tiktok trend

Penting! 14 Trend Tiktok Hits yang Disukai Pengguna Tiktok

Ketahui inspirasi konten tiktok dan cara memanfaatkan trend tiktok untuk naikkan akun bisnis dan kreator.

Sama seperti gaya berpakaian yang selalu berganti setiap tahunnya trend tiktok juga terus berubah dengan cepat.

Hal ini bisa jadi karena rasa bosan atau konten tiktok yang telah dibuat sudah terlalu banyak sehingga menimbulkan rasa jenuh.

Karenanya sebagai pengguna tiktok sebaiknya mengetahui trend tiktok apa saja yang sedang naik saat ini agar tidak ketinggalan atau bahkan bisa menjadi pelopor trend tiktok yang selanjutnya.

Agar konten anda selalu menjadi trend setter, berikut beberapa trend tiktok yang bisa digunakan untuk membantu konten anda masuk fyp recommend.

apa itu trend tiktok

Apa Itu Trend Tiktok dan Manfaatnya untuk Kreator

Sebagai salah satu social media yang memiliki banyak variasi konten, banyak hal yang bisa menjadi trend tiktok, beberapa diantaranya adalah lagu, sound, atau bahkan challange dan konten tiktok juga bisa menjadi trend tiktok yang diikuti oleh banyak orang.

Di tahun 2021 sendiri sebagian besar trend tiktok sendiri dipenuhi oleh tutorial resep makanan atau tips mudah menggunakan skincare.

Tiktok sendiri juga memiliki dua jenis akun baik untuk kreator atau bisnis namun keduanya juga memiliki trend tiktok yang sama sehingga hal ini menguntungkan bagi pengguna untuk membuat konten yang sama guna menyasar konsumen yang lebih luas.

Manfaat Trend Tiktok untuk Kreator

Banyaknya trend tiktok yang bermunculan tentunya bisa dimanfaatkan oleh pengguna tiktok untuk mengenalkan konten yang dibuat atau akun yang dikembangkan untuk bisnins.

Mungkin saja berawal dari terus menerus mengikuti trend tiktok yang selalu bermunculan akan membantu untuk menaikkan nama akun sehingga meningkatkan keuntungan bisnis.

Trend Tiktok Dibuat Untuk Dimodifikasi

Seringnya beberapa pengguna tiktok membuat trend tiktok dengan format yang sama terkadang membuat penonton bosan dan langsung beralih ke konten yang lainnya.

Hal ini tentu saja merugikan kreator karena hasil dari membuat konten trend tiktok mendapatkan sedikit penonton diluar ekspektasi.

Karenanya agar penonton tertarik pada konten trend tiktok yang dibuat maka kreator bisa memodifikasi konten tersebut dengan ciri khas tersendiri agar video anda dilihat lebih banyak penonton dan menjadi pemenang trend tiktok.

Dengan memodifikasi trend tiktok tentunya akan membantu algoritma tiktok anda untuk dapat menjangkau pengguna tiktok yang belum pernah mengenal akun anda sebelumnya sehingga menguntungkan bagi kreator.

Ciptakan Trend Tiktok Melalui Tiktok Ads

Saat melihat konten tiktok di fyp recommend biasanya anda akan menemukan tiktok ads yang unik berupa challange dance yang mengajak pengguna tiktok untuk mengikuti challange tersebut.

Saat melihat challange yang seru dan mudah tentunya pengguna akan lebih tertarik untuk membuat trend tersebut di akun yang dimiliki sambil menggunakan hastag dari challange tersebut tentunya.

Disaat banyak orang yang mengikuti challange tersebut tentunya lama kelamaan akan menjadi trend tiktok yang bertahan lama.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi pelaku usaha untuk mengenalkan brand atau produk terbaru secara mudah dan bisa menyebar lebih cepat.

Ditambah lagi pengguna tiktok yang berkisar di usia muda lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk melihat konten tiktok baik berupa dance challange yang bisa menjadi sasaran tepat untuk diajak mengikuti tantangan yang dibuat.

Salah satu challange yang sempat naik daun adalah soundtrack dari iklan handphone oppo yang secara tidak sengaja menjadi trend tiktok berkat lagunya yang enak di dengar dan mudah ditirukan oleh pengguna tiktok.

@yf.mbxx Fun facts #china #chinatrend #chinese #asian #oppo #fyp ♬ 放个大招给你看 – _ab.mn_

Apabila pengguna berniat untuk menaikkan dance challange sebagai bagian dari promosi di tiktok maka anda bisa mlakukan kolaborasi dengan kreator tiktok yang berfokus pada konten dance challange.

Dengan pengikut yang banyak serta engagement tiktok yang tinggi tentunya akan memudahkan untuk menaikkan dance challange anda untuk dipakai oleh banyak orang dan menjadi trend tiktok.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi pelaku usaha untuk mengenalkan bisnis yang dikembangkan dan mendapatkan brand awareness setelah dance challange yang dibuat naik daun.

Usahakan juga membuat lagu dan gerakan dance yang mudah diingat agar bisa lebih cepat ditirukan oleh pengguna tiktok lainnya.

trend tiktok 2022

14 Trend Tiktok

Banyaknya konten tiktok yang beredar di fyp recommend dan juga terus bergantinya trend tiktok setiap harinya membuat kreator sebaiknya mengetahui jenis konten yang sedang naik saat ini.

Tak hanya itu, dengan mengetahui trend tiktok yang sedang naik daun tentunya memudahkan pelaku usaha untuk membuat konten yang sesuai dengan produk yang dimiliki atau membuat trend tiktok untuk promosi produk yang tepat.

Guna mengetahui trend tiktok yang umum digunakan oleh pengguna tiktok berikut beberapa rekomendasi yang bisa di gunakan dan di kembangkan.

Dance Challange

Terkenalnya tiktok sendiri berawal dari banyaknya pengguna tiktok yang membuat atau mengkreasikan dance challange.

Trend tiktok berupa dance challange pun masih bertahan hingga saat ini terlihat dari banyaknya kreator atau pengguna tiktok yang mengkreasikan ulang dance challange yang sedang viral.

Sebuah dance challange bisa lebih mudah terkenal berkat gerakan yang mudah, pendek, dan menggemaskan sehingga lebih mudah digunakan oleh banyak pengguna tiktok yang belum mahir dance.

Beberapa pengguna tiktok sendiri terkadang membuat tutoral dance challange yang sedang viral dengan simbol tertentu sehingga lebih mudah ditirukan oleh pengguna tiktok lainnya.

Promosi produk atau karya menggunakan dance challange sendiri sudah sering digunakan oleh banyak brand besar atau artis yang ingin mempromosikan karyanya melalui dance challange yang diiringi dengan lagu yang dipromosikan.

Pengguna tiktok sendiri bisa dengan mudah mengetahui dance challange yang sedang viral melalui fyp recommend atau mencarinya melalui hastag.

Disaat anda menemukan dance challange yang sedang viral dan anda sukai maka bisa melihat dari sound tersebut tutorial dari dance tersebut sehingga lebih mudah dikreasikan di akun anda.

@kasiicun15 Lagunya asik #fyp #JARTEAM #viral ♬ DARARI – ︎ 🏁

Konten Komedi

Tidak hanya melihat trend tiktok berupa dance challange yang sedang viral namun pengguna tiktok juga bisa mencari hiburan lain berupa komedi pendek yang disajikan di video tiktok.

Konten komedi yang mengundang tawa dengan durasi pendek tentunya akan membuat pengguna terhibur dan terus dicari oleh pengguna tiktok sebagai alternatif hiburan.

Sebuah konten komedi yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari tentunya akan lebih mudah menarik engagement penonton tiktok yang memberikan apresiasi berupa likes atau membagikannya ke orang lain.

Penggunaan konten komedi yang seru tentunya akan membantu untuk meningkatkan engagement, semakin lucu sebuah konten makanya akan semakin banyak orang tertarik pada akun bisnis anda dibandingkan konten promosi yang terkesan serius

Pengguna bisa menggunakan beragam filter atau sound yang tersedia di tiktok untuk membuat konten yang lucu dan menarik.

Salah satu jenis konten komedi yang disukai oleh pengguna tiktok adalah behind the scene atau kejadian lucu yang terjadi di bisnis anda sehingga membuat penonton tertarik untuk melihat konten yang anda buat.

@gisel_laaa #culture #javaneseculture #surabaya #accentchallenge #fyp ♬ everyone using this sound – zup

Konten Before and After

Salah satu konten yang jarang mendapat perhatian namun tetap menjadi trend tiktok adalah konten before after.

Melalui tipe konten ini pengguna bisa memperlihatkan beberapa foto atau video saat pengguna belum di make over dan video setelah melakukan berbagai perubahan yang membuat penonton terpukau akan perubahan yang dilakukan.

Mengembangkan konten before and after sendiri cocok untuk menaikkan engagement yang positif sehingga meningkatkan jumlah penonton atau likes di konten yang dimiliki.

Komten ini tentu saja cocok digunakan untuk pelaku usaha di bidang skincare, make up, fashion, atau bahkan renovasi rumah yang dapat merubah seseorang menjadi lebih baik.

Salah satu jenis konten before after yang bisa dikembangkan adalah dengan merenovasi rumah yang dulunya dipandang sebelah mata menjadi lebih bagus bahkan dikagumi oleh banyak orang.

Sementara untuk konten make up maka pengguna bisa melakukan make over ke seseorang yang awalnya berpenampilan biasa menjadi lebih cantik dengan riasan yang dipakai dari make up tersebut.

Konten before and after tersebut tentunya akan menarik perhatian konsumen untuk membeli karena melihat hasil dari riasan yang cantik dan mampu merubah penampilan seseorang.

@toktitiktok Before and after 😘 #fyp #fypシ ♬ original sound – Sai Datinguinoo

Konten Transisi

Salah satu fitur unik yang mungkin tidak ditemukan di social media adalah transisi di dalam video.

Tiktok sendiri menyediakan fitur edit yang disertai tools yang memudahkan untuk mengubah klip dari satu ke yang lainnya sehingga terlihat seperti sulap.

Fitur transisi ini juga kerap kali menjadi trend tiktok yang disukai oleh pengguna tiktok karena dapat merubah penampilan dengan mudah namun tetap unik.

Konten transisi pun dapat di dudkung dengan adanya cahaya yang sama dan juga menaruh kamera yang dipakai di satu tempat yang sama.

Meskipun begitu, konten transisi juga bisa terlihat merepotkan saat mengubah posisi kamera dengan cepat ke sekeliling anda dan juga melakukan zooming in and out.

Karenanya saat membuat konten transisi disarankan untuk memakai kameramen sendiri agar hasil video yang di dapatkan tetap bagus dan tidak blur.

Konten transisi sendiri cocok digunakan untuk konten make over dimana pengguna merubah tampilan dengan cepat menggunakan produk yang digunakan sehingga kreator tidak hanya membuat konten yang menarik namun juga promosi terselubung.

Hal ini tentunya akan menarik perhatian penonton saat melihat baju yang digunakan sehingga akan lebih tertarik untuk membelinya di tiktok shop atau akun market place yang dimiliki.

@toktitiktok Before and after 😘 #fyp #fypシ ♬ original sound – Sai Datinguinoo

Konten yang Menyentuh Perasaan

Dunia tiktok yang terkadang penuh editan atau kemewahan terkadang membuat penonton tidak sadar bahwa kita hidup di dunia dimana di balik sissi bahagian tentunya ada sisi lain yang tidak diperlihatkan.

Saat melihat sesuatu yang menyentuh perasaan tentunya seseorang akan lebih mudah tersentuh pada konten tersebut.

Terkadang kita menemukan konten dimana seseorang menceritakan kisah hidupnya yang tentu mengundang simpati orang lain dengan cara memberikan komentar penyemangat di konten yang dimiliki.

Konten tersebut terkadang membuat kita sadar bahwa seseorang yang sempurna pun terkadang memiliki sisi lain yang tidak diketahui dan terkadang dipendam bertahun-tahun lamanya.

Konten Kolaborasi

Tidak hanya fitur transisi yang disediakan oleh tiktok namun ada juga fitur stitch yang memudahkan seorang pengguna melakukan interaksi dengan konten lain.

Dengan adanya fitur stitch ini seseorang bisa mengomentari konten yang lewat di fyp recommend.

Beberapa konten yang menggunakan fitur stitch terkadang menarik perhatian banyak orang bahkan menjadi trend tiktok di fyp recommend berkat komentarnya yang lucu dan sarkas sehingga mengundang gelak tawa dari orang lain.

Sedangkan saat menggunakan konten duet maka seseorang bisa berinteraksi dengan konten tersebut dengan cara meniru gerakan atau melakukan cover song bersama.

Konten duet juga terkadang mendapatkan banyak perhatian dari pengguna tiktok berkat kolaborasinya yang menarik.

Tidak hanya menggunakan fitur stitch atau duet untuk kolaborasi namun anda juga bisa melakukan kolaborasi dengan influencer untuk membuat konten promosi di akun yang dimiliki sehingga mendapatkan lebih banyak pengikut baru.

Pengguna juga bisa membuat konten kolaborasi yang bisa di stitch atau di buat duet dengan orang lain sehingga bisa meningkatkan engagement video yang di buat.

Buat Konten dengan Keluarga

Salah satu jenis kinten yang mampu menarik perhatian banyak orang adalah dengan membuat konten dengan keluarga.

Banyak sekali konten di tiktok yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna tiktok untuk membuat konten keluarga seperti dance challange atau daily life bersama keluarga.

Berbagai tingkah lucu dan unik sebuah keluarga terkadang membuat seseorang senang dan bahagia hingga memberikan apresiasi berupa komentar, like, atau membagikan konten tersebut ke pengguna lain.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa membuat konten bersama pegawai yang dimiliki untuk memperlihatkan kebersamaan dan juga interaksi antar pegawai dan pemilik usaha.

Banyak juga konten kreator yang memulai akunnya dengan membuat konten keluarga dan bisa eksis sampai sekarang berkat adanya kedekatan dan juga kelucuan di konten tersebut.

@justtkass Meet my family 😳🏠 #bigfamily #family #encanto #fyp ♬ GRANDKID ROUNDUPP – khoi

Kreasikan Sesuatu yang Sedang Trend

Saat demam squid game melanda banyak orang yang mencoba mengkreasikan salah satu adegan di film tersebut.

Hal ini juga dilakukan oleh banyak orang sehingga konten squid game menjadi viral dan menjadi trend tiktok untuk jangka waktu yang cukup lama.

Karenanya pengguna tiktok pun bisa membuat konten dari mengkreasikan adegan film yang sedang naik daun sehingga bisa menjadi trend tiktok.

Membuat konten dari adegan film yang sedang viral juga bisa membantu untuk meningkatkan engagement karena fans atau penonton film tersebut juga akan memberikan apresiasi berupa likes, komen, atau share.

Tak hanya itu, pengguna tiktok juga mengkreasikan adegan dari musik video yang sedang naik daun namun dengan perbedaan setting yang unik dan tentunya menarik perhatian dari pengguna tiktok lainnya.

@riekemeilanis23

POV wkwk

♬ Bertahan Terluka – Fabio Asher

Buat Konten Daily Life

Kehidupan seseorang yang berbeda-beda terkadang membuat seseorang penasaran dengan kegiatan sehari-hari orang lain.

Karenanya konten daily life menjadi salah satu konten tiktok yang digemari oleh banyak orang dan juga menjadi trend tiktok.

Kreator juga bisa membuat konten daily life untuk pekerjaan yang jarang di dengar oleh orang lain atau apabila anda bekerja di perusahaan besar yang menarik perhatian orang lain yang penasaran dengan perusahaan atau pekerjaan yang anda jalani.

Meskipun anda memiliki kegiatan sehari-hari yang biasa dilakukan oleh orang lain namun jika anda bisa mengemasnya dengan baik dan memberikan gimmick yang tidak berlebihan terkadang akan membuat seseorang tertarik untuk menonton.

Kreator juga sebaiknya mengunggah konten daily life secara rutin setiap harinya namun dengan konsep yang berbeda agar penonton tidak bosan dan juga meningkatkan engagement dari video daily life yang anda buat.

@riekemeilanis23

POV wkwk

♬ Bertahan Terluka – Fabio Asher

Jawab Komentar dengan Konten

Disaat anda sudah mendapatkan banyak engagegement berupa komentar dari pengguna tiktok lain maka pengguna bisa menjadikannya konten yang dapat membantu untuk menaikkan interaksi dengan pengikut anda.

Pengguna juga bisa membalas request pengikut anda sehingga pengguna bisa mendapatkan engagement yang lebih besar tanpa perlu membuat berbagai macam konten lainnya.

Beberapa kreator tiktok bahkan membuat konten hanya dengan menjawab pertanyaan dari pengikutnya namun masih tetap disukai oleh pengguna tiktok bahkan mendapatkan engagement yang tinggi.

Metode ini juga bisa menjadi strategi konten yang bagus bagi pengguna tiktok yang mengembangkan akun bisnis.

Hal ini dikarenakan pengguna bisa menjawab pertanyaan konsumen lebih lengkap melalui konten video dengan durasi yang lebih panjang.

Konten Video yang Menakjubkan

Saat melihat konten video makanan yang sedang trend tiktok terkadang membuat penonton merasa takjub dan tertarik untuk mencobanya.

Tipe konten seperti ini juga disukai oleh pengguna tiktok karena memanjakan panca indra sehingga membuat penonton tiktok tertarik untuk membelinya.

Pelaku usaha yang memiliki bisnis makanan bisa memanfaatkan konten jenis ini dengan cara memberikan video saat menyajikan menu tertentu yang nantinya akan membuat penonton tertarik untuk membeli makanan tersebut.

Cari Komunitas yang Tepat

Banyaknya pengguna tiktok yang memiliki minat yang berbeda terntunya menjadi keuntungan tersendiri bagi kreator.

Hal ini dilakukan karena pengguna dapat menentukan konsumen yang akan dituju sehingga bisa mengembangkan konten yang sesuai minat.

Cara menentukan konten yang sesuai adalah dengan mengikuti influncer atau kreator yang memiliki minat yang sama dengan anda.

Lama kelamaan akan muncul trend tiktok yang sama dengan minat anda sehingga bisa digunakan sebagai ide konten di akun bisnis yang dimiliki.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa mencari di kolom pencarian dengan keyword tertentu seperti #foodtok atau #fashiontok.

Hal ini tentunya akan memudahkan pengguna untuk mencari konten yang sesuai dan disukai oleh pengguna tiktok yang memiliki minat sama dengan anda.

Dengan membuat konten yang sedang trend tentunya akan memudahkan video yang dibuat mendapatkan engagement yang tinggi dan tentuna akan membantu untuk masuk ke fyp recommend.

Konten Behind the Scene

Saat seorang konsumen tertarik pada suatu brand atau produk tertentu biasanya pembeli penasaran pada proses pembuatan produk tersebut sebelum sampai ke tangan pembeli.

Rasa penasaran ini tentunya bisa dikembangkan oleh pengguna tiktok dengan cara membuat konten behind the scene dimana pengguna memberikan video mengenai proses pembuatan suatu produk.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa membuat proses packing pada event promosi sehingga konsumen yang membeli produk anda tak sabar untuk menanti barang yang di pesan sampai dengan selamat.

Dengan membuat konten behind the scene tentunya cocok sebagai edukasi dan membuat penonton merasa melihat sesuatu yang eksklusif dari brand kesukaan.

Apabila anda mengembangkan bisnis yang berupa barang seperti makanan atau baju maka konten behind the scene ini bisa dibuat untuk menarik minat konsumen dan pengguna tiktok dalam membeli produk anda.

@nyil__

Behind The Scene

♬ suara asli – Justyaldrin

Buat Personal Brand yang Kuat

Banyaknya kompetitor yang membuat akun tiktok untuk promosi tentunya membuat kreator mencari cara agar akun tiktok yang dibuat berbeda dengan yang lain.

Salah satunya adalah dengan membuat personal branding akun tiktok yang kuat sehingga akun anda memiliki ciri khas tersendiri dan mudah dikenali oleh pengguna tiktok lainnya.

Salah satu caranya adalah dengan membuat konten khas yang hanya bisa ditemukan di akun anda.

Karenanya meskipun pengguna ikut membuat konten yang sedang trend namun penting juga untuk memberikan ciri khas tersendiri di setiap konten yang dibuat.

Kreator juga sebaiknya membuat konten rutin setiap harinya untuk membuat algoritma tiktok membantu menaikkan konten dan akun anda ke fyp recommend.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *