek yang keren sehingga dapat menyampailan sisi kreator serta sentuhan personal pada konten tiktok yang anda buat.

Kreator juga bisa menambahkan berbagai lagu dan audio secara gratis yang bisa dipilih di perpustakaan musik.

Beberapa fitur yang disediakan oleh Viamaker adalah :

  • Kemudahan dalam menggunakan berbagai fitur seperti memotong serta mempercepat durasi video tiktok.
  • Pemilihan filter dan efek yang membantu membuat video tiktok yang sesuai dengan keinginan.
  • Akses ke perpustakaan musik yang menyediakan berbagai lagu dan audio yang bisa diakses secara gratis
  • Berbagai pilihan stiker serta font yang bisa disertakan dalam video tiktok agar video tiktok lebih cantik serta memberikan caption video yang lebih jelas.
Capture 20

Capcut

Kreator tiktok tentunya tidak asing dengan tiktok tools edit video satu ini dimana anda dapat menemukan banyak video yang menggunakan aplikasi ini mengedit konten video.

Platform satu ini biasanya digunakan untuk mengedit konten video daily life yang biasanya memiliki banyak potongan video yang digabungkan menjadi satu.

Capcut memiliki berbagai fitur yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan tiktok anda yang dilengkapi dengan stiker yang sedang tren serta font khusus dari capcut.

Keuntungan lainnya dari Capcut adalah semua layanan dapat digunakan secara gratis sehingga kreator tidak perlu membayar biaya berlangganan.

Selain itu, Capcut sendiri menjadi aplikasi edit video yang dimiliki oleh tiktok sehingga jika sebuah fitur tiktok sedang viral maka anda bisa menggunakan platform ini untuk mengedit video dengan mudah.

Beberapa layanan lain yang bisa digunakan di Capcut adalah :

Mudah Digunakan : kreator dapat menggabungkan, memotong, serta mengubah kecepatan video dengan fitur edit yang mudah digunakan yang membantu dalam merekam kenangan penggunanya.

Kualitas Terbaik : agar konten tiktok anda semakin banyak dilihat oleh pengguna tiktok lain dan masuk halaman for your page maka Capcut memberikan kualitas terbaik bagi video yang telah diedit di aplikasi ini.

Top Music Hits : tersedianya berbagai pilihan lagu dan audio yang sedang naik daun dari berbagai genre yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konten tiktok.

pexels timur saglambilek 185576 1

Tiktok Tools for Analyze

Membuat dan mengunggah konten di tiktok tentu saja tidak cukup. Kreator juga perlu melihat perfoma konten tiktok yang telah diunggah dengan melihat jumlah interaksi serta jangkauan yang dimiliki.

Berikut beberapa tiktok tools yang bisa digunakan untuk menganalisa hasil konten tiktok yang anda miliki.

Tiktok Analytics

Guna memanjakan penggunanya dalam menggunakan tiktok, platform ini juga meluncurkan layanan tiktok analytics yang bisa digunakan untuk menganalisa kemampuan konten tiktok yang dimiliki.

Tiktok tools bernama tiktok analytics memiliki kemampuan dalam mengevaluasi campaign yang telah dibuat sebelumnya.

Berbagai tiktok tools yang diberikan berguna untuk mengecek insight dari video yang telah diunggah di Tiktok.

Tiktok analytics juga memiliki beberapa fitur unggulan, diantaranya :

  • Informasi yang relevan mengenai performa konten tiktok serta jangkauan audience yang bisa diakses dalam satu halaman yang sama. Berbagai data yang diberikan berasal dari performa akun tiktok dalam jangka waktu seminggu atau sebulan.
  • Dashboard analisa tiktok yang bisa memberikan informasi mengenai profile overview, followers insight, serta content insight
  • Tiktok tools ini juga dapat membantu memberikan saran strategi konten yang efektif dengan analisa yang mendalam.

Penggunaan layanan Tiktok analytics pun sangat mudah, kreator hanya perlu mengubah akun pribadi menjadi akun business sehingga dapat menggunakan layanan insighta yang disediakan oleh tiktok.

Capture 21

Analysa io

Tiktok tools lain yang dapat membantu sebgai media pengukuran perfoma konten adalah Analisa io yang menyediakan layanan insight untuk konten tiktok yang menjadi viral, demografi audience, campaign influencer, konten yang dibagikan oleh pengguna tiktok, serta strategi konten kompetitor.

Analisa yang di dukung oleh layanan AI Tiktok dan instagram dapat membantu anda dalam menganalisa profile akun tiktok serta efektifitas hastag tiktok yang digunakan.

Website satu ini juga menyediakan berbagai informasi mengenai analisa data yang bisa digunakan sebagai rencana strategi marketing ke depannya.

Uniknya lagi layanan yang diberikan Analisa io ini bisa diakses melalui website sehingga anda tidak perlu mengunduh aplikasi di gagdet serta hanya memasukkan nama akun tiktok yang diinginkan guna mengetahui performa konten tersebut.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa menggunakan website ini untuk menganalisa berbagai akun social media kompetitor lain sehingga anda bisa mendapatkan berbaai informasi dalam satu tempat.

Akan tetapi jika anda menginginkan informasi analisa konten yang lebih lengkap maka anda bisa berlangganan website ini dengan budget yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan.

Capture 22

Pentos

Tiktok tools satu ini memiliki jargon bahwa konten tiktok sangat mudah untuk dianalisa dengan Pentos.

Platform satu ini memberikan ulasan lengkap mengenai performa dari akun tiktok yang anda miliki secara mudah dan cepat.

Anda juga akan mendapatkan insight mengenai challanges yang sedang trending di tiktok yang bisa digunakan secara gratis.

Di sisi lain, apabila kreator ingin mendapatkan informasi analisa yang lebih lengkap maka bisa berlangganan platform ini dengan pilihat budget yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

Beberapa layanan yang bisa diakses melalui platform pentos adalah :

  • Pengecekan insight dari challange yang sedang viral di tiktok.
  • Analisa tiga profil kompetitor di tiktok secara gratis.
  • Pemberian data terperinci mengenai hastag yang akan sedang dan akan digunakan di konten tiktok, penggunaan lagu viral yang ada di tiktok, serta profil akun tiktok.
  • Analisa profile tiktok secara mendalam termasuk jumlah likes, penonton, engagement, komentar, dan lain sebagainya.
Capture 23

Popster

Popster merupakan tiktok tools yang mampu memberikan analisa akun tiktok dan mengevaluasi konten tiktok secara efisien.

Berbagai fitur yang diberikan akan membantu kreator dalam memahami konten yang disukai oleh konsumen serta bisa dikembangkan di tiktok sehingga akun tiktok anda menjadi lebih viral.

Selain itu, kreator juga dapat mengecek waktu aktif konsumen serta tagar yang sedang populer dengan bantuan layanan dari popster.

Platform ini juga menyoritis dan memberikan filter pada postingan tertentu secara efekter serta menampilkan semua informasi dalam bentuk grafik sehingga mudah dipahami.

Sumber :

27 Best TikTok Tools to Have by Your Side in 2022 (socialchamp.io)

16 of the Best TikTok Tools to Improve Your Marketing (hootsuite.com)

8 Must-Have TikTok Tools to Boost Your Growth[2022] (wondershare.com)

13 TikTok Tools to Bolster Your Marketing Efforts (influencermarketinghub.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.