pexels anna shvets 12673813

Youtube Ads : Tutorial Beriklan di Youtube Untuk Pemula

Jangkau audience yang lebih luas dengan promosi berbayar melalui Youtube Ads.

Setelah menghabiskan banyak waktu untuk membuat scrip video serta mengedit konten yang akan diunggah di akun youtube maka anda akan bisa melihat hasil jumlah penonton yang tidak terlalu baik.

Hasil ini mungkin saja di dapatkan oleh kreator pemula yang belum memiliki audience yang banyak, sehingga sulit untuk meningkatkan jumlah penonton.

Karenanya melakukan promosi dengan membagikan konten di akun social media bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain itu, anda juga bisa menayangkan iklan berbayar yang mempromosikan konten anda untuk menjangkau audience yang lebih luas, sehingga dapat meningkatkan jumlah penonton.

Namun, sebelum membuat materi youtube ads maka ketahui dulu serba-serbi promosi di Youtube melalui penayangan iklan.

apa itu youtube ads

Apa Itu Youtube Ads

Bagi pengguna youtube non premium, anda pasti sering menemukan konten iklan yang disematkan di awal, akhir, atau tengah video.

Isi iklan yang variatif biasanya berisi promosi produk dan layanan dari suatu brand, atau promosi channel youtube tertentu.

Meskipun youtube ads terkadang menyebalkan karena memiliki durasi yang panjang dan mengganggu kenikmatan saat menonton video dari kreator kesayangan.

Akan tetapi, kehadiran youtube ads yang variatif membuat penonton mengetahui produk baru dari brand yang sering dibeli atau promosi brand baru yang belum pernah anda dengan sebelumnya.

Di sisi lain, Youtube ads juga berguna bagi kreator karena bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari iklan yang dipasang.

Tidak hanya itu, bagi kreator yang baru memulai karir di Youtube, maka penggunaan youtube ads berguna untuk menjangkau target audience yang lebih luas dengan suguhan konten yang anda berikan.

Sementara bagi brand yang mempromosikan produk dan brandnya di Youtube, maka anda bisa menjangkau audience yang sering mengakses Youtube secara rutin, sehingga promosi anda akan semakin maksimal.

Pengiklan juga bisa menyematkan link tertentu yang bisa diakses oleh penonton apabila tertarik pada penawaran yang diberikan.

iklan youtube linkedin

Promosi melalui youtube ads juga dilakukan oleh platform Linkedin yang mempromosikan layanan bisnisnya melalui tulisan bergerak yang mudah dipahami oleh penonton.

Iklan Linkedin di Youtube juga menyediakan link khusus yang bisa diakses oleh penonton apabila tertarik pada layanan yang ditawarkan.

cara kerja youtube ads

Cara Kerja Youtube Ads

Banyaknya iklan youtube yang anda lihat setiap hari, memungkinan anda melihat berbagai jenis youtube ads yang berbeda.

Youtube sendiri membagi jenis iklannya menjadi dua tampilan yakni video dan konten statis yang menggunakan gambar dan tulisan di tampilannya.

Perbedaan jenis iklan ini dikarenakan pengiklan tentunya memiliki pendekatan yang berbeda untuk menyampaikan informasi ke penonton.

Misalnya saja, anda hendak mempromosikan produk dan layanan dengan pendekatan formal, maka anda bisa menggunakan jenis iklan berupa tulisan dan gambar.

Hal ini dilakukan agar penyampaian iklan mudah dipahami serta memberikan kepercayaan lebih bagi penonton.

Sementara apabila anda hendak mempromosikan karya yang anda buat di youtube, maka penggunaan iklan berupa video bisa digunakan selama promosi.

Pemilihan ini dilakukan agar penonton tertarik melihat isi konten anda dan kemudian mengunjungi kanal youtube yang anda kembangkan.

Selain itu, konten video juga mampu meningkatkan jumlah penonton secara cepat apabila penonton melihatnya sampai habis.

Penggunaan jenis iklan yang berbeda juga tergantung pada tujuan promosi campaign, budget, serta pendekatan ke audience seperti yang telah dibahas sebelumnya.

Setelah memilih jenis iklan yang sesuai, maka jangan lupa untuk menentukan biaya iklan yang akan dihabiskan di Youtube ads.

Penentuan biaya ini dilakukan agar budget promosi anda mencukupi selama iklan tersebut ditayangkan di Youtube.

Youtube sendiri menyediakan dua jenis biaya iklan yakni cost per view dan cost per engagement.

Cost per view berarti anda akan membayar setiap iklan yang ditonton oleh pengguna youtube hingga habis.

Jenis iklan ini cocok bagi influencer atau kreator yang mempromosikan konten baru yang diunggah di Youtube.

Beberapa penyanyi juga terkadang mempromosikan lagu barunya melalui Youtube ads agar didengarkan oleh banyak orang.

Sementara cost per engagement berarti anda akan mengeluarkan biaya setiap penonton melakukan interaksi dengan iklan anda, seperti membawa ke website yang dipromosikan dan lain sebagainya.

Promosi jenis ini cocok bagi anda yang ingin meningkatkan brand awareness atau jumlah kunjungan ke website atau akun marketplace yang anda miliki.

Biaya iklan juga akan berubah tergantung pada format iklan yang digunakan serta durasi penayangan iklan dalam jangka waktu tertentu.

Meskipun youtube ads sendiri terasa sulit untuk diatur pada awal pembuatan iklan, namun hasilnya efektif bagi penggunanya.

apakah menggunakan youtube ads efektif

Apakah Menggunakan Youtube Ads Efektif

Meskipun melakukan promosi melalui Youtube ads menghabiskan banyak biaya dan tenaga namun keuntungan yang di dapatkan juga akan berkali-kali lipat.

Pertama, youtube menyatakan bahwa konsumen akan lebih tertarik membeli sebuah produk setelah melihatnya di Youtube, hal ini tentunya membutikan bahwa youtube ads efektif untuk promosi.

Tidak hanya itu, youtube juga memiliki jumlah pengguna aktif yang cukup banyak mencapai 2.6 miliar pengguna aktif yang menonton dan mengunggah video secara rutin dan akan terus bertambah setiap tahunnya.

Jumlah pengguna aktif yang banyak tentunya menguntungkan bagi pemilik usaha untuk mempromosikan bisnisnya untuk menjangkau konsumen yang lebih luas melalui buyer persona yang dikembangkan.

Dengan jumlah pengguna yang banyak, anda juga tidak perlu khawatir apabila tidak menemukan target audience yang diinginkan.

Kemudahan dalam mengakses Youtube melalui aplikasi dan website dari berbagai pilihan gadget, tentunya memudahkan penggunanya untuk mengakses berbagai konten youtube dimana saja dan kapan saja.

Salah satunya adalah mencari informasi mengenai topik tertentu yang sedang naik atau menemukan tutorial menggunakan produk tertentu.

Dimana anda bisa menemukannya melalui siaran langsung yang ditayangkan oleh saluran berita atau kreator yang fokus pada tutorial produk khusus.

Sehingga tidak mengherankan apabila Youtube menjadi mesin pencari kedua yang banyak digunakan oleh pengguna internet.

Keuntungan lainnya adalah Youtube sangat fokus pada pengembangan iklan di platformnya, dimana pengiklan dapat memilih kata kunci pilihan, website yang bisa diakses oleh konsumen, serta memungkinkan kanal anda mendapatkan rekomendasi dai Youtube.

Pilihan beriklan yang variatif membuat banyak brand terkenal dan berkembang mempromosikan produknya di Youtube.

Hal ini terlihat dari jumlah pendapatan youtube dari iklan mencapai $28.84 Miliar di tahun 2021.

Tidak hanya itu, Youtube ads juga memberikan keuntungan yang berlipat ganda bagi penggunanya.

Jangkauan yang Luas

Keuntungan lainnya dari menggunakan youtube ads adalah jangkauan yang luas berkat jumlah pengguna youtube aktif yang banyak.

Statista mencatat bahwa 81% pengguna internet menggunakan youtube, sehingga anda bisa menjangkau audience baru yang aktif di internet melalui youtube ads.

Hal ini juga dilakukan oleh berbagai brand yang memiliki konsumen khusus dengan mempromosikan diri di Youtube.

Youtube ads juga cocok bagi sebuah brand yang ingin meningkatkan jumlah brand awareness secara optimal.

Budget Promosi yang Efisien

Jangkauan yang luas tidak membuat promosi melalui youtube ads terasa mahal, hal ini dikarenakan pengiklan dapat menayangkan konten iklan secara efektif baru kemudian membayar jumlah iklan yang ditayangkan selama durasi waktu tertentu.

Biaya iklan juga bermacam-macam tergantung dari jenis iklan serta durasi penayangan youtube ads.

Semakin detail iklan yang dibutuhkan serta durasi peredaran konten yang semakin lama maka akan meningkatkan biaya iklan yang harus dibayarkan oleh pengiklan.

Pemilihan Audience yang Sesuai

Penonton youtube yang terdiri dari berbagai macam usia, gender, bahkan lokasi memungkinkan anda memilih penonton yang sesuai demografi yang diinginkan.

Tidak hanya itu, youtube juga menyediakan informasi audience tambahan seperti topik, kata kunci, serta kanal youtube yang akan menayangkan iklan anda.

Sehingga iklan anda dapat ditayangkan ke audience yang diinginkan dengan tepat dan sesuai.

Laporan Iklan yang Mendalam

Bagi pengiklan yang baru memasarkan iklan di Youtube tentunya ingin mengetahui hasil iklan yang ditayangkan selama periode tertentu.

Untungnya Youtube juga memiliki fitur analisa yang membantu mengetahui performa iklan anda selama ditayangkan serta efektivitas konten iklan tersebut.

Sehingga pengiklan dapat mengetahui apakah harus mempertahankan strategi yang sama atau membuat pendekatan yang baru.

Fleksibiltas yang Tinggi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Youtube juga memiliki berbagai macam jenis iklan yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Sehingga pengiklan bisa mengunggah testimoni konsumen, percakapan dua orang, bahkan potongan konten video yang anda miliki dengan pilihan audience yang beragam.

jenis jenis iklan di youtube

Jenis-jenis Iklan Youtube

Youtube menyediakan 6 format youtube ads yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Format youtube ads juga berpengaruh pada jenis konten yang anda berikan serta informasi yang disampaikan ke konsumen.

Skippable in Stream Ads

Jenis iklan pertama yang bisa anda temukan di Youtube adalah skipable in stream ads.

Dimana penonton biasanya diberikan durasi video tertentu sebelum akhirnya muncul ikon di bagian kanan yang memungkinkan penonton untuk menghentikan iklan agar bisa langsung masuk ke konten yang diinginkan.

Durasi youtube skiapble stream ads juga sebaiknya dimanfaatkan oleh pengiklan agar informasi awal yang diberikan bisa di dengar langsung oleh penonton.

Sehingga anda perlu langsung memberikan inti dari iklan tersebut sehingga penonton tertarik untuk melihatnya hingga selesai.

Pemberian informasi di awal video juga memungkinkan audience mengetahui promosi yang anda berikan meskipun akhirnya penonton memilih mempercepat iklan anda.

Keuntungan dari menggunakan jenis youtube ads ini adalah anda hanya perlu membayar biaya iklan apabila penonton melihat promosi anda hingga 30 detik.

Sehingga biaya promosi akan lebih murah meskipun isi pesan kurang di pahami oleh penonton.

Penggunaan jenis iklan ini cocok digunakan untuk meningkatkan brand awareness karena penyampaian informasi yang singkat.

Non Skipabble Stream Ads

Jenis youtube ads selanjutnya yang biasa anda temukan di youtube adalah non skipabble stream ads dimana penonton tidak bisa menghentikan durasi video promosi yang anda tayangkan.

Penggunaan iklan ini juga muncul di awal penayangan saat penonton membuka sebuah video youtube yang dianggap menarik.

Durasi penayangan iklan ini mencapai 15 detik dan pengiklan bisa membayarnya apbila iklan yang ditayangkan sudah ditonton 1.000 orang.

Keuntungan dari menggunakan jenis iklan non skipable stream ads adalah meningkatkan brand awareness secara efektif serta berbagai manfaat lain yang mengikuti.

CNBB juga menyatakan bahwa kebiasaan 76% pengguna youtube memiliki kebiasaan memberhentikan iklan yang ditonton agar dapat melihat konten yang diinginkan.

Sehingga penggunaan jenis iklan ini efektif untuk meningkatkan fokus penonton untuk melihat promosi yang anda berikan melalui youtube ads.

Bumper Ads

Saat asik menonton video dari kreator kesukaan terkadang muncul jenis iklan di tengah-tengah video.

Keberadaan iklan di tengah video ini membuat penonton mau tak mau untuk melihat iklan tersebut hingga akhir agar tidak ketinggalan isi video yang selanjutnya.

Penggunaan bumper ads juga cocok untuk mengambil perhatian penonton dalam melihat konten promosi yang anda sajikan.

Perbedaanya durasi video di iklan ini sangat pendek mencapai 6 detik sehingga anda sebaiknya memberikan informasi yang singkat, padat, dan mudah diterima oleh penonton.

Pembayaran iklan ini juga ditentukan oleh jumlah penonton yang di dapatkan, sehingga semakin banyak orang yang menonton iklan anda maka biaya yang dikeluarkan akan semakin besar dan begitu juga sebaliknya.

Beberapa pengiklan menggunakan format iklan ini untuk mencuri perhatian penonton agar lebih mudah menyampaikan informasi yang diinginkan dan tertarik pada produk yang anda promosikan.

Terkadang iklan jenis ini dikombinasikan dengan jenis iklan lain agar mudah diterima oleh penonton.

Discovery Ads

Keberadaan Youtube sebagai mesin pencari kedua di internet membuat penggunanya menggunakan platform ini untuk mencari topik dan konten tertentu yang diinginkan.

Terkadang saat mencari konten tertentu menggunakan kata kunci yang spesifik, maka anda akan menemukan berbagai jenis iklan yang variatif.

youtube ads digital marketing

Contohnya apabila anda melakukan pencarian topik “digital marketing” di Youtube maka anda akan menemukan beberapa iklan di halaman pencarian tersebut.

Hal ini dikarenakan pengiklan menggunakan jenis promosi discover ads dimana iklan tersebut akan muncul apabila pengguna youtube melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu.

Tampilan jenis iklan ini berbentuk tulisan dan gambar yang membawa penonton ke video promosi setelah melakukan klik pada link tertentu.

Proses pembayaran akan berlangsung apabila penonton melakukan klik pada iklan tertentu dan melihat video yang ditayangkan.

Penggunaan format iklan ini biasa digunakan untuk brand yang ingin mempromosikan produk dan brand tertentu ke target audience yang diinginkan.

Jenis iklan ini juga dapat meningkatkan jumlah penonton secara efektif hingga 500% peningkatan jumlah penonton.

Bagi pengguna youtube yang menyukai kreator tertentu biasanya mereka akan melakukan maraton video dari kreator yang diinginkan.

Pada jeda untuk menunggu video selanjutnya ditayangkan atau akan selesai biasanya anda akan melihat tampilan iklan promosi dalam bentuk kecil di sudut video.

Jenis iklan ini dinamakan sponsored card ads dimana iklan anda akan ditayangkan dalam bentuk pop up dan muncul selama beberapa detik sebelum akhirnya beralih ke video selanjutnya.

Apabila penonton tertarik maka mereka bisa melakukan klik pada iklan tersebut yang akan membawa mereka ke website atau video tertentu.

Penggunaan jenis iklan ini lebih disukai oleh pengguna youtube karena bentuk yang kecil serta penayangan yang pendek sehingga lebih nyaman untuk dilihat sembari menunggu kelanjutan video.

Biasanya jenis iklan ini relevan dengan topik video yang dilihat sehingga jenis iklan akan terlihat lebih relevan.

Anda juga bisa menggunakan jenis iklan ini untuk mempromosikan produk terbaru atau event promosi yang akan anda adakan dalam waktu dekat.

hyMJWK63Qg6jldhOupqH

Bagaimana Cara Membuat Youtube Ads

Setelah memilah dan memilih jenis youtube ads sesuai dengan promosi campaign, maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah membuat youtube ads sesuai keinginan.

Langkah awal mungkin terasa rumit, namun seiring berjalannya waktu anda dapat membuat youtube ads secara efektif.

Memiliki Akun Google Ads

Cara pertama yang bisa anda lakukan sebelum membuat youtube ads adalah memiliki akun Google Ads.

Apabila anda belum memiliki akun tersebut maka anda bisa membuatnya dengan cepat melalui akun Google Mail yang anda miliki.

Akan tetapi jika anda telah memiliki akun Google Ads sebelumnya maka anda bisa langsung melakukan Log In untuk membuat materi youtube ads.

Selanjutnya anda akan ditampilkan layar yang berisi pilihan campaign yang anda inginkan, anda juga diberikan pilihan antara “Are you professional marketer” atau ” Set up without creating campaign” kemudian anda bisa mengakses dashboard baru untuk membuat campaign bagi youtube ads.

Buat Campaign yang Sesuai

Setelah memiliki akun Google Ads maka anda bisa langsung membuat campaign yang diinginkan.

Anda bisa memilih tujuan promosi dan membuat iklan tanpa rekomendasi, anda juga bisa memilih tipe campaign yang telah direkomendasikan sebelumnya.

Tentukan Jenis Iklan yang Diinginkan

Setelah memilih campaign promosi yang sesuai, maka anda akan diminta membuat nama campaign, budget, serta perkiraan biaya yang akan anda keluarkan setiap hari.

Anda juga dapat memilih hari penayangan iklan hingga selesai, memilih bahasa yang digunakan oleh target audience, serta lokasi tempat konsumen anda berkumpul.

Pemilihan ini dilakukan agar iklan anda semakin efektif dan menjangkau target audience yang diinginkan.

Pada pengeluaran budget, anda sebaiknya memilih pengeluaran harian dibandingkan bulanan agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Sementara pada pilihan campaign total akan membantu anda memilih biaya yang dikeluarkan berdasarkan durasi penayangan iklan serta jangkauan promosi agar mendapatkan hasil perhitungan yang sesuai.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan setelah iklan anda selesai ditayangkan.

Selain itu, anda juga bisa memilih jenis iklan yang sesuai dengan keinginan dan tergantung dari durasi iklan yang ditayangkan.

Pada pemilihan lokasi, anda juga akan diminta memilih lokasi penayangan iklan di Youtube, diantaranya adalah :

  • Youtube Search Results : Video iklan anda akan ditayangkan saat pengguna youtube mencari konten dengan kata kunci dan topik tertentu, serta akan ditampil pada halaman awal Youtube, halaman pencarian, serta halaman video.
  • Youtube Video : Konten iklan anda akan ditayangkan di awal, tengah, dan akhir video.
  • Video Partners on Display Networks : Pada pilihan penayangan ini, iklan anda akan ditampilkan pada awal dan akhir video.

Agar mendapatkan hasil iklan yang baik maka anda bisa membuat campaign yang berbeda untuk penemuan iklan di video dan hasil pencarian Youtube.

Hal ini dilakukan agar konsumen semakin sering menemukan iklan anda di Youtube dan akhirnya membuat mereka tertarik pada produk yang anda tawarkan.

Perbedaan campaign ini juga sebaiknya diikuti dengan jenis konten yang berbeda agar informasi yang diberikan mudah dipahami.

Pendekatan ini juga dilakukan karena masing-masing pengguna memiliki kebiasaan sendiri saat membuka youtube.

Pilih Target Audience

Selanjutnya anda bisa memilih target audience berupa gender, usia, serta hubungan dengan orang tua.

Pastikan anda memilih target audience yang sesuai dengan buyer persona yang telah anda bangun sebelumnya.

Sumber :

https://blog.hubspot.com/marketing/youtube-video-advertising-guide

https://sendpulse.com/support/glossary/youtube-advertising

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *