pexels freestocksorg 34407 4

4 Cara Mendapatkan Youtube Verified

Ingin meningkatkan kredibilitas akun youtube anda? Memiliki tanda youtube verified bisa menjadi solusinya.

Memiliki tanda centang di akun youtube menjadi keinginan banyak kreator, apalagi yang telah memiliki sejumlah video dengan jumlah penonton jutaan serta memiliki jumlah subscriber yang cukup banyak.

Hal ini tentunya bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang untuk mendapatkan badge youtube verified.

Di tambah lagi, apabila sebuah akun youtube mendapatkan tanda centang, maka akan meningkatkan kredibilitas di mata penonton youtube, serta menaikkan level anda di mata kompetitor lain.

Di sisi lain, mendapatkan youtube verified tidak segampang yang dibayangkan, anda perlu mencoba beberapa kali agar mendapatkan tanda centang, dan mematuhi berbagai peraturan yang berlaku, sehingga youtube verified anda tidak hilang.

Sehingga untuk mendapatkan youtube verified dan mempertahankannya, maka berikut beberapa langkah guna mendapatkan tanda centang dari youtube.

youtube verified

Apa Itu Youtube Verified

Saat sedang menonton video di youtube, mungkin saja tertarik untuk melihat berbagai video lain yang ditawarkan, dan akhirnya mengunjungi halaman akun youtube tersebut.

Sesampainya di halaman profil youtube, mungkin saja anda akan menemukan youtube verified yang jarang ditemukan di kanal lainnya.

Sebenarnya apa sih youtube verified itu dan apa yang membedakannya dengan akun youtube yang lainnya?

Youtube verified merupakan simbol verifikasi yang biasanya terpampang di sebelah nama profil youtube seseorang dengan tanda centang berwarna abu-abu.

Dengan memiliki badge youtube verification, maka menandakan bahwa setiap konten yang diunggah sudah di verifikasi menjadi milik seorang kreator yang bergerak secara individu atau tergabung dalam sebuah komunitas dan brand tertentu.

Tidak hanya itu, memiliki youtube verification juga memiliki keuntungan sendiri, diantaranya adalah :

  • Meningkatkan kredibilitas yang dibuktikan dengan validasi dari youtube, singkatnya semua konten yang telah anda unggah mendapatkan kepercayaan dari pengikut atau pengguna youtube lain yang mungkin akan menonton video anda di masa yang akan datang.
  • Memiliki youtube verified juga menghindari kemungkinan bahwa konten youtube anda dicuri oleh orang lain, sehingga apabila pencurian itu terjadi maka anda akan mendapatkan pemberitahuan dan bantuan agar konten youtube anda bisa di hapus dari kanal youtube lain.

Di sisi lain, meskipun kanal youtube anda baru saja dibuat, namun anda juga memiliki kemungkinan mendapatkan verifikasi dari Youtube.

Hal ini bisa saja terjadi apabila anda telah melakukan youtube verification, yakni mengkonfirmasi bahwa informasi pribadi berupa nomor telefon anda telah diverifikasi oleh Youtube, untuk menandakan bahwa akun anda dijalankan oleh orang asli bukan bot.

Youtube verification ini akan diberikan apabila seseorang telah memenuhi beberapa syarat khusus, diantaranya adalah :

  • Mengunggah konten youtube dengan durasi lebih dari 15 menit.
  • Menggunakan thumbnail yang telah disediakan oleh Youtube.
  • Melakukan siaran langsung di Youtube.
  • Melakukan verifikasi nama channel Youtube.

Apabila anda sudah melakukan beberapa langkah verifikasi tersebut, maka anda bisa mengeceknya dengan beberapa langkah berikut :

  • Masuk ke halaman pengaturan, kemudian klik ikon account
  • Selanjutnya klik channel status dan fitur untuk mengecek youtube verification
  • Apabila kanal youtube anda sudah divalidasi oleh Youtube, maka anda bisa melihat tanda warna hijau pada fitur yang memberikan verifikasi nomor telefon.
BCe8NOYvSOycLo3fDK9O

Siapa Saja yang Bisa Mendapatkan Youtube Verified

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, tidak semua akun youtube bisa mendapatkan  Youtube verified.

Seorang kreator harus mengikuti beberapa syarat khusus agar channel youtube mereka mendapatkan validasi dari salah satu platform streaming video jutaan umat.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh seorang kreator agar akunnya mendapatkan yotube verifed adalah :

  • Memiliki setidaknya 100.000 pengikut organik.
  • Memiliki konten original yang unik dan menarik.
  • Aktif melakukan interaksi dengan penonton dan telah melengkapi informasi di halaman profil youtube, seperti memiliki banner, deskripsi, serta foto profil, dan jangan lupa untuk mengunggah konten secara rutin.

Meskipun begitu, anda mungkin saja menemukan channel youtube yang memiliki pengikut kurang dari 100.000 ribu namun mendapatkan youtube verified.

Hal ini bisa saja terjadi karena peraturan yang terus berubah, atau Youtube memberikan verfikasi pada channel youtube terkenal namun memiliki jumlah penonton yang banyak.

Di sisi lain, anda mungkin saja menemukan channel youtube milik seorang penyanyi yang memiliki youtube verified, berkat jumlah pengikut yang banyak serta videonya aktif ditonton oleh jutaan orang di seluruh dunia.

PZPWYoJURMOmEQjiU4o3

Hal ini terjadi pada penyanyi Taylor Swift yang memiliki badge youtube verified dengan ikon music di sebelah nama profil.

Meskipun semua kreator memiliki kesempatan untuk mendapatkan youtube verifed, namun akun youtube for artist memiliki beberapa rekruitmen sendir, diantanranya adalah :

  • Akun youtube merepresentasikan seorang penyanyi, grup, atau band.
  • Memiliki setidaknya sebuah music video yang didistribusikan oleh label atau distributor.
  • Bekerja sama dengan Youtube Partner Manager dengan menjadi bagian dari Partner Manager.
  • Berpartisipasi di program-program dari Youtube Partner.
  • Label atau agensi musik anda telah terdaftar di Youtube Service Directory for Music Partners.

4 Cara Mendapatkan Youtube Verified

Meskipun mendapatkan badge youtube verified tidak mudah, namun apabila anda telah memenuhi segala persyaratan yang diajukan oleh Youtube, maka mungkin saja anda memiliki peluang untuk mendapatkan youtube verified.

Berikut 4 langkah yang bisa diikuti untuk mendapatkan youtube verified :

  • Pertama, anda bisa masuk ke website youtube channel verification application yang akan diberikan langsung ke halaman youtube anda, apabila telah memenuhi beberapa syarat yang telah diberikan.
  • Kedua, Isilah beberapa informasi yang diajukan berupa nama channel youtube serta nama identitas kanal anda, untuk mengetahui informasi tersebut maka anda bisa mengaksesnya di link yang terdapat pada form tersebut.

Selain itu, anda juga bisa mendapatkannya dengan masuk ke halaman pengaturan kemudian klik pada ikon advanced settings.

  • Ketiga, setelah semua informasi telah selesai diisi maka anda bisa melanjutkannya dengan melakukan klik pada ikon submit.
  • Keempat, Youtube akan memverifikasi channel youtube anda, dengan menyamakan beberapa informasi yang diberikan serta melakukan beberapa pengecekan lebih lanjut.

Dibutuhkan waktu beberapa minggu oleh Youtube untuk mengumpulkan informasi tersebut, sehingga anda sebaiknya menunggu dengan sabar sembari terus aktif melakukan interaksi dengan pengikut anda dan mengunggah konten youtube secara rutin.

  • Kelima, setelah beberapa lama akhirnya youtube verifed anda telah tercantum di profil youtube anda, dan menandakan bahwa kanal anda telah diverifikasi oleh Youtube.

Agar badge ini dapat bertahan lama, maka anda sebaiknya mematuhi beberapa peraturan yang ditetapkan oleh Youtube dengan tidak mengunggah konten yang dilarang serta melakukan beberapa cara curang untuk menaikkan jumlah penonton dan pengikut dengan cepat.

PnMGJs41QvqyKhN7ceHm

Tips Mendapatkan Youtube Verified 

Meskipun memiliki jumlah pengikut yang banyak dapat menjadi faktor pendukung untuk mendapatkan youtube verified, namun beberapa faktor pendukung dapat membantu membuka kesempatan untuk mendapatkan badge youtube lebih cepat.

Karenanya berikut beberapa faktor pendukung untuk mendapatkan youtube verified :

Unggah Konten Original 

Banyaknya kreator youtube yang mengunggah konten dengan topik yang relevan setiap hari, mungkin saja membuat seorang kreator pemula sulit untuk bersaing.

Meskipun begitu, apabila anda memiliki ciri khas sendiri di setiap konten yang anda unggah, maka kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak pengikut akan lebih besar.

Salah satu contohnya adalah apabila anda mencari kreator youtube yang fokus pada bidang kecantikan dan perawatan diri, pengguna mungkin saja akan menemukan jutaan video yang membahas masalah yang sama.

Namun, penonton akan mencari kreator yang memiliki masalah yang sama dengan mereka, sehingga dapat menemukan solusi dari problema yang dihadapi.

Karenanya menampilkan ciri khas sendiri di setiap konten akan memberikan nilai tambah sendiri yang dapat membuat anda setara dengan kompetitor lain yang memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak.

Namun, apabila channel youtube anda diperuntukkan untuk promosi sebuah brand dan produk, maka anda bisa mengembangkan konten yang berisi cerita di balik pembuatan sebuah produk, serta tips-tips yang dapat memudahkan konsumen dalam menggunakan layanan yang anda jual.

rkjvbT2RWJkvlogv8CMw

Salah satunya yang dilakukan oleh channel youtube Hubspot Marketing yang menyediakan berbagai tips digital marketing yang memiiki kaitan dengan berbagai layanan yang diberikan.

Berbagai informasi tersebut tentunya akan membantu penonton untuk mengenal layanan yang diberikan tanpa merasa terbebani dengan promosi yang terus menerus.

Hal ini juga akan membantu konsumen dalam memiliki hubungan yang lebih dekat dengan produk dan layanan yang anda miliki.

Selain itu, Youtube juga lebih menyukai kanal dan konten youtube yang memiliki ciri khas sendiri dan menjadi pembeda dengan kreator lainnya.

 Buat Nama Channel Youtube yang Mudah Dicari

Anda tentunya menyadari bahwa Youtube memiliki jutaan kreator yang menyediakan berbagai macam konten serta memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak.

Hal ini tentunya akan menyulitkan bagi kreator yang baru pertama kali memiliki channel youtube dan belum memiliki konten sama sekali.

Namun, masalah ini bisa anda atasi dengan membuat nama channel youtube yang mudah dicari oleh banyak orang.

Hal ini dilakukan untuk membantu penggemar anda dalam mencari nama akun anda di halaman pencarian.

Selain itu, nama yang mudah dicari juga akan membuka peluang untuk mudah diingat bagi pengguna youtube lainnya.

Pastikan juga bahwa nama channel youtube anda selaras dengan konten yang anda berikan ke penonton.

Salah satunya yang dilakukan oleh channel youtube Socialmediamarketer yang memberikan konten seputar pengembangan social media serta cara memasarkan konten melalui teknik copywriting.

Hal ini tentunya selaras dengan konten yang disajikan serta nama channel youtube yang diberikan.

Di sisi lain, anda juga bisa menggunakan nama asli serta brand sebagai nama channel youtube agar mudah ditemukan oleh konsumen anda.

GmUK1CDiQn27UhV99CDd

Cara ini juga dilakukan oleh channel youtube dari brand skincare Wardah yang menggunakan nama brand sebagai nama kanalnya agar mudah dicari oleh konsumen.

Penggunan nama brand juga akan memudahkan anda saat melakukan promosi di social media lainnya.

Berikan Konten yang Berkualitas

Sebagai media social visual, maka penting bagi kreator untuk memberikan hasil konten yang berkualitas.

Salah satunya adalah memperhatikan hasil video yang diberikan sehingga menarik perhatian penonton.

Daya tarik awal yang bisa digunakan untuk memikat penonton adalah memberikan thumbnail yang memperlihatkan gambar video yang akan disajikan, sehingga membuat penonton penasaran.

Kreator juga bisa menonjolkan judul tulisan pada thumbnail, sehingga penonton bisa mengetahui konten yang akan dilihat dan menyesuaikan dengan selera yang dimiliki.

Bagian paling penting adalah dengan memberikan hasil video yang berkualitas, yakni menyesuaikan pencahayaan yang dimiliki, sehingga membuat penonton nyaman untuk melihatnya hingga akhir.

Pastikan juga anda memberikan isi konten yang berkualitas dan berbeda dengan kreator lainnya, sehingga membuat penonton melihat video anda dibandingkan kompetitor lainnya.

Pemberian konten yang berkualitas juga sebaiknya di dukung dengan konsistensi dalam mengunggah video secara rutin pada waktu yang telah ditentukan.

Sehingga penggemar yang menanti video anda, akan menyediakan waktu untuk menonton konten anda di waktu yang telah dicantumkan di deskripsi video.

Konsistensi ini juga termasuk memberikan kualitas video yang sama secara terus menerus atau meningkatkan kualitas konten agar lebih mudah membuat penonton tetap setia pada konten yang anda sajikan.

Lakukan Interaksi dengan Penonton

Salah satu cara untuk membangun halaman youtube yang kuat adalah membangun interaksi dengan penonton yang dimiliki.

Strategi ini biasa digunakan oleh kreator social media untuk meningkatkan hubungan dengan konsumen sekaligus meningkatkan skor algoritma social media.

Hal ini juga akan membangun kedekatan antara kreator dan penonton, sehingga menunggu setiap konten yang diunggah serta aktif melakukan interaksi di kolom komentar.

Di sisi lain, sebuah kanal youtube yang terkenal juga tidak selalu memproduksi konten terbaik yang diakui oleh banyak orang, namun memiliki kemampuan yang baik dalam promosi.

Salah satu caranya adalah dengan meminta penonton untuk melakukan klik pada ikon likes, sharing, dan subscribe untuk menambah jumlah pengikut serta menyebarkan konten anda ke pengguna youtube lainnya.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membuat akun social media khusus untuk promosi channel youtube yang dimiliki atau memanfaatkan akun pribadi yang anda miliki.

Cara ini juga membantu mengingatkan pengkut anda apabila video terbaru sudah diunggah, sehingga meningkatkan jumlah penonton di waktu awal penayangan.

Patuhi Youtube Guideline

Meskipun sebuah kanal youtube telah memiliki badge verified namun bisa saja tanda tersebut mendadak hilang.

Hal ini bisa saja terjadi apabila kreator melanggar youtube guideline, seperti mengunggah konten yang dilarang serta menggunakan lagu yang memiliki hak cipta sehingga membuat konten anda terhapus atau badge verifed di cabut dari channel youtube anda.

Karenanya penting bagi kreator untuk mengetahui berbagai youtube guidelines yang dimiliki untuk membuat halaman youtube tetap aman sampai anda berhasil mendapatkan youtube verified.

Tidak hanya itu, anda juga sebaiknya terus memperbarui informasi terbaru mengenai youtube guidelines agar tidak ketinggalan informasi terbaru serta meningkatkan kinerja konten youtube anda dengan informasi algoritma youtube yang terus diperbarui.

Konsisten dengan Nama Channel Youtube

Salah satu alasan mengapa youtube mencabut badge verified sebuah kanal youtube adalah penggantian nama yang mendadak.

Hal ini terjadi karena youtube akan terus melakukan verifikasi akun youtube anda dari waktu ke waktu, sehingga apabila nama anda berubah maka akan memengaruhi badge youtube verified yang anda miliki.

Laporkan Tindakan Plagiasi dari Channel Lain

Banyaknya channel youtube yang berkeliaran di platform ini membuka kemungkinan video youtube anda diunggah ulang oleh orang lain.

Hal ini bisa saja terjadi apabila kanal youtube anda mendadak viral dengan konten yang anda unggah, sehingga akan ada seseorang yang memanfaatkan hal tersebut dengan mengunggah konten anda di channel yang dimiliki oleh orang lain.

Kecurangan ini tentunya akan merugikan anda apabila channel youtube tersebut mengaktifkan iklan berbayar yang akan memberikan keuntungan setelah mencapai viewers dengan jumlah tertentu.

Sehingga apabila anda menemukan sebuah channel youtube yang mengunggah kembali konten anda, maka melaporkan plagiasi konten menjadi solusi terbaik agar video tersebut bisa dihapus dan mempertahankan originalitas konten dan channel yang anda miliki.

rYCVpwlcR7KZGTtfk816

Cara Meningkatkan Jumlah Penonton Youtube

Memiliki jumlah pengikut dan penonton yang banyak, tentunya menjadi keinginan banyak kreator yang memulai karir di Youtube.

Namun untuk meningkatkan jumlah penonton youtube secara konsisten, dibutuhkan juga strategi agar konten anda tetap meningkat dari waktu ke waktu.

Berikut beberapa strategi untuk meningkatkan jumlah penonton secara organik dan konsisten.

Gunakan Thumbnail Youtube yang Menarik 

Saat membuka aplikasi youtube dan mencari video yang menarik untuk ditonton, maka pengguna youtube biasanya melihat thumbnail video yang disajikan.

Background video yang menarik juga akan membantu penonton untuk mengetahui isi konten yang anda sajikan sebelum akhirnya menonton video tersebut.

Dalam membuat thumbnail video maka anda bisa menggunakan foto diri atau latar video disertai beberapa tulisan yang mendeskripsikan isi video dengan singkat.

Salah satunya yang dilakukan oleh kreator Nessie Judge yang membuat thumbnail video dengan latar belakang berupa ekspresi saat melakukan ulasan konten, serta berisi deskripsi konten yang disajikan.

Maksimalkan Penggunaan Deskripsi Video 

Selain thumbnail video yang membuat penonton tertarik untuk melihat konten video di Youtube, penggunaan deskripsi yang lengkap dan jelas akan membantu penonton tertarik untuk melihat konten yang anda berikan.

Hal ini dikarenakan Youtube akan menampilkan beberapa kalimat deskripsi video di konten anda, agar penonton memahami isi konten yang akan disampaikan di konten tersbut.

Di sisi lain, Youtube telah mengkonfirmasi bahwa deskripsi video yang jelas akan membantu algoritma untuk memahami isi konten yang anda sajikan.

Sehingga Youtube akan mengkategorikan video anda ke topik yang tepat, serta menyampaikan konten anda ke pengguna youtube yang memiliki minat yang sama konten anda.

Dalam pembuatan deskripsi video anda bisa menggunakan beberapa strategi, diantaranya adalah :

  • Memberikan pembukaan deskripsi video yang kuat di 2-3 kalimat pertama yang akan ditampilkan di thumbnail video.
  • Manfaatkan deskripsi video dengan memberikan outline yang detail 
  • Masukkan juga link tambahan yang membantu dalam promosi konten, seperti akun social media atau link marketplace atau affiliate yang berguna dalam promosi produk.

Youtube juga memberikan tips singkat mengenai cara membuat deskripsi video yang bisa anda lihat di kanal youtube creators.

Pastikan juga anda memasukkan kata kunci mengenai video anda yang akan memudahkan pengguna youtube untuk mencari konten anda menggunakan keyword tertentu.

Manfaatkan Rekomendasi Video 

Setelah menonton sebuah video youtube hingga selesai, biasanya anda akan mendapatkan rekomendasi konten dari channel youtube tersebut atau konten dari orang lain yang memiliki topik yang sama.

Layanan suggested video ini juga menguntungkan bagi kreator untuk menaikkan konten video yang dimiliki, sehingga meningkatkan jumlah penonton baru.

Guna memanfaatkan layanan suggested video untuk meningkatkan jumlah penonton yang lebih banyak, maka anda bisa menggunakan tags yang sama dengan kompetitor anda sehingga meningkatkan peluang untuk masuk ke dalam rekomendasi video.

Tidak hanya itu, penggunaan judul, deskripsi, serta tags akan meningkatkan rekomendasi ranking video di konten populer.

Sumber :

Your One-Stop Guide on How to Get Verified on YouTube (socialpilot.co)

17 Ways to Get More Views on YouTube In 2022 (backlinko.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.